Bawaslu: 2.463 Kotak Suara di Jabar, Rusak

Liputan6.com, Bandung – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Jawa Barat menyatakan temuan kotak suara rusak yang akan digunakan untuk Pemilu 2019 di wilayah ini mencapai 2.436 buah.

“(Kotak suara rusak) di Kabupaten Cirebon saja, kota suara yang rusaknya itu mencapai 2.298 karena disimpan di gudang,” kata Ketua Bawaslu Jawa Barat, Abdullah STP, di Kota Bandung, seperti dilansir dari Antara, Sabtu (16/2/2019).

Dia mengatakan, Bawaslu terus melakukan pengawasan langsung ke-27 kabupaten/kota di Jawa Barat terkait kesiapan logistik Pemilu 2019. Dari pengawasan tersebut, pihaknya memberikan sejumlah catatan soal logistik Pemilu 2019 yang masih banyak terdapat kekurangan. Salah satunya seperti kotak suara yang rusak ini.

Menurut dia, kotak suara di Cirebon rusak karena gudangnya tidak layak untuk menjadi tempat penampungan sehingga air merembes ke dalam gudang dan merusak kotak suara yang terbuat dari kardus. Oleh karena itu, pihaknya berharap agar KPU memastikan adanya penggantian semua kotak suara rusak tersebut.

“Tentunya kami meminta, kotak suara tersebut harus tersedia sebelum proses pendistribusian dari KPU ke kecamatan. Karena kotak suara yang rusak tersebut memang sama sekali tak dapat digunakan,” ujar Abdullah.

2 dari 3 halaman

Terus Awasi

Selain itu, Bawaslu sudah meminta pada KPU Cirebon agar tak menggunakan gudang yang air bisa merembes. Sementara kotak suara yang masih layak dan bisa digunakan agar dipindahkan.

Dia menambahkan Bawaslu Jawa Barat juga melakukan pengecekan logistik Pemilu 2019 tersebut, pada 28 Januari hingga 6 Februari 2019 di 27 kabupaten/kota dan terus mengawasinya.

Pengawasan dilakukan untuk memastikan logistik tepat jumlah, jenis, sasaran, waktu, kualitas dan efisien.

“Dan berdasarkan hasil pengawasan, ditemukan sejumlah kekurangan dan kerusakan perlengkapan penyelenggaraan pemilu,” kata Abdullah.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

KPU Kalbar Mulai Distribusikan Surat Suara Pemilu 2019

Liputan6.com, Jakarta – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan Barat, Ramdan mengatakan saat ini surat suara untuk pelaksanaan Pemilu 2019 mulai didistribusikan.

“Untuk pengiriman pertama ini, surat suara dikirim ke Kabupaten Sambas sebanyak 2.195.593 terdiri dari 3.737 kotak meliputi lima jenis surat suara mulai dari Presiden, DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten Kota yang ada di dapil Kabupaten Sambas,” kata Ramdan seperti dikutip Antara, Jumat (15/2/2019).

Ketika sampai Sambas, seluruh surat suara itu akan diamankan terlebih dulu. Lalu disimpan di gudang dan akan dilakukan proses sortir dan lipat suara.

“Kondisi berikutnya yang kita tunggu, yang sudah terkonfirmasi dari pihak perusahaan yang akan dikirim per tanggal 18 Februari mulai diberangkatkan surat suara untuk Kota Singkawang dan Kabupaten Bengkayang,” tuturnya.

2 dari 2 halaman

180 Juta Surat Suara

Pada kesempatan itu, Ramdan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang mengawal pengiriman surat suara di Kabupaten Sambas.

“Untuk total keseluruhan surat suara untuk Kalbar sekitar 180 jutaan,” kata Ramdan.

Dia mengatakan, seluruh surat suara diprediksi datang pada 3 Maret 2019. Surat suara itu akan terdistribusi ke seluruh kabupaten dan kota yang ada di Kalbar.


Saksikan video pilihan berikut ini:

Sejak Pagi Melekat di Museum, Mengenal Seluk-Beluk Cokelat Sejati

Liputan6.com, Yogyakarta – Cokelat nyaris menjadi makanan favorit setiap orang. Rasa manis dan citra cokelat yang identik dengan kebahagiaan, cinta, dan kesenangan juga menjadi daya tarik tersendiri.

Sayangnya, sebagai negara penghasil cokelat terbesar ketiga di dunia, belum banyak orang Indonesia yang memahami seluk beluk cokelat secara detail. Kebanyakan orang hanya suka mengonsumsi cokelat tanpa mengetahui seperti apa cokelat yang sesungguhnya.

“Kebanyakan yang dijual di swalayan atau pasar itu cokelat compound dan itu berbeda dengan cokelat sebenarnya yang berasal dari massa kakao,” ujar Tri Widiantoro, koordinator Museum And Factory Chocolate Monggo Bantul, beberapa waktu lalu.

Museum cokelat yang berdiri sejak Januari 2017 ini memberi edukasi kepada masyarakat mengenai cokelat yang sesungguhnya. Lantas, dari mana cokelat sejati itu muncul?

Museum ini tidak hanya menjelaskan sejarah dan latar belakang cokelat, melainkan juga jenis cokelat dan cara pembuatan serta pengolahan yang tepat.

Cokelat yang paling sehat adalah yang mengandung massa kakao paling tinggi, seperti cokelat hitam. Cokelat susu dan putih memiliki nutrisi lebih rendah, sedangkan cokelat compound sama sekali tidak sehat.

Ia menuturkan sebagian besar orang Indonesia tidak tahu jenis kakao. Persepsi yang salah soal cokelat semakin kuat ketika mereka berpikir cokelat rasanya manis dan cokelat diberi nama cokelat karena warnanya yang coklat.

Menurut Tri, petani kakao di Indonesia memilih untuk mengganti pohon kakao dengan tanaman lain karena sering dianggap tidak menguntungkan. Cokelat yang dihasilkan dari biji kakao kurang berkualitas.

“Padahal itu karena pengolahan biji kakao menjadi cokelat yang tidak tepat,” ucapnya.

2 dari 3 halaman

Salah Persepsi Mengolah Cokelat

Tri bercerita, kebanyakan orang menikmati kakao hanya buahnya saja. Buah dimakan dan bijinya dibuang, padahal biji kakao itulah asal muasal cokelat.

“Kalau pun ada yang mengolah, biasanya hanya dicuci saja bijinya dan berujung pada menghasilkan cokelat berkualitas rendah, karena hanya menjadi bubuk kakao,” tutur Tri.

Ia mengungkapkan, mengolah biji kakao harus melewati proses fermentasi. Caranya, memasukkan biji ke dalam kotak kayu yang bagian pinggirnya berlubang. Setelah itu, biji ditutup dengan daun pisang dan didiamkan selama tujuh hari.

Jika proses fermentasi selesai, maka barulah biji kakao dicuci, dibersihkan dari selaput, dan dikeringkan.

“Fungsi fermentasi, mengurangi rasa pahit, meningkatkan rasa cokelat, dan membersihkan selaput putih di biji kakao,” ucap Tri.

Setelah biji kakao kering, proses selanjutnya adalah roasting. Cangkang biji dipisahkan dan bisa dimanfaatkan untuk pupuk. Isi cangkang disebut nibs yang biasa digunakan untuk cokelat.

Satu biji nibs mengandung 54 persen cocoa butter. Nibs digiling menjadi kakao liquor yang berbentuk cair. Di sinilah letak perbedaan cokelat dengan kopi. Cokelat dapat meleleh karena mengandung minyak (cocoa butter).

Setelah digiling, nibs yang masih cair disimpan di dalam kotak sampai menggumpal dan menjadi kakao massa.

Kakao massa digiling kembali menggunakan stone grinder. Alat dari batu dipilih karena tidak akan mempengaruhi rasa cokelat. Kakao massa yang sudah digiling, dipress kembali menjadi kakao butter.

“Komposisi kakao butter ditambah kakao massa ditambah gula menjadi cokelat yang siap dikonsumsi,” kata Tri.

Ia mengungkapkan cokelat compound bukan cokelat yang sesungguhnya karena menggunakan bahan ampas dari cokelat butter ditambah gula dan minyak kepala sawit. Persentase komposisi tertingginya pun berupa gula.

3 dari 3 halaman

Belajar Mencetak dan Mencicipi Cokelat

Museum And Factory Chocolate Monggo didirikan oleh seorang Belgia bernama Thierry Detournay. Sejak 2005, ia berjualan cokelat yang diberi merek Monggo.

Di atas lahan seluas tiga hektare di Sribitan, Bangunjiwo, Bantul ini museum, pabrik, show room, dan kafe cokelat Monggo berdiri. Untuk mencapai lokasi ini tidak sulit, cukup masuk dari Desa Wisata Kasongan menuju ke barat dan memakan waktu sekitar 10 menit.

Untuk masuk ke museum ini sebenarnya gratis. Pengunjung membayar tiket Rp 10.000 dan mendapatkan voucher belanja di show room dengan nominal yang sama.

Tidak hanya berkunjung ke museum ditemani pemandu, pengunjung juga bisa memilih paket aktivitas. Ada dua paket aktivitas yang ditawarkan, yakni creating experiece dan tasting experience.

Creating experience adalah praktik mencetak cokelat. Paket ini dibanderol harga Rp 200.000 untuk 20 keping cokelat dan maksimal diikuti 10 orang. Apabila lebih dari 10 orang, maka setiap orang dikenakan biaya tambahan Rp 20.000.

Untuk paket tasting experience, per orang harus membayar Rp 50.000. Mereka bisa mencicipi beragam jenis cokelat dari awal sampai proses akhir.

Museum ini buka setiap hari kerja mulai pukul 09.00 sampai 17.00 WIB dan akhir pekan mulai pukul 09.00 sampai 19.00 WIB.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Mengintip Keramat Alquran Wangi Milik Wali Songo di Aceh

Liputan6.com, Aceh – Bintang Daud melingkari kalimat tauhid dengan hiasan daun di sebelah kiri dan kanannya. Kelopak bunga dan renda putih yang menjuntai ke bawah, menambah keindahan kaligrafi bersulam emas di atas kain merah berukuran 40×60 sentimeter itu.

Kain itu dibentang di atas pintu masuk di kiri ruang tengah sebuah ruangan. Sebuah rak berisi tumpukan ‘surat Yasin’ ditaruh tepat di depan pintu ruangan kecil seluas 1×3 meter itu, sementara, sajadah, dan beberapa mukena yang tampak kumal ditumpuk di sudut ruangan.

Di sebelah kiri rak terdapat sebuah lemari yang pintunya terkunci rapat. Sementara itu, di ruang tengah yang bersisian dengan ruang tadi, terhampar tikar pandan dan sajadah, pertanda seseorang pernah beribadah di tempat itu.

Saat dikunjungi, temperatur bangunan yang kira-kira seluas gazebo itu terasa panas. Hari yang terik, ditambah ventilasi yang dibiarkan tidak terbuka membuat suasana semakin pengap.

Di luar, sejumlah pekerja bangunan sedang asyik selonjoran dengan bertelanjang dada di atas balai kayu. Mereka sedang menikmati angin sepoi-sepoi yang berembus dari arah persawahan seraya bercengkerama.

Selagi itu, Cut Maneh (60) sibuk mencoba satu persatu kunci di tangannya. Setelah lemari terbuka, dia mengambil gulungan kain berwarna kuning yang ditaruh di atas rehal hitam dengan hati-hati.

Gulungan kain dibuka sedikit demi sedikit hingga terlihat tonjolan mushaf Alquran berwarna cokelat dengan ketebalan tak lazim. Kain yang menutupi kitab berusia diperkirakan 700 tahun itu tidak semua dibuka oleh Cut Maneh.

Perempuan paruh baya itu takut menodai kesucian kitab tua tersebut. Mau tidak mau, dia harus menyentuh Alquran itu saat menaruhnya kembali ke dalam gulungan kain, sementara dia dalam keadaan tidak berwudu saat itu.

“Aduh! Lupa pula tadi mengambil wudu di rumah,” ujar juru kunci kompleks Alquran Panton Reu atau Alquran Wangi itu, kepada Liputan6.com, Selasa siang, 12 Februari 2019.

Alquran Panton Reu, selanjutnya disebut Alquran Wangi, berada di Kampung Meugo Rayeuk, Kecamatan Panton Reu, Kabupaten Aceh Barat. Kitab yang berandil dalam penyebaran Islam di Aceh ini, disimpan di dalam sebuah bangunan semi permanen di pelosok desa tersebut.

Liputan6.com menempuh perjalanan sejauh 33 kilometer lebih atau beberapa jam perjalanan dari pusat kabupaten menuju lokasi. Medan berkelok, aspal yang berlubang, dan terkadang berdebu menemani perjalanan.

2 dari 3 halaman

Peninggalan Syekh Maulana Malik Ibrahim

Untuk mencapai lokasi Alquran Wangi berada, mesti melewati jembatan gantung khusus kendaraan roda dua yang bergoyang dan berdentum ketika dilalui. Bagi yang tidak terbiasa, akan bergidik, terlebih sebagian kayu jembatan terlihat patah di beberapa titik.

Semakin mendekati lokasi, akan terlihat hamparan sawah terbentang bak lukisan dengan latar belakang perbukitan. Sebelum mencapai bangunan tempat Alquran Wangi disimpan, beberapa kandang lembu terlihat di sisi kiri jalan setapak berkerikil.

Melalui Sang Juru Kunci sebelumnya, Tgk Meurah Hasan, diketahui, Alquran Wangi merupakan peninggalan Syekh Maulana Malik Ibrahim yang dibawa dari tanah Arab pada Abad ke-13, atau 1235 Masehi. Sebelum berdakwah ke Pulau Jawa, dan menjadi angkatan pertama Wali Songo, ulama ini sempat singgah di Pasai atau Kerajaan Peureulak, Aceh Timur saat ini.

“Syekh Maulana Malik Ibrahim memiliki 2 orang putra, Malikus Saleh, dan Abdul Samad. Abdul Samad menetap di Pidie, dan Alquran itu juga dibawa. Di Pidie, Abdul Samad mengembangkan agama Islam,” sebut Tgk. Meurah Hasan, kepada Liputan6.com, Selasa (12/2/2019).

Anak Syekh Maulana Malik Ibrahim bernama Abdul Samad juga memiliki 2 orang putra, yakni, Tengku Din dan Tengku Chik Adam. Belakangan, Tgk Chik Adam berangkat ke Aceh Barat, tepatnya, ke Kampung Mugo Rayeuk saat ini, dan membawa Alquran yang bertulis tangan tersebut bersamanya.

Tgk Chik Adam punya 4 orang putra, bernama, Tgk Jambo Awe, Tgk. Bintara, Tgk. Ahmad, dan Tgk. Hasyim. Di kemudian hari, Tgk Jambo Awe memiliki keturunan yang silsilahnya menyambung ke Tgk Meurah Hasan, yang tak lain merupakan anak Cut Maneh.

“Saya generasi ke-21 dari Syekh Maulana Malik Ibrahim,” ungkap Tgk Meurah Hasan, juru kunci Alquran Wangi sejak 2007 dan sudah setahun ini diangkat sebagai Penjaga Makam Teuku Umar.

Saat ini, Tgk Meurah Hasan memercayakan Alquran yang berumur ratusan tahun itu kepada Cut Maneh. Sementara, dari pagi hingga menjelang sore, dia berada di Makam Teuku Umar, meladeni para pengunjung yang berziarah atau melepas nazar ke makam salah satu pahlawan nasional itu.

Asal Usul Penyebutan Kata ‘Wangi’

Penyebutan kata ‘wangi’ pada Alquran Wangi sejatinya merujuk kertas yang menjadi bahan dasar Alquran tersebut. Kertas Alquran Wangi berasal dari kayu yang dinilai langka dan hanya ada pada masanya.

Para ahli yang pernah meneliti Alquran tersebut yang menyematkan kata ‘wangi’. Alquran ini mengeluarkan aroma kertas orisinal yang tidak ditemukan pada kertas hasil olahan pabrik.

“Mereka (para ahli) datang sebelum tsunami. Sebelumnya, masyarakat di sini hanya tahu namanya, ‘Alquran Panton Reu’, menunjuk wilayah ini, Kecamatan Panton Reu,” ungkap Tgk Meurah Hasan.

