Viral Kotak Suara Tak Disimpan di Kecamatan, Ini Kata KPU Makassar

Makassar – Sebuah video menjadi viral di Makassar terkait banyaknya kotak suara yang ditemukan di dalam sebuah gudang bukan di kecamatan. KPU Kota Makassar memberikan jawaban bahwa gudang tersebut adalah gudang sewa tempat penyimpanan kotak suara.

Pada video yang beredar dan didapatkan detikcom, Kamis (18/4/2019), terlihat seorang pria mengatakan menemukan kotak suara di sebuah gudang.

“Saya berada di suatu tempat di Makassar. Ini kotak-kotak suara tidak berada di kecamatan, dari TPS di bawah ke tempat ini yang tidak diketahui apa wewenangnya,” kata pria tersebut dalam video yang beredar.

Dia juga sempat menunjukkan kotak suara yang tidak tersegel. Dia menyebut kemungkinan masih banyak tempat seperti itu yang ada di Makassar.

Atas video viral itu, KPU Kota Makassar angkat bicara. Komisioner KPU Kota Makassar, Gunawan Mashar menjelaskan bahwa gudang tersebut telah disewa oleh kecamatan untuk menyimpan kotak suara.

Gunawan menyebut pihak PPK menyewa gedung itu karena kantor kecamatan tidak mampu menampung semua logistik pemilu.

“Itu gedung di sewa PPK, karena tidak ada lagi gudang di kecamatan yang bisa menampung logistik pemilu, apalagi saat ini semua serentak, tidak seperti pilkada lalu jadi semua bisa ditampung. Bahkan gedung KPU saja sudah tidak sanggup tampung semua,” kata dia di kantor KPU Kota Makassar, Jalan Antang Raya, Makassar.

Adapun soal kotak suara yang tidak tersegel, Gunawan menjawab ada kelalaian dari petugas dan pihaknya telah membenahi kotak suara itu.

“Kita sudah tingkatkan keamanan untuk berjaga di sana,” ungkapnya.
(fiq/rvk)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Kotak Surat Suara yang Dicoblos WNI di Malaysia Disimpan di KBRI

Fokus, Malaysia – Kotak yang berisi surat suara yang sudah dicoblos warga negara Indonesia (WNI) yang tinggal di Malaysia, kini sudah tersegel dan disimpan di dalam kantor Kedutaan Besar Indonesia (KBRI) di Kuala Lumpur, Malaysia.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Selasa (16/4/2019), penjagaan terhadap kotak suara dilakukan petugas untuk memastikan kotak suara tetap tersegel hingga proses penghitungan dilakukan pada 17 April.

Selain kotak suara, berbagai macam logistik pemilu yang telah digunakan untuk pemungutan suara pada hari Minggu, 14 April kemarin juga masih disimpan di KBRI.

Pemungutan suara pemilu serentak bagi WNI yang tinggal di Malaysia dilakukan hari Minggu. Salah satu tempat pemungutan suara berada di komplek KBRI di Kuala Lumpur.

Hasil pemungutan suara di KBRI baru akan diketahui pada 17 April setelah kotak suara dibuka dan dihitung oleh panitia dibantu Panwaslu dan disaksikan perwakilan peserta pemilu serentak.

Top 3 Berita Hari Ini: Berapa Lama Telur Dapat Disimpan Sebelum Dimasak?

Liputan6.com, Jakarta – Top 3 Berita Hari Ini mengulas mengenai waktu yang ideal untuk menyimpan telur sebelum dimasak. Seperti yang diketahui, telur adalah salah satu bahan makanan yang paling banyak digemari.

Telur sendiri sebenarnya memiliki ketahanan yang lama. Ya, bahan satu ini dapat disimpan selama satu tahun dan tetap dapat dikonsumsi. Di sisi lain, ada trik yang wajib Anda ketahui untuk membuatnya bertahan lama.

Selain itu, momen kebersamaan Menteri Keuangan Sri Mulyani bersama cucu jadi perhatian. Hal tersebut tampak ketika ia mengajak cucunya jalan-jalan ke Monas dan Ragunan saat akhir pekan.

Manisnya potret tersebut menampilkan keseruan, serta keceriaan perjalanan Sri Mulyani bersama suami dan cucu-cucunya. Ia pun sempat menuliskan antusiasme dan beragam kegiatan yang dilakukan.

Sementara itu, tidak ketinggalan penampilan aktris Luna Maya yang selalu jadi perhatian. Satu di antaranya ketika ia membagikan potret tengah jadi host dalam sebuah acara penghargaan musik beberapa waktu lalu.

Ketiga berita tersebut terangkum lengkap dalam Top 3 Berita Hari Ini. Yuk, simak rangkuman Liputan6.com selengkapnya berikut ini.

Berapa Lama Sebenarnya Telur Bisa Disimpan Sebelum Dimasak?

Telur merupakan salah satu bahan makanan yang banyak dikonsumsi. Di samping harga yang ekonomis, pengolahan super mudah nan sederhana juga jadi alasan telur merupakan bahan andalan tak sedikit orang.

Karenanya, telur sering kali dibeli dalam jumlah cukup banyak untuk kemudian disimpan lebih dulu sebelum diolah. Terbilang tahan lama, telur nyatanya bisa disimpan selama satu tahun dan tetap bisa dikonsumsi. Tapi, ada trik untuk membuatnya bisa bertahan sebegitu lama.

Selanjutnya…

Sambil Gendong Cucu, Sri Mulyani Kunjungi Monas dan Ragunan di Akhir Pekan

Akhir pekan jadi momen yang menyenangkan bagi banyak orang. Begitu pula dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani. Pada akhir pekan kali ini, ia sengaja mengajak cucunya jalan-jalan ke Monas dan Ragunan. Ia membagikan keceriaannya bersama suami dan cucu-cucunya.

Selanjutnya…

Tampilan Luna Maya Kenakan Busana Rancangan Desainer Langganan Syahrini

Sudah sejak beberapa lalu sejak nama Luna Maya dan Syahrini sering kali disandingkan. Apa-apa yang bersinggungan tentang kedua figur publik ini tak jarang menarik perhatian publik, termasuk soal penampilan.

Lewat unggahan di akun Instagram-nya, @lunamaya, perempuan berdarah Bali ini membagikan penampilan ketika jadi host salah satu penghargaan acara musik di sebuah stasiun televisi swasta, beberapa waktu lalu.

Selanjutnya…

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Berapa Lama Sebenarnya Telur Bisa Disimpan Sebelum Dimasak?

Liputan6.com, Jakarta – Telur merupakan salah satu bahan makanan yang banyak dikonsumsi. Di samping harga yang ekonomis, pengolahan super mudah nan sederhana juga jadi alasan telur merupakan bahan andalan tak sedikit orang.

Karenanya, telur sering kali dibeli dalam jumlah cukup banyak untuk kemudian disimpan lebih dulu sebelum diolah. Terbilang tahan lama, telur nyatanya bisa disimpan selama satu tahun dan tetap bisa dikonsumsi. Tapi, ada trik untuk membuatnya bisa bertahan sebegitu lama.

Dilansir dari Pop Sugar, Rabu, 27 Maret 2019, telur mentah biasanya bertahan hingga tiga minggu dari tanggal pembelian dan tahan selama empat sampai lima minggu dari tanggal yang tertera dalam kemasan jika ditaruh di kulkas.

Telur rebus dan telur yang dipecahkan dari cangkang tak lagi memiliki masa sebegitu lama. Cangkang telur memiliki pori dan lapisan tipis minyak mineral yang menutupi, juga melindungi telur. Merebus dan mencuci telur menghilangkan lapisan tersebut dan membuatnya rentan terhadap bakteri.

Telur rebus yang telah dikupas harus dimakan dalam satu hari. Telur mentah yang dipecahkan harus dimakan dalam waktu dua hari. Putih telur yang dipisahkan dari kuningnya dapat bertahan hingga empat hari, sedangkan kuning telur hanya bertahan dua hari.

Cara mudah untuk menentukan telur segar dan tidak ialah cukup siapkan air dalam wadah tinggi yang diisi air. Bila telur tenggelam, berarti telur masih segar. Telur yang mengambang menandakan telur sudah tidak segar.

Bila Anda ingin memanjangkan umur telur, masukan telur ke dalam freezer. Telur utuh, kuning telur, dan putih telur yang beku dapat bertahan hingga satu tahun.

Jangan kaget, kuning telur akan menebal saat dibekukan. Cara yang dapat dilakukan untuk membuatnya cair kembali adalah dengan mengocok telur bersama 1/8 sdt garam atau satu 1/2 sdt gula untuk empat kuning telur. Bila Anda menemukan perbedaan tekstur, itu sangat wajar dan telur masih tetap bisa dikonsumsi. (Fairuz Fildzah)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Telur rebus yang dipanaskan di microwave dapat meledak saat ditusuk benda tajam.

BPN Serius Usulkan Surat Suara Disimpan di Koramil Usai Pencoblosan

Liputan6.com, Jakarta – Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi serius mengusulkan kotak suara disimpan di markas Koramil setelah masyarakat melakukan pencoblosan Pemilu Serentak pada 17 April nanti. BPN tak percaya jika suara diamankan polisi maupun camat.

“Itu usulan serius karena kami melihat ada kecenderungan. Semua tim dan relawan cenderung tak percaya pada aparatur hukum, seperti kepolisian termasuk camat,” kata Koordinator Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi di media center Prabowo-Sandi, Jalan Sriwijaya I No 35, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (6/3/2019).

Maka dari itu, BPN memilih institusi TNI untuk menyimpan kotak suara pencoblosan di kantor Koramil. Menurutnya, institusi yang paling dipercaya BPN dalam pemilu kali ini adalah TNI.

“Untuk antisipasi ada baiknya kami melihat yang netral adalah TNI, idealnya di Koramil aja untuk mencegah kecurigaan yang berlebihan di grassroot. Sementara ini, kami masih melihat TNI masih sangat netral terkait pemilu kali ini,” pungkasnya.

Sementara, Wakil Presiden Jusuf Kalla menanggapi usulan kotak suara disimpan di kantor Komando Rayon Militer (Koramil) setempat usai pencoblosan 17 April. Menurut dia, penyimpanan kotak suara seharusnya sesuai aturan yang berlaku.

“Jadi sesuai aturan itu saya yakin juga tetap aman. Kalau di Koramil belum tentu mereka punya tempat atau macam-macam. Apalagi ini kan dibuat dari karton. Bahan yang bukan aluminium. Jadi peka kepada air dan segala macam kalau ada masalah. Perhitungannya juga akan selesai cepat,” kata JK di Kantornya, Jalan Merdeka Utara,Jakarta Pusat, Selasa (5/3).

JK menilai kotak suara itu tidak perlu disimpan di Koramil. Sebab beberapa Koramil tidak akan menampung seluruh kota suara. “Kalau hanya simpan Koramil, misal ada 100 kotak, bagaimana caranya Koramil itu simpannya. Dijaga bersama lah, dijaga oleh polisi,” ungkap JK.

Dia juga menilai KPU akan tetap netral. JK juga mengatakan pihak KPU tidak terlihat bahwa memihak salah satu pihak. Selama ini kata JK, pihak pelaksana pemilu tegas menghadapi laporan-laporan.

“Bahwa kemudian ada yang menuduh, itu ya kalau memang dia bisa dibuktikan tidak netral, dikemukakan ke Bawaslu atau badan kehormatan aja (DKPP),” kata JK.


Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Sumber: Merdeka.com

2 dari 2 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Jawab ‘Ancaman’ Novel Bamukmin, Komisioner KPU Ungkit Hoax 7 Kontainer

Jakarta – Ketua Media Center PA 212 Novel Bamukmin menyebut masyarakat mengalami krisis kepercayaan dan menyebut akan membubarkan KPU jika tidak netral dalam pemilu. KPU mengatakan tudingan krisis kepercayaan tersebut tidak bijak.

“Tudingan krisis kepercayaan tidak bijak, karena hingga tingkat kepercayaan publik kepada penyelenggaraan pemilu terjaga,” ujar komisioner KPU Viryan Aziz kepada detikcom, Jumat (1/3/2019).

Menurut Viryan, saat ini yang terjadi banyak pihak berupaya mendelegitimasi pemilu dengan berita hoax. Salah satunya dengan adanya hoax 7 kontainer surat suara tercoblos yang sempat terjadi.

“Yang ada justru hoax pemilu yang berupaya mendelegitimasi pemilu, terbukti dengan hoax pemilu 7 kontainer surat suara sudah tercoblos, masa hoax pemilu delegitimasi pemilu lantas membuat krisis kepercayaan. Maknanya upaya membuat kabar bohong mendelegitimasi KPU tidak berhasil dilakukan,” kata Viryan.

Dia juga mengatakan perhitungan hasil pemilu dilakukan secara manual, sehingga tidak dimungkinkan adanya kecurangan memalui manipulasi IT. Selain itu, menurutnya perhitungan ini juga dilakukan secara terbuka yang disaksikan pengawas pemilu.

“Pemilu sejak 1955 sampai sekarang dilakukan secara manual, tidak mungkin IT bisa memanipulasi hasil pemilu karena Indonesia tidak menyelenggarakan pemilu elektronik. Yang dilakukan hanya publikasi hasil pemilu di TPS, kecamatan, dan sebagainya,” kata Viryan.

“Hasil pemilu dihitung dalam rapat pleno terbuka, rekapitulasi penghitungan suara di kecamatan sampai dengan pusat. Rapat pleno dilakukan secara terbuka, diikuti saksi dari peserta pemilu, pengawas pemilu, pemantau dan masyarakat,” sambungnya.

Terkait adanya potensi kecurangan memalu kotak suara bila disimpan di kantor kecamatan. Viryan juga mengatakan tempat penyimpanan ini telah dilakukan sejak 1955 dan tidak menimbulkan masalah.

“Penyimpanan kotak suara di kantor kecamatan dilakukan sejak pemilu 1955 sampai sekarang, termasuk juga di pilkada. Penggunaan kantor kecamatan sudah berlangsung dan tidak ada masalah selama ini,” kata Viryan.

Sebelumnya, Novel Bamukmin meminta KPU netral sebagai penyelenggara Pemilu 2019. Dia menyebut KPU wajib dibubarkan jika tidak netral.

“Kita mendatangi KPU, tak lain tidak bukan tuntut keadilan. Betul? Siap tegakkan keadilan? Siap tegakkan persatuan? Takbir!” kata Novel di atas mobil komando di depan kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Jumat (1/3/2019).

Novel juga mengklaim masyarakat saat ini sudah mengalami krisis kepercayaan. Oknum aparat, baik sipil maupun Polri, disebut Novel dipertanyakan netralitasnya.

(dwia/tor)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Kenalkan! Eha Penjual Kopi Starling di Cilegon Nekat Jadi Caleg

Cilegon – Caleg DPRD Kota Cilegon dapil 1 Cibeber-Cilegon dari PPP, Eha Soleha (44) sehari-hari menjadi pedagang starling alias Starbuck Keliling alias kopi keliling. Namun, hal itu tidak mengurungkannya maju ke panggung demokrasi.

Eha tinggal di kontrakan petak sekitar 500 meter dari Pasar Induk Kranggot. Ia tinggal bersama kedua orang tua dan anaknya yang masih berumur kira-kira 12 tahun.

Tak ada kursi di ruangan. Televisi tabung seadanya disimpan di lantai. Di beberapa tempat, terlihat pakaian dan mukena bergelantungan.

Setiap hari, ia berjualan di pasar mulai pukul 01.00 WIB dini hari sampai 08.00 WIB pagi. Dari kediamannya, ia bawa 3 termos dan keranjang berisi kopi saset.
Tengah malam jelang fajar adalah waktu paling efektif jualan kopi di pasar karena banyak pelanggan. Pekerjaan ini, sudah dilakukan hampir tiga tahun dengan penghasilan Rp 75 ribu perhari.

Pada pertengahan tahun lalu, Eha bercerita ada pelanggannya tiba-tiba menawarinya menjadi caleg di PPP. Pelanggan tukang sayur itu kebetulan pengurus PAC Kecamatan Cibeber yang sedang mencari sosok caleg perempuan. Meski sempat ragu, ia malah tertarik ikut.

“Saya ditawari teman, saya bilang nggak punya uang. Katanya udah nggak apa-apa, saya diminta beberapa kali, ditelponin, ya udah saya hormati (terima),” kata Eha saat ditemui detikcom di Cilegon, Banten, Jumat (1/3/2019).

Rencana pencalegan ini rupanya sempat ditentang oleh keluarga. Eha diminta mundur karena tak punya modal. Tapi terlanjur mendaftar dan lolos daftar calon tetap (DCT), ia memutuskan untuk terus maju.

“Yah mau gimana lagi, kalau orang tua mah ngedoain aja,” kata orang tua Eha menimpali.

Sejak resmi jadi caleg itulah Eha mengaku semangat melakukan kampanye di pasar. Waktu berjualan ia manfaatkan untuk memperkenalkan diri sebagai caleg dari PPP nomor urut 6. Respons pelanggan menurutnya rata-rata terkejut, bahkan ada yang tidak percaya.

“Walah caleg kopi. Eh ada uangnya nggak. Emangnya punya uang nyaleg,” kata Eha menirukan suara pelanggannya.

“Doain saya sih, kata saya. Terus saya jalan lagi” ujarnya.

Kampanye di pasar itu ia juga sering bagi-bagi stiker dan kartu nama. Ia mengaku dimodali partai untuk dua barang ini. Ia mengaku memang tidak punya modal selain dari jualan kopi keliling.

(bri/asp)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Kesaktian Keris Emas Berbisa Peninggalan Arung Palakka

Liputan6.com, Bone – Arung Palakka, sultan dari Kerajaan Bone di Sulawesi Selatan yang menjabat dari tahun 1654 hingga 1696. Dia dikenal pemberani dan sakti hingga berhasil membawa nama suku Bugis menjadi salah salah satu suku yang paling ditakuti kekuatan maritimnya pada abad ke-17.

Berbicara mengenai kesaktian Arung Palakka ada banyak hal yang menarik untuk dibahas. Salah satunya adalah benda-benda pusaka yang digunakan oleh raja ke-15 Kerajaan Bone.

Salah satu benda pusaka milik Arung Palakka yang paling terkenal adalah Keris La Makkawa. Keris yang memiliki nama lain Tappi Tatarapeng ini seluruh permukaanya dilapisi emas.

“Semua lapisannya emas, dari hulu dan sarungnya,” kata Andi Unru, salah seorang tokoh masyarakat Kabupaten Bone, kepada Liputan6.com, Kamis, 28 Februari 2019.

Dalam sejarahnya, senjata pusaka keris ini dikenal sangat berbisa dan tajam, sekali musuh tergores oleh keris La Makkawa maka dalam sekejap dia akan mati. Semasa perang dahulu, Arung Palakka menggunakan keris La Makkawa dalam setiap pertempurannya.

“Itulah kenapa namanya La Makkawa, karena hanya dengan sekali goresan maka musuh akan langsung mati,” jelas Andi Unru.

Pusaka sakti lainnya adalah kelewang La Tea Riduni, pedang pendek ini juga berlapis emas dan dihiasi batu intan permata. Senjata pusaka peninggalan Arung Palakka ini juga disebut Alameng.

“Nama La Tea Riduni (yang tidak mau dikubur) itu berasal dari sejarah benda pusaka ini. Pusaka ini dulunya selalu dikebumikan bersama sang raja setiap kali ada raja Bone yang meninggal namun kelewang ini juga selalu muncul di pusara makam sang raja dan diliputi cahaya yang sangat terang,” Andi Unru berkisah.

Kedua benda pusaka itu kini disimpan di istana Kerajaan Bone, dan digunakan hanya dalam upacara pelantikan raja baru Kerajaan Bone.

Selain dua benda pusaka sakti itu ada pula benda peninggalan Arung Pallakka lainnya seperti salempang emas bernama Sembangengpulaweng, payung emas bernama Teddung Pulaweng, senjata adat sejenis kelewang yang bernama Alameng Tata Rapeng, dan beberapa tombak yang bernama La Salaga.

“Ada banyak benda pusaka, hanya saja yang terkenal kesaktiannya memang cuma dua itu,” Andi Unru memungkasi.


Saksikan video pilihan menarik berikut:

Kelabuhi Polisi, Mahasiswa Ini Kuras Rp 230 Juta dari ATM Temannya

Kelabuhi Polisi, Mahasiswa Ini Kuras Rp 230 Juta dari ATM Temannya KBS, memakai baju tahanan. (Foto: Ristu Hanafi/detikcom)

Sleman – Seorang mahasiswa di Yogyakarta, KBS (22), menguras isi ATM teman kuliahnya senilai Rp 230 juta. Aksi pelaku berawal setelah dia bisa mengakali polisi saat membuat surat laporan kehilangan kartu ATM dan KTP di Polsek Banguntapan.

“Pelaku lebih dulu mencuri kartu ATM dan KTP milik korban, KT, saat mereka jalan naik satu mobil. Dia lalu membuat laporan kehilangan mengatasnamakan korban, dia fotokopi KTP korban sehingga fotonya kelihatan buram tidak jelas. Dia datang ke Polsek Banguntapan bawa fotokopi KTP itu bilang bahwa KTP dan ATM dia hilang, dia kelabuhi seperti itu,” kata Kabid Humas Polda DIY, AKBP Yuliyanto, Sleman, Selasa (26/2/2019).

Aksi pelaku dilakukan pada 26 Desember 2018. Berbekal surat laporan kehilangan dari Polsek, pelaku kemudian datang ke Bank Panin Kacab Utama Yogyakarta untuk mengurus buku rekening dan kartu ATM baru. Setelah itu pelaku langsung menguras isi ATM temannya itu senilai total Rp 230 juta.


Oleh pelaku, uang itu disimpan deposito Rp 115 juta atas nama orang tuanya, Rp 40 juta ditransfer kepada orang tuanya di Sumatera Selatan untuk membayar hutang, sisanya dipakai untuk membeli motor trail, ponsel dan pakaian.

Selang beberapa waktu korban baru mengetahui kartu ATM dan KTP-nya hilang. Dia juga baru menyadari rekeningnya dikuras tanpa sepengetahuan dirinya saat mengurus kartu ATM baru. Saldonya telah berkurang dari jumlah awal sekitar Rp 500 juta. Korban lantas melapor ke polisi pada 10 Januari 2019.

Setelah melakukan penyelidikan, polisi berhasil meringkus pelaku di wilayah Banyuwangi pada 19 Februari lalu.

“Hasil penyidikan diduga ada tindak pidana pemalsuan dokumen dan tanda tangan, pencurian, setelah kita pelajari ternyata ada tindak pidana pencucian uang,” jelas Direktur Reskrimum Polda DIY, Kombes Pol Hadi Utomo.

“Kita tentunya juga warning kepada bank, agar berhati-hati jangan sembarangan mengeluarkan kartu ATM baru. Karena di kasus ini ternyata yang mengurus itu orang lain, bukan pemilik rekening aslinya,” imbuhnya.
(mbr/mbr)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

6 Cara Memakai Masker Wajah yang Benar Agar Hasilnya Optimal

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang memimpikan kulit wajah yang putih dan halus, terutama kaum Hawa. Maka heran jika banyak wanita melakukan perawatan untuk mewujudukan impiannya. Perawatan apapun rela dilakukan demi memiliki wajah yang indah dan sehat.

Melakukan perawatan wajah memang sangat penting. Dengan perawatan yang baik, wajah akan terhindar dari jerawat yang mengganggu serta sederet masalah kulit lainnya. Salah satu perawatan yang sering dilakukan adalah dengan memanfaatkan masker wajah. Dengan rutin menggunakan masker, wajah akan sehat dan cantik alami.

Masker merupakan perawatan wajah yang memberikan manfaat untuk kulit wajah. Masing-masing jenis masker memberikan manfaat dan hasil yang berbeda-beda. Kamu dapat memilihnya sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kulit.

Untuk kamu yang ingin mencerahkan kulit, dapat menggunakan varian masker yang mengandung citrus. Begitu juga dengan kamu yang menginginkan kulit lebih lembap dan sehat bisa mengunakan masker yang mengandung green tea atau aloe vera.

Meskipun setiap formulasi berbeda, ada beberapa pedoman dasar yang harus diikuti untuk memastikan kulit kamu mendapatkan manfaat maksimal. Apakah masker buatan kamu atau pun beli di toko.

Kamu pun tetap harus memperhatikan saat melakukan perawat. Jangan-jangan tanpa disadari kamu telah melakukan kesalahan saat memakai masker. Alih-alih mendapat wajah yang sempurna hasilnya jadi tidak maksimal.

Nah, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber Selasa (26/2/2019), cara memakai masker wajah yang benar. Langkah memakai masker ini wajib kamu perhatikan agar penggunaan masker di wajahmu tidak sia-sia.

2 dari 3 halaman

Cara memakai masker wajah yang benar

1. Gunakan masker dengan formula yang benar

Cara memakai masker wajah yang benar ialah menggunakan masker dengan formula yang benar. Jika kamu tidak menggunakan masker sesuai dengan kulit kamu akan berakibat fatal. Pasalnya, kulit memiliki karakteristik berbeda satu sama lain. Jika kondisi kulitmu kering, hindari masker dengan bahan-bahan yang dapat menarik minyak berlebih, atau sebaliknya.

Jika kamu memiliki kulit yang sensitif, kamu juga bisa mencari masker yang memiliki kandungan cenderung menenangkan kulit. Dengan cara tersebut, kulit akan senantiasa sehat dan terpenuhi kebutuhannya.

2. Oleskan masker setelah mandi.

Mungkin terlihat seperti ide yang baik menggunakan masker sebelum mandi sehingga kamu dapat dengan mudah mencucinya ketika kamu masuk ke kamar mandi.

Tapi ternyata cara memakai masker wajah setelah mandi akan menguntungkan kulit wajahmu jauh lebih banyak. Air hangat dari shower akan menghasilkan uap, yang akan membuka pori-pori kulit wajag.

Ini akan mempermudah kotoran yang sudah ada di wajah mudah meninggalkan kulit wajahmu. Dengan mengoleskan masker setelah mandi juga mempermudah kulit wajah menyerap semua kandungan dalam masker.

3. Gunakan alat yang tepat.

Jika selama ini kamu mengaplikasikan masker ke wajah dengan tangan, sebaiknya tinggalkan cara tersebut. Cara memakai masker wajah yang benar yaitu dengan menggunakan alat khusus untuk mengaplikasikan masker.

Pasalnya kita tidak tahu bakteri atau kotoran apa yang menempel pada jari tangan kita. Hindari juga menggunakan peralatan dapur selama menggunakan masker wajah.

Tidak hanya menjaga tercampurnya kotoran dari tangan, menggunakan brush atau alat khusus juga akan memastikan aplikasi masker di wajahmu bisa lebih merata. Dengan bantuan alat tersebut jauh lebih mudah untuk mengontrol berapa banyak bahan yang kamu ambil dan kamu aplikasikan di kulit wajahmu.

Ohiya, jangan lupa untuk mencuci sikat setiap kali selesai digunakan dan pastikan sudah kering sebelum disimpan.

3 dari 3 halaman

Apakah caramu memakai masker wajah sudah benar?

4. Cuci masker dengan air hangat.

Kamu pasti pernah berada dalam situasi di mana kamu menggunakan masker terlalu lama dan itu mengering hingga seperti massa tanah liat kering yang sulit dihilangkan. Jadi hal pertama dan yang utama, jangan menggunakan maskermu terlalu lama.

Beberapa kandungan masker jika digunakan dalam waktu lama dapat berbahaya bagi kesehatan kulit wajah. Pastikan untuk mengikuti instruksi yang ada.

Ketika tiba saatnya untuk mencucinya, gunakan air hangat untuk membersihkannya. Air dingin tidak akan efektif untuk membilas masker, tetapi menggunakan air yang terlalu panas akan mengering dan memperparah wajahmu.

Pasalnya, pori-pori kamu tidak mampu menahan suhu ekstrem dengan aman, jadi pilihan yang tepat ialah gunakan air hangat saat membilas masker. Kamu juga dapat menggunakan kain yang lembut dan bersih untuk mengeringkan wajahmu.

5. Oleskan toner sesudahnya.

Beberapa orang belum tahu betapa pentingnya melembabkan kulit wajah setelah menggunakan masker. Toner yang tepat akan membantu kulit wajah mengunci semua manfaat masker.

Toner tersebut akan membuat kulit wajah kamu lebih halus dan lebih bersih. Selain itu, toner akan membantu pelembab yang kamu gunakan meresap lebih banyak,

6. Gunakan secara rutin

Skincare apapun jika tidak digunakan secara rutin tidak akan memberikan manfaat dan perubahan signifikan. Jadi, pastikan untuk mengaplikasikan masker secara rutin dan penuh komitmen agar hasil terbukti pada kulit.

Nah di atas adalah cara memakai masker wajah yang benar. Jangan lupa untuk menerapkannya ya, agar masker yang kamu gunakan tidak terbuang sia-sia.