KTM Kecam Keputusan Honda Depak Pedrosa

Liputan6.com, Wina – CEO KTM, Stefan Pierer tak habis pikir dengan sikap Repsol Honda yang mendepak Dani Pedrosa dari jajaran pembalap di MotoGP 2019. Kini, KTM menampung Pedrosa sebagai pembalap penguji.

Repsol Honda lebih memilih untuk merekrut Jorge Lorenzo sebagai tandang Marc Marquez. Pierer sangat mengecam keputusan Honda yang tidak menghargai loyalitas Pedrosa selama 14 tahun.

“Tidak seperti orang Jepang, kami menganggap (gagasan) keluarga secara harfiah. Kami berdiri di sisi orang-orang kami pada masa yang baik dan buruk. Ketika seorang pembalap cedera, Anda berdiri di sampingnya,” ujar Pierer seperti dikutip Motorsports.

“Anda harus membayangkan Dani Pedrosa didepak semalam setelah 14 tahun dengan Honda. Betapa piciknya Anda? Dia adalah pahlawan! Dia adalah duta besar!”

Dia mengatakan Pedrosa memilih pindah ke KTM karena kebersamaan di tim ini. “Apa yang orang lain lakukan dengan uang, saya berusaha untuk mencapainya dengan keluarga,” ujar Pierer.

“Banyak pembalap saya sekarang dalam manajemen. Lihatlah (juara dunia motocross, sekarang KTM Motorsports Director) Pit Beirer. Itulah yang membuat kami istimewa.”


2 dari 3 halaman

Absen Tiga Bulan

Menjalani operasi bahu, Pedrosa harus absen tes pramusim Sepang. Bahkan ia juga dihadapkan proses pemulihan yang kemungkinan memakan waktu hingga tiga bulan.

Meski begitu, Manajer Tim KTM, Mike Leitner gembira atas masukan The Little Samurai pada RC16 usai uji coba privat di Jerez tahun lalu.

“Saya rasa dia akan benar-benar fit pada akhir April atau awal Mei, jika semuanya berjalan seperti yang dikatakan para dokter,” ucap mantan kepala mekanik Pedrosa itu.

“Dia telah memenangi Grand Prix yang tak terhitung jumlahnya dan telah berada di MotoGP selama bertahun-tahun. Dia dapat membantu kami di mana-mana.”

3 dari 3 halaman

Perspektif Lain

Leitner menambahkan, memiliki perspektif dari sang mantan pembalap Honda akan berguna. Apalagi jika melihat Pol Espargaro, Johann Zarco dan Hafizh Syahrin yang semuanya berasal dari pabrikan garpu tala.

“Itu tidak direncanakan, tetapi banyak pembalap kami datang dari Yamaha. Itu sebabnya sangat menyegarkan untuk mendapatkan pembalap dari pabrikan lain, karena dia melihat dan menjelaskan berbagai hal secara berbeda,” terangnya.

Mengenai fisik Pedrosa yang kelewat mungil, Leitner menyangkal hal tersebut bakal membuatnya tak cocok dalam menjalankan peran penguji.

Usai Lakukan Tindik Hidung, Gadis Ini Malah Alami Kelumpuhan

Liputan6.com, Jakarta Tindik adalah salah satu tren yang masih awet hingga saat ini. Banyak orang yang menindik bagian tubuhnya seperti hidung atau area tubuh lainnya untuk memperindah penampilan.

Namun siapa yang menyangka bahwa melakukan penindikan pada anggota tubuh akan mengakibatkan kelumpuhan. Hal ini ternyata dialami oleh gadis 20 tahun asal Brazil bernama Layane Dias.

Dilansir oleh Liputan6.com dari WorldofBuzz, Sabtu (16/2/2019), akibat menindik hidungnya, Layane saat ini harus menggunakan kursi roda untuk beraktivitas. Dokter menduga kelumpuhan ini disebabkan oleh infeksi bakteri bernama Staphylococcus aureus.

2 dari 4 halaman

Hidung Mulai Meradang

Peristiwa ini dimulai pada Juli 2018 lalu ketika Layane mencoba untuk menindik hidungnya. Beberapa minggu usai penindikan, Layane merasa ada yang aneh pada hidungnya. Ia merasakan bengkak dan meradang pada ujung hidungnya. Selain itu ia juga merasakan sakit pada kedua kakinya.

Awalnya, Layane mengabaikan peradangan tersebut. Ia juga tak curiga akan ada sesuatu buruk yang terjadi padanya.

“Saya pikir itu hanyalah sebuah bintik kecil, tetapi itu menyebabkan demam. Saya coba menyembuhkannya sendiri, saya memakaikan krim dan seminggu kemudian, bintik itu menghilang,” katanya.

Malangnya usai bintik tersebut menghilang, Layane justru merasakan sakit pada kedua kakinya dan tak kunjung hilang. Rasa sakit yang semakin memburuk dan tak tertahankan ini membuatnya harus dilarikan kerumah sakit.

3 dari 4 halaman

Kasus Luar Biasa

Awalnya para dokter bingung dengan gejala-gejala yang dialami oleh gadis ini. Namun hasil pemeriksaan darah menyatakan bahwa ada bakteri Staphylococcus aureus dalam aliran darahnya. Kasus ini merupakan kasus yang tidak biasa.

Para dokter kemudian bertanya kepada Layane apakah ada luka di hidungnya, karena bakteri ini biasanya ditemukan di hidung. Saat itulah Layane memberi tahu para dokter tentang penindikannya yang terakhir. Sekadar informasi, sekitar 30% orang memiliki bakteri ini di hidungnya.

Sayangnya, rasa sakit luar biasa pada kedua kakinya perlahan berubah menjadi mati rasa yang membuat Layane tak dapat berjalan. Layane segera dipindahkan ke rumah sakit lain dan dari hasil MRI mengungkapkan bahwa ia memiliki 500 mm nanah yang menekan tiga tulang belakang di bagian sumsum tulang belakangnya.

Layane segera dipindahkan ke ruang operasi untuk operasi darurat karena nanah tersebut dapat menyebabkan infeksi fatal. Dokter bedah, Oswaldo Riberio yang telah malang melintang di dunia medis selama 15 tahun mengatakan belum pernah melihat infeksi bakteri yang disebabkan oleh penindikan.

“Ketika cairan dikeluarkan, sumsumnya terkompresi dan ini mencegah kondisinya memburuk,” kata ahli bedah tersebut. Operasi tersebut sukses tetapi Layane tetap tidak dapat menggunakan kedua kakinya. Kemungkinan terbesar yang harus dihadapi Layane adalah ia harus duduk di kursi roda selama sisa hidupnya.

4 dari 4 halaman

Tetap Menikmati Hidup

Saat mengetahui bahwa Layane harus terus bergantung dengan kursi roda, awalnya ia merasa sedih dan terpukul. Namun kemudian ia mendapat kekuatan saat melihat orang-orang seusianya yang juga menggunakan kursi roda.

“Saya sangat terpukul. Pada awalnya, ini adalah situasi yang sangat menyedihkan. Hidup saya banyak berubah tetapi saya merasa bahagia ketika meninggalkan rumah sakit. Saya telah bertemu anak muda lainnya yang menggunakan kursi roda dan saya menyadari bahwa saya bisa bahagia seperti ini (di kursi roda),” katanya.

Layane percaya bahwa ia juga dapat tetap bahagia meski harus beraktivitas dengan kursi roda. Saat ini Layane sudah aktif bermain bola basket dan bola tangan.

Kapak Maut Renggut Jiwa Maslikin di Masjid Sumedang

Sumedang – Warga Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, digegerkan oleh aksi pembacokan yang dilakukan Kurnaevi alias EA (35) terhadap tetangganya, Maslikin alias Mas (54). Nahasnya hantaman kapak maut itu berlangsung saat korban menunaikan salat isya berjemaah di Masjid Miftahul Falah, Dusun Salam, Desa Sindangsari, Kecamatan Sukasari.

Peristiwa horor tersebut berlangsung Kamis 14 Februari 2019. Pelaku dua kali melayangkan kapak ke kepala Maslikin. Luka bacokan yang sangat vital itu membuat korban tewas bersimbah darah di dalam masjid.

Hasil penyelidikan polsi, pelaku berbuat keji karena menerima bisikan gaib sebelum masuk masjid. Mendapat bisikan tersebut, Kurnaevi pun tak jadi ke masjid. Dia pulang dan membawa sebilah kapak lalu kembali beranjak ke masjid.
“Makmum di situ ada delapan lelaki. Kenapa yang dipukulnya korban, karena dia (pelaku) mendapat bisikan gaib,” ucap Kapolres Sumedang AKBP Hartoyo kepada detikcom, Jumat (15/2).

Polisi menyebut pelaku mengaku bisikan gaib itu menjelaskan bahwa mantan istrinya yang cerai pada 2015 telah berselingkuh dengan Maslikin. “Sehingga dia pulang untuk mengambil kapak dan membacokkan ke arah kepala korban,” tuturnya.

Guna mengusut kasus ini, polisi memeriksa sejumlah saksi. Salah satunya ialah seorang dokter yang pernah merawat pelaku.

“Dari keterangan dokter yang pernah merawat. Pelaku ini mengalami gangguan jiwa sejak empat tahun lalu,” ucap Hartoyo.

Hartoyo mengungkapkan, pelaku mengalami gangguan kejiwaan sejak diceraikan istri. Kurnaevi pada 2018 baru ditangani oleh dokter kejiwaan, Edi Soekanda, di Tanjungsari, Kabupaten Sumedang.

Meski dalam penanganan dokter, pelaku tak melakukan kontrol yang seharusnya satu bulan sekali. Hal itu lantaran pelaku tidak mempunyai biaya untuk ke dokter.

Kapolres pun sempat membagikan video berisi pernyataan Edi Soekanda mengenai kondisi kejiwaan pelaku yang masih dalam pengawasan itu. Dalam video tersebut Edi membeberkan dari mulai penyebab, hingga jenis penyakit kejiwaan diidap Kurnaevi.

“Ketika datang ke saya Mei, kelihatannya melamun, kambuhan lah. Ada rasa curiga berlebihan yang menyebabkan ada rasa agresif. Kemudian, Juni berobat lagi, rasa curiga enggak ada tapi justru halusinasi. Ada bisikan-bisikan,” tutur Edi dalam video tersebut.

Kendati dalam penyelidikan dan diperkuat keterangan ahli yang menyebut Kurnaevi memiliki masalah kejiwaan, polisi tetap memprosesnya. Pelaku ditahan di Rutan Mapolres Sumedang dengan jeratan Pasal 340 jo 338 KUHPidana mengenai pembunuhan berencana.

(tro/bbn) <!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Menanti Vonis Hakim untuk Pembunuh Datuk Belang dan Dua Janinnya

Liputan6.com, Kuansing – Kasus jerat berujung maut bagi induk Harimau Sumatera dan dua janinnya di Kabupaten Kuantan Singingi Kuansing pada akhir September 2018 memasuki babak akhir.

Jaksa penuntut umum (JPU) pada Pengadilan Negeri setempat menuntut terdakwa Falalini Halawa empat tahun enam bulan penjara.

Jaksa Mochamad Fitri Adhy mengatakan, tuntutan terdakwa pembunuh harimau itu dibacakan pada 12 Februari 2019. Dia juga meminta hakim menjatuhkan vonis denda Rp 100 juta, subsidair enam bulan kurungan.

“Terdakwa dinilai sengaja melakukan perbuatan menangkap, melukai, membunuh, menyimpan, satwa yang dilindungi, sebagaimana diatur Pasal 40 Ayat (2) Junto Pasal 21 Ayat (2) huruf a Undang-Undang tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya,” terang Adhy saat dikonfirmasi dari Pekanbaru, Jumat (15/2/2019).

Usai tuntutan, majelis hakim yang diketuai Reza Himawan Pratama memberikan waktu seminggu kepada terdakwa untuk melakukan pembelaan atau pledoi.

Dalam tuntutan, ada beberapa hal yang memberatkan terdakwa. Di antaranya, terdakwa Falalini Halawa mengetahui perbatasan Desa Pangkalan Indarung dan Muara Lembu merupakan habitat harimau dan tahu datuk belang sering melintas di sana.

Masyarakat juga sudah memperingatkan terdakwa, tapi diabaikannya. Terdakwa pun memasang beberapa jerat dari ukuran kecil hingga besar dari kawat baja bekas rem motor, lalu menyebar ke beberapa titik di hutan.

“Katanya untuk menjerat babi yang sering masuk kebun sawit tapi dilihat dari ukuran serta tinggi jerat, patut diduga untuk harimau,” sebut Adhy.

2 dari 2 halaman

Buru Landak untuk Dimakan

Jerat itu dihadirkan ke persidangan sebagai barang bukti, dua karung berisi bulu landak, empat jerat dari nilon, foto-foto induk harimau serta dua janin siap dilahirkan.

“Jadi terdakwa juga sering menangkap landak untuk dimakan, padahal landak juga masuk hewan dilindungi,” tegas Adhy.

Sebelumnya, induk harimau tengah mengandung dua janin jantan itu ditemukan tak bernyawa di tepi jurang dengan bagian pinggang terlilit tali baja dari jerat.

Sebelum ditemukan mati, petugas BBKSDA Riau sudah mencari harimau itu tapi dihentikan karena hari sudah malam.

Pencarian dilanjutkan esok pagi lalu bangkai harimau itu dibawa ke kantor BBKSDA Riau di Pekanbaru. Harimau itu dibedah dan ditemukan dua janin yang diprediksi akan lahir 14 hari Lagi dalam keadaan tak bernyawa.

Hasil pemeriksaan dokter harimau tersebut mati akibat gangguan dalam pengangkutan oksigen ke jaringan tubuh yang disebabkan terganggunya fungsi paru-paru, pembuluh darah ataupun jaringan tubuh.

Selain itu, dua ginjal harimau tersebut juga pecah karena cengkraman jerat pada bagian pinggang dan pinggul sehingga menyebabkan kematian.

Falalini sendiri sewaktu pencarian berada di lokasi dan langsung dibawa petugas karena mengaku sudah memasang jerat itu. Dia sebenarnya berasal dari Kabupaten Nias Selatan dan tinggal di Desa Pangkalan Indarung karena bekerja sebagai penjaga kebun kelapa sawit dan ubi di sana.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Seberapa Besar Seks Pengaruhi Kesehatan Rongga Mulut?

Liputan6.com, Jakarta Siapa sangka, ternyata seks bisa mendatangkan dampak buruk bagi kesehatan gigi dan mulut.

Seks memang merupakan salah satu kebutuhan bagi pasangan suami istri. Memang, kegiatan ini bisa mendatangkan manfaat kesehatan. Namun di balik semua itu, ternyata seks juga bisa pengaruhi kesehatan gigi dan mulut, lho!

Seks dapat memengaruhi kesehatan gigi dan mulut. Penyebabnya adalah kesalahan dalam melakukan posisi tertentu. Posisi yang dimaksud adalah oral seks.

2 dari 3 halaman

Oral Seks

Oral seks adalah salah satu variasi gerakan, yang biasanya dilakukan sebelum penetrasi. Gerakan ini dapat dilakukan dengan bantuan bibir, lidah maupun gigi. Biasanya dilakukan pada penis, vagina, klitoris atau anus.

Jadi bisa dikatakan kalau oral seks menyebabkan bertemunya bagian kelamin dengan rongga mulut secara langsung. Itulah sebabnya mengapa gerakan ini dapat menularkan infeksi virus herpes, hepatitis, sifilis, gonore, HPV, chlamydia, dan HIV.

Tak hanya itu, oral seks juga dapat menyebabkan kanker di orofaring –bagian dari saluran pencernaan dan saluran pernapasan yang ada di belakang mulut. Menurut The New England Journal of Medicine, seseorang memiliki risiko kanker yang meningkat jika dirinya melakukan oral seks pada 6 pasangan berbeda.

Risiko terjadinya kondisi di atas akan meningkat pula pada orang yang memberikan oral seks. Jadi bukan pada penerimanya. Apalagi jika orang yang memberikan oral seks tersebut memiliki luka di rongga mulutnya.

3 dari 3 halaman

Cara Pencegahannya

Namun jangan khawatir, kejadian di atas dapat dicegah dengan catatan:

  1. Memastikan tubuh dalam keadaan bersih sebelum melakukan oral seks.
  2. Usahakan untuk mandi terlebih dahulu, agar kuman di organ intim hilang.
  3. Bersihkan organ intim Anda sebersih mungkin mengugnakan sabun.
  4. Sebelum melakukan oral seks, gunakan kondom jika targetnya adalah penis, atau dam (kondom oral) jika targetnya adalah vagina/klitoris/anus.

Jadi, mulai saat ini Anda dan pasangan harus lebih berhati-hati dalam melakukan hubungan seks. Dengan demikian, kehidupan seks maupun kehidupan berumah tangga Anda tetap terjaga kualitasnya.

Penulis : dr. Irma Rismayanty / Klik Dokter

Minum Teh Hijau hingga Urin Sapi, 4 Cara Ini Bisa Sembuhkan Kanker Darah?

Liputan6.com, Jakarta – Baru-baru ini, perhatian publik tertuju pada penyakit kanker darah yang diderita oleh Ani Yudhoyono. Warganet juga berbondong-bondong mencari tahu tentang gejala hingga pengobatan penyakit yang dimaksud.

Selain pengobatan medis yang biasa ditempuh oleh banyak orang, ada pula yang menerapkan metode penyembuhan dengan menggunakan beberapa jenis obat herbal, yang disinyalir mampu mengobati kanker darah.

Berikut informasi obat herbal untuk mencegah dan mengobati kanker darah tersebut, dikutip dari berbagai sumber.



Simak video pilihan berikut:

2 dari 5 halaman

1. Teh Hijau

Dilansir dari situs Huffington Post pada Jumat (15/2/2019), beberapa penelitian tentang populasi di Asia Afrika telah menemukan bahwa teh hijau dapat mengurangi risiko leukimia.

Menurut studi epidemiologi, di antara penduduk perkotaan bagian barat daya Taiwan, pengonsumsi teh hijau memiliki risiko leukimia yang lebih rendah.

Selain itu, berdasarkan hasil penelitian yang dipublikasikan dalam British Journal of Cancer, konsumsi teh hijau dengan dosis yang tepat dapat menurunkan potensi leukimia.

Ternyata, hal itu disebabkan oleh kandungan epigallocatechin-3-gallate (EGCG) dalam teh hijau yang lebih tinggi, jika dibandingkan dengan jenis teh lainnya. EGCG itu memberikan efek anti-kanker terhadap beragam jenis kanker.

Meskipun demikian, konsumsi EGCG dalam dosis banyak (4.000 miligram) tidak diperbolehkan, kecuali dengan pengawasan dokter. Begitu juga wanita hamil, yang dilarang meminum teh hijau atau suplemen EGCG.

Bagi yang ingin mengonsumsi teh hijau untuk mencegah atau mengobati kanker darah, pastikan hanya dua cangkir teh hijau setiap hari dan tidak sedang dalam kondisi mengandung.

3 dari 5 halaman

2. Rumput Gandum

Mengonsumsi jus ekstrak rumput gandum atau wheatgrass sebanyak dua sendok makan tiap dua kali sehari, dianggap bisa menyembuhkan kanker darah.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Rucha Diwakar Gore, Sangeeta Jayant Palaskar, dan Anirudha Ratnadeep Bartake yang dipublikasikan dalam Journal of Clinical and Diagnostic Research, rumput gandum muda dari tanaman gandum Tritcumaestivum linn, keluarga Poaceae (Gramineae) mengandung 41,4 persen penghambat sel OSCC –diamati pada 1.000 mikrogram per-mililiter.

Rumput gandum juga memiliki sejumlah nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh, di antaranya adalah vitamin, mineral, asam amino, serta enzim-enzim vital yang memainkan peran penting dalam antikanker.

Tanaman itu juga disebut sebagai ‘darah hijau’, karena memiliki klorofil yang tinggi yang mampu menyuplai oksigen ke seluruh tubuh.

4 dari 5 halaman

3. Gulma Laut Bermuda

Konsumsi dua sendok makan jus Cynodon dactylon atau gulma rumput laut bermuda sebanyak tiga kali sehari, dipercaya dapat mengobati kanker darah.

Menurut sebuah hasil penelitian yang diterbitkan dalam South Asian Journal of Cancer berjudul “Anticancer activity of Cynodon Dactylon L. Root Extract Against Diethyl Nitrosamine induced Hypatic Carcinoma” dikatakan bahwa ekstrak metanol dari tumbuhan ini memiliki sifat antikanker yang signifikan.

Hal tersebut didapatkan dari hasil uji enzim antioksidan mengenai peningkatan aktivitas glutathione peroxidase (GPx), glutathione-S-transferase (GST), dan katalase (CAT).

5 dari 5 halaman

4. Urin Sapi

Sebuah situs Herbpathy merilis informasi bahwa urin sapi yang diminum dua kali sehari dapat mengobati kanker darah. Begitu pula menurut mitos yang beredar, yang salah satunya sempat menggegerkan warga di India.

Namun, menurut informasi dari media India, CNN-News18 yang telah melakukan wawancara terhadap Venkatraman Rashakrishnan, seorang profesor di bidang Medical and Pediatric Oncology(onkologi medis dan pediatrik), air seni hewan tersebut tidak terbukti mampu mengobati kanker darah.

“Tidak ada bukti ilmiah untuk itu (kencing sapi). Rekan-rekan ahli kanker saya dan saya sendiri belum melihat seorang pasien yang secara eksklusif mengkonsumsi urin sapi dan dia sembuh total dari kanker,” kata Rashakrishnan. Fakta ini pun dibenarkan oleh Dr. Amit Agarwal, ahli onkologi di New Delhi India.

Terkait Penganiayaan Penyelidik KPK, Sekda Papua Akan Diperiksa Pekan Depan

Liputan6.com, Jakarta – Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Provinsi Papua, T.E.A Heri Dosinaen dijadwalkan akan menjalani pemeriksaan oleh penyidik Polda Metro Jaya terkait penganiayaan terhadap pegawai KPK pada Sabtu 2 Februari 2019.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Komisaris Besar Argo Yuwono mengatakan pemanggilan ulang terhadap Heri lantaran yang bersangkutan sibuk tugas.

“Seyogyanya agenda hari Kamis kemarin namun dari petugas dari Provinsi Papua yang ada di Jakarta menyampaikan bahwa yang bersangkutan tidak bisa hadir karena banyak tugas di Papua. Penyidik kemudian membuat surat panggilan kembali. Panggilan kedua dikirim ke perwakilan Pemprov Papua di Jakarta. Dipanggil Senin 18 Februari 2019 pukul 10.00 WIB,” ujar Argo, Jumat (15/2/2019).

Atas kasus ini, selain Sekda Pemprov Papua, Polda Metro Jaya telah memeriksa dokter yang melakukan operasi terhadap penyelidik KPK. Pemeriksaan dilakukan di kantor dokter tersebut.

Sebelumnya, pegawai KPK Gilang Wicaksono bersama rekannya melaporkan kejadian pemukulan yang dialaminya saat bertugas.

Penganiayaan diduga karena mengambil foto tanpa izin saat rapat antara Pemprov Papua dengan anggota DPRD Papua di Hotel Borobudur pada Sabtu 2 Februari 2019 malam.

Beberapa pihak Pemprov Papua datang menghampiri karena tidak terima difoto. Pihak pemprov sempat menanyakan identitas mereka. Meski sudah mengetahui pegawai KPK, namun sejumlah orang tetap menganiaya hingga wajah penyelidik KPK tersebut luka memar dan sobek.


Reporter: Yunita Amalia

Sumber: Merdeka.com

2 dari 2 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Inilah Silsilah Keluarga Gen Halilintar, Total 27 Juta Lebih Subscriber di YouTube

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tidak mengenal Gen Halilintar? Keluarga besar yang terdiri dari orangtua dan sebelas anak ini sukses menyorot perhatian banyak orang dengan keunikannya.

Keluarga berdarah Minangkabau ini menjadi terkenal setelah sang ibu menulis buku yang berjudul Kesebelasan Gen Halilintar: My Family My Team pada awal 2015. Buku ini bercerita tentang keluarga Gen Halilintar yang telah melakukan perjalanan bisnis keliling dunia.

Keluarga ini melakukan perjalanan ke 120 negara dengan memboyong seluruh anggota keluarga tanpa didampingi asisten atau pembantu. Bisa terbayang kan bagaiaman ribetnya berjalan ke luar negeri dengan membawa 11 anak?

Keluarga ini beranggotakan 6 orang anak laki-laki, 5 anak perempuan dan 2 ayah-ibu yang berprofesi sebagai pengusaha, yaitu Halilintar Anofial Asmid sebagai ayah dan Lenggogeni Faruk, ibu.

Selain memiliki bisnis yang menggurita di berbagai bidang. Keluarga ini cukup populer dengan berbagai karyanya di media sosial. Setiap anggota keluarga ini memiliki channel YouTube loh, bahkan jika ditotal jumlah subscriber seluruh anggotanya bisa mencapai 27 Juta lebih subscriber.

Penasaran kan sebenarnya gimana sih silsilah keluarga Gen Halilintar ini? Berikut Liputan6.com, Jumat (15/2/2019) rangkum dari berbagai sumber, yuk langsung simak aja.

2 dari 5 halaman

Silsilah Keluarga Gen Halilintar

1. Halilintar Anofial Asmid

Sosok ayah yang dengan channel Youtube keluarga Gen Halilintar ini telah memiliki 5 juta subscriber. Dalam channel YouTubenya menyebutkan bahwa mereka adalah keluarga yang suka bepergian ke seluruh dunia sebagai bagian dari metode pendidikan dan gaya hidup.

2. Lenggogeni Faruk

Kekompakan mereka tak lepas dari tangan sang ibu, Lenggogeni Faruk. Tak cuma lihai mengurus kesebelas anaknya, wanita yang karib disapa Gen itu juga jago dalam mengelola YouTube. Jumlah subscribernya telah menyentuh angka 1,548,220.

Dengan ciri khas turban, Gen selalu tampil kece di channel Youtubenya yang berisi tips-tips, challenge, dan Inspirasi.

3. Atta Halilintar

Nama Atta Halilintar tentu sudah tidak asing lagi di telingamu. Anak pertama dari 11 bersaudara ini menjadi vlogger dengan subscriber terbanyak di Asia Tenggara. Kabar terbaru, Atta Halilintar sudah memiliki 10 juta pelanggan di chanel YouTube miliknya.

3 dari 5 halaman

Terdiri dari 6 anak laki-laki dan 5 anak perempuan

4. Sohwa Halilintar

Anak perempuan pertama dari Halilintar Anofial dan Geni ini memiliki 872,705 subscriber. Dalam akunnya ia membagikan soal kecantikan, seperti makeup, memilih fashion ataupun kehidupan sehari-hari Sohwa. Semua videonya telah ditonton sebanyak 33,145,987 pengunjung.

5. Sajidah Halilintar

Gadis berusia 21 tahun ini telah memiliki 636,032 subscriber. Adik dari Atta memiliki hobi memasak sehingga dalam channel YouTubenya tidak jauh tentang dunia dapur.

Dalam salah satu videonya dia bercerita tentang pengalamannya memakai kawat gigi hingga membuat berat badannya turun drastis.

6. Thariq Halilintar

Tharriq putra ke 4 dari keluarga ini telah memiliki 681,078 subscriber. Video yang diunggah masih sedikit masih sekitar 5 video, sepertinya Tharriq anggota keluarga yang jarang mengunggah video di akun channel Youtubenya. Video terakhir pun dibuat pada 1 tahun yang lalu, ia mengulas salah satu merek handphone.

4 dari 5 halaman

Keluarga yang memiliki semboyan

7. Abqariyyah Halilintar

Gadis yang mulai beranjak remaja kelahiran 13 Juli 2000 ini, juga memiliki akun channel YouTube yang berisi permainan bersama adik-adiknya atau kakaknya.

Gadis yang biasa disapa Abqariyyah ini hobi bernyanyi hingga melakukan cover pada sejumlah lagunya. Saat ini sudah memiliki 547,289 subscriber

8. Saiih Halilintar

Nama Saaih mungkin sudah sering terdengar jika kamu hobi melihat beberapa review produk dari Saiih. Anak lelaki kelahiran 16 Maret 2002 ini memiliki ketertarikan dalam dunia teknologi, dan pembuatan video ataupun film. Saat ini ia sudah memiliki 3,330,902 subscriber di akun YouTube kesayangannya.

 9. Fatimah Halilintar

Gadis cilik yang biasa disapa dengan Fatim ini telah memiliki 1,029,413 subscriber. Lumayan banyak juga ya? Dalam channel YouTubenya ia kerap merekam perjalanan mengasyikkan bersama keluarganya ataupun melakukan prank.

