5 Hal yang Perlu Diperhatikan saat Mencoblos di TPS Pemilu 2019

Menurut Anggota KPU Hasyim Asy’ari, pencoblosan surat suara di TPS dilaksanakan pada Rabu 17 April mulai 07.00 hingga 13.00 waktu setempat.

Bila pada jam 13.00 masih terdapat antrean pemilih yang belum memilih, maka pemilih masih dapat dilayani dengan syarat sudah mendaftar/menulis di daftar hadir (Formulir C7) sebelum pukul 13.00 WIB.

“Penghitungan suara di TPS dilaksanakan mulai jam 13.00 setelah proses pemungutan suara selesai,” kata dia, Senin (15/4/2019).

Penghitungan suara di TPS, harus selesai pada hari yang sama dengan hari pemungutan suara, yakni hingga pukul 24.00 waktu setempat.

“Dan jika penghitungan suara belum selesai dapat diperpanjang tanpa jeda paling lama 12 jam sejak berakhirnya hari pemungutan suara. Atau maksimal harus selesai pada Kamis 18 April 2019 jam 12.00 waktu setempat,” tambah Hasyim Asy’ari.

Tanggapi Isi Surat SBY, Mahfud Md: Saya Kira Perlu Diperhatikan

Surabaya – Pakar hukum tata negara Mahfud Md mengaku sepakat dengan isi surat Ketua Umum Partai Demokrat (PD) Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) soal ketidaklaziman di kampanye Prabowo-Sandi. Menurutnya, surat SBY yang beredar itu mengandung nasehat yang harus didengarkan oleh semua pihak.
“Ya saya membaca itu juga. Saya kira perlu diperhatikan dari nasihat yang banyak pengalaman dan punya pengalaman Indonesia serta kecintaan kepada negara ini yang tidak diragukan karena dia presiden,” kata Mahfud usai jumpa pers persiapan acara Ngaji Kebangsaan di Surabaya, Minggu (7/4/2019).
Karena menurutnya, jika diperhatikan pada kampanye akbar itu, ia melihat ada salah satu kelompok memang terkesan inklusif dan sesuai dengan apa yang dijelaskan oleh SBY.

“Inklusif itu artinya tidak menfokuskan diri pada upaya menggalanag ikatan satu primordial. Misalnya lalu salat subuh bersama,” ungkap Mahfud.

“Mungkin itu oleh pak SBY salat subuh bersama lalu tahajud bersama mungkin itu dianggap terlalu eksklusif lalu bagaimana yang tidak tahajudan dan tidak subuhan. Tetapi kita dengarkan nasehat dari orang tua kita sebagai mantan presiden, boleh,” lanjutnya.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Demokrat (PD) Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY sempat menyurati tiga petinggi Partai Demokrat terkait gelaran kampanye akbar capres-cawapres Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. SBY berbicara soal ketidaklaziman di kampanye Prabowo-Sandi.

Surat SBY itu, seperti dilihat detikcom, Minggu (7/4/2019), ditujukan kepada Ketua Wanhor PD Amir Syamsuddin, Waketum PD Syarief Hasan dan Sekjen PD Hinca Panjaitan. Pesan SBY itu tersebar di WhatsApp dan dibenarkan politikus PD Andi Arief.

Di awal pesannya, SBY, pada Sabtu 6 April 2019, mengaku mendapat informasi yang mengandung kebenaran mengenai kampanye akbar Prabowo-Sandi di Gelora Bung Karno (GBK). SBY menyebut kampanye akbar Prabowo-Sandi mengandung unsur ketidaklaziman.
(bdh/bdh)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Ketua PA 212: Khilafah Itu Baru Mimpi, yang Harus Diperhatikan PKI

Jakarta – Ketua Persaudaraan Alumni (PA) 212 Slamet Ma’arif mengatakan ide untuk mengusung khilafah baru dalam tahap angan-angan. Karena itu, menurut Slamet, bukan khilafah yang harus diwaspadai, melainkan PKI yang jelas pernah memberontak.

“Kalau urusan isu khilafah baru mimpi belum kenyataan. Yang harus diperhatikan PKI yang jelas terbukti memberontak. Mengkhianati bangsa, kebangkitan PKI harusnya lebih diperhatikan. Sekarang sesuatu yang masih di awang-awang baru isu jadi masalah. Tapi yang jelas memberontak negara kok dilupakan,” kata Slamet di depan KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Minggu (31/3/2019).

Wakil Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno itu menegaskan calon presiden (capres) Prabowo Subianto secara gamblang peduli terhadap ideologi pancasila. Prabowo, kata Slamet, akan menggalakkan pemahaman ideologi pancasila hingga perguruan tinggi jika terpilih nanti.
“Pak Prabowo sudah sampaikan sampai ke perguruan tinggi penanaman ideologi. Dari mulai usia dini sampai perguruan tinggi,” katanya.

Slamet pun meminta semua pihak untuk tidak hanya berdebat soal penerapan ideologi Pancasila. Dia mengingatkan semua pihak harus ikut serta memberi pemahaman kepada warga soal Pancasila.

“Yang terpenting adalah pemahaman ideologi Pancasila, jangan cuma teriak tapi pemahaman Pancasila di masyarakat hilang, sehingga jadi simbol saja,” ujar Slamet.

PA 212 sendiri, kata Slamet, berkomitmen mendukung Prabowo dalam menegakkan ideologi Pancasila. Dia mengatakan Pancasila sebagai pedoman yang diwariskan oleh pendiri bangsa.

“Pak Prabowo menunjukkan bahwa nasionalisme begitu luar biasa. Pancasilais, artinya siapapun baik dia maupun kami tidak mengganti Pancasila. Itu bagian dari komitmen pendiri bangsa kita, termasuk dari kami juga,” pungkasnya.
(fdu/mae)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Ini Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Menderek Mobil

Liputan6.com, Jakarta – Bagi pemilik mobil, hal yang paling merepotkan adalah kendaraannya mogok. Terlebih, jika terjadi di tengah malam.

Hal yang bisa dilakukan adalah, dengan menelepon penyedia derek kendaraan, dan jika tidak bisa meminta bantuan pengendara lain bisa menjadi alternatif.

Namun, saat hendak menderek mobil yang mogok, ada hal yang harus diperhatikan seperti dilansir Suzuki Indonesia:

Siapkan tali penarik

Untuk bisa menderek mobil, pakai tali penarik yang kuat. Bisa yang terbuat dari bahan baja atau tambang. Karena penting, ada baiknya jika Anda selalu menyediakan tali penarik di bagasi mobil sebagai langkah antisipasi.

Perhatikan berat mobil

Saat akan menderek mobil yang mogok, Anda harus pastikan dulu bobot mobil yang menderek lebih besar (lebih berat) dibandingkan mobil yang akan diderek. Jelas tujuannya untuk lebih memudahkan proses penderekan.

Pasang tali derek di tempat yang tepat

Memasangkan tali penarik yang akan dipakai untuk menderek itu memang gampang-gampang susah. Beberapa mobil memang punya pengait yang ada di bagian bumper depan atau belakang. Tetapi jika Anda kesulitan, coba cek buku manual kendaraan supaya lebih jelas.

Ingat, jangan sekali-kali mengikat tali derek pada bumper atau suspensi karena tidak kuat menahan bobot kendaraan yang akan diderek.

Perhatikan panjang tali derek

Tampak sepele memang, namun panjang tali berpengaruh pada keselamatan Anda. Panjang tali yang disarankan adalah sekitar 4 meter atau kurang lebih sepanjang bodi mobil yang akan diderek. Hal ini penting supaya mobil mudah dikendalikan ketika akan mengerem dan berbelok.

Prabowo Curhat Bertahun-tahun Nyapres, Anaknya Jarang Diperhatikan

Liputan6.com, Jakarta – Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto curhat tentang pengalamannya nyapres. Dia mengaku sudah lama tak pernah istirahat. Kesibukan Prabowo membuat putra semata wayangnya jarang diperhatikan.

Hal itu disampaikan Prabowo saat pidato di acara Aliansi Pengusaha Nasional untuk Indonesia Menang di Djakarta Theater, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis 21 Maret 2019 malam.

“Sejak umur 18 tahun saya siap mati untuk republik ini, usia saya nanti Oktober, 68 tahun. Sebetulnya saya ingin istirahat saya belum pernah istirahat dari umur 18 tahun,” kata Prabowo.

“Saya tidak tahu libur, saya hanya punya satu anak dia pun mengeluh gak pernah memperhatikan dia,” sambung dia.

Mantan Danjen Kopassus itu mengaku ingin istirahat di sisa umurnya. Namun, Prabowo tak rela melihat kondisi negara.

Selain itu, Prabowo mengaku tak ingin ada perpecahan dan konflik di Tanah Air. Dia pun mengatakan, lebih baik dirinya yang hancur daripada rakyat menderita.

“Saudara-saudara sekalian saya tidak pernah mau perpecahan, saya tidak permah mau konflik saya dibesarkan senagai seorang kesatria lebih baik saya yg hancur daripada rakyat yang menderita. Itu tekad saya dari muda,” tegas Prabowo

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Sumber: Merdeka.com

Cara Membuat Artikel Ilmiah, 7 Poin Ini Perlu Diperhatikan Sebelum Menulis

Liputan6.com, Jakarta Bagi kamu para mahasiswa atau pelajar pasti sudah tak asing dengan berbagai macam jenis tulisan. Salah satu jenis tulisan yang sering dibuat adalah artikel ilmiah.

Secara umum artikel ilmiah termasuk karya ilmiah yang dimuat dalam jurnal imliah atau kumpulan artikel ilmiah lainnya. Artikel ilmiah ditulis sesuai dengan tata cara penulisan ilmiah yang ada.

Ada dua bentuk artikel ilmiah, yaitu artikel konseptual yang merupakan artikel yang diangkat dari gagasan atau ide penulis dan artikel penelitian yang merupakan artikel yang diangkat dari sebuah hasil penelitan.

Cara membuat artikel ilmiah sedikit berbeda dari artikel-artikel lainnya. Artikel ilmiah bersifat ilmiah dan sistematis. Terkadang artikel ilmiah juga menampilkan angka atau fakta-fakta yang dapat memperkuat artikel tersebut.

Nah bagi kamu yang ingin menulis artikel ilmiah, berikut cara membuat artikel ilmiah yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber Rabu (6/3/2019)

2 dari 8 halaman

Tentukan tema

Cara membuat artikel ilmiah yang paling utama adalah menentukan tema. Tema merupakan pembahasan utama dari artikel ilmiah yang kamu tulis. Tema juga akan membantumu untuk menentukan judul artikel ilmiah.

Karena sifat dari artikel ilmiah lebih universal, pastikan kamu memillih tema yang mudah untuk dipahami masyarakat luas.

Untuk menentukan tema kamu dapat melakukan observasi atau penelitian terlebih dahulu. Lakukan perencanaan yang matang sebelum menulis artikel ilmiah.

3 dari 8 halaman

Buat Kerangka Tulisan

Cara membuat artikel ilmiah selanjutnya adalah merancang kerangka tulisan. Agar tulisan tersusun secara sistematis, sebelum menulis pastikan untuk membuat kerangka tulisan. Kerangka tulisan berisi apa saja yang akan kamu tulis secara urut pada sebuah artikel ilmiah.

Kerangka tulisan dibuat sebagai perencanaan garis besar poin-poin apa yang akan kamu informasikan. Buatlah setidaknya tulisan ‘kasar’ sebelum kamu menulis artikel ilmiahmu lebih detail lagi.

Kumpulkan analisis masalah, teori, fakta, dan hasil penelitianmu lalu susun semuanya secara sistematis. Kamu dapat menempatkan isi dari artikel ilmiahmu ke beberapa bentuk sub judul.

4 dari 8 halaman

Pahami Bahasa Penulisan

Cara membuat artikel ilmiah yang perlu kamu perhatikan adalah bahasa penulisan. Dari segi bahasa, penulisan artikel ilmiah sedikit berbeda dari penulisan karya ilmiah.

Artikel ilmiah ditulis dengan bahasa yang lebih sederhana karena sasaran pembacanya lebih universal. Berbeda dengan karya ilmiah yang menggunakan bahsa sangat formal dan cenderung kaku.

Pada media massa tertentu, terkadang mereka memiliki gaya bahasanya sendiri. Jika kamu ingin mengirimkan artikel ke media tersebut, ada baiknya kamu mempelajari gaya bahasa yang dimiliki oleh media tersebut.

5 dari 8 halaman

Buat Pembukaan Menarik

Dalam memulai artikel ilmiah kamu perlu memberi paragraf pembuka untuk memulai tulisan. Pilihan kalimat pada paragraf pembuka memiliki peran paling penting untuk keseluruhan artikel ilmiahmu. Dengan paragraf pembuka yang menarik, para pembaca akan tertarik membaca artikel ilmiahmu sampai akhir.

Meski ditulis semenarik mungkin, kamu harus ingat bahwa sifat dari artikel ilmiah adalah sistematis. Tulis paragraf pembuka dengan bahasa yang mudah dimengerti dan dipahami oleh pembaca umum.

6 dari 8 halaman

Tulis isi secara sistematis

Setelah menuliskan paragraf pembukaan yang menarik, cara membuat artikel ilmiah selanjutnya adalah menulis isi dari artikel ilmiah itu sendiri. Tulislah isi artikel ilmiah menggunakan bahasa yang tepat dan mudah dipahami. Jangan pernah gunakan kata-kata yang bersifat ambigu pada artikel ilmiah.

Pada bagian isi, tulislah analisis masalah, teori, fakta, dan hasil penelitian yang telah kamu lakukan. Artikel ilmiah harus didasari dengan pemikiran ilmiah pula. Artinya kamu harus menuliskannya secara logis dan empiris.

Artikel ilmiah juga bersifat objektif. Artinya informasi atau tema yang dibagas sesuai dengan karakteristik objek uang ada. Tulislah karya ilmiah secara sistematis seperti memberi penomoran atau sub bab yang ada.

Isi dari artikel ilmiah harus disertai dengan referensi yang jelas dna dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

7 dari 8 halaman

Tulis penutup yang kuat

Setelah memaparkan pokok-pokok bahasan pada bagian isi. Kamu perlu menutup artikel ilmiah dengan paragraf yang kuat dan meyakinkan. Kamu bisa menuliskan rangkuman singkat dari keseluruhan isi artikelmu serta meminta saran pada pembaca jika menemukan kekurangan pada artikel ilmiahmu. Tulis penutup artikel secara lugas dan tegas disertai bahasa yang mudah dipahami.

8 dari 8 halaman

Lakukan penyuntingan

Setelah menyusun keseluruhan dari artikel ilmiah, cara membuat artikel ilmiah adalah melakukan pengecekan ulang. Baca ulang artikel ilmiah sebelum kamu kirimkan. Dengan membacanya kembali kamu dapat meminimalisir kesalahan penulisan yang ada.

Penyuntingan juga berguna untuk mendapatkan hasil tulisan yang baik dan layak untuk dipublikasikan. Meski tulisanmu nantinya akan jatuh ke tangan editor dan akan disunting kembali, tak ada salahnya jika kamu juga menyuntingya terlebih dahulu untuk mengetahui letak kesalahan yang ada.

Dengan menyunting tulisan, kamu akan mendapatkan kualitas tulisan yang lebih baik dan enak dibaca. Periksa kalimat dan paragraf yang ada apakah sudah enak dibaca, periksa kesalahan penulisan atau typo yang ada serta perhatikan penggunaan tanda baca yang tepat.

Cara Menjadi Orang Sukses dan Kaya, Ini yang Perlu Diperhatikan

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tidak mau menjadi orang sukses dan kaya? Semua orang pasti menginginkan menjadi orang yang sukses dan juga kaya. Akan tetapi, nyatanya menjadi sukses dan juga kaya tidaklah mudah. Tidak semua orang bisa menjadi orang yang sukses dan juga kaya. Tentu saja ada beberapa faktor yang bisa membuat kamu menjadi orang sukses dan juga kaya.

Kamu perlu bekerja keras dan juga usaha agar menjadi orang sukses. Selain itu, beberapa kebiasaan pun perlu dibangun dan dilakukan dengan tertib. Cara menjadi orang sukses pun seperti para miliarder dimulai dengan kerja keras dan juga dari nol.

Kamu juga bisa menggunakan tips cara menjadi orang sukses yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (4/3/2019). Berikut ini beberapa cara menjadi orang sukses yang perlu kamu perhatikan.

2 dari 4 halaman

Kebiasaan orang sukses

1. Bangun Pagi

Cara menjadi orang sukses dan kaya yang pertama ialah bangun pagi. Nyatanya ujaran lama jika bangun siang rezekinya akan dipatok ayam ini bisa menjadi pegangan. Sebab banyak orang kaya yang memiliki kebiasaan untuk bangun pagi. Hal ini karena jika kamu bangun pagi, maka pikiran kamu menjadi lebih segar. Selain itu, jika kamu bangun pagi, kamu bisa melakukan beberapa aktivitas ataupun mencicil pekerjaan yang belum terselesaikan. Jadi kamu bisa memulai kebiasaan baik di pagi hari dengan cara bangun pagi.

2. Fokus pada hal besar

Cara menjadi orang sukses selanjutnya ialah fokus pada hal besar. Memang benar jika kamu bisa mulai dengan menabung ataupun menyisihkan sedikit uang tiap harinya. Akan tetapi jika kamu hanya menabung dalam jumlah kecil mau sampai kapan kamu melakukannya?

Kamu bisa belajar dari Warren Buffett, ia adalah seorang investor, pengusaha dan juga philanthropist asal Amerika Serikat. Buffett sendiri merupakan investor tersukses di dunia, selain itu ia adalah komisaris, direktur utama serta pemegang saham terbesar di Berkshire hathaway. Kamu bisa belajar dari Buffett untuk fokus pada hal yang besar. Salah satu hal besar tersebut ialah rumah. Jadi jika kamu memiliki sedikit dana dan juga kesempatan, kamu bisa mulai menyicil sebuah rumah.

3 dari 4 halaman

Manfaatkan sumber daya yang ada

3. Manfaatkan teknologi transaksi

Pada zaman serba teknologi seperti saat ini, bukan hal yang sulit jika kamu ingin bertransaksi dimana pun dan kapan pun. Kamu hanya perlu bermodalkan sebuah ponsel saja untuk bisa melakukan segala transaksi yang ada. Selain itu, kamu harus bisa melunasi segala tagihan yang ada sebelum terkena denda. Tentu saja jika kamu terkena denda, maka pengeluaran kamu akan bertambah dan jumlah tabungan kamu pun akan menipis.

Selain itu, bila waktu gajian tiba, kamu bisa memindahkan beberapa nominal pada rekening yang khusus digunakan untuk menabung. Jika kamu memiliki rekening khusus untuk menabung, sebaiknya hindari penggunaan kartu atm.

4. Tabung dulu, baru belanja

Tips untuk cara menjadi orang sukses yang patut kamu tiru ialah tabung dulu baru belanja. Jangan menabung sisa uang belanja, melainkan belanjalah menggunakan sisa uang yang telah ditabung. Itu adalah salah satu kalimat yang menjadi peganggan Warren Buffett. Tentu saja kamu harus melakukannya dengan disiplin.

Jika kamu memiliki gaji Rp 5 juta, maka kamu ambil sekitar Rp 1 juta untuk ditabung terlebih dahalu. Kemudian sisanya bisa kamu gunakan untuk berbelanja kebutuhan lainnya. Jika kamu telah mengambil terlebih dahulu uang untuk ditabung, maka uang tersebut tidak boleh kamu gunakan sedikitpun.

4 dari 4 halaman

Cara menjadi orang sukses dan kaya

5. Catat setiap pengeluaran

Cara menjadi orang sukses salah satunya ialah mencatat setiap pengeluaran yang ada. Kamu harus sangat teliti jika terkait dengan pengeluaran dan kamu pun harus memastikan agar seluruh pengeluaran tercatat dalam anggaran yang disediakan. Jangan sampai kamu menggunakan uang untuk sesuatu yang tak sesuai dengan anggaran yang ada. Hal ini tentu saja bisa mengakibatkan catatan anggaran kamu menjadi berantakan.

Kamu pun harus rajin untuk mencatat setiap pengeluaran baik itu dia awal bulan, pertengahan taupun akhir bulan. Catatan pengerluaran akhir bulan dilakukan untuk menganalisa berapa pengeluaran yang kamu habiskan. Kemudian kamu bisa membandingan dengan bulan sebelumnya. Dengan adanya catatan pengeluaran ini, kamu bisa tetap menjaga stabilitas dana pengeluaran kamu untuk bulan berikutnya.

6. Simpan rezeki dengan berinvestasi

Cara menjadi orang sukses selanjutnya ialah jika kamu memiliki rezeki lebih yang datang tidak terencana, kamu bisa menggunakannya untuk berinvestasi. Jika kamu benar-benar ingin menjadi sukses dan kaya, maka rezeki yang ada pun tak akan kamu sia-siakan. Sebaliknya kamu justru bisa menabung dan juga berinvestasi untuk memperbanyak pendapatan.

Jika baru mencoba untuk berinvestasi, kamu bisa berinvestasi dalam jumlah yang kecil terlebih dahulu. Karena nominal bukanlah hal yang utama, melainkan kemauan untuk masa depan yang lebih baik. Karena seiring dengan berjalannya waktu, kamu pasti akan terdorong untuk menambah modal untuk berinvestasi. Namun kamu harus memastikan jika kamu tidak terlibat dalam investasi bodong. Oleh karena itu kamu pastikan sarana investasi yang akan kamu pilih terdaftar pada Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Cara Membuat Surat Izin Tidak Masuk Sekolah yang Benar

Liputan6.com, Jakarta Penggunaan surat sebagai media komunikasi kini sudah semakin jarang digunakan oleh masyarakat. Tak jarang anak-anak zaman sekarang atau mungkin para orang tua muda sekarang ini tidak tahu cara menulis surat yang benar

Walaupun jaman telah berkembang dan kebanyakan orang meninggalkan surat, tapi surat izin tidak masuk sekolah masih digunakan hingga sekarang.

Surat izin tidak masuk sekolah masih digunakan hingga saat ini karena dianggap lebih sopan, formal dan dapat dipertanggungjawabkan. Memang terkadang kamu membutuhkan cara membuat surat izin untuk memberi tahu kepada pihak sekolah bahwa kondisi kamu yang tidak memungkinkan untuk masuk.

Seperti dimana saat kamu sakit atau berhalangan hadir karena ada urusan keluarga yang tidak bisa ditinggalkan. Berikut cara membuat surat izin tidak masuk sekolah yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (1/3/2019).

2 dari 6 halaman

Cara Membuat Surat Izin Tidak Masuk Sekolah

Cara membuat surat izin tidak masuk sekolah ini sangat gampang, asalkan kamu tahu unsur-unsur apa saja yang seharusnya harus di persiapkan dan diperhatikan dalam membuat surat izin.

1.  Tujuan pengiriman surat

Tujuan yang di maksud adalah di mana surat ini berisi sebuah informasi ke siapa surat ini di tunjukan. Apakah ke kepala sekolah, pimpinan perusahaan, kepada wali kelas atau yang lainnya. Catatan, kalau kamu sudah memakai kata “Kepada” maka kamu tidak usah memakai kata Yth dan sebaliknya.

2.  Alasan Izin

Cara membuat surat izin tidak masuk sekolah, unsur ini sangat penting dalam surat izin. Karena unsur ini yang menentukan apakah surat yang kamu buat dapat di terima atau tidak. Kamu harus menulis alasan yang benar-benar logis.

3.  Tanggal dan tempat pembuatan surat

4.  Alamat tujuan

5.  Salam pembuka

6.  Kalimat pembuka surat

7.  Isi dalam surat

8.  Salam penutup surat

9.  Nama pengirim surat

Walaupun surat izin biasanya di tulis dan dibuat oleh pribadi, Namun surat izin bisa di katakan surat yang resmi. Oleh karena itu dalam menulis surat izin sebaiknya di tulis secara jelas dan baku. Inilah bagian-bagian yang harus kamu ketahui dalam membuat surat izin.

3 dari 6 halaman

Contoh Cara Membuat Surat Izin Tidak Masuk Sekolah dari Orang Tua

Yogyakarta, 09 Mei 2019


Kepada Yth.

Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XII-A

SMA ………..

di Tempat


Dengan hormat,

Dengan ini saya selaku orang tua/wali murid dari :

Nama       : ………………

Kelas        : XII IPA 3

Alamat    : Jl. Kaliurang KM 5, Yogyakarta

NISN       : 123347


Memberitahukan bahwa anak saya tersebut diatas tidak dapat mengikuti pelajaran seperti biasa pada hari ini, Kamis, 09 Mei 2019 dikarenakan sakit. Oleh karena itu, kami memohon pada Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XII-A agar memberikan izin. Demikian yang dapat kami sampaikan. Atas perhatian Bapak/Ibu kami ucapkan terimakasih.


Hormat kami,

Orang tua/Wali murid,


Rio Willyanto

4 dari 6 halaman

Contoh Cara Membuat Surat Tidak Masuk Sekolah Menghadiri Pernikahan Saudara

Malang, 09 Mei 2019


Hal : Surat Izin Tidak Masuk Sekolah

Kepada Yth,

Kepala SMA Negeri 1 Malang

di Malang


Dengan hormat,

Saya yang bertandatangan dibawah ini adalah Orang tua dari :


Nama       : Putri Marino

Kelas        : XII IPA 1

NISN       : 9877690


Memberitahukan bahwa putri saya tersebut diatas tidak dapat masuk sekolah seperti biasa, dikarenakan mengikuti prosesi akad nikah kakak kandungnya di luar kota. Dengan ini, kami memohon kepada Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XII IPA 1 agar memberikan izin. Demikian yang dapat kami sampaikan. Atas perhatian Bapak/Ibu kami ucapkan terimakasih.


Hormat saya,

Orang Tua Siswa,


Rio Romario

5 dari 6 halaman

Contoh Cara Membuat Surat Tidak Masuk Sekolah dengan Surat Keterangan Dokter

Medan, 09 Mei 2019


Hal : Permohonan Izin Sekolah

Lampiran : 1 Lembar


Kepada Yth,

Bapak/Ibu Guru SMA Negeri 1 Medan

Jl. Pendidikan No. 1

Medan


Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini, orang tua dari :


Nama       : Chico Sihombing

Kelas        : XII IPA 3

Alamat    : Jl. Kampung Keling 3 No. 99, Medan

NISN       : 667021


Dengan ini bermaksud memberitahukan bahwa anak kami dengan nama tersebut diatas sedang dalam keadaan sakit. Atas saran dokter, siswa tersebut diatas harus beristirahat total selama tiga hari. Adapun surat keterangan sakit dari dokter sudah kami lampirkan bersama dengan surat ini. Demikian surat permohonan izin kami buat, atas perhatian Bapak/Ibu guru kami mengucapkan banyak terimakasih.


Hormat Kami,

Orang tua Siswa,


Rio Sihombing

6 dari 6 halaman

Cara Membuat Surat Izin Tidak Masuk Sekolah yang Harus Diperhatikan

1. Kertas yang digunakan sebaiknya adalah kertas HVS. Dengan demikian, surat izin yang dibuat akan terlihat lebih rapi dan sopan.

2. Jangan sampai ada coretan pada kertas HVS yang dipakai. Jika ada kesalahan dalam penulisan/pengetikan, usahakan untuk mengganti kertas tersebut dengan yang baru. Jangan sampai kamu meralat tulisan tersebut dengan tipe-x atau coretan.

3.  Tulislah surat izin dengan cara tulis tangan, dan usahakan bolpoint yang dipakai berwarna hitam.

4. Cara membuat surat izin tidak masuk sekolah selanjutnya di haruskan memakai amplop agar lebih rapi dan sopan.

Komnas Perempuan Minta Polda Jatim Kabulkan Penangguhan Penahanan Artis VA

Liputan6.com, Jakarta Komisioner Komnas Perempuan, Sri Nurherwati mendatangi Markas Kepolisian Daerah (Mapolda) Jawa Timur (Jatim) untuk menemui tersangka kasus dugaan pornografi, artis VA. Usai menjenguk artis VA dan berdiskusi dengan penyidik Subdit V Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Jatim, Komnas Perempuan meminta penyidik Polda Jatim untuk mengabulkan penangguhan Penahanan terhadap artis VA.

“Yang harus menjadi pertimbangan dalam kebijakan Polda Jatim yakni bisa mengabulkan penangguhan penahanan. Karena sebagai pertimbangan pemulihan kondisi psikis korban kasus prostitusi,” tuturnya di Mapolda Jatim, Kamis (28/2/2019).

Menurutnya, dalam paripurna Komnas Perempuan, terakhir melihat bahwa perempuan yang ada di dalam kasus prostitusi merupakan korban yang dilacurkan. Sehingga apapun status hukumnya penyidik tetap memberikan haknya sebagai korban.

“Mempertimbangkan dan mengabulkan dengan melihat kapasitasnya sebagai korban yang dilacurkan,” katanya.

Dia mengatakan, seharusnya yang paling penting untuk segera dilakukan penindakan adalah muncikari dan user atau pelanggan artis VA. Alasannya, mereka lah yang membuat jeratan terjadinya tindak pidana prostitusi.

“Sedangkan perempuan selalu menjadi korbannya. Ini yang perlu diperhatikan,” ucapnya.

Dalam kunjungannya ke Polda Jatim, ia sempat bertemu dengan artis VA dan bincang bincang dengan penyidik berkaitan dengan modus yang kerap dilakukan muncikari dalam menjerat korbannya kedalam pusaran prostitusi.

“Komnas Perempuan akan terus memantau dan menyikapi kasus kasus yang berkaitan dengan perempuan. Dan kami juga mengajak masyarakat untuk tetap mendukung pemulihan korban agar kasus prostitusi bisa dihentikan,” ujarnya.

Komnas perempuan juga mendorong pengesahan RUU penghapusan kekerasan seksual. Sehingga kasus seperti ini tidak lagi terjadi di Indonesia.

2 dari 3 halaman

Tanggapan Polisi

Menanggapi permintaan Komnas Perempuan mengenai penangguhan penahanan artis VA, Direktur Ditreskrimsus Polda Jatim, Kombes Pol Achmad Yusep Gunawan menyampaikan bahwa pihaknya masih mempertimbangkan apa yang menjadi masukan dari Komnas perempuan.

“Kita akan maksimalkan sesuai dengan harapan Komnas maupun pemerhati, selama tidak menganggu kepentingan penyidikan,” ujar polisi pelopor E-Tilang tersebut.


Sebelumnya, Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan menuturkan bahwa penetapan tersangka VA ini berdasarkan rekam jejak digital dari tersangka mucikari ES. “Dari situ jelas ada foto dan video dan keterlibatan aktif VA dalam prostitusi online. Termasuk penyebaran foto dan video,” tutur Luki di Mapolda Jatim, Rabu 16 Januari 2019.

Luki menegaskan, penetapan VA sebagai tersangka itu juga sesuai dengan hasil gelar, dan berdasarkan pendapat dari beberapa ahli.

“Ada ahli pidana, ahli bahasa, ahli ITE dan ahli Kementerian Agama dan MUI dan beberapa bukti yang sangat mengaitkan dalam transasksi komunikasi ini sangat menguatkan saudari VA menjadi tersangka,” tambah Luki.

Luki menyatakan akan membuat surat panggilan kepada VA terkait status barunya yang kini naik menjadi tersangka. “Kami layangkan untuk Senin. kami undang yang bersangkutan untuk hadir ke Polda Jatim,” sambungnya.

Dari hasil penyidikan, Subdit V Siber Ditreskrimsus Polda Jatim menemukan foto dan video mesum artis VA. Gambar tak senonoh itu ditemukan dalam ponsel milik mucikari ES. Fakta baru ini terungkap dari hasil penyelidikan digital forensik beberapa hari terakhir.

Selain foto pose telanjang, ada pula video tak pantas dan melanggar norma susila. Foto dan video itu dikirim ke mucikari agar user tertarik dan menggunakan jasa seks VA.

“Ini mungkin sesuatu yang baru dimana yang sebelumnya jadi saksi korban (dalam kasus prostitusi), bisa menjadi tersangka. Ini akan jadi yurisprudensi,” ujar Luki.

Dalam perkara ini, VA dijerat Pasal 27 ayat 1 UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Pasal itu berbunyi, ‘Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan yang melanggar kesusilaan.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Komnas Perempuan: Artis VA Adalah Korban, Muncikari dan User Harus Ditindak

Liputan6.com, Surabaya – Komisioner Komnas Perempuan, Sri Nurherwati mendatangi Markas Kepolisian Daerah (Mapolda) Jawa Timur (Jatim) untuk menemui tersangka kasus dugaan pornografi, artis VA, Kamis, 28 Februari 2019.

Setelah menjenguk artis VA dan berdiskusi dengan penyidik Subdit V Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Jatim, Sri menyampaikan bahwa dalam rapat paripurna Komnas Perempuan terakhir, pihaknya melihat bahwa perempuan yang terjerat dalam kasus prostitusi tak lain merupakan korban.

“Yang paling penting untuk segera dilakukan penindakan adalah muncikari dan pelanggan atau user. Karena merekalah yang membuat jeratan terjadinya tindak pidana prostitusi. Sedangkan perempuan selalu menjadi korbannya. Ini yang perlu diperhatikan,” katanya.

Ia juga sempat berbincang dengan penyidik Polda Jatim tentang modus-modus yang dilakukan muncikari, serta bagaimana seorang perempuan terjebak dalam pusaran prostitusi. Meski demikian dalam kasus ini VA tetaplah korban yang harus dilindungi haknya.

“Makanya kami mengusulkan untuk bisa dilakukan pemulihan. Saya akan terus memantau dan menyikapi kasus kasus yang berkaitan dengan perempuan. Dan kami juga mengajak masyarakat untuk tetap mendukung pemulihan korban agar kasus prostitusi bisa dihentikan,” katanya.

“Sesuai mandat Komnas Perempuan yakni menciptakan situasi kondusif bagi penghapusan kekerasan dalam perempuan,” ujarnya.

Selain itu, dia mengatakan, melalui kasus artis VA ini pihaknya ingin mengetahui langsung bagaimana situasi didalam tahanan, langkah-langkah pencegahan agar tidak terjadi penyiksaan didalam tahanan, dan bagaimana memahami perempuan dalam industri hiburan, yang mana mengindikasikan terjadinya kekerasan terhadap perempuan.

“Pintu masuk nya melalui kasus VA yang sekarang ditahan di Polda. Kasus VA merupakan contoh bahwa industri hiburan sangat dekat dengan kekerasan terhadap perempuan,” ujarnya.

2 dari 3 halaman

Prostitusi Online

Sebelumnya, Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur (Jatim) secara resmi menahan artis Film Televisi (FTV) VA terkait kasus dugaan prostitusi online di Surabaya yang sempat menghebohkan beberapa hari yang lalu.

Kapolda Jatim, Irjen Pol Luki Hermawan menuturkan bahwa penetapan tersangka VA ini berdasarkan rekam jejak digital dari tersangka mucikari ES.

“Dari situ jelas ada foto dan video dan keterlibatan aktif VA dalam prostitusi online. Termasuk penyebaran foto dan video,” tutur Luki.

Luki menegaskan, penetapan VA sebagai tersangka itu juga sesuai dengan hasil gelar, dan berdasarkan pendapat dari beberapa ahli.

“Ada ahli pidana, ahli bahasa, ahli ITE dan ahli Kementerian Agama dan MUI dan beberapa bukti yang sangat mengaitkan dalam transasksi komunikasi ini sangat menguatkan saudari VA menjadi tersangka,” tambah Luki.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: