Studi Banding, 40 Aparat Desa Dikirim ke China dan Korea Selatan

Jakarta – Sebanyak 40 aparat desa dikirim ke China dan Korea Selatan untuk menjalani studi banding. Aparat desa tersebut terdiri dari kepala desa, penggiat desa dan pendamping desa.

“Ada 40 peserta yang diberangkatkan. 20 ke negara Korea dan 20 lagi ke negara China,” kata Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo saat melepas aparat desa tersebut di Jakarta seperti dikutip dari Antara, Jumat (22/3/2019).

Eko berharap studi banding ke luar negeri diharapkan dapat meningkatkan kompetensi dan memunculkan inovasi dalam pengelolaan dan pembangunan desa. Selain itu diharapkan para peserta dapat membangun jaringan, menambah pengetahuan, dan membuka pasar antarkepala desa dengan mitra luar negeri.

“Kita memerlukan kepala desa, pegiat desa dan pendamping desa untuk lebih punya wawasan lagi. Diharapkan setelah kunjungan itu, para peserta bisa menerapkan di desanya masing-masing apa yang apa yang mereka liat di luar negeri,” tutur Eko.
Sebanyak 40 yang diberangkatkan merupakan sebagian dari target keseluruhan 1.000 aparat desa. Negara tujuan pun beragam seperti ke Jepang, Thailand, Vietnam dan Malaysia.

“Salah satu cara yang paling cepat kita belajar adalah kita melihat negara lain yang relatif sudah maju. kita harapkan kepala desa dan penggiat desa ini punya wawasan yang lebih lagi. Kegiatan ini juga penting untuk pengembangan sumber daya manusia di Indonesia. Jadi tidak hanya infrastruktur yang dibangun, tapi juga manusianya,” ujarnya.

Sementara itu, Sekjen Kemendes PDTT Anwar Sanusi menuturkan peserta yang mengikuti studi banding ke China akan mempelajari terkait revitalisasi pembangunan desa, kebijakan pengentasan kemiskinan, pertanian modern, perikan air tawar, dan diskusi dengan petani lokal di China.

“Sedangkan yang ke negara Korea akan mempelajari terkait pembangunan pemberdayaan masyarakat desa, mengunjungi pusat buah buah kering dan mempelajari pendistribusiannya serta mengunjungi pabrik pengolahan ikan dan pasar-pasar perdesaan di Korea,” ucap Anwar.

(rna/rna)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Ini Surat Jaksa Agung Malaysia Bebaskan Siti Aisyah yang Dikirim ke Yasonna

Ini Surat Jaksa Agung Malaysia Bebaskan Siti Aisyah yang Dikirim ke Yasonna Siti Aisyah bersama Yasonna Laoly dan Rusdi Kirana. (Foto: Istimewa)

Jakarta – Pembebasan terdakwa kasus pembunuhan Kim Jong-nam, Siti Aisyah, tidak lepas dari proses panjang dan lobi-lobi antara Indonesia dan Malaysia. Hal itu terlihat dari korespondensi surat menyurat antarmenteri.

Menkum HAM Yasonna Laoly sebelumnya mengajukan permintaan pembebasan terhadap Siti Aisyah kepada Malaysia. Ada tiga alasan yang menjadi dasar permintaan ini yaitu pertama, Siti Aisyah meyakini apa yang dilakukannya semata-mata untuk kepentingan acara reality show sehingga Siti Aisyah tidak pernah memiliki niat untuk membunuh Kim Jong-nam.

Kedua, Siti Aisyah sudah dikelabui dan tidak menyadari sama sekali bahwa dia sedang diperalat pihak intelijen Korea Utara. Ketiga, Siti Aisyah sama sekali tidak mendapatkan keuntungan dari apa yang dilakukannya.


“Pembebasan ini didasari oleh permintaan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkum HAM) kepada Jaksa Agung Malaysia sehingga memutuskan untuk menggunakan wewenangnya berdasarkan Pasal 254 Kitab Hukum Acara Pidana Malaysia, yaitu untuk tidak melanjutkan penuntutan terhadap kasus Siti Aisyah (nolle prosequi),” kata Dirjen Administrasi Hukum Umum (AHU) Kemenkum HAM Cahyo Rahadian Muzhar lewat keterangan tertulis, Senin (11/3/2019)

Seperti dilansir The Guardian, jaksa agung Malaysia Tommy Thomas membalas surat Yasonna itu pada 8 Maret 2019. Dalam surat tersebut, Tommy mengatakan keputusan untuk mencabut dakwaan terhadap Siti Aisyah atas pertimbangan hubungan baik kedua negara.

Berikut ini isi surat dari jaksa agung Malaysia ke Yasonna Laoly terkait Siti Aisyah yang sudah dikonfirmasi oleh sejumlah media lokal Malaysia dan media internasional:

The Honorable My Yasonna H Laoly
Minister of Law and Human Rights
Central Authority
The Republic of Indonesia

Dear Minister,

Re: Request for Assitance for The Release of Siti Aisyah

Thank you for your recent letter

Having regard to the considerations that you have mentioned therein, and taking into account the good relations between our respective countries, I am pleased to inform you of my decision for the prosecution to enter nolle prosequi against Siti Aishah pursuant to Section 254 of our Criminal Procedure

By doing so, the prosecution will request the Court to otder a ‘discharge not amounting to acquittal’ against Siti Aisyah. This would mean that after she is acquitted by the Court on 11th March 2019, she would be release, and would be fre to return to Indonesia

Yours sincerely,
Tommy Thomas
Attorney General/Public Prosecutor

Saksikan juga video ‘Tak Terbukti Terlibat Pembunuhan Kim Jong-nam, Siti Aisyah Bebas’:

[Gambas:Video 20detik]

(imk/fjp)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Lanjutkan Pembangunan Jembatan di Nduga Papua, 600 TNI Dikirim dari Makassar

Liputan6.com, Jakarta – Pembangunan jembatan dan sejumlah infrastruktur jalan di Kabupaten Nduga, Papua terus dikerjakan, kendati teror dari kelompok kriminal bersenjata (KKB) masih menjadi ancaman. Untuk mendukung hal itu, ratusan personel TNI dari  Makassar, Sulawesi Selatan diberangkatkan ke Nduga.

Komandan Korem 172 /Praja Wira Yakti Kolonel Jonathan Binsar Sianipar mengatakan ada 600 personel dari  Batalyon 431 Kostrad Makassar dan Batalyon Zipur 8 Makassar yang teah diberangkatkan ke Nduga. Kedatangan mereka untuk melanjutkan pekerjaan jalan dan jembatan Trans Papua.

“Sekarang seluruhnya sudah di Timiki, mulai pagi ini kita akan geser mereka ke titik masing-masing. Nanti ada dua sektor, satu sektor di wilayah Kenyam dan satu lagi di wilayah Mbua. Jadi kita bekerja paralel dari dua sektor itu,” kata Kolonel Binsar di Timika, Minggu (10/3/2019).

Binsar menjelaskan prajurit TNI yang akan segera dikirim ke Nduga itu berkekuatan dua Satuan Setingkat Yonif (SSY) berjumlah 600 personel, terdiri atas 150 prajurit Batalyon Zipur 8 yang bertugas mengerjakan jalan dan jembatan Trans Papua serta 450 prajurit Batalyon 431 Kostrad yang melakukan pengamanan selama pekerjaan berlangsung.

“Prajurit TNI yang akan didroping ke Kenyam, ibukota Kabupaten Nduga akan melanjutkan pekerjaan pembangunan jalan dan jembatan dari arah Kenyam menuju Batas Batu dan Mumugu Kabupaten Asmat,” kata Binsar seperti dilansir dari Antara.  

Sektor lainnya di wilayah atas akan melanjutkan pekerjaan pembangunan jalan dan jembatan dari arah Mbua menuju Paro.

Dua lokasi di ruas jalan Trans Papua itu sebelumnya ditangani oleh PT Brantas Abipraya dan PT Istaka Karya, namun terhenti sejak awal Desember 2018 menyusul insiden pembantaian belasan pekerja PT Istaka Karya oleh Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata/KKSB.

 

Komnas Perempuan Minta Polda Jatim Kabulkan Penangguhan Penahanan Artis VA

Liputan6.com, Jakarta Komisioner Komnas Perempuan, Sri Nurherwati mendatangi Markas Kepolisian Daerah (Mapolda) Jawa Timur (Jatim) untuk menemui tersangka kasus dugaan pornografi, artis VA. Usai menjenguk artis VA dan berdiskusi dengan penyidik Subdit V Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Jatim, Komnas Perempuan meminta penyidik Polda Jatim untuk mengabulkan penangguhan Penahanan terhadap artis VA.

“Yang harus menjadi pertimbangan dalam kebijakan Polda Jatim yakni bisa mengabulkan penangguhan penahanan. Karena sebagai pertimbangan pemulihan kondisi psikis korban kasus prostitusi,” tuturnya di Mapolda Jatim, Kamis (28/2/2019).

Menurutnya, dalam paripurna Komnas Perempuan, terakhir melihat bahwa perempuan yang ada di dalam kasus prostitusi merupakan korban yang dilacurkan. Sehingga apapun status hukumnya penyidik tetap memberikan haknya sebagai korban.

“Mempertimbangkan dan mengabulkan dengan melihat kapasitasnya sebagai korban yang dilacurkan,” katanya.

Dia mengatakan, seharusnya yang paling penting untuk segera dilakukan penindakan adalah muncikari dan user atau pelanggan artis VA. Alasannya, mereka lah yang membuat jeratan terjadinya tindak pidana prostitusi.

“Sedangkan perempuan selalu menjadi korbannya. Ini yang perlu diperhatikan,” ucapnya.

Dalam kunjungannya ke Polda Jatim, ia sempat bertemu dengan artis VA dan bincang bincang dengan penyidik berkaitan dengan modus yang kerap dilakukan muncikari dalam menjerat korbannya kedalam pusaran prostitusi.

“Komnas Perempuan akan terus memantau dan menyikapi kasus kasus yang berkaitan dengan perempuan. Dan kami juga mengajak masyarakat untuk tetap mendukung pemulihan korban agar kasus prostitusi bisa dihentikan,” ujarnya.

Komnas perempuan juga mendorong pengesahan RUU penghapusan kekerasan seksual. Sehingga kasus seperti ini tidak lagi terjadi di Indonesia.

2 dari 3 halaman

Tanggapan Polisi

Menanggapi permintaan Komnas Perempuan mengenai penangguhan penahanan artis VA, Direktur Ditreskrimsus Polda Jatim, Kombes Pol Achmad Yusep Gunawan menyampaikan bahwa pihaknya masih mempertimbangkan apa yang menjadi masukan dari Komnas perempuan.

“Kita akan maksimalkan sesuai dengan harapan Komnas maupun pemerhati, selama tidak menganggu kepentingan penyidikan,” ujar polisi pelopor E-Tilang tersebut.


Sebelumnya, Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan menuturkan bahwa penetapan tersangka VA ini berdasarkan rekam jejak digital dari tersangka mucikari ES. “Dari situ jelas ada foto dan video dan keterlibatan aktif VA dalam prostitusi online. Termasuk penyebaran foto dan video,” tutur Luki di Mapolda Jatim, Rabu 16 Januari 2019.

Luki menegaskan, penetapan VA sebagai tersangka itu juga sesuai dengan hasil gelar, dan berdasarkan pendapat dari beberapa ahli.

“Ada ahli pidana, ahli bahasa, ahli ITE dan ahli Kementerian Agama dan MUI dan beberapa bukti yang sangat mengaitkan dalam transasksi komunikasi ini sangat menguatkan saudari VA menjadi tersangka,” tambah Luki.

Luki menyatakan akan membuat surat panggilan kepada VA terkait status barunya yang kini naik menjadi tersangka. “Kami layangkan untuk Senin. kami undang yang bersangkutan untuk hadir ke Polda Jatim,” sambungnya.

Dari hasil penyidikan, Subdit V Siber Ditreskrimsus Polda Jatim menemukan foto dan video mesum artis VA. Gambar tak senonoh itu ditemukan dalam ponsel milik mucikari ES. Fakta baru ini terungkap dari hasil penyelidikan digital forensik beberapa hari terakhir.

Selain foto pose telanjang, ada pula video tak pantas dan melanggar norma susila. Foto dan video itu dikirim ke mucikari agar user tertarik dan menggunakan jasa seks VA.

“Ini mungkin sesuatu yang baru dimana yang sebelumnya jadi saksi korban (dalam kasus prostitusi), bisa menjadi tersangka. Ini akan jadi yurisprudensi,” ujar Luki.

Dalam perkara ini, VA dijerat Pasal 27 ayat 1 UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Pasal itu berbunyi, ‘Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan yang melanggar kesusilaan.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

KPU NTT Masih Kekurangan 2.001 Kotak Suara Pemilu 2019

Liputan6.com, Kupang – Komisi Pemilihan Umum Provinsi Nusa Tenggara Timur (KPU NTT) mencatat masih ada kekurangan 2.001 dari kebutuhan 78.311 kotak suara untuk Pemilu Serentak 2019 di wilayah tersebut.

“Kekurangan tersebut karena 149 kotak suara rusak dan sisanya merupakan kekurangan pada saat pengiriman ke daerah-daerah,” ujar Juru Bicara KPU Provinsi NTT Yosafat Koli di Kupang, seperti dilansir Antara, Kamis (28/2/2019).

Ia mengemukakan hal itu berkaitan dengan kesiapan logistik Pemilu, khususnya kotak suara dan bilik suara untuk kepentingan Pemilu Serentak 2019 di provinsi berbasis kepulauan itu.

“Kebutuhan kotak suara untuk NTT berjumlah 78.311 buah, yang diterima 76.459 buah, dan rusak 149 buah, sehingga masih ada kekurangan sebanyak 2.001 buah,” ucap Yosafat.

Menurutnya, selain kekurangan kotak suara, bilik suara untuk Pemilu di NTT masih kurang sebanyak 3.000 buah.

“Kebutuhan bilik suara untuk NTT sebanyak 29.421 buah, dan yang diterima 25.805 buah, sementara yang rusak 174 buah, sehingga masih ada kekurangan sekitar 3.000 buah,” kata dia.

2 dari 3 halaman

Sudah Koordinasi

Menurut Yosafat, kekurangan logistik kotak suara dan bilik suara ini telah dikoordinasikan dengan KPU RI untuk segera dikirim ke Satuan Kerja (Satker) di masing-masing daerah.

Sementara, kata dia, logistik lainnya seperti tinta dan alat peraga lainnya masih dalam proses pendataan.

“Kami harapkan dalam waktu dekat ini semua kekurangan sudah bisa terdata sehingga bisa dikoordinasikan segera dengan KPU RI untuk proses pergantian,” pungkas Yosafat.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Cara Cek Kuota Internet M3, Tak Perlu Keluar Pulsa

Liputan6.com, Jakarta Indosat Ooredoo merupakan salah satu provider telekomunikasi terbesar di Indonesia. Salah satu produk dari Indosat Ooredoo adalah IM3 Ooredoo atau biasa juga dikenal sebagai M3. IM3 sendiri adalah sebuah layanan seluler prabayar dengan kemampuan isi ulang yang didirikan pada 2001 silam.

Dengan adanya IM3 Ooredoo, maka Indosat menjadi operator pertama yang mendukung GPRS, MMS, video streaming hingga java games di seluruh Indonesia. IM3 Ooredoo tersedia dengan layanan broadband, layanan paket data dengan kecepatan tinggi hingga 2 mbps dan paket-paket lainnya.

Kini, IM3 Ooredoo telah merambah jaringan 4G plus guna memberikan kepuasan maksimal untuk pelanggannya. Saat ini hampir semua orang membutuhkan kuota internet untuk aktivitas berselancar di dunia maya. IM3 Ooredoo merupakan salah satu provider seluler yang kerap mengeluarkan paket kuota internet murah bagi pelanggannya.

Mengecek kuota internet merupakan suatu kegiatan yang umum dilakukan. Mengecek kuota internet secara berkala akan menghindari Anda dari penggunaan internet berlebihan yang dapat menyedot pulsa utama Anda.

Bagi Anda para pengguna M3 untuk internetan, penting untuk Anda mengetahui cara cek kuota internet M3. Ada tiga cara cek kuota internet M3 yang dapat dilakukan. Berikut tiga cara cek kuota internet M3 yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber Kamis (28/2/2019).

2 dari 5 halaman

Cara Cek Kuota Internet M3 Lewat Dial Up

Cara cek kuota internet M3 yang pertama adalah dengan menekan dial up pada menu panggilan. Cara ini gratis dan tidak akan menyedot pulsa Anda karena Anda hanya cukup menekan nomor *363# atau *123#.

Cara cek kuota internet M3 dengan dial up *123# adalah Anda cukup menekan *123# pada menu panggilan dan tekan call atau ok. Setelah itu akan muncul beberapa opsi layanan.

Urutan dari opsi-opsi pada dial up ini sering berubah. Pastikan Anda memilih opsi ‘INFO’ lalu pilih ‘cek kuota’ tunggu beberapa saat dan kemudian Anda akan mendapatkan SMS berupa rincian kuota internet Anda.

Hal yang sama juga didapatkan jika Adda menekan *363# pada menu panggilan Anda. Cari opsi ‘internet dan lainnya’ setelah Anda menekan *363#, pilih opsi ‘status&kuota’ lalu pilih ‘info kuota’ Anda juga bisa sekaligus memeriksa masa aktif kartu menggunakan cara ini.

3 dari 5 halaman

Cara Cek Kuota Internet M3 Lewat SMS

Cara selanjutnya untuk memeriksa kuota M3 adalah dengan melalui SMS. Cara cek kuota internet M3 ini juga gratis meskipun lewat SMS.

Cukup ketik USAGE lalu kirim ke 363. Maka akan muncul informasi lengkap jenis paket yang Anda gunakan serta rincian sisa kuota yang Anda miliki.

Cara ini merupakan cara paling mudah yang bisa Anda coba di rumah. Namun, sayangnya Anda tidak bisa memeriksa masa aktif kartu Anda menggunakan cara ini.

4 dari 5 halaman

Cara Cek Kuota Internet M3 lewat Aplikasi MyIM3

Cara ini terbilang baru dan lebih modern dari cara dial up ataupun SMS. Untuk cara cek kuota Indosat lewat Aplikasi MyIM3, Anda perlu menginstal aplikasinya terlebih dahulu di Play Store. Setelah selesai menginstal, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah buka aplikasi tersebut lalu pilih bahasa.

Terdapat dua pilihan bahasa yaitu bahasa Inggris dan bahasa Indonesia.Selanjutnya, Anda akan dimintai izin untuk akses penggunaan VPN, maka Anda tekan tombol ‘mengerti’.

Lalu akan muncul opsi Data Saving Mode dan Anda tekan Continue lalu Ok. Kemudian, ketika diminta untuk mengakses lokasi, tekan ‘mengerti’ dan ‘izinkan’.

Begitu juga dengan akses telepon dan sms. Baru setelah itu Anda bisa login nomor hp Anda beserta kode verifikasi yang akan dikirim ke nomor Anda.

Lalu akan muncul tampilan beranda Aplikasi MyIM3 lengkap dengan fitur untuk mengecek kuota Anda. Bahkan, dengan aplikasi ini Anda juga bisa mengetahui masa aktif kartu, bisa isi pulsa, membeli paket lain, memeriksa informasi tagihan, dan menemukan lokasi Outlet Indosat.

Anda harus memastikan memiliki sambungan internet karena aplikasi MyIM3 tidak akan bisa berjalan tanpa sambungan internet.

5 dari 5 halaman

Indosat Ooredoo Uji Coba 5G

Indosat Ooredoo tengah melakukan persiapan hadirinya jaringan 5G, termasuk dengan menggelar uji coba 5G melalui pengalaman 3D Augmented Reality (AR).

Rencana Group Ooredoo dalam mengimplementasikan teknologi 5G pertama secara komersial di dunia, disebut juga menjadi arah dari strategi Indosat Ooredoo dalam mengembangan jaringannya ke depan.

Director & Chief Innovation Officer Indosat Ooredoo, Arief Musta’in, mengatakan uji coba 5G ini sekaligus merupakan bentuk respons perusahaan terhadap perkembangan teknologi.

Mengenai uji coba 5G ini, Indosat Ooredoo merupakan yang pertama di Indonesia melakukan demo 3D AR Collaboration yang diklaim bisa memberikan interaktif dan kolaboratif dalam berkomunikasi ke level yang lebih tinggi.

Secara umum, aplikasi kolaborasi 3D AR ini antara lain bisa digunakan di bidang edukasi dan customer service, untuk menghasilkan komunikasi visual yang lebih berkualitas dan efisien.

Pengalaman AR diklaim akan lebih baik dilakukan dengan jaringan 5G, karena dari lebih cepat dan memiliki delay yang rendah (low latency). Selain itu, resolusi layar untuk konten AR biasanya di atas 4K, sehingga jauh lebih baik menggunakan 5G. Latency 5G mencapai 1 millisecond.

Rangkaian uji coba dan pameran teknologi 5G ini berlangsung pada 22-23 November 2018 di kantor pusat Indosat Ooredoo. Indosat Ooreoo menggandeng telekomunikasi dan jaringan Ericsson untuk menggelar uji coba ini.

Jokowi: Santri Jadi Manajer Bank Syariah, Kenapa Tidak?

Tasikmalaya – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan alasan pemerintah membangun balai latihan kerja (BLK) Komunitas di pondok pesantren (ponpes). Jokowi berharap para santri bisa memiliki keterampilan tertentu.

“Tahun ini akan dibangun 1.000 BLK di Ponpes. Untuk apa? Agar santri-santri ini belajar keterampilan. Kalau mau BLK Komunitas itu ingin desain, dikirim ke sana mesin mesin jahit untuk memberikan keterampilan pada santri kita,” ujar Jokowi di Ponpes Miftahul Huda, Tasikmalaya, Jawa Barat, Rabu (27/2/2019).

Begitu juga keahlian santri di sektor perbankan. Jokowi berharap ada santri yang menjabat sebagai manajer bank syariah.
“Juga yang berkaitan dengan perbankan, industri keuangan. Sehingga kita harapkan santri-santri ini kalau kerja di bank syariah. Kalau jadi manajer bank syariah kenapa tidak?” kata Jokowi.
Jokowi juga menyerahkan kredit usaha rakyat (KUR). Jokowi berpesan KUR tidak disalahgunakan.

“Saya titip kalau pinjem, misalnya kalau dapat Rp 30 juta. Dari bank bawa Rp 30 juta, pulang. Besoknya pergi ke diler sepeda motor. Hati-hati kalau yang namanya pinjeman. Jangan sampai dapat Rp 30 juta, besoknya pergi ke diler sepeda motor, pulang bawa sepeda motor gagah,” jelas Jokowi.
(dkp/idh)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

PKS: Surat Cawagub DKI Tinggal Tunggu Tanda Tangan Prabowo

Jakarta – Surat pengajuan nama calon Wakil Gubernur DKI Jakarta tinggal selangkah lagi sebelum dikirim ke Gubernur DKI Anies Baswedan. PKS mengatakan, surat pengajuan itu tinggal menunggu pengesahan dari Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan sekjennya Ahmad Muzani.

“Saat ini, kami masih menunggu tanda tangan dari Pak Prabowo dan Pak Muzani selaku Ketum dan Sekjen DPP Partai Gerindra. Semoga segera tuntas,” ujar Ketua DPW PKS DKI, Syakir Purnomo, kepada wartawan, Rabu (27/2/2019).

Syakir mengatakan, dari pihak PKS sendiri, sang Presiden Sohibul Iman dan sekjen Mustafa Kamal sudah membubuhkan tanda tangan. Tanda tangan pimpinan kedua partai koalisi itu dibutuhkan sebelum surat pengajuan diserahkan ke Anies.
Sebelumnya, PKS dan Gerindra telah menyepakati dua nama cawagub dari PKS yang akan diajukan ke Anies. Dua nama yang telah melalui uji kelayakan itu yakni Agung Yulianto dan Ahmad Syaikhu.
Usai diserahkan ke Anies, nantinya dua nama itu akan diteruskan ke DPRD untuk proses pemilihan selanjutnya. Anies sendiri mengaku sudah menyiapkan surat pengantar kepada DPRD DKI Jakarta dan hanya tinggal diisi nama dua cawagub yang diusulkan.

“Saya mendengar kabar begitu (sepakat dua nama calon wakil gubernur) lewat media, teman-teman dari PKS dan Gerindra belum mengabari langsung, tapi pekan lalu hari Senin (18/2) kita sudah ketemu dan mereka memang berencana menyerahkan suratnya,” ujar Anies kepada wartawan di Monas, Jakarta Pusat, Senin (25/2).
(aik/mae)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Diduga Dikirim untuk Kim Jong-un, 90.000 Botol Vodka Disita Bea Cukai Belanda

Liputan6.com, Den Haag – Pejabat pabean Belanda di pelabuhan Rotterdam telah menyita 90.000 botol vodka yang diyakini akan dikirimkan untuk pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un, dan para kepala pasukannya.

Pembeslahan itu dilakukan setelah pemerintah Negeri Kincir Angin mencurigai rute pengiriman paketan minuman keras itu dari catatan kapal kontainer milik China: Nebula.

Vodka buatan Rusia itu, yang dikemas dalam 3.000 kotak, telah diperhatikan dengan seksama oleh petugas Bea dan Cukai Belanda karena akan dibongkar di Tiongkok, melalui pelabuhan Hamburg dan Rotterdam.

Ketika otoritas berusaha untuk memeriksa kontainer yang ditempatkan di lambung kapal, kardus-kardus vodka tersebut ditemukan tersembunyi dan diletakkan di dalam sebuah pesawat terbang yang juga akan diekspor ke China.

Kementarian urusan ekspor-impor Belanda pun memerintahkan untuk menurunkan seluruh peti kemas itu. Berdasarkan investigasi awal, pihak berwenang curiga bahwa pengangkutan itu akan dibawa ke Pyongyang, Korea Utara.

Seorang petugas bea cukai Belanda menampilkan sebuah kontainer berisi 90.000 botol vodka. (Robin Utrecht / AFP)

Arno Kooij, petugas Bea Cukai yang bertanggung jawab atas penyitaan tersebut, menolak untuk memberikan keterangan lebih lanjut kepada wartawan yang meliput.

“Kami tidak ingin membuat orang lain menjadi lebih bijaksana daripada yang seharusnya,” katanya kepada surat kabar Belanda, Algemeen Dagblad.

“Apa yang bisa saya katakan, berdasarkan informasi yang kami miliki, kami menduga bahwa paket ini akan jatuh ke tangan Kim Jong-un. Kami curiga vodka ini tidak akan dikirim ke China, tetapi ke Korea Utara,” imbuhnya, seperti dikutip dari The Guardian, Rabu (27/2/2019).

Menteri Perdagangan Belanda, Sigrid Kaag, yang memerintahkan penyitaan itu, mengatakan, “Dewan Keamanan PBB telah menjatuhkan sanksi yang tegas kepada Korea Utara, jadi kami pun harus menjunjung tinggi keputusan tersebut, dengan menegakkan sanksi-sanksi yang dimaksud. Sanksi tersebut juga berkaitan dengan impor barang-barang mewah dan oleh karena itu, Bea Cukai benar-benar diberikan kuasa penuh untuk membongkar kontainer ini.”

Kim Jong-un, yang dikabarkan pernah mengenyam pendidikan di Swiss, dikenal memiliki gaya hidup yang berkelas. Tahun lalu, ia diklaim telah menghabiskan lebih dari US$ 4 miliar untuk mengimpor produk-produk mewah dari China, sejak mengambil alih kekuasaan pada tahun 2011.

Sedangkan keluarganya dilaporkan telah mengimpor sebuah pesawat amfibi, alat-alat musik, jam tangan dan bulu, dengan total sumbangan impor terhadap Korea Utara –dari China– sebesar 17,8%.


Saksikan video pilihan berikut ini:

2 dari 2 halaman

Beredar Rekaman Kim Jong-un Merokok Saat Rehat di China Menuju Vietnam

Selain gemar mengonsumsi minuman beralkohol, Kim Jong-un juga disinyalir tak bisa lepas dari rokok. Secara mengejutkan, sebuah cuplikan tayangan televisi asal Jepang, TBS TV, memperlihatkan pemimpin Korea Utara ini tengah merokok saat singgah di salah satu stasiun kereta di China pada Selasa dini hari, 26 Februari, waktu setempat.

Momen tersebut terekam oleh kamera dari jarak jauh menjelang matahari terbit, dalam persinggahan terakhir menuju Kota Don Dang di perbatasan utara Vietnam, demikian sebagaimana dikutip dari Associated Press pada Selasa.

Video itu memperlihatkan Kim Jong-un tengah mengepulkan asap rokok dan berbicara dengan pejabat Korea Utara di stasiun kereta Nanning, China.

Seorang wanita yang kemungkinan adalah saudara perempuan Kim Jong-un, Kim Yo-jong, terlihat memegang asbak kristal di dekatnya.

Meski mendorong kampanye anti-rokok nasional di Korea Utara, Kim Jong-un kerap terlihat memegang batang rokok di tangannya.

Pada 2017, lembaga penyiaran negara Korea Utara tanpa sengaja menunjukkan Kim Jong-untengah merokok di depan salah satu misil balistik antarbenua berbahan bakar cair, ketika sedang menjalani persiapan untuk peluncuran uji coba.

Kim Jong-un tiba di Vietnam pada Selasa pagi, sekitar pukul 08.15 waktu setempat, setelah melakukan perjalanan hampir 70 jam dari Pyongyang, menggunakan rangkaian kereta lapis baja.

Dia melanjutkan perjalanan ke Hanoi dengan sedan Mercedes Benz, yang diiringi oleh lapisan keamanan tingkat tinggi.

Kedatangannya ke Vietnam adalah untuk bertemu dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, guna membahas kebuntuan dalam kerja sama dalam menuju denuklirisasi penuh di Semenanjung Korea.

Kantor Berita Pusat Korea Utara (KCNA) melaporkan keberangkatan Kim Jong-um didampingi oleh negosiator utama dalam pembicaraan nuklir Kim Yong-chol, saudara perempuannya Kim Yo-jong, dan berbagai pejabat tinggi lainnya.

Namun, istrinya, Ri Sol-ju, tidak disebutkan ikut dalam rombongan tersebut.

BPN Jelaskan Soal Ramai Video Sandiaga Diteriaki Pedagang Saat di Labuan Bajo

Jakarta – Beredar video cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno diteriaki oleh seseorang saat berkampanye di Labuan Bajo, diduga orang tersebut adalah pedagang. Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga meluruskan peristiwa yang ada dalam video itu.

Berdasarkan potongan video yang dilihat detikcom, Rabu (27/2/2019), terlihat Sandiaga mendapat respon kurang baik saat berkampanye di Labuan Bajo. Kejadian itu terjadi saat Sandiaga hendak melayani sesi wawancara dengan para wartawan. Kemudian terdengar teriak-teriak dari seseorang di lokasi tersebut. Sandi tampak santai merespon teriak-teriakan tersebut.

“Jangan-jangan, jangan ijak itu. Tidak boleh, tidak boleh, keluar ayo, jangan-jangan,” teriak seseorang dalam video itu.

Juru bicara BPN, Andre Rosiade mengatakan kejadian itu terjadi saat Sandiaga mengunjungi Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di Labuan Bajo pada Selasa (26/2). Andre menjelaskan teriakan itu bukan ditujukan ke Sandiaga, melainkan kepada para relawan Prabowo-Sandi yang berada di lokasi. Andre menyebut salah satu pedagang itu merasa terganggu karena banyaknya relawan Prabowo-Sandi yang berada di lokasi.

“Dia (Sandiaga) keluar mau pulang dan lalu mau doorstop, waktu doorstop gitu tiba crowded banyak relawan gitu, wartawannya udah banyak ditambah lagi relawan yang banyak nempel dia. Mungkin ada pedagang yang terganggu dengan relawan kita karena terlalu crowded tapi iu hanya satu pedagang kelihatannya akhirnya dia marah ke relawan kita,” kata Andre saat diminta konfirmasi, Rabu (27/2/2019).

Jubir BPN, Andre Rosiade Jubir BPN, Andre Rosiade Foto: Tsarina/detikcom

Andre menegaskan tidak ada penolakan saat Sandiaga berkampanye di TPI Labuan Bajo itu. Andre menyebut sambutan para pedagang di lokasi itu sangat antusias atas kehadiran Sandiaga.

“Pak Sandi itu datang ke TPI itu, dia keliling dialog dengan pedagang, selesai dialog dengan pedagang itu antusiasnya ramai,” ujar Andre.

“Tidak ada penolakan di situ,” imbuhnya.

Kemudian mengirimkan beberapa video yang terkait dengan kejadian tersebut. Dari video-video yang dikirim Andre terlihat sambutan para pedagang di lokasi sangat antusias. Terlihat beberapa pedagang mengabadikan kedatangan Sandiaga dengan telpon seluler mereka. Sandi juga sempat berbincang dengan para pedagang.

Andre kemudian menyinggung peristiwa penolakan yang selama ini dialami Sandiaga saat berkampanye. Andre sangat menyayangkan.

“Selama ini Bang Sandi tenang menghadapi orang intoleran di lapangan, sama orang-orang yang mengaku pancasila, yang mengaku cinta indonesia, yang suka ngaku toleransi, ternyata tidak toleransi. Saat mereka datang ke basis kita, aman-aman saja, saat kita datang ke basis mereka, mereka sibuk melakukan pencegatan. Bang Sandi selalu menghadapi dengan senyum, menyalami,” pungkas Andre.
(ibh/rna)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>