Dipijit Menteri Basuki, Susi Pudjiastuti Tertawa Senang

Liputan6.com, Jakarta – Kekompakan menteri Presiden Jokowi kerap kali terjadi dalam pertemuan-pertemuan yang bersifat formal dan non formal. Kali ini, giliran Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dengan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti yang mendapat perhatian.

Dalam foto yang diperoleh merdeka.com, nampak Menteri Basuki tengah memijat kaki Menteri Susi saat berada di suatu ruangan. Menteri Susi lantas tertawa lebar mendapat perlakuan Menteri Basuki.

Kepala Biro Kerja Sama dan Humas KKP, Lily Aprilya Pregiwati, mengatakan ruangan tersebut merupakan ruang tunggu Bandara Fatmawati, Bengkulu. “(Foto) Ini Ibu (Menteri Susi) di VIP room Bandara Fatmawati,” ujarnya kepada merdeka.com, Jakarta, pada Jumat 15 Febuari 2019.

Lily mengatakan, hari ini memang Menteri Susi dan menteri lainnya sedang mendampingi Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Bengkulu. “Hari ini presiden kunjungan ke Bengkulu dan didampingi beberapa menteri,” jelasnya.

Untuk diketahui, Presiden Joko Widodo tengah membangun dan menata sebuah Kampung Nelayan yang terletak di Sumber Jaya Kota Bengkulu yang diharapkan bisa menjadi ‘prototype’ bagi kampung-kampung nelayan yang lain.

“Paling tidak kita ada ‘prototype’ dari penataan kampung nelayan kalau sudah benar dikoreksi betul baru seluruh kampung nelayan digarap seperti ini,” kata Presiden Jokowi setelah meninjau Kampung Nelayan Sumber Jaya Kota Bengkulu, seperti dikutip dari Antara.

Presiden Jokowi melihat kampung tersebut belum sepenuhnya rampung dibangun atau baru di bawah 20 persen rampung. Dari mulai sertifikat, fasilitas, hingga bangunan rumah belum terbangun sempurna namun sudah mulai tampak tertata rapi.

“Kurang lebih hasilnya akan seperti ini (lebih tertata rapi),” katanya.

2 dari 3 halaman

Kampung Sumber Jaya

Kampung Sumber Jaya, Bengkulu, dibangun di lahan seluas 12 hektare menampung 800 kepala keluarga (KK). Anggaran digelontorkan melalui Kementerian PUPR senilai Rp50,7 miliar dengan kontraktor PT Tirta Restu Ayunda.

Saat meninjau kampung tersebut, Presiden Jokowi didampingi Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah. dan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko.

Reporter : Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lucky Hakim Tuding Orang yang Menggelapkan Uangnya Buat Laporan Palsu

Liputan6.com, Jakarta – Lucky Hakim bersama Tiara Dewi sempat melaporkan rekan bisnisnya bernama Dini Novianti ke Polda Metro Jaya, karena diduga telah menggelapkan uang mereka sebesar Rp 8,8 miliar.

Lucky Hakim sempat membuat sayembara senilai Rp 50 juta untuk siapa saja yang bisa menunjukan keberadaan Dini. Sebab sejak uangnya dibawa kabur, Dini menghilang bak ditelan bumi.

‎Tak terima namanya dijadikan sayambara, Dini melaporkan Lucky Hakim ke polisi atas pencemaran nama baik.

“Jadi kan saya dilaporkan pencemaram nama baik yang intinya menurut Dini nama saya tidak ada di perusahaan RAP ini. Ini satu hal yang perlu kita luruskannya dengan RAP, kalau uang saya tidak digelapkan Dini maka ngapain saya sayembara,” kata Lucky Hakim, saat menggelar jumpa pers di kawasan Tebet, Jakarta Selatan, Jumat (15/2/2019) yang didampingi Gusti Randa dan kuasa hukumnya.

2 dari 3 halaman

Laporan Palsu

Lucky Hakim, menambahkan laporan Dini kepada dirinya tidak lah berdasar. Ia juga menuding kalau laporan yang dibuat Dini, adalah laporan palsu tanpa adanya sumber yang kuat, yang nantinya akan menyusahkan proses di kepolisian.

“Tapi saya kembali lagi, saya masih kasihan sama Dini. Mungkin saja dia khilaf. Kita pengin liat siapa tahu Dini mendapat hidayah dan mencabut laporannya,” ujar Lucky Hakim.

3 dari 3 halaman

Akui Kesalahan

Ditambah, saat itu Dini sempat mengakui kesalahannya sebelum akhirnya menghilang. Oleh karenanya Lucky Hakim mengambil langkah hukum untuk melaporkan dini atas penggelapan uang Rp 8,8 miliar.

“Padahal Dini mengakui melalui pengacaranya minta maaf mengakui sudah melakukan penggelapan dan berjanji mau mengganti. Tapi pas ditunggu dia enggak bayar, akhirnya saya dilaporkan,” ujar Lucky Hakim.

Soal Cuitan di Media Sosial, CEO Bukalapak Mengaku Dapat Data dari Wikipedia

Liputan6.com, Jakarta – CEO Bukalapak Achmad Zaky meminta maaf kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi terkait cuitannya yang ramai diperbincangkan.

Zaky mengakui bahwa data yang digunakannya terkait anggaran pengembangan dan riset di Indonesia serta perbandingannya dengan negara lain diambil dari Wikipedia.

“Datanya kan Wikipedia. Saya belum dapat data update terbaru. Tapi saya pikir semangatnya. Tolong teman wartawan diambil semangatnya,” ujar Zaky di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Sabtu (16/2/2019).

Zaky mengatakan bahwa pemerintah dan pelaku industri harus berkerja sama membangun riset. Terpenting, menurut dia, cuitannya itu ingin mendorong pembangunan SDM di Indonesia.

“Saya anak muda pelaku industri fokus ke SDM yang berkualitas dengan riset dan teknologi. Karena perang ke depan bukan dengan manusia. Tapi pinter-pinteran. Kalau enggak fokus di riset kita akan perang harga,” jelas dia.

Zaky mengaku telah meminta maaf kepada Presiden Jokowi serta melurusakan maksud dari cuitannya. Menurut dia, Jokowi menyampaikan agar masyarakat tak meng-uninstall aplikasi Bukalapak.com.

“Pak Presiden sampaikan bahwa nanti akan disampaikan jangan unsintall (aplikasi) Bukalapak karena karya Indonesia harus didukung,” kata dia.

2 dari 2 halaman

Minta Maaf

Sebelumnya, CEO Bukalapak Achmad Zaky menemui Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Sabtu (16/2/2019). Zaky mengaku, secara pribadi meminta maaf kepada Jokowi serta meluruskan cuitannya tentang ‘Presiden Baru’ dalam pertemuan itu.

“Tadi saya mengucapkan terima kasih kepada bapak presiden yang sudah meluangkan waktunya untuk bertemu dengan saya mengundang saya. Secara pribadi, saya tadi mengucapkan minta maaf kepada bapak dan meluruskan juga yang kemarin,” kata Zaky usai bertemu Jokowi di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Sabtu (16/2/3019).

Pertemuan antara CEO Bukalapak itu dan Jokowi berlangsung terutup dari awak media. Jokowi turut didampingi oleh Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Koordinator Staf Khusus Kepresidenan Teten Masduki.

Menurut Zaky, dalam pertemuan itu, dirinya bersama Jokowi juga membahas tentang rancangan pemerintah membuat Indonesia maju. Menurut dia, pemerintah telah memiliki rencana untuk membuat Indonesia maju dengan berbasis inovasi.

“Kita akan support juga dan komitmen juga dari sisi bukalapak. Poinnya adalah bagaimana membuat Indonesia maju,” ucap CEO Bukalapak Achmad Zaky.


Saksikan video pilihan berikut ini:

Jokowi: Hentikan Gerakan Uninstall Bukalapak

Liputan6.com, Jakarta – Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta seluruh pihak untuk menghentikan gerakan uninstall Bukalapak.com. Menurut dia, masyarakat justru harus mendorong anak-anak muda yang memiliki kreativitas dan inovasi.

Hal ini dikatakan Jokowi usai bertemu CEO Bukapalak Achmad Zaky di Istana Merdeka Jakarta, Sabtu (16/2/2019). Gerakan #UninstallBukalapak ini muncul dan menjadi trending di Twitter, usai Zaky menyinggung ‘presiden baru’ saat membahas revolusi industri 4.0.

“Kita harus bijak dalam bersikap, matang dalam bersikap dalam setiap peristiwa apapun. Sebab itu saya ajak hari ini untuk hentikan, untuk setop (gerakan) uninstall Bukalapak. Karena kita harus dorong anak-anak muda yang memiliki inovasi dan kreativitas untuk maju,” ujar Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengaku tak marah kepada Zaky terkait cuitannya yang ramai diperbincangkan. Jokowi pun mengajak agar semua pihak dewasa dalam bersikap.

“Tadi sudah bertemu dan saya tidak ada perasaan apa-apa terhadap Mas Zaky. Sudah tiap hari ketemu,” ucapnya.

2 dari 2 halaman

Minta Maaf

Sebelumnya, CEO Bukalapak Achmad Zaky menemui Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Istana Merdeka, Sabtu (16/2/2019). Zaky mengaku, secara pribadi meminta maaf kepada Jokowi serta meluruskan cuitannya tentang ‘presiden baru’ dalam pertemuan itu.

“Tadi saya mengucapkan terima kasih kepada bapak presiden yang sudah meluangkan waktunya untuk bertemu dengan saya mengundang saya. Secara pribadi, saya tadi mengucapkan minta maaf kepada bapak dan meluruskan juga yang kemarin,” kata Zaky usai bertemi Jokowi di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Sabtu (16/2/3019).

Pertemuan antara CEO Bukalapak itu dan Jokowi berlangsung terutup dari awak media. Jokowi turut didampingi oleh Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Koordinator Staf Khusus Kepresidenan Teten Masduki.

Menurut Zaky, dalam pertemuan itu, dirinya bersama Jokowi juga membahas tentang rancangan pemerintah membuat Indonesia maju. Menurut dia, pemerintah telah memiliki rencana untuk membuat Indonesia maju dengan berbasis inovasi.

“Kita akan support juga dan komitmen juga dari sisi Bukalapak. Poinnya adalah bagaimana membuat Indonesia maju,” ucap CEO Bukalapak Achmad Zaky.


Saksikan video pilihan berikut ini:

Istana Pastikan Jokowi Tak Marah Soal Cuitan Viral CEO Bukalapak

Liputan6.com, Jakarta – Koordinator Staf Khusus Presiden, Teten Masduki memastikan Presiden Joko Widodo atau Jokowi tak marah atas cuitan pendiri dan CEO Bukalapak, Achmad Zaky di Twitter soal Presiden baru. Jokowi justru memaklumi kekhilafan Achmad Zaky.

“Beliau pahamlah ini kan Zaky masih anak muda, mungkin ada khilaf, kesalahan, kurang teliti,” kata Teten di Istana Kepresidenan Jakarta, Sabtu (16/2/2019).

Menurut dia, Jokowi menilai Zaky sosok anak muda yang baik dan berprestasi. Zaky harus terus didukung agar Bukalapak terus berekspansi ke dunia internasional.

“Zaky ini kan aset nasional. Presiden saya kira lebih mempertimbangkan aspek bisnis online. Jadi sama sekali waktu kita sampaikan ada peristiwa ini beliau juga tidak marah,” ujar Teten.

Mantan Kepala Staf Kepresidenan ini menambahkan, Jokowi mendukung betul Bukalapak, baik melalui regulasi maupun suntikan dana. Bahkan, Jokowi khawatir aksi #UninstallBukalapak mengganggu bisnis e-commerce di Indonesia.

“Beliau khawatir kalau ini terus berlanjut uninstall terhadap Bukalapak akan mengganggu bisnis e-commerce di Indonesia. Harus kita tahu Bukalapak ini adalah salah satu empat dari unicorn kita,” kata Teten.

2 dari 3 halaman

Minta Maaf

CEO Bukalapak Achmad Zaky menemui Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Istana Merdeka, Sabtu (16/2/2019). Zaky mengaku, secara pribadi meminta maaf kepada Jokowi serta meluruskan cuitannya tentang ‘Presiden Baru’ dalam pertemuan itu.

“Tadi saya mengucapkan terima kasih kepada bapak presiden yang sudah meluangkan waktunya untuk bertemu dengan saya mengundang saya. Secara pribadi, saya tadi mengucapkan minta maaf kepada bapak dan meluruskan juga yang kemarin,” kata Zaky usai bertemi Jokowi di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Sabtu (16/2/3019).

Pertemuan antara CEO Bukalapak itu dan Jokowi berlangsung terutup dari awak media. Jokowi turut didampingi oleh Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Koordinator Staf Khusus Kepresidenan Teten Masduki.

Menurut Zaky, dalam pertemuan itu, dirinya bersama Jokowi juga membahas tentang rancangan pemerintah membuat Indonesia maju. Menurut dia, pemerintah telah memiliki rencana untuk membuat Indonesia maju dengan berbasis inovasi.

“Kita akan support juga dan komitmen juga dari sisi bukalapak. Poinnya adalah bagaimana membuat Indonesia maju,” ucap CEO Bukalapak Achmad Zaky.


Reporter: Titin Suprihatin

Sumber: Merdeka.com

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

Ragam Acara Menarik dan Menambah Wawasan di Hijab Celebration Day

Liputan6.com, Jakarta – Acara Hijab Celebration Day kembali digelar tahun ini di Bintaro X-Change pada Minggu, 17 Februari 2019 dengan lebih meriah. Event yang digelar untuk memperingati Movement world hijab day tiap 1 Februari ini akan menampilkan rangkaian acara menarik, berfaedah dan menambah wawasan.

Acara yang digelar HIJUP berkolaborasi dengan Islamic Nexgen Fest ini digelar sejak pukul 05.30-20.00 WIB. Ada berbagai aktivitas yang dapat menginspirasi muslimah milenial untuk mengembangkan diri.

Acara akan diawali dengan Fun Run 5k dan Family Run 3k serta Epic Aerobic pada pagi hari yang akan dibuka oleh Chief Executive Officer HIJUP Diajeng Lestari dan Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany.

Selanjutnya, acara akan resmi dibuka oleh Presiden Joko Widodo yang didampingi Menteri BUMN Rini Soemarno yang membahas The Future of Indonesian Halal Industry. Untuk memeriahkan acara, RAN akan menyuguhkan pertunjukan spesial di pagi hari serta Vidi Aldiano yang akan menutup acara.

Ada sejumlah acara menarik yang sayang untuk dilewatkan. Seperti acara talkshow Hijab Celebration Day dengan narasumber favorit milenial.

Mereka adalah Rachel Vennya (beauty influencer), Diandra Gautama (automotive influencer), Arief Muhammad (youtuber), Ria Ricis (youtuber), Andanu Prasetyo (Owner Kopi Tuku), Chiki Fawzi (artist), Bahjatina (HIJUP Model Look), Anisa Rahma (selebriti), dan masih banyak lagi.

Berbagai pembahasan menarik dan berguna seperti cara mudah punya rumah, memulai bisnis sendiri, cara menabung smart, serta berbagai isu milenial lainnya akan dibahas, dengan menghadirkan para expert.

Kalau Anda tertarik ikutan rangkaian talkshow-nya, ikuti terus perkembangannya di media sosial @HIJUP. Selain itu, Hijab Celebration Day 2019 juga menyajikan beragam makanan dan produk pilihan di bazar curated halal industry.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

307 Personel Polri Bantu Pengamanan Kunjungan Putra Mahkota Arab Saudi

Liputan6.com, Jakarta – Putra Mahkota Arab Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman (MBS), dipastikan melakukan kunjungan kerja ke Indonesia pada 18 – 19 Februari 2019.

Terkait kunjungan itu, sebanyak 300 lebih personel keamanan akan diturunkan untuk membantu pengamanan selama kunjungan tersebut. 

“Ada 307 personel dibagi menjadi satgas intelijen, sabhara, lalu lintas, brimob, pam obvit, krimum kemudian satgas polres yaitu Jaksel, Jakpus dan Jaktim,” tutur Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo di Jakarta, Jumat, 15 Februari 2019.

Polda Metro Jaya akan bekerja sama dengan Kodam Jaya dan Paspampres melakukan pengamanan di ring dua dan tiga karena kunjungan tersebut oleh tamu kenegaraan.

Seperti dilansir dari Antara, Dedi mengatakan pada prinsipnya Polri mendukung pengamanan jalur, pengawalan tamu “VIP” dan objek yang dikunjungi.

Ada pun Kementerian Luar Negeri memastikan kunjungan Putra Mahkota Kerajaan Arab Saudi Mohammed bin Salman al-Saud ke Indonesia pada 18-19 Februari 2019 untuk membahas peningkatan kerja sama ekonomi.

2 dari 3 halaman

Kungjungi Istana Bogor

Dalam kunjungan resmi ke Tanah Air, Putra Mahkota sekaligus Wakil Perdana Menteri dan Menteri Pertahanan Arab Saudi Mohammed bin Salman dijadwalkan bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Bogor pada Selasa, 19 Februari 2019.

“Selanjutnya akan dilakukan pertemuan bilateral dalam bentuk pleno di mana presiden akan didampingi menteri-menteri terkait,” tutur Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri RI Desra Percaya kepada wartawan di Jakarta, Jumat.

Pertemuan bilateral tersebut akan diakhiri dengan penandatanganan lebih dari dua kesepakatan, salah satunya di bidang energi.

Informasi mengenai “MoU” yang akan ditandatangani RI dan Saudi belum dapat diungkapkan secara detail karena masih dirundingkan.

 

 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

Demo di NTB Berakhir Ricuh, Warga Serang Kantor Polisi

Bima – Warga Kecamatan Sape, Nusa Tenggara Barat (NTB), menggelar demonstrasi yang berakhir bentrokan dengan aparat. Ujung dari bentrokan tersebut adalah kemarahan warga hingga akhirnya merusak markas dan kendaraan dinas Polsek Sape.

“Massa lebih kurang 15 orang menuju Polsek Sape dan langsung melakukan tindakan anarkis seperti melakukan pengrusakan terhadap fasiltas kantor dan beberapa unit kendaraan dinas,” kata Kabid Humas Polda NTB, Kombes Purnama, kepada detikcom, Jumat (15/2/2019) malam.

Purnama menjelaskan kericuhan berawal dari kekecewaan warga yang menuntut dipertemukan dengan Bupati Bima, Indah Dhamayanti Putri. Namun tuntutan warga tidak terpenuhi.
“Persatuan Pemuda dan Masyarakat Kecamatan Sape melakukan orasi secara bergantian yang intinya mendesak Bupati Bima untuk segera hadir di Kecamatan Sape dengan membawa alat berat serta menemui massa aksi dan masyarakat Desa Bugis, untuk menyikapi permasalahan terkait perbaikan jalan di Desa Bugis,” jelas Purnama.
“Utusan dari Pemda Kabupaten Bima yang didampingi oleh Muspika Kecamatan Sape menemui massa aksi. Pada saat utusan Pemda Kabupaten Bima hendak menemui massa aksi, mereka tidak mau dimediasi oleh utusan atau siapa pun. Massa aksi hanya ingin Bupati Bima sendiri yang menemui massa aksi,” sambung Purnama.

Kekecewaan itu dilampiaskan dengan pembakaran ban dan pemblokiran jalan menuju Pelabuhan Laut Sape dan jalan yang menuju Kecamatan Lambu. Purnama menjelaskan massa memblokir jalan dengan batu, kayu, dan tiang listrik bekas di jalan lintas provinsi.

Aparat gabungan TNI-Polri membubarkan massa yang bertahan dan membuka jalan yang diblokir. Namun massa kembali ke jalan dan melakukan orasi lagi.

“Polres Bima Kota mengamankan seseorang dan massa langsung melempar ke arah personel gabungan dengan batu. Aparat melakukan tindakan kepolisian dengan menembakkan gas air mata dan tembakan peringatan ke arah udara,” terang Purnama.

Aksi demonstrasi berhasil dibubarkan, namun beberapa warga yang tak terima dengan tindakan polisi mendatangi Polsek Sape dan merusak kaca bangunan serta kendaraan dinas yang terparkir di halaman.
(aud/knv)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Cerita Theti Numan Agau, Perempuan Penjaga Gambut dari Kalteng

Liputan6.com, Jakarta – Dari sekian banyak, peran serta perempuan di berbagai aspek kehidupan juga hadir dalam usaha melawan perubahan iklim. Satu di antaranya adalah Theti Numan Agau, perempuan Dayak yang tinggal di Desa Mantangi Hilir, Kecamatan Mantangai, Kabupaten Kapuas, Kalteng.

Provinsi ini jadi salah satu wilayah yang mengalami bencana kebakaran hutan dan lahan yang parah sejak 2015 lalu. Beragam dampak timbul dari kondisi ini, mulai dari sulit bernapas, hingga terbatasnya gerak aktivitas sehari-hari.

Pembakaran lahan gambut tak jarang dilakukan petani dengan tujuan menyuburkan tanah. Melihat hal tersebut, Badan Restorasi Gambut (BRG) mulai melakukan pendekatan ke beberapa tokoh petani dan beberapa dari mereka mulai sadar akan bahaya dari pembakaran lahan.

Kelompok petani turut dibentuk untuk mewadahi berbagai kegiatan. Edukasi juga dilakukan untuk pertanian yang ramah lingkungan dan Theti adalah salah satu petani yang ada dalam program inisiasi BRG. Sebelum bergabung, ia mengelola lahan kecil tempat menanam padi dengan memanen hingga 30 karung beras. Hasil tersebut diakui hanya cukup untuk makan saja selama setahun.

“BRG membuat Pelatihan Sekolah Lapang selama 10 hari. Di sana kami diajarkan metode pertanian ramah lingkungan untuk menyuburkan lahan. Kami tidak lagi membakar lahan dan diajarkan untuk membuat pupuk alami,” ungkap Theti melalui keterangan tertulis yang diterima Liputan6.combaru-baru ini.

Lewat Sekolah Lapang yang dibangun Mini Demplot Pengolahan Lahan Tanpa Bakar (PLTB) yang dikelola para kader. Mereka membentuk kelompok pengelola demplot.

“Dalam satu kelompok ada 10 petani. Tadinya jumlah ini terbagi rata, yaitu lima pria dan lima perempuan. Namun, usaha ini kurang mendapat sambutan dari petani pria. Saya mengubah komposisi kelompok menjadi 10 perempuan dan semua berjalan dengan lancar,” tambahnya.

Theti dan kelompok menanam cabai, tomat, juga kacang panjang di lahan demplot. Ia mengatakan hasil yang diakui mengalami kenaikan.

“Hasilnya bisa dipakai untuk makan dan kelebihannya bisa dipakai untuk menabung. Kalau dulu hanya cukup untuk makan, sekarang kami bisa menjual hasil pertanian. Menjualnya pun tidak susah karena hasil pertanian ini lebih sehat. Kami memakai metode bertani yang ramah lingkungan. Sampai saat ini, kami telah panen sebanyak empat kali,” jelas Theti.

Sementara, BRG menyadari pentingnya peran perempuan dalam menjaga gambut. Hingga kini, telah ada 773 anggota kelompok perempuan yang didampingi BRG. Diharapkan, jumlahnya terus bertambah.

Tak hanya bertani, kelompok ini juga dibekali keterampilan yang bertujuan untuk meningkatkan nilai jual pada produk kerajinan anyaman dari rumput atau tanaman tumbuh di lahan gambut. Mereka telah mampu membuat anyaman menjadi topi, tas, keranjang, dan lainnya.

“BRG menyadari pentingnya peran para perempuan dalam menjaga ekosistem gambut. Kami percaya bahwa jika perempuan diberdayakan, maka akan dapat mendorong perubahan besar dalam sikap dan perilaku melindungi,” kata Myrna A. Safitri, Deputi Bidang Edukasi, Sosialisasi, Partisipasi dan Kemitraan BRG.

“Kita tidak dapat bicara tentang ketahanan pangan, tentang generasi emas jika soal pemenuhan nutrisi di tingkat keluarga diabaikan. Perempuan-perempuan kader sekolah lapang di lahan gambut menunjukkan bagaimana mereka berjuang untuk itu,” tambah Myrna.


Saksikan video pilihan di bawah ini:

Inilah Silsilah Keluarga Gen Halilintar, Total 27 Juta Lebih Subscriber di YouTube

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tidak mengenal Gen Halilintar? Keluarga besar yang terdiri dari orangtua dan sebelas anak ini sukses menyorot perhatian banyak orang dengan keunikannya.

Keluarga berdarah Minangkabau ini menjadi terkenal setelah sang ibu menulis buku yang berjudul Kesebelasan Gen Halilintar: My Family My Team pada awal 2015. Buku ini bercerita tentang keluarga Gen Halilintar yang telah melakukan perjalanan bisnis keliling dunia.

Keluarga ini melakukan perjalanan ke 120 negara dengan memboyong seluruh anggota keluarga tanpa didampingi asisten atau pembantu. Bisa terbayang kan bagaiaman ribetnya berjalan ke luar negeri dengan membawa 11 anak?

Keluarga ini beranggotakan 6 orang anak laki-laki, 5 anak perempuan dan 2 ayah-ibu yang berprofesi sebagai pengusaha, yaitu Halilintar Anofial Asmid sebagai ayah dan Lenggogeni Faruk, ibu.

Selain memiliki bisnis yang menggurita di berbagai bidang. Keluarga ini cukup populer dengan berbagai karyanya di media sosial. Setiap anggota keluarga ini memiliki channel YouTube loh, bahkan jika ditotal jumlah subscriber seluruh anggotanya bisa mencapai 27 Juta lebih subscriber.

Penasaran kan sebenarnya gimana sih silsilah keluarga Gen Halilintar ini? Berikut Liputan6.com, Jumat (15/2/2019) rangkum dari berbagai sumber, yuk langsung simak aja.

2 dari 5 halaman

Silsilah Keluarga Gen Halilintar

1. Halilintar Anofial Asmid

Sosok ayah yang dengan channel Youtube keluarga Gen Halilintar ini telah memiliki 5 juta subscriber. Dalam channel YouTubenya menyebutkan bahwa mereka adalah keluarga yang suka bepergian ke seluruh dunia sebagai bagian dari metode pendidikan dan gaya hidup.

2. Lenggogeni Faruk

Kekompakan mereka tak lepas dari tangan sang ibu, Lenggogeni Faruk. Tak cuma lihai mengurus kesebelas anaknya, wanita yang karib disapa Gen itu juga jago dalam mengelola YouTube. Jumlah subscribernya telah menyentuh angka 1,548,220.

Dengan ciri khas turban, Gen selalu tampil kece di channel Youtubenya yang berisi tips-tips, challenge, dan Inspirasi.

3. Atta Halilintar

Nama Atta Halilintar tentu sudah tidak asing lagi di telingamu. Anak pertama dari 11 bersaudara ini menjadi vlogger dengan subscriber terbanyak di Asia Tenggara. Kabar terbaru, Atta Halilintar sudah memiliki 10 juta pelanggan di chanel YouTube miliknya.

3 dari 5 halaman

Terdiri dari 6 anak laki-laki dan 5 anak perempuan

4. Sohwa Halilintar

Anak perempuan pertama dari Halilintar Anofial dan Geni ini memiliki 872,705 subscriber. Dalam akunnya ia membagikan soal kecantikan, seperti makeup, memilih fashion ataupun kehidupan sehari-hari Sohwa. Semua videonya telah ditonton sebanyak 33,145,987 pengunjung.

5. Sajidah Halilintar

Gadis berusia 21 tahun ini telah memiliki 636,032 subscriber. Adik dari Atta memiliki hobi memasak sehingga dalam channel YouTubenya tidak jauh tentang dunia dapur.

Dalam salah satu videonya dia bercerita tentang pengalamannya memakai kawat gigi hingga membuat berat badannya turun drastis.

6. Thariq Halilintar

Tharriq putra ke 4 dari keluarga ini telah memiliki 681,078 subscriber. Video yang diunggah masih sedikit masih sekitar 5 video, sepertinya Tharriq anggota keluarga yang jarang mengunggah video di akun channel Youtubenya. Video terakhir pun dibuat pada 1 tahun yang lalu, ia mengulas salah satu merek handphone.

4 dari 5 halaman

Keluarga yang memiliki semboyan

7. Abqariyyah Halilintar

Gadis yang mulai beranjak remaja kelahiran 13 Juli 2000 ini, juga memiliki akun channel YouTube yang berisi permainan bersama adik-adiknya atau kakaknya.

Gadis yang biasa disapa Abqariyyah ini hobi bernyanyi hingga melakukan cover pada sejumlah lagunya. Saat ini sudah memiliki 547,289 subscriber

8. Saiih Halilintar

Nama Saaih mungkin sudah sering terdengar jika kamu hobi melihat beberapa review produk dari Saiih. Anak lelaki kelahiran 16 Maret 2002 ini memiliki ketertarikan dalam dunia teknologi, dan pembuatan video ataupun film. Saat ini ia sudah memiliki 3,330,902 subscriber di akun YouTube kesayangannya.

 9. Fatimah Halilintar

Gadis cilik yang biasa disapa dengan Fatim ini telah memiliki 1,029,413 subscriber. Lumayan banyak juga ya? Dalam channel YouTubenya ia kerap merekam perjalanan mengasyikkan bersama keluarganya ataupun melakukan prank.

10. Fateh Halilintar

Anak laki-laki yang sebentar lagi akan berulang tahun pada 25 Februari ini hobi menari dan juga menyanyi. Maka tidak jarang ia kerap mengcover sejumlah lagu dan menari. Dalam akun channel YouTubenya ia juga mencicipi berapa kuliner. Laki-laki cilik ini telah memiliki 999,528 subscriber

5 dari 5 halaman

Keluarga yang memiliki 27 Juta lebih subscriber

11. Muntaz Halilintar

Muntaz Halilintar atau yang biasa disapa Muntaz ini kerap membagikan video unboxing, QnA ataupun challenge di akun channel Youtubenya. Dalam akun YouTubenya ia menuliskan ia ingin menjadi presiden. Anak kelahiran 20 Mei 2008 ini telah memiliki 817,297 subscriber

12. Saleha Halilintar

Saleha Halilintar adalah anak ke-10 dari keluarga Gen Halilintar. Dalam channel YouTubenya berisi unboxing mainan, bermain squishy ataupun traveling bersama dengan keluarganya. Gadis kelahiran 1 Oktober 2010 telah memiliki 550,179 subscriber.

13. Qahtan Halilintar

Anak terakhir dari 11 bersaudara, Qahtan meskipun masih anak-anak telah memiliki subscriber yang tak kalah banyak dari kakak-kakaknya. Ia memiliki 883,368 subscriber.

Anak yang biasa disapa Qahtan dalam akun channel Youtubenya berisi tentang kehidupan sehari-hari Qahtan seperti Qahtan saat periksa ke dokter gigi. Tak lupa, ia juga menunjukkan koleksi mainan dinosaurusnya.