Tunjukkan Barang Bukti dari Kediaman Joko Driyono, Satgas Bawa Rp 300 Juta

JakartaSatgas Anti Mafia Bola telah menetapkan Plt Ketua umum PSSI, Joko Driyono, sebagai tersangka. Satgas menemukan uang sebesar Rp 300 juta dari penggeledahan yang dilakukan di kediaman Jokdri.

Dalam sesi konferensi pers di Mabes Polri pada Sabtu (16/2), Satgas menunjukkan barang bukti yang diangkut dari apartemen Joko di Rasuna, Kuningan pada Kamis (14/2/2019) malam. Di antaranya, bukti transfer dan uang tunai sebesar Rp 300 juta.

“Banyak sekali. Ada yg sampai Rp 500 juta bukti transfer, Rp 300 juta uang cash, saat ini belum bisa dijelaskan karena saat ini masih dipelajari Kombes Royke Kasub Satgas Gakum,” kata Hendro Pandowo Ketua Satgas Anti Mafia Bola.

Hendro juga menjelaskan penetapan Joko sebagai tersangka masih berkaitan dengan laporan Manajer Persibara Banjarnegara, Lasmi Indriyani. Pria asal Ngawi itu berupaya menghancurkan data-data yang dibutuhkan Satgas.
“Ada kaitannya, semua bukti yang dihancurkan itu adalah data-data yang dibutuhkan oleh penyidik Satgas Anti Mafia untuk mengungkapkan membongkar terjadinya pengaturan skor yang didalami saat ini. Kami awalnya laporan dari laporan polisi bu Lasmi,” kata Hendro.

Hendro menambahkan dari penemuan bukti-bukti tersebut tak menutup kemungkinan muncul tersangka baru.

“Iya kami saat ini sedang pelajari aliran dana yang saat ini sudah ada di tangan penyidik, bisa muncul tersangka baru, bisa muncul laporan polisi baru,” katanya.

Joko terancam tindak pidana pencurian dengan pemberatan dan/atau memasuki dengan cara membongkar, merusak atau menghancurkan barang bukti yang telah terpasang garis polisi oleh penguasa umum. Hal itu berdasarkan pasal 363 KUHP dan/atau pasal 265 KUHP dan/atau pasal 233 KUHP dengan ancaman penjara 2 tahun 8 bulan dan empat tahun.

(ads/fem)

Kebakaran di Pulau Tasmania Ancam Hancurkan Hutan Purba dan Tanaman Langka

Liputan6.com, Hobart – Hutan hujan purba dan spesies flora alpine yang langka, dua-duanya berlokasi di Pulau Tasmania, menghadapi masa depan suram, menyusul meluasnya kebakaran semak liar di negara bagian paling selatan di Australia itu.

Meski cuaca yang lebih basah –dan berpotensi turun salju– mendorong pihak berwenang menurunkan kondisi darurat, namun para ilmuwan tetap memperingatkan tentang risiko kerusakan lingkungan alam yang unik di pulau itu.

Dikutip dari The Straits Times pada Jumat (15/2/2019), kebakaran itu telah menghanguskan lebih dari 205.000 hektar lahan di wilayah barat daya, barat, dan pusat Pulau Tasmania, yang menurut ilmuwan, dipicu oleh perubahan iklim.

Sebagian besar hutan eukaliptus asli telah beradaptasi dengan kebakaran yang sering terjadi, tetapi Tasmania adalah kawasan lindung bagi spesies purba, yang keberadaannya sudah ada sejak jutaan tahun lalu ketika Australia menjadi bagian dari benua super Gondwana.

Terletak di Tasmanian Wilderness World Heritage Area, spesies ini lebih terbiasa dengan zaman es daripada kebakaran hutan, di mana komposisinya termasuk pinus pensil yang tumbuh lambat, pinus raja billy, dan tanaman bantal.

“Mereka membutuhkan lingkungan dingin, sangat basah dan tahan api,” kata David Bowman, Profesor Biologi Perubahan Lingkungan di University of Tasmania, kepada AFP, setelah melakukan perjalanan untuk memeriksa hutan belantara yang terbakar.

“Ini seperti taman bonsai yang mengamuk,” katanya menggambarkan spesies terkait.

“Beberapa batang pinus pensil ini berusia 1.000 tahun, tetapi mereka hasil kloning, jadi mereka sudah ada di sana selama 10.000 tahun,” lanjut Bowman.


Simak video pilihan berikut: 

2 dari 2 halaman

Perubahan Iklim Dituding Sebagai Pemicu

Sementara para ilmuwan tetap berharap hutan hujan bersifat cukup basah untuk menghalau kerusakan akibat kebakaran terburuk, model-model iklim menunjukkan kecenderungan pengeringan yang lebih besar di Tasmania barat.

Selain itu, terjadi pula peningkatan badai petir kering yang bertanggung jawab atas kebakaran baru-baru ini.

Nick Earl, rekan peneliti di University of Tasmania, memperingatkan dalam sebuah makalah baru-baru ini bahwa perubahan iklim dapat secara permanen mengubah kelayakan ekosistem tersebut.

“Beberapa daerah di pantai barat Tasmania dulunya memiliki risiko yang sangat kecil, atau sangat kecil terhadap kemungkinan kebakaran hutan, karena selalu dalam kondisi lembab,” catat mereka.

“Spesies endemik seperti Pinus Pensil, Huon Pine dan Deciduous Beech dapat dihancurkan oleh satu api, ini sangat mengkhawatirkan,” lanjutnya.

Risiko ini telah mendorong seruan agar lebih banyak sumber daya tersedia bagi pemadam kebakaran di daerah terpencil, dalam upaya menjaga ekosistem yang tak tergantikan.

“Pinus pensil benar-benar setara dengan harimau Tasmania atau Setan Tasmania (Tasmanian Devil),” kata Bowman. “Ini adalah urusan serius bagi kita secara budaya.”

Formasi: Menanti Drama Fase Gugur Liga Champions 2018/19

Liputan6.com, Jakarta Sebanyak 16 tim terbaik Eropa akan tampil pada fase gugur Liga Champions 2018/19. Hasil di leg pertama bakal menentukan langkah masing-masing tim menuju babak berikutnya. 

Babak 16 besar Liga Champions musim ini bakal dimulai, Rabu, 13 Februari 2019 dinihari WIB. Di hari pertama, Manchester United bakal menjamu Paris Saint Germain (PSG) di Old Trafford. Sementara AS Roma bakal bertemu wakil Portugal, FC Porto di Stadio Olimpico.  

Ini jadi ujian perdana MU bersama Solskjaer di ajang Liga Champions. Kecerdikan pelatih asal Norwegia itu kembali diuji setelah sukses menorehkan 10 kemenangan dari 11 laga. 

Seperti diketahui, performa MU mencuri perhatian sejak ditinggal Jose Mourinho akhir tahun lalu. Kehadiran Solskjaer yang ditunjuk sebagai manajer sementara mengubah Setan Merah menjadi tim yang belum terkalahkan. Bahkan kemenangan demi kemenangan yang ditorehkan membawa MU ke posisi empat klasemen sementara Liga Inggris musim ini. 

MU mulai melewati rival-rival terkuat seperti Chelsea yang kini terpaut 1 poin. The Blues harus rela tergusur setelah tim besutan Maurizzio Sarri itu dihancurkan Manchester City 0-6. MU melambung setelah sehari sebelumnya berhasil mengalahkan Fulham dengan skor 3-0. 

Performa gemilang MU bersama Solskjaer kini mendapat ujian di level yang lebih tinggi. Mental bertanding para pemain bakal kembali diuji saat menjamu PSG di Old Trafford. Hanya saja, Solskjaer harus memutar otak mengingat laga berat lain juga menanti Setan Merah. 

Rotasi pemain pun jadi pilihan terbaik Solskjaer. Sejumlah pemain disimpan saat MU bertemu Fulham. Marcus Rashford yang kembali bersinar disimpan dalam duel ini. Begitu juga dengan bek tangguh, Victor Lindelof. Mereka diharapkan bisa pulih saat bertemu PSG. 

“Ada beberapa ketidaknyaman, Marcus Rashford mengalami keram saat melawan Leicester City. Kami tidak ingin mengambil risiko,” kata Solskjaer. 

“Di belakang, Victor Lindelof memang cedera. Tapi tidak terlalu mengkhawatirkan. Keduanya seharusnya baik-baik saja untuk hari Selasa,” ujar mantan pemain MU tersebut. 






2 dari 4 halaman

Tanpa Neymar

Meski demikian, tuan rumah setidaknya bisa bernafas lega. Pasalnya, tim lawan datang dalam kondisi compang-camping. Les Parisien harus kehilangan striker andalannya Neymar. Pemain asal Brasil itu dipastikan absen melawan MU karena mengalami cedera cukup parah. 

Neymar menderita cedera metatarsal saat PSG bertanding melawan Strasbourg pada ajang Coupe de France beberapa waktu lalu. Kondisi mantan pemain Santos itu bertambah buruk karena cedera tersebut berada di tempat yang membuatnya absen 4 bulan musim lalu. 

Kehilangan Neymar tentu saja jadi pukulan telak bagi PSG. Sebab, pemain yang diboyong dari Barcelona itu merupakan salah satu mesin gol Les Parisien. Musim ini saja, Neymar sudah mengemas 20 gol dalam 23 penampilan bersama PSG di semua kompetisi. 

“Sekarang, ini waktu yang sulit bagi kami karena Ney (Neymar) cedera. Bagi kami, Ney adalah pemain yang sangat penting, karena dia telah melakukan hal-hal luar biasa untuk tim selama tiga bulan terakhir,” kata kiper PSG, Gianluigi Buffon seperti dilansir Four Four Two.

Beban pelatih PSG, Thomas Tuche, semakin bertambah setelah penyerang lain, Edinson Cavani juga dipastikan absen saat bertemu MU. Pemain asal Uruguay itu mengalami cedera panggul saat PSG mengalahkan Girondins de Bordeaux, Sabtu lalu. Diagnosa dokter usai pertandingan juga menunjukkan hasil yang kurang baik. Mantan pemain Napoli tersebut ternyata  mengalami otot paha kanan yang memaksanya absen hingga bulan depan.

Selain Neymar dan Cavani, PSG juga terancam tanpa bek andalannya, Thomas Meunier. Posisi pemain asal Belgia tersebut mengalami gegar otak ringan usai bertabrakan dengan rekannya, François Kamano saat latihan kemarin. Posisinya lalu digantikan Colin Dagba. 

Menurut Solskjaer, absennya pemain-pemain hebat bakal mengurangi bobot duel MU vs PSG. “Saat Anda bertemu tim hebat, Anda ingin bertarung melawan para pemain. Publik ingin melihat pemain-pemain terbaik. Sangat mengecewakan bagi Old Trafford,” katanya.

Tanpa pemain bintang, pertandingan menurut Solskjaer bakal terasa hambar. Sebab kehadiran pemain-pemain hebat juga memberikan semangat tambahan bagi pemain. 

 “Saya sudah beberapa kali bermain saat kami bertemu Real Madrid dan Ronaldo dan Figo dan semua yang pernah ke Old Trafford.  Ini memberikan semangat tambahan,” katanya. 



3 dari 4 halaman

Kiprah Pemain Debutan

Sementara itu, babak 16 besar Liga Champions 2018/19 bakal jadi panggung bagi sejumlah pemain baru. Sebab seluruh kontestan tidak melewatkan kesempatan untuk memasukkan 3 nama baru sesuai aturan UEFA untuk memperbesar peluang meraih gelar juara.  

Satu nama yang mencuri perhatian adalah Arlvaro Morata yang akan memperkuat Atletico Madrid. Pemain asal Spanyol tersebut baru saja diboyong dari Chelsea dan langsung didaftarkan untuk tampil pada babak 16 besar. (Ikuti berita lengkapnya di sini). 

Liverpool juga memanfaatkan kesempatan ini untuk memasukkan nama Alex Oxlade Chamberlain setelah sempat absen selama setengah musim akibat cedera. Sedangkan Barcelona memasukkan nama Kevin Prince Boateng yang baru dipinjam dari Sassuolo.



4 dari 4 halaman

Jadwal Leg 1

13 Februari 2019

Manchester United vs PSG

AS Roma vs FC Porto


14 Februari 2019

Tottenham Hotspur vs Borussia Dortmund

Ajax Amsterdam vs Real Madrid


20 Februari 2019

Olympique Lyonnais vs Barcelona

Liverpool vs Bayern Munchen


21 Ferbruari 2019

Schalke 04 vs Manchester City

Atletico Madrid vs Juventus


Saksikan juga video menarik di bawah ini:

4 Hoaks yang Pernah Bikin Para Ilmuwan Dunia Terkecoh

Liputan6.com, Jakarta – Istilah “hoaks” sering menjadi buah bibi akhir-akhir ini. Hoaks atau “kebohongan” itu, sering kali diciptakan secara sengaja dengan motif tertentu.

Beberapa orang memiliki tujuan agar terkenal, sebagian yang lain hanya berniat melontarkan lelucon. Namun bagaimanapun, kebohongan tetap salah, karena dapat menyebabkan publik tersesat sepanjang sejarah.

Sebagian kebohongan memang sangat aneh, menggemparkan, dan mudah diketahui sebagai hal yang tidak valid. Namun, empat kebohongan berikut dinilai sangat cerdas dan mampu menyesatkan banyak orang.

Bahkan para ilmuwan, cendikiawan, dan sejarawan yang biasa berpikir empiris serta mampu mengenali kepalsuan, dapat pula tertipu. Berikut informasinya, dilansir dari Listverse, Sabtu (9/2).

Simak pula video berikut:

2 dari 5 halaman

1. Penemuan Patung Romawi Neo-Attican

Seorang petani Prancis tengah bekerja di ladang pada 1937, ketika bajaknya menghantam batu yang sangat keras. Ia lantas berinisiatif menggali ke dalam tanah dan menemukan sebuah patung marmer berukiran indah. Segera ia memberi tahu khalayak, yang kemudian berbondong-bondong datang.

Menteri Seni Rupa Prancis kala itu, turut mendengar kabar. Dengan sigap ia menugaskan sebuah komisi khusus untuk mempelajari temuan.

Hasil dari analisis mereka mengatakan temuan itu merupakan representasi otentik dari periode neo-Attican, dalam wujud patung Romawi yang diperkirakan dibuat antara 200 SM – 200 M. Pemerintah Prancis menyatakan temuan sebagai harta nasional yang antik, dan disimpan di museum.

Dua tahun kemudian, Francesco Cremonese, seniman lokal mengaku bahwa ia yang telah memahat dan mengubur patung itu. Ia sangat marah, karena karyanya tidak mendapatkan perhatian sebelumnya.

Banyak orang meragukan, namun Cremonese kemudian mengundang mereka yang tertarik untuk menyaksikan bengkel seninya. Di sana ia menunjukkan potongan-potongan yang telah dihancurkan dari patung, sebelum ia menguburnya.

Para ahli membandingkan potongan-potongan dari bengkel Cremonese dengan bagian patung yang rusak.

Ternyata benar, membentuk patung yang sempurna.

3 dari 5 halaman

2. The Description of Britain

Pada 1747, Charles Bertram, seorang guru bahasa Inggris mengirimkan surat kepada ahli benda antik, William Stukeley. Dalam surat itu Bertram menyatakan bahwa ia telah melihat sebuah manuskrip sejarah Romawi di rumah seorang teman.

Stukeley kemudian memohon salinan dokumen, dan ia sangat terkejut. Penulis dari manuskrip memiliki pengetahuan berharga yang hilang dari sumber asli The Description of Britain, misalnya nama provinsi yang sangat baru, serta perincian tentang martir Kristen awal di Inggris. Dengan segera, buku itu diterbitkan oleh Bertram.

Manuskrip diperlakukan sebagai informasi yang kredibel, dan bertahan selama satu abad.

Pertengahan Abad ke-19, sejumlah sarjana mendapati bahwa manuskrip telah ditulis dalam bahasa Latin yang aneh dan buruk. Sejak saat itu, diketahui bahwa Bertram telah berbohong dan menulis sendiri naskah itu.

Meskipun demikian, tidak ada yang mengetahui motif Bertram membohongi publik.

4 dari 5 halaman

3. Tengkorak Calaveras

Seorang penambang menemukan tengkorak manusia pada 25 Februari 1866, yang terkubur 40 meter di bawah tanah. Menurutnya, tengkorak itu telah ditutupi tanah vulkanik selama jutaan tahun. Artinya, tengkorak itu milik manusia tertua yang pernah ada di Amerika Utara.

Ahli geologi negara bagian California, Josiah Whitney, menyatakan bahwa penemuan itu sah. Whitney menyebut usia tengkorak berkisar antara lima hingga 25 juta tahun dan itu membuktikan manusia, mastodonm dan gajah hidup berdampingan di Amerika Utara.

Beberapa ilmuwan lain meragukannya, dan meneliti dengan lebih detil. Ternyata, diketahui bahwa tengkorak baru berusia 1.000 tahun, dan tidak membuktikan evolusi manusia.

Penambang segea mengakui bahwa ia mencuri tengkorak dari situs pemakaman penduduk asli Amerika. Ia mengatakan hanya ingin membuat lelucon.

5 dari 5 halaman

4. Plat Kuningan Francis Drake

Menurut legenda, Francis Drake, seorang kapten laut Inggris, meninggalkan plat kuningan setelah mendarat di California pada 1579.

Tahun 1930, Herbert Bolton, seorang profesor sejarah di California sangat sangat berambisi untuk menemukan benda antik itu. Ia mendorong mahasiswanya untuk menacari plat itu, namun tidak ada yang bisa menemukan.

Empat teman Bolton memutuskan untuk membuat leluco, dengan membuat desain berdasarkan kisah terperinci tentang perjalanan Drake. Mereka memahat huruf menjadi sebuah plakat kuningan. Kemudian, mereka mengubur di dekat lokasi pendaratan Drake.

Seorang laki-laki menemukan plat, kemudian membuang di sisi jalan. Plat itu ditemukan kembali tiga tahun kemudian, dan penemu memberikannya pada Bolton.

Bolton percaya bahwa karya itu asli tanpa ragu sama sekali, kemudian menyerahkannya kepada the Californian Historical Society. Anggota komunitas sangat bahagia, dan mendonasikan US$3.500 (sekira Rp 49 juta) untuk membeli plat tembaga yang akan dipajang di perpustakaan universitas.

Plat kuningan serta merta dipamerkan di galeri Smithsonian dan berbagai museum lainnya.

Tipuan itu berhasil selama 40 tahun. Pada 1977, para ilmuwan mengatakan bahwa plat tembaga gagal dalam tes fisik dan kimia.

Ironi Adi Saputra: Motor Hasil Susah Payah Hancur Dilahap Amarah

Jakarta – Emosi tak mau ditilang hingga banting-banting motor yang dilakukan oleh Adi Saputra, berbuntut panjang. Kini Adi meringkuk di bui dengan sangkaan pasal berlapis.

Polisi lantas mengungkap asal-usul motor ‘Scoopy’ yang dibanting dan dipreteli Adi. Diketahui bahwa motor matic keluaran Honda itu dibeli Adi seharga Rp 3 juta melalui media sosial Facebook pada pertengahan Desember 2018.

“Dari keterangan Adi Saputra bahwa sepeda motor yang menjadi barbuk yang sudah dihancurkan oleh dia itu dia membelinya secara cash on delivery (COD) melalui FB,” kata Kapolres Tangerang Selatan AKBP Ferdy Irawan, Jumat (8/2).

Ironi Adi Saputra: Motor Hasil Susah Payah Hancur Dilahap Amarah(Foto: Dok. Istimewa)

“Dia beli Rp 3 juta kepada orang yang tidak dia kenal pada waktu itu, dikasihkan motor dengan STNK-nya dan BPKB tidak ada,” lanjutnya.

Adi sebelumnya ditilang polisi di kawasan BSD, Tangerang, gara-gara melawan arus, tak memakai helm, hingga dokumen yang tak lengkap. Peristiwa tersebut terjadi pada Kamis (7/2) kemarin.

Ironi Adi Saputra: Motor Hasil Susah Payah Hancur Dilahap AmarahFoto: Guruh Nuary/detikcom

Kepada polisi, Adi mengaku kesal dan menduga motornya akan disita apabila dia kena tilang. Padahal, motor tersebut diakuinya didapatkan dengan susah payah.

“Keterangan sementara dari tersangka, yang bersangkutan selama ini untuk membeli sepeda motor, yang bersangkutan mengumpulkan uang dalam waktu yang cukup lama sehingga ada perasaan marah ada perasaan mungkin dia sedih motor yang selama ini dia peroleh dengan susah payah harus dilakukan penilangan oleh polisi sehingga dia melakukan tindakan tersebut,” kata Kapolres Tangsel AKBP Ferdy Irawan, Jumat (8/2).

Motor yang dibeli Adi Saputra sebelumnya milik Nur Ichsan. Motor itu digadaikan Nur Ichsan kepada seseorang berinisial D. Ternyata tanpa izin Nur Ichsan, D menjual motor di Facebook, yang kemudian dibeli Adi Saputra dengan pelat nomor B-6395-GLW.

“Ketika Saudara Nur Ichsan akan menyelesaikan tanggungan terhadap utang yang dia ambil dari Saudara D, Saudara D sudah tidak dapat dihubungi dan dia tidak mengetahui di mana keberadaan motor serta Saudara D pada waktu itu. Sampai tadi malam didapat informasi bahwa motor tersebut ada pada Adi Saputra,” papar AKBP Ferdy.

Ironi Adi Saputra: Motor Hasil Susah Payah Hancur Dilahap AmarahFoto: M Guruh Nuary/detikcom

Dari keterangan Nur Ichsan, polisi menangkap Adi Saputra di kos, Rawa Mekar Jaya, Serpong. Adi, yang sehari-hari berjualan kopi, diketahui juga membakar STNK motor. Kini motor Adi tersebut telah disita polisi sebagai bagian dari barang bukti.
Adi Saputra dipersangkakan pasal berlapis setelah aksinya membanting-banting motor ketika ditilang polisi. Karena melakukan pelanggaran lalu lintas, Adi dijerat Pasal 281, 288, 280, 291 dan 282 UU No 22 tahun 2009 tentang UU Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Dia ditilang karena tidak memiliki SIM saat berkendara, tidak memiliki STNK hingga tidak memasang pelat nomor sesuai ketentuan.

Berikutnya, Adi dikenakan Pasal 263 KUHP atas dugaan memalsukan dokumen. Untuk diketahui, motor Honda Scoopy yang dibanting-banting Adi itu tidak terregister alias bodong.

Tidak hanya itu, polisi juga mempersangkakan Adi dengan Pasal 372 KUHP dan atau Pasal 378 KUHP juncto Pasal 480 KUHP dan atau Pasal 233 dan atau Pasal 406 KUHP.
(rna/jbr)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Hasil Liga Italia: Roma Akhirnya Menang

VeronaAS Roma akhirnya kembali ke jalur positif usai menjalani tiga pertandingan tanpa kemenangan. Bertandang ke Chievo dalam lanjutan Liga Italia, Roma menang 3-0.

Di Stadion Marc D’Antonio Bentegodi, Sabtu (9/2/2019) dinihari WIB, Roma memulai dengan menjanjikan setelah Stephan El Shaarawy menciptakan gol cepat di menit kesembilan. Edin Dzeko memperbesar keunggulan tim tamu untuk menandai babak pertama dengan kedudukan 2-0 atas Chievo.

Giallorossi melengkapi dominasinya dengan menciptakan gol ketiga di babak kedua. Adalah bek veteran Aleksandar Kolarov yang menyumbang gol terakhir tim tamu.

Berkat tiga tambahan angka, Roma menembus papan atas klasemen sementara. Il Lupi naik ke peringkat empat dengan perolehan 38 poin hasil 23 pertandingan, cuma tertinggal dua poin dari Inter Milan yang baru akan bertanding pada Minggu (10/2) dinihari WIB.

Kemenangan ini turut memutus laju buruk Roma setelah diimbangi Atalanta 3-3, dan AC Milan 1-1, serta tersingkir secara memalukan dari Coppa Italia usai dihancurkan Fiorentina 1-7.

Sementara itu, kekalahan ini semakin mengubur Chievo di dasar klasemen. Chievo baru mengumpulkan sembilan poin, berjarak sembilan poin dari Empoli yang menghuni zona aman di urutan 17.

Roma sudah menjebol gawang Chievo saat pertandingan baru berjalan sembilan menit. El Shaarawy lolos dari perangkap offside untuk menuntaskan bola terobosan dari Steven N’Zonzi dengan tendangan lob dari sudut sempit. Roma memimpin 1-0 atas Chievo.

Hanya sembilan menit kemudian, gawang Chievo kembali bergetar. Dzeko menggiring bola di sisi kanan kemudian menusuk ke dalam kotak penalti, sebelum melakukan penyelesaian dengan sepakan yang bersarang di sudut bawah gawang.

Chievo nyaris menciptakan gol balasan. Namun, Antonio Mirante melakukan penyelamatan gemilang untuk menggagalkan sundulan Filip Djordjevic dari jarak dekat.

Hanya lima menit setelah babak kedua kickoff, Roma berhasil melahirkan gol ketiganya. Diawali dari serangan balik, operan El Shaarawy kepada Dzeko diselesaikan oleh Kolarov untuk mengubah kedudukan menjadi 3-0 di menit ke-51.

Roma hampir menambah golnya di sisa waktu permainan. Sayangnya, tembakan keras kaki kiri Dzeko dan sontekan El Shaaray cuma membentur mistar gawang Chievo.

Susunan Pemain

CHIEVO: Sorrentino; Frey (Depaoli 39′) (Schelotto 72′), Bani, Rossettini, Barba; Leris, Diousse, Hetemaj (Piazon 59′); Giaccherini; Stepinski, Djordjevic

AS ROMA: Mirante; Karsdorp, Marcano, Fazio, Kolarov; Cristante, Nzonzi, Zaniolo (De Rossi 76′); Schick (Florenzi 59′), Dzeko, El Shaarawy (Kluivert 85′)
(rin/mrp)


Bali United Siap Bekerja Sama dengan Satgas Anti Mafia Bola

Jakarta – Bos Bali United Pieter Tanuri siap bekerja sama dengan Satgas Anti Mafia Bola dalam memberantas kasus pengaturan skor. Dia siap dipanggil jika dibutuhkan.

Satgas Anti Mafia Bola terus mendalami kasus pengaturan skor yang diduga melibatkan klub serta PSSI. Bahkan, Satgas juga melakukan penggeledahan ke beberapa tempat. Selain kantor PSSI, juga bekas kantor PT Liga Indonesia di Rasuna Said, Jakarta Selatan. Di lokasi tersebut ditemukan dokumen keuangan milik Persija Jakarta yang sengaja dihancurkan.

Mengomentari itu, Pieter sebagai pemilik klub terus mendukung kemajuan sepakbola Indonesia. Dia juga menyadari akan ada pro kontra dalam proses tersebut, termasuk kekhawatiran sponsor.

“Pasti kan segala sesuatu ada proses naik lalu turun. Di dunia mana pun pasti tak suka ada sesuatu yang terus-terusan ribut. Tapi saya yakin ini lebih baik, untuk hal lebih baik kita harus dukung lah. Dengan Satgas terbentuk tujuannya pasti lebih baik. Buat tim juga begitu,” kata Pieter saat ditemui di Gedung TVRI, Senayan, Jumat (8/2/2019).

Untuk itu, saudara kandung Yabes Tanuri, ini juga siap-siap saja jika diminta bekerja sama. Meski demikian, Pieter tetap menilai federasi sudah melakukan banyak hal positif sejauh ini.

“Bali United aman dari Satgas? Harus aman lah. Siapapun harus lah (siap jika dipanggil). Warga negara Indonesia harus siap,” tegas dia.

“Banyak hal positif yang sudah dilakukan pengurus sekarang. Tapi kan biasa karena kita belum mencapai prestasi yang diinginkan hal positif apapun yang dilakukan seperti tidak terlihat. Seperti wasit semakin banyak yang pro, pelatih, segala macam pertandingan, banyak yang dilakukan.”

“Tapi memang ujungnya kan harus prestasi. Lalu liganya dibandingkan tahun lalu dengan sekarang jumlah penontonnya jauh lebih meningkat 50 persen. Di tengah yang bilang ini engga benar. Tapi apakah bisa diperbaiki pasti bisa. Sponsor juga jauh lebih tinggi. Jadi prosesnya itu ada,” kata dia.

(mcy/mrp)

Tak Puas Hancurkan Motor, Pria Mengamuk di BSD Bakar STNK

Liputan6.com, Jakarta – Setelah viral, seorang pria yang mengamuk saat ditilang di BSD, Tangerang Selatan, kembali membuat heboh karena membakar sebuah Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) motor yang telah dihancurkannya.

Seperti dikutip Citizen6 Liputan6.com, terlihat pria bernama Adi Saputra tersebut sengaja merekam tindakannya membakar STNK. Salah satu akun Twitter yang membagikan video tersebut ialah @Heru_Catur, Jumat (8/1/2019).

Tindakannya itu sontak membuat dirinya kembali dikecam oleh netizen Indonesia. Banyak yang menyayangkan sifat kasarnya itu.

Terlebih motor yang dirusaknya diduga bukanlah miliknya, melainkan milik teman wanitanya. Bahkan, wanita itu hampir menjadi korban tertimpa motor saat si cowok tersebut membanting kendaraannya.

Melihat si wanita yang hampir menjadi korban dari bantingan motor Adi, masyarakat pun merasa iba dengan apa yang terjadi padanya.


2 dari 3 halaman

Saksikan Videonya di Bawah Ini :

3 dari 3 halaman

Tak Terima Ditilang Polisi, Pemuda Ini Hancurkan Sepeda Motor

Setiap pengendara yang melanggar peraturan lalu lintas tentu harus bersiap mendapat surat tilang dari pihak kepolisian. Namun, hal berbeda dilakukan seorang pemuda setelah melakukan pelanggaran dan ditilang pihak kepolisian.

Dilansir akun Instagram @jktinfo, Kamis (7/2/19), seorang pemuda mengamuk setelah ditilang polisi yang berjaga. Dalam keterangan diketahui pemuda tersebut melanggar peraturan lalu lintas karena melawan arus.

Setelah viral di media sosial, pria tersebut diketahui bernama Adi. Terlihat motor yang dihancurkan bermerek Honda Scoopy dengan nomor polisi B 6395 GLW.

Tak hanya membanting sepeda motor, Adi juga menghancurkan seluruh bodi sepeda motor. Ia juga melempar bagian depan sepeda motornya dengan batu besar.

Dalam video, terlihat seorang perempuan berbaju biru yang diduga kekasihnya menangis di samping sepeda motor. Ia mencoba memegangi setang dan memohon kepada Adi untuk menghentikan menghancurkan sepeda motornya yang ditilang polisi.

“Sudah kami tindak, yang bersangkutan tidak memiliki SIM, tidak bawa surat-surat, makanya ditilang. Namun, yang bersangkutan tidak bersedia dan merusak kendaraan sendiri,” kata polisi dalam rekaman video.

Trump: 100% Wilayah Kekuasaan ISIS Bakal Dikuasai Kembali Pekan Depan

Washington – Presiden ASDonaldTrump mengatakan wilayah yang dikuasai kelompok yang menamakan diri Negara Islam atauISIS di Suriah dan Irak dapat dikuasai kembali “100%” pada awal pekan depan.

“Ini yang harus diumumkan, kemungkinan pekan depan, kita akan membebaskan 100% semua wilayah yang dikuasai kelompok pendukung kekhalifahan,” kata Trump pada pertemuan mitra koalisi.

Namun demikian, dia juga mengingatkan bahwa dia menginginkan semua pihak untuk “menunggu pernyataan resmi”.

Sebelumnya, para pejabat militer dan intelijen AS mengatakan kelompok ISIS dapat kembali berkuasa jika tidak mendapatkan tekanan kontra-terorisme yang berkelanjutan.

Pada Desember lalu, Trump mengeluarkan pernyataan yang mengejutkan negara-negara sekutunya ketika dia menyatakan bahwa ISIS sudah berhasil ditaklukkan, pada saat laporan menyebutkan dia hendak menarik pasukan AS dalam waktu 30 hari.

Tetapi dia kemudian memperlambat upaya penarikan pasukan AS setelah mendapatkan reaksi keras dari negara-negara sekutu dan pimpinan Partai Republik.

Koalisi global melawan kelompok ISIS, yang kini berjumlah hampir 80 negara, dibentuk pada 2014 setelah kelompok militan itu menguasai sejumlah wilayah dan terus melancarkan serangan teror di luar kawasan tersebut.

Bagaimana Trump memandang pertempuran melawan ISIS?

“Mereka kehilangan wilayah yang dikuasainya,” kata Trump dalam pertemuan mitra koalisinya pada Rabu di Washington. “Kekhalifahan ISIS telah dihancurkan.”

Namun demikian, kelompok itu masih memiliki “bagian-bagian kecil yang bisa sangat berbahaya”, katanya, dan “kelompok militan asing tidak boleh mendapatkan akses masuk” ke AS.

Pasukan artileri AS
Pasukan artileri AS dalam sebuah patroli di Suriah pada 2015. (AFP)

“Pada jangka waktu tertentu, mereka (ISIS) mampu menggunakan internet lebih canggih ketimbang kita,” katanya.

“Mereka menggunakan internet dengan cemerlang, tapi kini tidak begitu cemerlang,” tambah Trump.

Presiden AS itu kemudian mengucapkan terima kasih kepada mitra koalisinya, dengan mengatakan, “Kami akan bekerja sama pada tahun-tahun mendatang.”

Sementara, Menteri Luar Negeri Mike Pompeo berjanji AS akan terus berperang melawan IS, walaupun pihaknya akan menarik pasukannya dari Suriah.

Dia menyebut penarikan pasukan itu sebagai “perubahan taktis … bukan perubahan dalam misi”, dan mengatakan dunia memasuki “era jihad yang terdesentralisasi”.

ApakahISIS benar-benar telah ditaklukkan?

Kelompok ISIS telah kehilangan kendali atas sebagian besar wilayah yang semula dikuasainya, termasuk kantong pertahanan utamanya di Mosul, Irak, serta Raqqa di Suriah.

Namun demikian, pertempuran masih berlanjut di wilayah timur laut Suriah, di mana Pasukan Demokratik Suriah (SDF) pimpinan suku Kurdi mengatakan, mereka telah menangkap puluhan orang dari kelompok itu dalam beberapa pekan terakhir.

ISIS
Kelompok ISIS telah kehilangan kendali atas sebagian besar wilayah yang semula dikuasainya, termasuk pertahanan utamanya di Mosul, Irak dan Raqqa di Suriah. Foto: Anggota ISIS yang berhasil ditangkap. (AFP)

Pada Selasa, kepala Komando Pusat militer AS, Jenderal Joseph Votel, mengatakan kepada sebuah komite Senat bahwa ada sebanyak 1.500 anggota kelompok ISIS bertahan di wilayah seluas 52 km persegi di perbatasan Suriah dengan Irak.

Kelompok itu, katanya, masih memiliki “para pemimpin, pejuang, fasilitator, sumber daya, dan masih memegang teguh ideologinya yang membuat mereka mampu bertahan”.

Sementara itu, sebuah laporan dari lembaga pengawas departemen pertahanan AS yang mengutip dari Komando Pusat, mengatakan bahwa tanpa tekanan berkelanjutan terhadap ISIS “kemungkinan membuat mereka akan bangkit kembali di Suriah dalam enam hingga 12 bulan ke depan”.

Tantangan lain adalah apa yang harus dilakukan dengan keberadaan ratusan anggota kelompok milisi dari negara-negara di luar Irak dan Suriah yang ditangkap oleh SDF, beserta keluarganya.

Seperti diketahui, pemerintah tempat asal anggota kelompok milisi itu itu berasal enggan menerima kembali orang-orang yang bersumpah setia kepada ISIS.


(ita/ita) <!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Donald Trump Klaim Suriah dan Irak 100 Persen Bebas ISIS Pekan Depan

Liputan6.com, Washington DC – Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengklaim, wilayah Suriah dan Irak yang diduduki ISIS bisa “100 persen” dibebaskan pada awal pekan depan.

“Harus diumumkan, mungkin beberapa waktu pekan depan, bahwa kita akan memiliki 100 persen wilayah yang terbebas,” katanya pada pertemuan mitra koalisi global melawan ISIS, seperti dikutip dari BBC, Kamis (7/2/2019).

Namun, dia juga mengingatkan bahwa dia ingin “menunggu kata resmi” seputar hal itu.

Trump mengejutkan sekutu koalisi pada Desember 2018 ketika dia menyatakan bahwa ISIS telah dikalahkan, di tengah laporan dia ingin menarik tentara AS dalam waktu 30 hari.

Namun dia kemudian memperlambat penarikan setelah beberapa pengunduran diri dari pejabat pertahanan utama dan kritik keras dari Partai Republik dan sekutu di luar negeri.

Para pejabat militer dan intelijen AS telah lama mengatakan bahwa ISIS dapat muncul kembali tanpa adanya tekanan kontra-terorisme yang berkelanjutan dari pihak-pihak yang memerangi mereka.

Koalisi global melawan ISIS, yang kini berjumlah hampir 80 negara, dibentuk pada 2014 setelah kelompok itu menyerbu wilayah dan terus melancarkan serangan teror di luar kawasan.

“Tanah mereka hilang,” kata Trump pada konferensi hari Rabu di Washington. “ISIS telah dihancurkan.”

Tetapi kelompok itu masih memiliki “bagian kecil yang bisa sangat berbahaya”, katanya, dan “pejuang asing tidak boleh mendapatkan akses” ke AS.

Dia juga merujuk ke mesin propaganda ISIS, yang merekrut pejuang dari Eropa dan daerah lain.

“Untuk jangka waktu tertentu mereka menggunakan internet lebih baik daripada kita,” katanya. “Mereka menggunakan internet dengan cemerlang tetapi sekarang tidak begitu cemerlang.”

Pemimpin AS itu mengucapkan terima kasih kepada mitra koalisi, dengan mengatakan, “Kami akan bekerja sama untuk tahun-tahun mendatang.”

Menteri Luar Negeri Mike Pompeo berjanji AS akan terus berperang melawan ISIS, meski menarik pasukan dari Suriah.

Dia menyebut penarikan pasukan itu sebagai “perubahan taktis … bukan perubahan dalam misi”, dan mengatakan dunia memasuki “era ekstremisme yang ter-desentralisasi”.


Simak video pilihan berikut:

2 dari 2 halaman

Benarkah IS di Irak dan Suriah Telah Kalah?

ISIS jelas telah kehilangan kendali atas sebagian besar wilayah yang diserbunya, termasuk benteng Mosul di Irak dan Raqqa di Suriah.

Namun, pertempuran terus berlanjut di timur laut Suriah, tempat Pasukan Demokratik Suriah (SDF) yang dipimpin Kurdi mengatakan mereka menangkap puluhan pejuang asing dalam beberapa pekan terakhir.

Pada Selasa 5 Februari, kepala Komando Pusat AS (USCENTCOM), Jenderal Joseph Votel, mengatakan kepada sebuah komite Senat bahwa hingga 1.500 militan ISIS bertahan di dalam kantong wilayah seluas 52 km persegi di perbatasan Suriah dengan Irak.

Kelompok itu, kata Votel, masih memiliki “para pemimpin, pejuang, fasilitator, sumber daya, dan ideologi yang mendorong upaya mereka”.

Sementara itu, sebuah laporan oleh pengawas Kementerian Pertahanan AS mengutip USCENTCOM yang mengatakan bahwa tanpa tekanan berkelanjutan ISIS “kemungkinan akan bangkit kembali di Suriah dalam waktu enam hingga 12 bulan”.

Tantangan lain adalah apa yang harus dilakukan dengan ratusan militan teroris asing (FTF) yang ditangkap oleh SDF, serta keluarga mereka.

Pemerintah di negara asal mereka enggan untuk menerima kembali militan radikal yang bersumpah setia kepada ISIS, khawatir akan adanya potensi terorisme domestik.