Disebut Prabowo Buat Impor, Utang Pemerintah untuk Hal Ini

Jakarta – Presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto menilai utang Indonesia saat ini hanya untuk impor pangan yang justru merugikan rakyat. Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menegaskan utang tidak digunakan untuk kebutuhan tersebut.

Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kementerian Keuangan Nufransa Wira Sakti mengatakan, utang justru digunakan untuk kegiatan yang bersifat produktif.

“Penggunaan utang adalah untuk membiayai kegiatan yang bersifat produktif,” katanya kepada detikFinance, Jakarta, Sabtu (6/10/2018).


Kegiatan produktif yang dimaksud di antaranya untuk membangun infrastruktur, mendukung sektor pendidikan, hingga ke sektor kesehatan.

“Seperti pembangunan infrastruktur, pendidikan, dan kesehatan,” sebutnya.

Menurutnya, hal tersebut bisa dibuktikan dari belanja APBN, di mana kebutuhan untuk sektor di atas mengalami peningkatan.

“Hal ini tercermin dalam angka APBN di mana belanja untuk kegiatan produktif semakin meningkat bila dibandingkan dengan belanja untuk kegiatan non produktif seperti subsidi BBM dan subsidi listrik,” tambahnya.

Sebelumnya dia menegaskan, utang yang dilakukan pemerintah tidak pernah digunakan untuk impor, terutama kebutuhan bahan pangan seperti dituduhkan Prabowo.

“Utang tidak digunakan untuk membiayai impor bahan pangan,” katanya. (zlf/zlf)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *