Air Laut Seperti Terbelah di Suramadu Hanya Bisa Dilihat di Ketinggian Tertentu

Surabaya – Fenomena halocline atau gradasi warna lautan di bawah jembatan Suramadu ternyata tidak pernah dilihat oleh para nelayan di sepanjang pantai Kenjeran. Padahal fenomena itu hampir sepanjang hari terjadi.

Salah satu nelayan Solihin (40) yang ditemui detikcom mengaku dirinya hampir setiap hari melaut. Tapi tidak sekalipun menemukan fenomena yang dimaksud.

“Nggak ada. Belum pernah saya ditemui seperti itu di bawah jembatan,” kata Solihin saat melihat rekaman video yang ditunjukan detikcom, Rabu (20/3/2019).

Sama dengan Solihin, nelayan lainnya Sulaiman (50) juga tidak pernah menemui fenomene halocline selama melaut. Namun jika melihat videonya, ia memastikan tempat itu berada tepat di tengah-tengah selat. Karena memang di situ kadang banyak ditemui buih panjang seperti di video.

“Kalau lihat videonya itu di jalur kapal tengah. Itu dalam di situ airnya dan kadang ada banyak buihnya,” ujar Sulaiman.

Sementara itu Prakirawan Stasiun Meteorologi Maritim Perak Surabaya, Ady Hermanto menyebut tidak semua orang memang di posisi tertentu bisa melihat gradasi warna di sekitar Jembatan Suramadu. Sebab, untuk melihat tersebut harus di atas ketinggian tertentu.

“Kalau pas di lautnya (didatangi), pudar. Karena ada parallax namanya sudut pandang yang terlalu jauh jadi kalau melihat harus di ketinggian tertentu. Dan perahu-perahu nelayan memang tidak terlalu bisa melihat,” terang Ady.

Bila dilihat dari atas Jembatan Suramadu, fenomena halocline memang terlihat. Ketinggian antara laut dengan Jembatan Suramadu sekitar 35 meter.

Sedangkan untuk buihnya, lanjut Ady, hal itu disebabkan karena setiap pertemuan air tawar dan air laut selalu terjadi gesekan. Dari gesekan itulah kemudian membentuk buih yang panjang dan lurus.

“Buih-buihnya itu karena setiap ada pertemuan di lautan kan ada mengandung gesekan akhirnya ada buihnya. Jadi di pertemuan itu kalau misalnya di bak kamar mandi kalau ada air yang mancur itu kan ada buih-buihnya,” urainya.

“Nanti bisa ditanya ke nelayan tiap melaut ada tidak buih-buih yang panjang lurus. Pasti nemuin. Kalau ada berarti mereka sebenarnya menemukan (heloclin). Tapi memang mereka tidak bisa melihat karena terlalu rendah untuk melihat posisinya,” tandas Ady.
(iwd/iwd)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Habib Luthfi: Ustaz-Habaib Ribut karena Beda Pilihan, Malu Dilihat

JakartaHabib Luthfi bin Yahya bicara mengenai kecintaan kepada Rasulullah. Menurut Habib Luthfi, kecintaan kepada Rasulullah akan membuat seseorang memiliki perilaku dan tutur kata yang baik.

“Orang kalau sudah mahabbah kepada Rasulullah tutur katanya pun akan berbeda, pantes nggak saya berkata ini, pantes nggak. Rasulullah nggak pernah mengeluarkan kata yang menyebabkan perpecahan umat, Rasulullah tidak pernah melontarkan kata-kata yang menyakit umatnya,” kata Habib Luthfi bin Yahya di Masjid Agung Al Mabrur, Asrama Haji, Pondok Gede, Jakarta Timur, Selasa (12/3/2019).

Hal itu disampaikan Habib Luthfi saat mengisi ceramah di acara ‘Doa untuk Negeri Bersama Ulama serta Seluruh Masyarakat se-Jakarta Timur’. Kapolres Metro Jakarta Timur, Kombes Ady Wibowo berserta seluruh jajarannya turut hadir.

Ia kemudian menjelaskan kecintaan Rasulullah kepada umatnya melebihi apapun. Ia menerangkan dalam sebuah riwayat, Rasulullah sampai minta kepada Allah SWT jangan sampai sesak dan pedihnya sakaratul maut dirasakan oleh umatnya.

“Itulah cintanya Rasulullah kepada umat,” ungkapnya.

Untuk itu, Habib Luthfi mengatakan hebatnya kasih sayang Rasulullah kepada umatnya itu selayaknya dijadikan contoh. Bagaimana, umat manusia bisa meneladani segala kebaikan Rasulullah, salah satunya menjaga telinga agar tidak mudah terpengaruh hoax.

“Bagaimana telinga kita, telinga kita juga berkiblat kepada Rasulullah, telinga kita ini mudah kena hoax atau tidak,” ujar dia.

Habib Lufhti mengatakan hoax akan menimbulkan perpecahan. Ia juga menyinggung soal para ulama dan habaib yang ribut karena beda pilihan politik.

“Kalau dilihat karena hoax akhirnya timbul pecah belah. Beda pilihan saja ustaz sama ustaz ribut, kiai sama kiai ribut, habaib sama habaib sama (ribut), malu dilihat dunia luar, apakah itu ajaran baginda Rasulullah? Jawab yang keras,” kata Habib Luthfi dijawab tidak oleh jemaah.

“Tunjukkan kalau tidak, tunjukkan hari ini kalau beda pilihan nggak apa-apa, tapi tidak beda mulut harus akhlakul qarimah,” sambungnya.
(ibh/gbr)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Final Copa del Rey: Valencia Tantang Barcelona

Liputan6.com, Valencia- Valencia akhirnya menjadi lawan yang akan dihadapi Barcelona pada final Copa del Rey. Valencia memastikan tempat ke final usai menang 1-0 atas Real Betis pada leg kedua semifinal Copa del Rey.

Dengan kemenangan itu, Valencia lolos ke final dengan agregat 3-2. Ini menjadi kali keempat Valencia jumpa dengan Barcelona di final Copa del Rey.

Dari tiga pertemuan sebelumnya, Barcelona sukses menang dua kali yaitu pada 1952 dan 1971. Sedangkan Valencia menang lawan Barcelona pada 1954.

Selain kepastian final, Valencia dan Barcelona juga dipastikan bakal tampil di Piala Super Spanyol. Piala di awal tahun ini akan menggunakan format anyar dimana finalis Copa del Rey bakal jumpa dengan dua tim teratas di klasemen La Liga akhir musim.


2 dari 3 halaman

Sejarah Final

Dilihat dari final Copa del Rey antara Valencia melawan Barcelona berdasarkan sejarah, menarik untuk disimak. Pertemuan pertama terjadi pada 1952 saat final digelar di Estadio Chamartin.

Valencia sempat unggul dua gol terlebih dahulu,tapi Barcelona mampu bangkit dan memaksa perpanjangan waktu. Barcelona akhirnya menang 4-2.

Dua tahun kemudian atau 1954, Valencia membalas kekalahan. Tak tanggung-tanggung, Valencia menang 3-0 atas Barcelona dan mengangkat trofi Copa del Rey ketiga. Sebelumnya, Valencia juara di 1941 dan 1949.

3 dari 3 halaman

Pertemuan Terakhir

Kedua tim jumpa di final Copa del Rey untuk terakhir kali pada 1971. Duel final ini berlangsung seru karena Barcelona kembali tertingga dua gol.

Barcelona sukses memaksakan laga hingga perpanjangan waktu dan akhirnya menang 4-3. Keberhasilan di final copa del Rey di stadion Bernabeu ini juga menjadi gelar ganda buat Barcelona yang pastikan gelar La Liga.

Unik! Minuman Ini Tersaji di Dalam Gelas Labu 3 Liter

Jakarta – Gerai minuman ini punya gelas saji yang unik. Mereka menyajikan ragam minuman ringan beralkohol semi beku ke dalam gelas labu ukuran super jumbo!

Siapa yang tidak tergoda dengan minuman bersoda yang didinginkan hingga ‘slushy’. Dulu, minuman ini mudah didapat di salah satu jaringan convenience store asal Amerika Serikat.

Unik! Minuman Ini Tersaji di Dalam Gelas Labu 3 LiterFoto: Instagram

Tersedia dalam beragam rasa dan warna yang cerah, minuman tersebut sering dibeli berbagai golongan. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Sayangnya, semenjak convenience store tersebut tutup, tak banyak gerai lain yang sediakan menu serupa.

Tapi di salah satu gerai minuman di Las Vegas, minuman dingin itu tersaji di tempat berbentuk unik. Bentuknya menyerupai tabung panjang dengan bagian ujung bawah berbentuk bulat.

Baca juga: Keren! Foto-foto Makanan dan Minuman yang Dibuat Melayang di Udara

Unik! Minuman Ini Tersaji di Dalam Gelas Labu 3 LiterFoto: Instagram

Bisa dibilang mirip seperti labu destilasi hanya tabungnya lebih panjang dan tak memiliki cabang. Tentunya bentuk penyajian unik tersebut mencuri perhatian netizen.

Apalagi warna minuman semi bekunya beragam dan warna warni. Minuman unik itu bisa didapat di Fat Tuesday, Las Vegas. Dilihat dari akun instagram resminya, ada beberapa ukuran tabung gelas yang bisa dipilih pengunjung.

Rasa dari minuman yang ada juga cukup beragam dan tak hanya mencakup minuman berkarbonasi biasa. Sebab ada yang sengaja dicampur dengan minuman beralkohol. Pilihannya tersedia dari rasa stroberi, margarita, apple banana banshee, rum runner hingga mango tango.

Unik! Minuman Ini Tersaji di Dalam Gelas Labu 3 LiterFoto: Instagram

Gelas tabung paling panjang mampu memuat sebesar 100 oz atau sekitar 2957 ml minuman. Dilihat dari Yelp, seporsi 100 oz Mug milik Fat Tuesday dibanderol seharga $36 atau sekitar Rp 506 ribu. Jika ingin merefilnya, cukup berikan uang sebesar $25 atau sekitar Rp 351 ribu.

Rekaman aksi saat seorang pelayan menyiapkan menu unik itu berhasil jadi bahan omongan netizen. Para netizen justru makin ingin mencicip minuman tersebut. Bagaimana dengan Anda?

Baca juga: Nyess! Minuman Bersoda dengan Rasa Unik dari Belut Panggang Hingga Kari (dwa/odi)

Timnas Indonesia U-22 Bakal Mainkan Egy di Kualifikasi Piala AFC?

Jakarta – Kabar gembira didapat timnas Indonesia U-22 untuk menghadapi kualifikasi Piala AFC U-23 2020. Pasalnya, Garuda Muda mungkin diperkuat Egy Maulana Vikri.

Egy Maulana Vikri merupakan satu dari tiga pemain yang mendapatkan panggilan mengikuti pemusatan latihan sebelum Piala AFF U-22 2019. Bersama Ezra Walian dan Saddil Ramdani, Egy tak bisa bergabung karena tak mendapatkan izin dari klub yang dibelanya. Ketiga pemain itu memang berkiprah di luar negeri.

Setelah timnas Indonesia U-22 menjadi juara Piala AFF U-22 2019, pelatih Indra Sjafri merencanakan langsung menggelar pemusatan latihan jelang kualifikasi Piala AFC U-23 2020 mulai Sabtu (2/3/2019).

Indra Sjafri rencananya akan memanggil tujuh pemain baru untuk melengkapi skuat Garuda Muda menjadi 30 orang yang mengikuti pemusatan latihan.

Ketika ditanya mengenai kemungkinan ketiga pemain yang berkiprah di luar negeri dipanggil untuk mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia U-22 jelang kualifikasi Piala AFC U-23 2020, Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria, menyebut baru Egy Maulana Vikri yang sudah dipastikan bakal bergabung.

“Kami sudah bersurat dengan klub-klub Egy, Ezra, dan Saddil bermain. Egy sudah dikonfirmasi akan datang sekitar 3 atau 4 Maret. Sementara Ezra dan Saddil, kami masih dalam proses komunikasi lebih lanjut,” ujar Ratu Tisha Destria setelah penyambutan Timnas Indonesia U-22 di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Rabu malam (27/2/2019).

“Harapannya, tentu mereka semua bisa bergabung dalam pemusatan latihan kali ini. Turnamen kualifikasi ini masuk dalam kalender FIFA, jadi tentu akan sangat penting bagi kami untuk melakukan persiapan. Dilihat nanti bagaimana perkembangannya,” lanjut Tisha.

Pemusatan latihan timnas Indonesia U-22 digelar mulai 2 Maret selama kurang lebih tiga pekan ke depan. Tim Garuda Muda akan tampil dalam kualifikasi Piala AFC U-23 2020 dengan bergabung di Grup K, bersama Vietnam, Thailand, dan Brunei Darussalam.

Sumber: Bola.com

Saksikan video pilihan di bawah ini

Harga Oppo F1 Selfie Expert Terbaru, Kamera Ciamik dengan Desain Mewah

Liputan6.com, Jakarta Oppo Electronics Corporation adalah perusahaan elektronik berbasis di Guangdong, China. Perusahaan satu ini didirikan pada tahun 2004 silam.

Awalnya, Oppo terkenal dengan produk elektroniknya seperti LCD TV, eBooks, DVD/Blu-ray disc players, dan ponsel. Namun saat ini, Oppo lebih dikenal sebagai salah satu vendor smartphone dengan beragam jenis yang banyak digandrungi oleh pecinta teknologi.

Sejak awal kehadirannya, Oppo membangun sudah kekuatannya pada teknologi Selfie Expert dan Camera Phone. Berkat keunggulannya ini, Oppo bisa menjadi salah satu penguasa pasar ponsel pintar di Tanah Air. Terbukti sejak tahun 2017 lalu, market share Oppo terus mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan.

Di Indonesia, Oppo terkenal dengan jargon Selfie Expert yang digunakan untuk meraih pasar penyuka swafoto atau selfie di Indonesia. Jargon ini mulai digunakan Oppo saat diperkenalkan pertama kalinya lini seri F ke Indonesia pada awal tahun 2016 lalu. Smartphone ini memiliki keunggulan pada kamera baik sisi depan maupun belakang.

Salah satu smartphone Oppo yang yang pertama keluar adalah Oppo F1 Selfie Expert. Berikut Liputan6.com rangkum harga Oppo F1 Selfie Expert lengkap dengan spesifikasinya di tahun 2019, Kamis (28/2/2019).

2 dari 5 halaman

Desain Mewah

Dengan mengusung slogan ‘Selfie Expert’, Oppo menempatkan dirinya khusus merancang teknologi fotografi selfie. Teknologi ini disuguhkan pada Oppo seri F sekaligus menjadi taglinenya. Smartphone ini pertama kali meluncur di Indonesia tahun 2016 lalu.

Jika dilihat dari desain, sesuai dengan harga Oppo F1 Selfie Expert dalam kelas premium dan spesifikasi tinggi. Oppo sepertinya sangat paham dengan hal ini yang terlihat pada Oppo F1 Selfie Expert yang desainnya dibuat seseksi mungkin, ditambah balutan metal yang membuatnya kelihatan tampak mahal.

Vendor Oppo mengatakan, perlu 68 langkah pemolesan sehingga menghasilkan desain premium berdimensi 143.5 x 71 x 7.3 mm sehingga smartphone sangat nyaman berada di dalam genggaman tangan. Oppo F1 Selfie Expert memiliki bobot 134 gram namun tetap terasa ringan dan nyaman dibawa ke mana saja.

Oppo menawarkan 3 varian warna yang sedang trend yaitu silver, gold, dan rose gold. Pada bagian depan, Oppo F1 Selfie Expert terdapat tombol power yang ditaruh di sebelah kiri. Adapun slot kartu SIM dan micro SD diposisikan di atas tombol power. Sisanya port audio 3,5 mm ada di sisi atas bezel, berlawanan dengan port micro USB yang diletakkan di sisi bawah bezel.

3 dari 5 halaman

Spesifikasi yang Mumpuni

Smartphone Oppo F1 Selfie Expert ditenagai prosesor Snapdragon 616 Octa-core 1.5GHz dipadu RAM 3GB. Untuk urusan penyimpanan data, Oppo F1 Selfie Expert dilengkapi memori internal berkapasitas 16 GB yang bisa diperluas memakai slot microSD hingga 128 GB. Sumber tenaganya dipercayakan pada baterai berkapasitas 2.400 mAh.

Dengan harga Oppo F1 Selfie Expert yang terjangkau, smartphone ini menggunakan OS Android Lollipop berbalut ColorOS 2.1. Smartphone yang mendukung dual-SIM memakai kartu Sim model Micro SIM dan Nano SIM dengan konektivitas LTE di band 1 (2100 Mhz), band 3 (1800 Mhz) dan band 8 (900 Mhz) serta USB OTG. Alhasil, Oppo F1 Selfie Expert sudah bisa digunakan dengan kartu 4G LTE dari semua operator di Tanah Air.

4 dari 5 halaman

Kamera Ciamik

Selfie Expert yang jadi tagline baru Oppo benar-benar serius dibuktikan produsen China ini. Pembuktian pertamanya dilakukan di Oppo F1 Selfie Expert sebagai ponsel pertama Oppo setelah menyebut dirinya Selfie Expert.

Oppo F1 Selfie Expert memakai kamera utama beresolusi 13 MP dengan lensa f/2.2 dan flash LED. Sedangkan kamera depannya pakai kamera beresolusi 8 MP dengan lensa f/2.0 yang akan memberikan hasil terbaik dengan screen flash mode yang hasil pencahayaannya lebih merata. Kombinasi ini terbukti mampu menyuguhkan hasil yang terbilang sangat baik.

Hasil dari kamera Oppo F1 Selfie Expert menciptakan komposisi warna pas serta detailnya warna yang solid. Tidak hanya itu, kamera makro Oppo F1 Selfie Expert mampu menunjukkan porsi detail dan bokeh yang seimbang. Ketika di zoom pun tingkat makronya kelihatan solid. Noise-nya yang sangat rendah dan bikin hasil foto makro secara keseluruhan terjaga kualitasnya.

5 dari 5 halaman

Harga Oppo F1 Selfie Expert

Dengan banyak hadirnya Oppo Seri terbaru serta series terbaru dari merek lain, smartphone yang dirilis pada Maret 2016 ini mengalami penurunan harga. Harga Oppo F1 Selfie Expert baru saat ini di pasaran mengalami penurunan di angka Rp 2,8 jutaan. Sementara harga Oppo F1 Selfie Expert second berkisar Rp 1,8 jutaan hingga Rp 2 jutaan.

Sri Mulyani Akui Ada Kebijakan Pemerintah yang Populis

Liputan6.com, Jakarta Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengaku tidak masalah apabila kebijakan pemerintah selama ini dianggap populis atau mengutamakan kebijakan yang disukai rakyat.

Dia mengakui jika selama ini ada kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan Pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) dan Wapres Jusuf Kalla berpihak kepada rakyat.

“Jadi populis juga sebenarnya nggak salah, karena kan pada akhirnya para pemimpin dipilih untuk memenuhi harapan masyarakat,” ujar dia saat menjadi pembicara dalam acara CNBC Ekonomi Outlook 2019, di Jakarta, Kamis (28/2/2019).

Bendahara Negara ini mengatakan, dalam memutuskan suatu kebijkan pemerintah sangat berhati-hati. Meski tidak semuanya dapat diterima dengan baik oleh masyarakat. Namun dalam merumuskan kebijakan pemerintah lebih dulu mencari tahu apa yang jadi kebutuhan sebagian besar masyarakat.

“Cara yang dilakukan bisa bermacam-macam, ada kemudian kalau dilihat di masyarakat. Kebutuhannya adalah bahan makanan pokok makanan yang murah dan segala sesuatu kalau bisa semurah mungkin. Kalau bisa gratis itu memunculkan semua ide diberikan dalam harga yang sangat murah atau diberikan subsidi,” jelas Sri Mulyani.

Dia mencontohkan, program pemerintahan Presiden Jokowi yang dinilainya cukup populis, yakni terkait pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM). “Kalau kita bisa bicara dengan program presiden sekarang bicara soal SDM itu juga populis,” tutur dia.

Kebijakan-kebijakan populis ini yang kemudian dianggapnya akan mendorong masyarakat semakin yakin kepada pemimpin negara. Sebab kebijakannya memenuhi harapan masyarakat, meski belum tentu menyelesaikan persoalan negara.

“Karena dalam pemilu yang memiliki sistem demokrasi adalah kita ingin pemimpin kan dipilih oleh rakyatnya dan kebutuhan rakyat bisa percaya pada pemimpin itu kemudian memunculkan berbagai indikasi untuk bagaimana masyarakat bisa menilai bahwa calon yang akan dipilih itu memang memenuhi harapan,” pungkasnya

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

2 dari 2 halaman

Sri Mulyani Apresiasi Kinerja Pengusaha RI Genjot Ekonomi Domestik

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati mengapresiasi kinerja pengusaha sepanjang 2018.

Itu ia sampaikan pada pertemuan dengan para pengusaha yakni Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) di Gedung Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak). 

Dia menjelaskan, di tengah gejolak ekonomi dunia yang terus-menerus terjadi sepanjang tahun lalu dan melonjaknya harga minyak dunia hingga mendekati USD 80 per barel, kinerja pengusaha Indonesia cukup besar mendorong ekonomi domestik.

“Saya ingin sampaikan terima kasih kepada seluruh dunia usaha, karena 2018 kita sudah tutup. Dan tahun itu bukan tahun yang mudah, banyak pengusaha yang bertanya benar tidak tahun 2018 krisis, tepat 10 tahun dari krisis 2008 itu hoax,” ujar dia di Gedung Ditjen Pajak, Jakarta, Selasa (19/2/2019).  

Dia mengungkapkan, ketaatan para pengusaha membayar pajak ikut andil berkontribusi dalam membangun pertumbuhan perekonomian di dalam negeri. 

Itu ditandai dengan pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2018 berjalan positif dengan pencapaian penerimaan negara yang melebihi target atau 102,5 persen serta realisasi belanja pemerintah pun mampu mencapai 99 persen untuk pendidikan, kesehatan, belanja modal, hingga dana transfer ke daerah.

“Dan itu merupakan hasil kombinasi dari harga minyak, kurs, kondisi suku bunga, serta ketaatan Bapak/ Ibu sekalian membayar pajak,” ujar dia.

Kendati begitu, Sri Mulyani menekankan agar para pengusaha tetap waspada atas pergerakan perekonomian yang akan terjadi pada 2019.

“Ke depan kita harus naikkan kewaspadaan. Jadi terimakasih atas seluruh sumbangan, kepatuhan, kontribusi bapak dan ibu sekalian, yang membuat ekonomi kita memiliki daya tahan. Saya ingin dengar aspirasi dari bapak-Ibu semua,” pungkasnya.

Toyota Avanza Transmisi Manual Lebih Banyak Dicari Konsumen, Ini Alasannya

Liputan6.com, Jakarta – Model terbaru dari low multi purpose vehicle (LMPV) milik PT Toyota Astra Motor (TAM), Avanza dan Veloz cukup mendapatkan respons positif dari konsumen. Hal tersebut, terlihat dari jumlah surat pemesan kendaraan (SPK) terhitung sejak kemunculannya, pertengahan Januari 2019 yang sudah mencapai sekitar 15 ribuan unit.

Menurut Anton Jimmi, Direktur Pemasaran PT TAM, dari jumlah SPK tersebut, paling banyak masih didominasi varian Toyota Avanza tipe G 1,3 liter manual dan matik. Komposisinya, 50 persen varian tersebut, Veloz sekitar 30 sampai 35 persen, dan sisanya tipe E.

“Jadi sebenarnya tidak terlalu jauh dari sebelumnya, hanya Veloznya dari 20 persen (model lama) naik ke 30 persen. Tapi itu wajar, setiap kali kami meluncurkan Avanza major atau minor change selalu Veloz naik duluan,” jelas Anton saat berbincang dengan wartawan di acara media test drive new Toyota Avanza, di Magelang, Jawa Tengah, Rabu (27/2/2019).

Sementara itu, jika dilihat dari tipe transmisi, antara manual dan matik, kira-kira masih didominasi manual dengan 62 persen. Jadi, komposisi tersebut rata-rata sama, kecuali di wilayah tertentu di Jakarta yang varian matik masih cukup tinggi, hampir 50 persen.

“Terus terang masih manual yang mayoritas, karena Toyota Avanza dipakai sampai di pelosok itu ada, Kalau di kota kecil, matik itu tidak terlalu dibutuhkan karena kemacetan, jaraknya lebih dekat. Kemudian, banyak juga digunakan untuk perusahaan rental, yang masih memilih manual,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Toyota Avanza tersedia dalam tujuh varian, mulai 1,3 STD dengan banderol Rp 188,6 juta sampai 1,5 G M/T yang dilepas Rp 221,25 juta. Sedangkan Veloz, tersedia empat tipe, mulai dari 1,3 M/T berbanderol Rp 215,65 juta sampai 1,5 A/T dengan harga Rp 239,45 juta.

2 dari 3 halaman

Fitur Toyota Avanza 2019 Bertambah tapi Harga Tetap, Ini Alasannya

Meskipun mendapatkan sedikit penyegaran, namun Toyota tidak menaikan harga jualnya. Toyota Avanza dan Veloz baru ini tetap dibanderol mulai Rp 188,6 juta untuk varian terendah Avanza sampai Rp 239,45 juta untuk varian tertinggi Veloz.

Dijelaskan Marketing Director TAM, Kazunori Minamide, dengan berbagai tambahan fitur, harga Toyota Avanza dan Veloz terbaru tidak mengalami peningkatan.

“Tetapi model ini sangat diterima di masyarakat, dan dengan model baru ini kita targetkan penjualan sebesar 30 persen,” jelas Minamide di Jakarta beberapa waktu lalu.

Sementara itu, Marketing Director TAM Anton Jimmi menyampaikan, ada banyak pertimbangan yang dilakukan pihaknya sebelum memutuskan untuk menahan harga jual.

Bahkan, sejak melakukan pengembangan Avanza dan Veloz baru ini, Toyota sudah melakukan survei terkait pasar yang bakal disasar oleh pesaing berat Mitsubishi Xpander tersebut.

“Untuk target konsumen di MPV low ini value for money menjadi kunci yang paling penting. Jadi, kita rasa dengan melihat pasar dan kompetisi kita putuskan untuk mempertahankan harga,” tambah Anton di tempat yang sama.

Dengan melihat target pasarnya sendiri, Toyota sudah melihat berapa harga dan cicilan yang tepat untuk model ini.

Jadi, dengan tidak menaikan harga, kemungkinan untuk merebut pasar dan menjadi leader di LMPV lebih mungkin tercapai.

3 dari 3 halaman

Saksikan Juga Video Pilihan di Bawah Ini:

3 Cara Menyetel Gitar Ukulele Untuk Pemula, Belajar Musik dengan Mudah

Liputan6.com, Jakarta Bagi beberapa orang, musik adalah bagian terpenting dalam hidup yang tidak bisa dilepaskan dari kegiatan sehari-hari. Hanya dengan mendengarkan musik favorit, hari yang semula kelabu bisa berubah jadi lebih cerah. Maka tak heran jika sehari tanpa mendengarkan musik terkadang membuat semangat hidup berkurang.

Nyatanya, musik memang memiliki segudang manfaat dalam hidup manusia. Misalnya, jika dilihat dari aspek kesehatan. Dikutip Liputan6.com dari laman Inminutes, Kamis (28/2/2019), mendengarkan musik bisa memperbaiki tekanan darah dan detak jantung.

Selain itu, musik juga dapat menjaga otak tetap sehat hingga meningkatkan kemampuan visual dan komunikasi.

Saking banyaknya manfaat musik, tidak sedikit orang yang mempelajari cara memproduksi musik yang enak didengar. Bahkan, tak jarang yang sampai membuat lirik lagu hingga membentuk lagu dengan lirik yang indah. Biasanya, mereka terinspirasi dari kehidupan sehari-hari atau dari kejadian yang tidak sengaja dilalui.

2 dari 6 halaman

Pengertian Gitar Ukulele

Terlebih lagi, alat musik beragam jenisnya sehingga setiap orang bisa memilih jenis alat musik seperti apa yang ingin ditekuni. Salah satunya adalah ukulele.

Ukulele seringkali disebut sebagai gitar mini. Memang benar jika dilihat dari fisiknya, ukulele memiliki bentuk yang jauh lebih kecil dari gitar pada umumnya. Oleh karena itu, ukulele kerap disebut gitar ukulele oleh banyak orang.

Berbeda dengan gitar pada umumnya, ukulele memiliki tuning sendiri. Keuntungan memilih alat musik ini adalah ukurannya yang kecil sehingga mudah untuk kamu bawa kemanapun kamu pergi Instrumen musik ini berasal dari Hawaii yang ditemukan sekitar tahun 1879. Meskipun kecil, tapi suara yang dihasilkan sangatlah merdu dan punya keunikan tersendiri.

Nah, bagi kamu yang masih belajar memainkan musik, gitar ukulele bisa kamu pilih untuk melatih jari-jari tanganmu yang penuh bakat itu. Namun, sebelum berlatih memainkan gitar ukulele, kamu harus mengetahui cara menyetel gitar ukulele.

Kira-kira seperti apa caranya? Daripada penasaran, yuk simak cara menyetel gitar ukulele agar kamu bisa memproduksi bunyi-bunyian indah untuk mewarnai hari-harimu, seperti yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (28/2/2019).

3 dari 6 halaman

Cara Menyetel Gitar Ukulele

Sebelum mulai menyetel gitar ukulele, kamu harus tahu bahwa ukulele yang umum digunakan terdiri dari dua macam, yaitu ukulele sopran dan tenor. Keduanya memiliki 4 senar dengan pitch GCEA. Secara berurutan dari atas ke bawah, pitch GCEA berlaku untuk senar 4, 3, 2, dan 1.

Pastikan semua senar ukulele kamu telah terpasang dengan baik. Jika belum, kamu bisa mengencangkan ataupun mengendurkan tiap senar dengan pemutar di ujung papan petik.

Kencangkan senar untuk menaikkan nada. Atau kendurkan senar untuk menurunkan nada. Namun, jangan menyetel senar terlalu kencang karena bisa membuat senar putus.

Jika sudah paham dengan urutan senar, selanjutnya kamu cocokkan nada tiap senar agar dapat berbunyi dengan nyaring. Kamu bisa menggunakan alat musik lain, seperti piano.

Bisa juga dengan aplikasi online yang ada di Playstore atau App Store. Sesuaikan bunyi senar ukulele hingga nadanya sama dengan bunyi yang dikeluarkan piano atau melalui aplikasi online.

4 dari 6 halaman

Cara Menyetel Gitar Ukulele Menggunakan Aplikasi Online

Jika kamu memilih untuk menggunakan aplikasi online, kamu bisa download aplikasi ‘Ukulele Tuner Free’ di Playstore maupun App Store. Setelah diinstall, mulailah untuk menyamakan nada tiap senar ukulele dengan aplikasi. Saat memetik senar, aplikasi akan menunjukkan apakah nadanya sudah sesuai.

Caranya adalah dengan mengatur posisi senar menggunakan alat pemutar yang berada di samping ujung kepala ukulele hingga menghasilkan bunyi yang sesuai. Kelebihan dari cara pertama ini adalah aplikasi tersebut akan menunjukkan nada yang paling tepat dengan sendirinya.

5 dari 6 halaman

Cara Menyetel Gitar Ukulele Menggunakan Piano

Cara menyetel ukulele yang kedua adalah dengan menyamakan nada di tiap tuts piano. Mungkin caranya lebih rumit dari cara pertama menggunakan aplikasi online. Pasalnya, selain harus menyiapkan piano, kamu juga harus menekan tuts piano dengan tanganmu sendiri hingga senar ukulele mengeluarkan bunyi yang sama dengan tuts piano.

6 dari 6 halaman

Cara Menyetel Gitar Ukulele Menggunakan Pipa Penyetem

Selain aplikasi online dan piano, kamu juga bisa menggunakan pipa penyetem untuk mengetahui cara menyetel gitar ukulele. Kamu bisa memilih pipa penyetem kromatik atau pipa penyetem yang dibuat khusus untuk ukulele.

Caranya adalah tiup pipa sesuai dengan nada yang kamu butuhkan, lalu petik senar ukulele dan sesuaikan hingga menghasilkan nada yang sesuai.

Nah, itulah tiga cara menyetel gitar ukulele yang bisa kamu lakukan di rumah. Perlu diperhatikan bahwa perubahan suhu ruangan ternyata bisa mempengaruhi setelan ukulele. Maka jangan heran ketika setelan nada ukulele kamu berubah saat kamu membawanya ke luar.

Selain itu, setelan nada ukulele juga tidak akan bertahan lama. Jadi, kamu tidak boleh bosan menyetel gitar ukulele. Usahakan untuk lebih sering mengencangkan senar ketimbang mengendurkannya. Namun, pastikan untuk tidak mengeluarkan tenaga terlalu besar karena senar ukulele bisa putus sewaktu-waktu karena tarikan yang terlalu kencang.