Jenis-Jenis Keyboard Komputer yang Jarang Diketahui, Ternyata Unik Banget

1. Keyboard Maltron

Jenis-jenis keyboard ini unik dibandingkan dengan yang lain karena bentuk fisiknya. Umumnya keyboard-keyboard lain memiliki permukaan dan bidang yang datar. Namun hal itu berbeda dengan keyboard ini, sebab Maltron dibuat dengan bidang agak cekung ke dalam. Mekanis tersebut dinilai akan mempercepat penggunanya saat melakukan pengetikan.

Pembuat Maltron menilai bahwa pada dasarnya saat orang mengetik di keyboard umum dengan istilahnya 10 jari, namun tetap saja kebanyakan menggunakan 8 jari. Selain itu mengetik di keyboard biasa, jari tangan harus beradaptasi dengan bentuk keyboard. Hal inilah yang dinilai akan menyebabkan RSI (Repetitive Stress Injuries).

Sedangkan jika pengguna menggunakan maltron maka justru keyboard-nya yang akan menyesuaikan dengan tangan. Bentuk seperti ini, pihak pembuat Maltron menjamin kenyamanan jari tangan saat menggetik sehingga tidak akan menyebabkan RSI. Bahkan keyboard ini juga diklaim lebih meningkatkan kecepatan mengetik sebab yang digunakan adalah benar-benar 10 jari bukan 8 jari.

2. Keyboard KLOCKENBERG

Jenis-jenis keyboard KLOCKENBERG muncul setelah QWERTY dan DVORAK, yang mana dibuat dengan maksud menyempurnakan jenis keyboard yang sudah ada. Uniknya jenis-jenis keyboard ini terpisah menjadi dua bagian, yakni bagian kiri dan kanan. Kedua bagian terpisah dengan sudut 15 derajat serta dibuat dengan miring ke bawah.

Bahkan KLOCKENBERG mempunyai tombol-tombol yang dibuat lebih dekat dengan meja kerja sehingga terasa lebih nyaman saat dioperasikan. Tata letak ini dianggap lebih mengurangi beban otot pada jari-jari dan pergelangan tangan, sekaligus mengurangi beban otot pada tangan dan bahu.

Namun sayang, karena keyboard ini terpisah menjadi dua bagian, yaitu kiri dan kanan. Maka kekurangannya adalah relatif memakan lebih banyak ruang.

3. Keyboard DVORAK

Jenis-jenis keyboard DVORAK pertama kali muncul di sekitaran tahun 1932an. Keyboard ini disusun dengan mekanis agar tangan kanan memegang beban lebih banyak dibandingkan tangan kiri. Berbeda dengan QWERTY yang membebankan tangan kiri lebih banyak ketimbang tangan kanan.

Selain itu, tata letak DVORAK juga dirancang agar 70 persen dari ketukan jatuh pada home row. Tentu saja ini dimaksudkan untuk mengurangi kelelahan saat melakukan pengetikan. Artinya jenis-jenis keyboard ini lebih argonomik.

Menurut uji coba yang dilakukan beberapa kali menunjukkan bahwa tata letak DVORAK lebih efisien 10 sampai 15 persen dibanding dengan QWERTY.

4. Keyboard Alphabetik

Sebelum terciptanya keyboard QWERTY dan DVORAK, mesin ketik dulu menggunakan susunan Alphabetik yakni ABCDE dan seterusnya. Namun karena suatu alasan, akhirnya diubah menjadi QWERTY.

Keyboard Alphabetik tidak digunakan lagi untuk tujuan teknologi, namun masih bisa ditemukan pada mainan anak-anak, sehingga anak-anak diajarkan mengenal huruf alphabet.

5. Keyboard Numeric

Selain huruf, ada juga keyboard nomor yang diciptakan untuk memasukkan bilangan dalam jumlah besar. Dan untuk tujuan itu, pengguna lebih suka menggunakan keyboard numeric yang tata letak tombol-tombolnya dapat dijangkau mudah dengan tangan

Yang Perlu Diketahui dari OTT Ketum PPP Romarhurmuziy Sejauh Ini

Jakarta – Sebanyak enam orang termasuk Ketum PPP Romahurmuziy atau Rommy diamankan KPK dalam sebuah operasi tangkap tangan (OTT) di Surabaya, Jawa Timur. Diduga OTT tersebut terkait dengan pengisian jabatan di Kementerian Agama (Kemenag).

Rommy dan 5 yang lain selanjutnya menjalani pemeriksaan di Mapolda Jatim. Sementara Rommy diperiksa, di Jumat pagi menjelang siang, sekitar pukul 11.00 WIB, tampak mobil keluar-masuk kediaman Rommy di Batu Ampar, Kramat Jati, Jakarta Timur. Sejumlah orang juga terlihat membawa dokumen ke mobil.

“(Terkait) Pengisian jabatan di Kemenag pusat dan daerah. Kami duga ini bukan pertama kali,” tutur Febri Diansyah.

KPK menyita sejumlah besar uang rupiah terkait OTT ini. Namun belum diungkap jumlahnya.

Cerita soal penangkapan

Ketua DPW PPP Jatim Musyafa Noer membeberkan kronologi penangkapan Ketum PPP Romahurmuziy oleh KPK. Musyafa juga mengatakan jika selama 2 hari ini Rommy tengah ada kegiatan di Jatim.

“(Penangkapan) Bukan di Sidoarjo, itu salah beritanya, jadi perjalanan konsolidasi Rommy ke Jatim itu dua hari mulai hari Rabu dan Kamis. Rabu di Malang raya, Kamis di Blitar dan kabupaten Kediri,” ungkap Musyafa saat dihubungi di Surabaya, Jumat (15/3).

Usai melakukan sejumlah kegiatan di Blitar jelas Musyafa, semalam Rommy menginap di Hotel Bumi Surabaya. Dia juga mengatakan peristiwa penangkapan Rommy sekitar pukul 08.00 WIB.

“Kemudian tadi malam, bermalam di Surabaya di Hotel Bumi Surabaya. Peristiwanya (penangkapan KPK) tadi pagi sekitar jam 8,” tambah Musyafa.

Direktur Sales dan Marketing Hotel Bumi Surabaya Endah Retnowati membenarkan jika Ketum PPP Romahurmuziy saat itu memang menginap di Hotel Bumi. Namun pihaknya sama sekali tidak mengetahui soal penangkapan yang dilakukan oleh KPK.

Seorang saksi mata yang merupakan penjaga JPO Basuki Rahmat menceritakan ada beberapa orang yang keluar dari tempat parkir di samping kiri hotel pada Jumat pagi sekitar pukul 08.00 WIB.

“Ada dua orang yang ditangkap. Satunya dikekep, satunya dipegang tangannya gitu. Ada rame-rame orang, tapi ndak pakai seragam,” ujar saksi yang tak mau menyebut namanya itu. Drama kejar-kejaran dan teriakan disebut turut ‘mewarnai’ penangkapan Rommy.

Ruangan Menag disegel

Paralel dengan yang terjadi di Jawa Timur, terkait OTT Rommy, ruangan Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin disegel KPK. Tak hanya ruangan Lukman, ruang Sekjen juga ‘dililit’ garis KPK.

“Iya (disegel), iya benar. Jadi itu bagian dari proses yang memang harus dipenuhi oleh KPK. Di ruangan Sekjen (juga),” kata Kepala Biro Humas, Data dan Informasi Kemenag Mastuki kepada detikcom, Jumat (15/3). Lukman adalah Ketua Majelis Pakar PPP.

Dari foto yang diterima redaksi, pintu ruang kerja Kemenag terlihat tertutup rapat. Pegangan pintu itu diikat dengan KPK Line. Ada juga stempel KPK di pintu itu.

“Mohon maaf (nggak bisa komentar), saya belum tahu masalahnya,” komentar Menag pada Jumat siang sebelum ada kabar penyegelan ruangannya.

Rommy tiba ke Jakarta

Kembali ke Rommy. Rommy dan lima orang lain dibawa dari Surabaya pada Jumat sore dan sampai di Gedung KPK, Jakarta Selatan, pada Jumat malam. Kakanwil Kemenag Jawa Timur Haris Hasanudin termasuk di antara yang diamankan KPK.

Rommy tiba di gedung KPK sekitar pukul 20.13 WIB. Rommy tampak menunduk dan berjalan di belakang salah seorang anggota tim dari KPK. Rommy mengenakan jaket warna hitam. Ia juga memakai kacamata, topi, dan masker.

Saat ini kesemuanya masih dalam status terperiksa. KPK memiliki waktu 1×24 jam sebelum menentukan status hukum Rommy ‘dan kawan-kawan’.

Kakanwil Kemenag Jatim yang kena OTT baru 10 hari dilantik Menag

Kakanwil Kemenag Jawa Timur Haris Hasanudin termasuk yang diamankan KPK terkait OTT Rommy. Rupanya Haris baru saja dilantik Menag Lukman Hakim Saifudin pada 5 Maret 2019.

Merujuk pada keterangan di situs Kemenag, Haris dilantik langsung oleh Lukman pada 5 Maret di kantor Kemenag pusat, Jumat (15/3/2019). Ada 14 pejabat eselon yang turut dilantik.

Kepala Humas dan Informasi Kemenag Mastuki kepada detikcom sebelumnya mengatakan untuk pejabat eselon II, pengisian jabatan melalui persetujuan Menteri Agama. Namun, menurutnya, nama-nama yang masuk ke Menteri pasti sudah memenuhi syarat.

“Oh iya, untuk eselon II terutama itu memang persetujuan Menag, setelah proses yang tadi dilakukan secara terbuka, transparan, Pak Menteri menetapkan mana yang memenuhi syarat. Yang masuk Menag kan pasti sudah memenuhi syarat,” ujar Mastuki, Jumat (15/3).
(rna/fjp)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Jenis-Jenis Fotografi Paling Populer yang Wajib Diketahui Pemula

1. Food Photography

Jenis-jenis fotografi makanan ini dalam pengertian sederhana adalah teknik memotret makanan menjadi lebih menggoda. Dalam industri kuliner, seperti produsen makanan, rumah produksi, periklanan, hotel, kafe, dan lainnya, fotografi makanan mutlak dibutuhkan. Karena itu pelaku food photography semakin dicari karena biasanya digunakan untuk membuat kemasan suatu produk atau iklan. Hanya saja dibutuhkan keterampilan dan peralatan yang berkualitas baik untuk menangkap esensi dari makanan yang dijadikan sebagai objek foto.

2. Landscape Photography

Jenis-jenis fotografi ini sangat cocok untuk kamu yang suka traveling dan mengabadikan pemandangan indah di sekitar kamu. Landscape Photography menunjukan ruang dalam dunia yaitu pemandangan alam, kadang-kadang luasa dan tak berujung,tapi kadang mikroskopis. Foto landscape biasanya menangkap kehadiran alam tetapi juga dapat fokus pada buatan manusia. Tipe foto ini biasanya digunakan pada kalender, kartu pos, dan memorabilia.

3. Potrait Photography

Fotografi potret adalah penangkapan dengan cara fotografi serupa dengan seseorang atau sekelompok kecil orang (potret kelompok), di mana ekspresi wajah dan dominan. Tujuan dari jenis-jenis fotografi ini adalah untuk menampilkan rupa, kepribadian, dan bahkan mood subjek. Seperti jenis lain potret, fokus foto adalah wajah seseorang, meskipun seluruh tubuh dan latar belakang dapat dimasukkan. Sebuah potret umumnya tidak snapshot, tapi gambar yang terdiri dari orang dalam posisi masih. Sebuah potret sering menunjukkan orang yang melihat langsung pada kamera.

Tidak seperti banyak gaya fotografi lain, subjek fotografi potret seringkali model non-profesional. Contohnya seperti potret keluarga memperingati acara-acara khusus, seperti wisuda atau pernikahan, mungkin secara profesional diproduksi atau mungkin vernakular dan yang paling sering dimaksudkan untuk melihat pribadi bukan untuk pameran.

4. Fashion Photography

Fashion Photography adalah jenis-jenis fotografi yang ditujukan untuk menampilkan pakaian dan barang-barang fashion lainnya. Fotografi fashion yang paling sering dilakukan untuk iklan atau majalah fashion seperti Vogue, Vanity Fair, atau Allure. Seiring waktu, fotografi fashion telah mengembangkan estetika sendiri di mana pakaian dan mode diperkuat dengan adanya lokasi eksotis atau aksesoris.

Fashion fotografi bisa dibilang salah satu jenis-jenis fotografi yang paling menguntungkan dan merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk berkomunikasi dalam dunia fashion. Di sini, fotografi fashion sendiri digunakan untuk membawa perhatian pada pakaian dan aksesoris.

Tanda Bahaya Kehamilan yang Jarang Diketahui Calon Ibu, Perlu Diwaspadai

1. Aktivitas Janin Menurun Signifikan

Ketika janin bayi yang aktif tiba-tiba menunjukkan aktivitas yang tak biasa, maka perlu diwaspadai karena merupakan salah satu dari tanda bahaya kehamilan. Ibu dianjurkan untuk mencoba melakukan sesuatu yang membuat bayi di dalam kandungan bergerak. Ini bisa dilakukan dengan minum atau makan sesuatu yang dingin dan kemudian berbaring di samping. Akan lebih baik apabila melakukan pemeriksaan ke dokter kandungan untuk menjawab semua keraguan dan kekhawatiran.

2. Keluar air

Jika tiba-tiba mendapatan tanda bahaya kehamilan seperti keluar air pada area kewanitaan tanpa sengaja, maka ada dua kemunkinan; air seni atau air ketuban. Kebocoran air seni dapat disebabkan oleh tekanan yang diberikan oleh rahim pada kandung kemih. Ibu yang mengalaminya, pergilah ke toilet dan bekemihlah. Apabila setelah berkemih air tetap mengalir, maka kemungkinan besar penyebabnya adalah kebocoran air ketuban dan ini merupakan salah satu tanda bahaya kehamilan.

3. Kontraksi dan Lendir-lendir

Kelahiran yang terjadi sebelum usia kehamilan 37 minggu dianggap sebagai persalinan prematur. Tanda bahaya kehamilan ini berupa kram perut atau kontraksi yang menyebar ke sekitar punggung, semakin kuat dan mendesak yang diikuti dengan keluarnya lendir-lendir bercampur darah. Jika gejalanya disadari dan ditangani sejak awal, maka persalinan prematur dapat dihindari.

4. Haus berlebihan, sering buang air kecil

Gestational diabetes atau diabetes dalam kehamilan adalah tanda bahaya kehamilan yang terjadi selama trimester kedua kehamilan yang terjadi akibat ketidakmampuan ibu untuk memproduksi insulin yang cukup. Gejala utamanya berupa rasa haus atau lapar yang ekstrem, sering buang air kecil dan kelelahan. Tak ada langkah tepat selain segera memeriksakan diri ketika mengalami gejala di atas selama berhari-hari, karena gestational diabetes berpotensi menyebabkan bahaya pada kehamilan dan persalinan.

5. Gejala flu

Pada musim flu, ibu hamil biasanya akan dengan mudah tertular flu dibandingkan dengan mereka yang tidak hamil. Itu disebabkan kehamilan memberi stres tambahan terhadap sistem kekebalan tubuh. Sebagai tambahan, ibu hamil berisiko tinggi untuk terkena komplikasi serius dari flu. Gejala flu termasuk demam, batuk-batuk, tenggorokan nyeri, hidung berlendir, bersin-bersin, mual, muntah, dan diare. Mungkin terdengar sepele tapi jika disepelekan dan terus berkembang, hal ini justru akan membahayakan janin.

Gejala Darah Tinggi (Hipertensi) yang Perlu Diketahui, Pencegahan Lebih Penting

1. Tekanan darah di atas normal atau lebih dari 130/80

Salah satu ahli jantung di Nano Health Associates di Florida, Adam Spalver, M.D., mengatakan bahwa “Hanya karena tidak terlihat, tidak berarti itu tidak ada di sana,” Kamu bisa cek sendiri tekanan darahmu dirumah dengan sebuah alat yang banyak dijual di apotek.

Tekanan darah dapat berubah tergantung dari aktivitasmu, hidrasi, pola tidur, dan faktor – faktor lainnya. Saat kamu ingin mengecek tekanan darah, usahakan saat berada kondisi tenang.

Normalnya, tekanan darah berkisar pada 120/80 mmHG. Untuk orang yang menderita darah tinggi, tekanan darahnya bisa mencapai 130/80 mmHG hingga 140/90 mmHG secara berturut-turut.

2. Tidak fokus dan kerap sakit kepala

Gejala darah tinggi (hipertensi) juga dapat dikenali dari sering tidak fokusnya seseorang dan sering mengalami sakit kepala ringan atau kronis. Gejala darah tinggi (hiertensi) ini akan terlihat jika tekanan darahmu sudah sangat tinggi.

Beberapa orang yang mengalami darah tinggi yang sudah parah bahkan bisa sakit kepala yang diiringi dengan mimisan. Hal tersebut disebut krisis hipertensi dan harus segera di bawa ke UGD atau rumah sakit.

110 Naskah Einstein yang Tak Pernah Diketahui Dipamerkan di Yerusalem

Yerusalem – Tak kurang dari 110 naskah milik ilmuwan terkemuka Albert Einstein, sebagian tak pernah diketahui sebelumnya, dipamerkan di Hebrew University, Yerusalem.

Koleksi tersebut di antaranya adalah karya ilmiah pemenang Hadiah Nobel yang belum pernah diterbitkan atau pun diteliti.

Dokumen tersebut disumbangkan Crown-Goodman Family Foundation dan dibeli dari seorang kolektor pribadi di North Carolina, Amerika Serikat.

Manuskrip itu berisi lampiran tulisan Einstein tentang Unified Theory yang tidak pernah dilihat sejak tahun 1930.

Dia menghabiskan 30 tahun berusaha menggabungkan kekuatan alam ke dalam satu teori.

Menurut pihak universitas, lampiran tersebut sebelumnya diduga hilang.

Koleksi tersebut digabungkan dengan lebih dari 80.000 benda di Albert Einstein Archives.
Koleksi tersebut digabungkan dengan lebih dari 80.000 benda di Albert Einstein Archives. (AFP)

Pada sebuah catatan ke sesama ilmuwan Michele Besso, Einstein mengakui setelah 50 tahun mendedikasikan diri, dia tidak memahami sifat kuantum cahaya.

Koleksi tersebut juga memasukkan sebuah surat di mana Einstein menyatakan kekhawatirannya terkait kebangkitan partai Nazi di Jerman.

Lewat tulisan yang dikirimkan ke anak laki-lakinya Hans Albert pada tahun 1935, dia menyatakan, “Bahkan di Jerman berbagai hal secara perlahan mulai berubah. Harapannya adalah kita bukan yang pertama kali mengalami perang Eropa.”

Koleksi baru ini digabungkan dengan lebih dari 80.000 barang-barang lainnya di Albert Einstein Archives termasuk medali, diploma dan foto.

Einstein adalah salah satu pendiri universitas dan menyumbangkan tulisan pribadi dan ilmiahnya untuk mendirikan Albert Einstein Archives.

Direktur akademik arsip, Hanoch Gutfreund, mengatakan, “Kami di Hebrew University bangga menjadi rumah abadi warisan Albert Einstein, seperti yang menjadi keinginannya.”

Tahun 2017, sebuah surat Albert Einstein yang membahas konsep agama terjual seharga US$2,9 juta atau Rp41 miliar.


(ita/ita)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Ciri-Ciri Planet Dalam Tata Surya yang Wajib Diketahui Pecinta Astronomi

Liputan6.com, Jakarta Mengetahui serta mempelajari mengenai tata surya memang hal yang menyenangkan. Dalam sistem tata surya sendiri memiliki banyak benda langit yang bertebaran. Salah satu dari benda langit yang ada pada sistem tata surya ialah planet.

Planet yang ada pada sistem tata surya saat ini pun ada 8 termasuk Bumi. Selain itu tata surya pun termasuk dalam sebuah galaksi, yaitu galaksi Bimasakti. Galaksi sendiri berupa gugusan bintang dengan jumlah sangat banyak.

Matahari dan juga bintang yang biasa kamu ketahui itu pun termasuk dalam salah satu gugusan bintang pada galaksi bimasakti. Selain ada matahari dan bintang, pada galaksi Bimasakti pun terdapat planet di dalamnya. Setiap planet pun memiliki karakteristik tersendiri, sehingga kamu bisa dengan mudah untuk membedakannya.

Planet sendiri ialah sebuah benda astronomi yang mengorbit pada sebuah bintang yang cukup besar dan memiliki gravitasi tersendiri. Tentu saja bagi seseorang yang tertarik dengan dunia astronomi baik itu orang awam ataupun seorang astronom, mengetahui ciri-ciri planet bukan hal yang susah untuk dilakukan.

Beberapa ciri-ciri planet yang bisa dijadikan patokan untuk pembedanya anatar lain jarak planet tersebut dengan matahari dan juga ukuran planet.

Kedua hal ini cukup mudah diingat untuk membedakan ciri-ciri planet yang satu dengan yang lainnya. Selain itu, mengetahui tentang tata surya dan juga ciri-ciri planet pun tentu saja pernah dipelajari sewaktu masa sekolah ya.

Akan tetapi beberapa dari kamu mungkin telah lupa karena sudah lama tidak mempelajari mengenai astronomi. Namun jangan khawatir, Liputan6.com telah merangkum mengenai ciri-ciri planet dari berbagai sumber, Jumat (8/3/2019).

2 dari 3 halaman

Ciri-ciri Planet Dalam

1. Planet Merkurius

Planet Merkurius merupakan planet terkecil di dalam tata surya. Selain itu, planet ini pun memiliki jarak terdekat dengan matahari. Jarak dari Planet Merkurius dengan Matahari ini pun mencapai 57 juta kilometer.

Selain itu, planet ini pun termasuk dalam jajaran planet dalam di tata surya.termasuk planet yang dekat dengan matahari, maka tak heran jika suhu pada planet ini cukup ekstrem.

Pada siang hari saja suhu di Planet Merkurius ini mencapai 430 derajat celcius dengan suhu rata-rata mencapai 70 derajat celcius. Sedangkan pada malam hari suhunya bisa mencapai -180 derajat celcius.

Ciri-ciri planet Merkurius lainnya ialah memiliki periode rotasi sebanyak 59 hari dan revolusi 88 hari. Diameter planet Merkurius ini pun mencapai 4.880 kilometer.


2. Planet Venus

Ciri-ciri planet Venus itu sendiri ialah memiliki periode rotasi selama 243 hari dan revolusi 225 hari. Selain itu, planet ini pun sering disebut sebagai bintang fajar ataupun bintang senja.

Planet yang memiliki jarak terdekat dari bumi ini bisa mencapai 38,2 juta kilometer. Sedangkan untuk jarak Planet Venus ke Matahari mencapai 108,2 juta kilometer.

Ciri-ciri planet Venus lainnya ialah, ukuran planet ini hampir sama dengan ukuran planet bumi dengan selisih diameter mencapai 605 kilometer. Karena planet ini memiliki ukuran yang hampir mirip dengan Bumi, maka tak heran jika Planet Venus memiliki julukan sebagai kemabaran Bumi.

Suhu pada planet ini terbilang cukup panas yaitu bisa mencapai 462 derajat celcius. Bahkan suhu Planet Venus ini lebih panas dibandingkan Planet Merkurius. Hal ini karena lapisan atmosfer pada Planet Venus ini memiliki tekanan 92 kali lebih besar dari Bumi.


3. Planet Bumi

Bumi menjadi satu-satunya planet berpenghuni dan juga memiliki kehidupan di dalamnya. Ciri-ciri planet Bumi itu sendiri ialah jaraknya dengan Matahari yang mencapai 149,6 juta kilometer. Selain itu bumi juga termasuk planet dalam yang memiliki ukuran terbesar dibandingkan dengan planet dalam lainnya.

Permukaan bumi sendiri lebih banyak dipenuhi oleh air baik itu lautan ataupun danau. Planet Bumi memiliki diameter sebesar 12.742 kilometer. Selain itu suhu pada bumi tidak terlalu panas ataupun dingin yaitu suhu terendah bumi minal -89 derajat celcius dan maksimal 57 derajat celcius.

Selain itu, periode rotasi ini ialah 24 jam atau satu hari, dan periode revolusi Bumi ialah 365 hari atau satu tahun. Bumi pun memiliki sebuah satelit alami yaitu Bulan.


4. Planet Mars

Planet Mars merupakan planet dalam terakhir. Ciri-ciri planet Mars sendiri ialah memiliki permukaan berwarna merah, sehingga julukan planet ini pun planet merah. Hal ini dikarenakan Planet Mars memiliki kandungan besi oksida cukup tinggi pada permukaannya.

Planet Mars merupakan planet keempat dalam urutan tata surya, hal ini karena jarak antara Planet Mars dan Matahari mencapai 227 juta kilometer.

Diameter pada planet ini pun mencapai 6.779 kilometer. Mars sendiri memiliki lapisan atmosfer yang lebih tipis dibandingkan dengan Bumi. Sedangkan jarak rotasi mars hanya berbeda 0,6 jam dari bumi, yaitu sebanyak 24.6 jam.

Untuk perioder revolusi dari mars ini hampir 2 kali Bumi, yaitu 687 hari. Mars juga memiliki satelit sendiri loh, yaitu satelit Phobos dan satelis Demos.

3 dari 3 halaman

Ciri-ciri Planet Luar

5. Planet Jupiter

Planet Jupiter sendiri termasuk planet terbesar dalam tata surya, hal ini karena diameter Jupiter mencapai 139.822 kilometer. Selain itu, Jupiter sendiri memiliki lapisan cincin tipis yang terbuat dari debu sebanyak 3 bagian.

Jarak planet Jupiter ke Matahari pin mencapai 778,55 juta kilometer. Planet Jupiter merupakan salah satu dari bagian planet terluar. Menariknya planet Jupiter ini tidak memiliki permukaan yang padat. Karena termasuk dalam planet gas.

Suhu pada permukaan Jupiter ini dari -108 derajat celcius hingga -158 derajat celcius. Atmosfer pada planet ini, merupakan atmosfer terbesar yang dimiliki oleh tata surya.

Sedangkan untuk periode rotasi Jupiter hanya membutuhkan waktu 10 jam, dan untuk periode revolusi membutuhkan waktu 11,86 tahun. Planet Jupiter pun memiliki 67 satelit alami, akan tetapi baru 16 yang memiliki nama.


6. Planet Saturnus

Planet Saturnus sendiri merupakan planet keenam dalam jajaran tata surya. Letak dari planet ini pun cukup jauh dari Bumi. Ciri-ciri planet Saturnus yang sangat terkenal ialah cincin yang dimiliki oleh planet ini.

Cincin pada Saturnus sendiri terbentuk karena gumpalan es yang ada disekitar planet. Jarak Matahari dan Planet Saturnus ini pun mencapai 1,4 miliar kilometer. Saturnus pun termasuk dalam jajaran planet luar di tata surya, selain itu permukaan pada planet ini terdiri atas helium, hidrogen dan juga es.

Oleh sebab itu suhu pada permukaan planet ialah -136 derajat celcius hingga -186 derajat celcius. Atmosfer dari planet ini pun hanya terdiri dari gas amonia dan juga metana.

Untuk periode rotasi dari Planet Saturnus ialah 10,7 jam dan untuk revolusi, planet ini membutuhkan waktu sekitar 29,5 tahun. Satelit alami yang dimiliki oleh Saturnus pun cukup banyak yaitu sekitar 56 satelit.


7. Planet Uranus

Warna permukaan pada Planet Uranus ini terbilang cantik, yaitu berwarna biru muda. Selain itu, ciri-ciri planet uranus yang cukup unik ialah cincin yang ada pada planet itu melingkar vertikal, tidak seperti Saturnus dan juga Jupiter yang memiliki cincin horizontal. Jarak dengan Matahari pun cukup jauh yaitu mencapai 2,7 miliar kilometer.

Seperti planet luar lainnya, suhu pada permukaan Uranus pun cukup rendah yaitu -194 derajat celcius hingga -271 derajat celcius.

Untuk periode rotasi pada Planet Uranus membutuhkan waktu sebanyak 17 jam dan untuk revolusi, Uranus membutuhkan waktu selama 84 tahun. Satelit yang dimiliki oleh Uranus sendiri berjumlah 27 buah, tapi baru 15 yang telah memiliki nama.


8. Planet Neptunus

Planet ini diberi nama seperti nama dewa laut Romawi yaitu Neptunus. Ciri-ciri planet ini memiliki warna biru keunguan pada permukaannya. Planet Neptunus juga memiliki cincin tipis yang melingkar secara horizontal.

Di mana cincin ini tersusun karena gumpalan partikel es yang ada di sekitar planet. Jarak planet ini ke Matahari ialah 4,5 Miliar kilometer. Hal ini dikarenakan Planet Neptunus merupakan planet terjauh dari Matahari.

Diameter planet ini pun mencapai 49.244 kilometer. Planet ini pun dikenal dengan nama Samudra Air Amonia, hal ini karena permukaan planet Neptunus tersusun dari air, amonia dan juga metana.

Karena planet ini merupakan planet terjauh dari Matahari, maka tak heran jika suhu planet ini mencapai -198 derajat celcius hingga -215 derajat celcius. Untuk periode rotasi pada Planet ini membutuhkan waktu sebanyak 16 jam, dan untuk periode revolusi membutuhkan waktu selama 165 tahun.

Tanda-tanda Hamil Anak Laki-laki dan Perempuan yang Harus Diketahui Calon Ibu

Liputan6.com, Jakarta Kehadiran buah hati merupakan momen yang ditunggu bagi pasangan yang sudah menikah. Entah itu yang baru saja menikah hingga yang sudah lama menikah. Menunggu kelahiran buah hati menjadi salah satu momen yang ditunggu-tunggu, bagi pasangan suami istri. Ada perasaan cemas, khawatir dan juga bahagia yang menyelimuti pasangan suami istri.

Namun, bagi kamu yang baru pertama mengalami masa kehamilan, mungkin tanda-tanda hamil sulit untuk dikenali. Telat datang bulan memang adalah salah satu tanda-tanda hamil yang utama. Namun, ada juga beberapa gejala atau tanda-tanda kehamilan lainnya yang muncul sebelum kamu telat haid.

Tanda-tanda hamil bisa terlihat atau terasa sangat jelas pada sebagian wanita, namun sebagian lagi tidak merasakan tanda apa pun. Kamu harus memperhatikan tanda-tanda hamil sehingga kamu bisa menemukan waktu yang tepat untuk segera berkonsultasi dan mempersiapkan kehamilanmu.

Berikut Liputan6.com ulas tanda-tanda hamil yang perlu kamu perhatikan yang dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (7/3/2019).

2 dari 4 halaman

Tanda-tanda Hamil

1. Kram

Tanda-tanda hamil yang pertama adalah kram. Tanda-tanda hamil ini terjadi ketika sel telur yang dibuahi menempel pada dinding uterus. Kram bisa terjadi enam sampai 12 hari setelah sel telur dibuahi. Kram yang dirasakan hampir sama dengan kram yang terjadi ketika menstruasi, sehingga jangan sampai tertipu. Rasa kram ini tidak berbahaya, namun jika kamu merasakan sensasi terbakar atau bau tak sedap, segera temui dokter.

2. Melewatkan menstruasi

Tanda-tanda hamil yang kedua adalah melewatkan menstruasi. Hal yang pasti dialami wanita hamil adalah tak terjadi menstruasi. Jika menstruasi kamu bisanya teratur, namun kali ini tidak terjadi, kemungkinan kamu sedang hamil. Menstruasi berhenti karena tubuh kamu mulai memproduksi progesteron untuk melindungi janin. Ketika tubuh mulai menggunakan progesteron, menstruasi pun berhenti.

3. Perubahan payudara

Tanda-tanda hamil yang ketiga adalah perubahan payudara. Ketika hamil payudara akan menunjukkan beberapa perubahan, terutama jika kamu hamil untuk pertama kalinya. Perubahan yang terjadi bisa dilihat dari kelembutan payudara. Payudara juga akan terlihat lebih besar, dan puting akan berubah warna menjadi lebih gelap.

4. Sering buang air kecil

Tanda-tanda hamil yang keempat adalah sering buang air kecil. Jika kamu pertama kali mengalami proses hamil, kamu akan merasa lebih sering buang air kecil dan sering terbangun di malam hari untuk pipis. Ini adalah salah satu pertanda bahwa kamu sedang hamil.

5. Morning sick

Tanda-tanda hamil yang kelima adalah morning sick. Ini adalah tanda paling populer yang dialami oleh ibu hamil. Ini bisa terjadi bahkan dalam hitungan hari kehamilan. Rasa mual dan morning sick yang terjadi saat hamil dipengaruhi oleh hormon yang memperlambat sistem pencernaan. Perut menjadi lebih lama mengolah dan mengosongkan lambung. Efeknya, kamu akan sering memuntahkan makanan.

6. Perubahan mood

Tanda-tanda hamil yang keenam adalah mood berubah. Perubahan hormon pada wanita hamil akan mempengaruhi mood. Hal ini membuat emosi wanita menjadi labil, bahkan cerita drama yang biasa saja bisa membuat wanita hamil tersedu-sedu ketika emosinya sedang kacau.

3 dari 4 halaman

Tanda-tanda hamil anak laki-laki

1. Detak jantung

Tanda kehamilan anak laki-laki yang pertama adalah detak jantung. Detak jantung juga bisa menjadi indikator dari jenis kelamin bayi yang kamu kandung. Jika detak jantung bayi kamu tetap di bawah 140 denyut per menit, ini bisa menandakan kamu hamil bayi laki-laki.

2. Ngidam dan jerawat

Tanda hamil anak laki-laki yang kedua adalah jerawat dan ngidam. Jika kamu secara tiba-tiba muncul jerawat secara membabi buta diwajah maka itu adalah tanda kamu hamil bayi laki-laki. Ngidam, Wanita hamil yang seringkali ngidam atau ingin mengonsumsi makanan asam atau asin berkesempatan besar untuk hamil anak laki-laki.

3. Posisi perut

Tanda hamil anak laki-laki yang ketiga adalah posisi perut. Bentuk dan posisi perut adalah tanda tanda hamil lainnya yang bisa menjadi indikator jenis kelamin bayi yang dikandung. Perut yang cenderung menurun menandakan kamu hamil anak laki-laki.

4. Perubahan sifat

Tanda hamil anak laki-laki yang keempat adalah perubahan sifat. Wanita yang hamil anak laki-laki seringkali mengalami perubahan sifat seperti jadi lebih agresif, berani, dan dominan. Hal ini terjadi karena dipengaruhi peningkatan kadar testosteron dalam tubuh.

5. Naiknya berat badan

Tanda hamil anak laki-laki yang kelima adalah naiknya berat badan. Ketika hamil anak laki-laki, berat badan yang bertambah akan terlihat sebagian besar di perut. Berbeda jika hamil anak perempuan dimana berat badan didistribusikan ke seluruh tubuh, termasuk wajah.

4 dari 4 halaman

Tanda-tanda hamil anak perempuan

1. Pertumbuhan rambut

Tanda hamil anak perempuan yang pertama adalah pertumbuhan rambut. Jika hamil anak laki-laki membuat pertumbuhan rambut menjadi pesat, maka kehamilan anak perempuan akan membuat rambut jadi berkilau.

2. Warna urin

Tanda hamil anak perempuan yang kedua adalah warna urin. Warna urin bisa menjadi indikator jenis kelamin bayi yang dikandung. Warna urin kuning kusam menandakan bahwa kamu sedang hamil anak perempuan.

3. Ukuran payudara

Tanda hamil anak perempuan yang ketiga adalah ukuran payudara. Ukuran payudara yang bertambah dramatis atau yang sebelah kiri nampak lebih besar daripada payudara kanan.

4. Ngidam

Tanda-tanda hamil anak perempuan yang keempat adalah Ngidam. Kehamilan akan perempuan akan membuat ibu hamil lebih sering menginginkan makanan manis daripada makanan pedas atau asam.

Kepala BP Batam: Ada Aturan yang Berlaku Tanpa Diketahui Menkeu

Jakarta

Hari ini Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution melakukan pertemuan dengan Kepala BP Batam Edy Putra Irawady. Dalam pertemuan itu Edy melapor ke Darmin bahwa ada sejumlah masalah mengenai peraturan yang berlaku di kawasannya.

Edy menyebut ada aturan yang berlaku di kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam yang tak diketahui oleh pemerintah, khususnya oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Dia menjelaskan, ada aturan yang bertentangan satu sama lainnya.

Contohnya, soal kewajiban untuk melaporkan hasil produksi dan bahan baku, untuk Laporan Surveyor (LS) yang harus dilakukan oleh pengusaha. Padahal, dalam aturan Kementerian Keuangan kegiatan pelaporan itu tak perlu dilakukan.

“Ternyata harus diperiksa dulu melalui LS, harus dites ulang. Padahal jelas-jelas baik PP 10, maupun Permenkeu 120 Pasal 66 menyebut barang yang masuk ke dalam Batam itu belum berlaku tata niaga,” jelas dia di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Selasa (5/3/2019).
“Kenyataannya, ya kami di Batam itu banyak sekali peraturan-peraturan yang tanpa sepengetahuan Menkeu, itu berlaku,” papar dia.

Edy pun mengatakan agar masalah itu tak mengganggu investasi di Batam, dirinya akan menyiapkan kebijakan perizinan online terpadu atau online single submission (OSS) dengan fasilitas yang berbeda dari sebelumnya. Investor juga akan mendapat insentif fiskan agar penanaman modal bisa terus masuk ke kawasan tersebut.

“Jadi OSS di kami lain lagi, ada fasilitas beda lagi, di samping tax holiday, kita ada fasilitas yang namanya Free Trade Zone (FTZ),” tutup dia.

(fdl/fdl)

Gejala Anemia pada Ibu Hamil Ini Perlu Diketahui, Begini Cara Mengatasinya

Liputan6.com, Jakarta Buat Anda yang sedang mengalami masa kehamilan, pasti ada beberapa perubahan yang terjadi di dalam tubuh seorang wanita. Salah satunya adalah tubuh akan mengalami produksi sel darah dalam jumlah yang lebih banyak. Hal ini tentunya untuk menyokong pertumbuhan janin.

Nah, kalau tubuh Anda tidak memiliki jumlah zat besi atau vitamin lain yang cukup, maka tubuh tidak dapat memproduksi sel darah merah yang dibutuhkan untuk menambah kebutuhan sel darah. Oleh karena itu, wanita yang sedang hamil rentan mengalami anemia.

Anemia sendiri disebabkan karena kurangnya jumlah sel darah merah sehat untuk menghantarkan oksigen ke jaringan dan janin. Lebih dari 50 persen wanita hamil mengalami anemia.

Pada pemeriksaan laboratorium darah, seseorang dikatakan enamia bila kadar hemoglobin (Hb) kurang dari 12 mg/dl. Menurut World Health Organization (WHO), seorang wanita hamil dikatakan anemia bila kadar Hb < 11 mg/dl.

Namun di Indonesia, WHO menetapkan anemia bila kadar Hb < 10 mg/dl. Penyebab anemia yang paling sering terjadi pada wanita hamil adalah karena kekurangan zat besi. Saat kebutuhan zat besi di masa hamil meningkat, dan ketidakmampuan wanita hamil untuk memenuhi kebutuhannya tersebut, maka dapat menyebabkan gangguan pada ibu dan janinnya.

Kalau hal ini tidak ditangani dengan baik dan dibiarkan berlarut, anemia pada wanita hamil dapat menyebabkan komplikasi bayi lahir prematur dan berat bayi lahir rendah.

Lalu bagaimana gejala anemia pada ibu hamil? Apakah berbeda dengan penderita anemia pada umumnya? Berikut Liputan6.com, Senin (4/3/2019) telah merangkumnya dari Klikdokter seputar gejala anemia pada ibu hamil.

2 dari 4 halaman

Gejala Anemia yang Timbul pada Ibu Hamil

Tenyata gejala anemia pada ibu hamil tak ada yang berbeda pada penderita umumnya. Seperti ini gejala anemia yang pada umumnya terjadi di masyarakat.

1. Tampak pucat di kulit, bibir, dan kuku.

2. Lelah.

3. Pusing.

4. Sesak napas.

5. Berdebar-debar.

6. Sulit berkonsentrasi.

Pada fase awal, ibu hamil mungkin belum menunjukkan gejala yang berarti. Bahkan banyak dari gejala di atas itu, bisa timbul meski ibu hamil tidak mengalami amnesia. Oleh sebab itu, sebaiknya perlu melakukan pemeriksaan prenatal rutin dan darah bila ditemui indikasi.

3 dari 4 halaman

Bahaya Anemia Jika Tidak Ditangani dengan Serius

Anemia berat atau yang tidak ditangani saat kehamilan dapat meningkatkan berbagai risiko media bagi ibu hamil dan janin. Risiko yang dapat terjadi bagi ibu hamil dan janin seperti:

1. Bayi lahir prematur.

2. Berat badan lahir bayi rendah.

3. Depresi pasca melahirkan.

4. Bayi terlahir dengan anemia.

5. Gangguan perkembangan bayi-anak.

6. Cacat saraf otak dan sumsum tulang belakang janin. Hal ini diakibatkan kekurangan vitamin B12 dan asam folat.

4 dari 4 halaman

Lakukan Pencegahan Anemia Saat Kehamilan

Agar Anda tidak mengalami anemia saat kehamilan, Anda perlu mencegahnya dengan mengonsumsi makanan yang kaya zat besi dan vitamin B lainnya. Selain itu, usahakan juga untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan zat besi, setidaknya 3 sajian per harinya. Ini makanan yang kaya akan zat besi:

1. Sayur-sayuran

Sayur-sayuran yang memiliki nutrisi tinggi adalah sayuran yang berdaun hijau seperti bayam dan brokoli. Kedua sayuran ini sudah banyak diketahui merupakan makanan yang mengandung zat besi dan asam folat yang penting bagi ibu hamil.

2. Buah-buahan

Buah-buahan yang baik ibu hamil adalah buah-buahan yang mengandung banyak vitamin, baik itu vitamin A, vitamin B, ataupun vitamin C. Anda bisa coba mengonsumsi buah pisang, karena buah pisang memiliki kandungan zat besi dan mineral yang tinggi.

Ya, jeruk dengan kandungan vitamin C juga dapat meningkatkan penyerapan zat besi.

3. Daging

Daging merupakan menu yang paling mudah ditemui dan banyak mengandung zat besi. Kandungan zat besi pada daging lebih efisien dan lebih tinggi dibandingkan sumber zat besi nabati.

4. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan yang baik untuk ibu hamil adalah kacang almond. Ya, kacang almond dikenal memiliki kandungan zat besi yang penting untuk ibu hamil.

5. Kurma

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa kurma merupakan makanan yang dapat meningkatkan produksi hemoglobin. Dengan memakan 2 butir kurma setiap harinya saat hamil, sangat dianjurkan.

6. Madu

Madu yang memiliki kandungan zat besi ini baik sekali untuk ibu hamil. Madu dapat dikombinasikan dengan buah-buahan sehingga meningkatkan kesehatan ibu hamil.

7. Oatmeal dan hevernmut

Oatmeal dan havernmut mengandung mineral yang baik untuk ibu hamil. Selain baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, oatmeal dan havernmut juga mudah didapatkan dan juga mudah dicerna.

Nah, untuk mempercepat penyerapan zat besi, konsumsilah makanan kaya vitamin C seperti buah sitrus, stoberi, kiwi, tomat, dan paprika. Usahakan untuk mengonsumsi makanan ini dalam waktu bersamaan dengan mengonsumsi zat besi, ya.

Selain itu, Anda perlu mengonsumsi makanan kaya asam folat seperti yang terdapat pada sayuran hijau, buah sitrus, dan kacang kering. Penting juga untuk mengikuti anjuran dan instruksi dokter kandungan yang menangani Anda tentang suplemen asam folat dan zat besi yang perlu dikonsumsi saat hamil.