Ditemui Keluarga Eggi Sudjana, Fadli Zon Bicara soal Kejanggalan

Jakarta – Wakil Ketua DPR Fadli Zon menerima audiensi dari keluarga Eggi Sudjana. Fadli menyebut banyak kejanggalan dalam penanganan proses hukum terhadap Eggi Sudjana yang berstatus tersangka makar.

“Untuk pengaduan masyarakat, terutama dalam kasus Pak Eggi Sudjana terdapat sejumlah kejanggalan terkait dengan tuduhan-tuduhan itu, people power dianggap makar, ini satu hal yang mendasar,” ujar Fadli usai pertemuan di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (21/5/2019).

Fadli juga menyoroti proses penahanan Eggi Sudjana tanpa melalui gelar perkara. Menurut Fadli, dalam proses penangkapan Eggi jelas ada penyimpangan.

 Wakil Ketua DPR Fadli Zon menerima audiensi dari keluarga Eggi Sudjana, Selasa (21/5/2019) Wakil Ketua DPR Fadli Zon menerima audiensi dari keluarga Eggi Sudjana, Selasa (21/5/2019) Foto: Nur Azizah Rizki Astuti-detikcom

“Sehingga jelas sekali ada penyimpangan-penyimpangan dalam proses penahanan dan penangkapan Eggi. Begitu juga tuduhan-tuduhan lain yang tidak bisa dianggap, termasuk perubahan-perubahan ketika dipanggil, dilaporkan dan pelaporannya sangat aneh,” tutur Fadli.

“Begitu ada pelaporan langsung ada reaksi, langsung cepat dipanggil. Seolah-olah yang melaporkan dan aparat ada kerja sama,” imbuhnya.

Menurut Fadli, perbedaan pendapat dan ajakan unjuk rasa bukanlah makar karena masih dalam koridor konstitusi. Ia menyebut apa yang terjadi pada Eggi adalah kriminalisasi.

“Jadi jelas sekali apa yang terjadi pada Eggi Sudjana ini adalah kriminalisasi. Kriminalisasi sudah mencederai demokrasi kita, sudah bungkam suara-suara kritis yang dijamin konstitusi kita. Jadi sebetulnya siapa yang makar, siapa yang melanggar konstitusi, siapa yang melanggar undang-undang? Saya kira ini yang harus menjadi pertanyaan berikutnya,” tutur Fadli.

Aduan dari keluarga Eggi ini, dikatakan Fadli, akan disampaikan kepada Komisi III DPR RI. Ia berharap Komisi III dapat membahas aduan ini secara mendalam.

“Jadi dari aduan ini secara resmi kita akan sampaikan pada Komisi III. Kita harapkan di Komisi III bisa dibahas, diperdalam. Saya sendiri kalau sudah ada suratnya akan kita diteruskan kepada semua instansi terkait sesuai dengan keinginan keluarga,” kata Fadli.

Dalam pertemuan terseburt, Fadli didampingi oleh anggota Komisi III F-Gerindra, Supratman Andi Atgas. Keluarga Eggi Sudjana diwakili oleh istri Eggi, Asmini Budiani serta kedua anaknya Muhammad Alfath Tauhidillah dan Hizbullah Assidiqi. Pengacara Eggi, Abdullah Alkatiri juga turut hadir dalam pertemuan tersebut.
(azr/fdn)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *