Kebakaran Kapal Nelayan Muara Baru Berawal dari Las Mesin Sedot Air

Jakarta – Polisi masih menyelidiki kebakaran belasan kapal nelayan di Pelabuhan Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara. Kebakaran diduga berasal dari pengelasan mesin penyedot air.

“Berawal dari kapal motor Artamina Jaya yang saat ini beberapa pemilik juga telah dilakukan pemeriksaan. Di sini telah terjadi kebakaran berawal dari adanya pengelasan listrik di fondasi mesin penyedot air kapal,” kata Kapolres Pelabuhan Tanjungpriok AKBP Reynold Hutagalung di lokasi, Sabtu (23/2/2019)

Reynold mengatakan kondisi kapal-kapal yang berdekatan membuat api cepat meluas. Percikan api pengelasan itu menyebabkan terjadinya korsleting hingga api merambat ke kapal lainnya.
“Mesin yg ada penyedot dari penyedot air itu ada perlu dilakukan pengelasan di fondasi. Sehingga percikan dari las listrik itu yang menyebabkan ada korslet ke mekanik listrik lainnya. Namun dalam hal ini masih dalam pemeriksaan,” ujarnya.

Reynold mengatakan berdasarkan data yang diterima, 15 kapal nelayan sudah terbakar. Pemadaman masih berlangsung dengan pengerahan 18 unit damkar.

“Sudah dilokalisir hanya 15 kapal dan untuk kapal-kapal lainnya sudah dapat bergeser. Sehingga saat ini masih berlangsung untuk pemadaman,” tuturnya.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Warga juga diimbau menjauh agar tidak mengganggu pemadaman.

Selain itu, ada 6 orang yang diperiksa terkait kebakaran itu. Mereka di antaranya kapten kapal, awak buah kapal ABK), dan lainnya.

“Saat ini sudah 6 dilakukan pemeriksaan oleh kepolisian berdasarkan pemeriksaan itu kita mendapat info awal apa penyebab dari terjadinya kebakaran tersebut. Saat ini masih berlangsung,” pungkasnya.
(idh/hri)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Selebrasi Marinus Wanewar Bikin Geram Kamboja

Jakarta – Penyerang Timnas Indonesia U-22, Marinus Wanewar, melakukan aksi tak terpuji di Piala AFF 2019. Dia mengacungkan jempol ke bawah usai pertandingan melawan Kamboja, Jumat (22/2/2019). Tindakan ini membuat kesal Kamboja.

Marinus Wanewar sejak awal pertandingan mendapatkan pengawalan ketat dari para pemain Timnas Kamboja U-22. Alhasil, Marinus kerap mendapatkan duel fisik di lini pertahanan.

Situasi itu Marinus kesal hingga diluapkan ketika mencetak gol kedua pada menit ke-83. Pemain berusia 21 tahun itu kemudian melakukan selebrasi dengan berjoget ke arah bench pemain Kamboja. 

Tak cukup sampai situ, Marinus kembali melakukan tindakan tidak sportif ketika wasit Steve Supresencia asal Filipina meniup peluit panjang. Sembari membuka baju, Marinus menolak berjabat tangan dengan pemain Kamboja dan memberikan gestur jempol ke bawah. 

Tindakan tidak sportif tersebut lantas mengundang kemarahan dari suporter Kamboja U-22. Kini, gambar seputar aksi Marinus beredar luas di dunia maya dan mengundang komentar yang sebagian besar mengutuk tindakan itu.

Beberapa reaksi kemarahan suporter Kamboja dituangkan di akun Facebook resmi Federasi Sepak Bola Kamboja. 

“Tolonglah hormati sesama bangsa. Segera panggil pemain ini dan untuk menjelaskan apa maksudnya melakukan seperti itu,” kata seorang suporter Kamboja bernama Kethly Kakada.

Sementara itu, seorang suporter bernama Sophea Houth Pa Emma menuntut Marinus meminta maaf pada masyarakat Kamboja. Menurut dia, apa yang dilakukan Marinus Wanewar sangat melukai perasaan publik tuan rumah.

2 dari 2 halaman

Tuntutan Minta Maaf

Padahal, Indonesia sejatinya memiliki hubungan yang erat dengan Kamboja. Presiden Republik Indonesia yang pertama, Soekarno, dahulu merupakan sahabat dari Raja Kamboja Norodom Sihanouk

“Minta Federasi (Kamboja) untuk mengirim surat ke Federasi Indonesia agar pemain ini meminta maaf. Gestur seperti itu sangat melukai perasaan suporter dan masyarakat Kamboja, tidak bisa diterima,” tegas Sophea Houth, juga di laman Facebook Federasi Sepakbola Kamboja itu. 

Sementara itu, ketika dikonfirmasi seputar aksinya tersebut Marinus punya alasan khusus. Menurut dia, aksi itu dilakukan karena kesal dengan para pemain Kamboja yang selalu memancing emosinya.

“Itu saya lakukan supaya para pemain di bench Kamboja tenang saja. Pemain Kamboja mencoba memancing emosi saya tadi,” ujar Marinus.

Tindakan yang dilakukan Marinus ini berpeluang mendapatkan sanksi dari AFC atau AFF. Namun, sampai saat ini belum ada pernyataan resmi dari pihak penyelenggara terkait gestur tidak terpuji yang dilakukan penyerang Timnas Indonesia U-22 itu.

Sumber Bola.com


Menristekdikti Targetkan 7.000 Jurnal Terakreditasi dalam 2 Tahun

Liputan6.com, Jakarta – Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir meminta para dosen, guru besar, dan peneliti untuk meningkatkan jumlah serta kualitas riset yang dipublikasikan di jurnal nasional maupun internasional.

Ia menyebutkan, saat ini Indonesia baru memiliki 2.270 jurnal yang terakreditasi nasional, sementara diperlukan lebih dari 8.000 jurnal yang terakreditasi untuk memenuhi kebutuhan jurnal ilmiah nasional.

Untuk itu, Menristekdikti menerbitkan Permenristekdikti Nomor 9 Tahun 2018 tentang Akreditasi Jurnal Ilmiah yang mengamanahkan lembaga akreditasi jurnal ilmiah bergabung di bawah Kemenristekdikti.

Nasir menjelaskan, dengan terbitnya Permenristekdikti ini, ia menargetkan tersedia 7.000 jurnal terakreditasi nasional dengan enam peringkat dalam waktu dua tahun, serta terwujudnya reformasi birokrasi penetapan akreditasi dari dua kali setahun menjadi enam kali.

Selain itu peningkatan peringkat akreditasi juga dapat diajukan setelah sekurang-kurangnya satu nomor terbitan baru.

“Semua jurnal ilmiah yang terakreditasi oleh LIPI dan masih berlaku masa akreditasinya secara otomatis diakui oleh Kemenristekdikti sampai masa berlaku akreditasinya habis,” ujar Nasir dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Sabtu (23/2/2019).

Nasir menuturkan, Kemenristekdikti juga menerbitkan sertifikat baru bagi jurnal ilmiah yang telah diakreditasi oleh LIPI. Pengajuan akreditasi jurnal ilmiah menurut peraturan baru telah dimulai pada 1 Juni 2018.

Masa pendaftaran akreditasi jurnal ilmiah dibuka sepanjang tahun, demikian pula proses penilaian akreditasinya. Hasil akreditasi pun ditetapkan setiap dua bulan, dan masa akreditasi berlaku 5 tahun terhitung sejak nomor terbitan yang diajukan dan bernilai baik.

Kemudian, bagi jurnal ilmiah yang masih terbit dalam wujud cetak dan terkendala dalam penerbitan secara elektronik, Kemenristekdikti bekerja sama dengan LIPI untuk menyiapkan Rumah E-journal Indonesia yang merupakan cloud aplikasi jurnal elektronik.

Fasilitas ini diberikan secara gratis sehingga pengelola jurnal tidak perlu memiliki sendiri server, aplikasi pengelolaan jurnal, dan tim ahli teknologi informasi. Untuk kendala referensi yang berkualitas secara nasional, Kemenristekdikti juga menyiapkan Garuda (Garba Rujukan Digital) yang mengintegrasikan jurnal elektronik, serta melanggankan database jurnal internasional.

2 dari 3 halaman

Kategori Peringkat

Pada kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan, Muhammad Dimyati menyampaikan, 2.270 jurnal yang terakreditasi terbagi dalam enam kategori peringkat. Yaitu, dari Sinta 1 sampai dengan Sinta 6.

Peringkat 1, nilai 85 sampai 100; Peringkat 2, nilai minimal 70; Peringkat 3, nilai minimal 60; Peringkat 4, nilai minimal 50; Peringkat 5, nilai minimal 40; dan Peringkat 6, nilai minimal 30.

Pemeringkatan tersebut dimaksudkan untuk memberi pilihan bagi lembaga atau unit kerja pembina karier jabatan fungsional guna memilih peringkat akreditasi jurnal ilmiah yang sesuai untuk syarat pengajuan kenaikan jenjang jabatan fungsional.

Dengan terbitnya Permenristekdikti tersebut, semua lembaga pembina jabatan fungsional dan pimpinan perguruan tinggi diharapkan dapat menyesuaikan kembali semua ketentuan yang terkait dengan kategori jurnal ilmiah terakreditasi sebagai syarat publikasi ilmiah bagi dosen dan mahasiswa.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Chevrolet Camaro ZL1 1LE 2019 Pakai Transmisi 10 Percepatan, Apa Istimewanya?

Liputan6.com, Jakarta – Salah satu model tercepat dan tertangguh, Chevrolet Camaro ZL1 1LE 2019 mulai akhir Februari 2019 ini sudah tersedia dengan transmisi 10 percepatan. Bahkan, selama pengembangan, tim engineer telah berhasil membuat transmisi otomatis ZL1 1LE dapat berakselerasi satu setengah detik lebih cepat dari versi manual standar, pada saat uji coba di sirkuit GM Milford Road yang terbentang sepanjang 2,9-mil (4,6 km).

Dalam prakteknya, pada lintasan yang lebih panjang seperti sirkuit Nürburgring dimana dapat menggunakan keseluruhan 10 tingkat transmisi untuk melakukan penggantian gigi secara cepat. Pengemudi dapat menghemat waktu beberapa detik, dibanding putaran sebelumnya dengan menggunakan transmisi manual enam percepatan ZL1 1LE.

“Transmisi 10 percepatan ini dioptimalkan untuk menambah kecepatan,” ujar Mark Dickens, Chief Engineer Camaro, dalam siaran pers yang diterima Liputan6.com, Jumat (22/2/2019).

“Dengan kalibrasi Track Mode yang unik dan 10 tingkat transmisi, Anda akan selalu berada pada transmisi yang tepat saat mengatur injakan gas. Mungkin Anda bukanlah seorang pembalap profesional, tapi sekarang Anda bisa melakukan hal seperti mereka,” tegasnya.

Selain itu, transmisi baru ini tidak hanya dapat menghemat waktu di lintasan, tetapi juga akan memberikan lebih banyak opsi kinerja. Perpindahan giginya pun bisa dilakukan via Paddle Shift, teknologi yang memungkinkan pengendaraan mobil layaknya mobil bertransmisi manual, dimana pengemudi dapat mengoper gigi secara manual untuk pengalaman yang lebih menarik.

Transmisi baru ini hadir dengan serangkaian perubahan yang memenuhi persyaratan 1LE Performance Package. Chevrolet telah menyetel ulang transmisi, LSD elektronik, dan sistem Performance Traction Management untuk Camaro ZL1 1LE 2019. Bahkan peredam Multimatic DSSV® (Dynamic Suspension Spool Valve) telah dikalibrasi ulang untuk mengakomodasi pemindahan yang lebih cepat.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

Chevrolet juga menambahkan oli transmisi baru dan saluran pendingin tambahan untuk menjaga suhu tetap terjaga selama sesi trek.

“Penambahan transmisi otomatis ini merupakan salah satu bentuk komitmen Camaro untuk selalu memenuhi keinginan para pelanggan. 1LE terbaru ini merupakan pilihan unggulan lain yang sesuai dengan karakteristik Camaro sebagai mobil balap, dan akan menjadi favorit para penggila kecepatan,” tutup Steve Majoros, selaku Director of Chevrolet Passenger Car and Crossover Marketing.

3 dari 3 halaman

Saksikan Juga Video Pilihan di Bawah Ini:

BPN Prabowo: Motif Jokowi Cairkan PKH Jelang Pilpres Perlu Ditelusuri

Jakarta – Badan Pemenangan Prabowo-Sandi menilai Presiden yang juga capres Joko Widodo (Jokowi) kejar tayang menyalurkan sejumlah bantuan sosial jelang Pilpres 2019. BPN Prabowo-Sandi mengatakan, motif Jokowi membagikan sejumlah bantuan tersebut patut ditelusuri.

“Walau percepatan pencairan itu disenangi masyarakat, tapi motif percepatan pencairan itu perlu ditelusuri. Apakah murni sesuai dengan agenda program atau ada motif politik di baliknya,” ujar Juru Debat BPN Prabowo-Sandi, Saleh Partaonan Daulay kepada wartawan, Jumat (22/2/2019) malam.

Juru Debat BPN Prabowo-Sandi, Saleh Partaonan Daulay.Juru Debat BPN Prabowo-Sandi, Saleh Partaonan Daulay. (Foto: Dok. Pribadi)

Yang terbaru, Jokowi menjanjikan pemerintah akan mencairkan dana Program Keluarga Harapan (PKH) yang digagas Kemensos pada awal April 2019. Menurut BPN Prabowo-Sandi, bukan dana PKH saja yang akan dibagikan Jokowi jelang Pilpres.
“Selain PKH, bantuan beasiswa, BPJS kesehatan, Kelompok Usaha Bersama (Kube), dan masih banyak lagi,” kata Saleh.
Saleh mengatakan, dana yang dikeluarkan untuk bantuan berasal dari APBN, bukan kocek pribadi Jokowi. Saleh berharap masyarakat tidak merasa berutang budi pada bantuan yang diberikan pemerintahan Jokowi.

“Masyarakat perlu diberi pencerahan soal bantuan sosial seperti ini. Mereka harus tahu bahwa bantuan sosial itu adalah dari APBN, bukan dari presiden Jokowi secara personal. Itu pakai uang negara. Jangan sampai masyarakat merasa berhutang budi dengan bansos-bansos tersebut,” ujarnya.

Sebelumnya Jokowi berjanji, penyaluran dana PKH 2019 tahap kedua akan dilakukan pada awal April 2019. Jokowi berpesan agar dana tersebut dimanfaatkan dengan tepat, terutama untuk keperluan keluarga.

“Karena tahapan kedua akan dicairkan awal bulan April. Diingat-ingat, awal bulan April. Jadi sebulan lebih lagi. Yang penting anggaran PKH itu sudah ada, nanti akan dikirimkan terus sesuai dengan kebutuhan, misalnya untuk beli buku sekolah, keperluan sekolah, tas sekolah, telur, untuk gizi anak kita,” ujar Jokowi di gedung Laga Tangkas Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (22/2).

Jokowi juga berjanji akan meningkatkan lagi jumlah dana yang akan diterima masyarakat. Untuk tahun 2018, total dana yang digelontorkan Rp 19 triliun. Sedangkan untuk tahun 2019 akan dinaikkan jumlahnya dua kali lipat.

Ikuti perkembangan Pemilu 2019 hanya di sini.
(dkp/eva)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Deretan Lumbung Suara Jokowi dan Prabowo, Mampukah Naikkan Elektabilitas?

Liputan6.com, Jakarta – Saling klaim kemenangan di daerah-daerah yang menjadi titik kelemahan masing-masing pasangan calon atau paslon, kini gencar dilakukan tim pemenangan Jokowi-Ma’ruf Amin dan Prabowo Subianto.

Kondisi ini tak bisa dipungkiri lantaran kedua kubu menjelang Pilpres 2019 kerap berkampanye di daerah-daerah yang pada Pilpres 2014 silam menjadi titik lemah Jokowi dan Prabowo.

Tentu itu dilakukan untuk menaikkan elektabilitas keduanya hingga akan mempengaruhi jumlah pemilih pada pertarungan final, 17 April 2019.

Dari sejumlah survei, baik independen maun internal parpol menyebutkan, pasangan cawapres nomor urut 1, Jokowi-Ma’ruf Amih masih lebih unggul dibanding Prabowo-Sandiaga.

Wakil Ketua TKN Jokowi-Ma’ruf Amin, Abdul Kadir Karding mengatakan, elektabilitas pasangan capres cawapres ini berada di angka 56 persen. “Di kisaran angka 56 persen,” ucap Karding saat dikonfirmasi, Rabu, 6 Februari 2019.

Meski demikian diakui Karding ada sejumlah daerah, dimana Jokowi-Ma’ruf masih kalah tipis dari Prabowo-Sandi. Di antaranya Jawa Barat dan Banten.

Berikut deretan lumbung suara Jokowi-Ma’ruf Amin dan Prabowo-Subianto yang berpotensi menaikkan elektabilitas kedua paslon:

2 dari 6 halaman

Kekuatan Jokowi

Berdasarkan rilis sejumlah lembaga survei, Jokowi-Ma’ruf mengungguli Prabowo-Sandi hampir di seluruh pulau besar di Indonesia. Seperti Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Bali, daerah Nusa Tenggara ditambah Maluku dan Papua.

Bahkan diprediksi Provinsi Jawa Tengah, Jawa Timur serta Yogyakarta akan menjadi lumbung suara Jokowi-Ma’ruf Amin dengan pencapaian suara mencapai 57,1 persen.

Bahkan oleh Lembaga Surabaya Survey Center (SSC) diperkirakan, kedua pasangan ini akan menang telak di Jawa Timur dengan meraih suara sebesar 55.9 persen.

3 dari 6 halaman

Kelemahan Jokowi

Seperti disebutkan di atas, DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten merupakan titik lemah Jokowi-Ma’ruf Amin dalam perolehan suara. Khususnya di Priangan Barat yakni Sukabumi, Cianjur dan Priangan Timur yakni Garut dan Tasikmalaya.

“TKD akan terus lakukan sosialisasi juga untuk kampanye di sana. Sebab kalau program-program yang dilakukan Pak Jokowi kan sudah cukup dan bagus, sudah diterima masyarakat. Tinggal bagaimana supaya masyarakat di sana kemudian juga tingkat elektoralnya tinggi,” ” ungkap Sekretaris TKD Abdy Yuhana.

Begitu pula di Madura. Perolehan suara Jokowi pada Pilpres 2014 yang saat itu dipasangkan dengan Jusuf Kalla, kalah parah di empat kabupaten di Pulau Madura.

Banten juga diperkirakan masih akan menjadi basis Prabowo. Jokowi- Ma’ruf Amin hanya unggul di Kabupaten Lebak dari delapan Kabupaten/Kota di Banten versi survei internal.

“Di Banten kalah tipis sekitar 5 sampai 6 persen. Kita kalah di tujuh Kabupaten/Kota kalah tipis, kita menang hanya di Lebak,” kata Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Jokowi-Ma’ruf Amin Banten Asep Rahmatullah saat dikonfirmasi.

4 dari 6 halaman

Kekuatan Prabowo

Dari hasil survei internal yang dilakukan tim Prabowo-Sandiaga disebut sejumlah provinsi akan menjadi lumbung suara kedua paslon ini. Misalnya di Pulau Sumatera, kubu Prabowo diklaim unggul di Aceh, Sumatera Barat dan Riau.

Sementara di Pulau Jawa, Kubu Prabowo juga merasa unggul di Banten, DKI Jakarta dan Jawa Barat. Menurut pengurus Partai Gerindra, hal tersebut merupakan bentuk bukti nyata kerja keras para kadernya.

“Merupakan hal mutlak kalau kami berada di tengah-tengah masyarakat, berarti masyarakat bisa menilai,” ucap Ketua DPD Gerindra Banten Desmon J Mahesa di kediamannya, usai acara bersama Cak Nun dan Kiai Kanjeng, di Kota Serang, Banten, Kamis (7/6/2018).

Sementara di kawasan Indonesia bagian Timur, Andre mengungkapkan, di Pulau Sulawesi Prabowo-Sandi unggul. Begitu pula di Kalimantan, di beberapa titik, Prabowo-Sandi ada yang unggul dan kalah.

“Kita Sulawesi unggul, Kalimantan ada menang dan ada yang kalah, NTB menang, NTT kalah, Papua masih tertinggal,” ungkap Jubir Prabowo-Sandiaga, Andre Rosiade.

Sementara untuk di kawasan Indonesia bagian Timur, Andre mengungkapkan, di Pulau Sulawesi Prabowo-Sandi unggul. Begitu pula di Kalimantan, di beberapa titik, Prabowo-Sandi ada yang unggul dan kalah.

5 dari 6 halaman

Kelemahan Prabowo

Berkaca dari beberapa hasil survei yang menyatakan kubu Jokowi-Ma’ruf masih lebih unggul, Timses Prabowo-Sandi kini tengah mengejar ketertinggalan.

Meski disebutkan selisih elektabilitas paslon nomor urut 02 dengan Jokowi-Ma’ruf tinggal 4 persen, masih ada sejumlah pekerjaan rumah yang harus menjadi perhatian Timses Prabowo-Sandiaga untuk mendulang suara.

Salah satunya adalah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Hal inilah yang menjadi kenapa Prabowo-Sandi ingin mendirikan Markas di provinsi yang menjadi basis massa terbesar PDIP yakni Jawa Tengah.

Koordinator Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga, Dahnil Anzar Simanjuntak mengungkap, alasan rencana dibangunnya markas mereka di Jawa Tengah.

“Berdasarkan survei kita, memang Jateng menjadi istilah ‘Battle Ground’. Banyak tempat kita menang tipis,” kata Dahnil di Kantor Seknas, Hos Cokroaminoto, Jakarta Pusat, Minggu (9/12/2018).

Namun, Dahnil percaya kali ini magnet Prabowo akan mampu menjadi magnet yang sangat kuat untuk menaikkan elektabiltas Prabowo-Sandi.

6 dari 6 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Cara Daftar BPJS Online, Mudah Banget dan Bisa Lakukan di Rumah

Liputan6.com, Jakarta Kesehatan begitu mahal harganya. Ada banyak biaya yang harus dikeluarkan untuk mengobati kesehatan. Bahkan sekalipun telah mendapatkan subsidi dari pemerintah, harga obat di Indonesia terkadang masih cukup mahal dan belum mampu untuk mencukupi seluruh biaya kesehatan tersebut.

Bagi kalangan yang berduit, tentu merupakan hal yang kecil untuk mengeluarkan uang sebesar-besarnya demi sebuah kesehatan. Namun, hal demikian juga dirasakan oleh orang yang berduit bahwa arti kesehatan teramat penting dalam lingkungannya.

Untungnya bagi warga Indonesia ada program BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan. Program BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan memang diperuntukkan bagi seluruh Warga Negara Indonesia (WNI) tidak terkecuali.

2 dari 3 halaman

Manfaat BPJS Ketenagakerjaan

Selain itu, BPJS Ketenagakerjaan memberikan perlindungan pada pekerja melalui 4 program. Program tersebut antara lain, Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Kematian (JKM), dan Jaminan Pensiun (JP). Program ini sendiri tentunya memberikan manfaat yang besar bagi para pekerja.

Terkait Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), program ini ialah perlindungan atas risiko kecelakaan kerja. Jika peserta atau pekerja mengalami kecelakaan, maka BPJS Ketenagakerjaan akan memberikan perlindungan berupa seluruh biaya perawatan di rumah sakit.

Selama tidak bekerja, peserta tersebut masih tetap menerima upah dengan ketentuan dari BPJS Ketenagakerjaan. Lalu, BPJS Ketenagakerjaan juga akan memberikan santunan apabila kecelakaan berdampak pada cacatnya peserta.

Kedua adalah program Jaminan Kematian (JKM), BPJS Ketenagakerjaan akan memberikan manfaat berupa uang tunai kepada ahli warisnya dengan total sebanyak Rp 36 juta. Namun jika pekerja meninggal karena kecelakaan kerja, maka santunan yang diberikan sebesar 48 kali gaji terakhir.

Ketiga ialah program Jaminan Hari Tua (JHT), program ini selayaknya tabungan untuk masa tua. Nantinya, peserta akan menerima secara total uang yang jadi iuran ke BPJS Ketenagakerjaan berikut dengan pengembangannya.

Terakhir ialah Jaminan Pensiun (JP). Program BPJS Ketenagakerjaan layaknya manfaat pensiun yang diterima oleh pegawai negeri sipil (PNS). Pekerja akan menerima uang yang dibayarkan setiap bulan saat memasuki usia pensiun.

Pada 12 April 2017 lalu, Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Agus Susanto menuturkan, Jaminan Pensiun (JP) akan diterima peserta sampai meninggal. Jika peserta meninggal, maka dana pensiun ini akan diberikan ke janda atau duda peserta yang menjadi ahli waris.

3 dari 3 halaman

Cara Daftar BPJS Online

Kamu bisa mendaftarkan diri dan caranya sangatlah mudah. Kamu juga tidak perlu repot mengantri hanya untuk mendaftar. Karena saat ini, kamu bisa mendaftar BPJS lewat internet alias daftar online.

Melalui kemudahan inilah, kamu lebih efisien dan menghemat waktu. Rupanya, banyak orang yang mencari tahu cara daftar BPJS online karena beberapa orang masih belum mengetahui apabila BPJS bisa mendaftar lewat internet.

Padahal cara daftar BPJS online sangat mudah dilakukan. Kamu bisa melakukan cara daftar BPJS online di rumahmu. Penasaran, bagaimana cara daftar BPJS online?

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber cara daftar BPJS online yang bisa kamu coba, Jumat (22/3/2019) .

Cara daftar BPJS online diharapkan dapat membantu mengatasi masalah tingginya animo masyarakat untuk mendaftar BPJS Kesehatan di Kantor BPJS. Pendaftaran BPJS dapat dilakukan dengan membuka website www.BPJS-kesehatan.go.id kemudian memilih kolom ‘Layanan’ , klik ‘Pendaftaran Peserta’ kemudian menyetujui Syarat dan Ketentuan.

Sebelumnya, kamu menyiapkan beberapa syarat yang diperlukan.

• Kartu Tanda Penduduk (Scan KTP),

• Kartu Keluarga (Scan KK),

• Kartu Nomor Pokok Wajib Pajak (Scan NPWP),

• Alamat email aktif, disarankan untuk Gmail, serta nomor telepon yang bisa dihubungi.

Setelah membuka website BPJS Kesehatan, kamu dapat langsung mengisi data pribadi yang diminta sesuai dengan kolom yang disediakan. Setelah semua diisi dengan benar, selanjutnya klik ‘Simpan’. Setelah mengisi formulir secara lengkap, kamu diminta untuk memilih besaran iuran sesuai dengan kelas perawatan yang dipilih.

Setelah data tersimpan, sistem akan mengirimkan email Notifikasi Nomor Registrasi ke alamat email sesuai yang diisikan oleh calon peserta. Selanjutnya calon peserta harus melakukan pembayaran di bank sesuai dengan virtual account yang diberikan melalui Bank Mandiri, BRI atau BNI.

Setelah melakukan pembayaran, peserta dapat mencetak e-ID dengan link yang terdapat pada email Notifikasi Nomor Registrasi. Kartu e-ID dapat dicetak sendiri dengan tinta hitam dan memiliki fungsi yang sama dengan kartu peserta BPJS Kesehatan. Kartu ini dibawa ketika berobat beserta identitas pendukung berupa KTP atau KK jika pasiennya berusia di bawah 17 tahun dan belum memiliki kartu identitas.

Setelah sekitar 7 hari pasca mendaftar online, calon peserta bisa mengambil langsung kartu peserta ke Kantor BPJS Kesehatan mana saja. Jangan lupa untuk membawa kelengkapan dokumen berupa KTP asli dan fotokopi, fotokopi KK, foto berwarna ukuran 3×4 dua lembar, formulir pendaftaran yang didapatkan setelah pendaftaran online, serta bukti pembayaran bank.

Nah, sekian ulasan terkait dengan cara daftar BPJS online yang harus kamu tahu. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada teman kamu yang membutuhkan ya. Selamat mencoba!

Pensiunan PNS Juga Dapat THR 2019, Berapa Besarannya?

Jakarta

Pensiunan PNS atau ASN juga bakal menerima THR pada Mei 2019. Saat ini Peraturan Pemerintah (PP) tentang kebijakan tersebut sedang disiapkan pemerintah dan akan terbit sebelum pilpres.

Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik KemenPAN-RB Mudzakir menjelaskan, jumlah THR yang akan diterima oleh pensiunan PNS kurang lebih sama dengan tahun 2018.

Kata dia, pensiunan PNS akan mendapatkan 1 kali pensiun pokok. Pensiun pokok adalah gaji pokok terakhir PNS berdasarkan peraturan gaji yang berlaku.

“(Besaran THR pensiunan PNS 2019) kira-kira sama dengan tahun lalu yaitu 1 kali pensiun pokok,” kata Mudzakir kepada detikFinance, Jumat (22/2/2019).

Namun bagaimana detailnya, dia meminta agar menunggu informasi lebih lanjut setelah PP yang mengatur kebijakan itu keluar.

“Tapi mohon tunggu kalau sudah keluar PP nya,” tambahnya.

Dia mengatakan, komponen atau besaran THR ada di bawah wewenang Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Pihaknya hanya memberi masukan.

“Kalau (komponen THR) itu ke Kemenkeu, Dirjen Anggaran. Kami hanya masukan secara umum saja,” ujarnya.

(zlf/zlf)

Madura United dan PSM Ingin KLB PSSI Digelar Usai Pilpres

Liputan6.com, Jakarta Beberapa pemilik suara (voters) mendesak PSSI agar menggelar Kongres Luar Biasa (KLB) setelah digelarnya Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) yang berlangsung 17 April mendatang. Meski belum bulat, mayoritas menginginkan agar KLB digelar setelah agenda politik nasional rampung diselenggarakan.

KLB dipastikan bakal digelar setelah Komite Eksekutif (Exco) PSSI mengadakan rapat baru-baru ini. Dalam rapat tersebut yang juga dipimpin Joko Driyono, Exco sepakat untuk menggelar KLB meski belum dipastikan kapan.

Sesuai statuta KLB bisa digelar atas inisiatif anggota Exco atau 2/3 dari total jumlah voters.Sebagian voters menginginkan, KLB digelar setelah perhelatan Pemilu 2019 rampung.

Presiden Madura United, Achsanul Qosasi mendukung keputusan anggota PSSI untuk menyelesaikan permasalahan di PSSI. Namun, dia merekomendasikan agar perhelatan KLB berlangsung setelah Pemilu, April mendatang.

Dia beralasan tak mau agenda PSSI seperti KLB tercemar oleh adanya kepentingan politik.”Teman-teman di PSSI pasti bisa melewati masa sulit ini dengan baik, dan saya mendukung semua keputusan nanti,” kata Achsanul seperti keterangan tertulis yang diterima media.

Sementara itu, Sekretaris Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Sumatra Selatan, Augie Bunyamin, menilai isu KLB ini sangat sensitif. Menurut Augie, Asprov PSSI Sumsel masih menunggu perkembangan .

Terkait desakan segera KLB dari klub-klub sepak bola, Augie menyatakan klub memang memiliki hak mendorong PSSI menghelat KLB. “Asprov bukan seperti klub. Klub kan lain. Kami sedang menunggu keputusan dari satgas,” katanya.

2 dari 2 halaman

Dukungan PSM

Sementara itu, CEO PSM Makassar Munafri Arifuddin angkat bicara terkait pelaksanaan Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI.Senada dengan Achsanul, dia berharap KLB digelar selepas pemilu 17 April, supaya terbebas dari berbagai intervensi politik . 

Sebagai peserta Liga 1 Indonesia, PSM sepakat menggelar KLB sebagai solusi untuk mengatasi masalah-masalah di internal PSSI.

“Kami dorong KLB tapi tidak untuk sekarang ini. Karena kita ini masih berada di tahun politik. Jangan sampai, macam-macam kepentingan masuk di KLB,” katanya.

Gunung Agung Kembali Erupsi, Tinggi Kolom Abu 700 Meter

Jakarta – Gunung Agung yang berada di Bali kembali mengalami erupsi sore ini. Tinggi kolom abu disebutkan mencapai 700 meter.

Kabid Manajemen Observasi Meteorologi Penerbangan BMKG Hary Tirto Djatmiko mengatakan, erupsi terjadi pada Jumat (22/2/2019) sekitar pukul 16.31 Wita.

“Telah terjadi erupsi G. Agung, Bali pada tanggal 22 Februari 2019 pukul 16:31 WITA dengan tinggi kolom abu teramati ± 700 m di atas puncak (± 3.842 m di atas permukaan laut). Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas sedang condong ke arah timur. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 11 mm dan durasi ± 6 menit 20 detik,” kata Hary dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Jumat (22/2).


Hary menjelaskan, saat ini status Gunung Agung ada di level III atau siaga. Masyarakat diminta tidak melakukan aktivitas sejauh 4 km dari puncak gunung.

“Zona Perkiraan Bahaya sifatnya dinamis dan terus dievaluasi dan dapat diubah sewaktu-waktu mengikuti perkembangan data pengamatan G. Agung yang paling aktual/terbaru,” tutur Hary.

“Masyarakat yang bermukim dan beraktivitas di sekitar aliran-aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung agar mewaspadai potensi ancaman bahaya sekunder berupa aliran lahar hujan yang dapat terjadi terutama pada musim hujan dan jika material erupsi masih terpapar di area puncak. Area landaan aliran lahar hujan mengikuti aliran-aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung,” jelasnya.

Laporan terakhir Gunung Agung mengalami erupsi pada 14 Februari 2019. Akibat erupsi tersebut lima desa di Kecamatan Karangasem, Bali terpapar hujan abu.
(rna/tor)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>