Sandiaga: Pemilu Jujur dan Adil Ditentukan Rakyat

Jakarta – Cawapres Sandiaga Uno menyebut proses Pemilu Serentak 2019 dinilai oleh rakyat. Dia mengatakan, untuk meyakini proses pemilu berjalan jujur dan adil, harus melihat langsung ke lapangan.

“Kita ingin mengawal pemilu jujur adil. Sekarang ada penggiringan (berita) kemarin tadi malam bahwa Sandi sudah meyakini pemilu jujur adil. Saya belum… karena menurut saya yang memberikan laporan adalah kalian semua yang hadir di lapangan apakah pemilu ini jujur dan adil,” ucap di Insomniak Coffe And Lounge, Jalan Tarumanegara, Cireundeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Kamis (25/4/2019).

Menurutnya penilaian proses pemilu serentak tahun ini sudah berjalan jujur dan adil atau tidak ditentukan oleh rakyat. Maka itu, dia menegaskan untuk terus melakukan pengawalan hingga tuntas tanggal 22 Mei.
“Saya sampaikan bahwa yang akan menyatakan pemilu itu jujur dan adil adalah masyarakat semua. Kemarin saya menyampaikan bahwa kita harus meyakini datang ke tempat-tempat untuk memastikan proses demokrasi dan pemilu ini jujur dan adil, bukan saya yang menyatakan pemilu ini jurdil, justru masyarakat,” tuturnya.

Sandiaga hingga saat ini masih menerima laporan adanya proses penghitungan suara yang tidak lazim. Dia juga mempertanyakan soal netralitas aparat pada Pemilu 2019.

“Kita sudah mendengar laporan ada abuse of power, ada bagaimana tidak adanya netralitas dari aparat. Banyak yang sampaikan ke saya, saya bilang silakan saja laporkan, ada mekanisme hukum untuk melaporkan itu,” paparnya.

“Ada yang menyatakan penyalahgunaan anggaran negara untuk paslon tertentu, sampaikan kepada channel, kepada jalur hukum, ketika disampaikan adanya bahwa aparat juga tak netral dan berpihak. Buat saya fenomena ini tugas kita semua mengawal pemilu jujur dan adil, jangan dilangsung artikan sudah jurdil. Ini di ujungnya tanggal 22 Mei baru kita sampaikan apakah sudah jujur apa belum itu nanti,” imbuh Sandiaga.

Selanjutnya, dia mendukung jika ada masyarakat yang membentuk tim pencari fakta independen untuk menjamin pemilu jujur adil. Langkah itu, kata dia, membantu kinerja Bawaslu menjadikan pesta demokrasi dipercaya masyarakat.

“Kalau (tim dari) BPN itu pasti akan bias, pasti akan mengunggulkan 02, harusnya dari masyarakat sendiri. Sekarang kan makin banyak anggota masyarakat yang mengungkapkan temuan itu. Nah alangkah baiknya kalau mereka yang organisasikan secara independen tim tersebut,” jelasnya.

Sebelumnya, Sandiaga sempat berbicara soal pemilu jujur adil. Sandiaga mengatakan hal itu saat ditanya perihal sikapnya dengan Prabowo Subianto soal hasil quick count Pilpres 2019.

“Saya nggak punya perbedaan pandangan yang prinsip dan strategis terhadap Pak Prabowo. Saya meyakini bahwa pemilu ini jujur dan adil. Saya meyakini bahwa kinerja para relawan ini harus dihargai,” kata Sandiaga di GOR Radio Dalam, Jl Ps Inpres, Gandaria Utara, Kebayoran Baru, Jaksel, Rabu (24/4).
(idn/gbr)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Fatwa PUBG Masih Belum Ditentukan

Lebih lanjut, Dirjen Aptika Kemkominfo Semuel Abrijani Pangerapan, mengatakan bahwa pemerintah dan berbagai sektor terkait akan mencari pola tepat untuk mengatur gim yang mengandung konten kekerasan.

Pemerintah sendiri kata Semuel sudah memiliki regulasi, yakni Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 11 Tahun 2016 tentang Klasifikasi Permainan Interaktif Elektronik, yang mengatur soal konten dan usia. Dalam peraturan ini, misalnya, terdapat rincian tentang konten yang dilarang di dalam gim seperti minuman keras, kekerasan, darah, penyimpangan seksual, dan simulasi judi.

“Umpamanya terkait yang mengandung kekerasan seksual dan kekerasan, itu kita blokir karena sudah ada aturannya. Namun mungkim dengan masukan hari ini akan kami perketat lagi,” katanya.

Kemkominfo, kata Semuel, akan bertemu dengan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak untuk meminta masukan terkait persoalan gim ini. Selain itu, Kemkominfo pun nanti akan kembali menghadiri pertemuan selanjutnya dengan MUI.

“Nanti juga akan ada pertemuan lagi di sini, mungkin juga nanti ada pertemuan di tempat kami juga. Kita lihat nanti, karena ini juga mumpung isunya bagus, jadi bisa diskusi publik untuk menata gim di Indonesia,” ungkap Semuel.

Tarif Ojek Online Jadi DItentukan Hari Ini?

Jakarta – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berencana mengumumkan tarif ojek online atau ojol hari ini, Senin (25/3/2019). Demikian disampaikan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi saat ditemui di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) kemarin (24/3/2019).

“Besok, Senin. Besok saya umumkan,” kata Budi Setiyadi.

Adapun skema tarif itu bakal memuat tarif untuk 4 km pertama atau dikenal flag fall. Lebih lanjut, tarif 4 km artinya ialah berapa pun jarak yang ditempuh selama di bawah 4 km tarifnya sama.

Budi bilang, tarif untuk 4 km sekitar Rp 7.000-Rp 10.000. Jadi, jika seseorang naik ojol dengan jarak 3 km maka tarif yang dibayarkan sama pada kisaran angka tersebut.

Dalam tarif tersebut, pemerintah juga akan mengumumkan tarif untuk per kilometernya (km). Namun, Budi masih enggan memberi informasi. Tarif per km ini akan berlaku setelah melebihi 4 km pertama.

“Formulasi seperti yang saya sampaikan kemarin, ada biaya flag off yang 4 km, kemudian ada biaya per km,” ujarnya.

Selanjutnya, Budi menuturkan, tarif baru tak langsung berlaku setelah diumumkan. Sebab, butuh penyesuaian dari sisi sistem.

“Tidak langsung dilakukan karena harus ada harus penyesuaian aplikasi juga penyesuaian di lapangan, jadi mungkin butuh waktu beberapa minggu pemberlakuan,” tutupnya.

(ang/ang)

Status Direktur Krakatau Steel yang Kena OTT KPK Ditentukan Besok

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap tangan direktur PT Krakatau Steel menerima suap dari pihak swasta. KPK menduga, sebagian uang suap telah diterima yang bersangkutan sebelum OTT.

“Diduga sebagian uang telah diberikan secara cash dan yang lainnya menggunakan sarana perbankan,” kata Basaria saat dikonfirmasi soal OTT direktur Krakatau Steel, Jakarta, Jumat (22/3/2019).

Menurut dia, penyidik tengah mendalami transaksi tersebut, apakah menggunakan rupiah atau dolar.

KPK menduga, direktur Krakatau Steel itu menerima suap dari pihak swasta yang pernah berkepentingan dengan salah satu proyek di BUMN tersebut.

“Ada rencana pemberian uang dari pihak swasta yang pernah atau berkepentingan dengan proyek di salah satu BUMN,” ujar Basaria.

Anies: Tarif MRT Akan Ditentukan Senin

Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan tarif moda raya terpadu (MRT) akan ditentukan Senin pekan depan. Tepatnya, saat rapat pimpinan gabungan (Rapimgab) di DPRD DKI Jakarta.

“Jadi nanti ditetapkan insyaallah Hari Senin (25/3) akan ada Rapimgab dan pada saat itu ditetapkan,” ucap Anies kepada wartawan di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, Jumat (22/3/2019).

MRT akan mulai difungsikan secara komersial pada 1 April 2019. Rencananya, penumpang akan membayar sesuai stasiun yang dilalui.
“Angkanya itu nanti menjadi tabel harga. Dari Stasiun Lebak Bulus, kemudian sampai Stasiun Blok M itu berapa, dari stasiun misalnya Senayan sampai Bundaran HI berapa. Harganya nanti antarstasiun,” ucap Anies.

Pembayaran tarif akan berbeda-beda sesuai dengan jarak antarstasiun. Pemprov mengusulkan kepada DPRD Rp 1.000/km.

“Masyarakat nanti menerima kartu seperti juga kalau naik bus TransJakarta, dan kartu itu Jak Lingko. Nanti akan didebit, dikurangi. Jadi cara pelaksanaannya seperti itu. Perhitungannya kalau dirata-rata total itu Rp 10.000 (dari Stasiun Lebak Bulus ke Bundaran HI), Tapi kalau per kilometer rata-rata Rp 1.000,” ucap Anies.

Anies memastikan, MRT tidak akan digratiskan. Pemerintah hanya akan memberikan subsidi.

“Mari kita semuanya berbagi. Ini semua adalah fasilitas yang dimanfaatkan, ada subsidinya. Dan itu semuanya nanti berbayar,” ucap Anies.
(idh/idh)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Status Andi Arief Akan Ditentukan Dalam Waktu 3×24 jam

Fokus, Jakarta – Usai ditangkap menggunakan narkoba di sebuah hotel di Jakarta, politikus Partai Demokrat Andi Arief akan menjalani asesmen medis. 

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Selasa (5/3/2019), Andi Arief diduga hanya menjadi korban dan besar kemungkinan hanya akan menjalani rehabilitasi. 

Hingga saat ini, Andi Arief masih diamankan di ruang tahanan Direktorat Tindak Pidana Narkoba Polri, Cawang, Jakarta Timur. Statusnya juga akan ditentukan dalam rentang waktu 3×24 jam. 

Massa FUI Persoalkan Hotel Tempat Tabulasi Suara, Ini Jawaban KPU

Jakarta – Sejumlah hal disoroti massa Forum Umat Islam (FUI) saat audiensi dengan KPU, termasuk soal tabulasi suara di salah satu hotel. KPU kemudian menjelaskan alasannya.

Pertanyaan itu diajukan oleh Sekretaris PA 212, Bernard Abdul Jabbar. Dia menyebut selama bertahun-tahun, KPU selalu melakukan tabulasi suara di suatu hotel di Jakarta Pusat.

“Tentang masalah tabulasi KPU. Kenapa selama ini, selama bertahun-tahun, tabulasi KPU itu kok selalu di Hotel Borobudur. Ada apa ini di Hotel Borobudur. Karena sepengetahuan informasi saya, ada sesuatu yang disembunyikan di Hotel Borobudur. Masalah tabulasi suara dan punya siapa itu hotelnya. Lah ini perlu kami tanyakan ke KPU,” kata Bernard di Kantor KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Jumat (1/3/2019).

“Kami juga dapat informasi dari pegawai hotel yang bekerja di sana bahwa ini ada sesuatu yang disembunyikan di Borobudur itu. Kenapa nggak cari tempat lainnya?” sambungnya.

Komisioner KPU Wahyu Setiawan yang hadir di audiensi itu lalu memberi penjelasan. Dia mengatakan tidak ada preferensi khusus dari KPU untuk memilih hotel saat tabulasi suara. Pada tahun 2014 lalu, Wahyu menyebut tabulasi suara berlangsung di Kantor KPU.

“Terkait tabulasi, ini ada Pak Sekjen, memang kita perlu ganti suasana, Pak, jangan Hotel Borobudur terus. 2014 tabulasi di kantor KPU. Kemudian tidak menutup kemungkinan nanti juga mudah, Pak, untuk dipindah dari Hotel Borobudur,” jawab Wahyu.

“Wong kita bayar, Pak, bisa di manapun sepanjang memang kualifikasinya memenuhi syarat,” sambungnya.

Wahyu menegaskan bahwa hasil akhir Pemilu bukan ditentukan perhitungan IT melainkan kertas. Hasil penghitungan suara dari TPS hingga tingkat nasional dilakukan di kertas.

“Tabulasi itu bukan hasil resmi KPU, hasil resminya ya melalui rapat pleno,” kata Wahyu.

(imk/tor)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Bareng Iriana, Jokowi Blusukan di Pasar Sentral Gorontalo

JakartaPresiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo blusukan di Pasar Sentral Kota Gorontalo Provinsi Gorontalo. Jokowi dan Iriana menemui sejumlah pedagang di masing-masing kiosnya di pasar itu.

Dilansir Antara, Jumat (1/3/2019), usai blusukan, Jokowi dan Iriana berdialog dengan para pedagang dan pengusaha mikro penerima pembiayaan Ultra Mikro dari PT Pegadaian.

Acara berlangsung di lantai dua pasar itu. Presiden Jokowi berdialog dengan penerima bantuan ultra mikro yang merupakan bantuan dari Kementerian Keuangan yang disalurkan melalui beberapa institusi seperti PT Pegadaian, PT PNM dan perusahaan ventura, serta koperasi yang telah ditentukan.
“Ada pembiayaan ultra mikro yang kita salurkan melalui Program Mekaar dari PNM, ada bank wakaf mikro di ponpes dan UMi agar usaha mikro dapat berkembang menjadi usaha besar, semua harus melalui usaha keras, disiplin, jujur dan dapat dipercaya,” kata Jokowi.

Jokowi juga mengingatkan para nasabah agar berhati-hati mengelola dana yang diperoleh dari pinjaman. “Hati hati, ini merupakan dana pinjaman agar bisa berkembang dari kecil, nanti kalau sudah berkembang pindah ke KUR,” katanya.

Sementara itu Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan UMi merupakan pelengkap Program KUR yang disalurkan melalui Pegadaian, PNM dan perusahaan ventura, serta sejumlah koperasi, untuk menjangkau pengusaha ultra mikro. Ia menyebutkan saat ini masih tersedia cukup besar pembiayaan UMi sehingga para pengusaha ultra mikro dapat segera memanfaatkannya melalui lembaga keuangan yang ditentukan.

Selain Menkeu Sri Mulyani, hadir juga dalam acara itu Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Kepala Kantor Staf Kepresidenan Moeldoko dan Gubernur Gorontalo Rusli Habibie.
(gbr/asp)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Anies Saat Serahkan Sertifikat Tanah ke Warga: Jangan Langsung Dijual ya…

Liputan6.com, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyerahkan 500 sertifat tanah kepada warga Cipayung dan Makasar di GOR Ciracas, Jakarta Timur.

Dia menyatakan penyerahan sertifikat berdasarkan arahan dari program pemerintah pusat. Anies pun mengingatkan warga agar tidak menjual tanahnya setelah menerima sertifikat.

“Jangan sampai Bapak Ibu terima sertifikat, habis itu ada yang datang dengan iming-iming, malah langsung dijual. Malah langsung laku, langsung gak punya tanah lagi nanti,” kata Anies Baswedan, Kamis (18/2/2019).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menyatakan sertifikat merupakan bentuk kepastian hukum atas tanah yang dimiliknya. Sehingga tidak mudah untuk diakui oleh pihak lainnya.

“Itu tanah untuk dimanfaatkan. Jadi saya berharap ini memberikan perlindungan kepada Bapak Ibu. Jangan sampai ada orang lain yang mengaku memiliki tanah itu,” ucapnya.

2 dari 3 halaman

Gratis

Sementara itu, Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) DKI Jakarta, Jaya mengatakan untuk program pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL) masyarakat diimbau untuk datang langsung ke 13 lokasi yang telah ditentukan.

Dia menyebut masyarakat cukup membawa surat-surat yang ada dan petugas BPN akan segera melakukan pengukuran tanah.

“Langsung datang ke kantor, enggak usah melalui perantara, bawa surat yang dipunyai. Kemudian pasang tanda batasanya, sehingga ketima tim datang tidak pusing,” jelasnya.

Tak hanya itu, Jaya mengatakan dalam program itu tidak dikenakan biaya apa pun atau gratis. Sebab, biaya persiapan pendaftaran tanah telah ditanggung Pemprov DKI Jakarta.

“Ini untuk tahun anggaran 2019. Pemprov membiayai itu seluruhnya,” ujar Jaya.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Cara Mengkafani Jenazah yang Baik dan Benar Sesuai Ajaran Islam

Liputan6.com, Jakarta Tidak ada sesuatu yang kekal di dunia ini. Kematian merupakan sebuah hakikat yang akan menghampiri semua manusia dan seluruh umat-Nya. Tidak ada yang mampu menolak atau menundanya. Kematian menurut Islam adalah kepastian. Hanya Allah yang mengetahui waktu dan caranya

Manusia diwajibkan bertaqwa dengan berbuat kebaikan sepanjang waktu dan mengingat serta menyebut asma Allah setiap detik kehidupannya. Sebab kematian bisa datang kapan saja tanpa mengenal usia, status sosial, ataupun kondisinya.

Yang sehat maupun sakit jika sudah takdir nya maka manusia tak memiliki kemampuan apapun untuk menghindarinya.

Dalam Islam jika ada orang yang mengalami peristiwa kematian atau meninggal, satu dari empat kewajiban orang yang masih hidup terhadap seorang yang telah meninggal adalah mengafani. Hukum mengkafani jenazah atau mayat adalah fardlu kifayah.

Mengkafani mayat berarti membungkus mayat dengan selembar kain atau lebih yang biasanya berwarna putih, setelah mayat selesai dimandikan dan sebelum dishalatkan serta dikubur. Dalam Islam ada cara mengkafani jenazah yang benar. Berikut Liputan6.com telah rangkum cara mengkafani jenazah yang benar sesuai syariat Islam.

2 dari 5 halaman

1. Dalil mengkafani jenazah

Mengkafani jenazah hukumnya sebagaimana memandikannya, yaitu fardhu kifayah. Berdasarkan hadits dari Abdullah bin Abbas radhiallahu’anhu tentang orang yang meninggal karena jatuh dari untanya, di dalam hadits tersebut Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:

“Mandikanlah ia dengan air dan daun bidara. Dan kafanilah dia dengan dua lapis kain” (HR. Bukhari no. 1849, Muslim no. 1206) 

Kadar wajib dari mengkafani jenazah adalah sekedar menutup seluruh tubuhnya dengan bagus. Adapun yang selainnya hukumnya sunnah. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

“Apabila salah seorang diantara kalian mengkafani saudaranya, maka hendaklah memperbagus kafannya” (HR. Muslim no. 943).

Kecuali orang yang meninggal dalam keadaan ihram, maka tidak ditutup kepalanya. Karena Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : 

“Jangan beri minyak wangi dan jangan tutup kepalanya. Karena Allah akan membangkitkannya di hari Kiamat dalam keadaan bertalbiyah” (HR. Bukhari no. 1849, Muslim no. 1206).

3 dari 5 halaman

2. Kriteria kain kafan

a. Kain kafan untuk mengkafani jenazah lebih utama diambilkan dari harta orang yang meninggal. Dan semua biaya pengurusan jenazah lebih didahulukan untuk diambil dari harta jenazah saat masih hidup daripada untuk membayar hutangnya. Ini adalah pendapat jumhur ulama.

b. Memakai kain kafan berwarna putih hukumnya sunnah, tidak wajib.

Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:

“Pakailah pakaian yang berwarna putih dan kafanilah mayit dengan kain warna putih. Karena itu adalah sebaik-baik pakaian kalian” (HR. Abu Daud no. 3878, Tirmidzi no. 994, dishahihkan Al Albani dalam Shahih Al Jami no.1236).

c. Disunnahkan menggunakan tiga helai kain putih.

Dari ‘Aisyah radhiallahu’anha ia berkata:

“Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam dikafankan dengan 3 helai kain putih sahuliyah dari Kursuf, tanpa gamis dan tanpa imamah” (HR. Muslim no. 941).

d. Kain kafan untuk mayat perempuan

Jumhur ulama berpendapat disunnahkan wanita menggunakan 5 helai kain kafan. Namun hadits tentang hal ini lemah. Maka dalam hal ini perkaranya longgar, boleh hanya dengan 3 helai, namun 5 helai juga lebih utama. Disunnahkan menambahkan sarung, jilbab dan gamis bagi mayit wanita.

e. Jenis kain kafan dan wewangian

Tidak ada ketentuan jenis bahan tertentu untuk kain kafan. Yang jelas kain tersebut harus bisa menutupi mayit dengan bagus dan tidak tipis sehingga menampakkan kulitnya. Disunnahkan memberi wewangian pada kain kafan. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

““Apabila kalian memberi wewangian kepada mayit, maka berikanlah tiga kali” (HR Ahmad no. 14580, dishahihkan Al Albani dalam Ahkamul Janaiz no. 84)”.

4 dari 5 halaman

3. Cara membuat kain kafan

a. Guntinglah kain kafan menjadi beberapa bagian:

b. Kain kafan sebanyak 3 helai sepanjang badan mayit ditambah 50 cm.

c. Tali untuk pengikat sebanyak 8 helai: 7 helai untuk tali kain kafan dan satu helai untuk cawat. Lebar tali 5-7 cm.

d. Kain untuk cawat. Caranya dengan menggunting kain sepanjang 50 cm lalu dilipat menjadi tiga bagian yang sama. Salah satu ujungnya dilipat kira-kira 10 cm lalu digunting ujung kanan dan kirinya untuk lubang tali cawat.

Lalu masukkanlah tali cawat pada lubang-lubang itu. Dalam cawat ini berilah kapas yang sudah ditaburi kapur barus atau cendana sepanjang cawat.

e. Kain sorban atau kerudung. Caranya dengan menggunting kain sepanjang 90/115 cm lalu melipatnya antara sudut yang satu dengan yang lain sehingga menjadi segi tiga. Sorban ini berguna untuk mengikat dagu mayit agar tidak terbuka.

f. Sarung. Caranya dengan menggunting kain sepanjang 125 cm atau lebih sesuai dengan ukuran mayit.

g. Baju. Caranya dengan menggunting kain sepanjang 150 cm atau lebih sesuai dengan ukuran mayit. Kain itu dilipat menjadi dua bagian yang sama. Lebar kain itu juga dilipat menjadi dua bagian sehingga membentuk empat persegi panjang.

Lalu guntinglah sudut bagian tengah menjadi segi tiga. Bukalah bukalah kain itu sehingga bagian tengah kain akan kelihatan lubang berbentuk belah ketupat. Salah satu sisi dari lubang itu digunting lurus sampai pada bagian tepi, sehingga akan berbentuk sehelai baju.

5 dari 5 halaman

4. Cara mengkafani jenazah

1. Bentangkan tali-tali pengikat kafan secukupnya. Tidak ada jumlah tali yang ditentukan syariat, perkaranya longgar.

2. Bentangkan kain kafan lapis pertama di atas tali-tali tersebut.

3. Beri bukhur pada kain lapis pertama, atau jika tidak ada bukhur maka dengan minyak wangi atau semisalnya.

4. Bentangkan kain kafan lapis kedua di atas lapis pertama.

5. Beri bukhur atau minyak wangi pada kain lapis kedua.

6. Bentangkan kain kafan lapis ketiga di atas lapis kedua.

7. Beri bukhur atau minyak wangi pada kain lapis ketiga.

8. Letakkan mayit di tengah kain.

9. Tutup dengan kain lapis ketiga dari sisi kiri ke kanan, kemudian kain dari sisi kanan ke kiri.

10. Tutup dengan kain lapis kedua dari sisi kiri ke kanan, kemudian kain dari sisi kanan ke kiri.

11. Tutup dengan kain lapis pertama dari sisi kiri ke kanan, kemudian kain dari sisi kanan ke kiri.

12. Ikat dengan tali yang ada yang sudah disediakan.