Soal Persiapan Debat Pilpres Terakhir, Ma’ruf: Ya Sambil Jalan, Duduk dan Diskusi

Berikut 10 orang yang telah bersedia menjadi panelis debat Pilpres kelima dengan tema ekonomi dan kesejahteraan sosial, keuangan, investasi, serta industri:

1. Rektor Universitar Airlangga Mohammad Nasih.

2. Guru Besar FEB Universitas Tanjungpura Eddy Suratman.

3. Dosen FEB UIN Syarif Hidayatullah M Arief Mufraini

4. Dekan FEB Universitas Diponegoro Suhartono

5. Dekan FEB Universitas Sam Ratulangi Herman Karamoy

6. Dekan FEB Universitas Udayana I Nyoman Mahaendra Yasa

7. Dekan FEB Universitas Andalas Hariv Amali Riva’i

8. Guru Besar ITB Dermawan Wibisono

9. Dosen Community Development Unika Surya Pranata Semarang Tukiman Taruno Sayoga

10. Direktur Eksekutif Indonesia for Global Justice Rahmi Hartanti

“Itu orang-orang yang sudah menyatakan bersedia. 10 orang sudah menyatakan bersedia,” ujar Komisioner KPU RI Wahyu Setiawan, Jakarta Pusat, Jumat (5/4/2019).

Debat kelima akan berlangsung pad 13 April 2019 di Hotel Sultan, Senayan. Debat akan disiarkan langsung di TVOne, ANTV, Berita Satu, Net TV.

TKN Jokowi-Ma’ruf yakin debat cawapres yang akan segera dilaksanakan bakal dimenangkan oleh Ma;ruf Amin.

Jelang Debat Capres, Prabowo Ajak Tim Diskusi

Jakarta – Malam ini Prabowo Subianto dan Joko Widodo kembali berhadapan di debat capres keempat. Prabowo disebutkan akan menggelar diskusi internal di kediamannya di Jakarta dalam rangka persiapan debat.

Juru bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga Uno, Andre Rosiade mengatakan saat ini Prabowo masih berada di Hambalang, Bogor, Jawa Barat. Prabowo akan meluncur ke rumah di Jl Kertanegara No 4, Jakarta Selatan siang ini. Diperkirakan dia tiba pukul 15.00 WIB.

“Pak Prabowo sekarang ini masih di Hambalang, baru turun ke Kertanegara siang, kira-kira sampai di sini jam 3 sore,” kata Andre kepada wartawan, Sabtu (30/3/2019).
Andre menyebut Prabowo akan berdiskusi dengan tim terkait materi debat. Tema debat meliputi isu ideologi, pemerintahan, pertahanan dan keamanan, serta hubungan internasional.

“Nanti ada agenda internal. Ya, diskusi, brainstorming terakhir. Biasanya sama tim ya, sambil ngobrol santai,” ujarnya.

Prabowo disebutkan bakal bertolak dari Jl Kertanegara menuju lokasi debat, Shangri-La Hotel, Jakarta selepas Maghrib. Andre mengatakan Prabowo akan menunaikan ibadah salat Maghrib terlebih dahulu.

Jelang Debat Capres, Prabowo Ajak Tim DiskusiFoto: Badan Komunikasi DPP Gerindra Andre Rosiade (Zhacky-detik)

Ia pun menyebut Sandiaga Uno berencana hadir ke Kertanegara sekitar pukul 16.00 WIB. Sandi, kata Andre, akan melepas Prabowo menuju lokasi debat. Sementara itu, Sandi diagendakan ikut nonton bareng (nobar) di Rumah Siap Kerja, Jl Wijaya, Jakarta.

“Bang Sandi jam 4 sore sampai di Kertanegara, nanti akan melepas Pak Prabowo dari Kertanegara. Kemungkinan beliau akan nobar di Rumah Siap Kerja, di Jalan Wijaya,” ucap Andre.
(tsa/fdn)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Tsamara Tantang Masinton: Ayo Diskusi Terbuka

Jakarta – Serangan PSI kepada partai nasionalis, termasuk pengusung Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin mendapat respons keras, salah satunya dari politikus PDIP Masinton Pasaribu yang menyebut partai besutan Grace Natalie itu odong-odong dan cari sensasi. PSI menantang Masinton diskusi terbuka.

“Kami tidak pernah menghina atau merendahkan partai politik lain. Kami hanya ajak setiap partai politik untuk diskusi secara terbuka, menawarkan program partai mereka itu apa, bagaimana track record mereka dalam perjuangan pluralisme dan antikorupsi. Apakah ini sesuatu yang sulit? Saya kira
publik berhak tahu sikap dan program masing-masing parpol,” kata Ketua DPP PSI Tsamara Amany kepada wartawan, Kamis (14/3/2019).

Tsamara meminta Masinton membeberkan kerja PDIP sebagai partai nasionalis. Forum debat terbuka menurutnya bisa jadi opsi.

“Kalau memang Bang Masinton dan partainya merasa sudah mengerjakan pekerjaan rumah mereka, silakan dibeberkan saja datanya, beberkan saja. Justru debat publik akan menguntungkan untuk mereka, kan? Ketimbang bermain retorika dan diksi odong-odong dan truck,” sebut Tsamara.

“Dibanding bersembunyi di balik narasi retoris lebih baik kita berdiskusi. Bang Masinton ini berjuang di dapil yang sama dengan saya, saya juga tertarik diskusi terkait program Bang Masinton sebagai caleg. Bagaimana sikapnya terhadap isu-isu perempuan misalnya?” imbuh dia.
Sebelumya, Ketua Umum PSI Grace Natalie melontarkan ‘serangan’ bertubi-tubi ke partai politik (parpol) nasionalis karena dinilai bungkam terkait isu intoleransi. Masinton Pasaribu menganggap PSI sebagai partai odong-odong sehingga tidak perlu ditanggapi. Anggota Komisi III DPR RI itu menilai keberpihakan PSI dalam memperjuangkan nasionalisme dan kebinekaan tidak bisa dibandingkan dengan beberapa partai politik yang sudah berpengalaman. Masinton juga mengibaratkan kritik PSI seperti odong-odong dan truk.

“Ngomentarin yang odong-odong begini, menurut saya sih nggak pas juga sih. Jadi, ya namanya juga lagi mencari sensasilah,” ujar Masinton.

“Kalau untuk keberpihakan, secara ideologi, dia nggak ada apa-apanya kalau dalam konteks memperjuangkan nasionalisme, memperjuangkan pluralisme, kebinekaan. Kita itu sudah diuji waktu dan sejarah. Jadi odong-odong jangan ngajarin truk juggernaut berlari,” lanjutnya.
(gbr/nvl)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

AC Milan Buka Diskusi Perpanjangan Kontrak Donnarumma

Donnarumma sempat enggan menandatangani kontrak dengan AC Milan ketika memasuki usia layak kerja. Sikap tersebut membuatnya jadi sasaran ejekan suporter.

Namun, dia akhinya memutuskan menetap di San Siro setelah meneken perjanjian berdurasi empat musim pada 2017. Dalam ikatan kerja tersebut, diketahui Donnarumma memiliki klausul transfer sebesar 70 juta euro.

Jejak Tudingan Mobil Camry yang Bikin Mahfud Polisikan Kakek Kampret

Jakarta – Mahfud Md mempolisikan akun twitter Kakak Kampret @KakekKampret_ soal tuduhan mobil Camry. Mantan Ketua MK menilai cuitan Kakek Kampret sudah bentuk fitnah, bukan kritik lagi.

Kasus bermula saat @KakekKampret_ membuat cuitan dengan dimention ke @Mohmahfudmd, pada 27 Februari 2019, yaitu:

Saudara mahfud @mohmahfudmd apa bener Mobil Camry punya anda Plat B 1 MMD adalah setoran dari pengusaha besi kerawang ex cabub PDIP. Jika bener atas dasar apa pemberian itu kakek sekedar bertanya (ditambah dua emoticon tertawa-red)

Cuitan itu tidak digubris. Lalu @KakekKampret_ kembali mencuit:

Saudara mahfud @mohmahfudmd kenapa anda ga jawab pertanyaan kakek ini. Apa bener Toyota Camry B 1 MMD dari pengusan besi karawang, mantan ex cabub karawang dari PDIP..? saudar mahpud jawab lah (ditambah dua emotical tertawa-red)

Mahfud Md tidak terima dituduh hal demikian dan melaporkan ke Polres Klaten.

“Laporan terkait hoaks yang menyangkut saya. Dan ini bagi saya yang begini-begini ini tidak bisa dibiarin. Kalau diskusi publik tidak masalah tapi kalau menyangkut harkat pribadi harus diselesaikan lewat polisi,” kata Mahfud Md di Polres Klaten, Jumat (1/3/2019).

Usai melapor, Mahfud Md menjelaskan asal-usul mobilnya.

“Saya beli mobil itu tahun 2013, tiga hari sebelum saya pensiun dari MK, karena mobil saya akan ditarik oleh negara. Saya tarik uang saya untuk membeli mobil cash. Kenapa dikaitkan dengan pilbup yang terjadi tahun 2015, tidak ada hubungannya,” ujar dia.

Lalu Mahfud kembali bercuit di Twitter menjawab banyak pertanyaan warganet.

Sudah lapor, giliran Kakek untuk menyelesaikan sendiri. Saya akan ikuti terus

Tidak berapa lama, akun @raffie aqmal mengomentari sikap Mahfud Md, yaitu:

Zaman SBY paling aman bagi rakyat Indonesia. Zaman sekarang cuma bertanya saja d laporin dan yang laporinnya pendukung petahana langsung diproses. Jikalah yang laporin kubu oposisi walaupun itu penghinaan dan penyebar hoax, pastilah MANGKRAK..! Di sini saya belajar bahwa rezim ini… (ejaan sudah disesuaikan-red).

Mendapati komentar di atas, Mahfud Md mencoba menjelaskan yaitu pelaporannya tidak terkait pemilu.

Bung Raffie, ini tak ada kaitannya dengan Pemilu. Ini soal tudingan secara insinuatif bahwa saya pernah menerima setoran mobil dari seseorang. Saya tak tahu dan tak ingin tahu, dia itu pendukung siapa. Cuitannya sampai dua kali dengan sangat insinuatif (ejaan sudah disesuaikan-red).

Wakil Ketua MPR Zaenal Maarif pernah digelandang ke pengadilan karena pengaduan Pak SBY. Eggy Sujana juga dihukum setelah diadukan. Masak, dibilang tak ada (Zaman SBY tidak ada pelaporan-red). Hukum tetaplah hukum. Setiap hari saya dikritik oleh banyak akun tapi tak pernah saya laporkan karena hanya beda pendapat. Kalau memfitnah, beda.

Akun Ahmad Rohiman @kangimanow memention dengan simpati:

Saya turut sedih pak atas fitnah itu…

Mahfud lalu menjawab:

Mas Rohimin, tiap hr sy dpt banyak kritik terbuka ka ka. Tp sy tak pernah mengadu. Yg Kakek Kampret ini beda, dia memfitnah dan nyebar hoax. Tak bisalah dia mengelak dgn alasan hanya “bertanya”. Bertanya, kok lewat fitnah terbuka? Kalau betul bertanya, kan bisa lewat DM Twitter.

(asp/tor)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Soal Potensi Tsunami Terjang Jakarta, BMKG: Hanya Riak-riak

JakartaBMKG sudah membuat model tentang gempa di Selat Sunda yang berpotensi menimbulkan gelombang tsunami. BMKG menyatakan sumber gempa tersebut jaraknya mencapai ratusan kilometer dari Jakarta.

“Berkaitan dengan amankah Jakarta, tentunya kami sudah membuat modelling karena para pakar, di megathrust, Selat Sunda katanya ada kekuatan 8,7, di Selat Sunda. Tapi sumber gempa yang berdampak di Jakarta itu agak jauh, di selatan Sukabumi, kurang-lebih jaraknya 200 kilometer, lalu Selat Sunda,” kata Kepala Pusat Gempa dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono di Hall Putri Duyung Ancol, Jakarta Utara, Kamis (28/2/2019).

Hal itu disampaikan Rahmat saat menjadi pembicara dalam diskusi bertajuk ‘Amankah Jakarta dari Tsunami?’. Rahmat memastikan tsunami yang mungkin timbul akibat gempa di Selat Sunda itu tidak berdampak signifikan untuk Jakarta.

“Kami sudah coba memodelkan. Tentunya yang berdampak serius adalah Selat Sunda. Kalau di utara Jakarta, ya mungkin hanya riak-riak ya. Kita sudah modelkan, tidak begitu signifikan,” terang Rahmat.

Terkait keamanan Ibu Kota dari tsunami, Perencana Ahli Utama Kedeputian Pengembangan Regional Bappenas Suprayoga Hadi lebih menyoroti soal tata ruang. Dia menitikberatkan terhadap upaya antisipasi.

“Contohnya, apakah Jakarta aman terhadap tsunami? Itu semua sangat mungkin untuk direncanakan. Rencana itu bermacam-macam. Contohnya rencana tata ruang. Pantai Ancol ini sesuai tata ruang DKI nggak?” ujar Suprayoga.

“Jadi regulatory itu masuk dalam konteks planning yang benar. Kalau kita mau mewujudkan daerah kita sebagai daerah yang aman, kita harus taat peraturan dalam hal ini,” imbuhnya.

Sebelumnya, BMKG menyampaikan soal potensi terjadinya tsunami di kawasan Selat Sunda. BMKG mengidentifikasi tiga sumbernya, yakni Gunung Anak Krakatau, Zona Graben, dan Zona Megathrust.
(zak/fjp)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Antiklimaks Pertemuan Trump dan Kim Jong

Jakarta – Pertemuan antara Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un di Hanoi, Vietnam, antiklimaks. Pertemuan tersebut seolah menjadi hambar karena kedua belah pihak tidak menyepakati kesepakatan apapun.

Pertemuan Trump dan Kim berakhir lebih cepat dari yang semula direncanakan. Padahal pertemuan tersebut semula dimaksudkan untuk menindaklanjuti pertemuan pertama bersejarah mereka di Singapura 2018 lalu.

Momen pertemuan Trump dan Kim.Momen pertemuan Trump dan Kim. Foto: CNN

Setelah pertemuan Trump mengumbar alasan tidak ada kesepakatan antara dia dan Kim. Salah satu alasannya karena Kim meminta AS meniadakan sanksi-sanksi yang dijatuhkan kepada Korut.

“Pada dasarnya, mereka menginginkan sanksi-sanksi dicabut secara keseluruhan, dan kita tak bisa melakukan itu,” kata Trump dalam konferensi pers usai pertemuan, seperti dilansir media CNN, Kamis (28/2/2019).

Trump mengatakan bahwa dirinya memiliki ‘waktu yang sangat produktif’ selama diskusi dengan Kim. Namun, dikatakan Trump, bahwa tak ada hal yang harus ditandatangani.

“Kami memiliki sejumlah opsi namun saat ini kami memutuskan untuk tidak melakukan satupun dari opsi-opsi tersebut,” tutur Trump.

Pertemuan tertutup Trump dan Kim diketahui juga membahas mengenai denuklirisasi. Namun, kesepakatan tak terjalin di antara dua pimpinan itu.

Kim sendiri menyampaikan keseriusannya untuk mencapai kesepakatan denuklirisasi dengan. Menurut Kim, kehadirannya di Hanoi merupakan bentuk keseriusan.

“Jika saya tidak bersedia melakukan itu, saya tak akan ada di sini sekarang,” ujar Kim melalui seorang penterjemah seperti dilansir media CNN, Kamis (28/2).

Meskipun tanpa hasil, Trump nampak mengapresiasi pertemuan dengan Kim. Trump mengatakan, dia dan Kim ‘saling menyukai’.

“Kami saling menyukai.. ada kehangatan di antara kami dan saya berharap itu tetap ada, saya pikir akan tetap ada,” terang Trump.

Diketahui, pertemuan puncak yang jadi sorotan dunia di Hanoi antara Trump dan Kim guna membahas penghentian uji coba senjata nuklir dan peluru kendali jarak jauh. Namun, seperti diketahui tak ada hasil konkret dari pembicaraan mereka.
(zak/gbr)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Gagal Mencapai Kesepakatan dengan Kim Jong-Un, Ini Kata Trump

Hanoi – Pertemuan puncak antara Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-Un di Hanoi, Vietnam telah berakhir mendadak tanpa mencapai kesepakatan. Apa kata Trump mengenai pembicaraan yang berlangsung lebih singkat dari yang direncanakan itu?

Dalam konferensi pers usai pertemuan tertutup dengan Kim, Trump mengatakan bahwa dirinya memiliki “waktu yang sangat produktif” selama diskusi dengan Kim. Namun dikatakan Trump bahwa tak ada hal yang harus ditandatangani hari ini.

“Kami memiliki sejumlah opsi namun saat ini kami memutuskan untuk tidak melakukan satupun dari opsi-opsi tersebut,” tutur Trump kepada para wartawan seperti dilansir media CNN, Kamis (28/2/2019).

“Kadang kala Anda harus berjalan,” ujar Trump. “Ini hanya salah satu dari masa-masa tersebut,” imbuhnya

Sebelumnya, juru bicara Gedung Putih, Sarah Sanders mengatakan bahwa pertemuan kedua pemimpin itu berakhir lebih cepat dari rencana dan tanpa adanya kesepakatan.

“Tak ada kesepakatan yang dicapai saat ini, namun tim mereka masing-masing menantikan pertemuan di masa mendatang,” kata Sanders dalam sebuah statemen.

“Presiden Amerika Serikat Donald J. Trump dan Ketua Komisi Urusan Negara Republik Demokratik Rakyat Korea Kim Jong-Un telah melakukan pertemuan yang sangat baik dan konstruktif di Hanoi, Vietnam pada 27-28 Februari 2019,” demikian disampaikan Sanders.

“Kedua pemimpin membahas berbagi cara untuk memajukan konsep denuklirisasi dan ekonomi,” tandasnya.

Kedua pemimpin juga tidak mengeluarkan pernyataan bersama usai pertemuan yang berlangsung tertutup. Padahal sebelumnya, Gedung Putih menyiapkan rencana untuk menggelar seremoni penandatanganan kesepakatan bersama serta makan siang bersama bagi kedua pemimpin.

(ita/ita)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Ngabalin: Jangan Ente Main-main Bawa Islam di Politik

Jakarta – Tenaga Ahli Utama Kedeputian IV Bidang Komunikasi Politik dan Diseminasi Informasi KSP, Ali Mochtar Ngabalin, mengingatkan semua pihak agar tak sembarangan membawa agama dalam politik.

“Jangan ente main-main ketika membawa label Islam dalam dunia politik. Politik itu mulia, politik itu sebuah panggilan jihad,” kata Ngabalin dalam diskusi di Posko Relawan Kotak Hijau, Jalan Brawijaya IX, Jakarta Selatan, Rabu (27/2/2019).

Ngabalin menyebut cara-cara praktis membuat politik jadi tidak bermoral. Cara tersebut hanya mengandalkan uang dalam penyelesaian masalah.

“Dia (politik) jadi tidak bermoral, tidak bermakna, tidak punya apa-apa ketika politik itu masuk dalam kerangka praktis, pragmatisme. Maka itulah disebut politik praktis, politik transaksional, menyelesaikan persoalan besar hanya dengan how much you pay? Satu kardus? Dua kardus?” imbuhnya.

Ngabalin juga mempertanyakan alasan seseorang dianggap murtad karena perbedaan pilihan dalam pilpres.

“Prabowo Islam, Sandiga Uno Islam, Joko Widodo Islam, Ma’ruf Amin Islam, terus di mana yang membuat Anda musyrik ketika memilih yang satu dan tidak memilih yang lain? Di mana variabel kita menjadi murtad ketika memilih si A dan tidak memilih si B. Atau di mana kita tertuduh jadi munafik?” ujar dia.
(abw/fdn)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Dicekik Tarif Kargo Udara, 4 Perusahaan Logistik Gulung Tikar

Jakarta – Tarif kargo udara yang meningkat tajam membuat perusahaan-perusahaan jasa pengiriman ekspres, pos dan logistik di Indonesia tertekan. Imbasnya, sejumlah perusahaan logistik tersebut bahkan sampai gulung tikar alias menutup usahanya.

Hal tersebut disampaikan Wakil Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres, Pos dan Logistik Indonesia Budi Paryanto dalam diskusi di Hotel Millenium Sirih, Jakarta Pusat, Rabu (27/2/2019). Kenaikan tarif muatan udara disebut mencapai lebih dari 300%.

“Yang bergabung dengan Asperindo melaporkan ada empat perusahaan yang mereka mengalami kebangkrutan dan mulai akan menutup operasionalnya. Dua di Pekanbaru, satu di Palembang dan satu di Jakarta,” katanya.


Keempat perusahaan itu kata dia mengalami hambatan dalam menghadapi gejolak kenaikan tarif kargo udara. Biaya pengiriman yang ikut dinaikkan lantas menurunkan jumlah pengiriman yang akhirnya membuat daya tahan perusahaan goyah dan memilih untuk menutup operasional.

“Yang daya tahannya bagus mereka masih bisa bertahan, tapi yang kecil sudah goyang. Mereka sudah mulai merumahkan karyawan, tinggal proses administrasi penutupan perusahaan saja,” jelas Budi.

Naiknya tarif kargo udara sendiri diantisipasi perusahaan dengan mengandalkan pengiriman lewat moda lain seperti darat, kereta api dan laut menggunakan kapal. Peralihan angkutan pengiriman dari udara diestimasi telah mencapai 50%.

Sementara sisanya saat ini adalah pengiriman jarak jauh. Untuk rute jarak jauh, Budi bilang perusahaan masih mengandalkan kargo udara.

“Ini pilihan bisnis. Ketika kita tidak bisa menggunakan transportasi udara akibat harganya tinggi, kami harus alihkan ke angkutan darat. Jadi ini pilihan bisnis,” ungkapnya. (eds/ara)