10. Fateh Halilintar

Anak laki-laki yang sebentar lagi akan berulang tahun pada 25 Februari ini hobi menari dan juga menyanyi. Maka tidak jarang ia kerap mengcover sejumlah lagu dan menari. Dalam akun channel YouTubenya ia juga mencicipi berapa kuliner. Laki-laki cilik ini telah memiliki 999,528 subscriber

5 dari 5 halaman

Keluarga yang memiliki 27 Juta lebih subscriber

11. Muntaz Halilintar

Muntaz Halilintar atau yang biasa disapa Muntaz ini kerap membagikan video unboxing, QnA ataupun challenge di akun channel Youtubenya. Dalam akun YouTubenya ia menuliskan ia ingin menjadi presiden. Anak kelahiran 20 Mei 2008 ini telah memiliki 817,297 subscriber

12. Saleha Halilintar

Saleha Halilintar adalah anak ke-10 dari keluarga Gen Halilintar. Dalam channel YouTubenya berisi unboxing mainan, bermain squishy ataupun traveling bersama dengan keluarganya. Gadis kelahiran 1 Oktober 2010 telah memiliki 550,179 subscriber.

13. Qahtan Halilintar

Anak terakhir dari 11 bersaudara, Qahtan meskipun masih anak-anak telah memiliki subscriber yang tak kalah banyak dari kakak-kakaknya. Ia memiliki 883,368 subscriber.

Anak yang biasa disapa Qahtan dalam akun channel Youtubenya berisi tentang kehidupan sehari-hari Qahtan seperti Qahtan saat periksa ke dokter gigi. Tak lupa, ia juga menunjukkan koleksi mainan dinosaurusnya.

5 Cara Sembuhkan Flu dengan Aktivitas Sederhana, Sering diabaikan

Liputan6.com, Jakarta Saat musim hujan, penyakit yang kerap menghantui adalah flu. Influenza atau flu merupakan penyakit yang disebabkan infeksi virus yang menyerang sistem pernapasan seperti hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Meski terkesan sepele, penyakit flu cukup menganggu dan dapat menghambat aktivitas sehari-hari.

Seseorang dapat menderita flu disebabkan sejumlah faktor, yaitu ketika musim dingin daya tahan virus lebih kuat karena tingkat kelembaban rendah, penularan virus melalui udara, dan kurangnya paparan sinar matahari juga berpengaruh terhadap penurunan daya tahan tubuh.

Penularan virus influenza berawal saat seseorang batuk, bersin, dan bicara. Udara yang terinfeksi tersebut dapat menular ke orang lain dengan media udara, menggunakan barang-barang secara bersama dan kemudian berpindah ke tangan, mata, hidung atau mulut.

Gejala dari infeksi virus influenza dapat langsung dirasakan atau dapat tertunda hingga 10 hari setelah terinfeksi. Orang yang sistem kekebalan tubuhnya lemah dapat dengan mudah tertular virus influenza.

Pada dasarnya penyakit ini dapat sembuh dengan sendirinya. Namun jika terus dibiarkan, penyakit ini dapat menyebabkan komplikasi yang lebih parah. Banyak orang yang menyepelekan penyakit flu. Padahal penyakit ini merupakan penyakit yang mudah menular.

Sebenarnya ada beberapa aktivitas yang kurang disadari dapat mempercepat proses penyembuhan flu. Beberapa orang sering mengabaikan aktivitas-aktivitas ini saat terserang flu. Berikut 5 aktivitas yang dapat sembuhkan flu namun sering diabaikan dliansir Liputan6.com dari WebMD, Jumat(15/2/2019).

2 dari 3 halaman

Cara cepat sembuhkan flu ini sering diabaikan

Tetap di rumah dan banyak istirahat

Penyakit flu adalah penyakit menular. Anda tidak dapat mengabaikan sakit flu yang Anda derita. Ketika Anda sakit, Anda harus menjaga diri Anda sendiri. Tubuh Anda membutuhkan energi ekstra ketika melawan infeksi. Jika Anda sedang flu, terutama jika Anda demam, Anda akan merasa lebih lemah dan kelelahan. Mengabaikan penyakit flu bisa membuat gejala yang Anda derita lebih buruk.

Pada hari pertama saat mendapat gejala flu, hubungi kantor atau sekolah Anda dan beri tahu mereka bahwa Anda ingin beristirahat selama beberapa hari. Manfaatkan waktu ini untuk mengistirahatkan tubuh. Meringkuk di sofa, habiskan waktu untuk membaca, menonton DVD, atau tidur agar Anda dapat melawan virus yang sedang menyerang. Cobalah untuk tidur dengan bantal ekstra di bawah Kepala Anda. Mengangkat kepala akan membantu meringankan hidung tersumbat.

Tidur yang cukup adalah kunci untuk sistem kekebalan tubuh yang sehat, dan ketahanan tubuh Anda terhadap kuman. Sebuah studi menunjukkan bahwa tidur kurang dari 7 jam semalam hampir tiga kali lipat berisiko terkena flu. Jika Anda sedang flu dan gejalanya membuat Anda tidak bisa tidur, cobalah untuk tidur siang. Anda perlu istirahat tambahan.

Minum Banyak Cairan dan Makan yang Cukup

Pastikan Anda mendapat lebih banyak cairan saat terkena flu. Tidak semua harus berupa air putih. Jus buah, minuman isotonik, dan sup dengan kaldu juga dapat menjadi pilihan untuk memenuhi kebutuhan cairan saat flu.

Cairan akan menjaga sistem pernapasan Anda agar tetap terhidrasi dan membantu mengubah lendir yang jahat dan kental menjadi cair yang bisa Anda keluarkan. Hal ini baik karena jika lendir menumpuk di paru-paru Anda dapat menyebabkan infeksi.

Saat Anda sedang tidak enak badan, Anda mungkin tidak nafsu makan. Tetapi Anda harus tetap makan, cobalah makanan ringan dan bergizi untuk membantu Anda pulih dari flu. Buah dan sayuran seperti pisang atau wortel dapat menjadi pilihan tepat untuk disantap saat flu.

3 dari 3 halaman

Sakit flu sering disepelekan

Uapi Tubuh Anda

Untuk dapat menurunkan demam Anda dapat mengompres badan Anda dengan handuk basah. Anda juga dapat duduk di kamar mandi beruap. Duduklah di kamar mandi dengan pintu tertutup. Nyalakan shower dengan air hangat. Biarkan shower menjadi panas sampai ruangan terisi dengan uap lembab.

Aktivitas ini dapat melembabkan saluran hidung Anda dan dapat membantu Anda rileks. Jika Anda pusing karena flu, lakukan teknik penguapan ini sambil duduk di kursi terdekat.

Berhenti Merokok

Merokok memang buruk bagi paru-paru Anda, bahkan ketika Anda sedang dalam keadaan sehat. Meski begitu, para perokok memiliki resiko lebih banyak terserang flu dibandingkan dengan ornag yang tidak merokok. Gejala flu yang dihadapi juga lebih buruk dan akan bertahan lebih lama dalam tubuh.

Sel-sel yang rusak di paru-paru Anda akan membuat Anda lebih sulit melawan flu. Jika Anda sakit, berhentilah merokok.

Segera Minum Obat

Flu kadang disertai demam, hal ini karena tubuh Anda sedang mengeluarkan panas untuk melawan virus flu. Biasanya, demam flu akan berlangsung tiga hingga lima hari. Terkadang Anda juga menderita batuk dan pusing.

Kerap disebut sebagai penyakit sepele, banyak orang yang tak segera minum obat kala terserang sakit flu. Padahal segera minum obat merupakan langkah yang penting.

Obati demam dan rasa sakit yang menyertai flu dengan obat yang dijual bebas di apotik. Tanyakan kepada dokter Anda mana obat yang tepat untuk Anda.

Hati-hati, Ini Daftar 231 Pinjaman Online Ilegal dari OJK

Liputan6.com, Jakarta Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengeluarkan daftar 231 Penyelenggara Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi (Fintech Peer-To-Peer Lending) yang tidak memiliki izin.

Aktivitas 231 Fintech Peer-To-Peer Lending ilegal ini telah resmi diberhentikan oleh tim Satuan Tugas Penanganan Dugaan Tindakan Melawan Hukum di Bidang Penghimpunan Dana Masyarakat dan Pengelolaan Investasi atau Satgas Waspada Investasi.

Ketua Satgas Waspada Investasi, Tongam L. Tobing sebelumnya meminta masyarakat untuk tidak melakukan pinjaman terhadap Fintech Peer-To-Peer Lending yang tidak terdaftar atau izin OJK. Ini agar terhindar dari ulah Fintech Peer-To-Peer Lending ilegal tersebut.

Dia mengatakan saat ini banyak entitas Fintech Peer-To-Peer Lending yang melakukan kegiatan melalui aplikasi yang terdapat di appstore atau playstore. 

Bahkan juga di sosial media yang tidak terdaftar dan tidak berizin dari OJK, sesuai Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 77/POJK.01/2016 sehingga berpotensi merugikan masyarakat.

Mau tahu mana saja penyelenggara pinjaman online ilegal tersebut? Berikut daftarnya dari keterangan tertulis OJK, Jumat (15/2/2019):

1. Platform: AkuRupiah Developer: owen lau

2. Platform: Ali Rupiah – pinjaman uang dana Developer: ALI RUPIAH

3. Platform: Bali Pinjaman – Dana Developer: Bali Technology

4. Platform: BambuLoan-Cari pinjaman uang dana seluruh internet Developer: ayo pinjaman

5. Platform: BambuPinjam-Cari tunai uang seluruh internet Developer: BambuTech

6. Platform: BlingBling Developer: Indo_tech

7. Platform: Bos Tunai Developer: onlinepinjam

8. Platform: Bos Tunai – Cair Secepat Kilat Developer: PT.Indo Digitech Studio

9. Platform: Bri KUR Pinjaman Modal Developer: francise

10. Platform: CairToday Developer: Juliet Squillace

11. Platform: Cara Pinjam Uang Tanpa Agunan Developer: weton pondok

12. Platform: Cash Affairs- Pinjam Dana Jadi Lebih Terpercaya Developer: Dana Tunai Team

13. Platform: Cash Kita – pinjaman uang dana kita Developer: Luciana Sheila

14 Platform: Cash Now Developer: CashNow

15 Platform: Cashalo — Fast, Easy and Secure Loans On-Demand Developer: Oriente Express

16 Platform: Cashcash : Pinjam uang jadi lebih mudah Developer: Firestorm-sea

17 Platform: Cashe – Pinjaman Cepat & Dana Kilat Developer: Rocket Studio Ltd.

18 Platform: CashMarket Developer: Dompet Technology

19 Platform: Cashpedia Developer: dividetest1004

20 Platform: CCcash pinjaman-online uang Tunai pinjaman Developer: cs@CCcash

21 Platform: Cepat Lunas-Pinjaman Uang Tunai Tanpa Jaminan Developer: Denice Presna

22 Platform: CreditSmart Developer: PT.FINTECH BERSAMA INDONESIA

23 Platform: Credy Developer: Credy

24 Platform: Credy | Préstamos personales Developer: App for Be Happy

25 Platform: Dana Arda – pinjam uang cepat cair Developer: pinjaman Apps

26 Platform: Dana Berkah – Pengajuan Kredit Online Developer: OTRET.COM

27 Platform: Dana Bijak Developer: Mi Developers

28 Platform: Dana Cepat – Pinjaman Online Super Kilat Developer: Rocket Studio Ltd.

29 Platform: Dana Cepat-platform pinjaman profesional dan cepat Developer: helen McFadden

30 Platform: Dana Flash – pinjaman cash kredit Developer: Dana Flash

31 Platform: Dana Happy Developer: Dana Happy

32 Platform: Dana Indonesia – Pinjaman Uang Cepat Developer: PT. DANA INDONESIA

33 Platform: Dana kilat-Pinjaman online mudah & cepat Developer: Gatling DeGrave

34 Platform: Dana Ok Developer: leslie lee

35 Platform: Dana Pinjam – Pinjam Tanpa Ribet Developer: Anugerah Digital Niaga

36 Platform: Dana Pinjam + Versi Baru Developer: Dana Pinjam VIP

37 Platform: Dana Pinjaman Modal Cepat Terkini Developer: TB Dev

38 Platform: Dana Sukses Developer: PT. Pratama Asia Abadi

39 Platform: Dana Tunai – Cara Pintar Mendapatkan Pinjaman Developer: vandezz inc.

40 Platform: Dana Tunai Kredit Lengkap Developer: FatRam Dev

41 Platform: Dana Tunai-Kredit Dana Pinjaman Aman Cepat Developer: Alat pinjaman

42 Platform: Dana Uang – Pinjaman Uang Tunai Rupiah Developer: Zhu Xia

43 Platform: Danain Cepat – Cara Mendapatkan Pinjaman Aman Developer: Pratadit DevAnd

44 Platform: DanaKita Developer: PT. DanaKta Prima

45 Platform: DanaPlusDeveloper: Claire Mcclasky

46 Platform: Danapro Developer: Jason Christoper

47 Platform: DanaQ-Pinjaman Uang Rupiah Tunai via danaq cepat Developer: PT. DanaQ

48 Platform: Danaxtra Developer: Danaxtra

49 Platform: Data Seluler-Pinjam Uang Cepat Developer: Meminjam Uang Team

50 Platform: Dokter Uang – Pasar Rupiah Docter Developer: Dana Limited

51 Platform: Dompet Cash-Platform Pinjaman Online Cepat Developer: Jamel Baca

52 Platform: Dompet Kartu – Pinjaman Uang Developer: DompetKartu

53 Platform: Dompet Kartu Plus – Pinjaman Uang Dana Developer: Mari Brisby

54 Platform: dompet-wisdom Rupiah Cash Pinjaman Developer: DompetWisdom Group

55 Platform: Druang Uang Developer: Cheetah Teknologi

56 Platform: Duit – Plus Pinjam Uang online Cepat Mudah Developer: Rupiah fintech

57 Platform: Duit-Flash – Pinjaman Uang Tunai Developer: Duit Flash

58 Platform: Dukungan Hidup Developer: Dukungan Hidup

2 dari 4 halaman

Selanjutnya

59 Platform: Easy Direct Loans Developer: kalya apps

60 Platform: Easy Pinjaman : Pinjam uang lebih gampang Developer: uangmarket

61 Platform: Easy Uang– Platform Pinjaman Online Cepat Developer: EasyUang

62 Platform: EasyPinjaman-Platform Pinjaman Online Cepat Developer: Mao cleveland

63 Platform: ExpressCash-Kredit Dana Rupiah Pinjam Cepat Online Developer: Marvina Christensen

64 Platform: Faida-pal loans Developer: ru-soft

65 Platform: Fast Loans – Instant Pay Day Loan Developer: Online Loans | Fast Loans | Personal Loans

66 Platform: flash Rupiah Developer: PT. Lombok Jaya Teknologi

67 Platform: flash rupiah pro Developer: Salim Putri

68 Platform: Fulusku Oke Developer: Fulus Rosso

69 Platform: Go Dana Developer: Best Customer Service

70 Platform: Go Duit – Pinjaman dana darurat Developer: Customer Service 1

71 Platform: Go Kredit— Pinjaman Kredit Cepat Developer: martinsutrisno

72 Platform: Gogo Dana Developer: Hyun Bron

73 Platform: GoPinjaman – Tunai Uang kredit Loan Developer: rxiao

74 Platform: GoTunai Lite – Pinjaman Uang Cepat Kredit Mudah Developer: Meixin Global Fintech

75 Platform: GudangCash – Pinjam Rupiah Online Cepat Duit Developer: Uang NOVIANTY

76 Platform: Hanya Kamu Developer: Mustofa Software

77 Platform: iDana Developer: iDana_id

78 Platform: iPinjaman Developer: Mobile Loan

79 Platform: Kami Bantu Developer: Kami Bantu Software

80 Platform: Kami Dana Rupiah Developer: Pt. Saku cepiat technology

81 Platform: KamiRupiah-kredit pinjaman dana tunai tanpa agunan Developer: Harvey Prestia

82 Platform: Kantong Darurat Developer: Fan Technology

83 Platform: Kasku Cepat – Dana Uang Duit Pinjaman Cepat Mudah Developer: KASKU CEPAT

84 Platform: KasSaya Developer: PT Kayanan Seuangan Perbag

85 Platform: Kekurangan Uang Developer: PINJAMAN PETIR

86 Platform: Kilat Kredit – Kredit Cepat Kredit Developer: Keiana CROSBY

87 Platform: KooRupiah – Pinjaman Uang Developer: KooRupiah

88 Platform: Kredee-Kredit Pinjaman Uang Online Developer: Kredee

89 Platform: Kredit Cepat – Pinjaman Uang Tunai Developer: Mi Developers

90 Platform: Kredit cepat-pinjman dana online Developer: Kredit Cepat Plus

91 Platform: Kredit Pinjaman Uang Developer: David Beet

92 Platform: Kredit Pinjaman Uang Online Dana Kilat Developer: Kredit Pinjaman Uang Dana

93 Platform: Kredit Pintar Developer: Panda Information Technology Co., Ltd.

94 Platform: Kredit Pintar Developer: Panda Information Technology Co., Ltd.

95 Platform: Kredit Tanpa Agunan dan Kartu Kredit Developer: asiagolgroup

96 Platform: Kredit Uang – Pinjam Online Cepat Developer: Pinjaman Dana

97 Platform: Kredit Yuk – pinjaman dana online Developer: Bagus Akbar

98 Platform: KreditPas Developer: PT. Explorindo Total Solusi

99 Platform: Kreditviewer.com Developer: PT. Viewer Digital Indonesia

100 Platform: KreTA – pinjam uang cepat mudah Developer: KreTA APP TEAM

101 Platform: KTA – Dana Tunai Developer: Creative Media Dev

102 Platform: Ktedit Online Developer: HappyCell co. LTD

103 Platform: Lapak Tunai Developer: Infinity Digital

104 Platform: LetsGoRupiah – Ayo pinjam dana online sekarang Developer: pt Letter

105 Platform: Loan 1 Minute Developer: Loan Minute

106 Platform: Loan Fast In 2 Minute Developer: Loan Minute

107 Platform: Loan Kilat Developer: CentralPark

108 Platform: Loan Kilat Developer: CentralPark

109 Platform: Loan Money USA Developer: PlayTimeAppsNow

110 Platform: Loans UK Developer: Rainbow Group

111 Platform: MangoMoney Developer: ООО МФК “МангоФинанс”

112 Platform: Marahaba quick loans- emergency mobile loans Developer: starzxapps

113 Platform: Market Pinjaman Developer: R-Works

114 Platform: Mr.Money – pinjaman rupiah cepat cair Developer: Fendy Christoper

115 Platform: OnDebt – hutang dan pinjaman Developer: GoBestApps

116 Platform: Online Loans – Personal Unsecured Loans Developer: Online Loans | Fast Loans | Personal Loans

3 dari 4 halaman

Selanjutnya

117 Platform: Open Loans Malaysia Developer: Viva PS

118 Platform: Open Loans Developer: Namibia Viva PS

119 Platform: PandaBill – UTuai Bill Developer: PT. Panda

120 Platform: Patnas Loans Developer: Eazy Mobiloans

121 Platform: Payday Advance Loan Online: Borrow Money Developer: Loan Mobile

122 Platform: Payday Loan Calculator, KreditCepat, Uang Cepat Developer: Finance apps by MoneyBoy – Crypto + Forex

123 Platform: Payday Loans – Personal Loans – Online Loans Developer: Payday Loans – Personal Loans – Credit

124 Platform: Payday Loans Online – Bad Credit Loans Developer: Payday Loans – Personal Loans – Credit

125 Platform: PenuhDompet Developer: Hirsh Otis

126 Platform: Personal loans online Developer: Happy Now

127 Platform: PinDavest Developer: PT Pinjamaja Digital Komersial

128 Platform: Pinjam Beres Developer: SIAMAH johnson

129 Platform: Pinjam Cepat-Pinjaman Uang Online Developer: Kellye Durch

130 Platform: Pinjam duit-platform pinjaman yang aman dan cepat Developer: Ricarda ARCENEAUX

131 Platform: Pinjam Kilat-Pinjam Uang Tunai Online Tanpa Agunan Developer: Mariella Pulley

132 Platform: Pinjam petir Developer: Jimmy_oy

133 Platform: Pinjam Plus – Pinjaman Uang Dana Cepat Developer: KoinTree

134 Platform: pinjam tunai – informasi pinjaman online Developer: JDone Dev

135 Platform: Pinjam Uang Cepat – Mudah dan Cair Kilat Developer: 3R Inc.

136 Platform: Pinjam Uang Kilat – Mudah, Cepat, Langsung Cair Developer: Bradley Hough

137 Platform: Pinjam Uang-Pinjaman Duit Aman & Mudah Developer: Brasil Moe

138 Platform: Pinjam Yuk – Mudah, Cepat Developer: Rifdan Digital Developer

139 Platform: PinjamAku Developer: Jacquelynn Artur

140 Platform: Pinjaman Cepat Developer: Creative Media Dev

141 Platform: Pinjaman Cepat – Pinjaman Kredit Online Cepat Developer: henry Sitton

142 Platform: Pinjaman Dana – Uang Rupiah Kredit Kita Developer: UTunai Tunai Indonesia

143 Platform: Pinjaman Dana – Uang Rupiah Kredit Developer: Kita UTunai Pro Tunai Indonesia

144 Platform: Pinjaman Dana di Pegadaian (Tutorial ) Developer: Natalie Zell

145 Platform: PINJAMAN DANA USAHA CEPAT Developer: Empat Sekawan

146 Platform: Pinjaman di Australia Developer: Viva PS

147 Platform: Pinjaman di Indonesia Developer: Viva PS

148 Platform: Pinjaman di Jerman Developer: Viva PS

149 Platform: Pinjaman gurita Developer: Pinjem Duwit

150 Platform: Pinjaman Hero Developer: hulingling

151 Platform: Pinjaman Mudah-Pinjaman uang tunai tanpa jaminan Developer: Tamica Brodt

152 Platform: Pinjaman Nusantara Developer: huangzhi

153 Platform: Pinjaman Oke – Nyaman dan cepat Developer: Nvvuopd Ostudio

154 Platform: Pinjaman online Developer: moneymon908@gmail.com

155 Platform: Pinjaman petir Developer: Pakar pinjaman

156 Platform: Pinjaman Tunai-Pinjaman Uang Cepat Developer: Pinjaman Tunai

157 Platform: Pinjaman Uang Tunai-Kredit Tunai Tanpa Hipotek Developer: Alia Swenson

158 Platform: Pinjaman Uang-Tempat pinjaman kredit cepat&mudah Developer: Janette Outman

159 Platform: Pinjaman24.id Developer: info@pinjaman24.id

160 Platform: Pinjamanku.com Developer: Amarta Development

161 Platform: PinjamBro- Kredit Pinjaman Dana Tunai Online Cepat Developer: Zandra Armetta

162 Platform: pinjam-dong Developer: pinjam tunai

163 Platform: Pinjamin Uang – Cepat dan Mudah Developer: easytechno.id

164 Platform: Pinjamlah Online Developer: Dawn Yang

165 Platform: Pinjam-Mon Developer: tang wen

166 Platform: PinjamMudah Developer: Audrey Spittler

167 Platform: Pinjam-pinjam Developer: Nbccv Ostudio

168 Platform: PinjamSaja Developer: Budi Pin

169 Platform: Pitih Kilat-Pinjaman Uang Developer: pitih kilat

170 Platform: Plus Pinjam Dana Uang – Rupiah Cepat Tunai Developer: PinjamanPlus

171 Platform: Pohon Dana – Pinjaman Uang Developer: Mi Developers

172 Platform: PondoCash Developer: BonusPondo

173 Platform: Pop Cash – Pinjam Uang Cepat Mudah Developer: Flash POP Android TEAM

4 dari 4 halaman

Selanjutnya

174 Platform: Prestamos Personales Rápidos -Créditos 💰💰Developer: Team Fd Apps

175 Platform: Préstamos Rapidos Developer: Financial Co LMTD

176 Platform: Quick Emergency Loans To Mpesa,fast Loans,Instant Developer: Loans Branch

177 Platform: Ragam Tunai: Cicilan Kredit Cepat Pinjam Uang Cash Developer: Lorrine Starch

178 Platform: Raja Pinjaman Developer: doubletan

179 Platform: Raja-Uang Id Developer: raja developer team

180 Platform: Robocash – Online Loan Robot Developer: Robocash.id

181 Platform: Rocket Cash – kredit uang cepat Developer: Hermosa Anne

182 Platform: Rupiah Cepat- kredit pinjaman online easy rupiah Developer: Rupiah Cepat

183 Platform: Rupiah Get Developer: RupiahGet

184 Platform: Rupiah Kita Developer: doubletan

185 Platform: Rupiah Teman-Pinjam Uang Rupiah Cash Tunai Developer: PT MATAHARI MAKMUR ABADI

186 Platform: Rupiah Toko – Kredit Pinjaman Uang Online Cepat Developer: Kredit Xendit

187 Platform: Rupiah Zone Developer: Kurnia Jaya Intan Teknologi

188 Platform: Sahabat Kredit – pinjaman uang Developer: Doni Awan

189 Platform: Saku Kita Developer: Sakukita Cermat

190 Platform: Salam Siap Developer: Dhani Software

191 Platform: Sasa loans – quick and fast mobile loans Developer: starzxapps

192 Platform: Solusi Cepat Developer: Chiam Soon Chian

193 Platform: Surya Dana Developer: ELMI NET.

194 Platform: Syarat Kredit Tanpa Agunan Di Setujui Developer: nawaitu

195 Platform: TangBull – Pinjaman Uang Dana Online Aman & Cepat Developer: PT. TangBull Tech Indonesia

196 Platform: TasCash – Dompet online Anda Developer: TasCash

197 Platform: Teman Uang Developer: Viva PS

198 Platform: TokoDana-Pinjaman Kredit Uang Rupiah Kilat & Mudah Developer: Clauson Wade

199 Platform: TokoRupiah -pinjaman mudah online cash loans Developer: Pinjaman Dana Tunai Cepat Online

200 Platform: Tunai Kita – Pinjam Kilat dan Mudah Developer: Royal Digital Inc.

201 Platform: Tunai Plus – Pinjaman Uang Cepat Kredit Mudah Developer: Meixin Global Fintech

202 Platform: TunaiBoxPlus Developer: bumgHunge

203 Platform: TunaiKan Developer: Tunai Jaya Teknologi

204 Platform: TunaiMart – Pinjaman uang tunai cepat Developer: TunaiMart

205 Platform: TunaiPlus Developer: Dompet Technology

206 Platform: TunaiTunai – Pinjaman uang tunai Developer: Meixin Global Fintech

207 Platform: Tuntasin Developer: FITRI SOFTWARE APP

208 Platform: uang cash Developer: shengqiang

209 Platform: Uang Cash-Kredit Tunai Pinjaman Uang Online Cepat Developer: Kredit

210 Platform: uang koo:Re – Fastest Secure Loan Developer: Sheenag.Saundra

211 Platform: Uang Pinjaman Developer: Semangat 45, PT

212 Platform: Uang Rupiah Developer: Uang Rupiah

213 Platform: UangKas – Pinjaman Cepat Terkini Developer: Uangkas

214 Platform: Uang-Kita—Pinjaman Uang Tunai Developer: Uang—Kita

215 Platform: Uang-Mesin -[adalah aplikasi pinjaman online KTA] Developer: Uangmesin

216 Platform: Uangonline-Pinjaman Dana Uang Online Developer: worldpeace

217 Platform: UangSkr Developer: yuli sulasttri

218 Platform: U-Box pinjaman mudah cepat easy duit dana Developer: U-BOX Android

219 Platform: U-need Developer: PT nufoundtech

220 Platform: Upesi Loans Developer: Masstarg

221 Platform: Wall In Developer: Wiwik Arsianti

222 Platform: Your payday loans online personal Developer: Vasiliy Burenkov

223 Platform: Займы на карту Developer: NKN Mobi

224 Platform: 开放贷款中国 Developer: Viva PS

225 Platform: @_ksp_nasari KOPERASI PINJAMAN DANA OJK

226 Platform: @ojk_dana_online KSP SEJAHTERA BERSAMA

227 Platform: @kufi_rupiah / @ojk_dana PINJAMAN DANA ONLINE

228 Platform: @ksp_nasari_syariah_KOPERASI PINJAMAN DANA OJk

229 Platform: @ksp.nasari_KOPERASI PINJAMAN DANA OJK🇲

230 Platform: @koperasi_ojk_pinjaman_online PINJAMAN DANA TUNAI(OJK)

231 Platform: @dana_part2