Jika Kalah di Pilpres, Ini yang akan Dilakukan Ayah “Prabowo-Sandi”

Bandung Barat – Pasangan Dede Wahyudin (38) dan Elis Nurlatifah (29), Warga Kp Bojongloa, Desa Pasirpogor, Kecamatan Sindangkerta, Kabupaten Bandung Barat menamai bayi kembar identik mereka, dengan nama calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02, Prabowo-Sandiaga.

Kedua bayi laki-laki itu masing-masing memiliki nama Muhammad Prabowo dan Muhammad Sandiaga. Keduanya lahir secara caesar di RSUD Cililin pada Rabu (20/3/2019) lalu.

Lalu apa yang akan dilakukan Dede, andaikata Prabowo dan Sandiaga kalah di Pilpres 2019 ?

“Tidak apa-apa, saya tetap tidak akan mengganti nama anak saya, mau bagaimana pun hasilnya di Pilpres nanti,” ujar Wahyudin kepada Detikcom di kediamannya, Sabtu (23/3/2019).
Meski ia mengagumi kedua tokoh tersebut, wirastawan ini akan tetap berlapang dada. “Saya rasa tidak ada kesalahan, karena yang saya lihat itu figur, bukan masalah pilihan partai politik, saya tidak punya kepentingan apapun,” ujarnya.

Soal keputusannya memberikan nama dua orang yang tengah bertarung di arena Pilpres 2019, Dede menuai pro dan kontra dari lingkungan sekitarnya. Namun ia tak mempermasalahkannya.

“Banyak yang mengomentari, tapi saya tidak melihat hal itu, hanya senang dan kagum saja. Hanya itu,” katanya.

Wahyudin pun enggan memaksakan anaknya nanti mengikuti jejak persis seperti tokoh idolanya. “Pak Prabowo di militer, tapi saya tidak akan paksakan anak saya. Terserah dia bagaimana nantinya, saya sebagai orang tua hanya bisa mendoakan,” katanya.

“Mudah-mudahan anak kami nanti bisa jadi orang besar dan menjadi pemimpin nantinya,” harapnya.
(ern/ern)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Cara Merawat Kulit Wajah yang Mengelupas, Dapat Dilakukan di Rumah

Pengelupasan kulit di wajah, sebenarnya proses yang normal terjadi sebagai respon tubuh untuk membuang lapisan-lapisan kulit mati. Namun kadang proses ini diikuti dengan timbulnya gejala gatal, kering, dan ruam.

Untuk itu, penting bagi Anda untuk merawat wajah secara rutin untuk tetap tampil dengan wajah yang bersih. Perawatan-perawatan rutin untuk pengelupasan pada kulit dibawah ini, sangat mudah dan sederhana, dan dapat dilakukan ketika waktu luang.

1. Gel Lidah Buaya

Perawatan yang paling populer untuk mengobati sejumlah masalah pada kulit termasuk kulit mengupas, adalah dengan gel lidah buaya. Gel lidah buaya memiliki sifat anti-inflamasi dan pelembab yang membantu dalam merawat kulit yang mengelupas. Bahan yang diperlukan dan cara-cara perawatannya pun terbilang mudah, sehingga dapat dilakukan ketika bersantai di rumah.

Bahan yang diperlukan:

· 2 sdm gel lidah buaya

Langkah-langkah perawatan:

· Ambil sedikit gel lidah buaya dari daun lidah buaya dan oleskan ke seluruh wajah Anda

· Biarkan selama 30-45 menit, lalu cuci perlahan.

· Ulangi ini dua kali seminggu untuk hasil yang diinginkan

3 Kesalahan yang Sering Dilakukan Orang Saat Tangani Luka Bakar

Liputan6.com, Jakarta – Luka bakar bisa terjadi pada siapa saja dan di mana saja, termasuk di rumah. Namun, tak semua orang memiliki pengetahuan yang memadai soal penanganan luka bakar, terutama yang grade sedang, seperti terkena knalpot, setrikaan, atau terciprat minyak panas.

dr Aryanto Habibie, SpBP-RE, spesialis bedah plastik yang berpraktik di RS Siloam Bogor menyebut tiga kesalahan yang sering dilakukan orang-orang saat membantu korban luka bakar maupun menangani luka bakar sendiri. Kesalahan yang terjadi itu bisa membuat luka bertambah buruk atau proses penyembuhan tak sempurna.

Kesalahan pertama adalah tidak segera mencuci luka bakar dengan air mengalir. Tapi alih-alih mengalirkan air pada luka bakar, banyak orang cepat-cepat mengoleskan bahan-bahan yang salah, seperti mentega, pasta gigi hingga susu dingin.

“Airnya harus air dingin. Kalau air panas, malah memperparah luka. Jangan kasih kecap, odol, macam-macam. Itu tidak akan kurangi tingkat keparahan,” ujar Ari dalam talkshow Aksi Nyata untuk Luka Bakar Anda di Jakarta Selatan, Sabtu, 16 Maret 2019.

Air dingin yang mengalir akan meredakan sensasi panas. Namun sebelum itu, bila luka itu tertutup pakaian, pakaian yang dikenakan harus langsung dibuang. Tindakan ini harus cepat dilakukan, terutama bila terciprat bahan kimia. 

“Langsung diguyur pakai shower, bahkan kalau ada bak, langsung nyemplung aja ke bak,” ujarnya. Setelah luka dikeringkan, barulah diolesi salep untuk luka bakar.

Kesalahan kedua dalam menangani luka bakar adalah mengabaikan perawatan sekunder setelah luka sembuh. Padahal, perawatan luka bakar umumnya memakan waktu hingga enam bulan.

“Kalau perawatan kurang baik, nantinya timbul masalah sekunder, seperti infeksi atau sampai ulkus kronis. Kaya tumor tapi belum jadi tumor,” kata Ari.

Kesalahan ketiga yang paling sering dilakukan adalah pasien tidak mau bergerak karena luka bakar membuat nyeri. Umumnya hal itu terjadi pada pasien anak-anak.

Padahal bila dibiarkan, anggota tubuh yang tidak digerakkan itu akan menjadi kaku. “Kalau sudah kaku, itu sudah terlambat. Dia butuh operasi lagi,” katanya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Baik korban maupun tersangka masih dalam peraatan di rumah sakit atas luka bakar yang mereka alami.

4 Hal yang Harus Dilakukan Saat Cinta di Masa Lalu Enggan Berpaling

Liputan6.com, Jakarta Percayalah sayang, berpisah itu mudah tak ada kamu dihidupku,

aku mampu namun menghapuskan semua kenangan kita

adalah hal yang paling menyulitkan untukku

Lirik lagu Rizky Febrian ini tampaknya sangat pas untuk menggambarkan mereka yang sulit move on dari hubungan cinta lama, meski di depannya sudah ada orang baru. Ketika gagal move on, orang cenderung mengenang hari-hari indah bersama mantan atau bahkan mencari tahu tentang kehidupannya di sosial media.

Sederhananya, apakah Anda sulit untuk melupakan sang mantan meski sudah menjalani kehidupan yang baru?

Jika Anda masih memiliki keraguan apakah hubungan cinta di masa lalu masih membayangi hubungan yang baru, sebaiknya pahami empat hal berikut ini.

Butuh waktu

Semuanya membutuhkan waktu. Tak ada satu orang pun yang bisa move on dalam sehari ketika ia patah hati. Setiap orang mengambil waktu sendiri untuk menganalisis apa yang salah, dan berdamai dengan situasi, begitu juga Anda!

Anda perlu tetap bersabar dan memberi diri waktu untuk menerima situasi itu dan menyembuhkan hati. Sebelum mencapai tahap ini, jadilah orang yang lebih bijak untuk tidak melangkah ke hubungan cinta lain dan menggunakan fase ini sebagai kesempatan untuk memahami diri lebih baik. 


Saksikan juga video berikut ini:

2 dari 2 halaman

Kencan untuk pelarian

Kencan untuk pelarian

Kadang-kadang, kita memaksa diri untuk percaya bahwa kita telah pindah dari kehidupan masa lalu dan melangkah ke suatu hubungan hanya untuk mengalihkan perhatian. Atau, kita masuk ke hubungan baru hanya untuk membuat mantan pasangan cemburu.

Tetapi dengan melakukan sesuatu seperti ini, kita secara tidak sengaja bermain dengan emosi kita sendiri. Cepat atau lambat, kita menyadari bahwa kita masih berpegang teguh pada masa lalu dan akhirnya mengacaukan kehidupan cinta kita saat ini juga.

Jangan bandingkan dirimu

Apakah Anda merasa iri saat melihat foto-foto teman Anda yang menjalani hubungan bahagia pada lini masa media sosial Anda? Apakah Anda bertanya-tanya bagaimana beberapa teman Anda bersenang-senang dengan cinta dalam hidup mereka, sementara Anda masih berjuang untuk menemukan belahan jiwa?

Bila iya, Anda tidak sendirian. Banyak dari kita membandingkan kehidupan cinta dengan orang lain dan terlalu keras pada diri sendiri tanpa alasan yang baik. Ingat, semua orang berjuang dengan masalah lain dan tidak ada yang diberkati dengan kehidupan sempurna yang bebas masalah. Alih-alih membandingkan hidup Anda dengan orang lain, berusahalah meningkatkannya dan manfaatkan apa yang Anda dapatkan.

Berteman dengan mantan

Apakah Anda masih berteman dengan mantan? Jika Anda pikir bisa berteman dengan mantan pasangan sejak berpisah, Anda salah. Bahkan, tetap berhubungan dengan mantan adalah kesalahan terbesar yang dibuat orang saat mencoba untuk move on.

Bagaimana Anda bisa bangkit kembali ke kehidupan normal Anda ketika Anda memiliki teman yang disebut yang mengingatkan Anda tentang masa lalu Anda?

Cerita di Balik Pria Berlutut Saat Melamar, Seperti yang Dilakukan Reino Barack pada Syahrini

Liputan6.com, Jakarta – Reino Barack dan Syahrini akhirnya memecah keheningan di media sosial masing-masing dengan mengunggah potret dan video berdua. Sebelumnya, mereka kompak menutup rasa kisah asmara dari sorotan publik.

Seperti yang diketahui, Reino Barack telah resmi mempersunting Syahrini di Masjid Camii Tokyo, Jepang, pada Rabu, 27 Februari 2019. Momen bahagia mereka dihadiri oleh keluarga dan rekan-rekan terdekat.

Setelah menjadi pasangan suami-istri, pelantun Sesuatu itu membagikan potret saat dilamar oleh Reino. Lamaran yang dilakukan di Tokyo, Jepang ini diselimuti oleh bunga-bunga putih dan tampak Syahrini berdiri dengan Reino berlutut dihadapannya.

Bismillah Aku Menerima Lamaranmu @reinobarack,” tulis Syahrini dalam potret yang diunggah lewat akun Instagram pribadi @princessyahrini pada Minggu, 3 Maret 2019.

Di sisi lain, pria berlutut dihadapan sang pujaan hati sambil membawa cincin saat melamar merupakan momen manis dan membahagiakan. Lantas, bagaimana sejarah dari prosesi ini berkembang dan dilakukan oleh pria di seluruh dunia?

Melansir Bustle, Senin (4/3/2019), sebagian besar proposal pernikahan atau niat untuk pertunangan melibatkan tradisi lama, ide-ide modern, pengaruh dari seluruh sejarah Eropa, hingga dugaan. Gagasan berlutut, satu hal penting ketika melamar yang tidak diabadikan dalam sejarah.

Pertunangan yang diketahui dalam sejarah adalah keterlibatan antara bangsawan dan orang kaya, dan kerap terjadi dalam pengaturan bisnis tanpa adanya sikap berlutut. Bahkan, lukisan pertunangan mulia dalam sejarah selalu menggambarkan kedua pasangan berdiri atau duduk, tidak ada berlutut sama sekali.

Salah satu kemungkinan kisah awal ide berlutut adalah dalam tradisi Abad Pertengahan tradisi courtly love atau konsepsi cinta sastra Eropa yang menekankan bangsawan dan kesatria. Pria mengabdikan diri kepada seorang perempuan bangsawan yang dianggap superior.

Seluruh prinsip dari sikap ini adalah sang pria semacam pelayan bagi perempuan yang ia idamkan. Tak hanya itu, pria juga mengungkapkannya dengan cara berlutut.

Berlutut mewakili penyerahan dan kekaguman feodal. Sejarawan sebenarnya memiliki argumen mengenai gambar abad pertengahan tertentu yang menunjukkan pria berlutut untuk ungkapan cinta mereka atau kepada tua laki-laki.

Bustle juga menulis, berlutut secara umum dalam sejarah Eropa merupakan tanda permohonan, kerendahan hati, hingga perbudakan. Para kesatria berlutut di depan para bangsawan mereka untuk menerima penghargaan dan pasukan yang menyerah berlutut di depan para penakluk.

Sementara, berlutut pada perempuan yang akan diajak menikah mungkin merupakan bagian dari hal yang sama, permintaan bantuan dan demonstrasi fisik kesetiaan dan penyerahan diri. Tampaknya, hal ini pertama kali muncul abad ke-19.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Selain Tidur, 4 Kebiasaan Ini Disarankan Jangan Dilakukan Usai Makan

Liputan6.com, Jakarta – Salah satu kebiasaan yang tak boleh dilakukan saat selesai makan adalah tidur. Sebab, hal tersebut membahayakan dan tak baik bagi kesehatan tubuh.

Apabila hal ini dilakukan, maka perut akan kembung, muncul ketidaknyamanan dan gangguan pola tidur.

Orang yang hendak tidur malam jelas disarankan untuk tidak makan, sebab akan menimbun lemak dan menyebabkan penyakit datang.

Selain tidur, ada aktivitas lain yang juga berbahaya bagi kesehatan Anda jika tetap dilakukan usai makan.

Seperti dikutip dari laman Thecrazyfacts.com, Minggu (3/2/2019), berikut 4 hal berbahaya tersebut:


Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 dari 5 halaman

1. Merokok

Kebanyakan perokok akan mengisap tembakaunya setelah makan. Merokok setelah makan, dapat mengikat kelebihan oksigen yang dibutuhkan oleh tubuh untuk proses pencernaan.

Merokok sebatang setelah makan setara juga mampu menyebabkan risiko kanker paru-paru dan usus.

3 dari 5 halaman

2. Minum Teh

Minum secangkir teh setelah makan dianggap kebiasaan buruk karena dapat mengganggu penyerapan zat besi.

Teh mengandung asam tannic, yang dapat mengikat protein dan zat besi dari makanan yang kita makan. Kebiasaan ini dapat menyebabkan anemia, dan dapat menyebabkan nafsu makan buruk.

Kebiasaan itu juga akan menyebabkan pusing, lemah, kelelahan berlebihan, nyeri dada, kulit pucat, kaki dan tangan dingin.

4 dari 5 halaman

3. Mandi

Mandi setelah makan merupakan kebiasaan yang bisa melemahkan sistem pencernaan dan memicu sakit perut.

Kebiasaan ini juga mampu menyebabkan hal negatif lain. misalnya akan meningkatkan aliran darah di kaki dan tangan tetapi bisa mengurangi aliran darah di lambung.

5 dari 5 halaman

4. Makan Buah

Makan buah setelah makan dapat merusak makanan yang kita makan dan berubah menjadi asam.

Hal ini dapat menyebabkan bersendawa, gangguan pencernaan, dan nyeri ulu hati. Buah-buahan sebaiknya dikonsumsi saat perut kosong atau sebelum makan.

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Pria Saat Menyentuh Payudara

Liputan6.com, Jakarta Payudara wanita menjadi daya tarik tersendiri bagi pria. Dan sebuah studi menunjukkan, wanita memiliki keinginan yang sama dengan pria, yakni mendapatkan stimulasi payudara ketika bercinta. Studi 2006 yang dimuat dalam Journal of Sexual Medicine menemukan, 81,5 persen wanita yang disurvei menyatakan gairah seksual mereka meningkat dengan stimulasi payudara dan puting.

Sayangnya tak semua wanita mengalami hal serupa. Sekitar 7,2 persen wanita justru merasakan sebaliknya. Ketika mendapatkan stimulasi payudara, gairah seks justru menurun drastis. Kok bisa ya?

Menurut Roy Levin, PhD, itu karena pria tak tahu apa yang harus dilakukan dengan payudara pasangannya, melansir laman Men’s Health. Nah, agar malam ini Anda tak salah sentuh, tak ada salahnya membaca poin-poin penting berikut ini:

1. Jangan langsung melepas bra

Anda tahu jika bra wanita sangatlah mahal, jadi jangan langsung melepasnya. Bra tak hanya untuk menopang payudara bagi wanita, tapi juga untuk menunjang rasa percaya dirinya. Semakin seorang wanita merasa seksi dan percaya diri, semakin baik pula performanya di ranjang.

Jadi, jangan lupa untuk memuji pakaian dalamnya lebih dulu sebelum memulai foreplay di area payudara


Saksikan juga video berikut ini:


2 dari 3 halaman

Beri pujian

2. Berikan pujian

Saat akan bercinta dengan istri, tentu Anda ingin dia merasa percaya diri dengan bentuk tubuh, terutama payudara. Pujian yang tebat bisa membangun rasa percaya dirinya.

Namun, memuji payudara memerlukan sebuah seni. Beberapa wanita begitu sadar akan ukuran payudaranya. Jadi, alih-alih menyebutnya dengan sebutan yang tak pas, lebih baik gunakan kata-kata seperti “hot”, “sempurna”, atau “luar biasa”.

3. Bersikaplah lembut

Sentuhan pada payudara dengan cara apa pun akan terasa menyenangkan bagi wanita, selama Anda melakukannya dengan lembut. Studi yang dimuat dalam Journal of Sexual Medicine menemukan bahwa menyentuh puting wanita bisa mengaktifkan korteks sensorik genitalnya. Bagian otak yang sama juga menjadi aktif saat klitoris tersentuh.

Beberapa wanita bahkan dapat mengalami orgasme hanya dengan disentuh putingnya saja. Jangan mencubit atau menyentuh dengan kasar payudara wanita.

3 dari 3 halaman

Jangan menyentuh untuk main-main

4. Stimulasi dengan mulut

Stimulasi dengan kecupan atau sentuhan mulut di payudara bisa meningkatkan libido. Tapi, sebaiknya jangan terlalu intens, alih-alih merasa terangsang, istri malah merasa seperti sedang menyusui suami.

5. Jangan menyentuhnya untuk main-main

Stimulasi payudara memang membuat wanita bergairah. Sentuhan yang tepat akan menghadirkan sensasi seperti ketika klitoris tersentuh. Tapi, menyentuh payudara dengan tujuan bercanda, itu sama sekali tidak seksi. Jadi, jangan menyentuhnya hanya untuk candaan.

Mobil Tanpa Sopir Harus Bisa Menepi Jika Diberhentikan Polisi

Liputan6.com, Jakarta – Kendaraan autonomus alias tanpa sopir diyakini bakal benar-benar terjadi di masa depan. Namun, masih ada beberapa hal yang harus dipenuhi sebelum mobil otonom ini benar-benar menggantikan peran pengemudi manusia seperti yang ada saat ini.

Melansir Carscooops, Jumat (1/3/2019), salah satu hal yang paling sulit bagi pembuat mobil dan perusahaan teknologi, adalah memastikan kendaraan tanpa sopir dapat berinteraksi dengan lingkungan seperti yang dilakukan pengemudi manusia.

Membuat mobil tanpa sopir yang mampu berhenti saat lampu lalu lintas merah, masih cukup sederhana, begitu juga dengan mendeteksi pejalan kaki. Tapi, jika mobil tanpa sopir saat ditilang polisi bisa menepi seperti sesuatu yang tidak mungkin.

Sementara itu, berbicara soal fitur tersebut, Waymo telah bekerja keras untuk memastikan prototipe otonomnya dapat mengenali petugas polisi dan menanggapi berbagai permintaan.

Misalnya, pada Januari lalu, sebuah kendaraan uji Waymo berhenti di lampu merah yang gelap di Tempe, Arizona tak lama setelah listrik padam.

Seorang petugas polisi sedang berdiri di persimpangan mengatur lalu lintas, dan mobil menunggu sebelum melanjutkan perjalanan setelah dilambaikan oleh petugas.

Selain itu, Waymo juga telah mengembangkan perangkat lunak yang menginstruksikan kendaraannya untuk berhenti ketika mendeteksi lampu polisi berkedip di belakangnya.

2 dari 2 halaman

Mobil Nirsopir Mulai Antar Barang Belanjaan

Mobil tanpa sopir alias nirsopir bukan hanya isapan jempol semata. Bahkan sebuah perusahaan jaringan supermarket Kroger, bersama startup Nuro, menghadirkan mobil tanpa sopir yang mampu mengantarkan barang belanjaan konsumen hingga ke depan pintu rumah.

Proyek yang masih dalam program percontohan ini mulai beroperasi 16 Agustus 2018 dengan melibatkan Fry’s Food Store milik Kroger di East McDowell Road, Scottsdale, Arizona, Amerika Serikat.

Dilansir thespoon.tech, Senin (20/8/2018), Konsumen bisa saja melakukan pemensanan dengan sentuhan jari. Sebab, pemesanan bisa melalui  frysfood.com atau aplikasi Fry.

Barang yang sudah terpesan dapat diatur jadwal pengirimannya, baik hari yang sama atau hari berikutnya, dengan biaya per pengiriman US$ 5,95 atau sekitar Rp 85 ribu tanpa batasan pesanan minimum.

Untuk sementara, armada nirsopir menggunakan Toyota Prius yang dibantu seseorang di belakang kemudi. Bagian kompartemen mobil dimodfikasi sedemikian rupa hingga mampu menampung enam kantong barang.

Massa FUI Persoalkan Hotel Tempat Tabulasi Suara, Ini Jawaban KPU

Jakarta – Sejumlah hal disoroti massa Forum Umat Islam (FUI) saat audiensi dengan KPU, termasuk soal tabulasi suara di salah satu hotel. KPU kemudian menjelaskan alasannya.

Pertanyaan itu diajukan oleh Sekretaris PA 212, Bernard Abdul Jabbar. Dia menyebut selama bertahun-tahun, KPU selalu melakukan tabulasi suara di suatu hotel di Jakarta Pusat.

“Tentang masalah tabulasi KPU. Kenapa selama ini, selama bertahun-tahun, tabulasi KPU itu kok selalu di Hotel Borobudur. Ada apa ini di Hotel Borobudur. Karena sepengetahuan informasi saya, ada sesuatu yang disembunyikan di Hotel Borobudur. Masalah tabulasi suara dan punya siapa itu hotelnya. Lah ini perlu kami tanyakan ke KPU,” kata Bernard di Kantor KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Jumat (1/3/2019).

“Kami juga dapat informasi dari pegawai hotel yang bekerja di sana bahwa ini ada sesuatu yang disembunyikan di Borobudur itu. Kenapa nggak cari tempat lainnya?” sambungnya.

Komisioner KPU Wahyu Setiawan yang hadir di audiensi itu lalu memberi penjelasan. Dia mengatakan tidak ada preferensi khusus dari KPU untuk memilih hotel saat tabulasi suara. Pada tahun 2014 lalu, Wahyu menyebut tabulasi suara berlangsung di Kantor KPU.

“Terkait tabulasi, ini ada Pak Sekjen, memang kita perlu ganti suasana, Pak, jangan Hotel Borobudur terus. 2014 tabulasi di kantor KPU. Kemudian tidak menutup kemungkinan nanti juga mudah, Pak, untuk dipindah dari Hotel Borobudur,” jawab Wahyu.

“Wong kita bayar, Pak, bisa di manapun sepanjang memang kualifikasinya memenuhi syarat,” sambungnya.

Wahyu menegaskan bahwa hasil akhir Pemilu bukan ditentukan perhitungan IT melainkan kertas. Hasil penghitungan suara dari TPS hingga tingkat nasional dilakukan di kertas.

“Tabulasi itu bukan hasil resmi KPU, hasil resminya ya melalui rapat pleno,” kata Wahyu.

(imk/tor)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Jawab ‘Ancaman’ Novel Bamukmin, Komisioner KPU Ungkit Hoax 7 Kontainer

Jakarta – Ketua Media Center PA 212 Novel Bamukmin menyebut masyarakat mengalami krisis kepercayaan dan menyebut akan membubarkan KPU jika tidak netral dalam pemilu. KPU mengatakan tudingan krisis kepercayaan tersebut tidak bijak.

“Tudingan krisis kepercayaan tidak bijak, karena hingga tingkat kepercayaan publik kepada penyelenggaraan pemilu terjaga,” ujar komisioner KPU Viryan Aziz kepada detikcom, Jumat (1/3/2019).

Menurut Viryan, saat ini yang terjadi banyak pihak berupaya mendelegitimasi pemilu dengan berita hoax. Salah satunya dengan adanya hoax 7 kontainer surat suara tercoblos yang sempat terjadi.

“Yang ada justru hoax pemilu yang berupaya mendelegitimasi pemilu, terbukti dengan hoax pemilu 7 kontainer surat suara sudah tercoblos, masa hoax pemilu delegitimasi pemilu lantas membuat krisis kepercayaan. Maknanya upaya membuat kabar bohong mendelegitimasi KPU tidak berhasil dilakukan,” kata Viryan.

Dia juga mengatakan perhitungan hasil pemilu dilakukan secara manual, sehingga tidak dimungkinkan adanya kecurangan memalui manipulasi IT. Selain itu, menurutnya perhitungan ini juga dilakukan secara terbuka yang disaksikan pengawas pemilu.

“Pemilu sejak 1955 sampai sekarang dilakukan secara manual, tidak mungkin IT bisa memanipulasi hasil pemilu karena Indonesia tidak menyelenggarakan pemilu elektronik. Yang dilakukan hanya publikasi hasil pemilu di TPS, kecamatan, dan sebagainya,” kata Viryan.

“Hasil pemilu dihitung dalam rapat pleno terbuka, rekapitulasi penghitungan suara di kecamatan sampai dengan pusat. Rapat pleno dilakukan secara terbuka, diikuti saksi dari peserta pemilu, pengawas pemilu, pemantau dan masyarakat,” sambungnya.

Terkait adanya potensi kecurangan memalu kotak suara bila disimpan di kantor kecamatan. Viryan juga mengatakan tempat penyimpanan ini telah dilakukan sejak 1955 dan tidak menimbulkan masalah.

“Penyimpanan kotak suara di kantor kecamatan dilakukan sejak pemilu 1955 sampai sekarang, termasuk juga di pilkada. Penggunaan kantor kecamatan sudah berlangsung dan tidak ada masalah selama ini,” kata Viryan.

Sebelumnya, Novel Bamukmin meminta KPU netral sebagai penyelenggara Pemilu 2019. Dia menyebut KPU wajib dibubarkan jika tidak netral.

“Kita mendatangi KPU, tak lain tidak bukan tuntut keadilan. Betul? Siap tegakkan keadilan? Siap tegakkan persatuan? Takbir!” kata Novel di atas mobil komando di depan kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Jumat (1/3/2019).

Novel juga mengklaim masyarakat saat ini sudah mengalami krisis kepercayaan. Oknum aparat, baik sipil maupun Polri, disebut Novel dipertanyakan netralitasnya.

(dwia/tor)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>