Akhir Duel di Kelas: Guru Pembanting Diskors 3 Bulan, Siswa Dilindungi

Akhir Duel di Kelas: Guru Pembanting Diskors 3 Bulan, Siswa Dilindungi Foto: Tangkapan layar video

Bojonegoro – Peristiwa seorang guru yang membanting siswanya di ruang kelas diakhiri dengan sanksi untuk guru. Tenaga honorer itu tidak boleh mengajar selama tiga bulan sedangkan siswa yang dibanting dilindungi sampai lulus.

Selasa (9/4/2019) kemarin, sebuah video berdurasi 27 detik menjadi viral di jejaring media sosial internet. Isinya adalah rekaman perisitwa pembantingan di dalam kelas itu. Usut punya usut, peristiwa yang terekam itu terjadi di SMU Negeri 1 Tambakrejo, Bojonegoro, Jawa Timur pada 29 Maret 2019.

“Kejadian itu dilakukan oleh oknum guru GTT (guru tidak tetap) yang mengajar Bimbingan Kesiswaan (BK),” ujar Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jatim di Bojonegoro Adi Prayitno kepada detikcom, Selasa (9/4/2019).

Guru itu berinisial AS yang telah mengajar selama setahun. Konteks peristiwa itu adalah siswa yang sering tidak mengikuti kegiatan Pramuka, padahal kegiatan itu adalah ekstra kurikuler yang wajib. Selain itu, Adi menyebut, siswa itu berambut gondrong. Maka dinasihatilah siswa itu di depan kelas oleh si guru.

“Jadi anaknya itu dipanggil ke depan terus duduk di kursi guru. Ya memang anaknya rada dablek. Tapi yang namanya anak ya tetap anak” kata Adi.

Akhir Duel di Kelas: Guru Pembanting Diskors 3 Bulan, Siswa DilindungiFoto: Tangkapan layar video

Siswa mendebat guru yang menasihati itu, namun sikap siswa itu membuat guru emosi dan mencekik leher siswa. Siswa tidak terima, dan akhirnya terjadi duel berujung bantingan yang dilakukan guru terhadap siswa. Siswa-siswa lain yang melihat duel itu kemudian melerai.
Dikatakan Adi, peristiwa itu sudah diselesaikannya. Guru divonis bersalah oleh pihak institusi pendidikan yang menaunginya. Guru diberi sanksi skorsing, tidak boleh mengajar selama tiga bulan. Surat skorsing diproses. Guru itu akan diberi pembinaan supaya kepribadiannya berubah.

“Sudah kami selesaikan secara kedinasan. Sudah kami beri sanksi gurunya. Sudah saya skorsing ini. Apapun yang dilakukan oleh guru tersebut salah sebagai seorang pendidik.” kata Adi.

Sedangkan si siswa yang dibanting guru itu tidak mendapat sanksi. Siswa yang terlibat kejadian itu tetap dilindungi agar tetap bersekolah dan belajar hingga lulus.

“Untuk siswanya kami lindungi agar sekolah sampai lulus,” kata Adi.

(dnu/azr)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Apel Barisan Pengawal Ulama, Ma’ruf Minta Pemilih Dilindungi dari Intimidasi

Jakarta – Cawapres Ma’ruf Amin menghadiri apel akbar Barisan Pengawal Ulama dan pelantikan Pasukan Pengawal Pendamping Pemilih Tempat Pemungutan Suara (P4/TPS). Ma’ruf mengatakan P4/TPS perlu dibentuk untuk mengantisipasi munculnya intimidasi saat pemilihan.

Pembacaan maklumat itu dipimpin oleh Ketua Umum Barisan Pengawal Ulama, Ansori di Lapangan PIK Penggiringan, Cakung Jakarta, Timur, Sabtu (23/3/2019). Ansori mengatakan mengawal ulama adalah perintah Allah.

“Kami, barisan pengawal ulama menyatakan bahwa persatuan dalam konsepsi para ulama merupakan perintah Allah. Bersatu adalah rahmat bercerai-berai adalah azab. Ini adalah landasan keagamaan para ulama,” ujar Ansori saat membacakan maklumat.


Dikatakan Ansori, Barisan Pengawal Ulama terdiri dari beberapa ormas se-Jabodetabek, salahnya Forum Betawi Rempug (FBR). Selain mengawal ulama mereka juga membentuk Pasukan Pengawal Pendamping Pemilih di TPS Penggiringan, Cakung agar terhindar dari konflik pada saat pemilihan.

“Barisan pengawal ulama siap menciptakan situasi yang kondusif menjaga kebersamaan dan mengajak masyarakat untuk mensukseskan pemilu 2019 yang damai dan demokratis,” lanjutnya.

Mendapat dukungan dan pengawalan itu, Ma’ruf Amin memberikan apresiasi. Menurutnya gerakan itu merupakan aksi dari masyarakat untuk mendukung ulama.

“Saya berterima kasih kepada Barisan Pengawal Ulama yang telah membentuk P4/TPS. Ini spontanitas masyarakat kelompok tersendiri menamakan Barisan Pembela Ulama untuk mengawal para pemilih dan melindungi para pemilih,” ujar Ma’ruf dalam sambutannya.

Eks Rais Aam PBNU itu mengatakan ada isu akan ada intimidasi pada saat pemungutan suara pada 17 April nanti. Masyarakat pun bereaksi atas isu itu.

“Sebab ada isu-isu akan ada intimidasi, akan ada menghalangi orang supaya tidak memilih, dan juga ada upaya-upaya melakukan tekanan. Karena itu nampaknya masyarakat ini langsung bereaksi sendiri membentuk pasukan sendiri yaitu pasukan pengawal dan pendamping pemilih menurut istilah mereka yang hari ini TPS,” lanjutnya.

Ma’ruf berharap gerakan pengawal pemilih di TPS dapat ditiru oleh masyarakat luas. Sehingga, dapat meningkatkan partisipasi masyarakat terhadap pemilihan umum dan mengurangi jumlah golput.

“Ini saya kira inisiatif masyarakat, kita berharap kelompok masyarakat seperti itu supaya bisa tumbuh di mana-mana, supaya partisipasi para pemilih cukup besar. Jangan sampai melahirkan golput-golput atau orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Ketua MUI non aktif itu juga meminta kepada Barisan Pengawal Ulama untuk mengamankan pemilu supaya tidak terjadi gesekan antara pemilih. Ditambahkan Ma’ruf, pendekatan dan pendidikan terhadap pemilih sangat perlu dilakukan agar terciptanya pemilu damai.

“Tentu harus diamankan supaya tak terjadi gesekan. Yang penting mereka lakukan adalah persuasif dan edukatif. Kita harapkan mereka tidak lakukan tindakan kekerasan. Kemudian pencegatan, tapi melindungi masyarakat dan memberikan pemahaman-pemahaman supaya mereka ikut dalam Pilpres yang akan datang menyampaikan suaranya,” tuturnya.

Maklumat Barisan Pengawal Ulama turut dihadiri oleh tokoh masyarakat Penggilingan Cakung, Ustaz Udin Muim, Ustaz Abdul Razak, Forum Betawi Rempug (FBR). Setelah menghadiri Maklumat Barisan Pengawal Ulama, Ma’ruf akan melanjutkan safari politik ke PWNU Banten.
(idh/idh)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Soal Rohingya, PBB Tegaskan Pengungsi yang Lari dari Konflik Harus Dilindungi

Liputan6.com, New York – PBB menegaskan, pengungsi yang menyelamatkan diri dari konflik harus diberi perlindungan.

Dikutip dari laman VOA Indonesia, Senin (4/3/2019) penegasan ini dikeluarkan setelah Bangladesh menyatakan tidak lagi mau menerima pengungsi Muslim Rohingya dari Myanmar.

Menteri Luar Negeri Bangladesh Shahidul Haque mengemukakan kepada Dewan Keamanan pada Kamis (28/2) lalu bahwa krisis pengungsi di negerinya sudah bertambah buruk dan ia kecewa belum ada seorang pun dari ratusan ribu pengungsi yang berlindung di negerinya pulang ke negara asal mereka.

“Bangladesh amat bermurah hati dalam menolong pengungsi Rohingya. Penting sekali orang yang menyelamatkan diri dari konflik mendapatkan perlindungan ke mana saja mereka pergi,” kata juru bicara PBB Stephane Dujarric.

Sesuai kesepakatan yang dicapai dengan Bangladesh, Myanmar setuju menerima kembali sebagian pengungsi itu. Tetapi PBB bersikukuh keselamatan mereka harus menjadi sarat utama bagi kepulangan mereka.

Haque mengatakan kepada sidang Dewan Keamanan tentang Myanmar bahwa Bangladesh tidak lagi dapat menerima pengungsi dari Myanmar, menunjukkan Bangladesh siap menutup perbatasannya bagi pengungsi.


Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 dari 2 halaman

Bangladesh Kewalahan Tampung Pengungsi Rohingya

Menteri luar negeri Bangladesh, Shahidul Haque mengemukakan di Dewan Keamanan PBB hari Kamis pekan ini negaranya tidak bisa lagi menampung pengungsi dari Myanmar, sekitar 18 bulan setelah lebih dari 700 ribu Muslim Rohingya menyelamatkan diri masuk ke Bangladesh.

Serangan pemberontak Rohingya terhadap pos militer Myanmar di negarabagian Rakhine disusul operasi penumpasan oleh militer Myanmar menyebabkan mereka mengungsi. Amerika Serikat, Inggris dan negara lain menuduh militer Myanmar melakukan pembersihan etnis, tetapi dibantah oleh Myanmar.

Shahidul Haque menuduh Myanmar memberi janji kosong dan bermacam tindakan merintangi dalam perundingan mengenai kepulangan pengungsi Rohingya itu ke negarabagian Rakhine.

Tidak seorang pun dari mereka yang dengan sukarela mau pulang karena tidak adanya suasana kondusif di sana, katanya.

Myanmar mengatakan sudah siap menerima kepulangan Muslim Rohingya itu sejak bulan Januari tetapi PBB mengatakan kondisinya masih belum tepat bagi mereka untuk pulang.

Rohingya itu sendiri mengatakan mereka ingin ada jaminan keamanan dan diakui sebagai warga negara sebelum mereka pulang.

Negara-negara Barat anggota Dewan Keamanan PBB menyesalkan kurangnya tindakan dari pemerintah Myanmar.

Komnas Perempuan: Artis VA Adalah Korban, Muncikari dan User Harus Ditindak

Liputan6.com, Surabaya – Komisioner Komnas Perempuan, Sri Nurherwati mendatangi Markas Kepolisian Daerah (Mapolda) Jawa Timur (Jatim) untuk menemui tersangka kasus dugaan pornografi, artis VA, Kamis, 28 Februari 2019.

Setelah menjenguk artis VA dan berdiskusi dengan penyidik Subdit V Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Jatim, Sri menyampaikan bahwa dalam rapat paripurna Komnas Perempuan terakhir, pihaknya melihat bahwa perempuan yang terjerat dalam kasus prostitusi tak lain merupakan korban.

“Yang paling penting untuk segera dilakukan penindakan adalah muncikari dan pelanggan atau user. Karena merekalah yang membuat jeratan terjadinya tindak pidana prostitusi. Sedangkan perempuan selalu menjadi korbannya. Ini yang perlu diperhatikan,” katanya.

Ia juga sempat berbincang dengan penyidik Polda Jatim tentang modus-modus yang dilakukan muncikari, serta bagaimana seorang perempuan terjebak dalam pusaran prostitusi. Meski demikian dalam kasus ini VA tetaplah korban yang harus dilindungi haknya.

“Makanya kami mengusulkan untuk bisa dilakukan pemulihan. Saya akan terus memantau dan menyikapi kasus kasus yang berkaitan dengan perempuan. Dan kami juga mengajak masyarakat untuk tetap mendukung pemulihan korban agar kasus prostitusi bisa dihentikan,” katanya.

“Sesuai mandat Komnas Perempuan yakni menciptakan situasi kondusif bagi penghapusan kekerasan dalam perempuan,” ujarnya.

Selain itu, dia mengatakan, melalui kasus artis VA ini pihaknya ingin mengetahui langsung bagaimana situasi didalam tahanan, langkah-langkah pencegahan agar tidak terjadi penyiksaan didalam tahanan, dan bagaimana memahami perempuan dalam industri hiburan, yang mana mengindikasikan terjadinya kekerasan terhadap perempuan.

“Pintu masuk nya melalui kasus VA yang sekarang ditahan di Polda. Kasus VA merupakan contoh bahwa industri hiburan sangat dekat dengan kekerasan terhadap perempuan,” ujarnya.

2 dari 3 halaman

Prostitusi Online

Sebelumnya, Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur (Jatim) secara resmi menahan artis Film Televisi (FTV) VA terkait kasus dugaan prostitusi online di Surabaya yang sempat menghebohkan beberapa hari yang lalu.

Kapolda Jatim, Irjen Pol Luki Hermawan menuturkan bahwa penetapan tersangka VA ini berdasarkan rekam jejak digital dari tersangka mucikari ES.

“Dari situ jelas ada foto dan video dan keterlibatan aktif VA dalam prostitusi online. Termasuk penyebaran foto dan video,” tutur Luki.

Luki menegaskan, penetapan VA sebagai tersangka itu juga sesuai dengan hasil gelar, dan berdasarkan pendapat dari beberapa ahli.

“Ada ahli pidana, ahli bahasa, ahli ITE dan ahli Kementerian Agama dan MUI dan beberapa bukti yang sangat mengaitkan dalam transasksi komunikasi ini sangat menguatkan saudari VA menjadi tersangka,” tambah Luki.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Dua Hal Ini Bisa Jadi Pemicu Lahan Konsesi Dipersoalkan

Jakarta – Lahan konsesi menjadi salah satu topik hangat belakangan ini pasca Presiden Joko Widodo menyatakan dia menanti lahan-lahan konsesi besar dikembalikan ke negara untuk rakyat. Pernyataan ini disampaikan saat pidato kebangsaan Minggu (24/2/2019) di Sentul, Bogor.

Ketua Dewan Komisioner Pembaharuan Agraria (KPA) Iwan Nurdin menerangkan, lahan konsesi sendiri merupakan istilah yang ditujukan untuk lahan negara yang disewakan ke badan usaha atau perorangan. Istilah ini merupakan istilah yang akrab di bidang ekonomi.

“Itu istilah untuk memudahkan, sebenarnya konsesi itu istilah untuk lahan negara yang disewakan ke badan usaha atau orang. Dalam istilah hukum nggak dikenal konsesi. Istilah ekonomi itu,” kata Iwan kepada detikFinance, Rabu (27/2/2019).

