Ditemui Jokowi, Mbah Moen Ungkap Capres Pilihannya

Liputan6.com, Jakarta – Pimpinan Pondook Pesanten Al-Anwar Kiai Haji Maemoen Zubair atau Mbah Moen akhirnya mengungkapkan pilihan politknya di Pilpres 2019. Hal ini lantaran dia menyadari banyak pihak yang menunggu pilihan politiknya.

Meski tak mengucapkannya secara langsung, Mbah Moen mengatakan dirinya memilih capres yang tengah bersilaturahmi dengannya. Saat itu, capres yang sedang menemui Mbah Moen adalah Jokowi.

Jokowi tengah bersilaturahmi dengan Mbah Moen serta menghadiri acara zikir bersama di Ponpes itu. Jokowi ditemani Ibu Negara Iriana Joko Widodo.

“Saya hanya menyampaikan, banyak orang menunggu-nunggu saya pilih siapa, ya yang dekat saya,” kata Mbah Moen di Ponpes Al-Anwar Kabupaten Rembang Jawa Tengah, Jumat (1/2/2019).

Kendati begitu, Mbah Moen menegaskan bahwa dukungan ke Jokowi-Ma’ruf Amin tersebut bukan ajakan melainkan pilihan pribadi. Menurutnya, masyarakat bebas untuk memilih capres sesuai keyakinan masing-masing.

“Jadi tidak yang mengajak, semua punya kebebasan masing-masing. Jadi yang dekat saya malam ini, yang dekat saja. Saya ucapkan ini jadi pilihan pribadi saya,” ucapnya.

2 dari 3 halaman

Doa Mbah Moen

Mbah Moen mengatakan bahwa ini adalah kedua kalinya Jokowi mendatangi Ponpes miliknya. Dia mengapresiasi Jokowi yang kembali maju dalam Pilpres 2019.

“Mendirikan suatu negara itu kewajiban, nabi pertama kali juga mendirikan negara Arab, dikatakan menasionalisasi Arab yang terpecah-pecah itu,” tutur dia.

Mbah Moen mendoakan agar penyelengaraan Pemilu 2019 dapat berjalan dengan lancar. Dia pun berharap Indonesia tetap damai setelah pesta demokrasi itu usai.

“Pemilu ini pemilu yang damai, pemilu perdamaian, pemilu yang setelah pemilu dapat disokong dan menyokong begitulah keadaan ajaran yang kita miliki,” ujar Mbah Moen.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *