Gerindra: Pak Prabowo Sudah Teken Surat Cawagub DKI, Tinggal Kirim ke PKS

Jakarta – Ketua DPP Gerindra Ahmad Riza Patria mengatakan surat pengajuan nama Cawagub DKI Jakarta telah diteken oleh sang ketum, Prabowo Subianto dan Sekjen Gerindra Ahmad Muzani. Tanda tangan dilakukan kemarin.

“Setahu saya sudah ditandatangani. Kemarin ditandatanganinya,” ujar Riza, saat dimintai konfirmasi, Jumat (1/3/2019).

Insyaallah, udah clear,” imbuhnya.


Riza mengatakan, surat pengajuan tersebut hanya tinggal diserahkan ke PKS. Namun, hal itu menjadi kewenangan DPD Gerindra DKI.

“Tinggal nunggu penyerahan. Itu nanti urusan DPD,” kata Riza.

Sebelumnya, surat pengajuan dua nama Cawagub DKI masih menunggu pengesahan dari Prabowo dan Muzani. Sementara, dari pihak PKS, baik Presiden PKS Sohibul Iman dan Sekjennya Mustafa Kamal sudah meneken surat tersebut.

Dua nama yang disepakati Gerindra dan PKS adalah Ahmad Syaikhu dan Agung Yulianto menjadi cawagub DKI. Pasca mendapat pengesahan dari kedua pimpinan partai pengusung, dua nama itu akan diserahkan ke Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk diteruskan ke DPRD.
(mae/tor)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Pemprov DKI Jamin Tak Ada Jual Beli Lurah Saat Rotasi Besar-besaran

Jakarta – Sekda Pemprov DKI Jakarta Saefullah menjamin tidak ada jual beli jabatan lurah saat rotasi 1.125 pejabat DKI Jakarta. Bila ada bukti, Saefullah meminta agar informasi itu diteruskan padanya.

“Saya jamin, sama sekali tidak ada permainan uang. Kalau ditemukan di lapangan, infokan ke saya. Saat itu juga kita selesaikan, kalau ada penerimaan permainan uang,” ucap Saefullah kepada wartawan di JPO Gelora Bung Karno (GBK), Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Jumat (28/2/2019).

Menurut Saefullah, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memiliki kewenangan untuk merotasi pejabat di bawahnya. Hal itu, untuk mendukung program yang telah dicanangkan.

“Semua itu hak pimpinan. Jadi, rotasi di TNI, Polri, dan daerah lain, di mana saja. Itu biasa-biasa saja rotasi itu. Kalau kepala daerah mau mengusung visi misi lebih cepat terwujud. Ya hak dia untuk rotasi,” kata Saefullah.

Sebelumnya, Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi menyebut rotasi Anies terhadap lurah dan camat berbau politis. Apalagi, menurut Prasetyo, banyak lurah dan camat yang diturunkan menjadi sekretaris lurah dan sekretaris camat.

“Pertanyaannya, kalau ada camat jadi sekcam (sekretaris camat) atau lurah jadi sekkel (sekretaris kelurahan), ini aneh ini buat saya. Dan tempat-tempat itu (lokasi pemindahan) kok berbaunya politis sekali,” ujar Prasetyo saat dimintai konfirmasi, Selasa (26/2).

Namun Anies menepis Prasetyo. Anies menegaskan kewenangannya dalam perombakan pejabat di Pemprov DKI.

Mengenai isu jual beli jabatan lurah itu disoroti Ketua Fraksi PKB DPRD DKI Jakarta, Hasbiallah Ilyas. Namun di sisi lain dia mendukung rotasi pejabat besar-besaran oleh Anies bila tujuannya untuk proses penyegaran organisasi.

“Bagus kalau untuk penyegaran, itu kita dukung tetapi untuk desas-desur bahwa pemilihan lurah ini ada tarifnya, ini kurang bagus. Ini yang mesti pak Anies (perhatikan). Banyak keluhan dari lurah-lurah yang menyampaikan ke kita, bahwa ini ada tarif,” kata Hasbiallah.

Hasbi mengaku tidak tahu pasti soal kebenaran informasi tersebut. Menurut dia, kabar soal tarif menjadi lurah ini memang beredar di kalangan PNS.

“Rame isu di kalangan bawah, di lurah seperti itu, yang saya tahu. Kebenarannya mana saya tahu,” ujar dia.
(dhn/dhn)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Cara Cek Kuota Internet M3, Tak Perlu Keluar Pulsa

Liputan6.com, Jakarta Indosat Ooredoo merupakan salah satu provider telekomunikasi terbesar di Indonesia. Salah satu produk dari Indosat Ooredoo adalah IM3 Ooredoo atau biasa juga dikenal sebagai M3. IM3 sendiri adalah sebuah layanan seluler prabayar dengan kemampuan isi ulang yang didirikan pada 2001 silam.

Dengan adanya IM3 Ooredoo, maka Indosat menjadi operator pertama yang mendukung GPRS, MMS, video streaming hingga java games di seluruh Indonesia. IM3 Ooredoo tersedia dengan layanan broadband, layanan paket data dengan kecepatan tinggi hingga 2 mbps dan paket-paket lainnya.

Kini, IM3 Ooredoo telah merambah jaringan 4G plus guna memberikan kepuasan maksimal untuk pelanggannya. Saat ini hampir semua orang membutuhkan kuota internet untuk aktivitas berselancar di dunia maya. IM3 Ooredoo merupakan salah satu provider seluler yang kerap mengeluarkan paket kuota internet murah bagi pelanggannya.

Mengecek kuota internet merupakan suatu kegiatan yang umum dilakukan. Mengecek kuota internet secara berkala akan menghindari Anda dari penggunaan internet berlebihan yang dapat menyedot pulsa utama Anda.

Bagi Anda para pengguna M3 untuk internetan, penting untuk Anda mengetahui cara cek kuota internet M3. Ada tiga cara cek kuota internet M3 yang dapat dilakukan. Berikut tiga cara cek kuota internet M3 yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber Kamis (28/2/2019).

2 dari 5 halaman

Cara Cek Kuota Internet M3 Lewat Dial Up

Cara cek kuota internet M3 yang pertama adalah dengan menekan dial up pada menu panggilan. Cara ini gratis dan tidak akan menyedot pulsa Anda karena Anda hanya cukup menekan nomor *363# atau *123#.

Cara cek kuota internet M3 dengan dial up *123# adalah Anda cukup menekan *123# pada menu panggilan dan tekan call atau ok. Setelah itu akan muncul beberapa opsi layanan.

Urutan dari opsi-opsi pada dial up ini sering berubah. Pastikan Anda memilih opsi ‘INFO’ lalu pilih ‘cek kuota’ tunggu beberapa saat dan kemudian Anda akan mendapatkan SMS berupa rincian kuota internet Anda.

Hal yang sama juga didapatkan jika Adda menekan *363# pada menu panggilan Anda. Cari opsi ‘internet dan lainnya’ setelah Anda menekan *363#, pilih opsi ‘status&kuota’ lalu pilih ‘info kuota’ Anda juga bisa sekaligus memeriksa masa aktif kartu menggunakan cara ini.

3 dari 5 halaman

Cara Cek Kuota Internet M3 Lewat SMS

Cara selanjutnya untuk memeriksa kuota M3 adalah dengan melalui SMS. Cara cek kuota internet M3 ini juga gratis meskipun lewat SMS.

Cukup ketik USAGE lalu kirim ke 363. Maka akan muncul informasi lengkap jenis paket yang Anda gunakan serta rincian sisa kuota yang Anda miliki.

Cara ini merupakan cara paling mudah yang bisa Anda coba di rumah. Namun, sayangnya Anda tidak bisa memeriksa masa aktif kartu Anda menggunakan cara ini.

4 dari 5 halaman

Cara Cek Kuota Internet M3 lewat Aplikasi MyIM3

Cara ini terbilang baru dan lebih modern dari cara dial up ataupun SMS. Untuk cara cek kuota Indosat lewat Aplikasi MyIM3, Anda perlu menginstal aplikasinya terlebih dahulu di Play Store. Setelah selesai menginstal, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah buka aplikasi tersebut lalu pilih bahasa.

Terdapat dua pilihan bahasa yaitu bahasa Inggris dan bahasa Indonesia.Selanjutnya, Anda akan dimintai izin untuk akses penggunaan VPN, maka Anda tekan tombol ‘mengerti’.

Lalu akan muncul opsi Data Saving Mode dan Anda tekan Continue lalu Ok. Kemudian, ketika diminta untuk mengakses lokasi, tekan ‘mengerti’ dan ‘izinkan’.

Begitu juga dengan akses telepon dan sms. Baru setelah itu Anda bisa login nomor hp Anda beserta kode verifikasi yang akan dikirim ke nomor Anda.

Lalu akan muncul tampilan beranda Aplikasi MyIM3 lengkap dengan fitur untuk mengecek kuota Anda. Bahkan, dengan aplikasi ini Anda juga bisa mengetahui masa aktif kartu, bisa isi pulsa, membeli paket lain, memeriksa informasi tagihan, dan menemukan lokasi Outlet Indosat.

Anda harus memastikan memiliki sambungan internet karena aplikasi MyIM3 tidak akan bisa berjalan tanpa sambungan internet.

5 dari 5 halaman

Indosat Ooredoo Uji Coba 5G

Indosat Ooredoo tengah melakukan persiapan hadirinya jaringan 5G, termasuk dengan menggelar uji coba 5G melalui pengalaman 3D Augmented Reality (AR).

Rencana Group Ooredoo dalam mengimplementasikan teknologi 5G pertama secara komersial di dunia, disebut juga menjadi arah dari strategi Indosat Ooredoo dalam mengembangan jaringannya ke depan.

Director & Chief Innovation Officer Indosat Ooredoo, Arief Musta’in, mengatakan uji coba 5G ini sekaligus merupakan bentuk respons perusahaan terhadap perkembangan teknologi.

Mengenai uji coba 5G ini, Indosat Ooredoo merupakan yang pertama di Indonesia melakukan demo 3D AR Collaboration yang diklaim bisa memberikan interaktif dan kolaboratif dalam berkomunikasi ke level yang lebih tinggi.

Secara umum, aplikasi kolaborasi 3D AR ini antara lain bisa digunakan di bidang edukasi dan customer service, untuk menghasilkan komunikasi visual yang lebih berkualitas dan efisien.

Pengalaman AR diklaim akan lebih baik dilakukan dengan jaringan 5G, karena dari lebih cepat dan memiliki delay yang rendah (low latency). Selain itu, resolusi layar untuk konten AR biasanya di atas 4K, sehingga jauh lebih baik menggunakan 5G. Latency 5G mencapai 1 millisecond.

Rangkaian uji coba dan pameran teknologi 5G ini berlangsung pada 22-23 November 2018 di kantor pusat Indosat Ooredoo. Indosat Ooreoo menggandeng telekomunikasi dan jaringan Ericsson untuk menggelar uji coba ini.

Cara Nyentrik ABG Cantik Protes Jalan Tak Laik

Palembang – Sekelompok remaja di Batumarta, Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan, punya cara dan nyentrik dalam memprotes jalan rusak. Mereka melakukan pemotretan dengan cara unik dan pose lucu agar direspons pemerintah.

Ada yang berpose sedang memancing, ada yang berpose romantis dan seolah duduk santai di tepi danau, ada pula yang sampai mandi lumpur.

Mereka berhasil membuat pose konyol tapi di jalan rusak yang seperti kubangan. Lubang di jalan yang rusak seolah memberi banyak ide kreatif. Pemotretan sendiri dilakukan seorang fotografer bernama Robby Ari Sanjaya.

“Jalanan itu memang sudah lama rusak. Sudah lama tidak diperbaiki pemerintah setempat. Itu merupakan bentuk protes masyarakat yang sudah kesal karena ini tidak ada perbaikan jalan,” kata seorang warga, Syakirin Edo Lugan, saat dimintai konfirmasi detikcom, Rabu (27/2/2019).
Sang fotografer, Robby Ari Sanjaya, menyebut pemotretan dilakukan pada Minggu (24/2) pagi. Untuk mendapatkan hasil maksimal, dia melibatkan 4 anak muda yang ‘siap untuk malu’.

“Awalnya jalan itu jalan yang saya lewatin setiap hari. Saya selalu pergi pagi pulang malam dan saya harus lewat jalanan itu,” ujar fotografer Robby Ari Sanjaya, yang memotret para ABG cewek tersebut, saat dimintai konfirmasi detikcom, Rabu (27/2).

Karena kesal melihat kondisi jalan yang selalu dilewatinya rusak semakin parah, Robby akhirnya putar otak mencari ide. Dia ingin memotret jalan dengan cara unik dan kreatif untuk menceritakan isi hatinya.

Cara Nyentrik ABG Cantik Protes Jalan Tak LaikFoto: (dok Istimewa-Robby)

Aksinya ini, kata Robby, cukup berhasil karena jepretannya mendapat banyak respons dari masyarakat. Tidak jarang warganet ikut membagikan dan menanggapi fotonya yang di-posting di media sosial.

“Responsnya banyak, luar biasa. Kadang cara-cara kreatif seperti ini justru cukup menarik perhatian masyarakat. Jadi ini bukan hanya dari pemerintah setempat, tetapi juga nasional dan saya berharap segera ada perbaikan jalan,” tutupnya.

Salah seorang ABG yang menjadi model jalan rusak penuh lumpur sebagai aksi protes itu adalah Resysta Saputri Mojjes atau Putri. Tindakannya itu dilakukan sebagai bentuk protes kepada pemerintah karena jalanan di daerahnya sudah 4 tahun tak diperbaiki.

“Itu dilakukan secara spontan saja. Lagi pula jalannya sudah lama rusak nggak pernah diperbaiki. Kesal,” terang Putri saat dimintai konfirmasi detikcom, Rabu (27/2/2019).

Untuk mencurahkan kekesalannya itulah ABG yang akrab disapa Putri tersebut memilih ikut terlibat dalam pemotretan. Putri pun mengaku jalan rusak itu sudah bertahun-tahun tidak diperbaiki.

“Sudah sekitar 4 tahun nggak pernah dibenerin, dari masih sekolah. Selain itu, banyak pengendara jatuh di daerah jalan berlubang dan lumpur yang dalam foto itu,” kata Putri.

Protes para ABG soal jalan rusak di OKU itu mendapat respons dari pemerintah setempat. Pemprov Sumatera Selatan menargetkan perbaikan jalan pada 2019 segera terealisasi dan sudah disiapkan dana Rp 500 miliar.

“Kami telah menyiapkan dana perbaikan infrastruktur Rp 500 miliar, dana ini akan digunakan untuk perbaikan jalan-jalan di 17 kabupaten/kota yang ada di Sumsel,” ujar Gubernur Sumsel Herman Deru saat ditemui di Palembang, Rabu (27/2)

Sementara itu, guna menanggapi jalan rusak di Musi Banyuasin dan Ogan Komering Ulu (OKU) yang ramai diperbincangkan beberapa hari terakhir ini, Herman Deru mengaku telah membagikan anggaran tersebut.
(idh/idh)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Kasihan! Mobil Roy Suryo Kena Imbas Ricuh di Depan Acara Prabowo di DIY

Jakarta – Acara Prabowo Subianto Menyapa Masyarakat dan Purnawirawan TNI/Polri DIY-Jateng di Grand Pacific Hall, Sleman sempat diwarnai kericuhan di luar gedung. Mobil kader Partai Demokrat Roy Suryo pun menjadi salah satu korbannya.

“Betul mas (mobil kena imbas kericuhan),” ujar Roy Suryo saat dimintai konfirmasi, Rabu (27/2/2019).

Padahal, kata Roy, dia tidak hadir dalam acara tersebut. Mobilnya juga terparkir rapi di dalam rumahnya.

“Kasihan (mobilnya), nggak salah apa-apa, parkir dalam rumah sendiri, e..e..Kaca Belakangnya kena lemparan liar gerombolan yang mengejar gerombolan lainnya,” katanya.

“Kebetulan saya malah sedang di RS Panti Rapih, menunggu istri pasca operasi kantong empedu dan usus buntu kemarin,” imbuh Roy.

Roy berharap kejadian yang terjadi pada dirinya tidak menimpa warga lainnya. Apalagi sampai melukai seseorang.

“Selaku warga asli Jogja saya berharap kejadian yang menimpa (mobil saya di dalam rumah) tadi semoga tidak mengenai pihak lain, apalagi menyangkut jiwa seseorang,” ujar Roy.

Kasihan! Mobil Roy Suryo Kena Imbas Ricuh di Depan Acara Prabowo di DIYFoto: Situasi di depan rumah Roy Suryo (Dok. Roy Suryo)

Roy meminta semua pihak untuk tidak terpancing emosi. Dia juga meminta semua pihak, baik pendukung Jokowi-Ma’ruf Amin maupun Prabowo Subianto-Sandiaga Uno untuk mengedepankan pemilu damai.

“Mari kita jaga suasana menjelang 17 April 2019 besok, kita toh sama-sama bersaudara, jangan hanya gara-gara beda pilihan jadi masyarakat yang dikorbankan. Semoga anak-anak ini diberi hidayah oleh Allah SWT dan mendapat jalan terang dariNya,” katanya.

Kericuhan itu tepatnya terjadi di luar gedung atau tepatnya di pinggir Jalan Magelang Km 4,5. Bahkan, polisi terpaksa mengacungkan senjata laras panjang dan mengeluarkan tembakan peringatan untuk menghalau gesekan.

Kericuhan terjadi saat acara yang dihadiri oleh capres nomor urut 02, Prabowo itu berlangsung pada siang tadi. Informasi yang dihimpun, ada dua orang yang belum diketahui identitasnya, membawa spanduk Jokowi-Ma’ruf Amin di tengah massa pro Prabowo di luar Grand Pacific Hall.

Keduanya langsung dikejar massa pro Prabowo sebelum akhirnya bisa diamankan polisi yang berjaga di lokasi acara Prabowo tersebut.

“Tadi ada dua orang bawa spanduk Jokowi-Amin, dikejar,” kata Aji, salah seorang warga, Rabu (27/2/2019).
(mae/van)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Cerita Anas di Lubang Terowongan Tambang Emas Bolmong saat Longsor

Jakarta – Hingga sore ini tercatat 4 orang meninggal dunia dan 14 orang lainnya dievakuasi dalam kondisi selamat di tambang emas yang longsor di Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara. Tambang emas ilegal ini longsor setelah tiang penyangga lubang terowongan patah.

“Menurut seorang saksi bernama Anas Sutyo Nugroho (24), yang sempat selamat dari kejadian tersebut, saat ia dan temannya bernama Mardianto Singosari sedang melakukan penggalian lobang di kedalaman 20 meter, tiba-tiba tiang penyangga lubang tersebut patah,” kata Kabid Humas Polda Sulut Kombes Ibrahim Tompo saat dimintai konfirmasi, Rabu (27/2/2019).

Saat tiang patah, material longsoran menimbun lubang terowongan tambang di Desa Bakan, Kecamatan Lolayan. Longsor di tambang emas tanpa izin ini terjadi sekitar pukul 22.55 WITA, Selasa (26/2).

“Ia (Anas) sendiri dan rekannya bisa selamat dari longsoran tersebut, sedangkan diperkirakan masih ada sekitar 30 orang penambang lainnya di dalam lobang, belum tahu keberadaannya,” papar Kombes Ibrahim

Tim evakuasi gabungan termasuk dari Polres Kotamobagu, Kodim, BPBD Bolmong dibantu warga sekitar langsung mengevakuasi korban.

Diperkirakan saat ini ada sekitar 40 orang yang masih berada di lubang tambang emas yang longsor.

(fdn/fjp)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Kocak! ABG Cewek di Sumsel Protes Jalan Rusak dengan Berfoto Ala Model

Palembang – Menyampaikan protes pada pemerintah ternyata tak hanya dilakukan dengan kekerasan atau berunjuk rasa. Di Batumarta, Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan, anak muda protes jalanan rusak dengan cara unik.

Protes jalan rusak ini dilakukan dengan seni fotografi para anak muda di daerah tersebut. Mereka membentuk kelompok untuk pemotretan dengan cara unik dan pose lucu agar direspons pemerintah.

Ada yang berpose sedang memancing, ada yang berpose romantis dan seolah duduk santai di tepi danau bahkan ada pula yang sampai mandi lumpur.

Mereka berhasil membuat pose konyol tapi di jalanan rusak yang seperti kubangan. Lubang di jalanan yang rusak seolah memberi banyak ide kreatif. Pemotretan sendiri dilakukan seorang fotografer bernama Robby Ari Sanjaya.

“Jalanan itu memang sudah lama rusak. Sudah lama tidak diperbaiki pemerintah setempat. Itu merupakan bentuk protes masyarakat yang sudah kesal karena ini tidak ada perbaikan jalan,” kata seorang warga, Syakirin Edo Lugan saat dimintai konfirmasi detikcom, Rabu (27/2/2019).

Dikatakan Lugan, jalan rusak itu berada tepat di daerah Lubuk Raja dan menjadi akses penghubung masyarakat menuju pusat pemerintahan OKU. Bahkan jalan itu setiap hari dilalui oleh anak sekolah, petani dan masyarakat sekitar.

“Iya salah satu akses utama, petani, anak sekolah semua lewat jalan itu. Itu sangat rawan orang kecelakaan. Terutama pada malam hari jadi rawan kejahatan,” imbuh Lugan.

Sementara itu sang fotografer, Robby Ari Sanjaya menyebut pemotretan dilakukan Minggu (24/2) pagi. Untuk mendapatkan hasil maksimal, dia melibatkan kalangan anak muda yang ‘siap untuk malu’.

“Pemotretan itu sudah dipersiapkan dari jauh hari. Jadi ada empat anak muda di sini yang terlibat dengan berbagai peran serta berpose seperti beraktifitas sehari-hari. Mereka semuanya udah siap malu,” kata Robby.

Aksinya tersebut dilakukan karena kesal melihat kondisi jalan yang rusak dan tak kunjung diperbaiki. Sebagai aksi protes, Robby merencanakan aksinya itu secara matang.

“Sekitar seminggu saya persiapkan ide seperti itu. Ternyata banyak juga yang merespon, kemudian saya seleksi lagi untuk persiapan agar aksi protes sama seni bisa dipadukan dan sampai pada pemangku kebijakan,” katanya.

Kocak! ABG Cewek di Sumsel Protes Jalan Rusak dengan Berfoto Ala Model

ABG di Sumsel protes Jalan Rusak (dok Istimewa-Robby)

Aksinya ini, kata Robby, cukup berhasil karena hasil jepretannya mendapatkan banyak respons dari masyarakat. Tidak jarang warganet ikut membagikan dan menanggapi fotonya yang diposting di media sosial.

“Responsnya banyak, luar biasa. Kadang cara-cara kreatif seperti ini justru cukup menarik perhatian masyarakat. Jadi ini bukan hanya dari pemerintah setempat, tetapi juga nasional dan saya berharap segera ada perbaikan jalan,” tutupnya.
(ras/rvk)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Polisi Gandeng Ahli Analisa Video 3 Emak Kampanye Hitam ke Jokowi

Bandung – Polisi menganalisa video kampenye hitam yang dilakukan 3 wanita asal Karawang dari Partai Emak-emak Prabowo Sandiaga (PEPES) ke Joko Widodo (Jokowi). Penyidik menggandeng ahli untuk menelaah video tersebut.

Video yang viral beberapa waktu lalu tersebut sudah disita polisi sebagai alat bukti. Selain video, polisi juga mengantongi akun twitter @citrawida5 milik salah seorang tersangka.

“Kemudian nanti (video) akan ditranskip dalam bentuk digital forensik dan kemudian wujud keasliannya kita lihat video tersebut dan kita akan meminta keterangan atau pendapat ahli,” ucap Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko saat dihubungi, Rabu (27/2/2019).

Ahli yang akan dimintai pendapat yakni ahli pidana, ahli Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) serta ahli bahasa. Sebab, kata Truno, dalam video tersebut ada tutur kata yang menjadi dasar dugaan ujaran kebencian dan berita bohong.

“Nanti ahli yang menyampaikan. Isi konten kan ada suara azan tidak terdengar lagi, masalah melegalkan pernikahan, itu hal-hal yang tidak ada dasar data, itu penyebaran berita bohong,” kata Truno.

Untuk proses penyidikan perkara ini akan dilakukan oleh penyidik Polres Karawang. Penahanan juga dilakukan di Polres Karawang.

Dalam perkara ini, polisi telah menetapkan ketiga orang dari relawan PEPES itu sebagai tersangka. Mereka di antaranya ES warga Desa Wancimekar, Kecamatan Kota Baru Kabupaten Karawang, IP warga Desa Wancimekar, Kecamatan Kota Baru Kabupaten Karawang dan CW warga Telukjambe, Desa Sukaraja, Kabupaten Karawang.

ketiga orang ini dikenakan Pasal 28 ayat (2) Jo pasal 45A ayat (2) UU RI No. 19 tahun 2016 tentang perubahan atas UU RI No. 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik; dan/atau pasal 14 ayat 1 dan ayat 2 atau pasal 15 UU RI No. 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana.

Mereka memiliki peran masing-masing dalam video tersebut. Truno menjelaskan dalam kasus ini, ES dan IP terlihat dalam video mengeluarkan kata-kata terhadap seorang kakek yang berdiri di depan pintu rumahnya. Sementara CW melakukan perekaman dan mengunggah ke media sosial dengan akun miliknya @citrawida5.

“Video ini kemudian menimbulkan keresahan dalam kontennya,” kata Truno.

Saksikan juga video ‘Ketua DKPP Balas Komentar Fadli Soal Emak-emak Kampanye Hitam’:

[Gambas:Video 20detik]

(dir/ern)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>