Dicurigai Ada Kampanye Terselubung, Bawaslu Awasi Sidang ‘Idiot’ Dhani

Surabaya – Ada pemandangan lain jelang sidang lanjutan Ahmad Dhani terkait kasus ‘idiot’ pencemaran nama baik hari ini. Sidang kasus itu akan diawasi 5 anggota Bawaslu Surabaya yang disebar di PN Surabaya.

“Hari ini kita diperintahkan oleh ketua Bawaslu Kota Surabaya untuk memantau persidangan Ahmad Dhani agar tidak terjadi pelanggaran. sebanyak 5 anggota dari Panwascam Asemrowo,” kata Ketua Panwascam Asemrowo, Shoddiq Mahfudz saat di Pengadilan Negeri (PN) Jalan Arjuno Surabaya, Selasa (12/3/2019) .

Sidang Ahmad Dhani dianggap berpotensi menjadi ajang kampanye mendukung salah satu capres cawapres. Bawaslu Surabaya pun mengirim beberapa anggota ke pengadilan.
“Potensi dijadikan kampanye oleh salah satu pasangan capres. Kalau tidak ada kampanye ya sudah itu kan ranah kepolisian dan kehakiman. Tapi itu kan pake yel-yel dan segala macem. Dikhawatirkan jadi kampanye,” kata Ketua Bawaslu Kota Surabaya, Hadi Sumargo saat dihubungi detikcom.
Shoddiq menambahkan, pelanggaran yang dimaksud yakni soal kampaye atau ajakan untuk mendukung salah satu pasangan capres cawapres. Seperti dengan yel-yel dan lain-lain.

“Misalnya untuk meningkatkan elektabilitas. Nanti itu jelas pasti pelanggaran, karena ada surat perintah pemberitahuan kampanye (SPK), kita diperintahkan dari Bawaslu kota ada 5 orang yang disebar di Pengadilan Negeri. Ini baru pertama kali,” pungkas Shoddiq.
(sun/fat)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Dicurigai Jadi Kurir, Eddo Eks Idol Ditarget Sejak Sebulan Lalu

Jakarta – Mantan finalis Indonesian Idol, Eddo sudah menjadi target operasi polisi karena dicurigai jadi kurir narkoba. Pria bernama lengkap Edi R.C Marien diincar polisi sejak bulan lalu.

“Ya sudah (ditarget) sejak sebulan lalu,” kata Kanit 2 Satresnarkoba Polres Jakarta Barat AKP Maulana saat dihubungi detikcom, Jumat (8/3/2019).

Maulana menjelaskan ihwal penangkapan Eddo. Semula polisi mendapatkan informasi terkait adanya pengedar di wilayah Jakarta Barat.

“Awalnya kita dapat info banyak peredaran di wilayah Jakarta Barat dengan target dan ciri-ciri yang bersangkutan,” jelas Maulana.

Saat itu, polisi mendapatkan informasi orang yang dimaksud merupakan perantara atau kurir narkoba.

“Awalnya seperti itu (diduga kurir). Dia selaku perantara barang,” ungkapnya.

Semula polisi tidak mengetahui identitas terkait orang tersebut. Namun setelah Eddo tertangkap, barulah polisi mengetahui bahwa sosok tersebut adalah seorang mantan finalis Indonesian Idol.

“Pas kita tangkap, kita tahu ternyata yang bersangkutan (Indonesian) idol 2007,” ungkapnya.

Eddo membantah dirinya merupakan kurir narkoba. Kepada polisi, dia mengaku hanya sebagai pengguna.

“Dia tidak mengaku (kurir narkoba), tetapi dia pengguna aktif,” imbuhnya.

Eddo ditangkap sendirian di kawasan Mampang, Jakarta Selatan pada Senin (4/3). Saat diperiksa, Eddo kedapatan membawa satu klip sabu dan alat isap sabu.
(mei/zak)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Korut Dicurigai Perbaiki Fasilitas Rudal yang Telah Dihancurkan

SeoulKorea Selatan (Korsel) mencurigai Korea Utara (Korut) telah memperbaiki sebagian fasilitas peluncuran rudal balistik miliknya. Padahal sebelumnya fasilitas itu telah dihancurkan Korut sebagai langkah awal menuju denuklirisasi Semenanjung Korea.

Dugaan ini disampaikan kurang dari sepekan setelah pertemuan kedua antara pemimpin Korut Kim Jong-Un dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump di Hanoi, Vietnam, yang gagal mencapai kesepakatan.

Dilaporkan kantor berita Korsel, Yonhap News Agency dan dilansir Press TV, Rabu (6/3/2019), hal itu diungkapkan dalam laporan yang baru dirilis oleh Dinas Intelijen Nasional (NIS) pekan ini. Laporan NIS menyebut bahwa Korut ‘tampaknya mulai memasang kembali atap dan pintu’ di fasilitas Dongchang-ri.

Fasilitas Dongchang-ri yang terletak di Provinsi Pyongan Utara, disebut berfungsi sebagai lokasi pengujian mesin dan fasilitas peluncuran rudal khusus untuk rudal-rudal balistik antarbenua (ICBM) yang berbahan bakar cair. Tahun lalu, otoritas Korut mengumumkan bahwa fasilitas itu telah dihancurkan sepenuhnya. Fasilitas Dongchang-ri memiliki dua nama lainnya, yakni Tongchang-ri dan Sohae.
Dugaan Korut mulai memperbaiki fasilitas peluncuran rudal miliknya ini diumumkan NIS saat menyampaikan penjelasan kepada Komisi Intelijen Dewan Nasional Korsel. Ditegaskan juga oleh NIS bahwa ‘informasi yang dimiliki AS sama dengan punya kami’.

Di sisi lain, laporan yang disampaikan NIS ini mengonfirmasi bahwa akhir tahun lalu, Korut menghentikan operasional reaktor 5-megawatt di kompleks nuklir utama yang ada di Yongbyon, sebelah utara Pyongyang. “Dengan tanpa ada tanda-tanda aktivitas pemrosesan ulang di sana,” sebut laporan itu.

Disebutkan juga bahwa terowongan bawah tanah di lokasi uji coba nuklir di Punggye-ri masih ditutup dan tanpa ada perawatan sejak Korut menghancurkannya pada Mei tahun lalu.

Pertemuan pertama antara Kim Jong-Un dan Trump di Singapura pada Juni 2018 menghasilkan kesepakatan untuk melakukan upaya-upaya menuju denuklirisasi Semenanjung Korea. Namun perkembangan menuju denuklirisasi berjalan lamban, terutama karena AS menolak mencabut sanksi-sanksi untuk Korut.

Sejauh ini, Korut telah melakukan beberapa langkah menuju denuklirisasi seperti menangguhkan uji coba rudal dan nuklir, menghancurkan setidaknya satu lokasi uji coba nuklir dan sepakat mengizinkan para pemeriksa internasional untuk mengakses fasilitas pengujian mesin rudal. Namun AS bersikeras bahwa sanksi-sanksi terhadap Korut harus tetap diberlakukan hingga rezim komunis itu membongkar program nuklirnya secara sepenuhnya dan tidak bisa diubah.

Pertemuan kedua yang digelar di Vietnam pada 28 Februari lalu, diharapkan bisa mencapai kesepakatan denuklirisasi dan pencabutan sanksi-sanksi. Namun faktanya, pertemuan berakhir tanpa mencapai kesepakatan, yang menurut Trump, kegagalan pertemuan itu dikarenakan Korut menuntut pencabutan semua sanksi sebagai syarat denuklirisasi.

Namun pemerintah Korut membantah klaim Trump tersebut. Menteri Luar Negeri Korut, Ri Yong-Ho menyatakan bahwa Korut tidak pernah meminta pencabutan semua sanksi, melainkan hanya meminta pencabutan sebagian sanksi.

(nvc/ita)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Gejala Sinusitis Pada Anak, Jangan Panik Ketahui Cara Mengatasinya di Sini

Liputan6.com, Jakarta Sinusitis merupakan salah satu gangguan kesehatan yang cukup menyiksa dan mengangggu pernapasan. Sinusitis dapat dialami oleh orang dewasa maupun anak-anak. Gejala yang ditimbulkan oleh sinusitis mirip dengan gejala flu biasa.

Jika tak segera ditangani, sinusitis dapat menyebabkan komplikasi berupa infeksi tulang. Meski jarang terjadi, sinusitis juga dapat menyebabkan infeksi dan menyebar ke daerah sekitar mata, tulang, darah atau otak.

Sinusitis juga kerap terjadi pada anak. Jika Anda mendapati anak mengalami pilek yang tak kunjung sembuh atau sering kambuh Anda perlu mencurigai penyakit sinusitis pada anak.

Nah agar Anda dapat mewaspadai sinusitis pada anak, berikut penjelasan mengenai penyakit sinusitis dari penyebab, cara menangani dan gejala sinusitis pada anak yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis(28/2/2019).

2 dari 5 halaman

Mengenal Sinus dan Sinusitis

Sinus sendiri adalah struktur berupa rongga yang terletak di wajah. Rongga kosong ini terletak di ulang pipi (maxillary), bagian bawah dahi (frontal), bagian belakang rongga hidung (sphenoid), serta di antara hidung dan matang (ethmoid). Rongga sinus tidak tampak dari luar, tetapi fungsinya penting untuk mengurangi beban berat pada tengkorak kepala.

Salah satu tugas sinus adalah untuk menghasilkan mukus (cairan lengket dan tebal) di hidung. Mukus turut bekerja untuk mencegah masuknya kuman, allergen penyebab alergi, dan benda-benda asing yang dapat menyebabkan infeksi dalam tubuh.

Rongga sinus memiliki saluran yang menyambung dengan hidung. Karena itu, infeksi atau peradangan yang terjadi pada hidung, misalnya infeksi saluran pernapasan akut (ISPA), dapat merambat ke sinus dan menyebabkan sinusitis. Sinusitis merupakan gangguan pada rongga sinus yang terjadi akibat sebuah peradangan.

Sebagian besar sinusitis sudah dapat didiagnosa hanya berdasarkan gejala yang dirasakan serta pemeriksaan fisik. Pada pemeriksaan fisik dokter akan melihat adanya kemerahan dan pembengkakan pada rongga hidung, ingus yang mirip nanah, serta pembengkakan disekitar mata dan dahi.

Selain itu diagnosa juga bisa dilakukan melalui pemeriksaan rhinoskopi. Ini adalah sebuah cara untuk melihat langsung ke dalam rongga hidung. Tujuannya adalah untuk melihat lokasi sumbatan.

Terkadang juga diperlukan penyedotan cairan sinus dengan menggunakan jarum suntik untuk pemeriksaan kuman. Pemeriksaan kuman berguna untuk menentukan jenis infeksi yang terjadi. Pemeriksaan menggunakan CT Scan dan MRI hanya diperlukan bila sinusitis gagal disembuhkan dengan pengobatan awal.

3 dari 5 halaman

Sinusitis Pada Anak

Sinusitis merupakan peradangan pada rongga sinus yang sering terjadi pada anak-anak. Anak-anak memang sering mengalami ISPA, sehingga risiko mereka untuk terkena sinusitis juga terbilang besar.

Setiap tahunnya, rata-rata anak mengalami 6-8 kali ISPA dibandingkan orang dewasa. Diperkirakan sebanyak 0,5%-10% ISPA mengakibatkan komplikasi sinusitis. Penelitian juga menemukan bahwa sebanyak 6%-13% anak sampai usia 3 tahun pernah menderita sinusitis.

Penyebab Sinusitis pada Anak

Pada kondisi normal, sel dinding sinus akan menghasilkan lendir (mukus) untuk membantu mengeluarkan alergen atau polutan dari rongga hidung.

Namun, bila terinfeksi lendir ini akan terperangkap, volumenya akan bertambah, dan berisi bakteri atau virus. Karena terinfeksi, sel-sel yang ada di dalamnya pun akan meradang.

Sinusitis dapat terjadi akibat infeksi maupun tanpa infeksi kuman (noninfeksi). Kuman yang paling sering menyebabkan sinusitis adalah virus, yang dapat diperparah dengan tambahan infeksi dari bakteri. Pada anak-anak dengan daya tahan tubuh yang rendah, sinusitis juga dapat dipicu oleh bakteri yang lebih kuat maupun jamur. Sedangkan penyebab noninfeksi pada sinusitis adalah kondisi alergi.

4 dari 5 halaman

Gejala Sinusitis Pada Anak

Gejala sinusitis pada anak maupun orang dewasa mirip dengan gejala flu, yaitu hidung mampet atau berair, keluar lendir berwarna kuning kehijauan dari hidung dan demam ringan. Namun, pada sinusitis terdapat nyeri di wajah terutama sekitar pipi, mata, dan dahi, penurunan indra penciuman, sakit gigi, dan bau mulut.

Anda dapat membedakan pilek biasa dari sinusitis dengan melihat perjalanan penyakit yang terjadi. Umumnya sinusitis ditandai dengan pilek yang tidak kunjung sembuh bahkan hingga 10 hari. Gejala pilek yang sempat membaik, namun memburuk kembali juga dapat menunjukkan adanya sinusitis. Batuk dan pilek yang sangat berat juga dapat dicurigai telah dikomplikasi dengan sinusitis.

Berikut gejala sinusitis pada anak yang perlu diwaspadai dan segera ditangani :

· Hidung tersumbat

· Pilek yang berlangsung lama atau kambuh berulang

· Dapat terjadi demam

· Bau mulut

· Ingus kental, dan terkadang ingus seperti mengalir di belakang hidung dan tenggorokan (disebut post-nasal drip). Post-nasal drip akan menyebabkan seseorang kerap berdeham untuk membersihkan lendir yang terasa mengalir di belakang tenggorokan

· Sakit kepala, misalnya saat menunduk (menandakan radang di sinus frontalis)

· Nyeri pada area wajah, misalnya pipi ketika sinus maksilaris mengalami radang

· Bengkak di area mata

Selain gejala sinusitis pada anak di atas, anak yang mengalami sinusitis biasanya menjadi lebih rewel, susah makan, dan suara yang terdengar bindeng.

5 dari 5 halaman

Penanganan Sinusitis

Gejala sinusitis pada anak memang mirip dengan flu biasa. Dengan mengenalinya Anda dapat memberikan penanganan tepat untuk mengurangi gejala sinusitis pada anak.

Setelah mengetahui gejala sinusitis pada anak maka Anda perlu mengetahui cara menangani sinusitis agar tidak terus menganggu aktivitas anak. Sinusitis dapat sembuh dengan sendirinya meskipun membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan flu biasa, yaitu sekitar 7–10 hari atau bahkan hingga 2 minggu.

Sinusitis yang ringan bisa dikatakan tidak berbahaya. Namun, tetap saja dapat mengurangi kualitas tidur, nafsu makan, serta aktivitas belajar dan bermain anak. Meski sangat jarang terjadi, sinusitis memang bisa menjadi sumber infeksi ke otak dan menyebabkan meningitis.

Periksakanlah anak ke dokter jika mencurigai adanya gejala sinusitis pada anak. Antibiotik adalah obat yang paling sering diresepkan untuk menangani sinusitis. Anda juga dapat memberikan asupan cairan yang cukup untuk anak. Selain itu, bila ingus anak sangat kental dan sulit dikeluarkan, gunakan cairan saline untuk mengencerkan ingus.

Bersama China, Kepolisian Australia Sita Satu Ton Lebih Narkotika

Liputan6.com, Canberra – Kepolisian Federal Australia menerangkan bahwa pihaknya telah menyita bahan kimia yang dapat dijadikan satu ton methamphetamine dan menangkap empat dalam operasi bersama dengan China.

Dikutip dari laman VOA Indonesia, Kamis (28/2/2019), mereka menyita lebih dari 1,4 ton ephedrine yang digunakan sebagai bahan pemula untuk membuat methamphetamine dengan harga pasar hampir 500 juta dolar Amerika.

Penyelidik mengatakan, mereka diberi petunjuk oleh pihak China tentang sindikat yang dicurigai memasukkan jumlah besar narkoba ke Melbourne, Australia.

Petugas perbatasan mencegat satu kontainer yang tiba dari China dan berlabel keramik ubin dan perekat yang oleh polisi dikatakan berisi 260 kantong ephedrine. Polisi mengatakan, mereka tukar ephedrine itu dengan bahan tidak berguna dan meneruskan pengiriman tersebut.

Dua di antara yang ditangkap berasal dari Melbourne, Australia dan dua lagi warga negara China.


Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 dari 2 halaman

Operasi Bersama Sejak 2015

Australian Federal Police Assistant Commissioner Bruce Hill mengatakan bahwa sejak 2015, otoritas Australia dan China bersama-sama menyita 24 ton obat-obatan dan bahan kimia prekursor.

“Kekuatan kemitraan ini dalam operasi seperti ini, yang tidak akan mungkin terjadi tanpa kerja sama yang erat,” kata Hill dalam sebuah pernyataan.

Apabila resmi bersalah, pelaku akan diganjar dengan hukuman setimpal.

Rotasi Anies Dicurigai Berbau Politis

JakartaRotasi besar-besaran yang dilakukan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dicurigai berbau politis. Perombakan termasuk penurunan jabatan alias demosi dinilai berdasarkan faktor ‘suka-tidak suka’.

Kritik ini dilontarkan Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi. Pras–sapaannya–heran ada posisi camat dan lurah yang dipindahkan, bahkan diturunkan.

“Pertanyaannya, kalau ada camat jadi sekcam (sekretaris camat) atau lurah jadi sekkel (sekretaris kelurahan), ini aneh ini buat saya. Dan tempat-tempat itu (lokasi pemindahan) kok berbaunya politis sekali,” kata Pras kepada wartawan, Selasa (26/2/2019).

“Akhirnya pemerintahan daerah melihat orang yang baik dicopot, diganti karena like and dislike,” sambung Pras.

Anies sebelumnya merotasi 1.125 pejabat di Pemprov DKI pada Senin (25/2). Anies dan pejabat lainnya tidak merinci berapa lurah dan camat yang diganti kepada media.

Tapi untuk jabatan eselon III, termasuk camat, ada 274 orang. Sedangkan untuk eselon IV, termasuk lurah, ada 836 orang.

“Lurah telah meniti karier menjadi birokrat dari bawah. Jangan diturunkan karena masalah atau dendam politik. Dia kan birokrat, dia dari bawah sampai ke atas meniti karier. Dari lurah jadi sekkel kan nggak betul. Jangan ada dendam politiklah, pilkada sudah selesai,” tutur Pras.

Anies sebelumnya bicara soal pejabat yang didemosi. Demosi dilakukan karena pejabat tersebut tidak mencapai target.

Mereka yang didemosi yakni Kepala Dinas Lingkungan Hidup Isnawa Adji menjadi Wakil Wali Kota Jakarta Selatan. Asisten Deputi Gubernur Bidang Tata Ruang Ismer Harahap menjadi Kepala Bagian Tata Laksana Biro Organisasi dan Reformasi Birokrasi.

Kemudian Kepala Dinas Sumber Daya Air Teguh Hendarwan dan Kepala Badan Pembinaan Badan Usaha Milik Daerah (BPBUMD) Yurianto menjadi staf. Sedangkan Yani Wahyu Purwoko dari Kasatpol PP Pemprov DKI Jakarta menjadi Asisten Deputi Gubernur Bidang Budaya.

Anies menyebut pejabat yang didemosi pernah dipanggil untuk dievaluasi. Semua berjalan sesuai dengan prosedur.

(fdn/fdn)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Begini Cara Identifikasi Awal 5 Penyakit Berbahaya yang Sulit Diobati

Liputan6.com, Jakarta – Datangnya penyakit ditandai oleh perubahan di tubuh. Seperti suhu tubuh yang meningkat, dan tenaga yang terkuras, mengakibatkan si penderita lemas.

Namun, penyakit bukan hanya ditandai oleh gejala yang membuat Anda tidak berdaya. Kadang-kadang, perubahan kecil bisa mengindikasikan ada yang tak beres dengan sistem di tubuh Anda.

Ada sejumlah penyakit berbahaya yang kerap menyerang dan dialami oleh manusia. Beberapa penyakit ini sebenarnya dapat diindetifikasi lebih awal sebelum akhirnya menyebar dan membahayakan tubuh.

Seperti dikutip dari laman Brightside.me, Senin (25/2/2019), berikut 5 cara identifikasi awal sejumlah penyakit yang membahayakan tubuh:


Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 dari 6 halaman

1. Diabetes

Diabetes adalah penyakit kronis yang terjadi akibat tingginya kadar gula (glukosa). Pada penderita diabetes, pankreas tidak mampu memproduksi insulin sesuai kebutuhan tubuh.

Untuk mendeteksi penyakit ini, seseorang bisa melakukan identifikasi. Beberapa gejala awal bisa Anda amati sehingga bisa melakukan tindakan awal.

Ciri-ciri tersebut di antaranya, sering buang air kecil, penurunan atau kenaikan berat badan, tanpa alasan, penglihatan kabur, tingkat kehausan yang intens, kelaparan konstan, memar dan luka yang perlahan sembuh, kelelahan dan mati rasa serta rasa sakit di tangan.

3 dari 6 halaman

2. Kanker Kulit

Kanker kulit adalah pertumbuhan sel-sel pada kulit pada taraf abnormal. Kanker kulit paling umum terjadi pada lapisan sel skuamosa dan melanosit.

Gejala kanker kulit yang paling umum adalah:

– Kulit tebal dan merah dengan bercak keperakan

– Kemerahan pada wajah dan leher

– Mengalami penyakit kuning

– Munculnya tahi lalat baru

4 dari 6 halaman

3. Penyakit Otot dan Sendi

Terkadang, penyakit otot atau nyeri sendiri bisa terjadi kepada siapa saja. Namun, penyakit semacam ini tidak dapat disepelekan.

Jika penyakit ini dibiarkan begitu saja, maka bisa berbahaya. Karena dapat terjadi konstan dan terus menerus.

Gejala penyakit sendi atau otot adalah:

– Nyeri otot yang konstan

– Mati rasa atau kesemutan

– Pembengkakan, peradangan, kaku, atau kemerahan di dalam atau di sekitar sendi

– Berkurangnya rentang pergerakan sendi

5 dari 6 halaman

4. Penyakit Paru-Paru

Ada sejumlah jenis penyakit yang menyerang paru-paru. Mulai dari kanker, bronkitis hingga paru-paru basah. Sejumlah penyakit ini bisa diidentifikasi dengan sejumlah cara.

Mulai dari:

– Batuk darah- Batuk kronis (berlangsung selama sebulan atau lebih lama)

– Sulit bernafas

– Sesak napas

– Nyeri dada kronis (berlangsung selama sebulan atau lebih lama)

– Produksi lendir kronis (berlangsung selama sebulan atau lebih lama)

6 dari 6 halaman

5. Kanker Payudara

Kanker payudara adalah kondisi ketika sel kanker terbentuk di jaringan payudara. Sel tersebut umumnya membentuk tumor yang terasa seperti benjolan.

Kanker payudara menjadi salah satu penyakit mematikan yang menyerang wanita ataupun juga pria. Di Indonesia sendiri kanker payudara juga jadi ancaman.

Berikut tanda-tanda awalnya:

– Nyeri atau nyeri payudara yang tidak biasa

– Perubahan kulit puting atau payudara

– Penebalan di dekat atau di payudara

– Penebalan di area ketiak

Dua Kali Diperiksa, Joko Driyono Jawab 40 Pertanyaan Penyidik

Liputan6.com, Jakarta Penyidik Tim Satgas Mafia Bola telah melakukan pemeriksaan terhadap Plt Ketua Umum PSSI Joko Driyono, tersangka kasus perusakan dokumen. Meski sudah menjalani pemeriksaan selama dua kali, penyidik merasa masih belum tuntas memeriksa Joko Driyono.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan, Joko Driyono telah menjawab sebanyak 40 pertanyaan dari penyidik. Sebelumnya penyidik menyiapkan 32 pertanyaan.

“Jadi yang bersangkutan sudah diperiksa oleh penyidik Polda Metro Jaya, dan sekitar 40 pertanyaan,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya di Mapolda Metro Jaya, Jumat (22/2).

“(Pertanyaannya?) Sama masih seputar berkaitan dengan keterangan formil dan materiil sebagian,” sambungnya.

Menurut Argo, Joko Driyono kembali akan menjalani pemeriksaan pada 27 Februari mendatang. Pasalnya, penyidik mengaku belum tuntas memeriksa Jokdri.

2 dari 3 halaman

Minta Banyak Keterangan

“Pemeriksaan kemarin, belum semuanya tertuang di dalam berita acara. Tentunya penyidik ingin menggali kembali yang lebih banyak keterangannya, berkaitan dengan barang bukti yang disita. Jadi belum semuanya terverifikasi barang bukti-bukti tersebut, misalnya seperti ada barang bukti transfer, ada buku tabungan, dan sebagainya itu belum terverifikasi semuanya,” ujarnya.

Argo menjelaskan hingga pukul 17.30 WIB, penyidik telah melayangkan 32 pertanyaan dalam proses pemeriksaan. “Sampai saat ini, tersangka masih dalam pemeriksaan, tersangka diberikan sekitar 32 pertanyaan terkait kasus tersebut, nanti jumlahnya bisa mengembang atau tidak ya,” kata Argo, di Mapolda Metro Jaya.

3 dari 3 halaman

Terobos Garis Polisi

Menurut Argo, garis besar dari 32 pertanyaan tersebut penyidik menanyakan perihal bagaimana cara tersangka memerintahkan anak buahnya menerobos garis polisi yang telah dilarang. “Jadi garis besar dari pertanyaan itu ialah, yang bersangkutan menyuruh pada staffnya untuk mengambil suatu barang yang sudah dalam situasi police line,” kata Argo.

Selain itu, lanjut Argo, penyidik juga menanyakan dokumen-dokumen yang dicurigai, yang disita Tim Satgas Mafia Bola saat melakukan penggeledahan di beberapa tempat. “Selain itu juga nanti akan dipertanyakan dokumen-dokumen yang disita di kantor ataupun di rumah,” ujarnya.


Reporter: Ronald

Polisi Montenegro Tangkap 9 Orang Terkait Penyerangan Jurnalis

Jakarta – Kepolisian Montenegro menangkap sembilan orang yang diduga terlibat dalam penyerangan terhadap jurnalis investigasi Olivera Lakic. Sembilan orang ini diyakini bagian dari kelompok kriminal.

“Sembilan orang itu, yang ditangkap di Montenegro dan di luar negeri, diyakini sebagai bagian dari kelompok kriminal,” kata kepala polisi Podgorica Milovan Pavicevic, seperti dilansir AFP, Rabu (20/2/2019).

Dia mengatakan kelompok ini dicurigai telah mempersiapkan penyerangan dengan melepaskan tembakan kebagian kaki Lakic. Lakic ditembak di depan rumahnya pada Mei lalu, di Podgorica, Ibu kota Montenegro.

Polisi juga mengatakan telah menyita beberapa barang bukti di rumah para terduga penyerangan itu. Barang bukti tersebut berupa senjata hingga alat peledak.

“Polisi juga menyita sejumlah besar senjata, alat peledak dan peralatan penyamaran di rumah para tersangka,” kata Pavicevic.

Tercatat sejak 2004, puluhan wartawan menjadi korban serangan dan pembunuhan di Montenegro. Namun, tidak satu pun dari kasus tersebut yang pernah diselesaikan.
(dwia/haf)



<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Sejarah Andrey Dolgov yang 10 Tahun Maling Ikan dan Dibekuk di RI

Jakarta – Kapal raksasa pencuri ikan ditangkap di perairan selat Malaka. Kapal maling ikan yang sudah beraksi selama 10 tahun menjarah ikan di lautan dunia ini akhirnya ditekuk di Indonesia.

Bagaimana sejarah kapal bernama Andrey Dolgov ini?

Mengutip BBC.com, Selasa (19/2/2019). Andrey Dolgov awalnya bukan kapal penangkap ikan ilegal. Kapal yang dibangun pada tahun 1985 ini memiliki panjang 54 meter (178ft). Awalnya, kapal ini dibangun sebagai kapal nelayan tuna longline di galangan kapal Kanasashi Zosen di pelabuhan Shimizu, Jepang.

Kapal berkapasitas 570 ton ini berlayar sebagai Shinsei Maru No 2 selama bertahun-tahun di bawah bendera Jepang. Wilayah pengoperasiannya di Pasifik dan Samudera Hinda untuk perusahaan makanan laut Jepang Maruha Nichiro Corporation.
Kemudian setalah tahun 1995, kapal tersebut telah berpindah tangan beberapa kali yang pada akhirnya berlayar di bawah bendera Filipina sebagai Sun Tai 2 hingga sekitar 2008 ketika bergabung dengan armada perikanan Republik Korea.

Di antara tahun 2008 dan 2015, kapal itu telah disiapkan kembali sebagai perahu penangkap ikan di Antartika, yang mampu beroperasi di Samudera Selatan yang liar dan mampu menyimpan ikan untuk waktu yang lama di atas kapal.

Pada akhirnya, kapal tersebut dicurigai telah menangkap ikan secara ilegal selama 10 tahun, kapal itu mencuri perhatian pihak berwenang internasional pada Oktober 2016, ketika para pejabat China menemukannya sedang berusaha membongkar muatan ikan yang telah ditangkap secara ilegal.

Sekarang kapal itu disebut Andrey Dolgov dan mengibarkan bendera Kamboja, dioperasikan oleh perusahaan yang terdaftar di Belize. Setahun sebelumnya telah difoto di lepas pantai Punta Arena, di ujung selatan wilayah Patagonian Chili, menunjukkan telah memancing di Samudra Selatan.

Pada Januari 2017 kapal telah berganti nama menjadi Sea Breez 1 di bawah bendera Togo. Kapal ini berpindah dari pelabuhan satu ke pelabuhan lainnya dengan dokumen palsu, setidaknya ada beberapa bendera yang digunakan oleh kapal itu, antara lain Nigeria dan Bolivia.

Akhirnya, pada bulan Februari 2018, pihak berwenang menangkap Andrey Dolgov lagi di sebuah pelabuhan di Madagaskar ketika kapten kapal yang mengaku sebagai STS-50 memberikan nomor Organisasi Kelautan Internasional palsu.

Pada akhirnya ada misi di seluruh dunia untuk menangkap Kapal Andrey Dolgov. Penangkapan pun dilakukan di Indonesia. Di bawah kepemimpinan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti yang telah menyita dan menghancurkan 488 kapal penangkap ikal ilegal sejak 2014. Kapal tersebut berhasil ditangkap di Selat Malaka, pastinya di jalur pelayaran utama antara Semenanjung Melayu dan Pulau Sumatera.

Dari total kapal yang berhasil dihancurkan ada kapal pemburu ikan hiu antartika lainnya, yaitu F/V Viking merupakan yang terakhir dari kelompok kriminal internasional yang terkenal, kapal penangkap ikan yang dikenal sebagai Bandit Six, beroperasi ilegal di Samudera Selatan, ribuan mil dari perairan Indonesia.

Saksikan juga video ‘Inilah Alasan Kenapa Kapal Maling Ikan Harus Ditenggelamkan!’:

[Gambas:Video 20detik]

(hek/zlf)