Distribusi Lancar, Bali-Nusra Siap Memilih

Sementara itu, distribusi logistik pemilu di Nusa Tenggara Timur (NTT) melibatkan TNI AU dan TNI AL. TNI AU dilibatkan untuk mendistribusikan logistik pemilu ke Pulau Flores. Sekitar 800 ribu lebih lembar surat suara pengganti surat suara rusak, Senin (15/4/2019) dikirim menggunakan pesawat Hercules milik TNI AU ke dua daerah di Pulau Flores yakni Maumere dan Labuan Bajo.

Pendistribusian logistik pemilu itu menggunakan dua pesawat Hercules dengan nomor 1316 dan 1332 yang didatangkan dari Malang.

“NTT dikatakan berada di zona merah untuk distribusi logistik pemilu. Dengan adanya dua Hercules menjadi jawaban terselesaikan masalah logistik pemilu di NTT,” kata Komandan Pangkalan Angkatan Udara (Danlanud) El Tari Kupang, Kolonel penerbang Arief Hartono kepada Liputan6.com.

Logistik yang diangkut dengan pesawat Hercules untuk daratan Flores yaitu Sikka untuk melayani Nagekeo, Ngada, Ende, dan Lembata, sedangkan titik yang kedua diturunkan di Labuan Bajo untuk melayani Manggarai, Manggarai Timur dan Manggarai Barat. “Ada dua titik untuk pendistribusian logistik yakni Sikka dan Labuan Bajo,” katanya.

Sedangkan untuk wilayah Sumba, Alor, Rote dan Sabu distribusi logistik mengunakan jalur laut bekerjasama dengan TNI AL. Ya, Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) VII membantu KPU Provinsi Nusa Tenggara Timur mendistribusikan Logistik Pemilu Tahun 2019 ke Pulau Rote, Selasa (16/04/2019).

Kadispen Lantamal VII, Mayor Laut (T) Rakhmat Yuniar, S.T. mengatakan, Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) VII, Brigadir Jenderal TNI (Mar) Kasirun Situmorang telah memerintahkan Kapal TNI AL (KAL) Weling 1-7-15 milik Lantamal VII mendistribusikan logistik pemilu ke Kabupaten Rote Ndao.

“Kapal itu membawa 33 koli surat suara dan C Plano. Kapal itu diberangkatkan dari Pelabuhan Bolok Kupang pukul 23.00 Wita Senin malam,” ujar Mayor Rakhmat kepada Liputan6.com, Selasa (16/4/2019).

Ia mengatakan, kapal perang itu tiba di Dermaga Pelabuhan Baa, Namodale, Kecamatan Lobalain,  Kabupaten Rote Ndao, Selasa 16 April 2019, pukul 06.20 Wita. Logistik pemilu itu diterima langsung oleh Danlanal Rote Letkol Laut (P), Akhmad Alif S.Z serta Sekertaris KPU Rote Ndao, Ramli Badjijeh.

“Dari Pelabuhan Baa, logistik diangkut menggunakan mobil operasional KPU Kabupaten Rote Ndao Menuju gudang KPU,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *