Kotak Suara Belum Ada, Wawali Jayapura Minta Pencoblosan Diperpanjang

Jayapura – Sejumlah TPS di Wilayah Jayapura, Papua, molor melakukan pencoblosan karena belum tersedianya logistik pemilu 2019. Wakil Wali Kota Jayapura, Rustam Saru, meminta waktu pencoblosan diperpanjang.

“Saya sudah meminta Ketua KPU kota untuk melakukan pleno agar pencoblosan dapat diperpanjang karena hingga kini belum semua TPS yang ada di wilayah kota melaksanakan pencoblosan,” kata Rustam yang dikutip dari Antara, Rabu (17/4/2019).

Jumlah TPS di Jayapura, ini tercatat sebanyak 300.752 pemilih dengan jumlah TPS 1.262 yang tersebar di lima distrik.

Ketua KPU Kota Jayapura Octovianus Injama hingga kini enggan memberikan keterangannya dengan alasan akan melakukan pleno.

“Sabar ya kami akan melakukan pertemuan,” kata Injama sebelum kembali masuk ke kantor KPU Kota Jayapura.

Pemilih di sejumlah TPS di wilayah Kota Jayapura hingga pukul 10.30 WIT belum melakukan pencoblosan akibat logistik pemilu belum sampai di TPS. Bahkan sejumlah petugas TPS hingga pukul 10.19 WIT masih berada di kantor KPU Kota Jayapura yang berlokasi di jalan baru pasar Youtefa, Distrik Abepura.

Wartawan Antara dari Jayapura melaporkan, hingga kini nampak sejumlah petugas sedang mempersiapkan kotak suara untuk TPS yang belum menerima, seperti TPS yang ada di Distrik Jayapura Selatan dan Abepura. Bahkan saat ini pengisian kotak-kotak suara masih dilakukan di halaman kantor KPU Kota Jayapura.

Logistik pemilu di Kota dan Kabupaten Jayapura baru didistribusikan Rabu pagi ke TPS.

(rvk/imk)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Top 3: Deadline Lapor SPT Pajak Diperpanjang hingga 1 April 2019

Liputan6.com, Jakarta – Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memutuskan memperpanjang pelaporan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) Pajak Pribadi hingga 1 April 2019.

Hal tersebut dengan mempertimbangkan hari terakhir lapor pajak yang jatuh pada Minggu, 31 Maret 2019. 

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati mengatakan, dengan ada keputusan ini, wajib pajak yang melakukan pelaporan pada 1 April tidak akan dikenakan denda. “Yang melakukan pelaporan pada tanggal 1 April disepakati tidak akan dikenakan denda,” ujar dia di KPP Tebet, Jakarta, Jumat (29/3/2019). 

Informasi mengenai perpanjangan pelaporan SPT Pajak menjadi artikel yang paling mencuri perhatian. Lengkapnya berikut 3 terpopuler di kanal Bisnis Liputan6.com

 

1. Kemenkeu Perpanjang Pelaporan SPT Pribadi hingga 1 April 2019

Pemerintah memperpanjang tengat waktu pelaporan SPT Pajak pribadi hingga 1 April 2019. Hingga Jumat siang, jumlah wajib pajak yang melakukan pelaporan SPT mencapai 10, 32 juta wajib pajak. Untuk wajib pajak pribadi mengalami peningkatan sebesar 9,4 persen dibanding tahun lalu. 

Sri Mulyani mengatakan, jumlah wajib pajak yang melapor SPT secara manual menurun pada 2019. Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan mencatat terjadi penurunan pelaporan manual sebesar 66,29 persen. 

Selengkapnya baca di sini!

Kontraknya Belum Diperpanjang Chelsea, Willian Mulai Gelisah

Jakarta – Willian dilanda kegelisahan. Penyerang sayap ganas Chelsea tersebut belum juga ditawari kontrak baru oleh kubu Stamford Bridge.

Willian yang didatangkan dari Shakhtar Donetsk beberapa tahun yang lalu, merupakan salah satu pemain andalan The Blues. Ia kerap menjadi pembeda bagi Chelsea. Baik di era Jose Mourinho, Antoni Conte, atau Mauricio Sarri itu

Setahun terakhir Willian santer dirumorkan bakal pindah klub. Pasalnya kontraknya hampir habis di London Barat dan belum ada tanda-tanda perpanjangan kontrak. Lama bungkam soal ini, pemain asal Brasil itu akhirnya buka suara.

Willian engaku cukup khawatir dengan situasi kontraknya saat ini. “Saya hanya punya satu tahun lagi dalam kontrak saya di Chelsea,” buka Willian kepada Evening Standard.

Ia mengakui bahwa belum mendapatkan sinyal untuk diajak berunding mengenai masa depannya.

Secara blak-blakan Willian berharap manajemen Chelsea segera menawarkannya perpanjangan kontrak baru.

“Saya tidak tahu apakah mereka masih menginginkan saya, namun saya masih ingin melanjutkan karier saya di sini. Saya masih ingin bermain untuk klub ini.”

https://www.vidio.com/watch/1614807-langkah-untuk-timnas-indonesia-menuju-ke-piala-dunia-2030

Asyik, Diskon Tarif Tol Trans Jawa Diperpanjang

Jakarta – PT Jasa Marga (Persero) Tbk memperpanjang waktu diskon tarif Tol Trans Jawa. Masa berakhir perpanjangan diskon tarif tol ini masih belum ditentukan hingga kapan.

Awalnya, pemberlakuan diskon tarif bakal berakhir pada 21 Maret 2019 alias dua bulan sejak diberlakukan pada 21 Januari 2019 lalu.

Direktur Operasi II Jasa Marga, Subakti Syukur, menjelaskan, perpanjangan diskon itu dilakukan karena kajian penetapan skema tarif baru belum rampung. Menurutnya, data yang terintegrasi masih belum cocok karena baru didapat dari data dari sebulan operasi.

“Kemudian BUJT (Badan Usaha Jalan Tol) perlu duduk lagi untuk mensinkronisasikan sistemnya. Tadinya kan dua bulan waktu studi, kita belum menghasilkan karena traffic-nya masih berubah-ubah,” ungkap Subakti seperti dikutip dari CNBC Indonesia, Jumat (22/3/2019).

Subakti menegaskan, pihaknya belum menentukan masa berlakunya diskon ini sampai kapan. Meski begitu, jika sudah rumusan formula perhitungan pembayaran baru sudah rampung dikaji diskon akan langsung dicabut.

Sejauh ini, kajian yang dilakukan belum bisa dijadikan acuan untuk menentukan tarif dan jarak batas maksimal. Pemerintah sendiri ingin ada pembatasan tarif Tol Trans Jawa jika pengguna sudah menempuh jarak tertentu.

“Gimana orang menempuh jarak terjauh, jadi ada tarif maksimal. Kalau lebih dari sekian, tarifnya sama. Flat,” tegas Subakti.

Setidaknya, menurut Subakti pihaknya sudah melakukan beragam kajian dengan banyak faktor ekonomi, namun kebuntuan masih menjadi hasil kajian tersebut.

“Para ahli lihat dari faktor ekonominya, macam-macam, banyak. Ekonomi daerah, juga mencari titik optimum berapa kilometer belum ketemu,” kata Subakti.

Dia mengatakan sebetulnya semua badan usaha sudah memiliki kesepakatan bulat mengenai tarif tol. Namun, nominalnya masih belum matang untuk disebutkan.

“Secara teknis semua BUJT setuju, sudah terkoneksi, tinggal angka saja. Supaya kalau ditanya BPK, DPR, KPK, jawabnya nggak ngawur,” tambahnya.

Sejauh ini, pemberlakuan tarif ruas Jalan Tol Trans Jawa dibarengi dengan pemberian diskon tarif sebesar 15%. Diskon tarif tol diberikan kepada pengguna jalan tol jarak terjauh dalam satu cluster di Cluster II, Cluster III, dan Cluster IV (barrier to barrier).

Untuk diskon tarif 15% pada Cluster II akan berlaku bagi pengguna yang masuk di Gerbang Tol (GT) Palimanan dan keluar di GT Kali Kangkung, serta sebaliknya. Diskon 15% juga diberikan pada Cluster III berlaku bagi pengguna jalan yang masuk di GT Banyumanik dan keluar di GT Warugunung, serta sebaliknya.

Terakhir, diskon tarif 15% pada Cluster IV hanya berlaku bagi pengguna jalan yang masuk di GT Kejapanan Utama dan keluar di GT Grati, serta sebaliknya.

Diskon tarif tol juga khusus berlaku bagi pengguna jalan dengan saldo uang elektronik cukup, dan tidak berlaku untuk pengguna jalan dengan saldo uang elektronik yang kurang saldo serta juga tidak berlaku untuk uang elektronik yang tidak dapat terbaca mesin loket.

(fdl/fdl)

Top 3: Pendaftaran 11.000 Lowongan Kerja BUMN Diperpanjang

Merenovasi rumah memang perlu. Selain untuk membuat rumah Anda indah dengan menutupi dan memperbaiki spot yang usang. Ini juga akan membantu Anda untuk mendapatkan energi positif baru untuk menjalani hari-hari.

Namun tentunya renovasi rumah akan menguras kantong sangat dalam. Selain itu, hal ini akan membuat Anda sangat sulit untuk menabung bahkan menghemat uang.

Bukankah begitu? Namun sebenarnya hal tersebut tidaklah harus terjadi jika Anda tau bagaimana cara menghemat uang saat merenovasi rumah.

Berita selengkapnya

3. Analis DBS: Hadirnya Ma’ruf Amin Bisa Jauhkan Pilpres dari Konflik Sektarian

Analis asing mulai memantau kondisi pilpres 2019 di Indonesia antara pasangan nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi ) dan Ma’ruf Amin dengan pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto dengan Sandiaga Uno. Salah satu yang menjadi sorotan adalah stabilitas politik serta implikasinya ke ekonomi.

Ekonom DBS Group Research Masyita Crystalling menyebutkan, Jokowi unggul melalui survei meski bukan berasal dari kalangan elit politik. Pasangannya pun disebut bisa membantu menstabilkan suasana.

“Pemegang jabatan, Presiden Jokowi unggul dalam jajak pendapat, namun kondisi ekonomi yang lemah dapat mengurangi selisih kemenangannya,” tulis Crystallin dalam rilisnya.

Berita selengkapnya

Pendaftaran 11.000 Lowongan Kerja BUMN Diperpanjang Hingga 24 Maret 2019

Dalam perekrutan ini ada tiga jalur yang bisa diikuti. Ketiga jalur itu adalah jalur reguler, disabilitas, dan kawasan timur Indonesia.

Untuk rekrutmen reguler adalah program rekrutasi bagi putera-puteri terbaik Indonesia lulusan SLTA (SMA & SMK), Diploma (D1 hingga D4), dan Sarjana (S1 hingga S2) untuk membangun karier di lingkungan keluarga besar BUMN sebagai “agent of development” untuk mengembangkan kreativitas dan inovasi bersama di BUMN.

Sementara rekrutmen disabilitas adalah rekrutasi dengan resource disabilitas yang memenuhi kualifikasi kebutuhan tenaga kerja sesuai kebutuhan bisnis BUMN baik lulusan SLTA (SMA/SLTA), Diploma (D1–D4), dan Sarjana (S1), untuk memenuhi posisi di berbagai sektor bisnis di seluruh Indonesia.

Kemudian untuk rekruitmen KTI adalah rekrutasi dengan resource penduduk asli atau keturunan dari Kawasan Timur Indonesia, lulusan SLTA (SMA/SMK), Diploma (D1-D4), dan Sarjana (S1) untuk berkarier dan mengembangkan diri di seluruh sektor bisnis BUMN Indonesia.

Rekrutasi KTI yaitu daerah Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Barat dan Nusa tenggara Timur untuk ditempatkan di daerah domisili masing-masing atau ditempatkan di seluruh wilayah kerja BUMN sesuai dengan kebutuhan masing-masing BUMN.

Heboh TKA Punya e-KTP, TKN Jokowi Duga Ada yang Sengaja Bikin Gaduh

Jakarta – Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo dan Ma’ruf Amin meminta masalah adanya tenaga kerja asing (TKA) yang memiliki e-KTP tak diperpanjang. Sebab, persoalan TKA yang memiliki e-KTP sudah ada aturannya dalam Undang-undang.

“Peraturan TKA dengan kondisi tertentu wajib memiliki e-KTP diatur dalam UU Nomor 24 Tahun 2013. Produk UU ini kan yang bikin pemerintah dan parlemen, artinya tidak ada yang perlu dikhawatirkan dengan kepemilikan kartu identitas tersebutkan?” kata Juru Bicara TKN Jokowi-Ma’ruf, Irma Suryani Chaniago saat dihubungi detikcom, Selasa (26/2/2019).

Terlebih lagi, menurut Irma, e-KTP milik TKA itu tidak bisa digunakan untuk memilih saat pemilu karena tak terdaftar di DPT. Ia kemudian menduga ada pihak yang sengaja memframing buruk kabar adanya TKA yang memiliki e-KTP itu untuk menyerang pemerintah.
“Yang menggoreng-goreng berita ini pasti yang punya tujuan buruk, yaitu untuk membuat kegaduhan dan Image negatif pada pemerintah. Aduh, cukup dong bikin-bikin fitnah seperti ini,” kata Irma.

Ia pun berharap dalam kontestasi Pemilu ini seluruh kontestan mengedepankan kualitas program kerja. Ia juga meminta oknum yang sengaja memframing buruk itu menghentikan aksi kampanye hitamnya.

“Oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab saya himbau cukup, tinggalkan black campaign seperti ini, memalukan ketahuan kalau tidak cerdas dan nggak ngerti regulasi atau sengaja bikin hoax,” sebutnya

KPU sebelumnya telah menjelaskan duduk perkara kemunculan NIK TKA China di Cianjur dalam DPT Pemilu 2019. NIK TKA China berinisial GC itu muncul di DPT ketika dimasukkan bersama nama WNI berinisial B.

Masalahnya ternyata ada pada perbedaan NIK Pak B (warga negara Indonesia) di e-KTP dengan DPT yang bersumber dari DP4 Pilkada 2018. Pak B tetap bisa mencoblos pada Pemilu 2019, sedangkan GC (warga negara China) tidak bisa mencoblos.

“Poin pentingnya adalah Bapak GC dengan NIK ini tidak ada di DPT Pemilu 2019. Poin pentingnya itu,” tegas ujar komisioner KPU Viryan Aziz.
(ibh/rna)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Cerita Lengkap Sudirman Said soal Pertemuan Jokowi dan Bos Freeport

Jakarta – Eks Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said menceritakan kronologi saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan Jim Moffett pada 6 Oktober 2015 silam. Saat itu, Jim Moffett masih menjabat sebagai Executive Chairman Freeport McMoran, induk PT Freeport Indonesia (PTFI).

Sudirman Said yang mengaku menjadi saksi dalam pertemuan ‘rahasia’ itu mengatakan dipanggil Jokowi ke Istana Presiden pada 6 Oktober 2015 sekitar pukul 08.30 pagi. Saat itu, dia mengaku kaget bila di ruang kerja Jokowi telah ada Jim Moffett.

“Saya dipanggil pagi-pagi, seperti biasa diminta ajudan datang ke Istana kemudian saya datang jam 08.30 pagi dan diminta ketemu. Akhirnya saya dibawa ke ruang kerja,” kata Sudirman dalam blak-blakan bersama detikFinance, Jakarta, akhir pekan lalu.

“Saya ingat pada waktu itu sebetulnya Freeport sedang dalam keadaan apa Saya sebut cemas kali ya atau bertanya-tanya, ini pemerintah mau ngambil keputusan kapan. Dan saya sangat menjaga untuk tidak bertemu langsung karena biarkan struktur saya bekerja. Maka itu ketika tanggal 6 saya diundang kemudian masuk ke ruangan ada Freeport itu, saya betul-betul kaget,” sambungnya.

Saat itu, Sudirman mengatakan bahwa seorang staf Istana mengatakan padanya bahwa pertemuan Presiden Jokowi dengan petinggi Freeport itu ‘tidak ada’. Sudirman sendiri mengaku tak jelas maksud dari pertemuan ‘tidak ada’ tersebut.

“Nah itu yang menjadi di heboh sekarang itu kan, saya menjelaskan ya memang ada yang menyampaikan ‘Pak Menteri pertemuannya tidak ada’ begitu. Dan saya tidak pernah menyebut pertemuan rahasia ya. Presiden boleh memanggil siapa saja, kapan saja,” ujarnya.

Sudirman sendiri mengaku tak lama berada di ruangan Jokowi, hanya 10 menit. Kemudian, kata Sudirman, dirinya diminta membuat sebuah surat oleh Jokowi. Setelah itu Sudirman pergi bersama Jim Moffett untuk membahas surat yang diminta oleh Jokowi.

“Tapi kemudian saya diberitahu ini sudah bicara dan minta tolong dibuatkan surat seperti yang dibutuhkan dia dan silakan dibicarakan suratnya. Nggak sampai 10 menit. Jadi saya lebih menerima instruksi untuk menyiapkan surat saja, tidak ada diskusi, tidak ada dialog, dan sesudah itu saya bersama Pak Moffett duduk hampir seharian di satu tempat untuk menegosiasikan draft itu,” cerita Sudirman.

Sudirman mengatakan, surat yang diminta oleh Jokowi itu berisikan tentang keberlangsungan investasi Freeport di Indonesia. Namun dalam surat itu tidak ada satu kalimat pun yang menyatakan bahwa kontrak Freeport di Indonesia diperpanjang.

Saat membahas surat tersebut, Sudirman Said mengaku ditemani oleh staf ahli. Sementara Jim Moffett ditemani pengacaranya.

“Dan dengan itu maka saya menyusun satu konsep yang oleh banyak pihak sebenarnya normatif saja, misalnya kata-kata, barangkali nanti bisa dicari di internet juga, bahwa Indonesia menjamin kelangsungan investasi, karena investasi dibutuhkan. Itu kan statement yang normatif,” katanya.

“Kedua, kita sedang menata regulasi di bidang Minerba. Dan itu bukan hal yang salah karena memang waktu itu kita sedang menata regulasi. Ada rencana perbaikan PP, ada rencana revisi UU Minerba, segala macam. Kemudian poin ketiga kurang lebih, sambil menunggu ini silakan bersiap-siap melanjutkan rencana investasi,” sambung dia.

Setelah membuat surat tersebut bersama Jim Moffett, pada hari yang sama Sudirman kembali menemui Jokowi.

“Surat itu yang disebut normatif itu sorenya saya tunjukkan ke Pak Presiden kan. Kalau nggak salah tanggal 6 juga. Karena suratnya kan besoknya. Nah, ini sebetulnya cerita ini sudah pernah diungkapkan berbagai media pada waktu itu. Jadi tidak ada yang kurang tidak ada yang lebih, itu lah kejadiannya,” ujarnya.

“Jadi setelah selesai, draft itu dikirim ke Amerika segala macam untuk direview, dan mereka terjemahkan dalam bahasa Inggris. Jadi ketika saya berangkat ke, bahkan sebelum saya berangkat ke presiden, saya kembali ke kantor untuk meminta pandangan dari biro hukum, dari Sekjen, mereka mengatakan semuanya aman, nggak ada masalah. Baru saya ketemu presiden sorenya,” tutur Sudirman Said. (fdl/dna)

Jordi Alba Segera Sepakati Kontrak Baru dengan Barcelona

Liputan6.com, Barcelona – Saga transfer Jordi Alba akan segera berakhir. Sang bek sudah berkomitmen untuk meneken kontrak baru di Barcelona dalam waktu dekat ini.

Dalam beberapa bulan terakhir, masa depan Alba memang menjadi topik perbincangan. Sang bek dirumorkan akan pergi dari Camp Nou setelah kontraknya yang habis musim depan belum kunjung diperpanjang oleh Barcelona.

Bek 29 tahun itu dikabarkan telah mendapatkan beberapa tawaran menggiurkan. Salah satunya dari Manchester United yang dirumorkan tertarik mendapatkan jasanya.

Namun dilansir Mundo Deportivo, eks Valencia itu tidak akan berlabuh di Old Trafford. Pasalnya sang bek sudah sepakat untuk memperpanjang kontraknya di Barcelona.

Menurut laporan tersebut, sejak awal tahun lalu, pihak Barcelona sudah menggelar pertemuan dengan agen Alba.

Mereka sudah menyatakan bahwa mereka ingin mempertahankan Alba dan sang agen juga mengatakan bahwa Alba juga tertarik untuk memperpanjang kontraknya di Camp Nou.

Baru-bari ini Presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu dikabarkan sudah menemui agen Alba, di mana keduanya kabarnya sudah mengunci kesepakatan kontrak baru sang bek.

2 dari 3 halaman

Sepakati Kontrak

Menurut laporan tersebut kedua pihak sudah menyepakati kontrak jangka panjang bagi Alba di Camp Nou.

Laporan itu mengklaim Alba sepakat menambah masa baktinya di Camp Nou. Ia akan mengikat kontrak lima tahun bersama juara bertahan La Liga tersebut.

3 dari 3 halaman

Kenaikan Gaji

Alba juga dikabarkan akan mendapatkan kenaikan gaji, meski tidak disebut secara detail berapa besar kenaikan gaji yang diterima sang bek. Musim ini Alba tercatat mengemas 2 gol dan 14 assist dari 35 penampilan bagi Barcelona musim ini.

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini

Tahukah Kamu, 5 Makanan Ini Ternyata Tidak Akan Pernah Bisa Kedaluwarsa

Liputan6.com, Jakarta – Jika Anda ingin menyimpanmakanan di lemari dapur dalam waktu yang cukup lama, bahkan bertahun-tahun, ketahuilah jenisnya terlebih dahulu. Sebab tak semuanya masih layak untuk dimakan.

Di dunia ini, ada banyak jenis makanan yang masih layak konsumsi dan ternyata tidak akan pernah bisa kedaluwarsa. Sebelum Anda membuangnya ke tempat sampah, ada baiknya perhatikan hal-hal berikut ini.

Seperti dikutip dari Top Tenz, Minggu (24/2/2019), ada setidaknya 5 jenis makanan yang tidak bisa kedaluwarsa meski disimpan dalam jangka waktu lama.


Saksikan video pilihan berikut ini:

2 dari 6 halaman

1. Madu

Madu merupakan makanan yang benar-benar tidak akan pernah kedaluwarsa.

Segentong madu pernah ditemukan di pot tanah liat yang dikubur dalam tanah. Konon, madu ini berasal dari zaman Mesir kuno. Ketika diuji, cairan yang dihasilkan dari lebah ini masih mempunyai rasa yang manis dan enak, meski ribuan tahun disegel.

Rahasia di balik masa simpan madu yang abadi adalah kandungan gula alaminya yang tinggi. Selain itu, madu juga bersifat asam, sehingga bakteri tidak memiliki kesempatan untuk berkembang biak.

Di satu sisi, madu juga dikenal sebagai “makanan super” karena banyak mengandung manfaat bagi kesehatan tubuh. Tingginya kadar antioksidan dalam madu mampu membantu menyingkirkan batuk, dan bahkan telah terbukti membantu menyembuhkan luka dan luka bakar.

3 dari 6 halaman

2. Susu Bubuk

Umumnya, susu sapi asli hanya bertahan sekitar dua minggu ketika disimpan di lemari es. Namun tidak halnya dengan susu bubuk.

Susu kering penuh lemak mampu bertahan 2 hingga 5 tahun, sedangkan susu kering tanpa lemak bisa bertahan hingga 25 tahun.

Namun Anda harus menyimpannya di lokasi yang sejuk dan kering. Susu basi atau kedaluwarsa biasanya akan berbau tak sedap ketika kemasannya dibuka.

Harap diingat bahwa ini hanya diperhitungkan untuk susu bubuk, bukan susu formula kering, yang hanya bertahan selama satu tahun.

Jangan mencoba memberikan susu formula yang kedaluwarsa kepada bayi atau anak kecil, karena mungkin memiliki beberapa konsekuensi serius.

4 dari 6 halaman

3. Pasta Kering

Perlu diingat bahwa pasta kering mampu bertahan selama 2 hingga 3 tahun jika disimpan dengan cara yang benar. Tiga tahun adalah waktu yang sangat lama untuk menjaga makanan tetap higienis, terutama jika rasanya lezat, seperti penne atau makaroni.

Namun, tahukah Anda bahwa umur simpan makaroni dan pasta kering dapat diperpanjang hingga 8 hingga 10 tahun jika tertutup rapat, dan disimpan di wadah yang sejuk dan kering?

Sedangkan untuk saus tomat atau saus kalengan, umur simpannya –yang belum dibuka– hanya 18 hingga 24 bulan.

5 dari 6 halaman

4. Kopi Instant

Pecandu kafein disebut amat beruntung, karena kopi instan dapat bertahan 2 hingga 20 tahun pada suhu kamar. Jika Anda menyimpannya di lemari es atau freezer, kopi bisa benar-benar bertahan seumur hidup Anda.

Bagi Anda yang gemar mengonsumsi kopi instan bergranula, jangan khawatir karena ini mampu bertahan sekitar 2 tahun pada suhu udara, dan akan bertahan selamanya jika Anda menyimpannya di tempat yang sejuk.

Sementara itu, kopi bubuk dengan krim berumur hanya 18-24 bulan.

6 dari 6 halaman

5. Beras Putih

Beras merah konon jauh lebih sehat dan bergizi, tetapi hanya akan bertahan selama 4 hingga 6 bulan sebelum kualitasnya memburuk.

Sedangkan untuk beras putih, saat disimpan di tempat yang sejuk dan kering dalam wadah kedap udara, diperkirakan akan tetap bagus selama 30 tahun.

Beberapa orang berspekulasi bahwa jika beras putih disimpan di lemari es atau freezer, makanan pokok orang Indonesia ini bisa tetap segar selamanya.