3 dari 3 halaman

Keramat Alquran Wangi

Alquran Wangi dipercaya keramat. Sekali bersumpah dengannya, sumpah tersebut tidak boleh dilanggar jika tidak ingin ditimpa kemalangan.

Menurut tuturan Tgk Meurah Hasan, banyak yang bersumpah dengan Alquran Wangi, tetapi melanggar sumpahnya. Di antara mereka, ada yang meninggal tiba-tiba.

“Makanya tidak ada pejabat yang berani bersumpah dengan Alquran itu. Orang, ada yang mati dalam tempo 3 hari. Ada yang gembung-gembung tubuh. Ada yang tiba-tiba rabun. Macam-macam,” kata Tgk Meurah Hasan.

Karena itu, warga setempat sangat menjaga lisan mereka ketika sedang berbicara mengenai sesuatu hal yang kebenarannya mesti dibuktikan dengan sumpah. Mereka takut keseleo lidah.

Selain itu, jika memasuki kompleks bangunan Alquran Wangi, tidak boleh berpakaian tak sesuai syariat, apalagi berperilaku tak senonoh, jika tidak ingin ditimpa suatu kemalangan.

Akses Tak Bisa Dilalui Kendaraan Roda Empat

Saat dikunjungi Liputan6.com, bangunan tempat Alquran Wangi berada sedang dipugar. Sebuah bangunan baru yang lebih luas sedang dipersiapkan tepat di belakang bangunan lama.

Di dalam kompleks bangunan, terdapat tempat beristirahat untuk peziarah. Di dalam bangunan itu Alquran Wangi disimpan, disediakan berbagai keperluan ibadah, seperti yang pernah disebut sebelumnya.

Para peziarah datang dari dalam dan luar Aceh, bahkan dari negeri jiran. Sayangnya, keberadaan Alquran kesohor ini tidak didukung akses yang harus ditempuh para pengunjung untuk mencapai lokasi.

Jembatan gantung menuju kompleks Alquran Wangi hanya bisa dilewati kendaraan roda dua saja. Sementara itu, pengunjung harus menempuh jarak yang tidak dekat untuk mencapai lokasi.

Baik Tgk. Meurah Hasan, maupun Cut Maneh, keduanya berharap Pemerintah Kabupaten Aceh Barat mengganti jembatan gantung dengan jembatan berangka baja yang bisa dilewati kendaraan roda empat. Ini juga demi memudahkan akses lalu lintas warga desa.

“Karena di situ, terdapat sejarah yang bahkan orang dari luar negeri saja tahu, sayang jika tidak diperhatikan dengan serius,” dia memungkasi.

Bagi Tgk Meurah Hasan dan Cut Maneh, pemugaran percuma jika akses menuju kompleks Alquran Wangi tidak mendapat perhatian. Padahal, Alquran Wangi menandai jejak penyebaran Islam di Nusantara.

Perlu dicatat, Pemerintah Kabupaten Aceh Barat mendapat dana alokasi khusus (DAK) sebesar Rp1,3 miliar untuk memugar sejumlah kawasan yang dianggap sebagai objek wisata, termasuk Alquran Wangi. Itu diungkap Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Aceh Barat, Teuku Nofrizal pada Juni 2018 lalu.


Simak video pilihan berikut ini:

Deretan Angka di Hati Ayam yang Bikin Gempar

Kupang – Ketenangan di Gereja Sonaf Neka Huilelot di Desa Huilelot, Kecamatan Semau, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), mendadak pecah. Penyebabnya karena ada deretan angka dan huruf pada hati ayam yang baru dipotong untuk dikonsumsi. Bagaimana ceritanya?

Peristiwa ini terjadi pada Senin (11/2) sekitar pukul 11.00 Wita. Pendeta dan jemaat saat itu sedang melaksanakan rapat tahunan gereja dan akan ada jamuan makan.

Tiba-tiba salah seorang kaum ibu dari seksi konsumsi bergegas dari dapur menuju ruang gereja tempat rapat digelar. Dia menyampaikan ada tulisan aneh di hati ayam yang hendak dimasak. Semua orang lantas beranjak dari kursinya untuk melihat hati ayam tersebut.

Mereka semua kemudian terperanjat saat diperlihatkan sebuah hati ayam. Di hati ayam berwarna kemerahan tersebut terlihat deretan angka dan huruf berwarna hitam.

“Saya awalnya nggak percaya. Begitu kita ke sana lihat, semua kaget. Ibu-ibu yang masak di belakang bilang mereka sudah cuci berulang-ulang, itu tetap ada tulisan. Jadi sudah mereka lari ke depan dari pintu samping panggil kita,” kata Ketua Unit Pembantu Pelayan Kaum Ibu Gereja Sonaf Neka Huilelot, Rosalin Radjakale, saat dihubungi detikcom lewat telepon, Selasa (12/2).

“Ada yang bilang (huruf dan angka di hati ayam) 10D2E01. Kalau yang katong lihat 10DSE01 terus ada angka 2020 di bawahnya. Ada yang bilang seperti bahasa Yunani. Masing-masing punya versi lah,” sambungnya.

Seperti yang Rosalin katakan, dia awalnya dia kurang percaya. Dia sempat bertanya kepada tim konsumsi apakah sebelumnya ada yang meletakkan hati ayam itu di tempat tertentu sehingga huruf dan angka tercetak di hati ayam itu. Namun dengan yakin tim konsumsi menjawab, sejak ayam dibelah, sudah ada tulisan dan angka tersebut.

Menurut Rosalin ada 2 ekor ayam yang hendak dimasak untuk konsumsi rapat gereja. Namun dari 2 ekor ayam itu, hanya satu yang di hatinya ada tulisan dan angka. Hati ayam itu pun akhirnya disimpan. Dua ekor ayam tadi tetap dilanjutkan dimasak untuk dikonsumsi. Namun saat itu, menurutnya, hanya sebagian orang yang mau makan karena takut.

Rosalin mengatakan, memang ada banyak penafsiran soal huruf dan angka di hati ayam ini. Ada yang mengaitkannya dengan pertanda baik, ada pula yang mengaitkan dengan bencana.

“Semua pakai versi masing-masing. Katong pikir dengar masing-masing punya pikiran gimana saya nggak tahu karena baru pertama terjadi. Ada yang bilang ada pertanda buruk, ada yang baik. Saya tidak tahu ini rahasia apa,” ucapnya.

“Kita bawa saja dalam doa karena kita tidak tahu ini rahasia apa. Waktu itu setelah kejadian itu sebelum jamuan makan bersama sempat didoakan kejadian itu,” sambung Rosalin.

Hati ayam itu pun akhirnya disimpan di kulkas karena tidak ada yang mau mengonsumsi. Rencananya hati ayam tersebut akan dikubur.
(hri/idn)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Wanita Tukang Pijat di Mojokerto Diculik 2 Pria Lalu Dipukuli

Mojokerto

Tukang pijat bernama Suprapti (42) diculik 2 pria tak dikenal di Jalan Empunala, Kota Mojokerto. Wanita asal Magersari ini sempat dipukuli pelaku di areal persawahan.

Aksi kekerasan ini terjadi di Lingkungan Keboan, Kelurahan Gunung Gedangan, Kecamatan Magersari. Lokasinya di areal persawahan sebelah barat pabrik pengolahan plastik.

Satpam pabrik, Bagus Widodo mengatakan, sekitar pukul 19.00 WIB, dirinya diberitahu warga soal teriakan orang meminta pertolongan dari areal persawahan, di dekat tempatnya bekerja. Bersama dua warga Lingkungan Keboan, Bagus mendatangi lokasi asal suara tersebut.

“Warga sini sedang nongkrong di tepi sawah mendengar teriakan minta tolong, datangnya dari sebelah barat pabrik. Karena kelihatan ada lampu sein sepeda motor yang nyala dari arah suara itu,” kata Bagus kepada detikcom di lokasi kejadian, Selasa (12/2/2019).

Benar saja, di areal persawahan, dia menemukan Suprapti dalam kondisi tak berdaya. Kepala bagian belakang tukang pijat keliling ini mengalami pendarahan. Mata sebelah kanan korban lebam. Korban mengaku dipukuli dua pria tak dikenal yang telah menculiknya.

“Celana korban sudah dilepas sama pelakunya, ada bercak darah di sekitar pahanya, nampaknya diperkosa,” ungkap Bagus.

Namun, pelaku lebih dulu kabur saat warga mendatangi korban. Menurut Bagus, pelaku adalah 2 pria mengendarai sepeda motor warna hitam.

“Pelaku kabur ke arah Mojoanyar (Kabupaten Mojokerto), nopol sepedanya kami tak sempat melihatnya karena laju sepeda motornya kencang,” ujarnya.

Kejadian dilaporkan warga ke Ketua RT di lingkungan Keboan. Laporan tersebut diteruskan ke Polres Mojokerto Kota.

Polisi dari unsur Unit Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT), Tim Indentifikasi hingga Unit Resmob Satreskrim Polres Mojokerto Kota datang ke lokasi untuk olah tempat kejadian perkara (TKP) dan memintai keterangan sejumlah saksi.

Di lokasi, petugas menemukan sebuah helm berwarna hitam milik pelaku. Sementara korban dibawa petugas ke RS Hasanah di Jalan HOS Cokroaminoto, Kota Mojokerto untuk divisum dan diobati lukanya.

Kakak kandung korban Priyanto menuturkan, Suprapti diculik 2 pria tak dikenal dalam perjalanan pulang usai memijat pelanggannya di kawasan Pasar Tanjung Anyar, Jalan Residen Pamudji, Kota Mojokerto. Saat itu korban berjalan kaki seorang diri.

Menurut dia, Suprapti selalu membawa uang dalam jumlah besar dari upah memijat. Uang itu selalu disimpan korban di balik bajunya.

“Sampai di depan pasar burung Jalan Empunala, adik saya diculik dua pria tersebut, dia dibonceng paksa oleh pelaku,” terang Priyanto di IGD RS Hasanah.

Kanit SPKT Polres Mojokerto Kota Aiptu Eko Purwanto menjelaskan, hasil visum di rumah sakit menunjukkan korban mengalami luka di kepala belakang dan mata sebelah kanan akibat dipukuli pelaku penculikan.

“Visum untuk dugaan pemerkosaan kami lakukan besok karena ini tadi dokternya sedang tidak ada” jelasnya.

Dari keterangan sementara, korban mengaku tidak mengenal dengan 2 pria yang membawanya. Uang yang dibawa masih utuh.

“Pengakuan korban dibonceng paksa oleh dua pria tak dikenal. Motifnya masih kami dalami,” ujarnya.


(fdn/fdn) <!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Musim DBD, Penjualan Ikan Cupang di Tasikmalaya Melonjak

Liputan6.com, Tasikmalaya – Peningkatan penyakit Deman Berdarah Dangue (DBD) di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, menjadi berkah tersendiri bagi penjual ikan cupang. Saat ini omzet mereka naik hingga dua kali lipat dari biasa.

Sejak awal tahun 2019, sebanyak lima orang warga Kota Tasikmalaya, Jawa Barat meninggal dunia, akibat serangan penyakit mematikan yang diakibatkan nyamuk tersebut. Total kasus DBD yang berhasil diungkap mencapai 65 kasus.

Toni, 45, salah satu penjual ikan cupang yang biasa mangkal di kota Tasikmalaya mengatakan, sebagai hewan predator penggunaan ikan cupang, sangat efektif dalam memakan jentik nyamuk Aedes Aegypti. “Rata-rata naiknya (penjualan) hingga 50 persen, ” ujar dia, Minggu (10/2/2019).

Jika sebelumnya, ikan kecil tersebut hanya digunakan sebagai hewan hiasan semata, namun kali fungsinya lebih berfaedah dalam menghentikan penyebaran bakal penyakit Demam Berdarah Dangue (DBD) tersebut. “Ada saja masyarakat yang membutuhkan,” kata dia.

Toni menyatakan, selama ini penjualan ikan cupang hanya berkisar 30-30 ekor per hari, dengan keuntungan Rp 2.000 – 5.000 prr ekor. Namun kali ini omset penjualan mencapai 100 ekor per hari. “Biasanya disimpan di bak mandi untuk memakan jentik nyamuk,” kata dia.

Kepala Bidang Perikanan Kota Tasikmalaya, Hendra Budiman mengatakan, untuk menanggulangi peredaran jentik nyamuk Aedes Aegypti, lembaganya telah mendapatkan bantuan hingga 1.200 ekor ikan cupang secara gratis.

Pemanfaatan ikan predator itu ujar dia, sangat efektif untuk memakan jentik nyamuk, sehingga penyebaran penyakit bisa dihentikan sejak dini. “Satu ekor bisa memakan 80 jentik dalam satu kali makan,” kata dia.

Formasi: Menanti Drama Fase Gugur Liga Champions 2018/19

Liputan6.com, Jakarta Sebanyak 16 tim terbaik Eropa akan tampil pada fase gugur Liga Champions 2018/19. Hasil di leg pertama bakal menentukan langkah masing-masing tim menuju babak berikutnya. 

Babak 16 besar Liga Champions musim ini bakal dimulai, Rabu, 13 Februari 2019 dinihari WIB. Di hari pertama, Manchester United bakal menjamu Paris Saint Germain (PSG) di Old Trafford. Sementara AS Roma bakal bertemu wakil Portugal, FC Porto di Stadio Olimpico.  

Ini jadi ujian perdana MU bersama Solskjaer di ajang Liga Champions. Kecerdikan pelatih asal Norwegia itu kembali diuji setelah sukses menorehkan 10 kemenangan dari 11 laga. 

Seperti diketahui, performa MU mencuri perhatian sejak ditinggal Jose Mourinho akhir tahun lalu. Kehadiran Solskjaer yang ditunjuk sebagai manajer sementara mengubah Setan Merah menjadi tim yang belum terkalahkan. Bahkan kemenangan demi kemenangan yang ditorehkan membawa MU ke posisi empat klasemen sementara Liga Inggris musim ini. 

MU mulai melewati rival-rival terkuat seperti Chelsea yang kini terpaut 1 poin. The Blues harus rela tergusur setelah tim besutan Maurizzio Sarri itu dihancurkan Manchester City 0-6. MU melambung setelah sehari sebelumnya berhasil mengalahkan Fulham dengan skor 3-0. 

Performa gemilang MU bersama Solskjaer kini mendapat ujian di level yang lebih tinggi. Mental bertanding para pemain bakal kembali diuji saat menjamu PSG di Old Trafford. Hanya saja, Solskjaer harus memutar otak mengingat laga berat lain juga menanti Setan Merah. 

Rotasi pemain pun jadi pilihan terbaik Solskjaer. Sejumlah pemain disimpan saat MU bertemu Fulham. Marcus Rashford yang kembali bersinar disimpan dalam duel ini. Begitu juga dengan bek tangguh, Victor Lindelof. Mereka diharapkan bisa pulih saat bertemu PSG. 

“Ada beberapa ketidaknyaman, Marcus Rashford mengalami keram saat melawan Leicester City. Kami tidak ingin mengambil risiko,” kata Solskjaer. 

“Di belakang, Victor Lindelof memang cedera. Tapi tidak terlalu mengkhawatirkan. Keduanya seharusnya baik-baik saja untuk hari Selasa,” ujar mantan pemain MU tersebut. 






2 dari 4 halaman

Tanpa Neymar

Meski demikian, tuan rumah setidaknya bisa bernafas lega. Pasalnya, tim lawan datang dalam kondisi compang-camping. Les Parisien harus kehilangan striker andalannya Neymar. Pemain asal Brasil itu dipastikan absen melawan MU karena mengalami cedera cukup parah. 

Neymar menderita cedera metatarsal saat PSG bertanding melawan Strasbourg pada ajang Coupe de France beberapa waktu lalu. Kondisi mantan pemain Santos itu bertambah buruk karena cedera tersebut berada di tempat yang membuatnya absen 4 bulan musim lalu. 

Kehilangan Neymar tentu saja jadi pukulan telak bagi PSG. Sebab, pemain yang diboyong dari Barcelona itu merupakan salah satu mesin gol Les Parisien. Musim ini saja, Neymar sudah mengemas 20 gol dalam 23 penampilan bersama PSG di semua kompetisi. 

“Sekarang, ini waktu yang sulit bagi kami karena Ney (Neymar) cedera. Bagi kami, Ney adalah pemain yang sangat penting, karena dia telah melakukan hal-hal luar biasa untuk tim selama tiga bulan terakhir,” kata kiper PSG, Gianluigi Buffon seperti dilansir Four Four Two.

Beban pelatih PSG, Thomas Tuche, semakin bertambah setelah penyerang lain, Edinson Cavani juga dipastikan absen saat bertemu MU. Pemain asal Uruguay itu mengalami cedera panggul saat PSG mengalahkan Girondins de Bordeaux, Sabtu lalu. Diagnosa dokter usai pertandingan juga menunjukkan hasil yang kurang baik. Mantan pemain Napoli tersebut ternyata  mengalami otot paha kanan yang memaksanya absen hingga bulan depan.

Selain Neymar dan Cavani, PSG juga terancam tanpa bek andalannya, Thomas Meunier. Posisi pemain asal Belgia tersebut mengalami gegar otak ringan usai bertabrakan dengan rekannya, François Kamano saat latihan kemarin. Posisinya lalu digantikan Colin Dagba. 

Menurut Solskjaer, absennya pemain-pemain hebat bakal mengurangi bobot duel MU vs PSG. “Saat Anda bertemu tim hebat, Anda ingin bertarung melawan para pemain. Publik ingin melihat pemain-pemain terbaik. Sangat mengecewakan bagi Old Trafford,” katanya.

Tanpa pemain bintang, pertandingan menurut Solskjaer bakal terasa hambar. Sebab kehadiran pemain-pemain hebat juga memberikan semangat tambahan bagi pemain. 

 “Saya sudah beberapa kali bermain saat kami bertemu Real Madrid dan Ronaldo dan Figo dan semua yang pernah ke Old Trafford.  Ini memberikan semangat tambahan,” katanya. 



3 dari 4 halaman

Kiprah Pemain Debutan

Sementara itu, babak 16 besar Liga Champions 2018/19 bakal jadi panggung bagi sejumlah pemain baru. Sebab seluruh kontestan tidak melewatkan kesempatan untuk memasukkan 3 nama baru sesuai aturan UEFA untuk memperbesar peluang meraih gelar juara.  

Satu nama yang mencuri perhatian adalah Arlvaro Morata yang akan memperkuat Atletico Madrid. Pemain asal Spanyol tersebut baru saja diboyong dari Chelsea dan langsung didaftarkan untuk tampil pada babak 16 besar. (Ikuti berita lengkapnya di sini). 

Liverpool juga memanfaatkan kesempatan ini untuk memasukkan nama Alex Oxlade Chamberlain setelah sempat absen selama setengah musim akibat cedera. Sedangkan Barcelona memasukkan nama Kevin Prince Boateng yang baru dipinjam dari Sassuolo.



4 dari 4 halaman

Jadwal Leg 1

13 Februari 2019

Manchester United vs PSG

AS Roma vs FC Porto


14 Februari 2019

Tottenham Hotspur vs Borussia Dortmund

Ajax Amsterdam vs Real Madrid


20 Februari 2019

Olympique Lyonnais vs Barcelona

Liverpool vs Bayern Munchen


21 Ferbruari 2019

Schalke 04 vs Manchester City

Atletico Madrid vs Juventus


Saksikan juga video menarik di bawah ini:

Aquaman Bakal Punya Film Spin-Off Tanpa Jason Momoa

Liputan6.com, Los Angeles – Film Aquaman terhitung sukses di box office setelah tayang di bioskop seluruh dunia pada Desember lalu. Pihak Warner Bros pun berencana membuat film spin-off. Uniknya, mereka tidak berfokus pada Arthur Curry atau Mera, melainkan pada The Trench, satu dari tujuh kerajaan bawah laut di film Aquaman.

Dalam ceritanya, Kerajaan The Trench, diambarkan memiliki penghuni makhlut laut yang mengerikan. Namun pada akhirnya, mereka membantu Aquaman untuk menstabilkan kehidupan bawah laut.

Film The Trench saat ini sedang dalam tahap pengembangan. Warner Bros diketahui baru saja menggandeng sineas Noah Gardner dan Aidan Fritzgerald sebagai penulis skenario film spin-off Aquaman ini.

Meskipun berkisah di dunia Aquaman, Jason Momoa dan Amber Heard tidak akan dilibatkan sama sekali dalam proses pembuatan film The Trench. Namun, Warner Bros hendak membuat The Trench dengan anggaran yang sangat besar.

2 dari 3 halaman

Menyalip Wonder Woman

Sayangnya, sejak kabar rencana film spin-off, Warner Bros dan DC belum mengumumkan kabar terbaru perihal sekuel film Aquaman.

Padahal seperti diketahui banyak pecinta film, Aquaman telah sukses menyalip pendapatan Wonder Woman.

3 dari 3 halaman

Baru Muncul 2011

Di dunia komik DC, Kerajaan The Trench baru dimunculkan pada 2011. Sehingga, kerajaan tersebut belum bisa dianggap sebagai properti klasik milik DC Comics.

Alur cerita film The Trench hingga kini masih belum disampaikan. Jadwal rilis dan pemainnya juga masih disimpan rapat-rapat oleh Warner Bros.

Rumput Laut RI Sulit Masuk China, Menteri Susi Incar Pasar Lain

Liputan6.com, Sidoarjo – – Menteri Kelautan dan Perikanan ((KP) Susi Pudjiastuti bertamu ke Kampung Rumput Laut, Dusun Tanjungsari, Desa Kupang, Kecamatan Jabon, Sidoarjo. Di sana, Menteri Susi bersama rombongan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengunjungi Kelompok Pembudidaya Samudera Hijau Satu, yang mengintegrasikan budidaya rumput laut, udang, dan bandeng.

Menteri Susi terlebih dahulu menemui beberapa nelayan tambak, sebelum akhirnya meninjau lokasi pengolahan rumput laut.Kedatangan Menteri Susi disambut dengan 7 tumpeng oleh warga sekitar. Sebelum berdialog dengan warga, Menteri Susi melakukan prosesi pemotongan tumpeng, di mana potongan pertama diberikan kepada H. Mustofa, Ketua Kelompok Pembudidaya Rumput Laut sekitar. Rombongan juga disuguhi berbagai kudapan berbahan dasar rumput laut.

Dalam sambutannya di hadapan sekitar 300 kepala keluarga yang hadir, Menteri Susi mengapresiasi usaha budidaya rumput laut yang ditekuni masyarakat sekitar. Ia pun berdialog, menampung berbagai keluhan dan aspirasi dari masyarakat.

Menteri Susi turut menyinggung perdagangan dengan China bersama masyarakat setempat. Pasalnya, ia mengakui China masih menjadi pasar rumput laut terbesar, namun kartel perdagangan yang diterapkan China membuatnya sulit ditembus. Meski begitu, Menteri Susi meminta masyarakat untuk tidak berputus asa. Ia berjanji akan mencarikan pasar alternatif lainnya.

Ia didampingi oleh Sekretaris Jenderal KKP Nilanto Perbowo, Direktur Jenderal Perikanan Tangkap M. Zulficar Mochtar, Kepala Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Rina; dan Direktur Jenderal Pengelolaan Ruang Laut Brahmantya Satyamurti Poerwadi.

Menteri KKP Susi Pudjiastuti berdialog kampung rumput laut Sidoarjo. Dok: Humas Kementerian KKP

Menteri Susi juga menyarankan koperasi warga sekitar untuk mengajukan pinjaman ke Badan Layanan Umum Lembaga Pengelola Modal Usaha Kelautan dan Perikanan (BLU LPMUKP). BLU LPMUKP menyediakan pinjaman dengan bunga yang jauh lebih kecil dibandingkan bank, yaitu hanya sebesar 3 persen.

Ia juga menyarankan pembudidaya rumput laut untuk mengurus resi gudang (dokumen bukti kepemilikan barang yang disimpan di gudang), sehingga untuk dapat meminjam modal ke bank tidak diperlukan jaminan lainnya.

“Saya lihat Bapak dan Ibu semua sudah cukup. Rumput lautnya sudah mencukupi bisa bikin semua senang, hidup tidak susah, kalau berlebih itu tentunya cita-cita kita semua. Tapi kan paling tidak, sudah tidak susah dengan adanya rumput laut? Alhamdulillah,” jelas Menteri Susi.

2 dari 2 halaman

Warga Bisa Panen 600 Ton Rumput Kering Tiap Bulan

Warga sekitar memang telah menggantungkan hidup pada budidaya rumput laut yang diintegrasikan dengan udang dan bandeng. Ketua Kelompok Pembudidaya Rumput Laut, H. Mustofa mengatakan, di musim kemarau, setiap bulannya masyarakat dapat panen hingga 600 ton rumput laut kering.

Namun, di musim penghujan seperti Januari 2019 lalu, masyarakat hanya menghasilkan sekitar 197 ton rumput laut kering. Rumput laut ini dijual dalam rentang harga Rp 5.800-7.500 per kilogramnya. Untuk menyiasati musim penghujan, Menteri Susi menyarankan warga membangun para-para untuk menjemur rumput laut agar dapat kering meskipun tidak disinari matahari.

Mustofa pun mengaku, rumput laut produksi kelompoknya sudah mampu memenuhi kriteria ekspor dengan kadar air 15 persen, tingkat kebersihan tinggi, dan proses pengolahan yang memenuhi standardisasi. Namun untuk menunjang itu semua, Menteri Susi menginginkan KKP memberikan bantuan bibit rumput laut yang dikembangkan dengan teknik kultur jaringan.

“Saya minta hasil teknik kultur jaringan, supaya nanti kualitasnya lebih sehat lagi. Jadi kalau lebih sehat nanti hasilnya lebih banyak lagi untuk bapak dan ibu semua,” cetusnya.

Di akhir sambutannya, dalam kegiatan yang turut dihadiri taruna-taruni Politeknik Kelautan dan Perikanan (Potek KP) Sidoarjo tersebut, tak lupa Menteri Susi mengingatkan warga sekitar untuk memperhatikan pengelolaan sampah, utamanya sampah plastik. Ia mengimbau masyarakat untuk mengurangi penggunaan plastik sekali pakai karena dapat mencemari lingkungan, terlebih lagi Kampung Rumput Laut berada dekat dengan laut.

Usai ramah-tamah dengan warga, Menteri Susi melanjutkan kegiatan dengan menyaksikan aktivitas budidaya udang vannamei; meninjau fasilitas gudang penyimpanan rumput laut yang sudah dikemas dan siap kirim; meninjau fasilitas pembersihan rumput laut; menyaksikan aktivitas pengolahan rumput laut oleh Ibu-ibu anggota koperasi Kelompok Budidaya Kampung Rumput Laut; dan mengunjungi lokasi tambak warga yang berada dekat dengan lokasi penggilingan rumput laut.