Jangan Ditiru, Modifikasi Per Sebagai Pengganti Ban

3. Pelek Ringan

Cara membuat motor kencang yang lain yaitu memilih pelek yang ringan. Teorinya masih sama, dengan beban kendaraan yang telah dipangkas diharapkan kemampuan motor semakin maksimal.

4. Ban

Pemilihan ban akan menyokong performa motor. Tentunya ban sport dengan soft compoundakan membuat motormu nge-grip dengan jalan layaknya di sirkuit. Namun,

jika jalanan yang dilalui tak rata, sangat disarankan untuk menggunakan ban standar.

5. Modifikasi Karburator

Ini adalah cara membuat motor kencang tanpa mengeluarkan biaya maksimal. Karena hal ini dilakukan tanpa biaya.

Memodifikasi karburator bertujuan agar performa ruang bakar pada motormu semakin maksimal. Caranya dengan mengganti spuyer karburator dengan ukuran yang lebih besar. Namun, penggantian yang tak sesuai akan membuat motor tersendat dan mogok.

6. Perawatan Rutin

Ini merupakan salah satu cara membuat motor kencang dengan biaya murah. Dengan perawatan rutin, motormu akan selalu dalam kondisi prima. Selain itu, biaya untuk perawatan rutin tak akan mahal.

Ganti oli setiap bulan dan servis motor setiap dua bulan sekalipun sudah cukup untuk membuat motor kencang.

Bisa Ditiru, Ini 8 Kebiasaan Hidup Hemat ala Keluarga Kerajaan Inggris

3. Memanfaatkan Pakaian Lama

Kebanyakan orang malu memakai baju yang sudah lama. Tapi tidak dengan keluarga kerajaan, meskipun segala sesuatu yang mereka pakai selalu menjadi perhatian banyak orang.

Kate Middleton dan Ratu Elizabeth II diketahui kerap memakai pakaian lama untuk pergi ke suatu acara. Puteri Charlotte juga sempat mengenakan sepatu bekas pamannya, Pangeran Harry, yang dipakai sekitar 30 tahun lalu. Pangeran George juga memakai gaun baptis sang ayah yang dulu dipakai pada tahun 1984.

4. Lebih Baik Memperbaiki daripada Mengganti

Dengan uang sebanyak yang dimiliki Ratu Elizabeth II, mungkin bisa membeli berbagai barang sesuai keinginan. Tetapi Ratu menentang hal itu.

Daripada membeli baru, ia lebih memilih memperbaiki sarung tangannya yang sudah usang. Bahkan Ratu masih memiliki sepasang sarung tangan dari 40 tahun lalu.

Jangan Ditiru, Wanita di China Nyaris Mati Akibat Suntik Jus Buah ke Tubuh

Kasus menyuntik yang satu ini lain lagi. Bagi sebagian pria, memiliki badan yang atletis bak binaragawan adalah impian. Untuk mempunyai bentuk tubuh seperti itu kerap digambarkan seperti suatu perjalanan panjang. Butuh kerja keras, perjuangan, usaha dan tentu kesabaran.

Jika sudah berhasil, tentu akan tampak perbedaan antara foto sebelum dan sesudah memiliki badan ideal. Biasanya, untuk membentuk badan yang atletis, seorang pria membutuhkan waktu berbulan-bulan hingga beberapa tahun.

Namun, ada seorang pria asal Rusia yang hanya mendapatkan bentuk lengan seperti binaragawan hanya dalam kurun waktu satu bulan.

Dilansir dari laman AsiaOne, Selasa 14 November 2017, pria tersebut diketahui bernama Kirill Tereshin. Cara yang digunakan oleh pria tersebut terbilang tak biasa bahkan terlalu berbahaya.

Demi mendapatkan ukuran lengan yang berdiameter besar seperti karakter Hulk, Tereshin nekat menyuntikkan Synthol ke kedua lengannya.

Synthol adalah zat yang terdiri dari minyak, obat penghilang rasa sakit dan alkohol. Tereshin sengaja memasukkan zat tersebut agar kedua lengannya mengembang seolah-olah memiliki otot.

Cara ini memang sering terdengar dan kerap disebut sebagai teknik ‘fluffing’. Dalam sebuah rekaman yang diunggah Tereshin ke akun Instagram, tampak pria tersebut tengah memamerkan kedua lengannya.

Terlihat perubahan warna yang terjadi pada kedua lengan Tereshin. Tiba-tiba bagian lengannya berubah menjadi ungu yang kemudian ia anggap sebagai efek samping belaka.

Kini, pria tersebut akan terus melakukan suntikan Synthol pada bagian tubuh lainnya. Ia berharap akan menjadi binaragawan di masa depan dengan cara yang ia yakini.

Meski begitu, catatan penggunaan zat Synthol secara sembarangan dapat berakibat fatal. Pada tahun 2015, ada seorang pria asal Brasil pecandu teknik ‘fluffing’.

Akibat suntikan Synthol yang terus ia lakukan, pria tersebut jampir kehilangan lengannya karena otot bisep di kedua lengan mengalami mati rasa.

Selain itu, ancaman penggunaan Synthol yang berlebihan dapat menyebabkan gagal ginjal.

Juara All England, Daya Juang Ahsan / Hendra Pantas Ditiru

Herry juga menilai performa ganda Malaysia di final tak segarang pada semifinal. Di babak empat besar, Chia/Yik mengalahkan ganda Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. 

“Penampilan lawan lebih bagus kemarin, jauh lebih bagus. Hari ini kondisi fisik mereka sudah menurun. Kedua, mungkin lawannya sama-sama muda, sekarang lawan Hendra/Ahsan, mentalnya terpengaruh, dari pukulannya kelihatan, mengambang, mati sendiri,” ujar Herry. 

“Kejadiannya terbalik dengan penampilan pasangan Malaysia kemarin di semifinal. Di gim pertama mereka masih grogi. Sekarang, di gim ketiga yang grogi. Mungkin ada tekanan juga, melihat lawannya sudah cedera, dan mereka kan masih muda, jadi masih belum stabil. Tapi pasangan Malaysia ini masuk kategori pasangan ganda putra yang patut diperhitungkan,” sambung Herry. 

 Sumber: Bola.com

Berita video ganda putra Indonesia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan berhasil membawa pulang medali All England 2019 usai mengalahkan ganda Malaysia.

Atlet Bisbol Ramon Setiyono Tutup Usia, Menpora: Semoga Perjuangan Ramon Ditiru Pemain Junior

Liputan6.com, Pemalang Menpora Imam Nahrawi hari Rabu (6/3) siang tiba di kediaman almarhum Ramon Setiyono seorang atlet bisbol nasional yang membela Merah-Putih di ajang Asian Games 2018 di rumah duka di Desa Banglarangan, Ampelgading, Pemalang, Jawa Tengah guna bertakziah dan silaturahmi dengan keluarga yang ditinggalkan.

Almarhum Ramon meninggal dunia pada 19 Februari 2019 di Semarang, Jawa Tengah di usia 31 tahun. Sebelum memberikan santunan Menpora bersama kedua orang tua Bapak Durrahman, Ibu Suriah dan adik kandung Ramon Mila Arni serta para tamu undangan mengirimkan doa tahlil untuk almarhum Ramon.


“Kami sangat berduka cita dan kehilangan dan kita mendoakan semoga Ramon husnul khotimah, keluarga yang ditinggalkan sabar dan iklas melepaskannya,” kata Menpora didampingi Staf Ahli Ekonomi Kreatif Jonni Mardizal dan Asdep Kemitraan dan Penghargaan Dwijayanto Sarosa Putera.


Ramon menurut Menpora sejatinya telah disiapkan untuk SEA Games 2019 di Filipina tetapi Tuhan berkehendak lain.


“Kami hadir dari Jakarta bersama keluarga besar BPJS Ketenagakerjaan dan PB Perbasasi dalam rangka taksiah karena sahabat kita alm. Ramon Setiyono telah meninggalkan kita semua, Ramon sejatinya kita siapkan untuk SEA Games Filipina 2019,” tambahnya.


“Semoga jejak perjuangan Ramon ditiru oleh para pemain bisbol junior kita untuk terus membawa nama Indonesia di kancah internasional,” harap Menpora bersama Ketua Umum PB Perbasasi Andika Manoarfa, Dirpel BPJS Ketenagakerjaan Krisna Syarif dan Kadispora Kota Semarang Gurun Risyadmono.

Deretan Meme Sindiran Pacar Ditikung Teman, Kocak tapi Bikin Nyesek

Liputan6.com, Jakarta – Banyak orang menganggap teman atau sahabat telah menjadi bagian keluarga mereka. Karena menjadi salah satu orang spesial dalam hidupmu, tak heran jika sahabat seringkali dipercaya untuk mendengar keluh kesahmu serta mengetahui berbagai hal tentangmu.

Namun, adakalanya sahabat dan pacar yang sudah sangat dekat, malah paling rentan menyakiti hati. Bagaimana jika orang yang sangat kamu percaya seperti sahabat malah menikungmu dengan merebut pacarmu? 

Ya, teman yang suka merebut pacar memang menyebalkan. Ketika hal ini terjadi, bukan tidak mungkin hubungan pertemananmu dengan penikung itu bakal hancur berantakan.

Belajar dari kasusnya Luna Maya, Syahrini dan Reino Barack, banyak warganet menyarankan jika seseorang punya pacar lebih baik jangan mengenalkannya ke teman yang jomblo. Bukan berarti berpikiran buruk, tapi buat jaga-jaga saja. Siapa tahu pacar dan temanmu sedang khilaf bisa terjadi perselingkuhan. 

Ternyata, warganet malah membuat beragam meme yang menjadi pengingat dan bahan sindiran para penikung. Penasaran seperti apa meme-memenya? Berikut potretnya seperti dirangkum dari berbagai sumber.

1. Beginilah kira-kira

2 dari 5 halaman

2. Belajar dari yang udah-udah ya gaes

3 dari 5 halaman

3. Jangan ditiru ya

4 dari 5 halaman

4. Biasa terjadi nih

5 dari 5 halaman

5. Memang suka begitu, sabar ya

Reporter:

Muhammad Bimo Aprilianto

Sumber: Brilio.net


Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Top 3 Berita Hari Ini: Keajaiban Baking Soda dalam Membersihkan Rumah

Liputan6.com, Jakarta – Top 3 Berita Hari Ini tentang baking soda atau soda kue yang biasanya dikenal sebagai bahan pembuat kue. Tak hanya di bidang kuliner, bahan ini ternyata juga dipercaya sebagai bahan yang ampuh untuk membersihkan rumah.

Orang Mesir Kuno pun memakai baking soda sejak abad 3500 SM sebagai bahan pembersih dan proses mumifikasi. Baking soda bisa menyerap semua bau yang terdapat di ruangan Anda.

Uniknya, baking soda dinilai lebih ampuh dari lilin pewangi atau AC sebab kedua benda tersebut hanya menutupi bau yang ada di ruangan tersebut. Berita lainnya yang banyak menarik perhatian adalah tentang pernikahan. Ada orang yang menikah di usia muda dan ada juga di usia yang sudah tua.

Sebuah penelitian yang dimuat dalam Journal of Family Psychology dan dilakukan University of Alberta menemukan, mereka yang menikah di usia lebih tua atau lebih lambat dari teman-temannya ternyata mempunyai level kebahagiaan dan kepercayaan diri lebih tinggi dibanding mereka yang menikah muda.

Selain itu, menikah di usia matang juga menunjukkan rendahnya risiko depresi dan cerai. Satu lagi berita yang banyak diminati masih tentang Syahrini yang baru saja resmi menkah dengan Reino Barack.  Makeup penyanyi cantik yang selalu tampil maksimal ini ternyata bisa disontek.

Berawal di bagian mata yang jadi titik utama di bold makeup. Inces, begitu ia akrab disapa, sering kali memakai eyeliner di keseluruhan garis matanya. Namun, jika mata Anda cenderung hooded, skip langkah satu ini dan aplikasikan eyeliner hanya pada bagian atas mata.

Ketiga berita tersebut terangkum lengkap dalam Top 3 Berita Hari Ini. Yuk, mari kita simak rangkuman selengkapnya di bawah ini.

Keajaiban Baking Soda dalam Membersihkan Rumah

Soda kue atau dikenal dengan baking soda lebih populer digunakan untuk membuat kue. Fungsinya terlihat saat memanggang kue, di mana adonan kue yang dimasak akan mengembang akibat kandungan sodium bikarbonat di dalamnya.

Ternyata, fungsi baking soda ini tidak terletak di dunia kuliner saja. Malahan, bahan ini dipercaya sebagai bahan yang ampuh untuk membersihkan rumah. Kandungan kimia yang terdapat dalam pengembang adonan kue ini bekerja lebih baik ketika digunakan sebagai bahan pembersih.

Selanjutnya…

Studi: Orang Terlambat Menikah Justru Lebih Bahagia dan Percaya Diri

“Kapan menikah?” pertanyaan ini tidak jarang menjadi momok bagi mereka yang belum membina rumah tangga. Hal tersebut terasa semakin ‘mengganggu’ ketika usia telah matang hingga mapan secara finansial.

Jangan terburu-buru dan jangan gentar dengan hal-hal yang secara tidak langsung mendesak Anda. Fimela.com menulis menurut penelitian, menikah terlambat justru menjamin kebahagiaan pernikahan di masa mendatang.

Selanjutnya…

Makeup Badai Andalan Syahrini, Bisa Dicontek untuk Tampilan Sempurna di Pesta Pernikahan

Makeup bold sangat mungkin jadi salah satu opsi para mempelai perempuan untuk tampilan sempurna di hari bahagia. Inspirasi look-nya bisa disontek dari berbagai figur, termasuk penyanyi hits Syahrini.

Bagaimana tidak, di banyak kesempatan, perempuan 36 tahun tersebut cenderung memperlihatkan riasan wajah terkesan berani dengan sentuhan smokey eyes. Secara garis besar, look Syahrini satu ini sangat mungkin ditiru.

Selanjutnya…

Saksikan video pilihan di bawah ini:

5 Cara Bungkus Kado Unik dan Kreatif, Bisa Kamu Coba di Rumah

Liputan6.com, Jakarta Sebuah hadiah akan menjadi lebih bermakna jika diberikan dengan cara dan tampilan yang manis. Oleh sebab itu, cara bungkus kado pun harus kreatif agar kadomu menjadi lebih terkenang dan berkesan bagi si penerima. Ada banyak kreasi atau cara bungkus kado unik dan kreatif.  Banyak orang yang belum paham bagaimana cara bungkus kado unik dan kreatif. 

Kado adalah sebuah hadiah yang berupa barang dan atau bisa saja bukan berupa barang secara fisik. Kado itu biasanya diberikan kepada orang yang dinilai istimewa, atau diberikan pada waktu-waktu tertentu yang dianggap istimewa bagi orang tersebut.

Membungkus kado terkadang terlihat mudah, namun sebenarnya dibutuhkan ketekunan dan kreativitas. Berikut cara bungkus kado unik dan kreatif yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (22/2/2019).

2 dari 6 halaman

1. Cara Bungkus Kado Unik Bentuk Baju

Beberapa waktu belakangan ini kado bentuk baju memang sangat populer. Cara bungkus kado bentuk baju juga cukup mudah. Bahan-bahannya pun cukup mudah di dapat dan tidak ribet. Siapkan satu kertas kado secukupnya, selotip, dan gunting.

· Cara bungkus kado pertama, rekatkan kedua ujung kertas dengan ukuran yang sama menggunakan selotip atau lem.

·  Lipatlah ujung bawah keatas sekitar 8cm kemudian tarik sisi atasnya ke bawah.

·  Jika sudah berbentuk datar lipat kedua sisi yang telah ditarik tadi lalu rekatkan masing-masing sisinya.

·  Setelah kertas kado berbentuk kotak dan bagian bawahnya tertutup rapat masukkan kado. Lalu dibagian atas sekitar 5cm gunting bagian sisi kanan dan kirinya.

·  Lipat kertas yang sudah digunting tadi sampai membentuk kerah baju dan rekatkan dengan solasi atau lem.

·  Pada sisi tadi yang digunting rekatkan kembali menggunakan lem supaya terlihat lebih rapi. Bisa juga digunting miring sedikit pada bagian pinggir atas supaya lebih terlihat seperti baju. Jika ingin terlihat lebih cantik, bisa ditambahkan pita.

3 dari 6 halaman

2. Cara Bungkus Kado Unik Bentuk Tas

Cara bungkus kado unik bentuk tas juga bisa jadi alternatif yang pas dan mudah. Cara bungkus kado bentuk tas ini cukup mudah dan tidak memerlukan banyak bahan. Bisa langsung ditiru untuk membuat bungkus kado yang unik dan kreatif. Cukup siapkan kertas kado, pita, slotip, lem dan cutter atau gunting.

– Cara bungkus kado pertama, lipat kedua sisi dengan lipatan di satu sisi lebih banyak. Lekatkan kedua ujungnya menggunakan lem kemudian lipat bagian bawanya kira-kira seperempat dari bungkus kado. Rapikan kemudian rekatkan dengan isolatip hingga membentuk datar seperti paper bag.

– Untuk bagian atasnya bisa langsung dilipat kemudian tempelkan pita yang sudah disediakan. Atau lipat bagian atasnya, setelah merekatkannya dengan selotip, buatlah lubang di sisi kanan dan sisi kiri untuk memasang tali.

4 dari 6 halaman

3. Cara Bungkus Kado Unik dan Cantik

Ada cara bungkus kado yang gampang untuk ditiru. Kalau kamu suka gambar menggambar, mungkin cara bungkus kado simple ini akan jadi lebih mudah. Biar lebih terkesan kamu bisa membuat bungkus kado dengan desain gambaran kamu sendiri. Bungkus kado dengan kertas krep akhir-akhir ini lagi banyak dipakai untuk membuat bungkus kado yang unik dan cantik.

– Cara bungkus kado pertama siapkan kertas krep secukupnya sesuaikan ukurannya dengan kado yang akan diberikan. Lalu siapkan juga spidol beberapa warna, pastikan warnanya tidak mati kalau dipasangkan dengan bungkus kado.

– Cara bungkus kado selanjutnya, bungkus kadonya dengan bentuk sesuai kreasi yang kamu suka. Setelah kado berhasil dibungkus seperti biasa kemudian coret-coret bungkus krepnya dengan gambar yang kamu inginkan.

– Buatlah bentuk yang simple dan tidak terlalu ramai. Ulangi coretan sampai kertas kadonya penuh dengan gambar kamu.

5 dari 6 halaman

4. Cara Bungkus Kado Unik Bentuk Permen

Cara bungkus kado unik lainnya, Kamu bisa mencoba membuat bungkus kado yang bentuknya mirip dengan permen. Bentuknya unik dan cara membuatnya juga cukup simple. 

Siapkan kertas kado dan sesuaikan dengan besarnya kado yang akan diberikan. Siapkan juga solasi bening atau solasi bermotif lucu yang cocok dengan kertas kadonya, jangan lupa juga untuk menyiapkan tali.

·  Cara bungkus kado, kemudian bentuklah kadonya memanjang, lalu tempatkan kado diatas kertas. Setelah itu, gulung kertas kado bersamaan dengan kadonya. Jika sudah membentuk gulungan, rekatkan kertasnya menggunakan solasi yang sudah disediakan.

·  Dibagian sisi bawah dan atas (batas kado yang ada di dalam kertas), rekatkan supaya membentuk permen. Tarik pelan-pelan bagian ujungnya supaya lebih mekar. Gunakan tali yang tadi disiapkan pada bagian perekat ujungnya supaya lebih lucu.

6 dari 6 halaman

5. Cara Bungkus Kado Unik dan Lucu

Selanjutnya cara bungkus kado yang lucu adalah dengan menambahkan pernak-pernih hiasan kertas seperti confetti. Kamu tahu kan kalau confetti itu cukup meriah dan unik? Ide ini bisa digunakan dalam membuat bungkus kado yang beda dari yang lain. Bahan yang perlu disiapkan adalah bungkus kado polos, kertas krep warna-warni, gunting, selotip, lem.

– Cara bungkus kado unik dengan tema ini, kamu harus memotong krep yang disediakan secukupnya.

– Setelah kado dibungkus dengan kertas dan sudah terlihat rapi, oleskan lem ke bagian kertasnya.

– Bisa kamu oleskan secara merata atau hanya setengah bagiannya saja agar terlihat lebih lucu. Lalu tempelkan kertas krep yang tadi sudah dipotong, selang-seling warnanya supaya tampak lebih hidup.

Senyum Lebar Warga Bandung Terima E-KTP Pertama dengan Kolom Kepercayaan

Liputan6.com, Bandung – Bonie Nugraha Permana tersenyum lebar saat menunjukkan Kartu Tanda Penduduk elektronik atau e-KTP barunya. Hal itu lantaran sudah ada kolom keterangan kepercayaan dalam identitas kependudukan penghayat kepercayaan ini.

Pria berusia 46 tahun itu adalah warga Kota Bandung pertama yang memiliki e-KTP dengan kolom penghayat kepercayaan. Sebab, pria yang menjabat sebagai Ketua Presidium Majelis Luhur Kepercayaan Indonesia (MLKI) Kota Bandung ini merupakan orang pertama yang mengajukan kepercayaan di kolom agama pada e-KTP di Bandung.

Bonie sendiri mengajukan perubahan kolom agama di e-KTP ke kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) pada Agustus 2018 lalu. Penghayat kepercayaan Akur Cigugur ini mendaftarkan diri bersama istri dan anaknya.

Sempat mengalami kendala teknis, e-KTP baru miliknya akhirnya tercetak pada Februari 2019 ini. Selain e-KTP, Bonie juga menerima Kartu Keluarga (KK) dengan kolom kepercayaan.

“Baru Februari ini lah pertama kalinya Disdukcapil Kota Bandung menerbitkan e-KTP saya dengan kolom keperacayaan,” kata Bonie ditemui di Los Cihapit, Kota Bandung, Rabu, 20 Februari 2019.

Awalnya, Bonie mengaku dihubungi oleh petugas Dukcapil Kota Bandung pada Rabu pagi. Ia diberitahu bahwa e-KTP barunya sudah bisa diambil.

“Saya langsung dikabari oleh orang Disdukcapil bahwa e-KTP dan KK saya, istri dan anak saya sudah jadi. Sebelum ke kantor saya mendatangi Disdukcapil. Tadi penyerahannya langsung diberikan dari kepala seksi identitas penduduk,” katanya.

Warga penghayat lainnya yang mendapatkan e-KTP berisi kolom kepercayaan didapatkan Nanang, warga Kecamatan Mandalajati. Bonie menerangkan, Nanang bersama istri dan anaknya juga sudah mendapat pengakuan resmi dari pemerintah atas keyakinannya sebagai warga negara.

“Yang sudah diterbitkan sampai hari ini jumlahnya enam orang,” ujar pria yang sehari-hari bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) itu.

Di Bandung Raya, kata Bonie, jumlah pengikut penghayat secara de facto mencapai 150 ribu jiwa. Mulai dari orang tua hingga anak-anak. “Kalau di Jabar mencapai 500-600 ribu,” ucapnya.

Bonie berharap langkah yang ia lakukan dapat diikuti para penghayat kepercayaan yang lain.

2 dari 2 halaman

Jalan Panjang yang Harus Diperjuangkan

Pencantuman kepercayaan dalam e-KTP Bonie tidak lepas setelah keluarnya putusan Mahkamah Konstitusi (MK) pada 2017 silam. MK mengabulkan gugatan penghayat kepercayaan di Indonesia, terkait Undang-Undang Administrasi Kependudukan.

Upaya Bonie bersama warga penghayat lainnya berhasil, dan MK mengabulkan seluruh tuntutan komunitas penghayat kepercayaan dari seluruh Indonesia.

Salah satu tindak lanjutnya diumumkan oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo. Penghayat kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, sudah bisa menerima KTP elektronik yang mencantumkan kolom kepercayaan.

Sebelum uji materi itu dikabulkan, kolom agama di kartu identitas para penghayat aliran kepercayaan dikosongkan atau diberi tanda strip (-). Bahkan, Bonie terpaksa mendompleng agama lain karena khawatir kesulitan memperoleh pendidikan atau pekerjaan.

“Kalau selama ini saya seolah-olah dapat perlakuan diskriminasi atau penekanan dari negara bahwa jika ingin mengikuti aturan negara, harus mengikuti aturan yang sementara aturan itu hanya memfasilitasi hanya agama besar,” kata Bonie.

Menurut Bonie, perubahan status keyakinan dalam e-KTP dalam dirinya punya makna yang mendalam.

“Kalau sekarang sudah tidak lagi khawatir. Saat ini, saya bersama warga penghayat lain tidak perlu lagi ngumpet-ngumpet, tidak lagi perlu pinjam agama lain. Seratus persen eksistensi saya sebagai warga negara Indonesia dengan keyakinan yang saya percaya,” ujarnya.

Untuk diketahui, Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Kepercayaan Terhadap Tuhan yang Maha Esa dan Tradisi yang selama ini menjadi induk warga penghayat, berkoordinasi dengan Dirjen Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri.

Hasilnya, terbuatlah sistem aplikasi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) versi 7 yang sudah bisa dioperasikan operator kecamatan di seluruh Indonesia untuk pengisian kepercayaan di kolom agama dalam KTP.

Tak hanya itu, Kemendikbud telah menerbitkan panduan kurikulum dan buku pegangan bagi guru pelajaran kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Pemerintah juga menjamin hak-hak siswa penghayat kepercayaan untuk memperoleh pelajaran sesuai aliran yang diyakininya. Pemerintah juga akan menyetarakan hak penghayat dalam mengakses pekerjaan sebagai PNS maupun anggota TNI/Polri.

Sementara itu, Kepala Departemen Sipil Politik Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Bandung Harold Aron mengapresiasi pemerintah dalam menjalankan putusan MK terkait pencantuman kolom penghayat kepercayaan dalam kolom e-KTP.

“Ini perlu diapreasiasi dalam mendorong layanan publik yang tidak diskriminatif terhadap warga minoritas. Dan perlu ditiru oleh pemerintahan lainnya di daerah lain,” ujar Harold saat dihubungi.

Namun, ia berharap pengakuan terhadap penghayat kepercayaan tidak semata berhenti dengan adanya kartu identitas. Institusi atau lembaga lain, kata dia, harus memiliki pandangan yang luas agar hak-hak warga penghayat juga diakui.

“Poin pentingnya adalah bagaiamana pengakuan terhadap hak-hak mereka juga. Harus dilakukan di semua bidang layanan seperti pendidikan dan kesehatan,” tegasnya.


Simak video pilihan berikut ini:

Luhut Soal Kunjungan Incognito Jokowi: Dari Dulu Gayanya Begitu

Jakarta – Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan memberi penjelasan soal kunjungan incognito Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Tambak Lorok, Semarang. Luhut mengatakan sikap Jokowi yang dekat dengan rakyat kecil memang telah ada sejak dulu.

“Dan dia selalu bilang bukan orang kaya juga, dari bawah. Gayanya begitu dari dulu, di Solo juga begitu, waktu gubernur juga begitu. Sekarang presiden sama aja,” ujar Luhut di kantor Kemenko Kemaritiman, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu (20/2/2019).

Kunjungan incognito Jokowi pun juga ditiru oleh Waketum Partai Gerindra Fadli Zon. Luhut tak mempermasalahkannya dan mengatakan Jokowi tak perlu ‘diajari’ soal kemiskinan.

“Kamu pun niru boleh. Tapi kamu harus lihat, ini menurut saya, karena beliau itu bilang ‘Pak Luhut, saya itu orang miskin, jadi kalau orang ngajarin-ngajarin saya soal miskin, soal apa, ya ndak usah lah. Saya berapa kali pindah tempat, saya setelah nikah dengan Ibu (Iriana) kan di Aceh, di daerah terpencil, jadi saya paham betul’,” jelas Luhut saat menirukan ucapan Jokowi.

Karena berasal dari kalangan bawah itulah, menurut Luhut, Jokowi sangat memahami masalah rakyat kecil. Hal itulah yang membuat Jokowi sangat peduli.

“Makanya Presiden selalu ngotot dengan dana desa. Jadi kalau orang bicara masalah tadi, harga pangan, mengenai kemiskinan, presiden itu pernah ngalamin. Jadi dia sangat care dengan itu,” tegasnya.

Soal kunjungan Jokowi seorang diri yang seolah tanpa pengawalan, Luhut pun menampiknya. Menurutnya, Paspampres tetap berjaga meskipun bukan dalam jarak dekat.

“Ya saya pikir seperti Presiden Clinton bilang ‘tugas kamu ngawal, tugas saya ninjau’. Pasti lah ada saya pikir Paspampres, nggak mungkin nggak lah. Tapi memang ini aja, jaraknya aja,” ungkapnya.

Aksi incognito ke Tambak Lorok, Semarang, sebelumnya dilakukan oleh Jokowi. Aksi tersebut diungkapkan Jokowi dalam debat capres kedua pada Minggu (17/2) lalu.

Blusukan Jokowi saat tengah malam di Tambak Lorok itu kemudian dibenarkan oleh ketua RW setempat. Ketua RW 13 Kelurahan Tanjung Mas, Ahmad Sueb, mengaku kaget dan mengira Jokowi sebagai pekerja proyek.

Sueb mengatakan saat itu Jokowi sendirian. Bahkan sopirnya yang mengantarkannya ada di dalam mobil. Sueb mengaku tidak melihat ada Paspampres di lokasi sehingga ia menjadi ‘Paspampres’ dadakan.

“Lha malam-malam, saya kira pekerja proyek, saat menghampiri baru tahu itu Pak Jokowi,” ujar Sueb kepada wartawan, Senin (18/2).

Fadli Zon, yang juga Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, menirukan kunjungan senyap Presiden Jokowi ke Tambak Lorok. Fadli memamerkan kunjungannya itu dengan mengunggah dua foto di akun Twitter miliknya.

Dalam foto pertama, tampak Fadli, yang mengenakan topi, kemeja hitam, dan berkacamata hitam, berpose di depan tembok rumah warga yang memasang banner pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Sedangkan di foto kedua, Fadli Zon tampak tengah berbincang dengan warga.

“Incognito ke Tambak Lorok, Semarang, siang ini. Memang bukan tengah malam. Ngobrol dg nelayan,” tulis Fadli.
(azr/dhn)



<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>