Kubu Prabowo Sarankan Panelis Lebih Aktif di Debat Kedua Pilpres

Liputan6.com, Jakarta – Wakil Ketua Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandiaga, Mardani Ali Sera mengusulkan, agar panelis debat lebih aktif pada 17 Februari 2019 nanti. Berkaca pada debat perdana, kedua moderator seolah menjadi pemain utama sehingga membuat jalannya debat terlalu formal dan prosedural.

“Sesuai dengan prediksi saya terlalu formal terlalu prosedural, seolah jadi pemain utama itu moderator. Dari awal saya sudah harap jadikan debat ini substansial,” ujar Mardani di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Selatan, Selasa (22/1/2019).

Politikus PKS itu mengusulkan, moderator debat bisa mengambil inisiasi untuk meminta panelis bertanya kepada kedua pasangan calon.

“Kalau perlu moderator, ‘Pak sekarang kita temanya hukum ya, panelis satu tanya monggo dijawab silakan saja pokoknya waktu bapak 20 menit silakan dijawab.’ Kalau selesai ditanya lagi,” kata Mardani.

Menurut dia, jika demikian, bakal terlihat kualitas capres-cawapres dalam menjawab pertanyaan panelis. Tak hanya mereka hadir debat sebagai formalitas.

“Sehingga betul-betul mengalir kelihatan betapa bahwa kapasitas kualitas dari capres cawapres itu muncul bukan ssekedar menunaikan kewajiban debat,” ujar Mardani.

2 dari 3 halaman

Beri Skor

Sekjen Partai Berkarya Priyo Budi Santoso memberi skor 2-1 untuk Prabowo Subianto di debat capres-cawapres pertama melawan rivalnya Joko Widodo. Skor pertama dimulai dari sikap kenegarawanan Prabowo yang tak tergoda dari serangan lawan.

Hal tersebut disampaikan Priyo dalam diskusi bertema Cuma Janji Atau Indonesia Menang? di Prabowo-Sandi Media Center, Jalan Sriwijaya I No. 35, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (22/1).

“Saya harus jujur menyampaikan, hasil debat pertama kemarin 2-1 untuk Prabowo-Sandi (PS). Saya punya alasan, duet PS telah menunjukkan tingkat kenegarawanan yang tinggi, bahkan bisa membatalkan pihak yang suka nyinyir Prabowo suka marah, hentak dan seterusnya ini itu,” kata Priyo.


Reporter: Ahda Bayhaqi dan Muhammad Genantan Saputra

Sumber: Merdeka

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Piatek Dikabarkan Telah Bertolak ke Milan

MilanKrzysztof Piatek bakal segera tiba di Milan. Media talia menyebut bahwa striker Genoa itu sudah bertolak ke Milan.

Rumor kepindahan Piatek ke AC Milan semakin menguat. Beberapa laporan termasuk Sky Sport Italia, Sportitalia, La Gazzetta dello Sport, dan kantor berita Ansa menyebut Genoa setuju untuk menjual Piatek ke Milan dengan harga 35 juta euro dibayar tunai.

Karena pembayaran dilakukan sekaligus, maka Milan akan menghemat sekitar 3 juta euro.


Menurut laporan Sportitalia, Piatek telah meninggalkan Genoa dengan mobilnya dan akan tiba di Westin Palace Hotel di Milan, Selasa (22/1/2019) malam waktu setempat, sehingga dia dapat menjalani cek medis pada esok harinya.

Bergeraknya Piatek menuju Milan menandai bahwa efek domino segera dimulai. Striker Milan, Gonzalo Higuain, bisa menuju Chelsea dan menjalani cek medis dengan jet pribadi setelah mendapat izin dari Juventus selaku klub pemilik.

Klub asal Inggris akan mengambil alih jangka waktu pinjaman enam bulan dari Milan dengan harga sembilan juta euro. Chelsea juga punya opsi pembelian penuh dengan harga 36 juta euro atau opsi untuk memperpanjang pinjaman menjadi 12 bulan lagi.

Jika proses itu tuntas, giliran Alvaro Morata yang bakal terbang ke Madrid. Striker Chelsea itu sebelumnya dikabarkan sudah menjalin kesepakatan pribadi dengan Atletico Madrid.

(ran/cas)

Mulai Nampak Sebagian Mega Resor Dubai Senilai Rp 71 T

Dubai – Setelah pulau reklamasi The Palm Jumeirah, Dubai bakal punya resor mewah serupa. Biaya yang dikeluarkan untuk pembangunannya setara Rp 71 triliun.

Melansir CNN Travel, Selasa (22/1/2019), adalah Jantung Eropa atau The Heart of Europe berjarak 4 kilometer dari garis pantai Dubai, Uni Emirat Arab yang merupakan bagian dari The World. Megaproyek mewah ini bernilai USD 5 miliar atau setara Rp 71 T dan dapat menampung 16.000 wisatawan.

Di bagian Eropa ini matahari hampir selalu bersinar. Pasir putih dan hangatnya lautan akan selalu melingkupi kota-kotanya yang bertema Venesia, St Petersburg, Swedia, Jerman, Swiss dan lainnya.

Jantung Eropa memang masih tahap pembangunan. Konstruksi The World dimulai pada tahun 2003, terdiri dari 300 pulau buatan yang membentuk peta dunia.

Untuk membuat pulau-pulau itu dibutuhkan 34 miliar ton batu besar dan 320 juta meter kubik pasir. Karena begitu luasnya proyek itu, bahkan para astronot dapat melacak kemajuannya dari luar angkasa.

Lokasi The World (Screenshot Google Maps)Lokasi The World (Screenshot Google Maps)

Jantung Eropa mencakup 13 hotel dan resor juga lebih dari 4.000 rumah untuk liburan. Iklimnya bisa dikontrol yang mempunyai kamar tidur bawah laut, komplek mewah ini dapat menampung hingga 16.000 orang pada satu waktu ketika selesai.

Tahap pertama konstruksi meliputi 10 istana tepi laut di Pulau Swedia, 32 vila di Pulau Jerman dan 78 rumah apung yang dijuluki Floating Seahorse di sekitar Pulau St Petersburg. Dan di darat satu istana Swedia sudah selesai dengan desain atap seperti kapal Viking yang terbalik dan sembilan lainnya 70% selesai.

(CNN Travel)(CNN Travel)

Pulau St Petersburg yang berbentuk hati sudah dibangun vila-vila. Di Floating Seahorse, vila utama baru-baru ini sudah selesai dibangun dan 20 model standar lainnya sedang dalam konstruksi.

Serah terima properti dimulai tahun ini dan akan selesai pada tahun 2020. Pengembang mengatakan telah menjual 85% unitnya dengan 70% pembeli dari UEA dan warga negara-negara teluk.

The Heart of Europe dimaksudkan tujuan staycation. Di mana menjadi tempat orang-orang UEA menghabiskan liburan mereka di negaranya sendiri, meski pengembang juga ingin menarik wisatawan mancanegara.

Di antara pulau-pulau ini akan ada objek wisata berterumbu karang buatan. Gunanya untuk menyelam dan snorkeling yang dibuat oleh Pusat Ilmu Pengetahuan Kelautan Kleindienst.

Kamu tak mau basah-basahan, Floating Seahorse memungkinkan pengunjung untuk menonton kehidupan laut dari kamar tidur dan kamar mandi bawah laut mereka. Jika proyek Kleindienst berjalan sesuai rencana, akan ada banyak ruang bawah laut di The Floating Venice, kompleks bertema lain yang direncanakan untuk The Heart of Europe.

Tertarik? Masih banyak bagian lainnya yang bisa traveler beli lho. (rdy/aff)

Tips Desain Brosur Makanan Menarik untuk Bisnis Kulinermu

Liputan6.com, Jakarta Usaha yang terus berkembang dan banyak dilirik hingga saat ini adalah bisnis dibidang kuliner atau makanan. Bisnis makanan ini selalu saja banyak peminatnya baik untuk produsennya maupun konsumennya. Kenapa? Soalnya nih, makanan dan minuman merupakan kebutuhan pokok setiap orang yang dibutuhkan setiap harinya.

Buat Anda yang tertarik ingin memulai bisnis di dunia makanan ini, hal utama yang perlu dipikirkan selain ingin memulai bisnis makanan apa, yang perlu dipikirkan juga adalah bagaimana cara memasarkan bisnis makanan baru ini.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk memasarkan produk bisnis yang baru dimulai. Salah satunya adalah dengan membuat brosur makanan. Bagi pebisnis makanan, brosur merupakan salah satu alat yang sangat penting. Brosur digunakan untuk menarik calon konsumen agar mau mencoba produk yang mereka jajakan. Untuk bisa menarik calon pembeli, desain brosur makanan harus dibuat sebaik dan semenarik mungkin. Desain brosur makanan ini perlu didesain tidak saja untuk menarik mereka yang memang sedang mencari produk tersebut, melainkan juga untuk mereka yang sebelumnya tidak ada niat untuk membeli produk makakan tersebut.

Nah, kali ini Liputan6.com, akan memberikan tips yang bisa Anda lakukan untuk membuat desain brosur makanan bisa menarik minat calon konsumen, seperti dirangkum dari berbagai sumber, Jum’at (18/1/2019).

2 dari 3 halaman

Tips membuat desain brosur makanan

Berikut tips yang bisa Anda gunakan untuk membuat desain brosur makanan agar terlihat lebih keren dan modern:

1. Menggunakan warna merah pada desain brosur makanan

Kenapa warna merah? Soalnya nih, merah merupakan warna yang secara psikologis bisa membangkitkan selera makan. Penggunaan warna merah seperti menjadi wajib digunakan untuk desain brosur makanan Anda.

Misalnya saja, makanan yang Anda jajakan adalah yang diolah dengan cara dipanggang, atau bersentuhan langsung dengan api, ada baiknya warna merah ini digunakan sebagai warna dominan pada desain brosur makanannya.

Untuk semakin memperkuat kesan dan menggugah selera, warna merah ini sebaiknya digunakan sebagai warna “blok”, jangan ditambah unsur gambar lain dengan opacity rendah, sebab “merah”nya jadi kurang memberikan efek. Selain warna merah, anda juga bisa menggunakan kombinasi warna kuning, orange, deep yellow, coklat atau bahkan hijau. Jangan gunakan warna biru sebagai warna dominan karena bisa “membunuh selera”.

2. Menggunakan Foto dengan Kualitas Baik

Hal yang membuat orang tertarik untuk mencoba salah satunya adalah visualisasi dari produk makanan yang ditawarkan di desain brosur makanan. Anda bisa menampilkannya dengan foto atau vektor, namun lebih direkomendasikan berbentuk foto.

Dalam tampilannya, Anda juga harus menampilkan keseluruhan gambar. Dalam desain, Anda bisa meng-cropping pada bagian tertentu yang menimbulkan sensasi lebih besar. Menampilkan keseluruhan gambar kadang bisa menimbulkan kesan kaku. Apalagi jika foto yang digunakan tidak profesional. Ini juga bisa jadi tips bagi anda yang resources foto-nya kurang bagus. Potonglah pada bagian yang “bisa berbicara”.

3 dari 3 halaman

Jenis font yang bisa digunakan

3. Menggunakan Jenis Font San Serif pada Desain Brosur Makanan

Font tipe Sans Serif (tidak berkaki) ini lebih direkomendasikan, karena lebih sesuai dengan karakter makanan. Akan lebih baik lagi jika Anda menggunakan tipe font yang bisa menimbulkan perasaan santai dan rileks.

Hal ini agar desain brosur makanan Anda bisa membangun persepsi kenikmatan, memberikan nilai-nilai lebih dari sekedar mengkonsumsi sebuah produk makanan.

4. Menonjolkan Produk Unggulan

Kalau desain brosur makanan Anda harus menampilkan lebih dari satu produk, maka akan sangat baik jika memfokuskan pada 1 atau 2 produk saja. Penonjolan bisa dalam bentuk membuat foto produk unggulan itu lebih besar secara ukuran daripada yang lain. Jangan sampai kita ingin menjual semuanya, tetapi justru tak ada satu pun yang dibeli konsumen.

Ingat, konsumen memiliki keterbatasan dalam perhatian, dan Anda sebagai konsumen harus bisa membuat mereka tertarik, untuk melihat, membaca, mempelajari dan akhirnya tentu saja mencoba.

5. Gunakan Nuansa Asimetris

Jangan membuat desain brosur makanan Anda secara kaku. Misalnya, semua gambar sama besar, penempatan antar gambar sama persis, dan lain sebagainya. Anda harus berani bereksperiman dalam desain brosur makanan ini agar hasilnya tidak saja elegan, namun juga modern.

Ingat, konsumen harus punya cukup alasan untuk membuat mereka mengeluarkan koceknya membeli produk Anda. Jika desain brosur makanan Anda saja sudah membuatnya bosan, bagaimana mereka mau membeli.

Nah, mungkin banyak sebagian orang pernah ‘protes’. Protes saat mereka mencoba makanan yang ternyata “tidak se-enak” seperti yang diperlihatkan di brosur. Ini mungkin kesalahan, namun bukan kesalahan dari desain brosur makanan itu sendiri. Sebab memang tugas sebuah desain brosur makanan untuk menarik minat calon pembeli.

Tugas para pemilik bisnis adalah harus benar-benar memastikan bahwa memang produknya sesuai dengan apa yang diiklankan di brosur tersebut. Jadi, harus seimbang antara brosur yang diiklankan dengan produk aslinya.

Reporter: Nisa Mutia sari

Mengintip Rencana untuk Lokalisasi Sunan Kuning dan Gambilangu Semarang

Semarang – Dua lokalisasi di Kota Semarang, Sunan Kuning (wilayah Kecamatan Semarang Barat) dan Gambilangu (GBL) (Kelurahan Rowosari, Kecamatan Tugu) diwacanakan akan ditutup secara bersamaan. Namun saat ini masih dalam tahap persiapan.

Menurut Kasi Tuna Sosial dan Perdagangan Orang, Dinsos Kota Semarang, Anggie Ardithia, ,waktu pasti memang belum ditentukan tapi terus dibahas. Pembahasan lebih ke persoalan teknis karena berpotensi ada resistensi.

“Yang pasti tahunnya 2019,” kata Anggie Ardithia, Senin (21/1/2019), ditulis suaramerdeka.com.

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, yang sebelumnya sempat pesimistis karena kepemilikan tanah yang bersifat privat. Namun menurut Anggie, Hendi mendukung penuh rencana penutupan dua lokalisasi tersebut.

Menurutnya, semua kegiatan yang dilakukan Dinsos Semarang sudah sepengetahuan Wali Kota Hendi. Termasuk semua perkembangan upaya pembubaran lokalisasi Sunan Kuning dan Gambilangu itu.

Menurut Anggie, pembubaran itu sebagai dukungan Pemkot Semarang dalam penyuksesan program Indonesia Bebas Lokalisasi dari Kementerian Sosial Republik Indonesia. Pemkot Semarang berharap, para PSK yang sudah mengikuti ketrampilan kerja bisa lepas dari profesi lama.

“Ada pelatihan tata boga, menjahit, kerajinan tangan dan lainnya. Kami menyesuaikan kebutuhan mereka agar bisa untuk bekal hidup di tengah masyarakat. Kami juga beri mereka pemahaman keagamaan,” kata Anggie.

Proses sudah dimulai sejak awal 2017 yang diikuti para pengasuh, anak asuh (PSK), dan juga pemerintahan di bawah Pemkot Semarang. Bahkan sudah pula dilakukan studi banding di Kabupaten Tegal.

“Saat ini ada sekitar 200-an PSK di lokalisasi Sunan Kuning dan 120 PSK di GBL. Awal 2017 lalu, Kadinsos Semarang memberikan surat edaran kepada pihak pengelola untuk menutup penerimaan anggota PSK baru,” kata Anggie.

Sementara itu, Kabid Rehabilitasi Sosial, Dinsos Kota Semarang, Tri Waluyo menyatakan, dukungan Wali Kota Semarang tersebut sebagai bentuk nyata keseriusan Pemkot Semarang dalam menuju Indonesia yang bermartabat dan bebas dari lokalisasi dan perdagangan orang.

Baca berita-berita menarik suaramerdeka.com lain di sini

Simak video menarik pilihan berikut:

Rekrut PPPK, Kementerian PANRB Koordinasi dengan Pemda

Liputan6.com, Jakarta – Pemerintah bakal membuka perekrutan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di 2019. Sistem seleksi ini bertujuan memberi kesempatan kepada tenaga honorer atau profesional yang telah melampaui batas usia pelamar PNS untuk menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN).

Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian PANRB Mudzakir menyampaikan, Kementerian PANRB saat ini telah memulai proses persiapan penarikan tenaga PPPK, salah satunya dengan berkoordinasi dengan pemerintah daerah.

“Prosesnya yang sudah dimulai, termasuk nanti koordinasi dengan (pemerintah) daerah. Tapi rekrutmen belum dibuka,” jelas dia kepada Liputan6.com, Selasa (22/1/2019).

Pernyataan tersebut membenarkan ucapan Menteri PANRB Syafruddin, yang mengatakan Kementerian PANRB telah mulai menyambangi pemerintah daerah untuk mendiskusikan seputar skema anggaran pelaksanaan seleksi PPPK.

“Sudah dilaksanakan, sudah mulai. Besok kita akan rapat dengan kepala daerah di Batam untuk memutuskan skema anggarannya,” ungkap dia pasca kunjungan rapat bersama Komisi II DPR RI.

2 dari 3 halaman

Target Awal

Adapun secara target awal, penarikan tenaga PPPK dijadwalkan bakal dimulai pada pekan keempat atau akhir Januari 2019.

Syafruddin juga menyebutkan, beban gaji untuk tenaga PPPK yang lolos seleksi akan diberikan kepada masing-masing pemerintah daerah (Pemda), sama seperti tanggungan gaji PNS yang bekerja dibawah instansi tersebut.

“Bukan tenaga honorer aja, PNS juga Pemda. Kementerian/Lembaga itu dari Kementerian Keuangan, kemudian gaji-gaji dari PNS yang di daerah, di tingkat 2 tingkat 1, ya pemerintah daerah. Memang itu skemanya,” terang dia.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

JK Kritik Proyek Kereta Trans Sulawesi

Liputan6.com, Jakarta – Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) kembali menyampaikan catatan kritis terhadap sejumlah proyek pembangunan infrastruktur di Indonesia.

Hal tersebut dia sampaikan dalam acara ‘Indonesia Development & Business Summit New Construction Opportunity 2019 Beyond Infrastructures’ di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta.

Setelah LRT Jabodebek yang menurut dia terlampau mahal karena dibangun elevated atau melayang, JK juga menyinggung proyek pembangunan kereta api Trans Sulawesi, dari Makassar ke Manado hingga LRT Palembang.

“Sama kereta api Sulawesi-Manado, siapa yang mau naik ke Makassar? Barang apa yang mau diangkut dari selatan ke utara, utara ke selatan? Hanya perpendek saja di Sulawesi untuk kebutuhan memperbaiki industri. Kalau barang tidak akan efisien,” kata dia, Selasa (22/1/2019).

Dia pun menyinggung kondisi LRT Palembang yang kini hanya menjadi ajang coba-coba para turis lokal yang datang. “LRT Palembang jadikan saja turis lokal saja,” imbuhnya.

Oleh karena itu, Jusuf Kalla mengingatkan agar pembangunan infrastruktur tidak hanya memperhatikan aspek secara teknis, tapi juga dampak terhadap perekonomian.

“Ini suatu tanggung jawab kita semua untuk melihat itu sebagai bagian daripada evaluasi kita meningkatkan infrastruktur tapi juga manfaatnya bagaimana,” ujar dia.


Reporter: Wilfridus Setu Embu

Sumber: Merdeka.com

2 dari 2 halaman

Jalur Kereta di Sulawesi

Sebelumnya, dalam rangka terwujudnya pembangunan perkeretaapian di Pulau Sulawesi, khususnya di wilayah Provinsi Sulawesi Selatan, pemerintah melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan terus mempercepat pembangunan jalur KA yang akan menghubungkan Kota Makassar hingga Parepare sepanjang sepanjang 145 km.

Pada tahap awal pembangunan jalur KA lintas Makassar – Parepare, saat ini pemerintah mempercepat untuk menyelesaikan serta mengoperasikan jalur KA untuk segmen Barru – Palanro sepanjang kurang lebih 44 km.

“Pembangunan pada segmen ini telah dimulai sejak akhir 2014. Diharapkan, pada akhir 2018 ini sudah bisa dioperasikan,” kata Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Zulmafendi kepada wartawan, Selasa (4/9/2018).

Nantinya, kata dia, ketika segmen Barru – Palanro ini siap beroperasi pada akhir 2018, hal ini akan menjadi catatan tonggak sejarah perkeretaapian baru di pulau yang juga dikenal sebagai Bumi Celebes. Itu karena pada zaman penjajahan Belanda, pernah beroperasi KA pada lintas Makassar – Takalar, pada periode kurun waktu 1923 – 1930.

“Pengoperasian KA lintas Makassar – Takalar ini kemudian berhenti beroperasi karena pertimbangan nilai ekonomis pada waktu itu. Dan pada akhir 2018, pemerintah berencana untuk kembali mengoperasikan KA di wilayah Sulawesi, khususnya Sulawesi Selatan,” kata dia.

Zulmafendi menambahkan, pembangunan jalur KA ini juga merupakan implementasi dari rencana pemerintah yang tertuang dalam Rencana Induk Perkeretaapian (RIPNas) tahun 2030 dalam mewujudkan jalur KA Trans Sulawesi yang akan menghubungkan Sulawesi Selatan hingga Sulawesi Utara.

Tahap awal, yaitu segmen Barru – Palanro, kegiatan pembangunan jalur KA tersebut masih menggunakan skema pendanaan melalui APBN.

Namun, sebagai upaya untuk mendorong percepatan penyelesaian pembangunan Jalur KA Makassar – Parepare ini dan dalam rangka mendorong partisipasi pihak swasta dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia, pemerintah memberikan kesempatan kepada para stakeholder untuk turut serta dalam pembangunan Jalur KA Makassar – Parepare.

Saat ini, pemerintah masih dalam tahap meyeleksi para stakeholder yang berminat untuk turut serta dalam pembangunan jalur KA Makassar – Parepare ini. Terdapat enam peserta dari tujuh peserta yang sudah lolos dari tahapan prakualifikasi dan berkomitmen untuk mempercepat proses seleksi ini sehingga penyelesaian jalur KA ini dapat segera terwujud.

“Pemerintah berharap dengan beroperasinya kembali KA di Wilayah Sulawesi akan memberi dampak ekonomi bagi masyarakat Sulawesi dan mendorong mobilitas baik angkutan penumpang maupun angkutan barang serta dapat membuka lapangan pekerjaan,” kata Zulmafendi.

Selain itu, pembangunan jalur KA lintas Makassar – Parepare ini nantinya akan terintegrasi dengan pelabuhan, bandar udara maupun pusat-pusat perekonomian di sepanjang lintas Makassar – Parepare yang akan berdampak kepada penurunan biaya transportasi yang pada akhirnya akan mendorong perekonomian di Sulawesi.


Saksikan video pilihan di bawah ini:

Terungkap Sebab Kematian Buaya 660 Kg yang Makan Orang

Minahasa – Buaya seberat 660 kg memakan orang pada (17/1). Setelah dievakuasi, buaya bernama Mery itu mati pada Minggu (20/1) pagi.

“Dugaan kematian buaya Mery adalah faktor dari awal rescue di Tombariri dan dibawa ke TWA Batu Putih (Daops Manggala Agni) sudah mengalami drop, dan dugaan sementara adalah mengalami heatstrock. Selain itu ditemukan akumulasi gas yang sangat banyak di organ lambung,” demikian laporan tim dokter kepada wartawan, Selasa (22/1/2019).

Buaya Mery dinekropsi pada hari Senin (21/1) oleh dokter hewan PPS Tasikoki drh Dwielma Nubatonis dan drhFahmi Agustiadi dibantu oleh Billy Lolowang dan Deity Mekel. Nekropsi ini disaksikan oleh pihak BKSDA dan pihak Polres Tomohon.
Proses Nekropsi dimulai pada pukul 13.00 wita dan proses nekropsi selesai pukul 16.00 wita.

“Bangkai buaya Mery lalu dikuburkan di kawasan TWA Batu Putih pukul 17.30 WITA,” ujarnya.

Beberapa sampel organ buaya perlu dilakukan pengujian laboratorium lebih lanjut untuk menegakkan diagnosa yang ada.

“Barang bukti(tulang belulang) yg ditemukan dalam tubuh buaya dapat dikordinasikan kembali dengan pihak kepolisian untuk tindak lanjut pemeriksaan forensik. Dan juga pihak keluarga korban,” ujarnya.

(asp/asp)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Kementerian PUPR Selesaikan Rusun Pondok Pesantren di Sulawesi Selatan

Liputan6.com, Jakarta – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan terus membangun rumah susun (Rusun) yang diperuntukan bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR), Pekerja, TNI/Polri, mahasiswa, dan santri. Salah satu Rusun yang dibangun pada 2018 silam adalah Rusun Pondok Pesantren (Ponpes) Darud Da’wah Wal Irsyad (DDI) Mangkoso yang terletak di Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan.

Tempat ini digunakan sebagai sarana untuk menunjang kegiatan santri dalam menimba ilmu keagamaan. Rusun yang terdiri dari 3 lantai dengan tipe kamar barak sebanyak 24 unit ini mampu menampung sebanyak 216 orang dengan biaya pembangunan dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) sebesar Rp 6,9 miliar.

Wakil Presiden RI Jusuf Kalla turut menyampaikan penghargaan kepada Kementerian PUPR yang telah membangun rumah susun di tanah kelahirannya ini. “Sudah menjadi tugas pemerintah untuk selalu membantu masyarakat menjadi lebih maju,” sebutnya dalam keterangan resmi, Selasa (22/1/2019).

“Pondok pesantren DDI Mangkoso, selain mengajarkan ilmu agama, tentunya juga harus memajukan semangat santrinya, baik melalui kemampuan teknis dan peningkatan keahlian mereka, agar dapat mengikuti perkembangan dunia dan bersaing dengan negara lain,” tambahnya.

Adapun pengerjaan rusun ini sendiri dimulai pada 15 Maret 2018 dan telah rampung pada 15 Desember 2018 bagi santri wanita. Selain itu, Rusun ini juga telah dilengkapi dengan listrik, air, prasarana sarana dan utilitas (PSU), lanskap dan meubelair seperti tempat tidur bertingkat beserta kasur dan lemari pakaian.

Direktur Rumah Susun Kementerian PUPR M Hidayat menyatakan, rusun ini bisa langsung diisi oleh santri dan dimanfaatkan untuk mendukung kegiatan-kegiatan pendidikan di ruang komunitas. “Mudah-mudahan dengan tempat yang nyaman para santri dapat meningkatkan kreatifitas dan lebih berprestasi lagi,” ungkapnya.

Rusun Ponpes DDI Mangkoso merupakan salah satu dari 9 rusun yang dibangun Ditjen Penyediaan Perumahan di Provinsi Sulawesi Selatan pada 2018. Rusun tersebut terdiri dari 7 rusun Ponpes yang tersebar di 7 Kabupaten/Kota dan 1 rusun yang diperuntukan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN), serta 1 rusun Mahasiswa Universitas Hasanuddin Makassar.