Kawasan Sentani Papua Diterjang Banjir, Dua Orang Dilaporkan Tewas

Liputan6.com, Jayapura – Dua orang warga dilaporkan tewas akibat terseret banjir yang melanda kawasan Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua.

Kepala SAR Jayapura Putu Arga membenarkan adanya laporan dua warga yang meninggal dunia akibat terseret banjir, dilansir Antara, Sabtu (16/3/2019) malam.

Bahkan salah satu korban saat ini masih berada di kantor SAR di Sentani. Korban yang berada di kantor SAR adalah anak perempuan berusia sekitar lima tahun. Identitas korban belum diketahui.

Dampak hujan deras yang melanda kawasan Sentani sejak sore menyebabkan sejumlah kawasan terkena banjir.

Namun petugas SAR belum bisa memantau langsung di lapangan karena saat ini air cukup deras dengan membawa berbagai material dari gunung.

Sementara itu Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jayapura Sumartono secara terpisah mengatakan, selain sejumlah kawasan terendam banjir, hujan deras juga menyebabkan jembatan putus.

Adapun kawasan yang dilaporkan banjir diantaranya Doyo Baru, BTN Grand Doyo, BTN Gajah Mada, BTN Bintang Timur dan Kampung Toladan, kata Sumartono.

Sejumlah kawasan di sekitar Sentani, Papua saat ini dilaporkan terendam banjir akibat hujan deras yang mengguyur sejak Sabtu sore (16/3).

Bahkan ada laporan tentang jembatan yang putus, namun pihaknya belum bisa memantau langsung ke lapangan karena banjir masih berlangsung.

Bahkan jembatan di Kertosari dilaporkan putus karena banjir dan hujan deras hingga kini masih terus mengguyur kawasan Sentani dan sekitarnya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Mengingat pentingnya bendungan ini mengurangi debit aliran air dari Bogor ke Jakarta, Presiden Jokowi kemudian memutuskan melanjutkan lagi pembangunannya.

Caleg PKS yang Dilaporkan Cabuli Anak Kandung Sudah Menghilang Sepekan

Pasaman Barat – Caleg Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat berinisial AH dilaporkan mencabuli anak kandungnya sendiri. Polisi yang mencarinya sejak sepekan terakhir belum berhasil melacak keberadaan sang Caleg.

“Sejak kasusnya dilaporkan, sudah kita lakukan pencarian untuk kepentingan penyidikan. Hanya saja, belum kita temukan,” kata Kapolres Pasaman Barat,
AKBP Iman Pribadi Santoso saat dimintai konfirmasi, Kamis (14/3/2019).

Menurut Iman, pihaknya menerima laporan sejak 7 Maret lalu. Petugas kepolisian langsung melakukan pencarian, namun terlapor tidak ditemukan.
“Kita belum menemukan terlapor,” jelas dia.

AH diperkirakan kabur ke Jakarta sejak sepekan lalu dan hingga kini belum diketahui rimbanya. Pihak partai juga sudah berusaha mencari tahu keberadaan Calegnya itu, agar bisa memberikan penjelasan dan pertanggungjawaban, namun juga belum berhasil.

Caleg AH dilaporkan melakukan pencabulan terhadap anak kandungnya sendiri. Pencabulan berlangsung selama 14 tahun, sejak sang anak berinisial “CA” berusia 3 tahun. Kini, sang anak sudah berusia 17 tahun.

“Jadi, anak ini sudah dicabuli sejak usia 3 tahun. sampai sekarang usia 17 tahun,” kata Imam.

Iman belum bisa memastikan apakah korban mendapatkan ancaman atau tidak oleh terlapor sehingga kasus ini baru dilaporkan. Pihaknya masih terus mendalami dan akan mengumpulkan bukti-bukti.

Di lain pihak, DPP PKS meminta AH ditindak tegas jika terbukti bersalah. DPP PKS akan mencoret AH.

“PKS melalui DPD/DPW Sumbar akan sampaikan surat resmi ke KPU. Minta caleg tersebut dicoret dari DCT,” kata anggota Advokasi Hukum DPP PKS Zainudin Paru kepada wartawan, Rabu (13/3).

Ikuti perkembangan Pemilu 2019 hanya di detikPemilu. Klik di sini.
(dkp/mae)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Caleg PKS Dilaporkan Cabuli Anak Kandung, PSI: Pantas Tolak RUU P-KS

Jakarta – Caleg PKS di Pasaman Barat, Sumbar, dilaporkan keluarganya sendiri ke polisi karena diduga mencabuli anak kandungnya. PSI melepas sindiran tajam untuk PKS terkait kasus ini.

“Perbuatan tersebut sungguh biadab! Korban merupakan anak kandungnya sendiri dan ia harus menderita sejak usia tiga tahun. Terduga pelaku harus segera diproses dan dihukum seberat-beratnya!” kata Jubir PSI Dara Nasution kepada wartawan, Rabu (13/3/2019).

Terkait dengan kasus ini, Dara mengingatkan DPR harus segera mengesahkan RUU Penghapusan Kekerasan Seksual (RUU P-KS). Dara juga menyoroti sikap PKS yang belum menyetujui RUU P-KS.
“RUU ini darurat disahkan! Butuh berapa banyak lagi perempuan yang menjadi korban namun tidak memiliki perlindungan hukum? Kita harus tanyakan komitmen PKS dalam melindungi perempuan. Apa mereka menolak RUU P-KS karena ingin melindungi calegnya yang pelaku kekerasan seks?” ujar Dara.
Dia mencibir PKS gagal menyeleksi caleg yang mereka usung. Dia membandingkan dengan proses seleksi caleg di PSI.

“PKS gagal menyeleksi kadernya untuk maju jadi caleg. Masa terduga kekerasan seks diusung menjadi wakil rakyat? Kalau di PSI, orang seperti itu tidak mungkin kami usung karena PSI melakukan seleksi dengan ketat dan melibatkan panelis independen seperti Pak Mahfud MD,” terangnya.

PSI memang melakukan seleksi terbuka untuk menyaring caleg yang akan diusung. Seleksi tersebut dilakukan oleh panelis independen seperti Mahfud MD selaku mantan Ketua Mahkamah Konstitusi, Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Bibit Samad Riyanto, dosen psikologi Universitas Indonesia Hamdi Muluk, dan mantan Komisioner Komisi Nasional Perempuan Neng Dara Afifah.

PKS akan Coret Pelaku

PKS menyatakan akan berkoordinasi dengan KPU terkait caleg di Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, yang dilaporkan ke polisi atas dugaan pencabulan terhadap anak kandung sendiri. PKS meminta KPU mencoret caleg tersebut dari Daftar Calon Tetap (DCT).

Selain itu, Zainudin menyebut DPP PKS akan meminta DPW Sumbar menginvestigasi kasus tersebut. DPP PKS meminta laporan secara lengkap mengenai tindakan asusila yang diduga dilakukan sang caleg.

“PKS melalui DPD/DPW Sumbar akan sampaikan surat resmi ke KPU. Minta caleg tersebut dicoret dari DCT,” kata anggota Advokasi Hukum DPP PKS Zainudin Paru kepada wartawan, Rabu (13/3/2019).

“Dan terhadap pelaku, jika terbukti harus diproses hukum dan dihukum dengan hukuman yang berat,” imbuh dia.
(tor/tor)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

PKS akan Coret Calegnya yang Dilaporkan Cabuli Anak Kandung

JakartaPKS menyatakan akan berkoordinasi dengan KPU terkait caleg di Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat yang dilaporkan ke polisi atas dugaan pencabulan terhadap anak kandungnya sendiri. PKS meminta KPU mencoret caleg tersebut dari calon tetap (DCT).

“PKS melalui DPD/DPW Sumbar akan sampaikan surat resmi ke KPU. Minta caleg tersebut dicoret dari DCT,” kata anggota Advokasi Hukum DPP PKS, Zainudin Paru kepada wartawan, Rabu (13/3/2019).

“Dan terhadap pelaku, jika terbukti harus diproses hukum dan dihukum dengan hukuman yang berat,” imbuh dia.


Selain itu, Zainudin menyebut DPP PKS akan meminta DPW Sumbar melakukan investigasi terkait kasus tersebut. DPP PKS meminta laporan secara lengkap mengenai tindakan asusila yang diduga dilakukan sang caleg.

“DPP sedang minta DPW Sumbar untuk lakukan investigasi dan membuat laporan ke DPP secara lengkap mengenai tindakan asusila yang dilakukan pelaku,” tutur Zainudin.

“Termasuk pertimbangan teman-teman di DPD Pasaman Barat dan DPW Sumbar meneriman yang bersangkutan sebagai caleg PKS (dari tokoh eksternal),” lanjutnya.

Zainudin pun menegaskan caleg tersebut merupakan calon dari kalangan eksternal. Dia menjelaskan sang caleg bukan kader binaan PKS.

“Yang kami ketahui pelaku adalah calon eksternal. Pelaku bukanlah kader binaan PKS yang dibimbing sesuai dengan sistem pengkaderan yang belaku di internal PKS. Ini sebagai wujid komitmen PKS partai terbuka menampung semua potensi ditengah masyarakat,” ujar dia.

Diberitakan, seorang caleg PKS di Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, dilaporkan ke polisi, karena diduga mencabuli anak kandungnya sendiri. Pelapor adalah keluarga si caleg.

“Iya, memang ada laporan yang masuk (ke Polres). Sedang dalam penyelidikan kita,” kata Kapolres Pasaman Barat AKBP Iman Iman Pribadi Santoso kepada wartawan, hari ini.

Caleg itu berinisial ‘AH’. Dalam laporan, korban ‘CA’ mengaku dicabuli ayah kandungnya sejak kecil. Korban yang saat ini berusia 17 tahun lalu bercerita kepada neneknya yang kemudian meneruskan laporan ke polisi.

Iman mengakui bahwa terlapor merupakan seorang yang kebetulan ikut dalam pemilihan legislatif. Namun yang bersangkutan telah kabur dan meninggalkan Sumatera Barat.

“Kebetulan lagi nyaleg dia, caleg PKS. Baru dilaporkan dan masih kami lakukan penyelidikan,” kata Iman.
(tsa/tor)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Pesawat Ethiopian Airlines yang Jatuh Dilaporkan Bawa Penumpang dari 33 Negara

Addis Ababa – TV Pemerintah Ethiopia menyebut tak ada yang selamat akibat pesawat Ethiopian Airlines yang jatuh. Penumpang pesawat itu dinyatakan berasal dari 33 negara.

“Tidak ada yang selamat di dalam pesawat, yang mengangkut penumpang dari 33 negara,” kata perusahaan penyiaran Ethiopia milik pemerintah yang mengutip sumber dari maskapai itu sebagaimana dilansir dari Reuters, Minggu (10/3/2019).

Total ada 149 orang penumpang, dan 8 orang kru yang berada di penerbangan tersebut. Proses pencarian sendiri masih terus dilakukan.


Pesawat dengan jenis Boeing 737 MAX 8 dengan nomor registrasi ET-AVJ itu terbang dari Bole Airport di Addis Ababa pada 8.38 waktu setempat. Pesawat tujuan Nairobi itu disebut hilang kontak 6 menit setelah lepas landas.

“Operasi pencarian dan penyelamatan sedang berlangsung dan kami tidak memiliki informasi yang dikonfirmasi tentang selamat atau kemungkinan korban,” kata maskapai itu dalam sebuah pernyataan.

Masih dilansir dari Reuters, pesawat yang jatuh itu disebut sempat mengalami unstable vertical speed atau kecepatan naik yang tak stabil. Namun, belum diketahui secara pasti penyebab kecelakaan itu.

“Data dari jaringan Flightradar24 ADS-B menunjukkan bahwa kecepatan vertikal tidak stabil setelah lepas landas,” kata organisasi pelacakan penerbangan yang berbasis di Swedia itu.
(haf/tor)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Polemik Kartu Pra-Kerja Jokowi hingga Dilaporkan ke Bawaslu

JakartaKartu Pra-Kerja merupakan salah satu program yang digagas capres petahana Joko Widodo (Jokowi). Program ini rupanya dikritik hingga berujung laporan ke Bawaslu.

Seperti dijelaskan Jokowi, Kartu Pra-Kerja berfungsi memberikan pelatihan bagi masyarakat yang baru lulus pendidikan. Mereka yang nantinya belum mendapat pekerjaan, akan digaji pemerintah dalam batas waktu tertentu.

“Nanti akan keluar Kartu Pra-Kerja seperti ini. Jadi anak-anak kita yang lulus SMA, SMK, atau akademi, begitu lulus universitas, nanti akan dikeluarkan Kartu Pra-Kerja seperti ini. Kartu ini nanti akan bisa dipakai untuk training-training yang diselenggarakan pemerintah. Setelah training kita harapkan masuk industri. Kalau belum, akan diberi gaji atau honor dari sini,” jelas Jokowi di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Minggu (3/3).
Rupanya program Kartu Pra-Kerja tersebut diragukan Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah. Fahri bahkan menyebut program itu hanya omong kosong.
“Dari mana dia (Jokowi) mau dapat duit? ASN dia janjikan nggak ada. Honorer nggak angkat, subsidi kita dicabut, BPJS kita bangkrut, sudah lah omong kosong itu,” kata Fahri di Al Jazzeerah Polonia, Jalan Cipinang Cempedak, Jakarta Timur, Minggu (3/3).

Senada dengan Fahri, Waketum Gerindra Fadli Zon menilai Kartu Pra-Kerja ibarat memberikan impian kosong. Melalui Kartu Pra-Kerja, pengangguran lulusan SMK akan diberikan gaji yang uangnya dibebankan pada APBN. Program itu disebut norak dan politis.

“Sangat politis, tapi politisnya agak norak. Tidak canggih,” kata Fadli di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (5/3).

Menanggapi polemik yang ada, Wakil Ketua TKN Jokowi sekaligus Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko memastikan penerima kartu Pra-Kerja memiliki jangka waktu untuk digaji negara. Jangka waktu tersebut dari penerima kartu mendapat pelatihan dari pemerintah hingga nantinya diterima kerja.

Ia juga memastikan penerima kartu Pra-Kerja memiliki kriteria khusus sebagai syarat diberikan kartu Pra-Kerja. Nantinya ada tim penilai yang menyeleksi warga lulusan SMK yang akan menerima kartu.

“Kalau penjelasan dari Pak Jokowi, sambil menunggu ada pekerjaan, karena bagi yang lagi bimbang jadi penyanggah awal, bukan seterusnya (terima gaji),” ujar Moeldoko di Istana Negara, Jakarta, Selasa (5/3).

Belum juga selesai polemik Kartu Pra-Kerja, Jokowi dilaporkan ke Bawaslu mengenai janjinya tersebut. Jokowi dilaporkan karena diduga melakukan pelanggaran kampanye.

Jokowi diduga melanggar Undang-Undang 7 Tahun 2017 Pasal 280 jo Pasal 521 tentang Pemilu terkait larangan menjanjikan atau memberikan uang kepada peserta kampanye pemilu.

“Di hadapan ratusan milenial yang hadir, dirinya menjelaskan tentang Kartu Pra-Kerja. Terhadap Kartu Pra-Kerja tersebut, Pak Jokowi menjelaskan, ‘Untuk bisa masuk ke industri, untuk bisa masuk mendapatkan pekerjaan, inilah nanti kartunya disiapkan. Bagi yang memiliki Kartu Pra-Kerja namun belum mendapatkan pekerjaan, tidak perlu khawatir, mereka akan mendapatkan gaji’,” ujar koordinator advokat Tim Advokat Indonesia Bergerak Djamaluddin Koedoeboen di kantor Bawaslu, Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu (6/3).
(dkp/zap)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Tragis! Anak 12 Tahun di China Tewas Usai Lindungi Adik dari Kebakaran

Beijing

Seorang anak perempuan berumur 12 tahun di China tewas akibat luka-luka bakar parah karena melindungi adiknya dari kebakaran. Dengan tubuhnya dan sebuah selimut, dia melindungi adik laki-lakinya dari kobaran api di rumah mereka.

Pada 22 Februari dini hari waktu setempat, Chen Zimo dan adik laki-lakinya sedang tidur di kamar mereka, ketika tiba-tiba api berkobar di rumah mereka di Changde, provinsi Hunan, China selatan. Demikian dilaporkan media lokal, Xiaoxiang Morning Post seperti dilansir Straits Times, Jumat (1/3/2019).

Dilaporkan Xiaoxiang Morning Post, ketika ayah anak-anak tersebut, yang tidur di kamar lain, menyadari rumah mereka terbakar, dia bergegas masuk ke kamar anak-anak tersebut. Di kamar itu, sang ayah menemukan bahwa kedua anaknya sudah tak sadarkan diri. Tubuh anak laki-lakinya, Mozi yang berumur 5 tahun, ditutupi selimut, begitu pula dengan tubuh anak perempuannya yang terbungkus selimut.

Gadis kecil itu menderita luka bakar 55 persen di sekujur tubuhnya, sedangkan adiknya mengalami luka-luka bakar 28 persen. Saat ini, kondisi Mozi stabil di rumah sakit, namun sang kakak meninggal setelah lima hari dirawat di rumah sakit.

Setelah kebakaran itu, Chen melakukan upaya penggalangan dana secara online untuk membayar biaya perawatan rumah sakit anak-anaknya itu. Dalam waktu tujuh jam, dana sebesar 1 juta yuan berhasil terkumpul.


(ita/ita)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Tertekan Dipolisikan Istri Nana, Bella Luna Bantah Jadi Pelakor

JakartaBella Luna dipolisikan oleh istri sah Nana, Shirley ke Polda Metro Jaya. Yaitu dengan dugaan menghilangkan asal usul perkawinan.

Tak hanya itu, Bella Luna juga disebut sebagai pelakor karena telah merebut suami orang. Gara-gara hal tersebut, Bella pun merasa tertekan sampai akhirnya ia harus menggandeng pengacara, Henry Indraguna untuk mendampinginya.

“Jadi sesosok Bella Luna itu kan seorang wanita yang pasti kalau ditekan, dilaporkan ke polisi dia ada ketakutan yang luar biasa. Tekanan kan,” ujar Henry Indraguna, saat dihubungi detikHOT, Jumat (1/3/2019).

“Maka dari itu dia ngontak saya, menunjuk kami sebagai kuasa hukum. Untuk mengenai perkara laporannya Bella Luna sebagai terlapor di Polda metro jaya,” sambungnya.

Sebagai kuasa hukum, Henry Indraguna sangat menyayangkan sebutan pelakor yang dilontarkan masyarakat kepada kliennya. Sebab, Bella Luna hanyalah korban yang dibohongi oleh Nana.

“Marilah kita belajar untuk tidak mem-bully atau memvonis seseorang yang belum ada putusannya. Kita harus tetap menghargai asas praduga tak bersalah,” tutur Henry Indraguna.
(hnh/nu2)

Photo Gallery

1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18

TKN Jokowi: Sidang Ratna Sarumpaet Perlihatkan Buruknya Leadership Prabowo

Jakarta – Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma’ruf Amin bersyukur sidang kasus hoax Ratna Sarumpaet akhirnya digelar. Menurut TKN Jokowi-Ma’ruf, kasus Ratna menunjukkan bahwa kubu Prabowo mampu menggunakan segala cara untuk memenangkan kontestasi Pilpres 2019.

“Saya bersyukur sidang kasus Ratna Sarumpaet bisa digelar kemarin. Perkara Ratu hoax dari kubu hoax akhirnya disidangkan,” kata Wakil Sekretaris TKN Raja Juli Antoni kepada wartawan, Jumat (1/3/2019).

“Cara kubu Pak Prabowo yang mempergunakan segala cara untuk memenangkan kompetisi politik dengan keji dan kejam. Mereka berambisi untuk mem-framing Pak Jokowi sebagai pemimpin diktator dan otoriter. Kasus Ratna mereka ‘santap’ degan lezatnya. Diungkap ke media bukan dilaporkan ke kepolisian,” sambungnya.


Pria yang akrab disapa Toni itu menilai, sidang kemarin memperlihatkan buruknya kepemimpinan (leadership) Prabowo yang mudah mempercayai hoax yang direkayasa oleh Ratna. Menurut dia, Prabowo tampil sebagai pemimpin yang emosional karena menelan informasi tanpa melakukan klarifikasi.

“Kasus Ratu Hoax ini juga memperlihatkan buruknya leadership Prabowo. Prabowo pemimpin yang tidak matang dan emosional sehingga tidak mampu memproses sebuah informasi dengan tepat sehingga keputusan yang diambil sangat buruk. Grasa-grusu, semua informasi ditelan bulat-bulat tanpa klarifikasi sama sekali,” tutur Toni.

“Lalu apa yang diharap rakyat dari kubu penyebar hoax dengan calon presiden yang leadership yang buruk?” sambungnya.

Diberitakan sebelumnya, Ratna menjalani sidang dakwaan di PN Jakarta Selatan, Jalan Ampera, Jakarta Selatan, Kamis (28/2). Jaksa penuntut umum (JPU) mendakwa Ratna Sarumpaet membuat keonaran dengan menyebarkan hoax penganiayaan. Ratna disebut sengaja membuat kegaduhan lewat cerita dan foto-foto wajah yang lebam dan bengkak yang disebut akibat penganiayaan.

Padahal kondisi bengkak pada wajah Ratna merupakan efek dari operasi plastik di RS Bina Estetika, Menteng. Jaksa mengungkap, Ratna memfoto dirinya saat menjalani perawatan medis, lalu menyebarkan foto ditambah keterangan soal terjadinya penganiayaan.
(azr/mae)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Rajai Asia Tenggara, Ini 8 Negara Grab Beroperasi hingga Jadi Decacorn

Liputan6.com, Jakarta – Grab akhirnya dinobatkan menjadi startup yang meraih status decacorn pertama di Asia Tenggara.

Seperti diketahui, decacorn adalah sebutan startup yang memiliki valuasi lebih dari US$ 10 miliar.

Valuasinya bisa 10 kali lipat lebih besar dibandingkan unicorn, tetapi 10 kali lipat di bawah hectocorn.

Sepak terjang Grab menyabet status decacorn tentu tidaklah mudah. Sebelum mendominasi Asia Tenggara, perjalanan startup yang awalnya bernama GrabTaxi ini cukup panjang.

Hingga kini, Grab telah beroperasi di delapan (8) negara di Asia Tenggara, mulai dari Indonesia, Malaysia, Singapura, Myanmar, Thailand, Kamboja, dan juga Vietnam.

Dominasi Grab di Asia Tenggara, juga dibuktikan dari keputusan perusahaan mengakuisisi operasional Uber di Asia Tenggara.

Melalui penggabungan bisnis ini, Grab berambisi menjadi platform mobile online-to-offline (O2O) nomor satu di Asia Tenggara sekaligus menjadi pemain utama dalam bisnis layanan pesan-antar-makanan.

Grab juga akan mengambil alih operasional dan aset Uber di Kamboja, Indonesia, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam.

Sebagai bagian dari akuisisi, Uber akan memiliki 27,5 persen saham di Grab dan CEO Uber Dara Khosrowshahi akan bergabung dengan dewan direksi Grab.

2 dari 4 halaman

Valuasi Grab

Saat ini, valuasi Grab sudah mencapai US$ 11 miliar. Grab sendiri menawarkan solusi sehari-hari dengan layanan transportasi, pengiriman barang dan makanan, pembayaran mobile, serta hiburan digital.

Dengan filosofi terbuka, Grab menyatukan para mitra untuk membuat hidup lebih baik bagi semua pengguna di Asia Tenggara.

Sebelumnya, startup yang berbasis di Singapura itu baru saja masuk dalam daftar perusahaan paling inovatif. Dikutip dari Business Insider, Grab berada di urutan kedua perusahaan paling inovatif.

3 dari 4 halaman

Kalahkan Apple dan Alibaba

Perusahaan ini bahkan mengalahkan perusahaan teknologi lain, seperti Apple dan Alibaba. Sekadar informasi, daftar perusahaan inovatif ini dirilis oleh Fast Company, majalah bisnis asal Amerika Serikat.

Grab juga dinobatkan sebagai perusahaan nomor satu untuk kategori transportasi.

Berdasarkan penuturan Fast Company, Grab terpilih menjadi dua besar perusahaan paling inovatif karena dianggap sudah mengubah kehidupan ratusan juta orang.

Menurut majalah tersebut, Grab berhasil mengoperasikan sistem yang kompleks menjadi transaksi sederhana tidak hanya untuk pengguna, tetapi juga merchant yang bergabung.

Adapun peringkat pertama diberikan pada Meituan Dianping, aplikasi asal Tiongkok.

Aplikasi sewa dan pengiriman ini dilaporkan sudah melayani 27,7 miliar transaksi selama enam bulan tahun lalu.

Grab sendiri menyambut baik laporan tersebut. Co-founder Grab Tan Hooi Ling, menuturkan pihaknya merasa rendah hati karena sudah diakui inovasinya bersama dengan perusahaan global lain.

4 dari 4 halaman

Daftar Lengkap 10 Perusahaan Paling Inovatif

Untuk mengetahui daftar lengkap 10 besar perusahaan inovatif versi Fast Company, berikut ini Tekno Liputan6.com rangkum daftarnya.

1. Meituan Dianping

2. Grab

3. NBA

4. The Walt Disney Company

5. Stitch Fix

6. Sweetgreen

7. Apeel Sciences

8. Square

9. Oalty

10. Twitch

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: