Skutik BMW C 400 X Hadir di Indonesia, Harganya Rp250 Jutaan

Liputan6.com, Jakarta – PT Maxindo Moto Nusantara sebagai agen pemegang merek (APM) BMW Motorrad di Indonesia resmi meluncurkan skuter matik (skutik) anyar, C 400 X. Model ini cocok untuk pecinta moge, yang menginginkan motor untuk digunakan di perkotaan ataupun touring.

Dijelaskan CEO BMW Motorrad Indonesia, sejak pertama kali diperkenalkan di ajang EICMA 2017, banyak negara yang sudah bertanya, kapan skutik ini bisa didapatkan dan diluncurkan di berbagai negara.

“Akhirnya, Indonesia bisa dapat produk ini dan di market diharapkan model ini bisa menarik minat konsumen karena menurut saya produk ini cukup menarik,” jelas Joe Frans di sela-sela peluncuran BMW C 400 X di BMW Motorrad Flagship Store, Jakarta Selatan, Sabtu (16/2/2019).

BMW C 400 X ini melengkapi jajaran produk dari pabrikan asal Jerman tersebut di Indonesia. Satu fitur yang menjadi ciri khas dari model ini, adalah adanya fitur BMW Motorrad connectivity yang memungkinkan pengendara untuk menyambungkan smartphone dengan motor dan helm via Bluetooth.

Fitur ini didukung dengan layar display TFT berukuran 6,5 inci dan multi controller di bagian kiri handlebar sebagai standar. Dan aplikasinya sendiri, bisa diunduh secara gratis di App Store untuk IOS dan Google Play untuk Android.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

Dilihat dari desainnya, BMW C 400 X ini memiliki garis bodi yang cukup futuristik, dengan lampu yang mirip dengan varian GS yang sudah dilengkapi LED DRL. Bagian buritan, model ini memiliki desain minimalis, dengan cluster lampu belakang yang kecil, dan juga lampu LED.

Untuk mesinnya, BMW C 400 X ini dipersenjatai unit satu silinder berkapasitas 350 cc. Dengan spesifikasi tersebut, motor ini mampu menghembuskan daya hingga 34 Tk pada 7.500 rpm, dengan torsi 35 Nm pada 600 rpm.

Tersedia dalam tiga varian warna, zenith blue metallic, alpine white, dan black storm. Harganya, motor ini dibanderol Rp 259 juta off the road.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Pertamina Turunkan Harga Avtur Jadi Rp 7.960 per Liter

Jakarta – PT Pertamina (Persero) melakukan penyesuaian harga jual avtur yang berlaku pada 16 Februari 2019 mulai jam 00.00 WIB. Media Communication Manager Pertamina Arya Dwi Paramita menjelaskan, harga baru avtur ini sesuai dengan Keputusan Menteri ESDM No. 17/2019 tentang Formula Harga Dasar dalam Perhitungan Harga Jual Eceran Jenis BBM Umum Jenis Avtur yang Disalurkan Melalui Depot Pengisian Pesawat Udara.

Menurut Arya, Pertamina secara rutin melakukan evaluasi dan penyesuaian harga avtur secara periodik, yaitu sebanyak dua kali dalam sebulan. Untuk periode kali ini (16 Februari 2019), harga avtur mengalami penurunan dibandingkan periode sebelumnya.

Sebagai contoh harga avtur (published rate) untuk Bandara Soekarno Hatta Cengkareng mengalami penurunan dari sebelumnya Rp 8.210 per liter menjadi Rp 7.960 per liter.

Harga ini lebih rendah sekitar 26% dibandingkan harga avtur (published rate) di Bandara Changi Singapura yang terpantau per tanggal 15 Februari 2019 sebesar Rp 10.769 per liter. Penyesuaian dilakukan dengan mempertimbangkan rata-rata harga minyak dunia, nilai tukar rupiah dan faktor lainnya.

“Pertamina berharap penurunan harga avtur ini juga merupakan bentuk dukungan Pertamina terhadap industri penerbangan nasional, yang diharapkan juga berdampak pada industri lainnya termasuk pariwisata,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Sabtu (16/2/2019).

Arya juga menambahkan bahwa harga jual avtur untuk setiap maskapai ditetapkan berdasarkan kesepakatan para pihak yakni antara Pertamina sebagai penyedia dan maskapai penerbangan sebagai konsumen.

Lebih lanjut Arya menegaskan, Pertamina terus berkomitmen untuk memberikan layanan yang terbaik untuk masyarakat dengan menyediakan bahan bakar pesawat udara di 67 bandara yang tersebar di Indonesia.

(ara/ara)

Cerita Theti Numan Agau, Perempuan Penjaga Gambut dari Kalteng

Liputan6.com, Jakarta – Dari sekian banyak, peran serta perempuan di berbagai aspek kehidupan juga hadir dalam usaha melawan perubahan iklim. Satu di antaranya adalah Theti Numan Agau, perempuan Dayak yang tinggal di Desa Mantangi Hilir, Kecamatan Mantangai, Kabupaten Kapuas, Kalteng.

Provinsi ini jadi salah satu wilayah yang mengalami bencana kebakaran hutan dan lahan yang parah sejak 2015 lalu. Beragam dampak timbul dari kondisi ini, mulai dari sulit bernapas, hingga terbatasnya gerak aktivitas sehari-hari.

Pembakaran lahan gambut tak jarang dilakukan petani dengan tujuan menyuburkan tanah. Melihat hal tersebut, Badan Restorasi Gambut (BRG) mulai melakukan pendekatan ke beberapa tokoh petani dan beberapa dari mereka mulai sadar akan bahaya dari pembakaran lahan.

Kelompok petani turut dibentuk untuk mewadahi berbagai kegiatan. Edukasi juga dilakukan untuk pertanian yang ramah lingkungan dan Theti adalah salah satu petani yang ada dalam program inisiasi BRG. Sebelum bergabung, ia mengelola lahan kecil tempat menanam padi dengan memanen hingga 30 karung beras. Hasil tersebut diakui hanya cukup untuk makan saja selama setahun.

“BRG membuat Pelatihan Sekolah Lapang selama 10 hari. Di sana kami diajarkan metode pertanian ramah lingkungan untuk menyuburkan lahan. Kami tidak lagi membakar lahan dan diajarkan untuk membuat pupuk alami,” ungkap Theti melalui keterangan tertulis yang diterima Liputan6.combaru-baru ini.

Lewat Sekolah Lapang yang dibangun Mini Demplot Pengolahan Lahan Tanpa Bakar (PLTB) yang dikelola para kader. Mereka membentuk kelompok pengelola demplot.

“Dalam satu kelompok ada 10 petani. Tadinya jumlah ini terbagi rata, yaitu lima pria dan lima perempuan. Namun, usaha ini kurang mendapat sambutan dari petani pria. Saya mengubah komposisi kelompok menjadi 10 perempuan dan semua berjalan dengan lancar,” tambahnya.

Theti dan kelompok menanam cabai, tomat, juga kacang panjang di lahan demplot. Ia mengatakan hasil yang diakui mengalami kenaikan.

“Hasilnya bisa dipakai untuk makan dan kelebihannya bisa dipakai untuk menabung. Kalau dulu hanya cukup untuk makan, sekarang kami bisa menjual hasil pertanian. Menjualnya pun tidak susah karena hasil pertanian ini lebih sehat. Kami memakai metode bertani yang ramah lingkungan. Sampai saat ini, kami telah panen sebanyak empat kali,” jelas Theti.

Sementara, BRG menyadari pentingnya peran perempuan dalam menjaga gambut. Hingga kini, telah ada 773 anggota kelompok perempuan yang didampingi BRG. Diharapkan, jumlahnya terus bertambah.

Tak hanya bertani, kelompok ini juga dibekali keterampilan yang bertujuan untuk meningkatkan nilai jual pada produk kerajinan anyaman dari rumput atau tanaman tumbuh di lahan gambut. Mereka telah mampu membuat anyaman menjadi topi, tas, keranjang, dan lainnya.

“BRG menyadari pentingnya peran para perempuan dalam menjaga ekosistem gambut. Kami percaya bahwa jika perempuan diberdayakan, maka akan dapat mendorong perubahan besar dalam sikap dan perilaku melindungi,” kata Myrna A. Safitri, Deputi Bidang Edukasi, Sosialisasi, Partisipasi dan Kemitraan BRG.

“Kita tidak dapat bicara tentang ketahanan pangan, tentang generasi emas jika soal pemenuhan nutrisi di tingkat keluarga diabaikan. Perempuan-perempuan kader sekolah lapang di lahan gambut menunjukkan bagaimana mereka berjuang untuk itu,” tambah Myrna.


Saksikan video pilihan di bawah ini:

Siasat KPU Jabar Dongkak Angka Partisipasi Pilpres dan Pileg yang Stagnan

Liputan6.com, Bandung – Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyebutkan angka partisipasi pemilih pemilu presiden dan legislatif di Jawa Barat tidak mengalami peningkatan dikisaran 70 persen. Meski dibandingkan dengan pemilu kepala daerah, jumlah angka partisipasi pemilih mengalami peningkatan 73 persen.

Menurut Ketua KPU Jawa Barat, Rifqi Ali Mubarok, angka partisipasi pemilih yang dibebankan KPU RI ke otoritasnya yaitu 77.5 persen. Untuk itu KPU Jawa Barat akan memaksimalkan medium sosialisasi dan pendidikan bagi pemilih.

“Karena jika ada orang yang sudah tahu tentang pemilu, waktu pemilu tapi ketika mereka sudah tahu tidak ada jaminan datang ke TPS. Kemudian tidak hanya sosialisasi yang bersifat informatif, juga perlu ada pendidikan pemilih untuk menyadarkan bahwa mereka harus menggunakan hak pilih,” kata RIfqi, Bandung, Jumat (15/2/2019).

Rifqi melanjutkan, pendidikan pemilih ini akan melibatkan seluruh peserta pemilu. Alasannya adalah partisipasi pemilih pemilu bukan hanya tanggung jawab dari KPU.

Salah satu cara mendongkrak jumlah partisipasi pemilih yaitu dengan menghadirkan kandidat dari partai politik yang berkualitas. Hal itu untuk menarik perhatian pemilih agar menggunakan hak suaranya pada 17 April 2019 mendatang.

“Pemerintah juga punya tanggung jawab karena ukuran indeks demokrasi itu, salah satunya adalah partisipasi pemilih yang meningkat. Dan pembangunan demokrasi itu kan dipengaruhi oleh partisispasi pemilih. Pemerintah juga punya peran yang sangat penting,” ujar Rifqi.

Rifqi berharap, pemerintah bisa terlibat dalam usaha peningkatan partisipasi pemilih pada Pemilu 2019. Caranya dengan mengoptimalkan infrastrukur dan sumber daya yang dimiliki.

2 dari 2 halaman

Tingkatkan Pemilih

Melalui pemerintah, diharapkan penyampaian instruksi dan himbauan kepada seluruh kelompok masyarakat soal pentingnya menggunakan hak pilih. Seperti kepada kelompok pengusaha, swasta, ormas maupun masyarakat sipil lainnya.

“Karena kalau tidak melalui pemerintah, mereka ini tidak tersentuh oleh KPU. Mereka lebih sering berinteraksi dengan pemerintah. KPU memiliki keterbatasan mengakses ke arah sana,” jelas Rifqi.

Soal permintaan bantuan sosialiasi dan pendidikan pemilih pemilu ini, telah disampaikan langsung ke Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Dengan adanya campur tangan pemerintah, tidak ada lagi masyarakat yang kehilangan hak pilihnya seperti karena bekerja.

“KPU meminta seluruh sektor, terutama sektor industri agar meliburkan pegawainya saat hari pemilihan mendatang,” ujar dia.

Tarif LRT Jabodebek Ditetapkan Rp 12.000

Jakarta – Besaran tarif untuk LRT Jabodebek ditetapkan Rp 12.000. Angka ini ditetapkan setelah membandingkan kemampuan masyarakat.

“Penetapan tarif Rp 12.000 dilihat, dibandingkan dengan tarif keekonomian kita juga willingnes to pay,” kata Kepala Divisi LRT Jabodebek John Roberto dalam acara Media Workshop Adhi Karya di Grandhika Hotel, Jakarta Selatan, Jumat (15/2/2019).

Ia mengatakan tarif LRT Jabodebek tanpa subsidi bisa mencapai Rp 30.000. Namun, pemerintah memandang bahwa tarif tersebut tidak terjangkau bagi masyarakat.


“Kita hitung sekitar Rp 30 ribuan tapi pemerintah memandang masyarakat itu mampu Rp 12.000 sehingga ditetapkan Rp 12.000 tarif awal. Itu munculnya Rp 12.000,” ujar John.

Ketua Bidang Advokasi MTI (Masyarakat Transportasi Indonesia) Darmaningtyas mengatakan dengan tarif tersebut pengguna mobil pribadi diharapkan beralih menggunakan LRT Jabodebek karena biaya yang lebih murah, sementara itu dibutuhkan lahan parkir di stasiun LRT Jabodebek untuk menarik minat pengguna kendaraan pribadi.

“Pengguna mobil pribadi akan sangat mau karena cost bayar tol dan sebagainya jauh lebih mahal,” tuturnya.

(fdl/fdl)

Bukalapak Disentil Jadi ‘Lupabapak’

Jakarta – Cuitan CEO Bukalapak Achmad Zaky mengenai ‘presiden baru’ menuai kontroversi. Meski sudah dihapus dan yang bersangkutan meminta maaf, namun cuitan itu telah menuai respons dari banyak pihak hingga melahirkan tagar #uninstallbukalapak.

Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf, Ace Hasan Syadzily menyayangkan cuitan tersebut lantaran seolah melupakan upaya Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Sangat disayangkan jika kemudian Achmad Zaky men-tweet yang terkesan ‘melupakan’ upaya Pak Jokowi yang banyak memberikan perhatian terhadap industri digital Bukalapak ini,” kata Ace Hasan, Kamis (14/2/2019).

Ace menjelaskan, Presiden Jokowi selama ini berkomitmen mendorong pengembangan ekonomi digital sebagai implementasi industri 4.0. Ace menambahkan, Jokowi mendukung penuh Bukalapak berkembang pesat dalam industri ekonomi digital.

“Presiden Jokowi memiliki perhatian yang serius terhadap pengembangan ekonomi digital sebagai implementasi dari industri 4.0. Achmad Zaky dengan Bukalapaknya merupakan salah satu yang selalu didorong untuk berkembang pesat. Hasilnya, tentu bisa kita lihat saat ini, Bukalapak adalah salah satu usaha anak muda yang berbasis industri 4.0,” terangnya.

Dalam catatan detikFinance, ada sejumlah hal yang sudah dilakukan Jokowi untuk mendukung industri 4.0. Pada 4 April 2018 lalu, Jokowi meluncurkan peta jalan industri 4.0 atau yang dikenal Making Indonesia 4.0.

Peta jalan ini merupakan langkah-langkah yang ditempuh pemerintah untuk menuju ekonomi digital, di mana teknologi sudah berkembang pesat dan diharapkan mampu mendukung perekonomian.

Ada 5 sektor prioritas yang masuk dalam peta jalan ini yakni makanan minuman (mamin), elektronik, otomotif, tekstil, alas kaki, dan kimia. Pemerintah menganggap, perlunya ada koordinasi dari sisi regulasi maupun insentif fiskal terkait infrastruktur telekomunikasi.

Tonton video: #uninstallbukalapak Menggema, CEO Bukalapak Minta Maaf

[Gambas:Video 20detik]

Sebagai informasi, dalam cuitannya Zaky menyebut omong kosong industri 4.0 jika budget research & development (R&D) Indonesia masih jauh dibandingkan negara lain. Dari datanya tersebut, Indonesia jauh tertinggal dari Singapura dan Malaysia.

“Omong kosong industri 4.0 kalau budget R&D negara kita kaya gini (2016, in USD) 1. US 511B 2. China 451B 3. Jepang 165B 4. Jerman 118B 5. Korea 91B 11. Taiwan 33B 14. Australia 23B 24. Malaysia 10B 25. Spore 10B 43. Indonesia 2B. Mudah2an presiden baru bisa naikin,” tulis Zaky dalam cuitannya.

Cuitan itu memancing respons banyak pihak. Selain dengan menulis #uninstallbukalapak di Twitter, ada juga netizen yang mengunggah gambar bukti telah mencopot Bukalapak dari perangkat handphonenya. Lalu, ada juga mengunggah meme bertuliskan ‘lupabapak’. Meme itu salah satunya diunggah akun @Sukanta82478459.

(fdl/fdl)

Australia Mengaku Gagal Menyejahterakan Masyarakat Suku Aborigin

Liputan6.com, Canberra – Pemerintah Australia mengaku ‘gagal’ dalam meningkatkan kesejahteraan penduduk asli negaranya, Suku Aborigin dan Torres Strait Islander. Hal itu disampaikan oleh Perdana Menteri Scott Morrison di muka parlemen pada Kamis, 14 Februari 2019.

Morrison menyatakan, hanya dua dari tujuh target yang terpenuhi, yakni dalam bidang pendidikan dasar. Adapun bidang ekonomi dan kesehatan, seperti meningkatkan lapangan kerja dan meningkatkan harapan hidup, masih jauh dari yang diharapkan, dikutip dari Channel News Asia pada Kamis (14/2/2019).

Padahal, usaha untuk mengemansipasi penduduk asli itu telah dilakukan sejak 11 tahun lalu, setelah Perdana Menteri Kevin Rudd secara resmi meminta maaf kepada mereka atas ketidakadilan yang menimpa.

Kebijakan pembangunan untuk Suku Aborigin bertujuan untuk meningkatkan kekayaan, kesehatan, dan kesejahteraan penduduk asli Australia.

“Saya ingin anak-anak Aborigin dan Torres Strait Islander memiliki kesempatan yang sama dengan anak lain yang tumbuh di Australia,” kata Morrison kepada parlemen.

Namun setelahnya, ia menyayangkan karena usaha yang sudah dilakukan sejak lama, belum membawa perubahan yang signifikan bagi kondisi mereka.

“Tetapi itu tidak benar-benar (tercipta bagi) anak Aborigin dan Torres Strait Islander di Australia hari ini. Dan saya tidak tahu kapan akan terjadi. Ini adalah kebenaran yang harus kita hadapi sekarang,” lanjut Morrison.

Simak pula video berikut:

2 dari 2 halaman

Pendidikan Adalah Kunci

Perdana Menteri Morrison juga mengatakan pendidikan merupakan kunci bagi kehidupan penduduk asli yang lebih baik.

“Pendidikan adalah kunci ketrampilan. Kunci untuk pekerjaan dan membangun perusahaan –yang akan memberikan masa depan untuk mereka,” katanya.

Morrison berjanji akan membebaskan pinjaman pendidikan bagi guru yang mengabdi selama empat tahun di daerah terpencil.

Saat ini, masyarakat Suku Aborigin dan Torres Strait Islander hanya 3 persen dari total populasi Australia. Keduanya merupakan komunitas yang paling tidak beruntung jika dibandingkan dengan mayoritas warga negara Australia.

Dalam bidang ekonomi, tingkat pengangguran sangat tinggi, disebabkan oleh tingkat pendidikan yang masih rendah.

Meskipun pemerintah telah memikirkan pendidikan sebagai jalan keluar, nyatanya penduduk asli masih punya permasalahan lain.

Dalam bidang sosial misalnya, angka bunuh diri sangat tinggi, lima kali lipat lebih tinggi dibandingkan dengan komunitas lain di Negeri Kanguru, menurut Biro Statistik Australia.

Malmo vs Chelsea: Musim Bunga Ross Barkley bersama The Blues

Liputan6.com, Malmo – Chelsea sukses meraih kemenangan usai mengalahkan Malmo dengan skor tipis 2-1 dalam laga leg pertama babak 32 besar Liga Europa 2018-19 yang digelar di Swedbank Stadion, Jumat (15/2/2019) dini hari WIB. Kemenangan ini membuat Chelsea hanya membutuhkan hasil minimal imbang dalam partai leg kedua di Stamford Bridge pekan depan untuk memastikan lolos ke babak 16 besar.

Adapun yang menjadi bintang dalam pertandingan ini adalah Ross Barkley. Dua gol kemenangan The Blues masing-masing diciptakan Ross Barkley di babak pertama dan Olivier Giroud di paruh kedua laga. Peran Ross Barkley dalam memulai motor serangan Chelsea berbuah manis dengan kemenangan penting yang diraih tim asuhan Maurizio Sarri saat pertandingan ini.

Ross Barkley tengah menikmati musim bunga kariernya bersama Chelsea sejak ditangani Maurizio Sarri. Barkley menghuni lini tengah The Blues bersama Mateo Kovacic secara bergantian.

Lebih lanjut tentang sosoknya, berikut liputan6.com rangkum dari berbagai sumber profil Ross Barkley yang menjadi motor serangan bagi Chelsea, Jumat (15/2/2019).

2 dari 4 halaman

Salah satu pesepak bola berbakat

Ross Barkley adalah pesepak bola kelahiran 5 Desember 1993 yang berasal dari Wavertree, Liverpool, Inggris. Ia telah bergabung dengan klub junior Everton sejak umur 11 tahun. Pada musim 2010-11, Barkley diharapkan mampu melakukan pertandingan debutnya di Premier League, namun ia mengalami cedera di bagian kakinya setelah bertabrakan dengan Andre Wisdom, pemain Liverpool, pada saat pertandingan Under 19 Liga Inggris bulan Oktober 2010.

Pesepakbola asal Inggris ini melakukan pertandingan debutnya bersama Everton pada musim 2011-12 melawan Queens Park Rangers. Pertandingan tersebut berakhir dengan skor 1-0, kemenangan untuk Queens Park Rangers. Namun, Ross Barkley mendapat gelar Man of The Match dari Radio City Sport.

Tim Cahlill, pemain senior Everton, menyatakan bahwa Ross Barkley adalah pemain sepak bola paling berbakat yang pernah bekerja sama dengannya.

Performa Ross Barkley pada pertandingan-pertandingan awalnya mendapat pujian dari Martin Keown. Keown memprediksikan bahwa Ross Barkley akan menjadi salah satu pemain terbaik yang pernah ada di Inggris.

3 dari 4 halaman

Pemain penting The Blues

Ross Barkley merupakan produk asli Akademi Everton. Ia membela The Toffees sejak usia 11 tahun. Namun Barkley memutuskan pindah Chelsea pada Januari 2018. Ia dibeli dengan harga 15 juta pound sterling.

Penampilan memikat Ross Barkley musim ini membuat Maurizio Sarri senang. Manajer Chelsea itu yakin Barkley bakal menjadi pemain penting untuk masa depan timnya.

“Saya pikir Barkley sedang menjadi pemain penting bukan hanya di Inggris, tetapi juga di seluruh dunia. Saat latihan dan pertandingan Barkley semakin meningkat kinerjanya.” kata Sarri seperti dikutip Liputan6.com dari Bola.com, Jumat (15/2/2019).

Tak heran pemain berusia 24 tahun itu kembali mendapat panggilan dari timnas Inggris. Sarri pun sangat senang dengan penampilan anak asuhnya tersebut.

“Barkley pemain yang komplet. Dia cepat dan punya teknik yang bagus. Dia juga semakin berkembang saat memberikan umpan. Secara mental dia juga semakin bagus” ujar Sarri menambahkan.

4 dari 4 halaman

Performanya mengejutkan banyak orang

Performa apik yang ditunjukkan oleh gelandang Ross Barkley membuat banyak pihak terkejut. Pemain berusia 24 tahun tersebut tampil mengkilap bersama Chelsea. Pemain Chelsea, Victor Moses, mengatakan kalau Ross Barkley adalah pemain terbaik klub pada sesi latihan. Moses berharap Barkley bisa mendapat kesempatan bermain lebih banyak di bawa kendali Maurizio Sarri.

“Semua pemain bekerja keras, namun Ross Barkley bekerja lebih keras dari pemain lainnya,” ujar Moses seperti dikutip dari bola.com.

Legenda Liverpool, Jamie Carragher, pun memuji kemampuan gelandang Chelsea, Ross Barkley. Menurutnya, kemampuan Barkley lebih hebat ketimbang Dele Alli dan Jesse Lingard. Barkley bangkit bersama The Blues pada musim ini. Ia menjadi satu di antara andalan The Blues di lini tengah.

“Barkley harus menjadi lebih kuat secara mental, tetapi dalam hal kemampuan, Anda memikirkan para pemain yang bermain di posisi itu di Piala Dunia seperti Alli dan Lingard, dan mungkin Anda bisa membantah mereka lebih baik secara mental, tetapi mereka tidak lebih baik secara kemampuan dari Barkley,” kata Carragher dikutip dari bola.com.

BPS: RI Alami Defisit Neraca Dagang USD 1,16 Miliar pada Januari 2019

Liputan6.com, Jakarta – Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, neraca perdagangan Indonesia mengalami defisit USD 1,16 miliar pada Januari 2019. Defisit tersebut salah satunya disebabkan oleh turunnya ekspor Indonesia di awal tahun.

Kepala BPS Suhariyanto mengatakan, pada Januari 2019, total ekspor Indonesia sebesar USD 13,87 miliar. Angka ini turun 4,74 persen dibandingkan Januari 2018 yang sebesar USD 14,55 miliar dan Desember 2018 yang sebesar USD 14,33 miliar.

Sementara untuk impor, pada Januari 2019 tercatat sebesar USD 15,03 miliar. Angka ini juga turun 2,19 persen dibandingkan Desember 2018.

“Maka necara perdagangan pada Januari 2019 mengalami defisit sebesar USD 1,16 miliar,” ujar dia di Kantor BPS Jakarta, Jumat (15/2/2019).

Suhariyanto menyatakan, defisit pada Januari 2019 ini sedikit meningkat dibandingkan dengan defisit pada Desember 2018 yang sebesar USD 1,03 miliar.

“Defisit di Januari 2019 ini disebabkan oleh defisit migas sebesar USD 454 juta dan juga defisit nonmigas sebesar USD 704 juta,” kata dia.

Selain itu, menurut dia, d‎ari Desember 2018 ke Januari 2019, harga beberapa komoditas nomigas mengalami kenaikan, tapi ada juga yang menurun.

2 dari 2 halaman

Kuartal I 2019, BI Prediksi Neraca Transaksi Berjalan Masih Defisit

Sebelumnya, Bank Indonesia (BI) mencatat defisit transaksi berjalan pada kuartal IV 2018 sebesar USD 9,1 miliar atau 3,57 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB).

Dengan demikian, defisit transaksi berjalan mencapai sebesar USD 31,1 miliar atau 2,98 persen dari PDB pada 2018.

Direktur Eksekutif Kepala Departemen Statistik BI, Yati Kurniati mengatakan, cukup sulit untuk memperbaiki posisi defisit transaksi berjalan dalam waktu dekat. BI memperkirakan  defisit masih akan terjadi pada kuartal I 2019.

“Tantangan masih tinggi, transaksi berjalan tetap akan defisit (di triwulan I-2019) masih lihat beberapa perkembangan terakhir lagi apakah ada tanda tanda reborn untuk beberapa komoditi ekpor utama. Tantangan masih tinggi,” kata Yati di Kantornya, Jakarta, Jumat 8 Februari 2019.

Meski demikian, defisit transaksi berjalan diperkirakan lebih rendah pada 2019 daripada tahun 2018 yakni turun menuju kisaran 2,5 persen dari PDB.

Langkah tersebut tentu saja tidak terlepas dari berbagai kebijakan yang dilakukan oleh Pemerintah dan Bank Indonesia.

“Itulah sebabnya kebijakan pemerintah terkait memperbaiki CAD selama ini untuk diharapkan bisa membantu. Sementara dari sisi ekspor barang primer melambat tapi ada dorongan dari ekspor manufaktur maupun jasa-jasa. Dapat segera terealiasi sehingga ke depan 2019 akan bisa lebih baik dengan kondisi sekarang,” ujar dia.

Perlu diketahui, peningkatan defisit transaksi berjalan pada 2018 dipengaruhi oleh penurunan kinerja neraca perdagangan barang non migas akibat masih tingginya impor sejalan dengan permintaan domestik yang masih kuat di tengah kinerja ekspor yang terbatas.

Meskipun demikian, kinerja neraca pendapatan primer dan neraca jasa yang lebih baik dapat membantu mengurangi kenaikan defisit.


 Saksikanh video pilihan di bawah ini:

Hobi Belanja Online? Lakukan Ini agar Tak Kecewa

Liputan6.com, Jakarta – Tak dimungkiri, belanja via online saat ini telah menjadi gaya hidup, utamannya masyarakat di perkotaan, seperti Jakarta. Selain lebih praktis, belanja online juga lebih hemat karena hemat tenaga dan waktu serta biaya, ditambah lagi dengan pilihan harga dan barang bervariatif.

Cukup bermodalkan handphone dengan layanan internet, Anda pun sudah bisa memesan berbagai macam produk, mulai dari pakaian, makanan, keperluan rumah tangga, hingga transportasi, dan masih banyak lagi.

Karena jumlahnya ratusan bahkan ribuan, sering kali kita kesulitan memilih barang yang berkualitas dan tak jarang justru kecewa lantaran barang yang diharapkan tidak sesuai ekspektasi.

Lalu, bagaimana agar hobi belanja ini tetap bisa dilakukan tapi terhindar dari rasa kecewa? Ikuti tips berikut ini, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Ingat, Tak Selamanya Tampilan yang Bagus Punya Kualitas Bagus Juga

Namanya juga online, maka produk yang dijual pun ditawarkan melalui bentuk foto yang diunggah dalam situs atau media sosial. Dengan teknik fotografi yang canggih, maka foto produk pun akan terlihat sangat menarik.

Untuk itu, jangan pernah hanya terkecoh ingin membeli produk karena gambarnya yang bagus. Anda tetap harus memerhatikan bahan atau material yang digunakan untuk menghasilkan produk tersebut.

Dengan demikian, Anda tidak akan dikecewakan begitu barang diterima. Jangan pernah melewatkan membaca deskripsi produk dan tanya langsung pada penjual jika ada hal-hal yang ingin diketahui namun tidak tercantum pada deskripsi produk.


2 dari 4 halaman

2. Perhatikan Merek dan Harga Jual Barang yang Ditawarkan

Belanja via online terbilang cukup tricky mengingat merek yang tersedia cukup banyak dari yang belum memiliki merek terkenal hingga brand mahal. Jika Anda hendak membeli produk baru, pastikan Anda telah meakukan riset terhadap produk yang hendak dibeli.

Perhatikan harga jual produk dengan merek yang tertempel. Biasanya, produk yang branded, harga jualnya juga sesuai alias lebih mahal.

Jika ada produk yang dijual sangat murah namun memiliki merek terkenal, Anda perlu mewaspadainya. Sebab bisa jadi produk itu adalah palsu alias barang KW.

3. Baca Ulasan Produk yang Ada di Fitur E-Commerce

Biasanya, platform e-commerce dilengkapi dengan fitur review (ulasan) produk dari para pembelinya. Nah, Anda bisa memanfaatkan fitur ini untuk mengetahui kualitas barang yang ingin dibeli maupun pelayanan dari penjualnya, apakah respons dan pengirimannya cepat atau tidak.

Tentu saja, hal ini akan membantu dan membuat Anda terhindar dari belanja online yang mengecewakan. Karena biasanya pembeli akan dengan senang hati berbagi informasi dari produk yang telah mereka beli.

3 dari 4 halaman

4. Ketahui Ukuran yang Sesuai dengan Kondisi Badan

Nah, mengetahui ukuran badan sendiri penting diperhatikan dan berlaku bila Anda ingin membeli pakaian, sepatu, maupun aksesoris, dan lainnya. Dengan mengetahui ukuran diri sendiri, maka barang yang dibeli pun akan muat alias tidak kekecilan atau kebesaran.

Dan Anda pun tidak perlu repot-repot menukarkannya kembali. Terlebih lagi bila ternyata penjual tidak memberikan layanan penukaran produk. Bisa-bisa Anda malah merugi, bukan?

5. Pahami Bentuk Tubuh Anda

Memahami bentuk tubuh sendiri ini penting bila Anda ingin membeli pakaian dan semacamnya. Sebab, pakaian yang dikenakan para foto model itu belum tentu cocok bila Anda yang mengenakannya.

Ada banyak faktor yang membuat pakaian itu bisa cocok digunakan oleh pemakainya. Mulai dari bentuk tubuh, hingga tinggi badan.

Jangan sampai Anda sudah membeli baju yang kelihatannya bagus saat dipakai foto modelnya, ternyata tidak cocok atau malah kesempitan karena baju tersebut hanya muat dipakai orang dengan perawakan ramping.

4 dari 4 halaman

6. Pilih Ukuran Berdasarkan Tabel Ukuran

Jika Anda masih ragu untuk memilih ukuran pakaian, pastikan Anda telah memilih ukuran berdasarkan size chart. Di dalam size chart biasanya terdapat ukuran bahu, dada dan lingkar perut. Hal tersebut bertujuan untuk meyakinkan ukuran pakaian yang hendak Anda pilih.

Jadilah Konsumen yang Cerdas saat Belanja Online

Itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat ingin belanja online agar tidak kecewa. Jeli dan teliti terhadap produk yang akan dibeli akan membuat Anda puas dengan produk yang dibeli secara daring itu. Oleh karena itu, jadilah konsumen cerdas saat belanja online.