5 Cara Bungkus Kado Unik dan Kreatif, Bisa Kamu Coba di Rumah

Liputan6.com, Jakarta Sebuah hadiah akan menjadi lebih bermakna jika diberikan dengan cara dan tampilan yang manis. Oleh sebab itu, cara bungkus kado pun harus kreatif agar kadomu menjadi lebih terkenang dan berkesan bagi si penerima. Ada banyak kreasi atau cara bungkus kado unik dan kreatif.  Banyak orang yang belum paham bagaimana cara bungkus kado unik dan kreatif. 

Kado adalah sebuah hadiah yang berupa barang dan atau bisa saja bukan berupa barang secara fisik. Kado itu biasanya diberikan kepada orang yang dinilai istimewa, atau diberikan pada waktu-waktu tertentu yang dianggap istimewa bagi orang tersebut.

Membungkus kado terkadang terlihat mudah, namun sebenarnya dibutuhkan ketekunan dan kreativitas. Berikut cara bungkus kado unik dan kreatif yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (22/2/2019).

2 dari 6 halaman

1. Cara Bungkus Kado Unik Bentuk Baju

Beberapa waktu belakangan ini kado bentuk baju memang sangat populer. Cara bungkus kado bentuk baju juga cukup mudah. Bahan-bahannya pun cukup mudah di dapat dan tidak ribet. Siapkan satu kertas kado secukupnya, selotip, dan gunting.

· Cara bungkus kado pertama, rekatkan kedua ujung kertas dengan ukuran yang sama menggunakan selotip atau lem.

·  Lipatlah ujung bawah keatas sekitar 8cm kemudian tarik sisi atasnya ke bawah.

·  Jika sudah berbentuk datar lipat kedua sisi yang telah ditarik tadi lalu rekatkan masing-masing sisinya.

·  Setelah kertas kado berbentuk kotak dan bagian bawahnya tertutup rapat masukkan kado. Lalu dibagian atas sekitar 5cm gunting bagian sisi kanan dan kirinya.

·  Lipat kertas yang sudah digunting tadi sampai membentuk kerah baju dan rekatkan dengan solasi atau lem.

·  Pada sisi tadi yang digunting rekatkan kembali menggunakan lem supaya terlihat lebih rapi. Bisa juga digunting miring sedikit pada bagian pinggir atas supaya lebih terlihat seperti baju. Jika ingin terlihat lebih cantik, bisa ditambahkan pita.

3 dari 6 halaman

2. Cara Bungkus Kado Unik Bentuk Tas

Cara bungkus kado unik bentuk tas juga bisa jadi alternatif yang pas dan mudah. Cara bungkus kado bentuk tas ini cukup mudah dan tidak memerlukan banyak bahan. Bisa langsung ditiru untuk membuat bungkus kado yang unik dan kreatif. Cukup siapkan kertas kado, pita, slotip, lem dan cutter atau gunting.

– Cara bungkus kado pertama, lipat kedua sisi dengan lipatan di satu sisi lebih banyak. Lekatkan kedua ujungnya menggunakan lem kemudian lipat bagian bawanya kira-kira seperempat dari bungkus kado. Rapikan kemudian rekatkan dengan isolatip hingga membentuk datar seperti paper bag.

– Untuk bagian atasnya bisa langsung dilipat kemudian tempelkan pita yang sudah disediakan. Atau lipat bagian atasnya, setelah merekatkannya dengan selotip, buatlah lubang di sisi kanan dan sisi kiri untuk memasang tali.

4 dari 6 halaman

3. Cara Bungkus Kado Unik dan Cantik

Ada cara bungkus kado yang gampang untuk ditiru. Kalau kamu suka gambar menggambar, mungkin cara bungkus kado simple ini akan jadi lebih mudah. Biar lebih terkesan kamu bisa membuat bungkus kado dengan desain gambaran kamu sendiri. Bungkus kado dengan kertas krep akhir-akhir ini lagi banyak dipakai untuk membuat bungkus kado yang unik dan cantik.

– Cara bungkus kado pertama siapkan kertas krep secukupnya sesuaikan ukurannya dengan kado yang akan diberikan. Lalu siapkan juga spidol beberapa warna, pastikan warnanya tidak mati kalau dipasangkan dengan bungkus kado.

– Cara bungkus kado selanjutnya, bungkus kadonya dengan bentuk sesuai kreasi yang kamu suka. Setelah kado berhasil dibungkus seperti biasa kemudian coret-coret bungkus krepnya dengan gambar yang kamu inginkan.

– Buatlah bentuk yang simple dan tidak terlalu ramai. Ulangi coretan sampai kertas kadonya penuh dengan gambar kamu.

5 dari 6 halaman

4. Cara Bungkus Kado Unik Bentuk Permen

Cara bungkus kado unik lainnya, Kamu bisa mencoba membuat bungkus kado yang bentuknya mirip dengan permen. Bentuknya unik dan cara membuatnya juga cukup simple. 

Siapkan kertas kado dan sesuaikan dengan besarnya kado yang akan diberikan. Siapkan juga solasi bening atau solasi bermotif lucu yang cocok dengan kertas kadonya, jangan lupa juga untuk menyiapkan tali.

·  Cara bungkus kado, kemudian bentuklah kadonya memanjang, lalu tempatkan kado diatas kertas. Setelah itu, gulung kertas kado bersamaan dengan kadonya. Jika sudah membentuk gulungan, rekatkan kertasnya menggunakan solasi yang sudah disediakan.

·  Dibagian sisi bawah dan atas (batas kado yang ada di dalam kertas), rekatkan supaya membentuk permen. Tarik pelan-pelan bagian ujungnya supaya lebih mekar. Gunakan tali yang tadi disiapkan pada bagian perekat ujungnya supaya lebih lucu.

6 dari 6 halaman

5. Cara Bungkus Kado Unik dan Lucu

Selanjutnya cara bungkus kado yang lucu adalah dengan menambahkan pernak-pernih hiasan kertas seperti confetti. Kamu tahu kan kalau confetti itu cukup meriah dan unik? Ide ini bisa digunakan dalam membuat bungkus kado yang beda dari yang lain. Bahan yang perlu disiapkan adalah bungkus kado polos, kertas krep warna-warni, gunting, selotip, lem.

– Cara bungkus kado unik dengan tema ini, kamu harus memotong krep yang disediakan secukupnya.

– Setelah kado dibungkus dengan kertas dan sudah terlihat rapi, oleskan lem ke bagian kertasnya.

– Bisa kamu oleskan secara merata atau hanya setengah bagiannya saja agar terlihat lebih lucu. Lalu tempelkan kertas krep yang tadi sudah dipotong, selang-seling warnanya supaya tampak lebih hidup.

Senyum Lebar Warga Bandung Terima E-KTP Pertama dengan Kolom Kepercayaan

Liputan6.com, Bandung – Bonie Nugraha Permana tersenyum lebar saat menunjukkan Kartu Tanda Penduduk elektronik atau e-KTP barunya. Hal itu lantaran sudah ada kolom keterangan kepercayaan dalam identitas kependudukan penghayat kepercayaan ini.

Pria berusia 46 tahun itu adalah warga Kota Bandung pertama yang memiliki e-KTP dengan kolom penghayat kepercayaan. Sebab, pria yang menjabat sebagai Ketua Presidium Majelis Luhur Kepercayaan Indonesia (MLKI) Kota Bandung ini merupakan orang pertama yang mengajukan kepercayaan di kolom agama pada e-KTP di Bandung.

Bonie sendiri mengajukan perubahan kolom agama di e-KTP ke kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) pada Agustus 2018 lalu. Penghayat kepercayaan Akur Cigugur ini mendaftarkan diri bersama istri dan anaknya.

Sempat mengalami kendala teknis, e-KTP baru miliknya akhirnya tercetak pada Februari 2019 ini. Selain e-KTP, Bonie juga menerima Kartu Keluarga (KK) dengan kolom kepercayaan.

“Baru Februari ini lah pertama kalinya Disdukcapil Kota Bandung menerbitkan e-KTP saya dengan kolom keperacayaan,” kata Bonie ditemui di Los Cihapit, Kota Bandung, Rabu, 20 Februari 2019.

Awalnya, Bonie mengaku dihubungi oleh petugas Dukcapil Kota Bandung pada Rabu pagi. Ia diberitahu bahwa e-KTP barunya sudah bisa diambil.

“Saya langsung dikabari oleh orang Disdukcapil bahwa e-KTP dan KK saya, istri dan anak saya sudah jadi. Sebelum ke kantor saya mendatangi Disdukcapil. Tadi penyerahannya langsung diberikan dari kepala seksi identitas penduduk,” katanya.

Warga penghayat lainnya yang mendapatkan e-KTP berisi kolom kepercayaan didapatkan Nanang, warga Kecamatan Mandalajati. Bonie menerangkan, Nanang bersama istri dan anaknya juga sudah mendapat pengakuan resmi dari pemerintah atas keyakinannya sebagai warga negara.

“Yang sudah diterbitkan sampai hari ini jumlahnya enam orang,” ujar pria yang sehari-hari bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) itu.

Di Bandung Raya, kata Bonie, jumlah pengikut penghayat secara de facto mencapai 150 ribu jiwa. Mulai dari orang tua hingga anak-anak. “Kalau di Jabar mencapai 500-600 ribu,” ucapnya.

Bonie berharap langkah yang ia lakukan dapat diikuti para penghayat kepercayaan yang lain.

2 dari 2 halaman

Jalan Panjang yang Harus Diperjuangkan

Pencantuman kepercayaan dalam e-KTP Bonie tidak lepas setelah keluarnya putusan Mahkamah Konstitusi (MK) pada 2017 silam. MK mengabulkan gugatan penghayat kepercayaan di Indonesia, terkait Undang-Undang Administrasi Kependudukan.

Upaya Bonie bersama warga penghayat lainnya berhasil, dan MK mengabulkan seluruh tuntutan komunitas penghayat kepercayaan dari seluruh Indonesia.

Salah satu tindak lanjutnya diumumkan oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo. Penghayat kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, sudah bisa menerima KTP elektronik yang mencantumkan kolom kepercayaan.

Sebelum uji materi itu dikabulkan, kolom agama di kartu identitas para penghayat aliran kepercayaan dikosongkan atau diberi tanda strip (-). Bahkan, Bonie terpaksa mendompleng agama lain karena khawatir kesulitan memperoleh pendidikan atau pekerjaan.

“Kalau selama ini saya seolah-olah dapat perlakuan diskriminasi atau penekanan dari negara bahwa jika ingin mengikuti aturan negara, harus mengikuti aturan yang sementara aturan itu hanya memfasilitasi hanya agama besar,” kata Bonie.

Menurut Bonie, perubahan status keyakinan dalam e-KTP dalam dirinya punya makna yang mendalam.

“Kalau sekarang sudah tidak lagi khawatir. Saat ini, saya bersama warga penghayat lain tidak perlu lagi ngumpet-ngumpet, tidak lagi perlu pinjam agama lain. Seratus persen eksistensi saya sebagai warga negara Indonesia dengan keyakinan yang saya percaya,” ujarnya.

Untuk diketahui, Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Kepercayaan Terhadap Tuhan yang Maha Esa dan Tradisi yang selama ini menjadi induk warga penghayat, berkoordinasi dengan Dirjen Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri.

Hasilnya, terbuatlah sistem aplikasi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) versi 7 yang sudah bisa dioperasikan operator kecamatan di seluruh Indonesia untuk pengisian kepercayaan di kolom agama dalam KTP.

Tak hanya itu, Kemendikbud telah menerbitkan panduan kurikulum dan buku pegangan bagi guru pelajaran kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Pemerintah juga menjamin hak-hak siswa penghayat kepercayaan untuk memperoleh pelajaran sesuai aliran yang diyakininya. Pemerintah juga akan menyetarakan hak penghayat dalam mengakses pekerjaan sebagai PNS maupun anggota TNI/Polri.

Sementara itu, Kepala Departemen Sipil Politik Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Bandung Harold Aron mengapresiasi pemerintah dalam menjalankan putusan MK terkait pencantuman kolom penghayat kepercayaan dalam kolom e-KTP.

“Ini perlu diapreasiasi dalam mendorong layanan publik yang tidak diskriminatif terhadap warga minoritas. Dan perlu ditiru oleh pemerintahan lainnya di daerah lain,” ujar Harold saat dihubungi.

Namun, ia berharap pengakuan terhadap penghayat kepercayaan tidak semata berhenti dengan adanya kartu identitas. Institusi atau lembaga lain, kata dia, harus memiliki pandangan yang luas agar hak-hak warga penghayat juga diakui.

“Poin pentingnya adalah bagaiamana pengakuan terhadap hak-hak mereka juga. Harus dilakukan di semua bidang layanan seperti pendidikan dan kesehatan,” tegasnya.


Simak video pilihan berikut ini:

Luhut Soal Kunjungan Incognito Jokowi: Dari Dulu Gayanya Begitu

Jakarta – Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan memberi penjelasan soal kunjungan incognito Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Tambak Lorok, Semarang. Luhut mengatakan sikap Jokowi yang dekat dengan rakyat kecil memang telah ada sejak dulu.

“Dan dia selalu bilang bukan orang kaya juga, dari bawah. Gayanya begitu dari dulu, di Solo juga begitu, waktu gubernur juga begitu. Sekarang presiden sama aja,” ujar Luhut di kantor Kemenko Kemaritiman, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu (20/2/2019).

Kunjungan incognito Jokowi pun juga ditiru oleh Waketum Partai Gerindra Fadli Zon. Luhut tak mempermasalahkannya dan mengatakan Jokowi tak perlu ‘diajari’ soal kemiskinan.

“Kamu pun niru boleh. Tapi kamu harus lihat, ini menurut saya, karena beliau itu bilang ‘Pak Luhut, saya itu orang miskin, jadi kalau orang ngajarin-ngajarin saya soal miskin, soal apa, ya ndak usah lah. Saya berapa kali pindah tempat, saya setelah nikah dengan Ibu (Iriana) kan di Aceh, di daerah terpencil, jadi saya paham betul’,” jelas Luhut saat menirukan ucapan Jokowi.

Karena berasal dari kalangan bawah itulah, menurut Luhut, Jokowi sangat memahami masalah rakyat kecil. Hal itulah yang membuat Jokowi sangat peduli.

“Makanya Presiden selalu ngotot dengan dana desa. Jadi kalau orang bicara masalah tadi, harga pangan, mengenai kemiskinan, presiden itu pernah ngalamin. Jadi dia sangat care dengan itu,” tegasnya.

Soal kunjungan Jokowi seorang diri yang seolah tanpa pengawalan, Luhut pun menampiknya. Menurutnya, Paspampres tetap berjaga meskipun bukan dalam jarak dekat.

“Ya saya pikir seperti Presiden Clinton bilang ‘tugas kamu ngawal, tugas saya ninjau’. Pasti lah ada saya pikir Paspampres, nggak mungkin nggak lah. Tapi memang ini aja, jaraknya aja,” ungkapnya.

Aksi incognito ke Tambak Lorok, Semarang, sebelumnya dilakukan oleh Jokowi. Aksi tersebut diungkapkan Jokowi dalam debat capres kedua pada Minggu (17/2) lalu.

Blusukan Jokowi saat tengah malam di Tambak Lorok itu kemudian dibenarkan oleh ketua RW setempat. Ketua RW 13 Kelurahan Tanjung Mas, Ahmad Sueb, mengaku kaget dan mengira Jokowi sebagai pekerja proyek.

Sueb mengatakan saat itu Jokowi sendirian. Bahkan sopirnya yang mengantarkannya ada di dalam mobil. Sueb mengaku tidak melihat ada Paspampres di lokasi sehingga ia menjadi ‘Paspampres’ dadakan.

“Lha malam-malam, saya kira pekerja proyek, saat menghampiri baru tahu itu Pak Jokowi,” ujar Sueb kepada wartawan, Senin (18/2).

Fadli Zon, yang juga Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, menirukan kunjungan senyap Presiden Jokowi ke Tambak Lorok. Fadli memamerkan kunjungannya itu dengan mengunggah dua foto di akun Twitter miliknya.

Dalam foto pertama, tampak Fadli, yang mengenakan topi, kemeja hitam, dan berkacamata hitam, berpose di depan tembok rumah warga yang memasang banner pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Sedangkan di foto kedua, Fadli Zon tampak tengah berbincang dengan warga.

“Incognito ke Tambak Lorok, Semarang, siang ini. Memang bukan tengah malam. Ngobrol dg nelayan,” tulis Fadli.
(azr/dhn)



<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Cari Inspirasi Foto? Yuk Sontek Ragam Pose yang Jadi Viral Ini

Cari Inspirasi Foto? Yuk Sontek Ragam Pose yang Jadi Viral Ini Foto: Instagram Kaia Gerber

Jakarta

Sebagai media sosial, Instagram digunakan seseorang untuk menunjukkan kegiatannya sehari-hari. Namun karena penggunanya semakin banyak, akun Instagram dengan jumlah followers banyak pun bisa menjadi pundi-pundi rupiah yang menguntungkan.

Untuk mendapatkan jumlah followers yang banyak tentu tidaklah mudah. Bagi seseorang yang bukan artis atau public figure, diperlukan usaha ekstra agar jumlah followers meningkat. Salah satunya dengan cara posting foto-foto menarik dan unik.

Buat kamu yang butuh inspirasi foto-foto unik namun simpel, mungkin kamu bisa ikut-ikutan gaya yang sedang trending, seperti beberapa pose foto berikut ini yang banyak ditiru oleh artis.


1. Follow Me To

Cari Inspirasi Foto? Yuk Sontek Ragam Pose yang Jadi Viral IniFoto: Instagram Nataly Osmann

Pose foto bergenggaman tangan seolah mengajak sang fotografer mengikutinya disebut atau dikenal dengan pose “Follow Me To”. Pose ini sempat menjadi pose foto yang viral dan ditiru oleh banyak pengguna akun Instagram. Nataly dan Murad Osmann adalah pasangan yang terkenal dengan tagar #FollowMeTo di Instagram.

2. Shmile

Cari Inspirasi Foto? Yuk Sontek Ragam Pose yang Jadi Viral IniFoto: Instagram Maddie Ziegler

Shmile merupakan singkatan dari ‘Shut Eye Smile’. Pose ini dilakukan dengan cara sedikit menutup mata, atau melihat ke bawah, sambil tersenyum lebar. Dilansir dari Daily Mail, pose seperti ini menyiratkan kebebasan dan kesan ramah yang akan terlihat di dalam foto. Shmile pun menjadi pose yang sempat viral belakangan ini di Instagram.

3. Instasplit

Cari Inspirasi Foto? Yuk Sontek Ragam Pose yang Jadi Viral IniFoto: Instagram Jordyn Woods

Pose yang sempat viral kali ini mungkin tampak sedikit aneh. Orang yang hendak berpose instasplit harus mengangkat salah satu kakinya ke atas. Walau tampak aneh, pose seperti ini sempat viral di Instagram.

Pose-pose tersebut hanya sebagian kecil dari beragam pose yang bisa kalian coba untuk bisa dipajang di Instagram. Tinggal tergantung kreativitas masing-masing saja. Apalagi saat ini ada kompetisi foto yang menuntut kreativitas kamu nih.

Menjelang peluncuran produk terbaru. HONOR ingin bagi-bagi smartphone HONOR terbaru nih, khusus buat kamu HONOR Fans tercinta yang mampu membuat foto kreatif. Mau tahu lebih jelasnya? Simak cara ikutannya, yuk!

Cari Inspirasi Foto? Yuk Sontek Ragam Pose yang Jadi Viral Ini

1. Ambil smartphone kamu

2. Jangan lupa buka aplikasi kamera kamu

3. Tulis “Hi!” di tangan kamu

4. Bergayalah dengan pose yang unik dengan memperlihatkan “Hi!” di tangan kamu

5. Follow juga Instagram @Honor_indonesia & upload dengan caption #ShowYourStyle #HONORIndonesia #HONOR10LiteID

6. Selain Instagram bisa juga dengan cara like dan upload ke halaman Facebook page Honor Indonesia dengan caption #ShowYourStyle #HONORIndonesia #HONOR10LiteID

7. Jangan lupa juga tag 3 orang teman kamu!

Pemenang kompetisi ini akan diumumkan pada 8 Maret 2019. Jadi, tunggu apa lagi? Buruan ambil smartphone kamu dan bergayalah dengan unik di depan kamera.

(adv/adv)

Pornografi Bikin Disfungsi Ereksi?

Liputan6.com, Jakarta Disfungsi ereksi biasanya memang tidak hanya diakibatkan oleh satu penyebab saja. Namun, studi tentang keterkaitan kondisi tersebut dengan melihat pornografi banyak dilakukan dan menuai beragam tanggapan.

Mengutip Medical News Today pada Jumat (15/2/2019), beberapa organisasi mendukung gagasan tersebut. Sebuah studi tahun 2016 yang ditulis oleh Gary Wilson dari organisasi Your Brain on Porn mengklaim bahwa banyak pria yang mencari pertolongan karena disfungsi ereksi, akibat efek desensitisasi dari pornografi “hardcore.”

Studi itu berpendapat bahwa pornografi mungkin diperlukan untuk meningkatkan rangsangan seksual untuk merasa tetap terangsang. Namun, artikel itu menyatakan bahwa hal itu bisa menurunkan kepuasan pria terhadap tubuh mereka sendiri, memicu kecemasan saat berhubungan seks.

Wilson menyatakan bahwa penggunaan pornografi bisa mengubah cara otak bereaksi terhadap rangsangan. Membuat pria merasa tidak terlalu terangsang oleh pasangan di kehidupan nyata.

Namun, studi ini menimbulkan bias. Beberapa penelitian lain menemukan lemahnya hubungan antara pornografi dengan disfungsi ereksi. Hal tersebut menunjukkan bahwa pornografi mungkin bisa menjadi penyebab kasus disfungsi ereksi, namun bukan satu-satunya faktor.

Saksikan juga video menarik berikut ini:

2 dari 2 halaman

Tidak ada bukti ilmiah

Para pakar lain menyatakan bahwa tidak ada bukti ilmiah yang mendukung gagasan terjadinya disfungsi ereksi akibat pornografi.

“Ada tiga studi laboratorium yang menunjukkan bahwa menonton film seks tidak berhubungan dengan fungsi ereksi,” kata perusahaan riset seks di Los Angeles bernama Liberos, Dr Nicole Prause sepeti dikutip dari Health24.

“Para terapis secara harfiah membuat gagasan bahwa ini terhubungan pada pasien mereka,” tambah Prause.

“Dalam pengalaman klinis saya, saya tidak menemukan porno sebagai penyebab langsung (kelainan ereksi, ejakulasi dini, dan ejakulasi tertunda),” kata psikoterapis Ian Kerner.

Kerner mengatakan bahwa mungkin, pornografi bisa memberikan Anda harapan yang tidak realistis tentang seks dan bisa menimbulkan kecemasan. Namun, seringkali hal tersebut dikesampingkan dan orang menyalahkan pornografi.

“Saya belum melihat penelitian yang baik untuk menunjukkan bahwa porno entah bagaimana, mengembalikan otak laki-laki menjadi disfungsi seksual,” kata Kerner.

Kerner mengatakan, salah satu yang membuat disfungsi ereksi kemungkinan adalah stimulus tertentu saat masturbasi. Ada jenis tekanan dan gesekan yang sulit ditiru saat berhubungan seks. Sehingga, Anda mungkin mengalami kesulitan untuk memberikan orgasme pasangan.

“Ini akan menjadi masalah masturbasi, bukan porno, dan lebih mudah diselesaikan,” kata Kerner.

Perkembangan Riset Penyembuhan Kanker Darah Seperti Diderita Ibu Ani

Berlin – Ani Yudhoyono, istri mantan presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sakit kanker darah. Bagaimana perkembangan metode peneliti untuk penyembuhan jenis penyakit ini?

Dalam keterangan resmi melalui video yang diunggah di Youtube, mantan presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memberitahukan bahwa istrinya, Ani Yudhoyono, menderita kanker darah dan menjalani perawatan kesehatan di sebuah rumah sakit di National University Hospital NUH di Singapura, sejak tanggal 2 Februari lalu.

“Dengan rasa prihatin saya sampaikan kepada para sahabat di tanah air, Ibu Ani mengalami blood cancer atau kanker darah, dan karenanya harus menjalani pengobatan dan perawatan yang intensif,” papar SBY.

Dalam video itu, Yudhoyono mengucapkan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo, tim dokter kepresidenan, sahabat dan kepada semua pihak yang mendoakan dan memberikan dukungan:

“Saya mengucapkan terima kasih pada Presiden Jokowi dan tim dokter kepresidenan atas perhatian yang diberikan dalam pengobatan Ibu Ani,” ujar SBY saat berbicara seputar penyakit yang diderita istrinya.

Kanker darah disebut juga leukimia. Penyakit ini dapat mempengaruhi sumsum tulang yang bertanggung jawab atas formasi sel darah putih yang sehat. Leukimia memicu produksi sel darah putih yang tidak berkembang sehingga terjadi pendarahan, memar, kelelahan dan berisiko lebih besar terkena infeksi.

Ilmuwan terus kembangan metode penyembuhan kanker darah

Untuk bisa membantu untuk mengobati leukemia, peneliti di Jerman mengembangkan bahan sintetis yang memungkinkan penggandaan sel-sel induk dalam darah. Sel-sel induk darah hanya dapat berkembang dalam sumsum tulang. Di sini mereka berubah menjadi berbagai jenis sel darah yang diperlukan oleh tubuh, termasuk sel darah merah dan putih – yang mengangkut oksigen dan memerangi penyakit. Selama bertahun-tahun, para peneliti di seluruh dunia telah mencoba berbagai cara untuk meniru sumsum tulang belakang.

Kini peneliti di Institut Teknologi Karlsruhe, Max Planck Institute for Intelligent Systems dan Universitas Eberhard Karls Tbingen mengatakan bahwa mereka telah merancang material berpori di mana sel-sel induk darah dapat berkembang biak selama empat hari. Sumsum tulang alami adalah struktur yang sangat kompleks, sehingga sulit untuk ditiru. Bentuk tiga dimensinya menyerupai spon dan mengandung protein yang menjembatani protein-protein yang bertengger di sel-sel induk.

Justru pori-pori ini yang menjadi tuan rumah banyak jenis sel – yang berinteraksi satu sama lain dan menghasilkan zat kimiawi – serta memungkinkan sel-sel induk darah untuk berkembang biak. “Kami berasumsi bahwa sel-sel induk ini tidak hanya merasakan komposisi kimia dari sekitarnya. Mereka bisa mungkin juga merasakan jika lingkungan mereka lembut atau keras, kasar atau halus,” ujar Cornelia Lee-Thedieck, seorang peneliti di Institut Teknologi Karlsruhe.

Sel-sel induk dapat dipanen

Sel-sel induk darah yang sehat diperlukan untuk mengobati leukemia. Sel-sel induk dapat dipanen di laboratorium dan ditransplantasikan ke pasien. Saat ini, sel-sel induk diisolasi dari darah atau sumsum tulang dari donor yang cocok. “Memproduksi sumsum tulang buatan dan menggandakan sel induk darah adalah hal yang berpotensi menarik,” ujar Martin Bornhuser dari Universitas Rumah Sakit Dresden. “Ini akan memungkinkan dihasilkannya sel induk dalam jumlah yang cukup untuk ditransplantasikan ke pasien dewasa,” tambahnya.

“Tujuan jangka panjang kami adalah untuk menciptakan struktur pada sel-sel induk darah,” kata Lee-Thedieck. “Kemudian sel-sel darah tersebut berkembang biak, dan kami memanen sel induk ini dan memberikannya kepada pasien.” Temuan ini merupakan aplikasi penelitian fundamental, “Kami baru saja membuat sebuah prototipe.” Masih butuh setidaknya belasan tahun lagi sampai teknologi ini tersedia untuk pasien.

Dan meskipun sudah ada penemuan ini, pada kenyataannya tetap saja para ilmuwan belum mampu meniru persis sumsum tulang alami sepenuhnya, tandas Bornhuser. “Proyek penelitian lainnya yang diterapkan akan diperlukan untuk mewujudkan ini menjadi kenyataan,” katanya.

ap/ml (Youtube/ Brigitte Osterath)


(ita/ita) <!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Top 3 Berita Hari Ini: Gaya Kompak 2 Menantu Ani Yudhoyono Saat Temani Mantan Ibu Negara di Rumah Sakit

Liputan6.com, Jakarta – Top 3 Berita Hari Ini adalah berita seputar Ani Yudhoyono, istri dari mantan Presiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Ibu Ani saat ini sedang dirawat di sebuah rumah sakit di Singapura karena menderita penyakit kanker darah.

Tak hanya sang suami dan anaknya, kedua menantunya yaitu Annisa Pohan dan Aliya Rajasa, juga ikut menemaninya. Dalam sebuah foto yang diunggah di media sosial, mereka terlihat kompak memakai busana berwarna putih. Annisa mengenakan dress putih dengan detail tali yang dilingkarkan di bagian pinggang.

Rambut panjang istri Agus Harimurti Yudhoyono ini ditata menjadi kuncir kuda. Sementara Aliya yang terlihat berdiri di sisi suaminya, Edhie Baskoro Yudhoyono, terlihat memakai printed shirt putih lengan panjang. Berita lainnya yang menarik perhatian adalah tentang Sulawesi Utara yang terpilih sebagai wilayah dengan penduduk paling romantis di Indonesia.

Sebuah studi menunjukkan warga Sulawesi Utara adalah penduduk Indonesia paling romantis. Warga wilayah tersebut tercatat paling banyak mencari tahu tentang Hari Valentine dan ide romantis secara online.

Di bawah Sulawesi Utara, ada Bali, Nusa Tenggara Timur, Maluku, Kepulauan Riau, Sulawesi Selatan, Sumatera Utara, Papua, Riau, dan Kalimantan Barat juga tercatat sebagai wilayah dengan penduduk paling romantis. Satu lagi berita yang banyak diminati adalah tentang Raisa yang baru saja melahirkan anak pertamanya.

Pada 12 Februari 2019, istri Hamish Daud itu telah melahirkan anak perempuan di salah satu rumah sakit di kawasan Jakarta Selatan. Sebelum melahirkan, perjalanan kehamilan Raisa selama sembilan bulan sudah sering menarik perhatian.

Inspirasi pun sangat mungkin diambil dari journey kehamilan perempuan 28 tahun tersebut, termasuk soal gaya busana yang sangat mungkin ditiru.

Ketiga berita tersebut terangkum lengkap dalam Top 3 Berita Hari Ini. Mari kita simak rangkuman selengkapnya berikut ini.

Gaya Kompak 2 Menantu Ani Yudhoyono Saat Temani Mantan Ibu Negara di Rumah Sakit

Mengidap penyakit kanker darah, Ani Yudhoyono tengah menjalani perawatan di salah satu rumah sakit di Singapura. Di tengah perjuangan yang tentu tak mudah, istri presiden Indonesia ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY ini mengatakan keluarga adalah supporter utama.

Lewat sebuah unggahan yang memuat beberapa foto di akun Instagram-nya @aniyudhoyono, beberapa waktu lalu, mantan ibu negara itu memperlihatkan kebersamaan bersama keluarga selama menjalani perawatan medis.

Selanjutnya…

Sulawesi Utara Jadi Wilayah dengan Penduduk Paling Romantis di Indonesia

Berdasarkan indeks romantis, Sulawesi Utara kampiun sebagai wilayah dengan penduduk paling romantis di Indonesia. Hasil ini berawal dari analisa portal diskon CupoNation terhadap minat orang Indonesia dalam merayakan Hari Valentine untuk mencari tahu wilayah mana yang penduduknya paling romantis.

Indeks romantis dihitung melalui popularitas rata-rata dari volume penelusuran berkaitan Hari Valentine, yakni Hari Valentine, Valentine’s Day, Romantis, Romantic, dan Hari Kasih Sayang dalam skala 0 sampai 100 untuk periode 1 Januari 2017 – 31 Januari 2018 melalui Google Trends.

Selanjutnya…

Deretan Penampilan Raisa Selama Hamil hingga Melahirkan Anak Perempuan

Usai sudah penantian pasangan Raisa dan Hamish Daud bersua buah cinta hasil pernikahan mereka. Pada Selasa dini hari, 12 Februari 2019, pelantun lagu Serba Salah ini dikatakan telah melahirkan anak perempuan di salah satu rumah sakit di kawasan Jakarta Selatan.

Kabar ini didapat dari keterangan seorang petugas bagian administrasi rumah sakit ibu dan anak tersebut. Ia membenarkan bahwa artis bernama Raisa telah melahirkan di rumah sakit yang dimaksud.

Selanjutnya…


Saksikan video pilihan di bawah ini:

12 Cara Nyeleneh Orang Hadapi Masalah, Bikin Gagal Paham

Liputan6.com, Jakarta – Dalam kehidupan sehari-hari, terkadang kita menemui berbagai masalah atau hambatan dalam menjalani aktivitas, bukan? Oleh sebab itu, orang-orang berusaha mencari cara atau solusi untuk mengatasi hambatan yang mereka hadapi.

Namun cara yang dipilih bisa berbeda-beda, ada yang masuk diakal dan juga tidak. Seperti sejumlah orang ini misalnya, mengatasi masalah dengan cara nyeleneh yang malah bikin kita gak habis pikir.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini potret recehnya orang-orang saat cari solusi untuk mengahadapi masalah. Cara orang-orang ini jangan sampai ditiru kecuali untuk lucu-lucuan saja ya.

1. Bisa menghilangkan gerah ya?

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

2 dari 12 halaman

2. Kedinginan? Ya pakai selimutlah

3 dari 12 halaman

3. Malah bikin rusak ponselnya

4 dari 12 halaman

4. Sebuah tutorial mengupas kulit durian

5 dari 12 halaman

5. Sambil menyelam, minum air

6 dari 12 halaman

6. Berisik banget nih

7 dari 12 halaman

7. Saking kepengen punya ayam

8 dari 12 halaman

8. Cara bikin pisang cepat matang

9 dari 12 halaman

9. Sampai tahun depan juga enggak bakal penuh

10 dari 12 halaman

10. Buang-buang tenaga saat banjir

11 dari 12 halaman

11. Airnya cuma cukup memadamkam api cemburu

12 dari 12 halaman

12. Ketika alat tulismu hilang

Bagaimana Cara Ilmuwan Mengukur Tubuh Dinosaurus yang Sudah Punah?

Liputan6.com, Jakarta – Perdebatan soal dinosaurus terbesar di dunia, masih menjadi misteri. Hingga kini, para ilmuwan bahkan belum bisa menemukan ukuran pasti dari hewan purba tersebut.

Penyebabnya yaitu, ahli paleontologi jarang menemukan kerangka utuh dinosaurus. Mereka lebih cenderung mengungkap fragmen tulang dan kemudian mencoba memperkirakan tinggi dan berat badan satwa tersebut.

Selain itu, ada tiga kategori untuk dinosaurus terbesar dalam catatan para ahli: terberat, terpanjang dan tertinggi.

Dimulai dengan yang paling berat, ‘pemenang’ kategori ini disematkan pada Argentinosaurus. Titanosaur supermasif ini (titanosaurus adalah sauropoda raksasa, dinosaurus herbivora berleher dan berekor panjang) hidup sekitar 100 juta hingga 93 juta tahun yang lalu, selama periode Cretaceous, di wilayah yang kini menjadi negara Argentina.

Tetapi perkiraan berat badan Argentinosaurus sangat bervariasi. Natural History Museum di London menyebut binatang itu berbobot 77 ton (70 metrik ton).

Sedangkan menurut American Museum of Natural History di New York City, beratnya berkisar 90 ton (82 metrik ton). Lain lagi dengan BBC Earth yang melaporkan bahwa Argentinosaurus punya berat 110 ton (100 metrik ton).

Maka tidak mengherankan jika angka ini masih simpang siur.

Argentinosaurus dikenal hanya memiliki 13 tulang: 6 tulang belakang tengah (midback) vertebra, 5 vertebra pinggul fragmentaris, 1 tibia (tulang kering) dan 1 fragmen tulang rusuk.

“Ada tulang paha yang dapat Anda lihat (dalam beberapa sketsa), tetapi tulang paha itu ditemukan 15 kilometer jauhnya. Jadi, sebetulnya tulang itu milik siapa?” kata Kenneth Lacovara, seorang profesor paleontologi dan geologi sekaligus dekan di School of Earth & Environment di Rowan University di Glassboro, New Jersey.

Pesaing lain Argentinosaurus adalah Patagotitan, seekor titanosaurus yang beratnya mencapai 69 ton (62 metrik ton) ketika ia hidup sekitar 100 juta tahun yang lalu di tempat yang sekarang disebut Argentina.

“Namun, bobot ini dihitung berdasarkan gabungan dari 6 ekor Patagotitan yang ditemukan di lokasi tersebut. Jadi, bukan hanya satu dinosaurus,” Lacovara mencatat, seperti dikutip dari Live Science, Selasa (29/1/2019).

Akan tetapi, persoalan yang menimbulkan tanda tanya besar adalah bagaimana para ilmuwan menghitung berat seekor hewan yang punah? Menurut Lacovara, ada tiga cara. Berikut di antaranya:


Saksikan video pilihan berikut ini:

2 dari 4 halaman

1. Metode Lingkar Poros Minimum

Para ilmuwan mengukur lingkar minimum humerus (tulang lengan atas) dan femur (tulang paha) dari spesies yang sama. Kemudian, mereka mengubah angka-angka ini menjadi formula. Hasilnya sangat berkorelasi dengan massa hewan.

“Metode ini cukup masuk akal, karena semua hewan berkaki empat meletakkan seluruh berat tubuh hanya pada keempat tulang itu. Jadi, sifat struktural tulang-tulang itu akan berkorelasi erat dengan massa badan,” papar Lacovara.

Namun, ada pengecualian. Jika tulang humerus dan femur berasal dari spesies yang berbeda, seperti halnya yang terjadi dengan Patagotitan, maka hasilnya hanya berupa perkiraan dari speseis komposit yang tidak pernah eksis.

Selain itu, jika hanya tulang tunggal (humerus atau femur) yang digunakan, proporsi tulang yang hilang masih menjadi dugaan.

“Jelas, ini menimbulkan lebih banyak ketidakpastian,” katanya lagi. “Contohnya adalah Notocolossus dan Paralititan.”

Dinosaurus terbesar yang diketahui memiliki humerus dan femur dari spesies yang sama adalah Dreadnoughtus, yang berusia 77 juta tahun. Ini adalah titanosaur seberat 65 ton (59 metrik ton) yang ditemukan oleh Lacovara dan timnya saat menggali di Argentina.

3 dari 4 halaman

2. Metode Volumetrik

Dalam pendekatan ini, para peneliti menentukan volume tubuh dinosaurus dan menggunakan angka itu untuk menghitung beratnya.

Metode tersebut dianggap amat menantang, karena kebanyakan kerangka titanosaurus tidak lengkap. Sejauh ini, kerangka Dreadnoughtus adalah yang paling lengkap, yaitu 70 persen. Argentinosaurus hanya 3,5 persen.

Selain itu, para peneliti harus menebak berapa banyak ruang yang diambil oleh paru-paru dan struktur yang dipenuhi udara lainnya. Mereka juga harus berspekulasi tentang bagaimana bulu pada kulit dinosaurus-dinosaurus ini menyusut.

“Dalam pandangan saya, metode ini tidak bisa diterapkan dan tidak memiliki kemampuan untuk ditiru, yang bisa jadi boomerang bagi ilmu pengetahuan,” kata Lacovara.

4 dari 4 halaman

3. Tebakan Asal

Beginilah cara para ilmuwan memperkirakan berat dinosaurus yang tidak memiliki tulang humerus dan femur yang diawetkan.

Argentinosaurus, Futalognkosaurus, dan Puertasaurus adalah contohnya,” kata Lacovara. “Dinosaurus-dinosaurus ini besar, tetapi tidak ada cara sistematis yang dapat ditiru untuk memperkirakan massa mereka.”

Selanjutnya, dinosaurus apa yang terpanjang? Jawabannya, mungkin, adalah Diplodocus atau Mamenchisaurus, yang dapat digambarkan sebagai dinosaurus sauropoda yang ramping dan memanjang.

“Keduanya bisa diketahui dari kerangka yang cukup lengkap, dan keduanya punya panjang sekitar 35 meter,” papar Lacovara.

Sebaliknya, titanosaurus lebih pendek. Misalnya, Dreadnoughtus yang panjang tubuhnya hanya sekitar 85 kaki (26 meter). Namun kategori ini masih penuh dengan ketidakpastian.

“Beberapa dinosaurus yang diklaim sebagai yang terpanjang, kerangkanya ditemukan terpisah-pisah. Misalnya, Sauroposeidon yang dapat dikenali hanya dari vertebra empat leher.

Sementara itu, Amphicoelias, sauropoda yang hanya diketahui dari sketsa vertebra tunggal dalam buku catatan dari ahli paleontologi Abad ke-19, Edward Cope. Kadang-kadang juga disebut sebagai dinosaurus terpanjang, tertinggi dan terberat.

“Vertebra itu tampaknya hilang atau hancur dalam transportasi, atau mungkin tidak pernah ada,” kata Lacovara.

Sedangkan untuk dinosaurus tertinggi, ‘dimenangkan’ oleh Giraffatitan, dinosaurus sauropoda setinggi 40 kaki (12 meter) yang hidup di periode akhir Jurassic, sekitar 150 juta tahun yang lalu di tempat yang sekarang menjadi Tanzania.

“Ini, tentu saja, tergantung pada kemampuan hewan-hewan ini saat mengangkat leher mereka hingga ketinggian maksimum,” kata Lacovara.

Tungkai depan dan struktur pundak mereka terlihat seperti memiringkan leher mereka ke atas, tetapi kita mungkin tidak pernah tahu sejauh mana mereka bisa melakukan ini.

3 Tim Terbaik Eropa Versi Guardiola

Liputan6.com, Manchester – Manajer Manchester City, Pep Guardiola, ingin timnya meniru jejak Barcelona, Bayern Munchen dan Juventus. Di mata Guardiola, ketiganya adalah tim terbaik Eropa dalam satu dekade terakhir.

Baik Barcelona, Munchen dan Juventus berhasil mendominasi kompetisi lokal dalam 10 tahun terakhir. Tak hanya itu, mereka juga selalu mampu bersaing di Liga Champions.

“Siapa tim terbaik dalam dekade terakhir? Juventus, Munchen dan Barcelona. Mengapa? Karena setiap musim mereka memenangkan liga, setiap musim mereka memenangkan piala, setiap musim mereka ada di sana. Mereka yang terbaik,” kata Guardiola di Soccerway.

“Kami tidak bisa dekat dengan mereka, karena itu sulit. Tapi, kami juga harus berada dalam kompetisi sampai tahap terakhir. Kadang-kadang Anda beruntung, kadang tidak, tetapi kami ingin berada di sana,” ucap Guardiola.


2 dari 3 halaman

Ingin Tiru Dominasi Ketiganya

(AFP/Paul Ellis)

Menurut Guardiola, dominasi ketiga raksasa tersebut harus ditiru City.

“Ketika saya mengatakan Munchen, Juventus, Barcelona adalah yang terbaik, itu karena tidak peduli apa yang terjadi sebelumnya, mereka tetap mencoba lagi. Itu hal yang paling sulit.”

“Memenangkan satu gelar, dua gelar, itu bisa terjadi. Tapi konsistensi itu, setiap tiga hari selama 11 bulan, selama 10 tahun, itulah yang paling saya hormati dan saya kagumi. Itu akan menjadi impian saya. Setiap pertandingan dan kompetisi kami coba lakukan itu. Dan sejauh ini, kami telah melakukannya,” Guardiola menambahkan.

3 dari 3 halaman

Posisi 2

City sendiri kini berada di posisi dua klasemen Liga Inggris. The Citizens tertinggal empat angka dari Liverpool di singgasana.

Saksikan video pilihan di bawah ini: