Korut Dicurigai Perbaiki Fasilitas Rudal yang Telah Dihancurkan

SeoulKorea Selatan (Korsel) mencurigai Korea Utara (Korut) telah memperbaiki sebagian fasilitas peluncuran rudal balistik miliknya. Padahal sebelumnya fasilitas itu telah dihancurkan Korut sebagai langkah awal menuju denuklirisasi Semenanjung Korea.

Dugaan ini disampaikan kurang dari sepekan setelah pertemuan kedua antara pemimpin Korut Kim Jong-Un dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump di Hanoi, Vietnam, yang gagal mencapai kesepakatan.

Dilaporkan kantor berita Korsel, Yonhap News Agency dan dilansir Press TV, Rabu (6/3/2019), hal itu diungkapkan dalam laporan yang baru dirilis oleh Dinas Intelijen Nasional (NIS) pekan ini. Laporan NIS menyebut bahwa Korut ‘tampaknya mulai memasang kembali atap dan pintu’ di fasilitas Dongchang-ri.

Fasilitas Dongchang-ri yang terletak di Provinsi Pyongan Utara, disebut berfungsi sebagai lokasi pengujian mesin dan fasilitas peluncuran rudal khusus untuk rudal-rudal balistik antarbenua (ICBM) yang berbahan bakar cair. Tahun lalu, otoritas Korut mengumumkan bahwa fasilitas itu telah dihancurkan sepenuhnya. Fasilitas Dongchang-ri memiliki dua nama lainnya, yakni Tongchang-ri dan Sohae.
Dugaan Korut mulai memperbaiki fasilitas peluncuran rudal miliknya ini diumumkan NIS saat menyampaikan penjelasan kepada Komisi Intelijen Dewan Nasional Korsel. Ditegaskan juga oleh NIS bahwa ‘informasi yang dimiliki AS sama dengan punya kami’.

Di sisi lain, laporan yang disampaikan NIS ini mengonfirmasi bahwa akhir tahun lalu, Korut menghentikan operasional reaktor 5-megawatt di kompleks nuklir utama yang ada di Yongbyon, sebelah utara Pyongyang. “Dengan tanpa ada tanda-tanda aktivitas pemrosesan ulang di sana,” sebut laporan itu.

Disebutkan juga bahwa terowongan bawah tanah di lokasi uji coba nuklir di Punggye-ri masih ditutup dan tanpa ada perawatan sejak Korut menghancurkannya pada Mei tahun lalu.

Pertemuan pertama antara Kim Jong-Un dan Trump di Singapura pada Juni 2018 menghasilkan kesepakatan untuk melakukan upaya-upaya menuju denuklirisasi Semenanjung Korea. Namun perkembangan menuju denuklirisasi berjalan lamban, terutama karena AS menolak mencabut sanksi-sanksi untuk Korut.

Sejauh ini, Korut telah melakukan beberapa langkah menuju denuklirisasi seperti menangguhkan uji coba rudal dan nuklir, menghancurkan setidaknya satu lokasi uji coba nuklir dan sepakat mengizinkan para pemeriksa internasional untuk mengakses fasilitas pengujian mesin rudal. Namun AS bersikeras bahwa sanksi-sanksi terhadap Korut harus tetap diberlakukan hingga rezim komunis itu membongkar program nuklirnya secara sepenuhnya dan tidak bisa diubah.

Pertemuan kedua yang digelar di Vietnam pada 28 Februari lalu, diharapkan bisa mencapai kesepakatan denuklirisasi dan pencabutan sanksi-sanksi. Namun faktanya, pertemuan berakhir tanpa mencapai kesepakatan, yang menurut Trump, kegagalan pertemuan itu dikarenakan Korut menuntut pencabutan semua sanksi sebagai syarat denuklirisasi.

Namun pemerintah Korut membantah klaim Trump tersebut. Menteri Luar Negeri Korut, Ri Yong-Ho menyatakan bahwa Korut tidak pernah meminta pencabutan semua sanksi, melainkan hanya meminta pencabutan sebagian sanksi.

(nvc/ita)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Benarkah Bukti Kasus Pelecehan Seksual Anak Sengaja Dilenyapkan dari Gereja Katolik?

Liputan6.com, Roma – Seorang Uskup Agung di Munich (Jerman), Kardinal Reinhard Marx, mengatakan kepada 190 pemimpin gereja yang berkumpul di Roma bahwa prosedur untuk menyelidiki dan menghukum para pendeta pedofil sering diabaikan.

“Arsip yang mendokumentasikan perbuatan mengerikan dan mengungkapkan identitas pelaku kejahatan seksual pada anak, telah sengaja dihancurkan, atau bahkan tidak dibuat,” katanya, seperti dikutip dari ABC Indonesia, Minggu (24/2/2019).

Komisi kerajaan Australia menemukan “asas kerahasiaan berlaku” di Gereja Katolik, dan dokumen tentang tuduhan pelecehan seksual anak seringkali tidak disimpan.

Peter Isely, dari Ending Clergy Abuse, mempertanyakan apakah para kardinal telah merujuk para uskup yang menutupi kejahatan ini kepada otoritas sipil. “Mereka telah menghancurkan bukti kejahatan terhadap anak-anak yang diperkosa. Kardinal Marx tahu siapa para pelaku itu,” ucap Isely.

Sementara itu, Vatikan dianggap memiliki berbagai lembaga untuk menyelidiki kejahatan pelecehan seksual anak ini, tetapi Kardinal Marx mengkritik penggunaan “asas rahasia kepausan” dalam beberapa kasus.

“Gereja tidak boleh beroperasi di bawah standar kualitas administrasi peradilan publik, jika tidak ingin menghadapi kritik bahwa gereja memiliki sistem hukum yang lebih rendah yang berbahaya bagi orang-orang,” ungkap Marx.

Sedangkan Uskup Agung di Brisbane, Mark Coleridge, mengklaim bahwa ia mengetahui adanya “penumpukan” kasus yang telah dirujuk ke penyelidik di Vatikan, termasuk beberapa kasus itu berasal dari Australia. “Saya tahu ada sesuatu yang menjadi hambatan … dalam arti saya pikir mereka telah kebanjiran kasus, mereka telah meminta semua kasus ini dilaporkan ke Roma,” akunya.

Salah satu pidato yang paling banyak mendapat perhatian dalam pertemuan Paus tentang perlindungan anak di bawah umur, disampaikan oleh salah satu dari sedikit wanita yang diundang untuk berpartisipasi dalam acara itu.

Suster Veronica Openibo, biarawati dari Nigeria, menegaskan bahwa Gereja Katolik harus bertanggungjawab atas kegagalannya. “Kita harus mengakui bahwa keadaan biasa-biasa saja, kemunafikan, dan rasa puas diri kita telah membawa kita ke tempat yang memalukan dan tidak bermartabat yang kita kenal sebagai gereja,” serunya.

Dia juga mengecam gereja, karena telah berlindung dibalik citra sebagai “penjaga standar moral” ketika kasus-kasus pelecehan seksual anak justru disembunyikan dari muka dunia.

Kisah-kisah tentang wanita yang telah mengalami pelecehan seksual di gereja menjadi terang benderang, termasuk pemerkosaan para biarawati.

Openibo menggarisbawahi bahwa ada “diskriminasi gender dan peran perempuan telah diabaikan di gereja.”

Pada pembukaan KTT itu, seorang wanita tak dikenal asal Afrika menceritakan kisahnya kepada para uskup dan menyampaikan, dia dihamili sebanyak tiga kali oleh seorang pemuka agama yang memperkosanya selama 13 tahun.

“Saya merasa hidup saya hancur,” kenangnya sembari berurai air mata.

Di samping itu, jurnalis veteran Vatikan, Valentina Alazraki, juga berpidato kepada para uskup bahwa media akan terus menjadi “mimpi terburuk” gereja jika mereka tidak segera menangani krisis ini.

“Laporkan hal-hal (pelecehan seksual) ketika Anda mengalaminya. Itu adalah satu-satunya cara, jika Anda ingin masyarakat mempercayai gereja ketika Anda mengatakan ‘mulai sekarang kita tidak akan lagi mentolerir dan menutup-nutupi’,” tegasnya.


Saksikan video pilihan berikut ini:

2 dari 2 halaman

Italia Dinilai Lamban

Berkali-kali selama berlangsungnya KTT Uskup pada akhir pekan ini di Roma, seorang korban pelecehan seksual anak bernama Alessandro Battaglia, mengutarakan kenangannya mengenai kejadian nahas yang dialaminya.

Dia berusia 15 tahun ketika seorang pendeta melecehkannya, dan pria itu baru-baru ini dinyatakan bersalah di pengadilan Italia.

Dari Milan, Alessandro Battaglia datang ke Roma untuk bertemu dengan para penyintas korban pelecehan imam gereja lainnya, untuk memprotes respons gereja terhadap krisis pelecehan seksual di kalangan gereja di Italia.

“Mereka ingin mengutamakan reputasi mereka dibandingkan kehidupan anak-anak. Ini cara hidup para kriminal,” ucapnya.

Pria berusia 23 tahun itu mengatakan, pemerintah Italia lamban untuk mengambil tindakan karena ikatan mendalam Italia dengan Gereja Katolik Roma. “Kondisi penangan kasus ini berbeda di Italia karena kami memiliki Vatikan di sini,” menurutnya.

Di sela-sela pertemuan puncak itu, ratusan umat Katolik datang ke Roma untuk mendesak Paus Fransiskus agar melibatkan lebih banyak orang awam dan perempuan dalam pengambilan keputusan.

Wanita-wanita Amerika dari Gerakan Pekerja Katolik berziarah untuk mendoakan para penyintas, termasuk Claire Schaeffer-Duffy dari Massachusetts.

“Ini adalah isyarat iman sebagai penyintas untuk berada di sini dan mengatakan kepada gereja Anda harus menghadapi ini,” pungkasnya. “Karena jika anda tidak memiliki keyakinan anda tidak akan datang, anda akan mengatakan lupakan mereka bahwa mereka hanya nasib buruk, saya akan pergi.”

Pelesir ke Wilayah Tradisional Jepang di Uchiko Ehime

Liputan6.com, Jakarta – Pelesir ke Prefektur Ehime, Jepang jangan lupa menyambangi kawasan bernama Uchiko. Terletak di bagian barat daya Prefektur Ehime, kawasan ini merupakan wilayah yang masih mempertahankan bangunan bersejarah Jepang.

Pada periode Edo (1603–1867) dan periode Meiji (1868–1912), Uchiko merupakan pusat produksi lilin di Jepang.

Liputan6.com bersama dengan Japan Airlines menyambangi Uchiko beberapa waktu lalu. Kami memasuki jalanan yang diapit rumah bergaya tradisional Jepang.

Sebagian rumah di kawasan ini, memiliki dinding kayu bagian depan yang bisa dibuka dan menjadi kursi. Sedangkan dinding rumah terbuat dari tanah liat yang disebut Okabe.

Tampilan dinding kayu di depan rumah bergaya tradisional di Uchiko, Prefektur Ehime, Jepang yang bisa dijadikan kursi. (Liputan6.com/ Mevi Linawati)

Sementara, di hampir setiap rumah, ada pengait dari besi. Pemandu tur kami, Yamamoto mengatakan, pengait dari besi bertujuan untuk mempermudah saat perbaikan.

Rumah bergaya tradisional di Uchiko, Prefektur Ehime, Jepang. (Liputan6.com/ Mevi Linawati)

Museum Lilin Jepang dan Kediaman Kamihaga

Di kawasan Uchiko ini, wisatawan bisa menyambangi Museum Lilin Jepang dan Kediaman Kamihaga (Japanese Wax Museum and Kamihaga Residence). Keluarga Kamihaga merupakan pembuat lilin dan mengekspornya ke Amerika Serikat dan Eropa. Keluarga inipun kaya raya pada masanya.

Sesuai namanya, museum tersebut merupakan kediaman dari keluarga Kamihaga. Dibuka pukul 09.00-16.30, wisatawan bisa membayar sekitar 500 yen bagi orang dewasa dan 250 yen untuk anak-anak. Rumah Kamihaga ini menjadi aset budaya nasional Jepang.

Museum lilin Jepang dan kediaman Kamihaga (Liputan6.com/ Mevi Linawati)

Di museum, pengunjung bisa melihat potongan tembok tanah liat untuk dinding rumah masa Edo dan Meiji. Pengunjung juga bisa melihat pilar pilar kayu yang menopang rumah.

Lebar pilar rumah bisa mencapai 40 cm dan tinggi 6 meter. Rata-rata pilar rumah terbuat dari pohon pinus.

Peralatan dapur di kediaman Kamihaga (Liputan6.com/ Mevi Linawati)

Pengunjung juga bisa melihat lihat ruangan seperti kamar tidur dengan penghangat tradisional, kamar mandi, dapur, dan ruangan lain.

Tak hanya itu, pengunjung bisa melihat diorama yang menjelaskan tahap tahap pembuatan lilin, alat-alat yang dipakai, proses pengeksporan lilin, hingga proses lobi membahas industri lilin.

Museum lilin Jepang dan kediaman Kamihaga (Liputan6.com/ Mevi Linawati)

Di museum, pengunjung bisa melihat tananam buah beri yang menjadi bahan dasar lilin, lilin batangan, hingga barang barang yang memakai bahan baku lilin seperti crayon dan kosmetik.

Selain itu, di dalam museum terdapat alat-alat yang digunakan untuk membuat lilin.

Museum lilin Jepang dan kediaman Kamihaga (Liputan6.com/ Mevi Linawati)

Produksi lilin di Uchiko mencapai puncak keemasan selama periode Meiji (1868-1912) dan berlanjut hingga periode Taisho (1912-1926). Kala itu, ada 23 pedagang besar lilin di Uchiko.

Diperkirakan, 30 persen produksi lilin di Jepang berasal dari Uchiko. Namun, karena adanya pengganti penerangan lebih murah dan listrik mulai masuk, bisnis lilin mulai ditinggalkan sampai pada 1924. Sekarang, kediaman Kamihaga hanya tersisa fasilitas produksi lilin.

Museum of Commercial and Domestic Life

Gambaran sehari hari masyarakat era Meiji (1868-1912) di Museum of commercial and domestic life. (Liputan6.com/ Mevi Linawati)

Puas mengelilingi Museum Lilin Jepang dan Kediaman Kamihaga, pengunjung bisa menyambangi Museum of Commercial and Domestic Life yang juga berada di kawasan Uchiko.

Gambaran kehidupan sehari hari masyarakat Jepang saat era Meiji (Liputan6.com/ Mevi Linawati)

Bangunan ini merupakan tempat farmasi Sano dari era Meiji (1868-1912). Museum ini buka pukul 09.00-16.30. Untuk masuk dikenai tarif 200 yen untuk dewasa dan 100 yen untuk anak-anak.

Gambaran kehidupan sehari hari masyarakat Jepang saat era Meiji (Liputan6.com/ Mevi Linawati)

Di museum ini, pengunjung bisa melihat kehidupan sehari-hari masyarakat pada era itu lewat manekin seperti saat sedang sarapan. Selain itu, juga bisa melihat kondisi dapur, gudang, hingga bagian toko farmasi.


2 dari 4 halaman

Teater

Teater Uchiko-za merupakan tempat yang harus disambangi bila Anda sedang berada di Kota Tua Uchiko. Ketika sedang tidak ada pertunjukan, pengunjung dapat melihat interior dan melihat lihat bagian belakang panggung.

Teater yang terbuat dari kayu ini dibangun atas dasar kecintaan masyarakat yang memuja seni dan hiburan pada era kemakmuran di kawasan tersebut karena adanya produksi lilin, sutra mentah, dan lainnya. Saat pertanian sedang sepi, berbagai acara ditampilkan di teater ini seperti Kabuki, Bunraku, dan Rakugo.

Teater Uchiko tampak luar (Liputan6.com/ Mevi Linawati)

Teater Uchiko-za ini dibangun pada 1916 yang bertujuan untuk merayakan penobatan Kaisar Taisho. Kapasitas kursi di teater ini bisa mencapai 650.

Struktur utama bangunan terbuat dari kayu. Pada tahun 1970, teater ini terancam dihancurkan karena bangunannya yang lapuk hingga akhirnya dipulihkan.

3 dari 4 halaman

Penduduk Uchiko Masa Kini

Di kawasan Uchiko, masih bisa ditemui toko yang memproduksi dan menjual lilin tradisional. Pembeli bisa melihat langsung proses pembuatan lilin dari balik kaca.

Keluarga Omori yang memiliki toko tersebut mengklaim, kerajinan lilin dari tanaman yang dibuatnya sejak jaman Edo (1603-1867). Sekarang pembuatnya adalah Omor Taro yang merupakan generasi ke-6.

Penjual lilin tradisional Jepang di Uchiko (Liputan6.com/ Mevi Linawati)

Keluarga ini mengaku, dalam satu hari bisa membuat 50 batang lilin ukuran sedang. Sedangkan ukuran kecil bisa membuat 200 batang per hari. Lilin ukuran sedang bisa bertahan sampai 2,5. 

Penjual lilin tradisional Jepang di Uchiko (Liputan6.com/ Mevi Linawati)

Sementara itu, Yuzo Yoshino dari International Affairs Division Economic and Labor Departmen Ehime Prefectural Goverment menjelaskan, masyarakat di Uchiko sekarang ini, sudah tidak memproduksi lilin lagi.

Jalanan di kawasan Uchiko (Liputan6.com/ Mevi Linawati)

Rata-rata dari mereka, berdagang dengan membuka toko di depan rumah, petani atau bekerja di tempat lain. 

“Kebanyakan warga yang tinggal di Uchiko bekerja sebagai petani,” kata dia. Tempat ini, imbuh dia, dibuka untuk umum pada 20 atau 30 tahun lalu.

4 dari 4 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Top 3 News: Gunung Bromo Waspada, Area Steril 1 Km dari Kawah

Liputan6.com, Jakarta – Top 3 news hari ini, Gunung Bromo di Jawa Timur dilaporkan mengalami erupsi, Selasa (19/2/2019), pukul 06.00 WIB. Ketinggian kolom abu teramati kurang lebih 600 meter di atas puncak Gunung Bromo atau sekitar 2.929 m di atas permukaan laut.

Peristiwa tersebut membuat pihak Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) meningkatkan status Gunung Bromo pada Level II atau waspada.

Meski dalam dua hari ini Gunung Bromo kerap mengeluarkan abu vulkanik, Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru John Kenedie menyebut kondisi masih terbilang kondusif.

Sementara itu, ledakan besar mengejutkan warga sekitar Pasar Sampang, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Selasa pagi. Belakangan terungkap ledakan tersebut dari benda diduga bom di dalam pasar yang memang sengaja dihancurkan Polda Jatim.

Debat capres kedua yang baru saja selesai digelar, Minggu, 17 Februari kemarin, kini masih menjadi perbincangan hangat. Pascadebat, jagad maya dihebohkan dengan alat bantu komunikasi atau wireless earphone yang diduga dipakai cawapres nomor urut 1, Joko Widodo atau Jokowi saat ada gagasan serta visi misi untuk merebut suara rakyat di Pilpres 2019.

Apa sikap Jokowi terkait tudingan tersebut? Dia menilai tudingan tersebut merupakan fitnah yang tak bermutu.

Berikut berita terpopuler di kanal News Liputan6.com, sepanjang Selasa, 19 Februari 2019:

2 dari 5 halaman

1. Gunung Bromo Erupsi, PVMBG Tingkatkan Status Waspada

Gunung Bromo di Jawa Timur erupsi. Peristiwa alam ini terjadi pada pukul 06.00 WIB, Selasa 19 Februari 2019.

“Tinggi kolom abu teramati kurang lebih 600 meter di atas puncak (± 2.929 m di atas permukaan laut),” ujar Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Kasbani, dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Selasa (19/2/2019).

Kolom abu, beber Kasbani, terlihat warna putih hingga coklat dengan intensitas tipis, sedang, hingga tebal Condong ke timur laut.

Akibat peristiwa tersebut, PVMBG meningkatkan status Gunung Bromo pada Level II atau waspada.


Selengkapnya…

3 dari 5 halaman

2. Ledakan Terdengar di Pasar Sampang Cilacap

Suara ledakan terdengar di Pasar Sampang di Kabupaten Cilacap, Selasa (19/2/2019). Suara ledakan yang terdengar sekitar pukul 09.21 WIB itu mengagetkan warga.

Kepala Sub Bagian Humas Polres Cilacap, AKP Bintoro Wasono, membenarkan kejadian tersebut. Belakangan dilaporkan kuatnya ledakan dari benda diduga bom yang sengaja dihancurkan tim gegana dari Polda Jateng. 

Polres Cilacap dan sejumlah personel ke Pasar Sampang langsung diturunkan ke TKP untuk melakukan pengecekan sumber ledakan dan sterilisasi lokasi.


Selengkapnya…

4 dari 5 halaman

3. Tudingan Tanpa Bukti Jokowi Pakai Alat Bantu Komunikasi

Jagad maya tiba-tiba heboh pascadebat kedua Pilpres 2019 yang digelar pada Minggu 17 Februari 2019. Lantaran, calon presiden Joko Widodo atau Jokowi dituding menggunakan alat bantu komunikasi atau wireless earphone dalam debat capresmenghadapi Prabowo Subianto. 

Tudingan tersebut muncul di akun facebook. Si pengguna memajang foto Jokowi yang tengah menekan telinga dan memencet pulpen.

Sisa depat capres, meninggalkan tanda tanya. BPN (Badan Pemenangan Nasional) harusnya memeriksa telinga Jokowi, ada earphone atau tidak, jika ada, patut dipertanyakan untuk apa itu earphone, cek juga pulpen yang dipegang Jokowi,” tulis si pengguna.

Dalam keterangan foto juga tertulis: “Ada apa di kuping? Ada wireless earphone? Apa yang sedang didengarkan? Mendengarkan arahan? atau mendengarkan rekaman jawaban?”  

Apa tanggapan Jokowi?


Selengkapnya…

5 dari 5 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Sejarah Andrey Dolgov yang 10 Tahun Maling Ikan dan Dibekuk di RI

Jakarta – Kapal raksasa pencuri ikan ditangkap di perairan selat Malaka. Kapal maling ikan yang sudah beraksi selama 10 tahun menjarah ikan di lautan dunia ini akhirnya ditekuk di Indonesia.

Bagaimana sejarah kapal bernama Andrey Dolgov ini?

Mengutip BBC.com, Selasa (19/2/2019). Andrey Dolgov awalnya bukan kapal penangkap ikan ilegal. Kapal yang dibangun pada tahun 1985 ini memiliki panjang 54 meter (178ft). Awalnya, kapal ini dibangun sebagai kapal nelayan tuna longline di galangan kapal Kanasashi Zosen di pelabuhan Shimizu, Jepang.

Kapal berkapasitas 570 ton ini berlayar sebagai Shinsei Maru No 2 selama bertahun-tahun di bawah bendera Jepang. Wilayah pengoperasiannya di Pasifik dan Samudera Hinda untuk perusahaan makanan laut Jepang Maruha Nichiro Corporation.
Kemudian setalah tahun 1995, kapal tersebut telah berpindah tangan beberapa kali yang pada akhirnya berlayar di bawah bendera Filipina sebagai Sun Tai 2 hingga sekitar 2008 ketika bergabung dengan armada perikanan Republik Korea.

Di antara tahun 2008 dan 2015, kapal itu telah disiapkan kembali sebagai perahu penangkap ikan di Antartika, yang mampu beroperasi di Samudera Selatan yang liar dan mampu menyimpan ikan untuk waktu yang lama di atas kapal.

Pada akhirnya, kapal tersebut dicurigai telah menangkap ikan secara ilegal selama 10 tahun, kapal itu mencuri perhatian pihak berwenang internasional pada Oktober 2016, ketika para pejabat China menemukannya sedang berusaha membongkar muatan ikan yang telah ditangkap secara ilegal.

Sekarang kapal itu disebut Andrey Dolgov dan mengibarkan bendera Kamboja, dioperasikan oleh perusahaan yang terdaftar di Belize. Setahun sebelumnya telah difoto di lepas pantai Punta Arena, di ujung selatan wilayah Patagonian Chili, menunjukkan telah memancing di Samudra Selatan.

Pada Januari 2017 kapal telah berganti nama menjadi Sea Breez 1 di bawah bendera Togo. Kapal ini berpindah dari pelabuhan satu ke pelabuhan lainnya dengan dokumen palsu, setidaknya ada beberapa bendera yang digunakan oleh kapal itu, antara lain Nigeria dan Bolivia.

Akhirnya, pada bulan Februari 2018, pihak berwenang menangkap Andrey Dolgov lagi di sebuah pelabuhan di Madagaskar ketika kapten kapal yang mengaku sebagai STS-50 memberikan nomor Organisasi Kelautan Internasional palsu.

Pada akhirnya ada misi di seluruh dunia untuk menangkap Kapal Andrey Dolgov. Penangkapan pun dilakukan di Indonesia. Di bawah kepemimpinan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti yang telah menyita dan menghancurkan 488 kapal penangkap ikal ilegal sejak 2014. Kapal tersebut berhasil ditangkap di Selat Malaka, pastinya di jalur pelayaran utama antara Semenanjung Melayu dan Pulau Sumatera.

Dari total kapal yang berhasil dihancurkan ada kapal pemburu ikan hiu antartika lainnya, yaitu F/V Viking merupakan yang terakhir dari kelompok kriminal internasional yang terkenal, kapal penangkap ikan yang dikenal sebagai Bandit Six, beroperasi ilegal di Samudera Selatan, ribuan mil dari perairan Indonesia.

Saksikan juga video ‘Inilah Alasan Kenapa Kapal Maling Ikan Harus Ditenggelamkan!’:

[Gambas:Video 20detik]

(hek/zlf)

Honda Bakal Tutup Pabrik di Inggris, 3.500 Pekerja Terancam PHK?

Liputan6.com, Jakarta Produsen mobil asal Jepang, Honda berencana menutup satu-satunya pabrik mobil di Inggris pada 2022 dengan hilangnya 3.500 pekerjaan. Ini merupakan dalam pukulan terbaru ke industri mobil Inggris seiring dengan Inggris yang mempersiapkan diri meninggalkan Uni Eropa (Brexit).

Honda membangun lebih dari 160.000 kendaraan di pabrik Swindon di Inggris selatan tahun lalu, di mana Honda membuat model Civic dan CV-R, yang menyumbang sedikit lebih dari 10 persen dari total produksi Inggris sebesar 1,52 juta mobil.

Tetapi setelah berjuang di Eropa dalam beberapa tahun terakhir, dan industri menghadapi sejumlah tantangan termasuk penurunan permintaan mobil diesel dan peraturan yang lebih ketat di samping ketidakpastian atas kepergian Inggris dari Uni Eropa, yang dijadwalkan bulan depan.

Justin Tomlinson, seorang anggota parlemen untuk Swindon yang memilih Brexit pada 2016, mengatakan dia telah bertemu dengan menteri bisnis dan perwakilan dari Honda yang telah mengkonfirmasi rencana tersebut.

“Mereka akan membuat pernyataan besok pagi,” Tomlinson, anggota parlemen untuk North Swindon kepada Reuters. “Ini tidak terkait Brexit. Ini adalah cerminan dari pasar global. Mereka berusaha untuk mengkonsolidasikan produksi di Jepang,” lanjutnya.

Honda mengatakan tidak akan memberikan komentar tentang “spekulasi” tersebut. “Kami menganggap tanggung jawab dengan para pekerja sangat serius dan akan selalu mengkomunikasikan berbagai kabar dengan mereka [para pekerja] terlebih dahulu,” ujar pernyataan manajemen Honda.

Jepang telah berulang kali memperingatkan akan menarik investasi di Inggris, yang dipandang sebagai pintu gerbang ke Eropa, jika London tidak mengamankan kesepakatan Brexit yang menguntungkan untuk perdagangan.

Perjanjian perdagangan UE-Jepang yang disepakati baru-baru ini berarti tarif mobil dari Jepang ke benua Eropa akan dihapuskan, sementara Inggris sedang berjuang untuk membuat kemajuan dalam pembicaraan mengenai hubungan perdagangan pasca-Brexit dengan Tokyo.

2 dari 2 halaman

Nissan Batal Bangun Pabrik

Pengumuman Honda ini hanya dua minggu berselang setelah produsen mobil saingan Jepang Nissan membatalkan rencana untuk membangun kendaraan sport X-Trail di Inggris.

“Industri mobil di Inggris selama dua dekade terakhir telah menjadi permata di mahkota untuk sektor manufaktur – dan sekarang telah dihancurkan oleh ketidakpastian Brexit yang kacau,” kata Des Quinn, pejabat nasional untuk sektor otomotif di Inggris.

Honda mengatakan bulan lalu bahwa mereka akan menghentikan operasi di Inggris selama enam hari pada bulan April untuk membantu mengatasi gangguan perbatasan dari Brexit.

Nissan, Honda, dan pembuat mobil Jepang ketiga, Toyota, bersama-sama menyumbang sekitar setengah dari mobil yang dibuat di Inggris. Honda, yang telah membangun lebih banyak mobil untuk dijual di luar Eropa dalam beberapa tahun terakhir, mengatakan awal bulan ini volume produksinya di Swindon akan dikurangi menjadi 570 mobil per hari dan akan melakukan pengurangan pekerjaan.

“Pengurangan volume ini tidak akan berdampak pada tingkat sumber daya permanen kami, dan sejalan dengan rencana produksi kami saat ini,” kata perusahaan.

Kisah Jokdri: Jadi Plt Ketum PSSI, Kini Tersangka Perusakan Bukti

Jakarta – Plt Ketua Umum PSSI Joko Driyono akan diperiksa sebagai tersangka kasus perusakan barang bukti terkait dugaan pengaturan skor hari ini. Pemeriksaan Joko akan digelar di Mapolda Metro Jaya.

“Dalam rangka pemeriksaan yang bersangkutan, selanjutnya pada hari Jumat kemarin dari Satgas Anti Mafia Bola melayangkan surat panggilan pada saudara J untuk dimintai keterangan dengan status sebagai tersangka hari Senin besok,” ujar Kabiro Penerangan Masyarakat (Penmas) Divisi Humas Polri, Brigjen Dedi Prasetyo, dalam jumpa pers di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Sabtu (16/2/2019).

Nama Joko memang tak asing di internal PSSI. Pria yang juga dikenal dengan panggilan Jokdri itu sempat menjabat sebagai Sekretaris Jenderal PSSI sebelum akhirnya didapuk sebagai Plt Ketum PSSI menggantikan Edy Rahmayadi.

Jabatan Ketum PSSI didapat Jokdri bisa dibilang dengan ‘cuma-cuma’. Pasalnya, jabatan itu didapat setelah Edy memutuskan mundur pada kongres PSSI di Bali beberapa waktu lalu.

Laporan dugaan pengaturan skor di Liga 2 ternyata menjadi momok bagi Jokdri. Sebab, berawal dari kasus itulah status tersangka kasus perusakan barang bukti kini berada di pundaknya.

Penetapan status tersangka kepada Jokdri merupakan tindak lanjut dari serangkaian penggeledahan yang dilakukan Satgas Anti Mafia Bola. Namanya mulai terseret saat penyidik menemukan ada sejumlah dokumen yang sengaja dihancurkan menggunakan mesin. Dokumen yang diketahui merupakan data keuangan Persija Jakarta itu ditemukan penyidik saat menggeledah kantor PT Liga Indonesia.

“Terkait dengan dokumen keuangan dari Persija. Itu hasil keterangan dari para saksi. Tentang apa itu, kita dalami lagi,” kata Kabag Penum Divisi Humas Polri, Kombes Syahar Diantono, di Universitas Indonesia, Senin (4/2/2019).

Penyidik Satgas Anti Mafia Bola lalu menetapkan tiga tersangka perusakan barang bukti itu. Dari tersangka, polisi mendapatkan kesaksian bahwa Jokdri yang memerintahkan untuk menghancurkan dokumen tersebut.

Penyidik lalu melakukan serangkaian penggeledahan salah satunya di apartemen Jokdri yang berada di Apartemen Taman Rasuna Tower 9 lantai 18 di Setiabudi, Jakarta Selatan pada Kamis (14/2). Dari penggeledahan tersebut penyidik menyita sejumlah barang bukti.

“Yang disita banyak, ada banyak buku tabungan ada kartu kredit dan sejumlah uang,” kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo saat dihubungi detikcom, Jumat (15/2).

Ternyata, saat menggeledah apartemen tersebut status Jokdri sudah tersangka. Jokdri dijerat dengan Pasal 363 KUHP dan/atau Pasal 265 KUHP dan/atau Pasal 233 KUHP. Pasal-pasal tersebut pada intinya mengenai tindakan pencurian dengan pemberatan atau perusakan barang bukti yang telah terpasang police line.

“Perusakan barang bukti,” ujar Ketua Tim Media Satgas Antimafia Bola Kombes Argo Yuwono saat dimintai konfirmasi, Jumat (15/2).
(zak/fai)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Tunjukkan Barang Bukti dari Kediaman Joko Driyono, Satgas Bawa Rp 300 Juta

JakartaSatgas Anti Mafia Bola telah menetapkan Plt Ketua umum PSSI, Joko Driyono, sebagai tersangka. Satgas menemukan uang sebesar Rp 300 juta dari penggeledahan yang dilakukan di kediaman Jokdri.

Dalam sesi konferensi pers di Mabes Polri pada Sabtu (16/2), Satgas menunjukkan barang bukti yang diangkut dari apartemen Joko di Rasuna, Kuningan pada Kamis (14/2/2019) malam. Di antaranya, bukti transfer dan uang tunai sebesar Rp 300 juta.

“Banyak sekali. Ada yg sampai Rp 500 juta bukti transfer, Rp 300 juta uang cash, saat ini belum bisa dijelaskan karena saat ini masih dipelajari Kombes Royke Kasub Satgas Gakum,” kata Hendro Pandowo Ketua Satgas Anti Mafia Bola.

Hendro juga menjelaskan penetapan Joko sebagai tersangka masih berkaitan dengan laporan Manajer Persibara Banjarnegara, Lasmi Indriyani. Pria asal Ngawi itu berupaya menghancurkan data-data yang dibutuhkan Satgas.
“Ada kaitannya, semua bukti yang dihancurkan itu adalah data-data yang dibutuhkan oleh penyidik Satgas Anti Mafia untuk mengungkapkan membongkar terjadinya pengaturan skor yang didalami saat ini. Kami awalnya laporan dari laporan polisi bu Lasmi,” kata Hendro.

Hendro menambahkan dari penemuan bukti-bukti tersebut tak menutup kemungkinan muncul tersangka baru.

“Iya kami saat ini sedang pelajari aliran dana yang saat ini sudah ada di tangan penyidik, bisa muncul tersangka baru, bisa muncul laporan polisi baru,” katanya.

Joko terancam tindak pidana pencurian dengan pemberatan dan/atau memasuki dengan cara membongkar, merusak atau menghancurkan barang bukti yang telah terpasang garis polisi oleh penguasa umum. Hal itu berdasarkan pasal 363 KUHP dan/atau pasal 265 KUHP dan/atau pasal 233 KUHP dengan ancaman penjara 2 tahun 8 bulan dan empat tahun.

(ads/fem)

Kebakaran di Pulau Tasmania Ancam Hancurkan Hutan Purba dan Tanaman Langka

Liputan6.com, Hobart – Hutan hujan purba dan spesies flora alpine yang langka, dua-duanya berlokasi di Pulau Tasmania, menghadapi masa depan suram, menyusul meluasnya kebakaran semak liar di negara bagian paling selatan di Australia itu.

Meski cuaca yang lebih basah –dan berpotensi turun salju– mendorong pihak berwenang menurunkan kondisi darurat, namun para ilmuwan tetap memperingatkan tentang risiko kerusakan lingkungan alam yang unik di pulau itu.

Dikutip dari The Straits Times pada Jumat (15/2/2019), kebakaran itu telah menghanguskan lebih dari 205.000 hektar lahan di wilayah barat daya, barat, dan pusat Pulau Tasmania, yang menurut ilmuwan, dipicu oleh perubahan iklim.

Sebagian besar hutan eukaliptus asli telah beradaptasi dengan kebakaran yang sering terjadi, tetapi Tasmania adalah kawasan lindung bagi spesies purba, yang keberadaannya sudah ada sejak jutaan tahun lalu ketika Australia menjadi bagian dari benua super Gondwana.

Terletak di Tasmanian Wilderness World Heritage Area, spesies ini lebih terbiasa dengan zaman es daripada kebakaran hutan, di mana komposisinya termasuk pinus pensil yang tumbuh lambat, pinus raja billy, dan tanaman bantal.

“Mereka membutuhkan lingkungan dingin, sangat basah dan tahan api,” kata David Bowman, Profesor Biologi Perubahan Lingkungan di University of Tasmania, kepada AFP, setelah melakukan perjalanan untuk memeriksa hutan belantara yang terbakar.

“Ini seperti taman bonsai yang mengamuk,” katanya menggambarkan spesies terkait.

“Beberapa batang pinus pensil ini berusia 1.000 tahun, tetapi mereka hasil kloning, jadi mereka sudah ada di sana selama 10.000 tahun,” lanjut Bowman.


Simak video pilihan berikut: 

2 dari 2 halaman

Perubahan Iklim Dituding Sebagai Pemicu

Sementara para ilmuwan tetap berharap hutan hujan bersifat cukup basah untuk menghalau kerusakan akibat kebakaran terburuk, model-model iklim menunjukkan kecenderungan pengeringan yang lebih besar di Tasmania barat.

Selain itu, terjadi pula peningkatan badai petir kering yang bertanggung jawab atas kebakaran baru-baru ini.

Nick Earl, rekan peneliti di University of Tasmania, memperingatkan dalam sebuah makalah baru-baru ini bahwa perubahan iklim dapat secara permanen mengubah kelayakan ekosistem tersebut.

“Beberapa daerah di pantai barat Tasmania dulunya memiliki risiko yang sangat kecil, atau sangat kecil terhadap kemungkinan kebakaran hutan, karena selalu dalam kondisi lembab,” catat mereka.

“Spesies endemik seperti Pinus Pensil, Huon Pine dan Deciduous Beech dapat dihancurkan oleh satu api, ini sangat mengkhawatirkan,” lanjutnya.

Risiko ini telah mendorong seruan agar lebih banyak sumber daya tersedia bagi pemadam kebakaran di daerah terpencil, dalam upaya menjaga ekosistem yang tak tergantikan.

“Pinus pensil benar-benar setara dengan harimau Tasmania atau Setan Tasmania (Tasmanian Devil),” kata Bowman. “Ini adalah urusan serius bagi kita secara budaya.”

Formasi: Menanti Drama Fase Gugur Liga Champions 2018/19

Liputan6.com, Jakarta Sebanyak 16 tim terbaik Eropa akan tampil pada fase gugur Liga Champions 2018/19. Hasil di leg pertama bakal menentukan langkah masing-masing tim menuju babak berikutnya. 

Babak 16 besar Liga Champions musim ini bakal dimulai, Rabu, 13 Februari 2019 dinihari WIB. Di hari pertama, Manchester United bakal menjamu Paris Saint Germain (PSG) di Old Trafford. Sementara AS Roma bakal bertemu wakil Portugal, FC Porto di Stadio Olimpico.  

Ini jadi ujian perdana MU bersama Solskjaer di ajang Liga Champions. Kecerdikan pelatih asal Norwegia itu kembali diuji setelah sukses menorehkan 10 kemenangan dari 11 laga. 

Seperti diketahui, performa MU mencuri perhatian sejak ditinggal Jose Mourinho akhir tahun lalu. Kehadiran Solskjaer yang ditunjuk sebagai manajer sementara mengubah Setan Merah menjadi tim yang belum terkalahkan. Bahkan kemenangan demi kemenangan yang ditorehkan membawa MU ke posisi empat klasemen sementara Liga Inggris musim ini. 

MU mulai melewati rival-rival terkuat seperti Chelsea yang kini terpaut 1 poin. The Blues harus rela tergusur setelah tim besutan Maurizzio Sarri itu dihancurkan Manchester City 0-6. MU melambung setelah sehari sebelumnya berhasil mengalahkan Fulham dengan skor 3-0. 

Performa gemilang MU bersama Solskjaer kini mendapat ujian di level yang lebih tinggi. Mental bertanding para pemain bakal kembali diuji saat menjamu PSG di Old Trafford. Hanya saja, Solskjaer harus memutar otak mengingat laga berat lain juga menanti Setan Merah. 

Rotasi pemain pun jadi pilihan terbaik Solskjaer. Sejumlah pemain disimpan saat MU bertemu Fulham. Marcus Rashford yang kembali bersinar disimpan dalam duel ini. Begitu juga dengan bek tangguh, Victor Lindelof. Mereka diharapkan bisa pulih saat bertemu PSG. 

“Ada beberapa ketidaknyaman, Marcus Rashford mengalami keram saat melawan Leicester City. Kami tidak ingin mengambil risiko,” kata Solskjaer. 

“Di belakang, Victor Lindelof memang cedera. Tapi tidak terlalu mengkhawatirkan. Keduanya seharusnya baik-baik saja untuk hari Selasa,” ujar mantan pemain MU tersebut. 






2 dari 4 halaman

Tanpa Neymar

Meski demikian, tuan rumah setidaknya bisa bernafas lega. Pasalnya, tim lawan datang dalam kondisi compang-camping. Les Parisien harus kehilangan striker andalannya Neymar. Pemain asal Brasil itu dipastikan absen melawan MU karena mengalami cedera cukup parah. 

Neymar menderita cedera metatarsal saat PSG bertanding melawan Strasbourg pada ajang Coupe de France beberapa waktu lalu. Kondisi mantan pemain Santos itu bertambah buruk karena cedera tersebut berada di tempat yang membuatnya absen 4 bulan musim lalu. 

Kehilangan Neymar tentu saja jadi pukulan telak bagi PSG. Sebab, pemain yang diboyong dari Barcelona itu merupakan salah satu mesin gol Les Parisien. Musim ini saja, Neymar sudah mengemas 20 gol dalam 23 penampilan bersama PSG di semua kompetisi. 

“Sekarang, ini waktu yang sulit bagi kami karena Ney (Neymar) cedera. Bagi kami, Ney adalah pemain yang sangat penting, karena dia telah melakukan hal-hal luar biasa untuk tim selama tiga bulan terakhir,” kata kiper PSG, Gianluigi Buffon seperti dilansir Four Four Two.

Beban pelatih PSG, Thomas Tuche, semakin bertambah setelah penyerang lain, Edinson Cavani juga dipastikan absen saat bertemu MU. Pemain asal Uruguay itu mengalami cedera panggul saat PSG mengalahkan Girondins de Bordeaux, Sabtu lalu. Diagnosa dokter usai pertandingan juga menunjukkan hasil yang kurang baik. Mantan pemain Napoli tersebut ternyata  mengalami otot paha kanan yang memaksanya absen hingga bulan depan.

Selain Neymar dan Cavani, PSG juga terancam tanpa bek andalannya, Thomas Meunier. Posisi pemain asal Belgia tersebut mengalami gegar otak ringan usai bertabrakan dengan rekannya, François Kamano saat latihan kemarin. Posisinya lalu digantikan Colin Dagba. 

Menurut Solskjaer, absennya pemain-pemain hebat bakal mengurangi bobot duel MU vs PSG. “Saat Anda bertemu tim hebat, Anda ingin bertarung melawan para pemain. Publik ingin melihat pemain-pemain terbaik. Sangat mengecewakan bagi Old Trafford,” katanya.

Tanpa pemain bintang, pertandingan menurut Solskjaer bakal terasa hambar. Sebab kehadiran pemain-pemain hebat juga memberikan semangat tambahan bagi pemain. 

 “Saya sudah beberapa kali bermain saat kami bertemu Real Madrid dan Ronaldo dan Figo dan semua yang pernah ke Old Trafford.  Ini memberikan semangat tambahan,” katanya. 



3 dari 4 halaman

Kiprah Pemain Debutan

Sementara itu, babak 16 besar Liga Champions 2018/19 bakal jadi panggung bagi sejumlah pemain baru. Sebab seluruh kontestan tidak melewatkan kesempatan untuk memasukkan 3 nama baru sesuai aturan UEFA untuk memperbesar peluang meraih gelar juara.  

Satu nama yang mencuri perhatian adalah Arlvaro Morata yang akan memperkuat Atletico Madrid. Pemain asal Spanyol tersebut baru saja diboyong dari Chelsea dan langsung didaftarkan untuk tampil pada babak 16 besar. (Ikuti berita lengkapnya di sini). 

Liverpool juga memanfaatkan kesempatan ini untuk memasukkan nama Alex Oxlade Chamberlain setelah sempat absen selama setengah musim akibat cedera. Sedangkan Barcelona memasukkan nama Kevin Prince Boateng yang baru dipinjam dari Sassuolo.



4 dari 4 halaman

Jadwal Leg 1

13 Februari 2019

Manchester United vs PSG

AS Roma vs FC Porto


14 Februari 2019

Tottenham Hotspur vs Borussia Dortmund

Ajax Amsterdam vs Real Madrid


20 Februari 2019

Olympique Lyonnais vs Barcelona

Liverpool vs Bayern Munchen


21 Ferbruari 2019

Schalke 04 vs Manchester City

Atletico Madrid vs Juventus


Saksikan juga video menarik di bawah ini: