Ini Sumber Data yang Digunakan Prabowo Saat Mengklaim Menang Pilpres 2019

Liputan6.com, Jakarta – Andre Rosiade, Jubir Badan Pemenangan Nasional (BPN) 02, mengungkap dasar klaim Prabowo Subianto sebagai Pemenang Pilpres 2019. Yakni hasil real count internal BPN yang persentase suara masuknya sudah sampai 60 persen.

“Kita punya real count sudah hampir 60 persen (suara masuk dari TPS). Nah kita masih menunggu data seluruh Indonesia sambil menunggu perhitungan KPU,” kata Andre di Rumah Kertanegara, Jakarta Selatan, Kamis (18/4/2019).

Andre juga menyatakan, angka 62 persen dari kemenangan Prabowo didapat dari 800 ribu TPS di seluruh Indonesia. Karenanya, Andre mengimbau seluruh relawan dan pendukung untuk bisa menjaga kotak suara di tiap-tiap kecamatan.

“Kita minta seluruh relawan memastikan C1 kita miliki. Agar C1 kita bsa mengontrol C1,” jelas Andre.

Namun demikian, Andre meminta publik bisa tenang dan tak terprovokasi apa pun kabar diterima. Apa pun hasilnya, BPN Prabowo-Sandi tetap mengacu hasil resmi milik badang penyelenggara Pemilu tersebut.

“Bagaimana pun keputusan KPU yang final, kami tetap menghormati dan menunggu hasil KPU,” tutur Andre.

5 Tanda Baca yang Sering Digunakan Saat Chat Ini Tunjukkan Kepribadianmu

Arti sesungguhnya dari simbol ini adalah memberikan penegasan sebuah kata pertanyaan. Namun jika sering digunakan dalam sebuah percakapan atau chat, simbol ini bisa menandakan kepribadian yang sangat ingin tahu.

Kamu tidak bisa menyimpan rasa keingintahuanmu dari sesuatu hal, bahkan hal yang tidak terlalu penting. Kamu juga merupakan orang yang banyak berfikir, banyak mempertimbangkan, hingga sering delima ketika ingin memutuskan sesuatu.

Untuk kehidupan asmara orang yang sering menggunakan simbol tanda tanya dalam percakapan adalah tipe orang yang tidak bisa sembarangan menjalin hubungan dengan orang lain. Kamu harus tahu bibit, bobot, dan bebetnya terlebih dahulu untuk dekat dengan orang lain.

Skandal Burning Sun, 9 Orang Edarkan Narkoba yang Digunakan untuk Memerkosa

Sementara itu, baru-baru ini terkuak bahwa Seungri adalah salah satu investor Burning Sun dan pernah bekerja di sana sebagai direktur eksekutif. Polisi masih memeriksa keterlibatan Seungri dalam skandal ini.

CEO Burning Sun, Lee Moon Hoo, juga berhasil menghindar dari tahanan. Pasalnya, surat permohonan penangkapannya ditolak pengadilan.

Bowo Sidik Mengaku Duit Suap Miliaran Digunakan untuk Pencalegan

Jakarta

Anggota DPR Fraksi Golkar Bowo Sidik Pangarso mengaku menggunakan duit suap untuk logistik pencalonannya sebagai caleg DPR. KPK mengamankan duit sekitar Rp 8 miliar diduga duit suap dari PT Humpuss Transportasi Kimia (HTK) termasuk penerimaan-peneerimaan dari pihak lainnya.

Jadi BSP memang menjadi caleg, ini sudah saya sampaikan tadi. Dia calon untuk daerah JawaTengah 2. Untuk sementara hasil pemeriksaan tim kita, ini memang dalam rangka kepentingan logistik pencalonan dia sendiri sebagai anggota DPR,” ujar Wakil Ketua KPK Basaria Pandjaitan dalam tanya jawab pada jumpa pers di gedung KPK, Jl Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Kamis (28/3/2019).

KPK menyita 84 kardus dengan total uang Rp 8 miliar. Duit ditemukan dalam amplop-amplop dengan isi pecahan Rp 20 ribu dan Rp 50 ribu.

Saat ditanya wartawan soal ada-tidaknya kaitan duit terkait logistik Pilpres, Basaria menepisnya. “Sama sekali tidak, dari awal tadi sampai akhir, kita tidak ada berbicara tentang itu. Ini hasil pemeriksaan memang untuk kepentingan dia (Bowo Sidik) mencalonkan diri kembali. Jadi tidak ada keterlibatan tim sukses yang lainnya,” tegas Basaria.

Dalam jumpa pers, Basaria menjelaskan Bowo Sidik Pangarso dimintai bantuan untuk melanjutkan penyewaan kapal PT Humpuss Transportasi Kimia.

“Untuk merealisasikan hal tersebut, pihak PT HTK meminta bantuan BSP, anggota DPR,” kata Basaria.

Hingga akhirnya pada 26 Februari 2019 dilakukan MoU antara PT Pupuk Indonesia Logistik dan PT HTK. Salah satu materi MoU adalah pengangkutan kapal milik PT HTK yang digunakan PT Pupuk Indonesia

“BSP diduga meminta fee kepada PT HTK atas biaya angkutan yang diterima sejumlah USD 2 per metrik ton,” sambung Basaria.

Diduga Bowo Sidik menerima total 7 kali suap terkait PT HTK. Pada saat OTT, Bowo diduga menerima Rp 89,4 juta, sedangkan 6 kali penerimaan sebelumnya diduga terjadi di berbagai tempat, antara lain rumah sakit, hotel, dan kantor PT HTK, sejumlah Rp 221 juta dan USD 85.130.

“Uang yang diterima tersebut diduga telah diubah menjadi pecahan Rp 50 ribu dan Rp 20 ribu sebagaimana ditemukan tim KPK dalam amplop-amplop di sebuah kantor di Jakarta,” kata Basaria.

Namun, selain penerimaan kerja sama pengangkutan di bidang pelayaran antara PT Pupuk Indonesia Logistik dan PT Humpuss Transportasi Kimia, KPK mendapatkan bukti telah terjadi penerimaan-penerimaan lain terkait dengan jabatan Bowo Sidik sebagai anggota DPR.

“Karena diduga penerimaan-penerimaan sebelumnya disimpan di sebuah lokasi di Jakarta, maka tim bergerak menuju sebuah kantor di Jakarta untuk mengamankan uang sekitar Rp 8 miliar dalam pecahan Rp 20 ribu dan Rp 50 ribu yang telah dimasukkan dalam amplop-amplop pada 84 kardus,” ujar Basaria

(fdn/dhn)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Stadion Baru Tottenham Akhirnya Digunakan, Pochettino: Rasanya Mau Nangis

London – Setelah mengalami penundaan sekitar enam bulan, stadion baru Tottenham Hotspur akhirnya mulai digunakan. Mauricio Pochettino sampai terharu dengan kandang barunya.

Minggu (24/3/2019) waktu setempat, Tottenham Hotspur Stadium untuk kali pertama mulai dipakai. Disaksikan oleh puluhan ribu suporter Tottenham, stadion tersebut melalukan test event saat menggelar pertandingan U-18 antara Tottenham dengan Southampton.

Tuan rumah menang 3-1. Namun yang lebih membahagiakan buat Tottenham tentu saja bagaimana mereka kini akhirnya bisa menikmati rumah barunya.

Memiliki kapasitas 62.062 tempat duduk, stadion ini secara resmi akan dibuka pada April mendatang. Saat proses pembangunan mulai dilakukan pada 2015, dijadwalkan Tottenham Hotspur Stadium akan rampung dan bisa digunakan pada awal musim 2018/2019. Namun beberapa kendala dialami sehingga terjadi berulang kali penundaan, sampai akhirnya dipakai untuk kali pertama pada akhir pekan kemarin.

Stadion yang dibangun dengan total biaya Rp 16,065 triliun ini menggantikan White Hart Lane yang sudah ditempati Tottenham sejak 1899. Dalam setidaknya setahun terakhir, Harry Kane dkk berkandang sementara di Stadion Wembley.

“Saya pikir ini luar biasa, sulit diungkapkan dengan kata-kata,” ucap Pochettino dikutip dari TalkSport.

“Kami semua merasakan hal yang sama, sangat antusias. Saya memiliki perasaan yang sama saat meninggalkan White Hart Lane di hari terakhir, kami menangis. Dan sekarang, pada hari pertama di stadion baru kami merasakan emosi yang sama. Kami bisa menangis karena mimpi kami menjadi kenyataan,” lanjut manajer asal Argentina itu.

Sebelum benar-benar digunakan oleh tim utama Tottenham, stadion ini akan menggelar pertandingan eksebisi antara pemain legendaris Tottenham dan Inter Milan. Sementara laga Premier League pertama yang akan dilangsungkan adalah perjamuan terhadap Crystal Palace pada 3 April. (din/yna)


Tol Layang Cikampek Belum Bisa Digunakan Buat Mudik Lebaran 2019?

Liputan6.com, Jakarta – Pengamat transportasi dari Unika Soegijapranata, Djoko Setijowarno mencemaskan pembangunan jalan tol layang Jakarta-Cikampek yang diperkirakan masih belum bisa beroperasi saat periode mudik 2019 tiba.

“Kemajuan pekerjaan atau progres hingga saat ini baru sekitar 70 persen. Sementara mudik lebaran kurang dari 90 hari lagi,” kata Djoko Setijowarno seperti dikutip dari Antara, Senin (4/3/2019).

Dengan asumsi rata-rata progres mingguan sebesar satu persen, maka dalam satu bulan tingkat kemajuan pembangunannya diperkirakan adalah sebesar empat persen.

Ia mengemukakan bahwa berdasarkan perhitungan tersebut diperkirakan memerlukan waktu sekitar delapan bulan penyelesaian lagi sejak Maret 2019, atau perkiraan selesai bulan Desember 2019.

“Untuk mudik lebaran 2019, sangat tidak mungkin dapat digunakan,” paparnya.

Djoko mengingatkan bahwa proyek itu mulai dikerjakan Maret 2017 dengan waktu kontrak selama 24 bulan. Sedangkan dari jangka waktu kontrak tersebut, lanjutnya, diperkirakan sekitar lima bulan untuk pekerjaan penggantian lajur.

Selain itu, ujar dia, sekitar dua bulan proyek tidak kerja karena mengalami libur seperti “long weekend“, Lebaran, Natal, dan tahun baru.

“Jadi sebenarnya konstruksi Japek Elevated hanya mempunyai 1,5 tahun saja waktu efektifnya,” jelasnya.

Ia berpendapat bahwa seperti tahun lalu, antisipasi dengan cara rekayasa lalu lintas sudah perlu mulai disiapkan pemerintah sejak dini, supaya publik juga bisa bersiap memilih moda transportasi yang tepat saat mudik lebaran tahun ini.

2 dari 3 halaman

Jasa Marga Siapkan 4 Proyek Tol Baru pada 2019

Sebelumnnya, PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR) kini tengah menyiapkan pengerjaan empat proyek tol baru pada 2019.

Keempat jalan tol tersebut berlokasi di Pulau Jawa, yakni Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap sepanjang 184,05 km, Akses Patimban 37,7 km, Ciranjang-Padalarang 27,8 km, dan Semarang-Demak 37,7 km.

Direktur Pengembangan PT Jasa Marga Tbk, Adrian Priohutomo menuturkan, prakarsa proyek Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap merupakan tindak lanjut dari Engineering and Planning Group (EPG).

“Untuk Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap. Saat ini sedang dapat proses tujuan prakarsa dari Menteri PUPR. Kita mulai masuk ke selatan, karena di utara sudah tersambung (oleh Tol Trans Jawa),” ungkap dia di Jakarta, Senin (11/2/2019). 


Secara status, ia menyebutkan, proyek ruas tol ini telah mendapatkan persetujuan prakrasa dari Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono.

Adapun ruas tol lainnya yang secara program masih dalam bentuk prakarsa yakni Akses Patimban di Kabupaten Subang, Jawa Barat.

Sama seperti Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap, Akses Patimban juga sudah memperoleh persetujuan prakarsa dari Menteri PUPR.

Sementara itu, pada Tol Ciranjang-Padalarang yang menghubungkan Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Bandung merupakan terusan dari ruas lanjutan dari Tol Cikampek-Padalarang.

Saat ini, proyek tersebut masih dalam bentuk penyusunan Detail Engineering Design (DED).

“Kami dapat penugasan dari pemerintah untuk proyek Tol Ciranjang-Padalarang,” sebut Adrian.

Sedangkan untuk proyek Jalan Tol Semarang-Demak, Adrian menyatakan, ini merupakan program tender investasi pemerintah. “Statusnya telah lulus prakualifikasi. Saat ini sedang tahap penyusunan dokumen penawaran,” ujar dia.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Pasokan Cadangan Gas Besar di Sumsel Diprioritaskan untuk Domestik

Liputan6.com, Jakarta – Repsol telah menemukan cadangan gas di‎ ‎Blok Sakakemang, Sumatera Selatan, sebesar 2 triliun kaki kubik (Trillion Cobic Feet/TCF).

Hal ini menjadi angin segar bagi industri hulu minyak dan gas bumi (migas) Indonesia sebab selama 18 tahun baru ditemukan kembali cadangan gas skala besar.

Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar menyatakan, gas yang dihasilkan dari blok migas yang dioperatori perusahaan migas asal Spanyol tersebut, akan diprioritaskan untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri.

“‎Untuk dalam negeri (pasokan gasnya),” kata Arcandra, di Kantor Kementerian ESDM‎, Jakarta, Jumat (1/3/2019).

Arcandra menuturkan, pasokan gas untuk dalam negeri tidak akan berlebih. Untuk infrastruktur penyaluran gasnya akan memanfaatkan yang sudah dioperasikan. 

“Enggak akan lebih. ‎Kita dalam kebutuhan untuk negeri. ‎Infrastruktur bisa digunakan sekitarnya,” tutur dia.

2 dari 2 halaman

Repsol Temukan Ladang Gas Terbesar di Sumsel

Sebelumnya, ‎Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) menyatakan Repsol telah menemukan potensi cadangan gas yang besar di Blok Sakakemang, Sumatera Selatan.

Kepala SKK Migas, Dwi Soetjipto mengatakan, tak tanggung-tanggung, cadangan gas yang ditemukan oleh perusahaan migas asal Spanyol‎ tersebut diperkirakan mencapai 2 triliun kaki kubik (TCF).

“Ini lokasinya di Banyu Asin. Potensi lebih kurang 2 TCF. Asumsi sekarang, rig 1.500 HB. Kadang dikerjakan bertahun tahun gak dapat, dengan kedalaman 2.430 meter dapat cadangan. 2004 sudah dilakukan dengan KBD 1, kurang memberikan hasil yang bagus. Ternyata ada disebelahnya yang lebih bagus cadangannya,” ‎ujar dia.

Menurut dia, selain potensi gas yang besar, temuan ladang gas ini menjadi sejarah baru bagi Indonesia. Sebab, setelah 18 tahun akhirnya ditemukan cadangan gas baru dalam jumlah yang besar.

“Ini penting kita sampaikan, karena KBD 2X di Indonesia, potensi tersebut setelah 18 tahun. Ini adalah penemuan yang signifikan. Setelah dua dekade. Ini perlu kita syukuri, ini semoga jadi angin baru untuk penemuan mendatang. Di 2018-2019 ini adalah penemuan terbesar nomor 4 di dunia,” kata dia.


Saksikan video pilihan di bawah ini:


Harga Samsung Galaxy J3 2016, Smartphone Garang yang Patut untuk Dimiliki

Liputan6.com, Jakarta Samsung merupakan salah satu perusahaan elektronik terbesar di dunia. Di balik kisah sukses perusahaan elektronik tersebut, ternyata awalnya Samsung merupakan usaha ekspor buah, sayur, dan ikan kering yang dirintis oleh Lee Byung-Chul di Daegu, Korea Selatan.

Namun saat ini, Samsung sudah bertransformasi dan diakui secara global sebagai pemimpin dalam teknologi bahkan sekarang termasuk dalam 10 merek teratas. Samsung terus menghadirkan bermacam-macam jenis gadget dengan beragam variasi dan keunggulannya.

Dari sekian banyak produk smartphone yang dikeluarkan oleh Samsung, J series merupakan seri yang paling banyak digemari. Bagaimana tidak, Samsung J series masuk ke dalam kategori mid-end atau kelas menengah.

Salah satu produk Samsung J series yang disukai adalah Samsung Galaxy J3 2016. Alasan smartphone ini masih banyak diminati karena harga Samsung Galaxy J3 2016 cukup terjangkau dengan spesifikasi yang mumpuni tentunya. Smartphone Samsung Galaxy J3 2016 ini menambah jagoan baru ke dalam segmen entry-level.

Sesuai dengan nama produknya, Samsung Galaxy J3 2016 ini merupakan keluaran tahun 2016. Walaupun kehadirannya sudah cukup lama, namun Samsung Galaxy J3 2016 masih bisa bersaing dengan produk sejenisnya dan masih layak dimiliki di tahun 2019 ini. Apalagi di awal bulan Maret ini, harga Samsung Galaxy J3 2016 mengalami penurunan.

Penasaran dengan spesifikasi dan harga Samsung Galaxy J3 2016 terbaru bulan ini? Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber spesifikasi dan harga Samsung Galaxy J3 2016, Jumat (1/2/2019).

2 dari 6 halaman

Desain dan Fitur Menarik

Dimensi dari Samsung Galaxy J3 2016 ini adalah 142.3 x 71x 7.9 mm. Dengan bobot 138 gram, menjadikan smartphone ini cukup nyaman digenggam karena tidak terlalu tebal dan berat.

Mengusung desain yang elegan pada produknya, Samsung Galaxy J3 2016 memiliki tiga pilihan warna yaitu putih, hitam, dan gold. Namun, untuk warna gold memiliki daya jual yang lebih tinggi dibandingkan dua warna yang lainnya.

Smartphone ini menjalankan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Samsung juga menambahkan beberapa fitur untuk Samsung Galaxy J3 2016 seperti Motion Lock. Yakni fitur yang memungkinkan kamu untuk menjawab panggilan telepon ketika melakukan sebuah gerakan, seperti berhenti bersepeda.

Ada juga Ultra Data Saving Mode yang didukung dengan Opera Max untuk mengompresi data seluler, baik itu saat streaming video, membuka gambar, dan segala aplikasi atau situs web. Tak hanya itu, smartphone ini juga sudah dilengkapi dengan radio, RDS, dan perekam suara.

3 dari 6 halaman

Layar dan Prosesor

Smartphone Samsung Galaxy J3 2016 ini membekali layarnya dengan Super AMOLED berukuran 5 inci. Resolusi layarnya sedniri adalah 720 x 1280 pixel dengan kerapatan layar 294 ppi. Hal ini memberikan nuansa tampilan yang tajam, terang, dan sudut pandang yang baik.

Smartphone satu ini dilandasi dengan dapur pacu yang digawangi oleh prosesor Spreadtrum SC8830 serta diimbangi dengan CPU Quad Core 1.2 GHz. Adanya prosesor seperti ini, membuat smartphone ini cukup stabil untuk dimainkan.

4 dari 6 halaman

Konektivitas dan Kamera

Samsung Galaxy J3 2016 sudah memiliki koneksi yang sedang ramai digunakan oleh para pecinta gadget, yaitu jaringan 4G LTE. Memiliki dual-SIM, dan kedua SIM mendukung untuk jaringan 4G. Hanya saja bisa mengaktifkan satu SIM untuk jaringan 4G-nya. Hal ini berarti, kamu tidak bisa menggunakan jaringan 4G secara bersamaan di kedua SIM tersebut.

Samsung Galaxy J3 2016 ini juga memiliki konektivitas Wi-Fi, Bluetooh, dan NFC. Ya, NFC ini sangat jarang ditemui di smartphone dengan kategori kelas mid-end ini.

Kalau kamu menyukai fotografi dan selfie, Samsung Galaxy J3 2016 ini bisa menjadi pilihan untuk dimiliki. Ya, untuk kamera depannya saja sudah memiliki kamera berukuran 5 MP dan dilengkapi dengan keberadaan LED Flash.

Untuk kamera belakang Samsung Galaxy J3 2016 ini dibekali dengan kamera berukuran 8 MP. Ya, kamera ini tentunya dilengkapi dengan autofocus dengan f/2.2 aparture yang lumayan. Kamera belakang smartphone ini juga dilengkapi dengan LED Flash.

5 dari 6 halaman

Baterai dan Memori

Keunggulan dari Samsung Galaxy J3 2016 ini adalah baterai removeable alias baterai yang bisa dilepas. Hal ini sangat menguntungkan, karena biaya pergantian baterai removeable lebih murah dibandingkan dengan baterai non-removeable.

Mengusung baterai Li-ion sebesar 2.600 mAh. Kalau kamu mengaktifkan jaringan 3G dengan aktif, maka daya tahannya bisa mencapai 10 jam. Samsung Galaxy J3 2016 ini menyematkan fitur fast charging, sehingga kamu perlu mengisi baterai yang habis selama 2,5 jam.

Samsung Galaxy J3 2016 ini membawa RAM sebesar 1,5 GB. Ukuran RAM yang lumayan besar ini mampu mengimbangi prosesor yang dibawa oleh smartphone ini. Nah, untuk ukuran memori internalnya, Samsung Galaxy J3 2016 memiliki dua pilihan yaitu, berukuran 8 GB dan 16 GB. Selain itu, ada juga memori eksternalnya yang bisa di upgrade hingga 128 GB.

6 dari 6 halaman

Harga Samsung Galaxy J3 2016 Terbaru

Berdasarkan hasil pantauan Liputan6.com dari beberapa kanal online, harga Samsung Galaxy J3 2016 terbaru saat ini berkisar Rp 1,5 jutaan. Kamu bisa membelinya di e-commerce langganan ataupun di media online lainnya.

Hak Politik Eni Saragih Dicabut Hakim Selama 3 Tahun

Jakarta – Majelis hakim menjatuhkan hukuman tambahan bagi Eni Maulani Saragih yaitu pencabutan hak politik selama 3 tahun. Mantan anggota DPR itu sebelumnya divonis hukuman pidana penjara tahun selama 6 tahun karena terbukti bersalah menerima suap dan gratifikasi.

“Menjatuhkan hukuman tambahan kepada terdakwa berupa pencabutan hak dipilih dalam jabatan publik selama 3 tahun, yang dihitung sejak terdakwa selesai menjalani pokok pidana,” kata hakim ketua Yanto saat amar putusan dalam sidang di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Jumat (1/3/2019).

Eni Saragih divonis 6 tahun penjara dan denda Rp 200 juta subsider 2 bulan kurungan. Eni Saragih bersalah menerima uang suap Rp 4,75 miliar dari pengusaha Johanes Budisutrisno Kotjo.

Uang suap dimaksudkan agar Eni membantu Kotjo mendapatkan proyek PLTU Riau-1 di PLN. Proyek itu sedianya ditangani PT Pembangkitan Jawa Bali Investasi (PJBI) dengan Blackgold Natural Resources Ltd (BNR) dan China Huadian Engineering Company Limited (CHEC Ltd). Kotjo merupakan pemilik BNR yang mengajak perusahaan asal China, yaitu CHEC Ltd, untuk menggarap proyek itu.

Uang suap yang diterima Eni untuk kepentingan Partai Golkar melaksanakan munaslub. Ketika itu, Eni diminta Plt Ketum Idrus Marham meminta uang USD 2,5 juta dari Kotjo. Novanto selaku Ketum Golkar sekaligus Ketua DPR saat itu terjerat kasus proyek e-KTP dan digantikan Idrus Marham selaku Sekjen Golkar.

Eni juga menerima uang Rp 2 miliar dan Rp 500 juta dari Kotjo untuk keperluan Pilkada Temanggung yang diikuti oleh suami terdakwa, yaitu M Al Khadziq.

Selain itu, jaksa menyakini Eni bersalah menerima gratifikasi sebesar Rp 5,6 miliar dan SGD 40 ribu. Uang itu diterima Eni dari sejumlah direktur dan pemilik perusahaan di bidang minyak dan gas.

Seluruh uang gratifikasi yang diterima Eni digunakan membiayai kegiatan pilkada suami terdakwa, yaitu M Al Khadziq, serta untuk memenuhi kebutuhan pribadinya.

Dalam Pilkada Kabupaten Temanggung itu, Khadziq berpasangan dengan Heri Wibowo sebagai calon wakil bupati yang diusung Partai Golkar. Pada akhirnya, mereka memenangi pilkada dan terpilih sebagai Bupati dan Wakil Bupati Temanggung.
(fai/dhn)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Tampil di Piala Presiden 2019, Pemain Asing Tidak Perlu Kitas

Jakarta – Pemain asing yang akan tampil di Piala Presiden 2019 tidak perlu memiliki Kartu Izin Tinggal Terbatas (Kitas). Hal itu dipastikan oleh PSSI. Menurut Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria, klub hanya tinggal memastikan pemain asing itu memiliki Visa Kunjungan Usaha.

Managers Meeting Piala Presiden 2019  telah digelar pada Kamis (28/2/2019). Dalam kesempatan tersebut, PSSI memberikan sosialisasi tentang pelaksanaan turnamen pramusim yang akan dimulai Sabtu (2/3/2019).

Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria, juga mengungkapkan para pemain asing yang akan memperkuat klub peserta Piala Presiden 2019 tak memerlukan Kitas seperti di edisi sebelumnya. Maksimal empat pemain asing yang akan bermain di setiap klub hanya perlu untuk memastikan datang ke Indonesia dengan menggunakan Visa Kunjungan Usaha.

“Untuk proses imigrasi pemain asing, PSSI sudah berkoordinasi dengan BOPI pada pekan lalu dan kami sepakat dengan arahan BOPI, mengingat ini merupakan ajang uji coba bagi klub, kami akan menggunakan regulasi VISA, bukan Kitas,” ujar Ratu Tisha Destria di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta, Kamis (28/2/2019).

“Alasannya kalau Kitas artinya sang pemain sudah bekerja di sini, sementara untuk Piala Presiden 2019 ini belum pasti pemain itu akan digunakan oleh klub saat kompetisi nanti,” lanjutnya.

2 dari 2 halaman

Kuota 3 + 1

Sementara untuk jumlah pemain asing yang boleh digunakan setiap klub, PSSI masih menerapkan kuota 3+1, perinciannya minimal satu pemain asing harus berasal dari Asia.

“Kalau ada dua atau tiga pemain asing dari Asia justru itu tidak ada masalah,” tegas Ratu Tisha.

Piala Presiden 2019 digelar mulai 2 Maret 2019 dan akan berakhir pada 12 April 2019. Babak penyisihan grup digelar di lima kota dan kabupaten, yaitu Bandung, Bekasi, Magelang, Sleman, dan Malang.

Sumber: Bola.com