Disurati Kemendagri soal Posisi Wagub DKI, Ini Penjelasan Anies

Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mendapatkan ‘surat cinta’ dari Dirjen Otda Kemendagri, Sumarsono soal posisi wagub. Anies diminta segera melakukan pengisian jabatan posisi Wagub DKI.

Surat bernomor 122.31/8779/OTDA diteken Sumarsono pada 2 November 2018 ini. Dalam surat, Sumarsono menyebut jabatan Wagub DKI harus segera diisi karena dinamika pemerintahan Ibu Kota yang tinggi.

Menanggapi surat itu, Anies mengaku sudah lebih dulu mendorong PKS dan Gerindra agar segera menyerahkan nama kandidat wagub. Dia mengaku sudah mengirimkan surat resmi ke dua partai tersebut.

“Begini, begini. Ini yang soal wagub kita memang belum bercerita. Tapi tanggal 19 Oktober yang lalu Pemprov sudah mengirim surat kepada partai-partai pengusung dan di dalamnya prosedur dan lain lain. Dari sisi kita sebelum ada surat dari Pak Dirjen datang kita sudah mengirimkan ke partai,” kata Anies saat dimintai konfirmasi, di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (5/11/2018).

Namun, Anies mengkui belum menjawab surat dari Sumarsono. Eks Mendikbud itu berjanji akan segera menjawabnya.

“Cuma karena ada pengumuman, Pak Dirjen mengirim surat ke kami, nah kami menjawab nih. Kalau nggak ada pengumuman itu kami juga nggak umumkan sudah kirim surat. Kenapa? Ya ini prosedur administrasi saja berkirim surat, cuma kami menjelaskan untuk menyampaikan ke publik jauh sebelum diingatkan kita sudah bertindak,” papar Anies.

Terkait persoalan wagub, Gerindra dan PKS DKI sudah bertemu. Kedua partai itu sepakat untuk membentuk tim seleksi.

Ketua DPD Gerindra DKI M Taufik memastikan proses seleksi tak akan berlangsung lama. Dia memprediksi, awal tahun 2019, Gubernur DKI Anies Baswedan sudah memiliki wagub.

“(Awal tahun) sudah bisa (ada wagub), menurut saya sudah bisa. Kerjanya cukup kok untuk fit proper,” terang Taufik di DPD Gerindra DKI, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Senin (5/11) sore.
(zak/fdn)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *