4 Hal tentang Bus Listrik Transjakarta yang Segera Diuji Coba

Direktur Utama PT Transjakarta Agung Wicaksono menyatakan, tidak ingin fanatik pada satu merek produk dari negara tertentu soal pengadaan bus listrik ini.

“Kami mau terbuka untuk ini, ada 14 penyedia bus di seluruh dunia yang memiliki track record baik, jadi siapa saja,” kata Agung Wicaksono, Jumat (29/3/2019).

Bus listrik tersebut, jelas Agung, akan segera diujicobakan yang rencananya pada Mei atau Juni 2019. Namun dari semua penyedia bus yang ada, baru ada dua yang menyatakan kesiapannya yakni PT Mobil Anak Bangsa (MAB) dan pabrikan China Build Your Dream (BYD) yang sudah tersebar di seluruh dunia.

“Satu perusahaan dari Indonesia tapi mereka tetap memiliki teknologi yang tinggi dan satu dari China, ada sekitar tiga bus yang siap, satu dari MAB dan dua dari BYD yang satu bus single dan satu lagi bus medium, bukan dari mananya tapi siapnya,” ujarnya.

Kedua perusahaan bus listrik tersebut, kata Agung, adalah yang menyatakan kesiapannya sejauh ini untuk beruji coba pada 2019 ini dengan sanggup memenuhi kriteria operasional, siap kerjasama dengan PLN untuk suplai listriknya dan teknologinya.

“Kami juga masih menunggu dari Eropa, Volvo misalnya, mereka bilang butuh 18 bulan baru bisa siap, Mercedes bilang dalam waktu dekat ini, yang lain misalnya Hino dari Jepang kita juga terbuka,” ucapnya.

Merek-merek dunia tersebut, kata Agung, memang memiliki spesifikasi yang dibutuhkan Transjakarta terutama soal kenyamanan. Namun pihaknya menilai yang terpenting adalah kesiapan setiap bus untuk beroperasi di lingkungan Transjakarta.

“Bus listrik itu paling penting di baterai, di iklim tropis seperti negara kita, itu banyak terpakai untuk AC, sedangkan bus Eropa ini enggak berada di situasi itu. Ini yang mereka infonya mau dikembangkan lagi, bagi saya jika ingin beroperasi di Indonesia, siapkan kebutuhan untuk di Indonesia,” tuturnya seperti dilansir Antara.

Direncanakan akan ada 10 unit bus listrik yang akan diujicobakan Transjakarta. Namun dirinya belum menentukan koridor mana yang akan dilalui bus listrik tersebut.

“Tapi prinsipnya, Pemprov DKI ingin berada di jalur yang bisa membangun kesadaran publik untuk naik transportasi umum dan kedua rute itu bisa kami kontrol, misal di koridor 1 dan 13,” katanya menambahkan.

Bus dari PT MAB dan BYD tersebut diinformasikan oleh pihak Transjakarta, sempat dipamerkan dalam acara Busworld South East Asia 2019 pada 20-22 Maret 2019 lalu dan cukup mendapat sambutan luar biasa dari pengunjung.

Usai Pilpres, Penyaluran Elpiji 3 Kg Diuji Coba Pakai Kartu

Jakarta – Pemerintah menyatakan akan melakukan uji coba penyaluran Elpiji 3 kg menggunakan kartu usai pemilihan presiden (Pilpres). Dengan menggunakan kartu, maka subsidi akan lebih tepat sasaran.

Direktur Pembinaan Usaha Hilir Migas Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Muhammad Rizwi Jilaniaf Hisjam menerangkan, penyaluran Elpiji 3 kg ini akan terintegrasi dengan bantuan pemerintah lainnya.

“Ada yang sudah diterapkan PKH (Program Keluarga Harapan) itu, nanti ditambah walletnya. Nanti ada raskin, listrik, Elpiji,” kata Rizwi di DPR Jakarta, Rabu (6/3/2019).

Lanjutnya, dengan skema tersebut, maka penyaluran Elpiji 3 kg menjadi tertutup. Dia mengatakan, lewat skema ini subsidi tidak lagi diberikan pada harga melainkan pada orangnya.
“Ya tertutup juga..cuma bedanya tidak di harga lagi susbidinya. Kalau sekarang kan subsidi di harga Elpiji, orang yang dapat subsidi tidak tertentu kan orangnya. Sampeyan (anda) kalau sudah terdaftar di situ boleh dapat subsidi, kalau nggak terdaftar didata terpadu yang nggak dibantu pemerintah,” terang Rizwi.

Dia bilang, uji coba akan dilakukan usai Pilpres untuk menghindari dugaan kampanye. Skema ini tetap akan diusulkan kepada siapapun pemerintahnya.

“Iya, karena nggak efektif sekarang, nanti dianggap kampanye atau apa pergerakan kan sensitif,” tutupnya. (fdl/fdl)

Ratna Sarumpaet Merasa Kasusnya Politis, Polri: Prosesnya Berdasar Fakta Hukum

Jakarta – Polri menjawab tudingan Ratna Sarumpaet yang merasa kasus yang menimpa dirinya bernuansa politis. Polri menyebut kasus hoax penganiayaan Ratna diproses berdasarkan fakta hukum.

“Proses penyelidikan dan penyidikan itu berdasarkan fakta hukum. Hasil penyelidikan yang kami berkaskan juga melalui proses penelitian oleh jaksa. Jaksa meneliti ini lengkap tidak, sudah kuat diuji di pengadilan atau tidak. Jadi melewati proses itu,” kata Karopenmas Mabes Polri Brigjen Dedi Prasetyo, Kamis (28/2/2019).

Apalagi, kata Dedi, proses peradilan terhadap Ratna dilakukan terbuka. Menurutnya tak ada hal yang ditutup-tutupi.
“Proses hukum yang telah lakukan juga kan diuji pada pengadilan terbuka. Semua orang, masyarakat, publik dapat melihat,” ujar Dedi.

Sebelumnya, Ratna Sarumpaet menyebut kasus yang menjeratnya sarat nuansa politis. Menurutnya, polisi tidak perlu menangkap dirinya karena berbohong soal luka lebam di wajahnya.

“Aku cuma secara umum minta, karena aku merasa ini semua politisasi, penangkapan saya politisasi. Aku anggap nggak harus ditangkap juga toh bisa lihat tiketnya juga kok yang kayak gitu-gitu,” kata Ratna di Polda Metro Jaya, Jakarta.

Ratna menjalani sidang dakwaan di PN Jakarta Selatan, Jalan Ampera, Jakarta Selatan, Kamis (28/2). Jaksa penuntut umum (JPU) mendakwa Ratna Sarumpaet membuat keonaran dengan menyebarkan hoax penganiayaan. Ratna disebut sengaja membuat kegaduhan lewat cerita dan foto-foto wajah yang lebam dan bengkak yang disebut akibat penganiayaan.
(tsa/gbr)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Arsenal Berperan di Balik Membaiknya Pertahanan MU

Liputan6.com, Jakarta – Luke Shaw tampil sebagai man of the match saat Manchester United (MU) bermain imbang dengan Liverpool, Minggu lalu. Dalam duel ini, MU berhasil menahan The Reds tanpa gol. Ini merupakan clean sheet keempat beruntun yang mampu diraih Setan Merah di liga domestik.

Penampilan barisan pertahanan MU semenjak ditangani oleh Ole Gunnar Solksjaer memang terus membaik. Sejak ditunjuk menggantikan Jose Mourinho, Desember lalu, Setan Merah hanya kemasukan 9 gol dalam 14 pertandingan dan berhasil mencatat 7 clean sheet.  


Ini jauh berbeda dengan situasi yang dialami MU saat masih ditangani Mourinho. Musim lalu, MU sempat kebobolan satu gol lebih sedikit dari 29 gol yang dicetak dalam 17 pertandingan. Sejak ditangani Solkjaer, agregat gol MU berubah dari nol di era Mourinho menjadi +17. 

Peningkatan ini tidak lepas dari kejelian Solskjaer dalam menempatkan pemainnya. Di lini belakang MU yang menggunakan empat bek, pelatih asal Norwegia itu menempatkan duet Ashley Young dan Luke Shaw sebagai bek sayap. Dia juga mempertahankan Victor Lindelof yang tampil memukau di era Mourinho. Sementara Phil Jones diplot sebagai patner utama Lindelof dan keduanya telah tampil sebagai starter dalam delapan pertandingan. 

Sedangkan Eric Baily dipercaya tampil dalam 4 laga dan Chris Smalling tiga pertandingan.  

Smalling sebenarnya baru saja pulih dari cedera yang membuatnya sempat absen dua bulan. Namun di bawah Solskjaer, Smalling mampu membantu MU mencetak 3 cleen sheet

Sejak bermain imbang 2-2 melawan Burnley (29/1), MU belum sekalipun kebobolan Menurut Solskjaer, kebangkitan barisan pertahanan MU ternyata tidak lepas dari pengalaman saat mengalahkan Spurs 1-0 (13/1) dan kemenangan 3-1 atas Arsenal di Piala FA (26/1). 

“Kami menghabiskan banyak waktu membangun struktur dan bentuk,” kata Solskjaer seperti dilansir Manchestereveningnews. “Bagaimana kami bertahan, sebab pada laga-laga awal kami tidak mendapat banyak kesempatan untuk menguji hal tersebut,” kata Solskjaer. 

“Tapi ketika kami ke markas Arsenal dan Anda bisa melihat bagaiman kami pontang-panting di lini tengah dan empat bek kami tampak menyedihkan seperti domba babak belur.” 


2 dari 3 halaman

Benahi Lini Tengah

Setelah pertandingan tersebut, Solskjaer tidak hanya meperbaiki barisan belakang pasukannya. Dia juga berusaha membenahi komposisi lini tengah Setan Merah.  

“Bentu lini tengah meningkat pesat, yang akhirnya membantu empat bek untuk bermain sebagai empat bek dan tidak tersebar di semua tempat,” kata Solskjaer. 

“Itu prinsipil. Prinsip saya adalah jangan pernah mengikuti dia; saya selalu bermain dan melatih dengan sistem zona. Saya bukan fans sistem man to man marking.”

Ketangguhan barisan pertahanan MU kembali akan diuji Kamis (28/2/2019). Dalam duel ini, Setan Merah akan bertandang ke markas Crystal Palace dalam lanjutan Premier League. 

3 dari 3 halaman

Jadwal Pertandingan Liga Inggris

Jadwal Liga Inggris

Kamis (28/2/2019)

02:45 WIB, Arsenal vs Bournemouth

02:45 WIB, Southampton vs Fulham

03:00 WIB, Crystal Palace vs Manchester United

03:00 WIB, Chelsea vs Tottenham Hotspur

03:00 WIB, Liverpool vs Watford

03:00 WIB, Manchester City vs West Ham United

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

Prediksi Lazio Vs AC Milan: Kerap Merepotkan I Rossoneri

Jakarta AC Milan akan menghadapi Lazio pada leg pertama semifinal Coppa Italia, di Stadio Olimpico, Selasa (26/2/2019) malam waktu setempat. Duel ini akan menjadi ujian konsistensi buat Milan.

I Rossoneri tampil impresif dalam tujuh laga terakhir di seluruh ajang. Mereka sukses meraih lima kemenangan dan dua hasil imbang.

Kehadiran Krzysztof Piatek pada Januari 2019 turut membawa dampak positif terhadap performa AC Milan. Berkat Piatek, Milan berhasil mencetak 12 gol. Dari jumlah tersebut, tujuh di antaranya disumbangkan penyerang asal Polandia tersebut.

Bersua Lazio, performa apik skuat Merah-Hitam bakal diuji. Pasalnya, I Biancocelesti kerap merepotkan Milan. Dari enam pertemuan terakhir, AC Milan hanya meraih dua kemenangan, tiga hasil imbang, dan menelan satu kekalahan.

“Kami memang dalam performa yang bagus, tetapi kami menghadapi tim yang telah menjadi kekuatan di sepak bola Italia,” kata pelatih AC Milan, Gennaro Gattuso.

“Kami sangat menghormati Lazio dan kami tahu kami memiliki pertandingan yang sulit untuk dihadapi, tetapi kami pasti akan melawannya dengan kerendahan hati yang tinggi,” lanjut Gattuso.

Di sisi lain, Lazio sedang dalam tren minor. Skuat Elang Ibukota menelan kekalahan dalam tiga pertandingan terakhir diseluruh ajang. Mereka juga kebobolan lima gol dan hanya mencetak satu gol dari laga tersebut.

Tak ingin terus terpuruk, Lazio berambisi merengkuh kemenangan. Bermain di hadapan pendukung sendiri, Le Aquile optimistis mampu membungkam AC Milan.

Hasil positif akan menjaga kans mereka untuk bisa lolos ke final Coppa Italia musim ini. Pada leg kedua, giliran Lazio yang melawat ke markas Milan di San Siro pada 23 April 2019.

“Kami memiliki empat hari untuk bekerja dengan baik dan itulah yang paling penting. Besok kami harus memastikan jika kami siap,” kata pelatih Lazio, Simone Inzaghi.

“Kami harus menghadapi pertandingan melawan AC Milan dengan kerendahan hati, mengingat itu adalah duel yang akan berlangsung lebih dari 180 menit,” papar Inzaghi. 

2 dari 3 halaman

Prakiraan susunan pemain:

Lazio (3-5-2): Thomas Strakosha; Francesco Acerbi, Patric, Stefan Radu; Milan Badelj, Romulo, Marco Parolo, Sergej Milinkovic-Savic, Jordan Lukaku; Ciro Immobile, Joaquin Correa.

Pelatih: Simone Inzaghi (Italia)

AC Milan (4-3-3): Gianluigi Donnarumma; Davide Calabria, Mateo Musacchio, Alessio Romagnoli, Diego Laxalt; Franck Kessie, Tiemoue Bakayoko, Lucas Paqueta; Suso, Krzysztof Piatek, Fabio Borini.

Pelatih: Gennaro Gattuso (Italia)

3 dari 3 halaman

Statistik dan catatan pertemuan kedua tim

Head to head:

  • 26/11/18 Lazio 1 – 1 AC Milan (Serie A)
  • 01/03/18 Lazio 0 – 0 AC Milan (Coppa Italia)
  • 01/02/18 AC Milan 0 – 0 Lazio (Coppa Italia)
  • 29/01/18 AC Milan 2 – 1 Lazio (Serie A)
  • 10/09/17 Lazio 4 – 1 AC Milan (Serie A)

Lima pertandingan terakhir Lazio:

  • 05/02/19 Frosinone 0 – 1 Lazio (Serie A)
  • 08/02/19 Lazio 1 – 0 Empoli (Serie A)
  • 15/02/19 Lazio 0 – 1 Sevilla (Liga Europa)
  • 17/02/19 Genoa 2 – 1 Lazio (Serie A)
  • 21/02/19 Sevilla 2 – 0 Lazio (Liga Europa)

Lima pertandingan terakhir AC Milan:

  • 30/01/19 AC Milan 2 – 0 Napoli (Coppa Italia)
  • 04/02/19 AS Roma 1 – 1 AC Milan (Serie A)
  • 11/02/19 AC Milan 3 – 0 Cagliari (Serie A)
  • 17/02/19 Atalanta 1 – 3 AC Milan (Serie A)
  • 23/02/19 AC Milan 3 – 0 Empoli (Serie A)

Persentase menang:

Lazio 45 – 55 AC Milan

Tahukah Kamu, 5 Makanan Ini Ternyata Tidak Akan Pernah Bisa Kedaluwarsa

Liputan6.com, Jakarta – Jika Anda ingin menyimpanmakanan di lemari dapur dalam waktu yang cukup lama, bahkan bertahun-tahun, ketahuilah jenisnya terlebih dahulu. Sebab tak semuanya masih layak untuk dimakan.

Di dunia ini, ada banyak jenis makanan yang masih layak konsumsi dan ternyata tidak akan pernah bisa kedaluwarsa. Sebelum Anda membuangnya ke tempat sampah, ada baiknya perhatikan hal-hal berikut ini.

Seperti dikutip dari Top Tenz, Minggu (24/2/2019), ada setidaknya 5 jenis makanan yang tidak bisa kedaluwarsa meski disimpan dalam jangka waktu lama.


Saksikan video pilihan berikut ini:

2 dari 6 halaman

1. Madu

Madu merupakan makanan yang benar-benar tidak akan pernah kedaluwarsa.

Segentong madu pernah ditemukan di pot tanah liat yang dikubur dalam tanah. Konon, madu ini berasal dari zaman Mesir kuno. Ketika diuji, cairan yang dihasilkan dari lebah ini masih mempunyai rasa yang manis dan enak, meski ribuan tahun disegel.

Rahasia di balik masa simpan madu yang abadi adalah kandungan gula alaminya yang tinggi. Selain itu, madu juga bersifat asam, sehingga bakteri tidak memiliki kesempatan untuk berkembang biak.

Di satu sisi, madu juga dikenal sebagai “makanan super” karena banyak mengandung manfaat bagi kesehatan tubuh. Tingginya kadar antioksidan dalam madu mampu membantu menyingkirkan batuk, dan bahkan telah terbukti membantu menyembuhkan luka dan luka bakar.

3 dari 6 halaman

2. Susu Bubuk

Umumnya, susu sapi asli hanya bertahan sekitar dua minggu ketika disimpan di lemari es. Namun tidak halnya dengan susu bubuk.

Susu kering penuh lemak mampu bertahan 2 hingga 5 tahun, sedangkan susu kering tanpa lemak bisa bertahan hingga 25 tahun.

Namun Anda harus menyimpannya di lokasi yang sejuk dan kering. Susu basi atau kedaluwarsa biasanya akan berbau tak sedap ketika kemasannya dibuka.

Harap diingat bahwa ini hanya diperhitungkan untuk susu bubuk, bukan susu formula kering, yang hanya bertahan selama satu tahun.

Jangan mencoba memberikan susu formula yang kedaluwarsa kepada bayi atau anak kecil, karena mungkin memiliki beberapa konsekuensi serius.

4 dari 6 halaman

3. Pasta Kering

Perlu diingat bahwa pasta kering mampu bertahan selama 2 hingga 3 tahun jika disimpan dengan cara yang benar. Tiga tahun adalah waktu yang sangat lama untuk menjaga makanan tetap higienis, terutama jika rasanya lezat, seperti penne atau makaroni.

Namun, tahukah Anda bahwa umur simpan makaroni dan pasta kering dapat diperpanjang hingga 8 hingga 10 tahun jika tertutup rapat, dan disimpan di wadah yang sejuk dan kering?

Sedangkan untuk saus tomat atau saus kalengan, umur simpannya –yang belum dibuka– hanya 18 hingga 24 bulan.

5 dari 6 halaman

4. Kopi Instant

Pecandu kafein disebut amat beruntung, karena kopi instan dapat bertahan 2 hingga 20 tahun pada suhu kamar. Jika Anda menyimpannya di lemari es atau freezer, kopi bisa benar-benar bertahan seumur hidup Anda.

Bagi Anda yang gemar mengonsumsi kopi instan bergranula, jangan khawatir karena ini mampu bertahan sekitar 2 tahun pada suhu udara, dan akan bertahan selamanya jika Anda menyimpannya di tempat yang sejuk.

Sementara itu, kopi bubuk dengan krim berumur hanya 18-24 bulan.

6 dari 6 halaman

5. Beras Putih

Beras merah konon jauh lebih sehat dan bergizi, tetapi hanya akan bertahan selama 4 hingga 6 bulan sebelum kualitasnya memburuk.

Sedangkan untuk beras putih, saat disimpan di tempat yang sejuk dan kering dalam wadah kedap udara, diperkirakan akan tetap bagus selama 30 tahun.

Beberapa orang berspekulasi bahwa jika beras putih disimpan di lemari es atau freezer, makanan pokok orang Indonesia ini bisa tetap segar selamanya.

TGB Jenguk Ani Yudhoyono dan Salami SBY di Singapura

Singapura – Ketua Korbid Keummatan Partai Golkar TGH Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang (TGB) turut menjenguk Ani Yudhoyono yang tengah dirawat di National University Hospital (NUH) Singapura. TGB mendoakan kesembuhan untuk istri Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini.

“Surah Al-Fatihah (Pembuka) adalah surah terhebat dalam Alquran. Ia diberi beragam nama di antaranya Asy-Syifa (kesembuhan, penyembuhan ). Maka banyak riwayat menjelaskan bahwa para sahabat Rasul yang mulia membaca Al-Fatihah saat menjenguk orang yang sedang sakit agar diberi kesembuhan,” ujar TGB lewat akun Instagram tuangurubajang, Jumat (22/2/2019).

Eks politikus Partai Demokrat ini juga bertemu dengan SBY di NUH. TGB yang mengenakan jas dan peci hitam ini menyalami SBY di NUH.
TGB mengajak masyarakat membacakan surat Al-Fatihah untuk kesembuhan Bu Ani. Doa juga dipanjatkan kepada SBY agar diberikan kekuatan dan kesabaran.
“Dengan niat kesembuhan itu, mari kita bacakan surah Al-Fatihah untuk Ibu Negara keenam Hj. Ani Bambang Yudhoyono yang tengah diuji oleh ALLOH. Semoga Beliau dan semua saudara kita yang sedang sakit diberi kesembuhan yang paripurna oleh Allah Subhanahu wata’ala. Demikian pun semoga Pak SBY dan kita semua selalu diberi kekuatan dan kesabaran lahir batin. Aamiin yaa Rabbal aalamiin,” kata TGB.

Ani Yudhoyono diketahui mengidap kanker darah sehingga menjalani perawatan di NUH. Sejumlah tokoh seperti Presiden Jokowi, capres Prabowo Subianto, cawapres Sandiaga Uno, hingga PM Singapura Lee Hsien Loong sudah menjenguk Ani.
(dkp/gbr)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Bahayakah Mengonsumsi Obat yang Kedaluwarsa? Ini Kata Studi

Jakarta – Ketika makanan kedaluwarsa beberapa orang mungkin ragu mengonsumsinya khawatir sudah basi. Nah bagaimana kalau obat yang kedaluwarsa? Berapa di antara kita yang mau untuk menelan obat tanpa berpikir apakah ada efek sampingnya?

Menjawab hal tersebut studi terbaru yang dipublikasi di jurnal Wilderness & Environmental Medicine menemukan bahwa obat yang kedaluwarsa sebetulnya aman bahkan tetap efektif. Pemimpin studi Dr Emma Browne dari British Antarctic Survey Medical Unit mengetahuinya setelah menguji lima jenis obat kedaluwarsa.

Obat kedaluwarsa yang diuji adalah atropin, nifedipin, antibiotik flucloxacillin, bendroflumetiazid, dan naproksen. Seluruh obat dipakai untuk menemani tim survei Inggris ke Antartika dan rata-rata sudah 1-4 tahun lewat masa kedaluwarsa.

Dalam tes laboratorium Dr Emma dan timnya menemukan bahwa senyawa aktif dalam obat masih stabil dan secara teori seharusnya tetap efektif. Hanya saja peneliti menggarisbawahi kelemahan studi bahwa mereka tidak tahu pasti temperatur yang dialami obat selama dalam perjalanan melewati suhu tropis.

“Tanggal kedaluwarsa obat adalah tanggal jaminan produsen bahwa isi obat masih stabil dalam kondisi yang direkomendasikan dan paket asli,” kata Dr Emma seperti dikutip dari Reuters, Kamis (21/2/2019).

“Lewat tanggal kedaluwarsa bukan berarti obat sudah tidak efektif atau berbahaya. Untuk beberapa obat jarak untuk hal ini bisa jadi 3-4 tahun lebih lama dari tanggal kedaluwarsa yang tertera,” lanjutnya.

Menurut Dr Emma studinya bisa jadi hal yang patut didiskusikan oleh para dokter terutama untuk mereka yang beroperasi di daerah terpencil. Di tempat-tempat sulit terjangkau dokter mungkin harus menghadapi keadaan darurat dengan obat kedaluwarsa.

“Dokter harus memutuskan apakah memberikan pasien obat kedaluwarsa atau membiarkan kondisi berharap pasien bisa sembuh sendiri. Ini adalah dilema etika yang besar,” pungkas Dr Emma.

(fds/up)

Pimpin Negara Mayoritas Katolik, Presiden Filipina: Ada Bagian Islam di Diri Saya

Liputan6.com, Manila – Presiden Filipina Rodrigo Duterte kembali menyita perhatian global, ketika dalam sebuah pidato pada Jumat 15 Februari, dia mengucap pujian dengan cara Islam, setelah sebelumnya mengecam para anggota ulama Katolik.

Berbicara di depan hadirin yang didominasi masyarakat muslom di Kota Cotabato, Duterte berseru: “Ada bagian dari diri saya yang sebenarnya adalah Islam.”

“Itulah sebabnya, jika saya dan para pendeta gila itu bertengkar, saya bukan Katolik. Saya Islam … dan itu benar,” tambahnya dalam bahasa Tagalog, sebagaimana dikutip dari ABS CBN News pada Selasa (19/2/2019).

Klaim sensasional itu disampaikan oleh Rodrigo Duterte sebagai penekanan terhadap rancangan Hukum Organik Bangsamoro (BOL), yang akan memberikan komunita muslim di Filipina selatan, entitas dan otonomi lebih besar sehingga diharapkan berdampak pada kemajuan politik dan ekonomi setempat.

Saat memulai pidatonya, Duterte juga terdengar beberapa kali mengagungkan nama Allah, yang menurutnya, telah membawa kebaikan untuk memungkinkan tercapainya era baru masyarakat BOL.

“Tuhan pasti pada kita. Fakta bahwa kita telah mencapai titik ini setelah bertahun-tahun negosiasi dan interupsi. Kita di sini. Insya Allah. Tuhan itu agung. Allahu Akbar,” kata Duterte.

“Sungguh, tanpa Allah, hal itu akan sulit bagi kita,” lanjut presiden berkuasa Filipina itu.

Rodrigo Duterte, yang lahir dan besar sebagai seorang penganut Katolik, kerap bersitegang dengan para pemimpin gereja karena retorikanya yang keras, dan seringkali mempertanyakan tentang doktrin-doktrin agama tersebut.

Duterte sering menuduh Gereja Katolik sebagai institusi yang munafik, dan mengatakan tidak punya hak untuk mengkritik kebijakannya, karena menurutnya, gagal mendisiplinkan anggota klerus yang melanggar hukum.


Simak video pilihan berikut: 

2 dari 2 halaman

Institusi Agama yang Dominan di Filipina

Dalam beberapa pekan terakhir, Duterte diketahui mengeluarkan penghinaan terhadap pendeta Katolik, dan bahkan sempat mengatakan bahwa para uskup harus dibunuh.

Beberapa uskup yang vokal menanggapi penindasan verbal oleh Duterte.

Balanga, Uskup Ruperto Santos mengatakan, pemerintahan Duterte memalukan bagi Filipina. Sementara Uskup Novaliches, Emeritus Teodoro Bacani, menantang presiden berusia 73 itu untuk keluar tanpa pengawalan keamanan.

Meski begitu, Duterte terus mengeluarkan omelan terhadap Gereja Katolik. Padahal sebelumnya, kedua belah pihak telah melakukan beberapa kali dialog perdamaian.

Gereja Katolik adalah institusi agama yang dominan di Filipina, di mana pengaruhnya telah mengakar sejak empat abad terakhir.

Bahkan, sejak 1985, Gereja Katolik diketahui ikut berperan dalam penggulingan dua presiden.

Tetapi sejak Duterte menjabat pada pertengahan 2016, pengaruh Gereja Katolik diuji oleh serangan tanpa henti berupa kritik pemerintah terhadapnya.

Ratusan Kampus Swasta Bermasalah Ditutup Menristekdikti

Medan – Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohamad Nasir, menutup 243 perguruan tinggi swasta atau PTS di Tanah Air. Kampus itu dianggap bermasalah dan tidak mematuhi peraturan.

“Izin operasional PTS itu, dibekukan sehingga lembaga pendidikan tersebut tidak dibenarkan lagi menerima mahasiswa baru,” kata Nasir, usai sebagai pembicara utama pada Sidang Paripurna Majelis Senat Akademi PTNBN 2019, di Gelanggang Mahasiswa Universitas Sumatera Utara di Medan sebagaimana dilansir Antara, Selasa (18/2/2019).

Kemenristekdikti mencabut izin PTS itu, menurut dia, setelah melakukan berbagai pertimbangan dan kajian, serta tidak mungkin lagi dipertahankan.
“PTS tersebut, dihentikan beroperasi karena melakukan pelanggaran yang cukup berat dan mengeluarkan ijasah Strata (S-1) palsu, serta memperjualkan belikan dokumen penting tersebut,” ujar Nasir.

Ia menyebutkan, PTS tersebut, tidak dapat berkembang lagi dan kekurangan mahasiswa, tidak memiliki lahan/tanah untuk dibangun gedung kuliah.

Kemudian, PTS yang tidak memenuhi persyaratan, beberapa kali mendapat peringatan dari Kemenristekdikti, dan kesalahan lainnya.

“Kemenristekdikti tetap melakukan pengawasan dan pembinaan terhadap PTS, sehingga dapat lebih maju dan berkembang,” ucap dia.

Ketika ditanyakan PTS yang ditutup di wilayah Sumatera Utara, Nasir mengatakan tidak mengetahuinya.

“Silahkan tanyakan saja kepada Kopertis Wilayah I Sumut, karena institusi itu yang mengetahui PTS-PTS itu,” kata dia.

Sebelumnya Nasir mengatakan, kuliah secara “online” atau pembelajaran secara daring dapat meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan di perguruan tinggi.

“Kuliah online tersebut merupakan pembelajaran baru, dan tengah diuji coba oleh tujuh perguruan tinggi di tanah air,” kata dia.

Uji coba pembelajaran secara daring atau “e-learning”, menurut dia, mulai dilaksanakan pada awal Februari 2019.

“Diharapkan pembelajaran melalui online, dapat diterapkan di lingkungan perguruan tinggi, dan termasuk pada Universitas Sumatera Utara,” ujar dia.

(asp/asp)



<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>