3 Militan ISIS Tewas Meledakkan Diri Usai Pengumuman Kalah Total

Baghdad – Tiga orang terduga teroris ISIS di Irak utara meledakkan diri mereka sendiri pada Minggu (24/3) waktu setempat, sehari setelah kekhalifahan ISIS di negara tetangga, Suriah berhasil ditaklukkan.

Juru bicara militer Irak, Yahya Rassoul mengatakan, insiden itu terjadi di wilayah dekat perbatasan Suriah, di mana sel-sel militan ISIS diyakini ada.

Dikatakannya, para terduga ISIS itu tewas bunuh diri dengan meledakkan bom mereka saat pasukan Irak mengepung mereka. Tak ada korban di pihak pasukan pemerintah Irak.


Pejabat-pejabat lokal mengatakan seperti dilansir kantor berita AFP, Senin (25/3/2019), ketiga terduga militan ISIS itu tewas saat mereka mencoba menyerang pasukan di desa Qayrawan, sebelah selatan wilayah pegunungan Sinjar yang berbatasan dengan Suriah.

Sebelumnya pada Sabtu (23/3) waktu setempat, Pasukan Demokrasi Suriah (SDF) yang didukung Amerika Serikat mengumumkan berakhirnya “kekhalifahan” ISIS yang telah berlangsung hampir lima tahun, yang selama ini mencakup sebagian besar wilayah Suriah dan Irak.

Kemenangan pasukan SDF tersebut disambut sebagai terobosan besar dalam perang melawan ISIS. Namun sejumlah pihak juga menyerukan kewaspadaan karena menganggap perang melawan ISIS belumlah berakhir.

Sebelumnya pada Februari 2019, SDF mengumumkan ‘pertempuran terakhir’ dengan ISIS. Sebuah desa kecil bernama Barghouz di dekat Sungai Eufrat disebut menjadi markas terakhir ISIS di Suriah.

Pada Maret 2019, SDF menyatakan Barghouz berhasil dikuasai kembali dan mengumumkan ‘kekalahan total’ ISIS di Suriah. Bendera kuning SDF dikibarkan di gedung-gedung Barghouz sebagai buktinya.

“Pasukan Demokratik Suriah menyatakan pembersihan total atas hal yang disebut kekhalifahan dan 100 persen kekalahan teritorial ISIS,” tegas juru bicara SDF, Mustefa Bali, dalam pernyataannya pada Sabtu (23/3) lalu.

(ita/ita)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

KPK Ultimatum Penyuap Direktur Krakatau Steel Menyerahkan Diri

Saut mengatakan, pada tahun 2019, Direktorat Teknologi dan Produksi PT KS merencanakan kebutuhan barang dan peralatan masing-masing bernilai Rp 24 miliar dan Rp 2,4 miliar. Menurut Saut, Alexander menawarkan beberapa rekanan untuk melaksanakan pekerjaan tersebut kepada Wisnu dan disetujui.

Alexander yang bertindak sebagai perwakilan dan atas nama Wisnu Kuncoro menyepakati commitment fee dengan rekanan yang disetujui untuk ditunjuk, yakni PT GK (Grand Kartech) dan GT (Group Tjokro) senilai 10 persen dari nilai kontrak.

“Selanjutnya, AMU (Alexander) meminta Rp 50 juta kepada KSU (Kenneth) dari PT GK dan Rp 100 juta kepada KET (Kurniawan) dari PT GT,” kata Saut.

Kemudian, pada tanggal 20 Maret 2019, Alexander menerima cek Rp 50 juta dari Kenneth yang kemudian disetorkan ke rekening Alexander.

Alexander juga menerima uang USD 4 ribu dan Rp 45 juta di sebuah kedai kopi dari Kurniawan. Uang tersebut kemudian disetorkan ke rekening Alexander.

“Pada tanggal 22 Maret 2019, Rp 20 juta diserahkan oleh AMU (Alexander) ke WNU (Wisnu) di kedai kopi di daerah Bintaro,” kata Saut.

Hibur Diri di Penjara dengan Nyanyi, Vanessa Angel Malah Nangis Kejer

JakartaVanessa Angel disebut depresi berada di dalam penjara. Dia berusaha menghibur diri dengan cara bernyanyi.

Mantan pacar Vanessa, Bibi mengatakan, ketika diminta bernyanyi Vanessa malah menangis terus menerus. Meski sudah tak memiliki hubungan, Bibi merasa sedih dengan kondisi Vanessa.

“Sedih banget lihat foto Vanes diminta bernyanyi demi menghibur diri di penjara tapi malah nangis nggak berhenti,” tulis Bibi di Instagram Stories, dilihat detikHOT, Sabtu (23/3/2019).

Dia masih mempertanyakan kejelasan kasus prostitusi online yang menjerat Vanessa. Menurut Bibi, sudah dua bulan belum ada keputusan ataupun pernyataan soal penangguhan.

“Sedih banget udah 2 bulan di penjara sampai sekarang kejelasan kasusnya pun belum ada titik terang mau di bawa ke mana. Saya nggak bisa berkata apa-apa lagi. Mohon doanya cukuplah deritanya Vanes semoga ortu satu-satunya sempat jenguk,” ujar Bibi.

Sebelumnya, kondisi Vanessa di penjara juga dibagikan sahabatnya, Nicky Tirta. Vanessa disebut sering sakit dan berpikir ingin bunuh diri.

Nicky mengatakan rekan duetnya itu kerap berpikir untuk mengakhiri hidup. Namun Nicky menguatkan dan mencoba menghibur dengan candaan-candaan.

“Kemarin saya mengunjungi Vanessa di Surabaya, dan di sana saya diarahkan dgn baik sekali. Nggak mudah menjadi Vanessa yg menurutnya ini adalah “titik terendah” dalam hidupnya..dia sering sekali berpikir lebih baik hidupnya berakhir saja..Jadi saat itu saya memutuskan untuk. Kita lebih banyak bicara hal-hal positif,” kata Nicky di postingan Instagramnya, dilihat detikHOT, Kamis (21/3/2019).
(nkn/nkn)

Photo Gallery

1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20

Y Terduga Teroris yang Tewas Bunuh Diri Gadaikan Rumah untuk Amaliyah

Liputan6.com, Jakarta – Terduga teroris berinisial Y alias Khodijah (39) diduga bunuh diri saat ditahan di Rutan Polda Metro Jaya. Wanita yang ditangkap di Klaten, Jawa Tengah ini rupanya telah merencanakan amaliyah atau teror cukup matang bersama Husain alias Abu Hamzah, teroris Sibolga, Sumatera Utara.

Bahkan Y telah menyiapkan dana untuk membuat bom mobil bersama jaringannya yang akan digunakan menyerang aparat keamanan. Dana tersebut didapat dari menggadaikan rumah dan tanah miliknya.

“Mereka berencana membuat bom mobil dengan menggadaikan rumah dan tanahnya Y. Sudah dapat persekot (uang muka) Rp 5 juta,” ucap Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo di kantornya, Jakarta, Rabu (20/3/2019).

Uang muka itu rencananya digunakan untuk berangkat ke Sibolga, Sumatera Utara menemui Abu Hamzah bersama R alias Putra Syuhada melakukan amaliyah. Namun, Putra Syuhada lebih dulu ditangkap Densus 88 di rumahnya, Lampung pada Sabtu 9 Maret lalu.

Sementara Abu Hamzah ditangkap di Sibolga pada Selasa 12 Maret 2019. Penangkapan Y di Klaten pada Kamis 14 Maret juga merupakan hasil pengembangan dari penangkapan Abu Hamzah cs.

“Pelaku-pelaku terorisme terutama perempuan memiliki militansi yang luar biasa, baik yang suicide bomber di Sibolga dan saudari Y. Yang bersangkutan rela meninggalkan suami dan anaknya, bahkan rela gadaikan rumah dan tanahnya,” kata Dedi soal jaringan teroris Sibolga.

Y Terduga Teroris yang Tewas Bunuh Diri Juga Bakal Dinikahi Abu Hamzah

Liputan6.com, Jakarta – Terduga teroris berinisial Y alias Khodijah (39) ternyata juga akan diperistri Husain alias Abu Hamzah, tersangka terorisme di Sibolga, Sumatera Utara. Wanita yang ditangkap di Klaten, Jawa Tengah itu tewas diduga bunuh diri dengan meminum cairan pembersih lantai saat ditahan di Rutan Polda Metro Jaya.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan, Y merupakan satu jaringan dengan Abu Hamzah atau AH. Mereka telah merencanakan amaliyah atau teror dengan target aparat keamanan.

“Dan hasil pemeriksaan ternyata AH akan mempersunting dua orang, baik yang ditangkap di Tanjungbalai atas nama R alias Syuhama, dan termasuk Y alias Khodijah ini mau diperistri oleh AH,” ujar Dedi di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (20/3/2019).

R alias Syuhama juga telah ditangkap Densus 88 di Tanjungbalai, Sumatera Utara bersama seorang terduga teroris lain berinisial M pada Rabu 13 Maret lalu. R merupakan janda terduga teroris bernama Andre yang tewas saat ditangkap di Tanjungbalai pada Oktober 2018 lalu.

“Seperti yang saya sampaikan dulu, pelaku-pelaku terorisme terutama perempuan memiliki militansi yang luar biasa, baik yang suicide bomber di Sibolga dan saudari Y. Yang bersangkutan rela meninggalkan suami dan anaknya, bahkan rela gadaikan rumah dan tanahnya,” kata Dedi.

Juara Dunia Bela Diri Jepang Siap Beraksi di ONE: A New Era

Liputan6.com, Jakarta – ONE Championship merilis pengumuman terkait duel perempat final ONE Flyweight World Grand Prix di gelaran ONE: A New Era, ajang yang akan diadakan di Tokyo, Jepang, 31 Maret mendatang.

Juara dunia Pancrase Flyweight Senzo Ikeda akan memasuki turnamen ini dan menghadapi Danny “The King” Kingad. Ikeda menggantikan atlet asal Amerika Serikat yang bernaung di Bali MMA, Andrew Leone, dimana ia terpaksa mundur karena cedera.

Pancrase sendiri merupakan bela diri khas Jepang. Selama ini, Ikeda berlatih bersama mantan Juara Dunia ONE Championship Strawweight Yoshitaka “Nobita” Naito di Paraestra Matsudo.

Ikeda merupakan salah satu penantang paling berbakat dalam divisi flyweight di Jepang. Setelah debut profesionalnya pada bulan Desember 2011, petarung yang memiliki dasar tinju ini telah mengembangkan keahliannya dan membuktikan diri sebagai ancaman besar dalam tiap pertandingan.

Salah satu puncak kariernya diraih pada bulan Agustus 2017, ketika ia mengalahkan lawan utamanya Mamoru Yamaguchi. Ketika itu, dia menang melalui keputusan mutlak juri untuk merebut gelar Juara Dunia Pancrase Flyweight.

Senzo kemudian dapat terus menampilkan yang terbaik dengan mempertahankan gelarnya saat melawan atlet asal Jepang, Yuya “Little Piranha” Wakamatsu pada bulan Februari tahun lalu.

Ia hampir dikalahkan oleh Yuya pada ronde keempat, tetapi atlet berusia 36 tahun ini mendadak merubah keadaan dengan sebuah TKO di pertengahan ronde terakhir.

Setelah mencatat empat kemenangan berturut-turut, Senzo bergabung dengan ONE Championship, organisasi beladiri terbesar di dunia, berbekal kesempatan yang luar biasa.

30 Tahun Berkuasa, Presiden Kazakhstan Akhirnya Mengundurkan Diri

30 Tahun Berkuasa, Presiden Kazakhstan Akhirnya Mengundurkan Diri Nursultan Nazarbayev (Kazakh Presidential Press Service/Handout via REUTERS)

Astana – Presiden Kazakhstan, Nursultan Nazarbayev, mengundurkan diri setelah berkuasa selama tiga dekade terakhir. Pengunduran diri Nazarbayev ini tidak diharapkan sebelumnya.

Seperti dilansir Reuters, Rabu (20/3/2019), Nazarbayev yang banyak dipanggil sebagai ‘Papa’ oleh banyak warga Kazakhstan ini memimpin negara kaya minyak dan gas itu sejak tahun 1989 silam, saat Kazakhstan masih menjadi bagian Uni Soviet. Nazarbayev yang kini berusia 78 tahun sebelumnya pernah menjadi buruh pabrik baja.

Oleh parlemen Kazakhstan, Nazarbayev yang telah berkuasa selama 30 tahun itu diberi gelar ‘Pemimpin Bangsa’. Dia menjadi pemimpin era Soviet terakhir yang masih menjabat dan mengawasi reformasi pasar besar-besaran sembari menjaga kepopuleran di negara berpenduduk 18 juta jiwa ini.


Pengunduran diri Nazarbayev ini menjadi langkah pertama dalam transisi politik yang dirancang untuk negara tersebut. Dalam pernyataannya, Nazarbayev menyatakan dirinya ingin memberi kesempatan kepada pemimpin-pemimpin muda di negaranya.

“Saya telah mengambil keputusan, yang tidak mudah bagi saya, untuk mengundurkan diri sebagai presiden,” ucap Nazarbayev dalam pernyataannya yang disiarkan televisi nasional Kazakhstan pada Selasa (19/3) waktu setempat.

“Sebagai pendiri negara merdeka Kazakhstan, saya melihat tugas saya sekarang dalam memfasilitasi bangkitnya para pemimpin generasi baru yang akan melanjutkan reformasi yang tengah berlangsung di negara ini,” ujar Nazarbayev.

Usai memberikan pernyataan, Nazarbayev lantas menandatangani dekrit yang isinya mengakhiri masa jabatannya terhitung sejak 20 Maret waktu setempat.

Di sisi lain, Nazarbayev yang merupakan sekutu dekat Presiden Rusia Vladimir Putin, ini mempertahankan jabatannya sebagai pemimpin Dewan Keamanan yang penting dan berpengaruh serta jabatannya sebagai Ketua Partai Nur Otan yang didirikannya sejak tahun 2006 lalu.

Untuk sisa masa jabatan yang baru berakhir April 2020, Nazarbayev menyerahkannya pada sekutu loyalnya, Kassym-Jomart Tokayev. Ditegaskan Nazarbayev bahwa Tokayev yang kini menjadi Ketua Kamar Atas Parlemen Kazakhstan, akan menjabat Pelaksana Tugas (Plt) Presiden Kazakhstan hingga April 2020 sesuai konstitusi.

Nazarbayev sendiri belum menunjuk pengganti jangka panjang. Kazakhstan dijadwalkan akan menggelar pemilihan umum (pemilu), baik pemilihan presiden maupun parlemen, tahun depan.

(nvc/ita)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Menanti Nakhoda Baru PPP Usai Romahurmuziy Undur Diri

JakartaRomahurmuziy alia Rommy diberhentikan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dari jabatan Ketua Umum (Ketum) usai ditetapkan KPK sebagai tersangka suap jual beli jabatan di Kemenag. PPP kini mencari nahkoda baru pengganti Rommy.

Dirangkum detikcom, Minggu (17/3/2019), usai mencopot Rommy, partai berlambang Kakbah itu menunjuk Suharso Monoarfa sebagai Plt Ketum. Nama Suharso rencananya akan dibawa ke tingkat Mukernas. Lalu, Apakah Suharso akan langsung disetujui menjadi Ketum PPP definitif lewat forum tersebut?

Ketua DPP PPP Lena Maryana Mukti mengatakan pengurus harian (PH) DPP PPP telah menyikapi kasus yang menjerat eks Ketum PPP Romahurmuziy dengan menunjuk Suharso Monoarfa sebagai Plt Ketum. Mulanya, hasil rapat tersebut akan disampaikan dalam forum Mukernas.

“Keputusan yang diambil oleh PH ini akan disampaikan di Mukernas. Dan di Mukernas itu dibahas dan pembahasan itu bisa saja segala sesuatu terjadi, bisa diterima penetapannya atau bisa juga ada pandangan lain,” kata Lena saat dihubungi.


Lena menjelaskan lebih jauh soal ‘pandangan lain’ di forum Mukernas. Lena menegaskan pandangan lain bukan artinya penolakan hasil rapat pengurus harian yang telah menunjuk Suharso sebagai Plt Ketum.

“Bukan penolakan, bahasanya bukan penolakan. Pandangan lain terhadap, bisa saja ya penguatan, ada juga mungkin pandangan lain yang memperbaharui atau memperbaharui yang sudah diputuskan,” kata Lena.

Mukernas PPP turut mengundang pengurus-pengurus Dewan Pimpinan Wilayah. Soal kemungkinan DPW menyampaikan sikap berbeda dengan keputusan DPP PPP, Lena enggan meramal.

“Saya tidak mau berandai-andai dulu ya karena ini mau kita sampaikan terlebih dahulu ke Mukernas, mau kita dengarlah nanti pandangan di Mukernas seperti apa. Yang penting saya laporkan dulu,” ucapnya.

Intinya, kata Lena, penunjukan Ketum PPP akan dibahas dalam forum Mukernas, termasuk soal nama Suharso Monoarfa. “Kan ada pembahasan. Disampaikan nanti kepada Mukernas dan Mukernas itu nanti dibahas hasil keputusan itu,” tegasnya.

Di sisi lain, politikus senior Akhmad Muqowam menyebut penunjukan Suharso inkonstitusional. Muqowam menegaskan soal aturan main Pasal 13 Anggaran Rumah Tangga (ART) PPP. Dalam pasal itu disebutkan dalam hal terjadi kelowongan jabatan ketum hanya dapat diisi oleh Waketum yang dipilih dalam rapat yang dihadiri pengurus Harian DPP, Ketua Majelis Syariah, Ketua Majelis Pertimbangan, Ketua Majelis Pakar. Sedangkan Suharso Monoarfa sebelum ditunjuk sebagai Plt Ketum PPP menjabat posisi Ketua Majelis Pertimbangan.

“Sehingga jelaslah Pasal 13 tersebut, tidak perlu lagi penafsiran atau penerjemahan, artinya lowongan jabatan Ketua Umum yang ditinggalkan oleh Sdr. Romahurmuziy hanya dapat diisi oleh Wakil Ketua Umum, dan karena itu siapapun yang mengisi di luar Wakil Ketua Umum adalah inkonstitusional. Tinggal memilih di antara pejabat Waketum,” papar Muqowam.
(gbr/imk)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Jokowi Tinjau Lokasi Bom Bunuh Diri di Sibolga

Sibolga – Di sela kunjungan ke Sibolda, Sumatera Utara, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau lokasi bom bunuh diri yang meledak pada Selasa (12/3) lalu. Politikus Golkar Akbar Tandjung ikut mendampingi Jokowi.

Fotografer Istana Kepresidenan Agus Suparto mengatakan, Jokowi tiba di lokasi ledakan yakni di Jl KH Ahmad Dahlan, Gang Sekuntum, Pancuran Bambu, Sibolga, Sumut, Minggu (16/3/2019) pukul 12.30 WIB. Dari foto yang dikirimkan Agus, Jokowi tampak mengenakan kemeja putih lengan panjang dan topi warna hitam.

Jokowi Tinjau Lokasi Bom Bunuh Diri di SibolgaFoto: Jokowi meninjau lokasi bom bunuh diri di Sibolga, Sumatera Utara (Fotografer Istana Kepresidenan Agus Suparto).

Dalam peninjauannya tersebut, Jokowi ditemani Wali Kota Sibolga Syafri Hutauruk. Tokoh asal Sibolga yang juga politikus Golkar Akbar Tandjung juga ikut mendampingi Jokowi.
“Presiden Joko Widodo meninjau lokasi bom Sibolga di Kelurahan Pancuran Bambu kecamatan Sibolga Sambas didampingi oleh Wali Kota Sibolga Drs H M Syarfi Hutauruk dan tokoh asal Sibolga Akbar Tandjung, Minggu, 17 Maret 2019, pukul 12.30 WIB,” kata Agus.
Aksi diduga bom bunuh diri terjadi saat tim Densus 88 Antiteror hendak menggeledah rumah di Jl KH Ahmad Dahlan, Gang Sekuntum, Pancuran Bambu, Sibolga pada Selasa (12/3) beberapa hari lalu sebelum Jokowi ke Sumut. Sebelum ledakan, polisi menangkap terduga teroris Husain alias Abu Hamzah.
Akibat ledakan tersebut, satu orang polisi dan satu orang bernama Nain mengalami luka serius. Korban mendapat perawatan intensif di RS Metta Medika.
(jor/nvl)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Upaya Meredam Trauma Warga Sibolga Usai Peristiwa Bom Bunuh Diri

Liputan6.com, Medan – Pemerintah Kota bergerak cepat untuk menghilangkan rasa trauma yang dialami warganya usai ledakan bom yang terjadi di Kota Sibolga, Sumatera Utara. Salah satu upayanya adalah memberikan sosialisasi dan bimbingan konseling.

Wali Kota Sibolga, Syarfi Hutauruk mengatakan, sosialisasi dan konseling diberikan kepada warga yang terkena dampak langsung. Hal ini untuk memulihkan mental serta psikologi warga, terutama anak-anak.

“Saya sendiri turun langsung untuk memotivasi warga. Pascabom, banyak warga yang trauma. Apalagi anak-anak yang melihat kejadian. Kami melakukan sosialisasi dan memberikan bimbingan kepada mereka,” kata Syarfi, Sabtu (16/3/2019).

Usai ledakan bom, ratusan rumah warga mengalami rusak ringan dan berat, sehingga warga di lokasi kejadian diungsikan. Dari data kelurahan, tercatat sebanyak 155 unit rumah rusak.

“Dari data itu, sebahagian rata dengan tanah. 155 unit rumah tersebut dihuni oleh 161 Kepala Keluarga,” sebutnya.

Syarfi menjelaskan, Pemko Sibolga telah memberikan bantuan berupa materi dan non materi kepada 161 kepala keluarga yang diungsikan. Pihaknya juga telah mendirikan posko sementara untuk warga yang diungsikan.

“Bantuan yang kita berikan berupa uang tunai, beras, mi instan, air mineral, dan telur bagi setiap kepala keluarga yang terdampak ledakan,” ungkapnya.

Sementara untuk bantuan perbaikan rumah-rumah warga yang rusak parah, Pemko Sibolga akan menjajakinya dengan pihak Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) untuk dilakukan perbaikan.

“Sebagian warga sudah kembali ke keluarga mereka untuk tinggal sementara. Masih ada yang tinggal di posko. Yang rumahnya hancur total, masih di posko,” ujarnya.

Bom meledak di dekat kediaman terduga teroris atas nama Husein yang berada di Jalan Cenderawasih, Kelurahan Pancuran Bambu, Kota Sibolga. Saat itu Tim Densus 88 Anti Teror Mabes Polri akan meringkusnya, Selasa, 12 Maret 2019.

Kemudian pada Rabu, 13 Maret 2019, dini hari WIB, bom kembali meledak di rumah Husein. Marnita Sari boru Hutahuruk alias Solimah, istri Husein, meledakkan diri bersama anaknya setelah negosiasi lebih kurang 10 jam yang dilakukan kepolisian menemui jalan buntu.

Dalam peristiwa tersebut, selain Husein, polisi juga meringkus AK alias Ameng alias Abu Halimah dan ZP alias Ogek Zul di Kota Sibolga. Lalu petugas menangkap R di Kota Tanjung Balai dan M di Tapanuli Tengah.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Terduga teroris di Sibolga, Sumatera Utara memiliki bahan peledak hingga 300 kg.