Dikritik Anies, TransJ Pastikan Halte Koridor 13 Terintegrasi MRT

Jakarta – PT TransJakarta (TransJ) menjawab kritik Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan soal koridor 13 yang tak terintegrasi stasiun MRT. Pihak TransJakarta memastikan ada halte di koridor 13 yang bakal terintegrasi dengan stasiun MRT.

“(Halte) CSW (Centrale Stichting Wederopbouw) akan jadi salah satu dari 4 halte TJ yang disiapkan untuk terintegrasi dengan MRT,” kata Dirut PT TransJakarta Agung Wicaksono kepada detikcom, Sabtu (10/11/2018) malam.

Agung mengatakan halte CSW menjadi satu-satunya halte di koridor 13 yang bakal terintegrasi dengan stasiun MRT. Menurutnya, halte tersebut bakal terintegrasi dengan Stasiun MRT di Jalan Sisingamangaraja.

“CSW (terintegrasi dengan stasiun MRT) Sisingamangaraja. Koridor 13 hanya CSW,” ucapnya.

Selain itu, Agung juga menjelaskan 3 halte lainnya yang bakal terintegrasi dengan stasiun MRT. Ketiganya adalah halte Lebak Bulus, Halte Dukuh Atas, dan Halte Bundaran HI.

Anies sebelumnya mengatakan banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk membereskan integrasi transportasi di Jakarta. Salah satunya integrasi antarmoda, seperti TransJakarta dengan MRT.

“Kalau Koridor 13, naik itu, mau pindah ke MRT, gimana coba nanti? Jauhnya luar biasa. Stasiun MRT-nya di mana, lintasan TJ-nya di mana. Dua-duanya milik kita loh itu,” kata Anies di Lapangan Monas, Jakarta Pusat, Sabtu (10/11).

Stasiun MRT yang dilewati Koridor 13 sendiri terletak di dekat kantor ASEAN di Jalan Sisingamangaraja, Jakarta Selatan. Anies mengaku sedang mencari solusi agar kedua moda tersebut bisa saling terintegrasi dengan baik.

Soal akses yang menyambungkan Halte CSW di Koridor 13 TransJakarta dengan layanan mass rapid transit (MRT) pernah dibahas semasa kepemimpinan mantan Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat. Gagasan tersebut diungkapkan PT MRT Jakarta dalam rapat koordinasi bersama Djarot yang kala itu menjadi gubernur.

“(Bentuknya) ruang. Semacam akses yang menyambungkan halte TransJakarta dengan MRT,” kata Asisten Pembangunan dan Lingkungan Hidup Sekda DKI Jakarta Gamal Sinurat saat ditemui di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Gambir, Jumat (6/10/2017) lalu.
(haf/haf)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *