Lawan Barcelona, Liverpool Diuntungkan Jadwal

Liverpool – Liverpool mendapat keuntungan dari jadwal saat menghadapi Barcelona di semifinal Liga Champions musim ini. Hal ini disampaikan oleh dua legenda The Reds, Michael Owen dan Robbie Fowler.

Keduanya beranggapan, Liverpool cukup diuntungkan dengan jadwal pertandingan, di mana tim asuhan Jurgen Klopp itu akan menjalani laga tandang lebih dulu, baru memainkan leg kedua di Anfield Stadium sehingga peluang lolos ke final dinilai makin besar.

“Dengan pertandingan pertama di Camp Nou, itu jadi keuntungan besar. Kemudian setelah itu kembali ke Anfield, itu seperti bonus nyata,” kata Owen seperti dikutip dari Dailymail.

Hal sama dirasakan Robbie Fowler. Ia berujar, Liverpool punya kans besar dan sebaiknya mengalami pelajaran dari lini tengah Mamchester United yang berhasil menahan Blaugarana dalam laga leg pertama perempat final di Old Trafford (11/4/2019).

“Saya pikir Liverpool punya peluang besar. Man United sudah menunjukkan di Old Trafford bahwa tim bisa menandingi mereka. Dengan kecapakan Liverpool dalam menyerang, mereka pantas melawan tim siapa pun,” imbuh Fowler.

Di sisi lain, sebelum meladeni Barcelona di Camp Nou pada 30 April 2019, Liverpool akan melakoni laga-laga penting di Premier League, melawan Cardiff City dan Huddersfield, sebelum ganti menjamu Lionel Messi dkk. pada 7 Mei 2019.

Sumber: Bola.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Berita video highlights leg II perempat final Liga Champions 2018-2019 antara Porto melawan Liverpool yang berakhir dengan skor 1-4 di Estadio Do Dragao, Rabu (17/4/2019).

PT Penas Bakal Jadi Induk Holding BUMN Penerbangan, Garuda Diuntungkan?

Liputan6.com, Jakarta – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tengah membentuk holding sarana dan prasarana perhubungan udara. 

Diketahui, Menteri BUMN Rini Soemarno menunjuk PT Survai Udara Penas (Persero) sebagai induk holding dan tiga BUMN sebagai anggotanya yaitu PT Angkasa Pura I, PT Angkasa Pura II dan PT Garuda Indonesia Tbk. 

Direktur Riset dan Investasi PT Kiwoom Sekuritas, Maximilianus Nico Demus mengatakan, Garuda Indonesia bakal diuntungkan melalui pembentukan holding sebagai anggota di dalamnya.

“Sebetulnya yang ketolong sekali ya Garuda. Karena sejauh ini kita semua tahu kinerja Garuda sendiri seperti apa. Kalau Angkasa Pura I dan II mencatatkan kinerja yang luar biasa, sehingga tentu hal ini akan membuat konsolidasi keduanya semakin baik, meskipun secara management tetap akan dipisahkan,” papar dia saat berbincang dengan Liputan6.com, Jumat (12/4/2019).

Dia menambahkan, kinerja Garuda Indonesia akan semakin membaik ditopang holding BUMN penerbangan ini.

“Kinerja Garuda tentu akan terbantu oleh kedua holding yang luar biasa,” ujar dia.

Selain itu, menurut dia, holding penerbangan udara akan mendorong industri penerbangan RI agar semakin baik ke depannya.

“Bagusnya adalah, baik dari sisi pengelolaan bandara, hingga penerbangannya diintegrasikan menjadi satu. Alhasil tentu akan memberikan goal yang lebih jelas sehingga akan mendorong penerbangan di Indonesia menjadi lebih baik lagi,” ucap dia.

HEADLINE: Menanti Tarif Baru Ojek Online 25 Maret, Siapa Bakal Diuntungkan?

Ketua Tim Peneliti RISED, Rumayya Batubara, mengatakan konsumen sangat sensitif terhadap segala kemungkinan peningkatan tarif. Hal ini terlihat dalam hasil survei.

“Kenaikan tarif ojek online berpotensi menurunkan permintaan konsumen hingga 71,12 persen,” kata Rumayya Batubara.

Survei dengan 2.001 responden konsumen ojek online yang tersebar di 10 provinsi tersebut juga memperlihatkan hasil 45,83 persen menyatakan tarif ojek online yang ada saat ini sudah sesuai.

“Bahkan 28 persen responden lainnya mengaku bahwa tarif ojek online saat ini sudah mahal dan sangat mahal,” ujar dia.

Jika memang ada kenaikan, sebanyak 48,13 persen responden hanya mau mengeluarkan biaya tambahan kurang dari Rp 5.000 per hari.

“Ada juga sebanyak 23 persen responden yang tidak ingin mengeluarkan biaya tambahan sama sekali,” ujar dia.

Dia mengungkapkan, survei tersebut juga mencatat jarak tempuh rata-rata konsumen adalah 8,8 km per hari. Dengan jarak tempuh sejauh itu, apabila terjadi kenaikan tarif dari Rp 2.200 per km menjadi Rp 3.100 per km atau sebesar Rp 900 per km, pengeluaran konsumen akan bertambah sebesar Rp 7.92O per hari.

“Bertambahnya pengeluaran sebesar itu akan ditolak oleh kelompok konsumen yang tidak mau mengeluarkan biaya tambahan sama sekali. dan yang hanya ingin mengeluarkan biaya tambahan kurang dan Rp 5.000 per hari. Total persentasenya mencapai 71,12 persen,” ujar dia.

Hal sama diungkapkan oleh pengamat transportasi dan Ketua Institut Studi Transportasi (Instran) Dharmaningtyas. Ia mengatakan, untuk hitungan ongkos di atas 5 km, tarif pada kisaran Rp 2.000-2.400 per km dianggapnya terlalu rendah bagi pengemudi. Apalagi, tambahnya, jika nominal tersebut masih harus dipotong 20 persen oleh pihak aplikator.

“Atau kalau di luar potongan aplikator, hitungan bersih yang masuk ke pengemudi minimum Rp 2.450 per km. Kalau Rp 2.000-2.400 dan masih dipotong aplikator, mereka keberatan, karena itu sama dengan tarif yang sekarang ini,” sambungnya.

Dia menyebutkan, hitungan ideal yang saat ini tengah diajukan pihak driver ojek online yakni sebesar Rp 3.100 per km, gross atau belum dipotong oleh aplikator.

Menurutnya, besaran ongkos tarif tersebut sudah tepat untuk diterapkan dan tidak akan merugikan konsumen. Sebab, ia menyatakan, pemerintah kini juga telah menyiapkan sarana transportasi publik yang lebih ramah kantong semisal Trans Jakarta.

“Kalau konsumen merasa berat ya lebih bagus pindah ke angkutan umum yang lebih berkeselamatan dan murah. Naik Trans Jakarta hanya Rp 3.500, kenapa harus naik motor?” tutur dia.

HEADLINE: Format Baru Debat Ma’ruf Amin Vs Sandiaga, Siapa Diuntungkan?

Calon wakil presiden Ma’ruf Amin mengaku banyak membaca buku dan kitab klasik jelang debat Pilpres ketiga 17 Maret 2019 mendatang. Selain itu, dia juga masih terus mendengar masukan dari para pakar.

“Menjelang debat, selain saya mendengarkan informasi dari para pengambil keputusan, pelaksana teknis dan para akademisi, saya juga membaca tulisan (buku dan artikel), komentar (di media). Saya juga memperbanyak baca kitab klasik,” ujar Ma’ruf di Jakarta, Rabu 13 Maret 2019 lalu.

Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama itu menjelaskan, dengan membaca kitab klasik, banyak pembahasan ulama-ulama terdahulu untuk digunakan dengan isu faktual sekarang.

“Dalam kitab juga banyak sumber-sumber yang bisa dijadikan rujukan, juga paradigma-paradigma, mabadi-mabadi (pendahaluan) yang menurut saya penting untuk jadi landasan berpikir,” jelas Ma’ruf.

Ma’ruf juga akan membawa pandangan para ulama, yang menurutnya akan dikombinasikan dalam menjawab persoalan yang ada.

“(Dalam debat nanti), saya juga akan mengombinasikan pemikiran yang secara konsep, (dengan pelaksanaan) secara teknis dan juga pandangan-pandangan ulama yang sangat filosofis,” pungkasnya.

Ma’ruf mengaku, tak ada persiapan khusus menghadapi debat. “Mengalir saja, persiapan sambil jalan saja. Tidak ada persiapan spesifik,” kata Ma’ruf.

Ulama sepuh NU yang juga keturunan Syekh Nawawi al-Bantani itu mengatakan kalau semua berjalan apa adanya.

“Biasa aja. Enggak (ada persiapan khusus), makanya malam ini (datang di haul Sultan Ageng Tirtayasa), (tadi siang di) Cilegon,” terangnya.

Ma’ruf Amin juga sempat bertemu sejumlah tokoh jelang debat ketiga di kediamannya di Jalan Situbondo, Jakarta Pusat.

Mereka adalah Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Bambang Brodjonegoro dan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

Deputi V Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Jaleswari Pramodhawardhani juga bertemu dengan Ma’ruf Amin Rabu malam. Pada debat pertama, pengamat intelijen itu terlihat mondar-mandir bertemu sang cawapres untuk mempersiapkan debat.

Debat Cawapres akan digelar pada 17 Maret 2017 mendatang. Tema debat kali ini adalah pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan dan sosial budaya.

Sementara cawapres nomor urut 02, Sandiaga Uno memastikan tak akan menyerang rivalnya, Ma’ruf Amin saat debat cawapres. Sandiaga mengaku sangat menghormati Ma’ruf Amin yang lebih senior.

“Saya pastikan tidak akan menyerang, sungkan pasti, sama orang yang tua, saya dididik agar sepanjang hidup sungkan sama yang senior dan berlaku hormat. Saya akan tampil apa adanya,” kata Sandi di kawasan Bulungan, Jakarta Selatan, Jumat 15 Maret 2019.

Sandiaga melihat Ma’ruf Amin bukanlah sebagai lawan, melainkan mitra demokrasi.

“Pak kiai ini tentunya punya pengalaman luar biasa. Saat saya berusia 1,5 tahun, beliau sudah jadi anggota dewan, jauh sekali pengetahuannya, jadi kami saling akan mengisi, saya memastikan tidak akan mencoba menyerang atau apa,” tutur Sandiaga.

“Perbedaan kita karena 17 April aja, tapi kita semuanya sama, ingin Indonesia adil, ingin Indonesia makmur,” sambung dia.

Eks Wakil Gubernur DKI Jakarta itu tak masalah bila Ma’ruf menyerangnya saat debat nanti. “Pemahaman saya tentang ayat-ayat kan sangat terbatas, jadi mungkin dari pengalaman saya dalam membangun usaha, sebagai profesional, kemarin sempat tugas politik, sempat juga birokrat, ini yang akan saya gunakan untuk meyakinkan masyarakat,” pungkas Sandi.

Juru bicara Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandiaga, Andre Rosiade, mengatakan, calon wakil presiden Ma’ruf Amin hadir dalam debat ketiga Pilpres bukan sebagai ulama. Melainkan sebagai politisi ulung.

“Besok Pak Kiai Ma’ruf Amin datang debat itu bukan kapasitasnya sebagai ulama. Tapi politisi ulung yang pernah menjadi anggota DPRD DKI dan DPR RI itu. Ini politisi ulung,” ucap Andre di Gambir, Jakarta Pusat, Kamis 14 Maret 2019.

Dalam debat nanti, kata Andre, akan dipertemukan antara politisi senior berhadapan dengan politisi muda, yakni Sandiaga Uno.

“Jadi menurut saya besok itu politisi senior Ma’ruf Amin melawan politisi muda Sandiaga Uno,” jelas Andre.

Sementara Direktur Konten Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf, Fiki Satari mengungkapkan, Ma’ruf Amin sudah siap menghadapi debat pada 17 Maret 2019 mendatang.

Sejumlah materi juga sudah dikuasai oleh Ma’ruf. Selain itu, Ma’ruf juga sempat mengikuti simulasi debat yang diadakan TKN.

“Pak kiai ini (pengetahuannya) sangat lengkap, sangat banyak. Kami juga sudah dengar pandangan-pandangan dari teman-teman yang memang ahlinya,” ungkap Fiki di markas pemenangan Jokowi-Ma’ruf, Jalan Cemara, Jakarta Pusat, Jumat (15/3/2019).

Terpisah, KPU sepakat membuat Komite Damai untuk debat cawapres yang dilaksanakan pada 17 Maret 2019. Komisioner KPU, Wahyu Setiawan mengatakan, komite ini dibuat karena pada pelaksanaan debat sebelumnya terjadi keributan.

Komite Damai ini dibentuk untuk mendinginkan suasana apabila ada keributan antarpendukung. Wacana pembentukan komite ini sudah disepakati oleh Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin dan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

“Jadi, Komite Damai ini dimaksudkan untuk mengatasi jika ada permasalahan sepanjang debat cawapres nanti,” ujar Wahyu di Jakarta, Kamis, 14 Maret 2019.

Komite Damai akan diisi dari kedua kubu dan penyelenggara pemilu. Dari TKN Jokowi-Ma’ruf Amin ada Arya Bima dan Rizal Malarangeng. Sementara dari BPN Prabowo-Sandi ada Imelda Sari dan Putra Jaya Husin.

Adapun dari unsur penyelenggara pemilu, Wahyu Setiawan akan mewakili KPU dan Mochammad Afifuddin akan mewakili Badan Pengawas Pemilihan Umum RI (Bawaslu).

Saksikan video soal debat Ma’ruf Amin Vs Sandiaga berikut ini:

AHY Merasa Demokrat Tak Diuntungkan, BPN: Sebab Arogansi Kekuasaan Jokowi

Jakarta – Komandan Kogasma Partai Demokrat (PD), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) merasa PD tidak diuntungkan pada pilpres 2019, karena hanya partai yang kadernya menjadi capres yang bisa mendapatkan keuntungan suara. Sepakat dengan AHY, Juru bicara debat BPN Prabowo-Sandiaga, Ahmad Riza Patria menilai presidential threshold (ambang batas pencalonan presiden) 20 persen ada karena arogansi kekuasaan Joko Widodo (Jokowi).

“Yang AHY sampaikan itu benar nggak ada yang salah itu. Ini lah sebabnya Undang-undang nomor 7 tahun 2017 itu presidential threshold 20 persen, itu yang disebabkan arogansi kekuasaan Pak Jokowi yang mau menang sendiri, nggak mau memberi ruang dan kesempatan pada partai-partai lain dan calon-calon lain. Ujung masalahnya di situ,” ujar Riza saat dihubungi, Sabtu (2/3/2019).

Riza mengungkapkan, presidential threshold 20 persen membuat beberapa partai tidak dapat mencalonkan capres sendiri di Pilpres 2019. Demikian halnya dengan Demokrat, Gerindra, PKS, dan PAN yang tidak memiliki kursi yang cukup untuk mencalonkan sendiri capresnya, sehingga harus bergabung membentuk koalisi.

“Ini lah yang saya maksud akibat dari arogansi kekuasaan, ini ke depan yang harus dibenahi. Solusinya harus dikurangi presidential threshold-nya, kalau tidak ya susah lah. Kalau presidential threshold tidak dikurangi ya tidak bisa, susah,” katanya.
Politisi Gerindra itu melanjutkan, meski AHY merasa Demokrat tidak diuntungkan di Pilpres 2019, namun menurutnya Demokrat sudah bekerja maksimal untuk memenangkan Prabowo-Sandiaga. Riza melihat, baik Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sebagai Ketum Parpol hingga kader-kader di bawahnya sudah total dan fokus memenangkan Prabowo-Sandiaga.

“Itu kan kami rasakan dukungan daripada Demorkat kepada Prabowo-Sandi. Jadi kami tidak meragukan dukungan dan komitmen daripada Demokrat untuk Prabowo-Sandi,” tuturnya.

Dikatakan Riza, dirinya sepakat dengan pernyataan AHY yang menyebut partai yang tidak mengusung kadernya sebagai capres-cawapres tidak dapat diuntungkan. Hal itu disebutnya sebagai efek ekor jas.

“Memang yang lebih diuntungkan itu PDIP, PKB punya cawapres (Ma’ruf Amin), Gerindra, itu lebih diuntungkan dibandingkan partai lain, itu akibat daripada efek ekor jas. Jadi itu kan sudah disampaikan berulang-berulang oleh para ahli, para pengamat,” ucapnya.

“Pemerintah harus menyiapkan undang-undang yang berpihak pada kepentingan rakyat, pada kepentingan kualitas demokrasi, yaitu apa? Tidak boleh ada presiden treshold sampai 20 persen. Presiden treshold 20 persen itu merugikan banyak pihak, itu masalahnya di situ,” imbuhnya.

Terkait Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Timur, Soekarwo yang meminta Demokrat harus fokus ke Pileg, Riza menilai antara Pilpres dan Pileg tidak dapat dipisahkan. Hal ini karena suara Pilpres lebih besar daripada suara Pileg.

“Jadi partai pasti membonceng, menunggangi, menumpang, dari suara pilpres, itu wajar. Semua partai setiap ada kampanye Pilpres itu ikut di situ berpartisipasi untuk mendapatkan nilai tambah elektoral daripada Pilpres. Jadi semua partai yang mendukung pasangan calonnya di Pilpres ikut berpartisipasi memberikan dukungan kepada Pilpres dan mengambil manfaat daripada dukungan rakyat kepada Pilpres, supaya berdampak juga pada perolehan suara partai dan suara caleg-calegnya,” ungkapnya.

Sebelumnya, AHY menilai hanya partai yang kadernya menjadi calon di Pilpres yang bisa mendapatkan keuntungan suara saat Pemilu 2019.

“Ini memang menjadi tantangan luar biasa bagi seluruh parpol kecuali parpol mempunyai kandidat capres dan cawapres dalam hal ini ada dua parpol diuntungkan ini konsekuensi logis sistem ini. Demokrat harus kerja keras meyakinkan masyarakat luas selain pilpres, ada pileg tidak kalah penting,” kata AHY di kantor DPP Demokrat, Jalan Proklamasi, Jakarta Pusat, Sabtu (2/3).
(nvl/fdu)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

TKN Soal AHY Merasa PD Tak Diuntungkan: Kampanyekan Partai Langkah Baik

Jakarta – Komandan Kogasma Partai Demokrat (PD), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) merasa PD tidak diuntungkan pada pilpres 2019. Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf menilai langkah AHY untuk fokus mengkampanyekan partai merupakan langkah yang baik.

“Langkah yang diambil oleh seorang AHY untuk membesarkan Partai Demorkat dengan cara mengkampanyekan partai itu adalah langkah yang baik,” ujar juru bicara TKN Ace Hasan Syadzily saat dihubungi, Sabtu (2/3/2019).

Namun, politisi Golkar itu menilai, tidak tepat jika hanya partai yang mengusung kadernya sebagai capres-cawapres yang mendapatkan keuntungan. Hal ini karena konsolidasi di internal partai menjadi hal yang sangat penting. Terlebih, Golkar yang sedari awal sudah mendukung Jokowi tentu berbeda dengan Demokrat yang baru menyatakan dukungan ke Prabowo-Sandi.

“Bagi Partai Golkar sendiri sebetulnya soal itu tidak terlalu (berpengaruh kader diusung jadi capres-cawapres), karena kita sejak awal sudah sangat confirm untuk mendukung Pak Jokowi,” kata Ace.
Karena sejak awal Golkar sudah betul-betul mendukung Jokowi, maka menurut Ace ada efek elektoral dari Jokowi yang didapatkan oleh Partai Golkar. Ace mengungkapkan, tidak semua suara Jokowi diasosiasikan hanya kepada partai tertentu.

“Berbeda dengan Partai Demokrat yang memang belakangan baru menentukan sikap politiknya (mendukung Prabowo-Sandiaga),” imbuhnya.

Sebelumnya, AHY merasa Demokrat tidak diberi keuntungan di Pilpres 2019, karena hanya partai yang kadernya menjadi calon di Pilpres yang bisa mendapatkan keuntungan suara saat Pemilu 2019.

“Ini memang menjadi tantangan luar biasa bagi seluruh parpol kecuali parpol mempunyai kandidat capres dan cawapres dalam hal ini ada dua parpol diuntungkan ini konsekuensi logis sistem ini. Demokrat harus kerja keras meyakinkan masyarakat luas selain pilpres, ada pileg tidak kalah penting,” kata AHY di kantor DPP Demokrat, Jalan Proklamasi, Jakarta Pusat, Sabtu (2/3).
(nvl/fdu)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Hasil Liga Inggris: Chelsea Tundukkan Tottenham 2-0

LondonChelsea tampil sebagai pemenang Derby London menghadapi Tottenham Hotspur. Tampil sebagai tuan rumah, Chelsea mengalahkan Tottenham dengan skor akhir 2-0.

Melakoni laga Liga Inggris di Stamford Bridge, Kamis (28/2/2019) dinihari WIB, Chelsea dan Tottenham bermain imbang tanpa gol di babak pertama. Kemenangan Chelsea ditentukan di paruh kedua berkat gol Pedro Rodriguez dan gol bunuh diri bek Tottenham Kieran Trippier.

Kemenangan ini menandai kebangkitan Chelsea usai menderita dua kekalahan beruntun di kompetisi domestik. Sebelumnya the Blues ditekuk Manchester United 0-2, lalu kalah lewat adu penalti dari Manchester City di final Piala Liga Inggris.

Selain itu, Chelsea terus menjaga peluangnya untuk finis empat besar. Sekalipun Si Biru belum beranjak dari peringkat keenam klasemen sementara usai mengoleksi 53 poin dan satu laga sisa. Chelsea tertinggal dua poin dari MU [5] dan tiga poin dari Arsenal [4].

Bagi Tottenham kekalahan ini kian menutup peluang dalam perburuan gelar juara bersama City dan Liverpool. Spurs tetap di peringkat ketiga dengan 60 poin, berjarak delapan poin dari City dan sembilan poin dari Si Merah sekaligus menderita kekalahan kedua beruntun usai di akhir pekan lalu tumbang di markas Burnley 1-2.

Jalannya Pertandingan

Chelsea langsung menekan sejak awal. Saat pertandingan baru berjalan tujuh menit, Gonzalo Higuain melepaskan tembakan dari luar kotak penalti yang membentur tiang gawang Tottenham. Hugo Lloris sampai tidak sempat bergerak.

Tottenham masih terus dalam tekanan. Meskipun sesekali mampu melakukan serangan, Chelsea tidak memberi ruang di sepertiga akhir.

Di menit ke-19, Tottenham hampir membuat kesalahan fatal. Operan Lloris justru mengarah kepada Pedro untuk diteruskan kepada Eden Hazard yang bekerja sama dengan Higuain. Untungnya, penyelesaian Higuain melenceng gawang Spurs pun selamat.

Selepas setengah jam laga berjalan, Chelsea mulai kehilangan ritme permainannya sehingga Tottenham bisa mengembangkan permainan.

Dari sayap kiri, Harry Kane melewati dua pemain Chelsea sebelum melepaskan tembakan ke arah gawang. Namun, Cesar Azpilicueta berhasil melakukan intersepsi.

Peluang terbaik Tottenham terlahir semenit jelang waktu normal babak pertama habis. Dari luar kotak penalti, Harry Winks melepaskan sepakan keras yang melewati Willy Caballero tapi bola hanya mengantam mistar gawang Chelsea. Skor 0-0 bertahan sampai jeda.

Chelsea kembali mendominasi Tottenham setelah turun minum. Namun, sejumlah usahanya belum membuahkan hasil sampai di menit ke-57.

Pedro membuka skor pertandingan untuk membawa Chelsea memimpin 1-0. Azpilicueta mengirim umpan terobosan yang membebaskan Pedro. Dari sisi kiri pertahanan Tottenham, Pedro melewati penjagaan Toby Alderweireld untuk menyesaikan dengan sepakan kaki kiri dari dalam kotak penalti.

Spurs merespons dengan melakukan serangan yang dimotori Eriksen. Namun, Pedro yang turun bertahan melakukan tekel di kotak penalti untuk menggagalkan.

Tekanan Spurs berlanjut. Di menit ke-67, sepak pojok Kieran Trippier jatuh di kotak penalti yang disambut Alderweireld dengan sundulan meski masih melebar tipis dari gawang Caballero.

Olivier Giroud langsung menciptakan dampak instan usai masuk menggantikan Higuain. Di awali sundulan Giroud, miskomunikasi antara Trippier dengan Lloris membuat gawang bergetar untuk kedua kalinya. Chelsea diuntungkan sehingga kedudukan 2-0 di menit ke-84.

Tottenham semakin frustrasi di menit-menit akhir yang dimanfaatkan Chelsea. Bagaimanapun, Chelsea berhasil mempertahankan keunggulannya sampai pertandingan selesai.

Susunan Pemain

CHELSEA: Caballero, David Luiz, Azpilicueta, Marcos Alonso, Ruediger, Kovacic (Loftus-Cheek 77′), Jorginho, Kante, Higuain (Giroud 84′), Hazard (Willian 60′), Pedro

TOTTENHAM HOTSPUR: Lloris, Alderweireld, Trippier, Davies, Davinson Sanchez, Sissoko (Rose 84′), Lamela (Llorente 70′), Eriksen, Winks, Son (Moura 80′), Kane
(rin/raw)

Semua Hal yang Perlu Diketahui tentang KTT Trump-Kim di Vietnam

Hanoi – Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, akan kembali bertemu dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un di Vietnam, Rabu (27/2).

Harapannya adalah kedua bekas musuh bebuyutan ini akan menghasilkan semacam kesepakatan terkait program senjata nuklir Korea Utara yang kontroversial.

Jika Anda ingin mengetahui apa yang akan terjadi minggu ini, berikut hal-hal yang mendasar.

Apa yang akan dibicarakan?

Hal yang sama dengan apa yang telah mereka bicarakan pada pertemuan bersejarah pertama bulan Juni 2018 lalu di Singapura: senjata nuklir.

Sebagian besar dunia menginginkan Korea Utara untuk menghapus senjata nuklirnya – proses yang biasanya disebut sebagai denuklirisasi.

Tetapi Korut selalu mengatakan tidak akan melakukannya sampai mereka merasa aman dari ancaman AS dan pihak-pihak lain.

Karena itulah Korut dikenai serangkaian sanksi yang menghambatnya berdagang atau berhubungan secara normal dengan dunia yang lebih luas.

Mereka menginginkan tindakan yang melonggarkan sanksi tersebut.

Apakah Korut sudah berjanji akan menghapus senjatanuklirnya?

Tidak, tidak sama sekali.

Ketika mereka bertemu tahun lalu, Trump dan Kim menandatangani Deklarasi Singapura yang sangat optimistis tetapi tidak rinci.

Mereka mengatakan mendukung perdamaian dan denuklirisasi, tetapi mereka tidak pernah menyatakan apa arti sebenarnya atau bagaimana akan diwujudkan.

Korut telah meledakkan situs percobaan nuklir – meskipun sebenarnya mereka tidak memerlukannya lagi selama negara itu mengetahui nuklirnya efektif – tetapi tidak terdapat indikasi Pyongyang melakukan hal lainnya untuk menghentikan pengembangan nuklir.

Pada kenyataannya, pejabat senior intelijen AS mengatakan Korut tidak pernah menghentikannya, karena mereka meyakini hal itu “penting bagi kelangsungan hidup rezim”.

Dalam beberapa minggu terakhir, Trump sepertinya mengurangi ambisinya, dengan mengatakan dirinya sudah gembira selama Korut tidak lagi melakukan tes peluru kendali atau bom nuklir, yang merupakan status quo saat ini.

AS kemungkinan juga akan mendesak Korut untuk memberikan daftar lengkap seluruh teknologi nuklirnya – tetapi bahkan hal inipun mereka tidak pernah bersedia melakukannya.

Mengapa Korut tidak bisa memiliki senjata nuklir?

Bom nuklir adalah senjata paling kuat yang pernah dibuat. Terdapat sejumlah pengecualian, tetapi dunia sepakat sekarang seharusnya tidak ada negara nuklir baru. Korut telah melanggar hukum dan traktat internasional karena mengembangkan cadangan nuklirnya sendiri.

Selain ketakutan nyata bahwa negara itu suatu hari akan menggunakan senjata itu, Korut juga kemungkinan menjual teknologi ke negara lain, membuat kesalahan sehingga terjadi kecelakaan atau jika pemerintahannya hancur, nuklir akan dikuasai pihak yang tidak tepat.

Jika Korut diizinkan memiliki senjata nuklirnya, negara itu akan mendorong negara lain untuk melakukan hal yang sama.

Apakah Korut sebuah ancaman nyata?

Ya, ada kemungkinan. Negara itu berulang kali mengatakan tidak takut menggunakan senjata nuklir atau konvensional jika diancam.

Negara-negara yang paling mencemaskannya adalah para tetangganya – Korea Selatan dan Jepang.

AS menempatkan puluhan ribu tentara di kedua negara itu. Tetapi Korut juga menyatakan memiliki peluru kendali yang cukup kuat untuk mencapai daratan AS.

Juga terjadi peningkatan ancaman keamanan siber dari Korut dalam beberapa tahun terakhir.

Sebagian besar pengamat sepakat jika Korut memulai konflik maka itu akan sama saja dengan membunuh diri.

as, korut, nuklir
(Getty Images)

Apakah AS dan Korut sedang berperang?

Secara teknis, ya. Perang Korea berakhir dengan penghentian resmi perang – sebuah gencatan senjata – tetapi traktat perdamaian tidak pernah ditandatangani.

Berdasarkan pakta pasca-perang, AS masih memiliki lebih dari 23.000 anggota militer di Korea Selatan dan melakukan latihan secara teratur dengan pasukan Korsel.

Salah satu hasil KTT kemungkinan adalah semacam deklarasi perdamaian, sesuatu yang memang diinginkan Kim.

Itu tidak akan menjadi traktat perdamaian resmi – karena itu adalah sebuah proses politik yang rumit dengan pengaruh praktis yang besar – tetapi tindakan yang lebih simbolis yang akan membuat kedua pemimpin terlihat baik di dalam negerinya.

as, korut, nuklir, vietnam, ktt
(Getty Images)

Mengapa di Vietnam?

Sebagai sebuah negara komunis Vietnam memiliki kesamaan politik dengan Korut, di samping juga pernah mengalami konflik dengan AS.

Negara ini dipandang menjadi model yang dapat diikuti Korut jika ingin keluar dari keterasingan.

Kim akan meluangkan waktu untuk melihat industri dan perdagangan di Vietnam. Jika dia mencapai kesepakatan dengan AS, membalikkan propaganda anti-AS puluhan tahun, dia perlu meyakinkan kelompok elit Korut bahwa mereka akan diuntungkan.

Kim juga tidak perlu mengkhawatirkan protes – karena Vietnam tidak mengizinkan demonstrasi – dan wartawan yang meliput KTT akan sangat diawasi.

Seperti apa keadaan Korut?

Pemerintahannya adalah salah satu yang paling kejam di dunia, yang sangat mengontrol kehidupan rakyatnya. World Food Programme meyakini terdapat lebih dari 10 juta orang yang kekurangan gizi disana.

Bagi elite politik dan perkotaan, kehidupan jauh lebih baik dalam beberapa tahun terakhir meskipun sanksi diterapkan, tetapi pengamat hak asasi manusia mengatakan tidak banyak yang berubah, meskipun Korut telah meningkatkan hubungan diplomatik.

HAM hampir pasti tidak akan dibicarakan pada KTT Trump-Kim, tetapi mereka kemungkinan akan mendiskusikan kesepakatan yang memungkinkan masuknya bantuan kemanusiaan atau membiarkan keluarga yang terpisah sejak perang bertemu kembali.

Mengapa Korut tidak memiliki listrik?

Ini adalah pertanyaan yang paling banyak dicari di Google – karena foto satelit seperti ini. Daerah gelap di tengah adalah Korea Utara, di antara Cina, Korsel dan Jepang.

Jawabannya adalah Korut tidak memiliki pasokan listrik yang luas dan dapat diandalkan.

Pembangkit listrik dan bendungan pembangkit air sudah tua dan mengalami kelangkaan bahan bakar dan suku cadang. Pasokan listrik diprioritaskan untuk kepentingan militer dan resmi.

Di luar perkotaan, banyak orang bergantung kepada generator yang mahal dan berisik, meskipun demikian menurut NK News, panel matahari – yang murah dan dapat diandalkan – menjadi semakin banyak digunakan untuk kepentingan rumah tangga.

Apakah AS akan pernah menyerang Korut?

Hal ini sering ditanyakan di internet, terkait dengan cerita ancaman dari Korut.

Secara teoritis, ya bisa saja, tetapi hanya sedikit pengamat yang mengatakan ini adalah sebuah ide yang baik.

Pertama terdapat masalah etika – terdapat 25 juta orang di Korut – sebagian besar adalah korban pemerintah, mereka bukanlah yang menimbulkan masalah.

Menyingkirkan Kim dan para pemimpin senior akan berisiko menciptakan ketidakstabilan di negara yang rapuh dan miskin – yang akan menyebabkan masalah pengungsi. Ini sangat ingin dihindari para negara tetangga karena akan membuat kawasan tidak stabil.

Dan Korut memiliki senjata nuklir, kimia dan biologis, disamping militer yang siap berperang. Kecuali dilumpuhkan seketika, semuanya akan menyerang balik, meskipun hanya untuk waktu terbatas.


(ita/ita)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Menyelidiki Motif Kampanye Hitam 3 Emak-Emak di Karawang

Liputan6.com, Jakarta – Kampanye hitam yang melibatkan tiga orang ibu-ibu di Karawang, Jawa Barat menghebohkan media sosial.

Tiga emak-emak, yang diketahui berinisial ES (49), IP (45), CW (44) ini diduga melakukan kampanye hitam door to door terhadap pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin.

Mereka melakukan kampanye hitam dengan membuat isu Jokowi akan melarang azan dan melegalkan pernikahan sejenis jika kembali terpilih di Pilpres 2019. Polisi pun bergerak cepat usai video yang menampilkan tiga emak-emak itu viral di media sosial.

Polda Jabar menetapkan ES (49), IP (45), CW (44) sebagai tersangka setelah diduga melakukan kampanye hitam door to door terhadap pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin.

“Tepatnya sejak tanggal 25 Februari 2019 kemarin kita menetapkan ketiganya sebagai tersangka dan statusnya naik dari penyelidikan menjadi penyidikan,” ujar Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko ditemui di Mapolda Jabar, Selasa (26/2/2019).

Trunoyudo mengatakan Dalam video yang beredar, ketiganya memiliki peran masing-masing. “Ya dua orang (ES dan IP) yang dimaksud dalam konten video. Satu lagi (CW) yang memvideokan dan menambah caption (di twitter),” dia. 

Dalam video juga nampak dua ibu-ibu yang sedang berbicang dengan seorang pria paruh baya. Pria tersebut berdiri di depan pintu rumahnya. Dua ibu-ibu mengajak untuk tidak memilih Jokowi dengan menggunakan bahasa sunda.

Moal aya deui sora azan, moal aya deui nu make tieung. Awewe jeung awene meunang kawin, lalaki jeung lalaki meunang kawin (Suara azan di masjid akan dilarang, tidak akan ada lagi yang memakai hijab. Perempuan sama perempuan boleh kawin, laki-laki sama laki-laki boleh kawin)” kata salah satu ibu yang tidak diketahui namanya.

Setelah ditetapkan tersangka, ketiganya kini dijerat dengan UU ITE Pasal 28 ayat 2 dengan ancaman 6 tahun penjara dan juga Pasal 14 ayat 2 UU KUHP terkait penyebaran berita bohong dengan ancaman 3 tahun bui.

Untuk mempertanggungjawabkan perbutannya kini ketiga tersangka berada di Polres Karawang.

“Kita lakukan penahanan dari penyidik. Karena ancaman hukuman 6 tahun. Karena memang di sana fokus terjadinya dan dasar adanya laporan dari pihak korban. Dalam hal ini adalah tim sukses pasangan calon yang disudutkan,” ungkap dia. 

Sementara itu, motif ketiga ibu melakukan kampanye hitam terhadap pasangan calon presiden nomor urut 1, Jokowi-Ma’ruf kini terus didalami oleh Bawaslu Jawa Barat.

Rencananya Bawaslu Jabar bersama Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) akan memeriksa motif terduga pelaku.

Nantinya setelah dilakukan pendalaman, pihaknya bersama Gakkumdu akan menilai apakah ketiga perempuan tersebut melakukan pelanggaran terkait pemilu atau tidak.

“Dari Bawaslu kami lagi mengumpulkan informasi dan keterangan dulu. Nanti bersama Gakkumdu untuk pendalamannya,” ujar Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Barat, Abdullah.

Menurut Abdullah, Bawaslu akan mendalami hal-hal terkait soal pemilu saja. Pasal 280 ayat 1 huruf C Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2007 tentang Pemilu memuat larangan dalam kampanye. Pasal itu berbunyi: Pelaksana, peserta, dan tim kampanye dilarang menghina seseorang, agama, suku, ras, golongan, calon, dan/atau peserta pemilu yang lain.

Soal dugaan kampanye hitam itu, calon wakil presiden nomor urut 01 Ma’ruf Amin meminta kepolisian mengusut tuntas kampanye hitam yang dilakukan ibu-ibu di Karawang, Jawa Barat.

Dia berharap aktor intelektual kampanye hitam ‘Jokowi terpilih tidak ada azan dan LGBT diizinkan’ juga ditangkap.

“Saya kira itu harus terus diproses karena harus dicari aktor intelektualnya di mana,” kata Ma’ruf di Kuningan, Jawa Barat, Selasa (26/2/2019).

Supaya, kata Ma’ruf, sumber hoaks tersebut dihentikan. Menurut Ma’ruf, kampanye hitam yang demikian sangat berbahaya.

“Sebab kalau tidak ini (ditangkap) bakal ada lagi keluar lagi jadi sumber hoaks. Itu harus diketahui dan harus diproses. ini sangat berbahaya bagi demokrasi penegakan demokrasi dan keutuhan bangsa ini isu seperti itu menimbulkan konflik,” jelas dia.

2 dari 3 halaman

Ada Peran Tokoh Intelektual ?

Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma’ruf Amin, Moeldoko menduga tiga orang emak-emak yang melakukan kampanye hitam terhadap capres petahana Joko Widodo atau Jokowi atas perintah pihak tertentu.

“Terstrukturlah pasti. Enggak mungkin menjalankan kalau enggak ada perintah,” kata Moeldoko di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (26/2/2019).

Moeldoko menyebut publik tak kesulitan untuk mengidentifikasi siapa saja di balik kampanye hitam tersebut. Dilihat dari bahasa yang digunakan tiga emak-emak tersebut, terlihat jelas aktor utama kampanye yang menjatuhkan Jokowi-Amin.

Mengenai pernyataan tim BPN Prabowo-Sandiaga Uno yang membantah memberikan perintah apa pun pada tiga emak-emak itu, Moeldoko menanggapi santai.

“Bisa saja menyangkal. Kan bisa dilihat, diikuti. Pelakunya siapa? Aktornya siapa? Emak-emak. Ikuti saja. Pendidikan dia apa? Substansi isunya apa? Bisa enggak ya dia membuat struktur isu seperti itu? Kan gitu. Kan gampang. Mana bisa emak-emak bikin isu begitu kalau enggak ada seniornya,” ujar dia.

Belajar dari kampanye hitam itu, Moeldoko mengimbau kepada pihak-pihak yang tengah berkontestasi di Pemilu 2019 untuk tak membodohi rakyat. Dia berharap ajang pesta demokrasi kali ini diisi dengan adu gagasan dan program.

“Enggak usahlah pakai membodoh-bodohi rakyat. Yang saya sedih itu, berpakaian Muslim, tapi memfitnah orang kayak begitu. Itu kan keterlaluan. Jadi Muslim-nya mana? Saya yang enggak sukanya begitu. Kita sama-sama Muslim jadi enggak enak. Masak ajaran kita begitu sih? Jadi jangan cara-cara pembodohan yang berlebihan,” ucap dia.

Direktur Hukum dan Advokasi TKN Jokowi-Ma’ruf Amin, Ade Irfan Pulungan meminta Polda Jabar tidak berhenti melakukan penyelidikan setelah mengamankan tiga perempuan tersebut. Terlebih, ia menduga ketiga ibu rumah tangga itu tidak memahami pesan yang disampaikan.

“Kami menduga kemungkinan ada aktor intelektual di balik itu apakah ibu itu disuruh melakukan kampanye hitam, sebar fitnah, ujaran kebencian kepada masyarakat di sekitarnya untuk tidak memilih Pak Jokowi,” ucapnya di Mapolda Jawa Barat, Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, Senin, 25 Februari 2019.

Selebihnya, pihak kepolisian pun diminta untuk menelusuri lebih jauh peran ketiga perempuan yang saat ini berada di Polda Jabar. Apakah ketiganya simpatisan atau relawan resmi dari paslon 02 Prabowo- Sandiaga Uno yang saat ini bersaing dengan Jokowi-Ma’ruf Amin dalam Pilpres 2019.

Sementara itu, Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi membantah telah melakukan kampanye hitam pada Pilpres 2019. Hal ini sekaligus menanggapi tiga ibu-ibu di Karawang yang ditangkap oleh polisi karena telah melakukan kampanye hitam.

“Kami sejak awal mengatakan bahwa Prabowo-Sandi ingin menang berkah dan bermartabat. Tidak menghalalkan segala cara hukum yang menyebar hoaks,” ujar Juru Bicara BPN Prabowo-Sandi, Pipin Sopian di Media Center Pemenangan Prabowo-Sandi, Jalan Sriwijaya I, Jakarta Selatan, Senin, 25 Februari 2019.

“Kami harus verifikasi ulang, enggak tahu sampai saat ini tentu tim kami sedang mengkajinya tetapi ingin melakukan landasan dari BPN bahwa kami meminta siapapun relawan dari BPN Prabowo-Sandi untuk tetap tidak menyebarkan hoaks kalau melanggar itu memang konsekuensi harus siap diproses hukum,” tegas dia.

Politisi Partai Keadilan Sejahtera ( PKS) ini mengungkapkan, BPN tetap meminta keadilan harus ditegakkan secara adil terhadap penyebar hoaks baik dari pendukung Prabowo-Sandi maupun pendukung Jokowi-Ma’ruf.

“Tetapi di sisi lain kami ingin penegak hukum berlaku adil. Para pendukung 01 yang melakukan menyampaikan hoaks dan black campaign pada 02 diproses secara hukum,” pungkas dia.


Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

3 dari 3 halaman

Hindari Hoaks

Menjelang Pilpres 2019, fenomena haters dan hoax dipastikan bakal bermunculan. Begitu pun saling menyerang antarpendukung pasangan calon presiden dan calon wakil presiden yang akan bertarung di pesta demokrasi lima tahunan itu.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengimbau masyarakat tidak menanggapi dengan serius berbagai postingan di media sosial (medsos).

“Jangan gampang baperan. Dari pada buang-buang pulsa mending delete saja” ujar Rudiantara, usai kuliah umum di IPB Dramaga, Bogor.

Rudiantara menegaskan tidak akan segan-segan untuk menghapus akun media sosial atau website yang melakukan black campaign maupun menyebar informasi bohong (hoax) selama masa kampanye.

“Seperti Pilkada kemarin, Bawaslu meminta kami meng-take down beberapa akun, pasti kami lakukan,” kata dia.

Selama Pemilu 2019, Menkominfo bersama Bawaslu akan selalu mengawasi proses kampanye baik di medsos maupun area yang menjadi tanggungjawabnya.

Ia juga mengajak masyarakat untuk tidak menjadikan media sosial sebagai tempat saling menyerang. Alangkah baiknya diisi dengan adu program maupun gagasan untuk kebaikan Indonesia.

“Ini kan pesta demokrasi, namanya pesta harus happy, jangan jelek-jelekan, gontok-gontokan, gebuk-gebukan. Harusnya sampaikan yang baik-baik seperti program atau visi-misi saja,” tutupnya.

Direktur Eksekutif Lembaga Emruscorner, Emrus Sihombing, mengatakan tidak menutup kemungkinan ada penumpang gelap yang memanfaatkan momentum Pilpres dan bergerak di media sosial. Dia mencontohkan isu-isu bangkitnya PKI atau yang lainnya.

“Saya mau katakan bahwa tidak hanya Pilpres, dalam dinamika politik penumpang gelap itu adalah sesuatu yang tak tertolak dan tak ternafikkan,” ucap Emrus di Jakarta, Selasa (25/9/2018).

Dia menuturkan, seharusnya, jika terjadi serangan dalam bentuk hoax, ujaran kebencian, dan sebagainya melalui berbagai saluran komunikasi, terutama sosial media, kepada salah satu peserta atau paslon, kompetitor lain yang merasa diuntungkan harus membantu.

“Sejatinya kompetitornya yang boleh jadi diuntungkan dengan isu tersebut maju ke depan menjelaskan. Bila perlu membelanya dengan narasi yang menyejukkan,” tutur Emrus.

Dia mencontohkan, jika paslon Z diserang isu yang merugikannya, sejatinya paslon X yang membelanya sembari mejelaskan bahwa mereka tidak mau menang di tengah hiruk-pikuk penyebaran hoax, ujaran kebencian, ekploitasi SARA dengan berbagai bentuk.

“Jadi, tidak boleh ada pembiaran sekalipun paslon yang bersangkutan diuntungkan,” ungkap Emrus.

Sementara itu, Anggota Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin yang juga Politisi PDI Perjuangan, Zuhairi Misrawi, menegaskan, pihaknya mewaspadapi potensi munculnya penumpang gelap yang bakal menggerus suara mereka di Pilpres 2019 mendatang.

“Penumpang gelap biasannya muncul dengan memproduksi isu negatif dan berita bohong. Dengan fokus pada isu ekonomi dan pembangunan, maka isu negatif yang dimainkan penumpang gelap bisa diredam,” jelas Zuhairy.

Wawancara Khusus Jokowi: Impian Menuju Indonesia Maju

Liputan6.com, Jakarta – Presiden Joko Widodo atau Jokowi kembali maju sebagai calon presiden pada Pilpres 2019. Di tengah kesibukannya, Jokowi meluangkan waktu untuk wawancara khusus dengan tim Liputan6.

Berikut ini petikan wawancara khusus dengan Jokowi:

Selamat sore Pak Jokowi. Pak Jokowi kalau lagi enggak memikirkan urusan negara ini, begini Pak cara menghilangkan pikiran bermain dengan cucu?

Ya untuk membuat pikiran segar kembali. Kalau pas cucu ke sini ya ini, main dengan Jan Ethes ini.

Pak, bagaimana membagi waktunya sih dengan sibuknya ini? Tiap hari, hampir setiap akhir pekan itu bapak saya perhatikan selalu blusukan?

Ya itu sudah menjadi tugas ya untuk kita selalu ke daerah, kemudian melihat proyek-proyek yang ada ya. Baik airport, pembangunan jalan tol, pembangunan pelabuhan, pembangunan pembangkit listrik, yang semuanya memang harus dicek agar selesainya tepat pada waktunya.

Kemudian juga bertemu dengan masyarakat untuk mendapatkan masukan, keluhan-keluhan apa yang masih perlu kita perbaiki, perlu kita tangani. Sehingga enggak ada waktu yang namanya libur, sabtu minggu terus saja. Jadi kebetulan, ada waktu kosong, pas anak-anak pada ke sini, ya bisa ketemu anak dan cucu.

Kalau Bapak tadi bilang memantau proyek, ini pulau Jawa kan sudah hampir terhubung semua dengan jalan tol ya, tahun depan itu dari Merak sampai Banyuwangi. Bapak sudah puas?

Akhir tahun ini Jakarta-Surabaya tersambung. Tahun depan Insyaallah dari Merak sampai Banyuwangi juga, kalau saya lihat lapangannya juga Insya Allah tersambung. Kalau tanya puas atau belum puas, belum.

Karena masih banyak jalan-jalan yang perlu kita sambungkan ya. Antarprovinsi dengan provinsi, kabupaten dengan kabupaten, kota dengan kota, juga konektivitas antar pulau. Yang memerlukan pelabuhan-pelabuhan, airport-airport. Saya kira masih banyak pekerjaan yang perlu dilakukan.

Nah terus pak jokowi kalau kangen sama Jan Ethes gimana pak karena jadwalnya terlalu padat?

Ya paling dua bulan ketemu sekali. Tapi setiap hari pasti ya kalau jam sembilan jam sepuluh malam pasti kita video call dengan Ethes.

Jadi kalau misalnya anak-anak ini mereka semua punya usaha sendiri-sendiri. Bapak ingin engga sih kalau salah satu dari anak bapak ini bisa masuk ke dunia politik juga?

Engga. Saya tanya, saya melihat anak-anak saya masih konsentrasi di usahanya masing-masing. Dan saya senang mereka bisa mandiri, tanggung jawab terhadap kehidupannya. Sudah bisa menyekolahkan anaknya.

Bisa menghidupi keluarganya dengan, kayak Gibran menjual martabak, Kaesang menjual pisang goreng, Bobby juga membuka warung kopi. Ya saya sangat bersyukur.

2 dari 3 halaman

Out of The Box

Pak Jokowi ini sering banget out of the box. Ide-ide seperti membuat menara kapsul waktu, itu Pak Jokowi mengambil konsep bangunannya mirip dengan markas Avangers pak. Apasih pesannya di balik itu?

Kita ingin memberikan sebuah persepsi, bahwa Indonesia dan lebih khusus lagi Papua itu mengalami proses menuju sebuah Indonesia yang maju. Sehingga ya dibangunlah Monumen Kapsul Waktu yang intinya di sini mimpi-mimpi rakyat itu ditampung di sana. Yang nanti akan kita buka di 2085. Mimpi-mimpi anak-anak sekarang untuk 2085.

Nah ini bukan hanya ada markas Avangers, tapi pidato di IMF menggunakan Game of Thrones. Ini film-film kekinian yang dipilih. Itu Mas Gibran bukan sih yang bantuin bapak membuat ide-ide seperti itu?

Ya itu kita hanya ingin menyampaikan sesuatu dengan cara sederhana tapi pesan itu sampai. Gitu saja. Jadi sesimple itu pemikiran kita. Jadi tanpa harus langsung menghajar, tapi pesan itu sampai.

Pesan apa yang ingin bapak sampaikan? Terutama saat Bapak ada di depan anak-anak muda, para penerus bangsa Pak?

Ya bahwa kompetisi yang sehat itu perlu. Tetapi kompetisi dan rivalitas, yang merusak itu harus dihindari. Ke depan yang diperlukan, sebuah negara yang diperlukan dunia ini adalah sebuah kolaborasi. Sebuah kerja sama yang semua dibutuhkan. Ekonomi diuntungkan, politik diuntungkan, masyarakat dapat manfaatnya.

Jadi ke depan hubungan negara dengan negara harus seperti itu. Jangan rivalitas, jangan kompetisi yang saling merusak. Itu berbahaya sekali bagi hubungan antarnegara.

Nah kalau tadi bapak bicara soal ekonomi. Kalau di Indonesia sendiri menurut bapak bagaimana ekonominya pak?

Ya kalau kita lihat ya tolong dibandingkan dengan negara-negara lain ya. Di tengah kesulitan ekonomi global, yang tumbuh hanya tiga setengah persen, kita bisa tumbuh 5,1 : 5,2. Ini patut kita syukuri.

Sebuah global ekonomi yang sangat sulit mampu tumbuh 5,1 rata-rata. Kemudian juga inflasinya juga rendah 3,5. Saya kira ya kita harus bersyukur karena hal seperti itu.


Saksikan wawancara Liputan6.com dengan Jokowi selengkapnya dalam video di bawah ini:

3 dari 3 halaman

Wawancara Khusus dengan Jokowi:


Reporter: Dewi Larasati