Dia menjelaskan, ada beberapa hal yang membuat lahan konsesi dipersoalkan. Pertama, masalah transparansi pemberian konsesinya.
Kedua, seberapa luas yang didapatkan dan kepada siapa konsesi itu diberikan.

“Kenapa cuma dia dapat, kenapa bukan rakyat, itu kan pertanyaan-pertanyaan substansinya,” ujar Iwan.

Dia mengatakan, pertanyaan-pertanyaan tersebut yang kemudian dianggap mencederai rasa keadilan. Sebab, pengelolaan lahan sebenarnya bisa dilakukan oleh semua orang. Kecuali, ujarnya, konsesi terhadap pertambangan.

“Kenapa rasa keadilan tercederai, rakyat Indonesia bisa semua mengelola tanah, kalau cuma tanam sawit masa sih rakyat Indonesia nggak bisa. Migas mungkin mikir-mikir, tapi kalau tebang kayu, tanam sawit, karet, kayu jati kenapa harus perusahaan-perusahaan besar itu yang menyebabkan masyarakat sekarang itu resah,” jelasnya.

“Kenapa konsesi kepada besar-besar, sejak zaman Orde Baru sampai hari ini terus diberikan, sementara masyarakat bukannya dilindungi malah diusir-usir juga, malah nggak diberikan konsesi-konsesi padahal rakyat kan punya prioritas atau hak untuk mendapatkan konsesi-konsesi itu,” sambungnya. (fdl/fdl)

Harga Asus Zenfone 4 Second, Smartphone Entry Level dengan Fitur Ciamik

Liputan6.com, Jakarta Asus merupakan salah satu vendor smartphone yang cukup terkenal dengan produk-produk unggulannya. Salah satu smartphone unggulan Asus adalah seri dari Asus Zenfone. Zenfone generasi pertama dirilis pada 2014 silam dengan nama Asus Zenfone 4.

Dirilis sebagai smartphone yang menyasar pasar entry-level, Asus Zenfone 4 cukup laris di pasaran. Tiga tahun kemudian, Asus kembali merilis Asus Zenfone 4 dengan fitur-fitur canggih yang lebih mumpuni. Hal ini semakin membuat Asus Zenfone 4 memilik daya tarik tersendiri.

Berikut ulasan mengenai Harga Asus Zenfone 4 dan spesifikasinya yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (26/2/2019).

2 dari 4 halaman

Asus Zenfone 4 (2014)

Zenfone generasi pertama ini sangat populer di zamannya. Asus Zenfone 4 (2014) ini memiliki layar 4 inchi dilengkapi teknologi TFT LED Backlit dengan resolusi 480 x 800 pixels. Layar pada Asus Zenfone 4 (2014) juga telah dilapisi dengan teknologi Corning Gorilla Glass 3 untuk melindungi layar dari goresan.

Dari segi kamera, Asus Zenfone 4 (2014) dilengkapi dengan kamera belakang beresolusi 5 MP dan kamera depan bertipe VGA. Namun tipe smartphone ini belum dilengkapi dengan LED Flash untuk mengambil gambar dalam kondisi minim cahaya.

Asus Zenfone 4 (2014) dilengkapi prosesor Intel Atom Z2520, Dual-core dengan kecepatan 1.2 GHz serta dukungan RAM sebesar 1 GB. Kelengkapan ini membuat Asus Zenfone 4 (2014) dapat maksimal melakukan multitasking tanpa takut lemot atau nge-lag.

Asus Zenfone 4 (2014) juga dibekali dengan memori internal sebesar 8 GB dan slot memori internal yang mendukung hingga 64 GB. Kapasitas baterai dari Asus Zenfone 4(2014) ini tak cukup besar yaitu 1200 mAh.

Asus Zenfone 4 juga didukung dengan sistem operasi Jelly Bean versi 4.3 yang akan mempermudah dalam mengakses data atau memasang beberapa aplikasi android yang populer pada saat itu.

3 dari 4 halaman

Asus Zenfone 4 (2017)

Pada 2017 silam, Asus kembali merilis Asus Zenfone 4 dengan spesifikasi yang lebih mumpuni dari Asus Zenfone 4 (2014). Seri Zenfone 4 terbaru ini dirilis di Indonesia bersamaan dengan 3 seri Zenfone 4 lainnya yaitu Zenfone 4 Selfie, Zenfone 4 Pro dan Zenfone 4 Max.

Berbeda dari Zenfone 4 pada 2014 sebelumnya, Asus Zenfone 4 (2017) memiliki spesifikasi yang lebih tinggi dan lebih menyasar pada pasar menengah keatas.

Asus Zenfone 4 (2017) didukung oleh layar AMOLED 5,5 inci dengan resolusi Full HD dan tingkat kerapatan layar mencapai 401 ppi. Layar dari Asus Zenfone 4 (2017) juga sudah dilindungi dengan Corning Gorilla Glass 4.

Yang paling menjadi daya tarik dari Asus Zenfone 4 (2017) adalah fitur dual camera yang dimilikinya. Pada kamera belakangnya, Asus Zenfone 4 (2017) dilengkapi dengan dua kamera masing-masing beresolusi 12 MP dan 8 MP dan dilengkapi dengan LED Flash serta fitur autofocus.

Sedangkan pada kamera depan, Asus Zenfone 4 (2017) dibekali dengan sensor kamera 8 MP untuk menunjang foto selfie yang berkualitas.

Untuk performa, Asus Zenfone 4 (2017) didukung dengan prosesor Snapdragon 660/630. Dengan dukungan ini Asus Zenfone 4 (2017) menjadi lebih ringan dan cepat dalam berbagai kinerja seperti konektivitas, bermain game, fotografi maupun multitasking.

Asus Zenfone 4 (2017) juga dilengkapi sensor fingerprint untuk mengunci perangkat dengan lebih aman. Tak ketinggalan, Asus Zenfone 4 (2017) sudah mendukung konektivitas 4G LTE dan sistem operasi Android Nougat atau Oreo.

4 dari 4 halaman

Harga Asus Zenfone 4

Pada awal perilisannya, harga Asus Zenfone 4 keluaran tahun 2014 dibanderol pada kisaran Rp 1,2 juta. Seiring berjalannya waktu dan banyak seri Asus yang dirilis, membuat harga Asus Zenfone 4 mengalami sejumlah penurunan. Saat ini Asus zenfone 4 keluaran tahun 2014 sudah tak diproduksi lagi.

Namun kamu masih dapat memiliki Asus Zenfone 4 keluaran tahun 2014 dalam kondisi bekas atau second. Dipantau dari beberapa situs jual beli online di Indonesia, harga Asus Zenfone 4 second keluaran 2014 dibanderol pada kisaran Rp 350 ribu hingga RP 500 ribu.

Sementara itu, untuk harga Asus Zenfone 4 keluaran 2017 pada awal perilisannya dibanderol dengan harga Rp 5 jutaan. Sama seperti harga smartphone pada umumnya yang mengalami penurunan. Saat ini Asus Zenfone 4 (2017) juga sudah tak diperjualbelikan dalam keadaan baru.

Kamu bisa mendapatkan Asus Zenfone 4 (2017) dalam kondisi second atau bekas. Harga Asus Zenfone 4 second keluaran tahun 2017 ini dilihat dari beberapa situs jual beli online di Indonesia berada pada kisaran Rp 3 juta hingga Rp 1,5 juta.

Harga Asus Zenfone 4 second sendiri tergantung kondisi dari perangkat itu sendiri. Maka dari itu, sebelum memutuskan untuk membeli Asus Zenfone 4 second, pastikan perangkat dalam keadaan baik dan tak banyak kekurangan yang dimiliki.

Harga Samsung Galaxy S8, Smartphone Ciamik dengan Sederet Fitur Premium

Liputan6.com, Jakarta Pada 2017 silam, Samsung merilis smartphone premiumnya yang dinamai Samsung Galaxy S8. Seri dari Galaxy S ini dirilis perdana pada akhir Maret 2017 di New York, Amerika Serikat. Di Indonesia, Samsung Galaxy S8 ini diluncurkan bersamaan dengan Galaxy S8 Plus pada Mei 2017 silam.

Salah satu produk terbaik dari Samsung adalah Samsung Galaxy S Series, yang merupakan lini smartphone di segmen high-end atau flagship. Samsung Galaxy S Series ini berawal di tahun 2010 ketika Samsung meluncurkan Samsung Galaxy S.

Ketika itu, Samsung Galaxy S mengusung Prosesor Samsung Exynos 3 yang dipadu RAM 512 MB dan ROM 2 GB. Ponsel ini kemudian melejit sebagai smartphone papan atas di masanya.

Samsung Galaxy S8 menjadi salah satu smartphone premium yang paling diminati masyarakat. Hal ini karena fitur-fitur canggih yang ditawarkan oleh Samsung Galaxy S8 seperti desain layar Infinity Display, Bixby, prosesor dan RAM yang mumpuni.

Berikut ulasan mengenai harga Samsung Galaxy S8 beserta keunggulannya yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (26/2/2019).

2 dari 6 halaman

Layar Infinity Display

Pada awal peluncurannya, Samsung Galaxy S8 memiliki desain yang cukup baru dan inovatif bagi penggunanya. Samsung Galaxy S8 mengusung desain Infinity Display pada layarnya. Layar pada Samsung Galaxy S8 didesain hampir tanpa bezel sehingga memberi kesan ‘tanpa batas’ pada layar smartphone ini.

Infinity display rupanya makin menjadi tren belakangan ini. Dengan lengkungan layar di sisi kanan dan kiri menjadikan smartphone ini nyaman digenggam meskipun berukuran 5.8 inci.

Smartphone ini mengusung layar berpanel Super AMOLED beresolusi Quad HD Plus atau 2960×1440. Dengan resolusi tersebut warna yang ditampilkan akan terlihat tajam dan jernih. Layar dengan rasio 18,5:9 tersebut sudah dilindungi kaca anti gores Corning Gorilla Glass 5.

Tak seperti desain smartphone Samsung lainnya yang identik dengan tombol Home pada panel bodinya, Samsung Galaxy S8 hadir tanpa tombol tersebut. Hal ini membuat tampilan Samsung Galaxy S8 lebih mewah dan berbeda dari para pendahulunya.

Meski begitu, Samsung Galaxy S8 masih tetap menghadirikan tombol lainnya seperti tombol kunci/ Power yang ada di sisi kanan, tombol volume di sisi kiri, dan satu buah tombol Bixby di bawah tombol volume.

3 dari 6 halaman

Fitur Canggih Samsung Galaxy S8

Samsung Galaxy S8 juga menghadirkan sensor biometrik iris scanner dan fingerprint scanner untuk keamanan privasi penggunanya.

Samsung Galaxy S8 sudah dibekali dengan sertifikat IP68 yang membuktikan bahwa smartphone ini tahan terhadap debu dan air hingga kedalaman maksimal 1,5 meter dengan waktu yang mencapai 30 menit.

Samsung Galaxy S8 telah dibekali dengan asisten virtual Bixby yang terus dikembangkan. Dengan hadirnya Bixby ini dapat memudahkan penggunanya dalam mengakses smartphone setiap harinya.

Samsung Galaxy S8 juga bisa dioperasikan layaknya komputer desktop dengan menggunakan dock khusus yang bernama Samsung DeX Station. Fitur ini akan menyambungkan tampilan Galaxy S8 ke monitor dan bisa difungsikan layaknya komputer dengan keyboard maupun mouse.

4 dari 6 halaman

Kamera Samsung Galaxy S8

Samsung Galaxy S8 dilengkapi dengan kamera belakang dengan resolusi 12 MP, bukaan f/1.7 serta fitur Phase Detection Autofocus, OIS, dan LED Flash. Samsung Galaxy S8 diklaim memiliki kemampuan memproses gambar lebih baik dari seri sebelumnya.

Samsung menjanjikan hasil foto kamera utamanya fokus dan menakjubkan. Kamera ini masih mengusung teknologi Dual Pixel yang membuat autofokus jadi makin cepat dan presisi.

Sementara itu, kamera depan Samsung Galaxy S8 dilengkapi dengan sensor 8 MP dan ditambahkan juga fitur face-detection autofocus. Samsung sendiri menjanjikan software yang lebih baik untuk segi kamera, dengan built-in HDR mode yang membuat performa low-light makin baik. Ditambah lagi fitur auto filter inovatif yang membuat selfie makin menyenangkan.

5 dari 6 halaman

Performa Samsung Galaxy S8

Samsung Galaxy S8 mengusung dua chipset yakni Qualcomm snapdragon 835 untuk pasar Amerika Serikat, serta Samsung Exynos 8895 untuk seluruh dunia. Prosesor tersebut didukung dengan RAM 4 GB dan penyimpanan internal 64 GB dan kemampuan penyimpanan kartu micro SD hingga 256 GB.

Snapdragon 835 sendiri mengusung 10-nanometer desain yang menjanjikan efisiensi baterai yang lebih baik dari sebelumnya. Sementara itu, untuk menunjang performa anti nge-lag, smartphone ini dibekali baterai yang cukup besar yakni 3.000 mAh.

6 dari 6 halaman

Harga Samsung Galaxy S8

Pada awal perilisannya, harga Samsung Galaxy S8 dibanderol sekitar Rp 11 jutaan. Namun seiring berjalannya waktu dan terus keluarnya seri-seri terbaru, harga Samsung Galaxy S8 terus mengalami penurunan. Pada akhir 2018 saja harga Samsung Galaxy S8 turun pada angka Rp 8,9 jutaan-Rp 9 jutaan.

Hingga saat ini dipantau dari beberapa situs e-commerce Indonesia, harga Samsung Galaxy S8 baru dibanderol pada kisaran Rp 6,5 juta hingga Rp 7 juta. Sementara harga Samsung Galaxy S8 dalam kondisi bekas berada pada kisaran Rp 3 Juta hingga Rp 4 Juta. Harga Samsung Galaxy S8 juga tergantung dari kondisi dan lokasi dijualnya smartphone ini.

Jejak Perjuangan Pak Pos di Bangunan Tua Peninggalan Belanda

Liputan6.com, Gorontalo – Banyak yang menyangka jika bangunan tua hanya bisa dijadikan sebuah museum atau banyak juga yang mengira bahwa gedung tua apalagi peninggalan kolonial Belanda itu merupakan bangunan angker.

Namun, lain halnya bangunan yang ada di Provinsi Gorontalo, tepatnya di Jalan Nani Wartabone No 15 RT 01 RW 01 Kelurahan Ipilo, Kecamatan Kota Timur, Kota Gorontalo. Bangunan ini tenyata sudah lama digunakan sebagai kantor pos cabang Gorontalo.

Sepintas yang kita tahu bahwa kantor pos merupakan tempat untuk mengirim surat atau paket, serta mencairkan uang dalam bentuk paket program pemerintah. Begitu pun dengan kantor pos Gorontalo yang ketika dibangun oleh Belanda pada tahun 1910-an bernama Kantor Pos dan Telegraf itu.

Jadi, semenjak didirikan hingga kini, bangunan itu masih berfungsi sebagai Kantor Pos Cabang Gorontalo, hanya saja fungsi telegrafnya sudah tidak beroperasi lagi. Kepemilikan bangunan tua itu sekarang dipegang PT Pos Indonesia.

Selain itu, bangunan itu kini juga sudah merupakan aset kantor pos sebagai salah satu cagar budaya di Gorontalo yang telah ditetapkan oleh Menteri Kebudayaan dan Pariwisata dengan Surat Keputusan Permenbudpar No PM 10/PW 007/MKP 2010 silam, sebagai Cagar Budaya Nasional yang dilindungi oleh Undang-undang.

Fondasi bangunan tua ini dari batu dan sistem struktur dari beton bertulang. Atap bangunan berbentuk pelana dan terbuat dari genteng, listplang sangat lebar. Bagian dalam terbagi 8 (delapan) ruangan, salah satu ruangan yang terpenting adalah ruangan “khasanah” yang didesain khusus dengan ketebalan dinding 50 sentimeter.

2 dari 2 halaman

Saksi Sejarah

Di ruangan itulah, zaman dulu, ditempatkan brankas yang berisi dokumen-dokumen penting. Brankas ini sejak zaman Belanda hingga kini masih berfungsi. Bangunan ini dikelilingi pagar tembok dan besi. Pada bagian luar pagar terdapat kotak surat dari zaman Belanda.

Dari tinjauan sejarah Gorontalo, di areal dengan luas bangunan 693 meter persegi dan luas lahan sekitar 900 meter persegi ini pernah dijadikan tempat untuk pengibaran bendera merah putih oleh kaum muda Gorontalo pada tanggal 23 Januari 1942. Tindakan pemuda ini dilakukan sebagai bentuk perlawanan terhadap penjajah Jepang.

“Kantor pos tersebut menjadi salah satu saksi sejarah perebutan kekuasaan kolonial oleh pasukan yang dipimpin Nani Wartabone. Karena setelah Nani Wartabone dan pasukannya berhasil mengepung Kota Gorontalo dan sekitar Subuh,” ungkap Yos Wartabone, putra Nani Wartabone yang juga saksi hidup sejarah tersebut.

Ia menambahkan, setelah itu, pada pukul 10.00 waktu Gorontalo, Nani Wartabone memimpin langsung upacara pengibaran bendera Merah Putih yang diiringi lagu Indonesia Raya. “Di halaman Kantor Pos dan Telegraf inilah kemerdekaan Gorontalo diproklamasikan,” dia menandaskan.


Simak video pilihan berikut ini:

Komisi VIII DPR: Pelaku Incest Biadab, Harus Dihukum Maksimal!

Jakarta – Komisi VIII DPR menilai kasus incest atau hubungan sedarah yang dilakukan ayah M (45), dan kakaknya, SA (24), serta adiknya, YF (15) terhadap perempuan berinisial AG (18) di wilayah Kabupaten Pringsewu, Lampung tak bermoral. DPR meminta pelaku dihukum maksimal.

“Tindakan incest atau hubungan sedarah dalam rumah tangga dan dilakukan dengan cara kekerasan atau pemerkosaan merupakan tindakan yang sangat tidak bermoral alias biadab,” kata Wakil Ketua Komisi VIII, Ace Hasan Syadzily, saat dihubungi Minggu (24/2/2019).

Ace menilai kasus kekerasan seksual tersebut telah melanggar UU No 23 tahun 2004 tentang kekerasan dalam rumah tangga dan UU No 35 tahun 2014 tentang perlindungan anak. Dimana semestinya korban anak harus dilindungi.

Ia meminta para pelaku dihukum secara maksimal. Apalagi karena peristiwa tersebut dilakukan oleh orang dekat anak.

“Pelaku kekerasan seksual terhadap anak itu harus diberikan hukuman yang maksimal. Tindakan ini jelas merupakan tindakan yang melanggar hukum. Apalagi dilakukan kepada orang yang seharusnya dilindungi oleh orang-orang terdekatnya, yaitu ayah, kakak dan adiknya,” ungkap Ace.

“Kami berharap penegak hukum dapat memberikan hukuman yang maksimal kepada para pelaku kekerasan itu. Para pelakunya telah melanggar Undang-Undang UU No 35 tahun 2014 tentang perlindungan anak pasal 76D dengan hukuman sebagaimana tertera dalam pasal 81 (3) lebih maksimal yaitu 15 tahun penjara ditambah dengan sepertiga dari hukuman maksimal tersebut,” ungkapnya.

Ace mendesak pada pemerintah, terutama Kementerian Perempuan dan Perlindungan Anak dan pemerintah daerah untuk segera memberikan layanan psikologis terhadap korban agar dirinya betul-betul merasa dilindungi.

Sebelumnya, polisi menangkap ketiga tersangka di kediaman mereka di wilayah Pringsewu, Lampung. Mereka yang ditangkap adalah ayah kandung korban berinisial M (45) serta kakak berinisial SA (24) dan adik berinisial YF (15). Korban sendiri merupakan perempuan berinisial AG (18).

Ayah kandung korban berinisial M (45), kakaknya berinisial SA (24), dan adiknya, YF (15), berulang kali memperkosa AG di rumah mereka di Pekon Panggung Rejo, Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Pringsewu, Lampung. AG tak kuasa melawan karena takut. Selain itu, dia diketahui mengalami keterbelakangan mental.

“Kakaknya itu sudah menyetubuhi 120 kali dalam setahun, adiknya 60 kali. Kalau bapaknya sudah berulang kali, saya yakin sudah sering,” kata AKP Edi saat dihubungi detikcom lewat telepon. Edi meyakini rata-rata pelaku menyetubuhi korban lebih dari satu kali setiap hari.
(yld/rvk)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Komnas Perempuan Minta Pelaku Incest di Lampung Dihukum Berat dan Direhab

Jakarta – Komnas Perempuan meminta pelaku incest atau hubungan sedarah yang dilakukan ayah M (45), dan kakaknya, SA (24), serta adiknya, YF (15) terhadap perempuan berinisial AG (18) di wilayah Kabupaten Pringsewu, Lampung dihukum berat. Selain itu Komnas Perempuan juga meminta pelaku direhabilitasi supaya tidak mengulangi lagi kesalahannya.

“Seluruh elemen (pemerintah, penegak hukum dan pemuka agama dan masyarakat) harus dioptimalkan peran dan fungsinya dalam menghentikan kekerasan seksual, oleh anggota keluarga ini. Ini tidak boleh dilihat sebagai persoalan privat urusan masing-masing keluarga. Masyarakat perlu meningkatkan kepedulian satu sama lain, penegakan hukum maksimal kepada pelaku incest juga perlu dibarengi dengan rehabilitasi perilaku, untuk mencegah incest berulang,” kata Ketua Komnas Perempuan, Azriana Manalu, saat dihubungi, Minggu (24/2/2019).

Azriana mengatakan kasus tersebut menunjukan perempuan rentan menjadi korban pemerkosaan meskipun dirumahnya sendiri, yang semestinya dilindungi. Ia mengatakan pada tahun 2017 kaus incest yang dilaporkan sebanyak 1210 kasus sehingga sangat mengkhawatirkan. Ia berharap aparat kepolisian dan pemda setempat melakukan pendampingan hingga korban pulih kembali.

“Hal penting lainnya adalah pemulihan korban. Korban Incest tentu mengalami dampak yang cukup kompleks dan serius, jika dilihat dari rentang waktu dia mengalami pemerkosaan, apalagi jika itu berlangsung sejak dia masih usia anak. Kami berharap korban sudah mendapatkan penanganan terbaik untuk pemulihannya. Jangan sampai terabaikan, hanya karena kita semua sedang berfokus pada pelaku,” ungkapnya.

“Semoga kasus Lampung ini juga semakin membukakan mata kita, bahwa kekerasan seksual sudah sangat mendesak untuk disikapi secara serius, termasuk mempercepat hadirnya sistem hukum yang mampu mengenali keluasan persoalan kekerasan seksual dan melindungi para korban,” sambungnya.

Ketiga pelaku yakni M, SA, dan YF saat ini sudah ditahan polisi dan ditetapkan sebagai tersangka. Mereka dipersangkakan Pasal 76D dan Pasal 81 ayat (3) UU RI No 17 Tahun 2016 tentang Perlindungan Anak serta Pasal 8 huruf a jo Pasal 46 UU RI No 23 Tahun 2004 tentang Penghapusan Kekerasan dalam Rumah Tangga atau Pasal 285 KUHP.

“Ancaman hukuman untuk Pasal 81 ayat 3 UU RI No 17 Tahun 2016 tentang Perlindungan Anak minimal 5 tahun maksimal 15 tahun ditambah sepertiga dari ancaman maksimal apabila dilakukan oleh orang tua, wali, orang-orang yang mempunyai hubungan darah. Untuk Pasal 46 UU RI No 23 Tahun 2004 tentang Penghapusan Kekerasan dalam Rumah Tangga ancaman hukuman paling lama 12 tahun. Untuk Pasal 285 KUHPidana ancaman hukuman paling lama 12 tahun,” jelas Kasat Reskrim Polres Tanggamus AKP Edi Qorinas saat dihubungi detikcom lewat telepon, Sabtu (23/2).

(yld/rvk)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>