Romahurmuziy Diberhentikan, Suharso Monoarfa Isi Plt Ketum PPP

Liputan6.com, Jakarta – Partai Persatuan Pembangunan (PPP) resmi memberhentikan Romahurmuziy sebagai Ketua Umum PPP. Keputusan itu berdasarkan hasil rapat harian petinggi PPP yang digelar Sabtu (16/3/2019).

“Ada tiga yang jadi keputusan rapat tadi Pertama pemberhentian terhadap Ir H Romahurmuziy, berdasarkan anggaran dasar rumah tangga karena beliau terkena kasus, memberhentikan sebagai ketua umum,” kata Waketum PPP Amir Uskara saat jumpa pers di kantor DPP PPP, Jakarta, Sabtu (16/3/2019).

PPP pun menetapkan Ketua Majelis Pertimbangan PPP Suharso Monoarfa sebagai pelaksana tugas (Plt) Ketua Umum PPP menggantikan Romahurmuziy. Selanjutnya PPP akan melakukan musyawarah kerja nasional dalam waktu dekat.

“Kita juga menyepakati pengurus harian bersama pengurus yang hadir untuk mengangkat Bapak Suharso Monoarfa sebagai Plt ketua umum yang akan dikukuhkan dalam mukernas pada saatnya nanti,” terangnya.

“Ketiga disepakati juga bahwa Insya Allah akan dilaksanakan rakernas berdasarkan hasil keputusan rapat yang terakhir,” tandasnya.

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Sumber: Merdeka.com

Rohamurmuziy Diberhentikan, Suharso Monoarfa Jadi Plt Ketum PPP

Jakarta – Romahurmuziy (Rommy) diberhentikan dari jabatannya sebagai Ketua Umum PPP. Ketua Majelis Pertimbangan PPP Suharso Monoarfa ditunjuk sebagai pelaksana tugas (Plt) Ketum PPP pengganti Rommy.

“Pertama pemberhentian terhadap Ir H Romahurmuziy, berdasarkan Anggaran Dasar/Rumah Tangga karena beliau terkena kasus, memberhentikan sebagai ketua umum. Kedua, kita juga menyepakati pengurus harian bersama pengurus yg hadir untuk mengangkat bapak Suharso Monoarfa sebagai Plt ketua umum,” kata Wakil Ketua Umum (Waketum) DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP) M Amir Uskara di kantor DPP PPP, Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Sabtu (16/3/2019).

Amir mengatakan, Suharso nantinya akan dikukuhkan sebagai Plt Ketum PPP dalam Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas).

“Insyallah akan dilaksanakan mukernas dalam keputusan rapat terakhir,” ujarnya.

Sementara itu, Sekjen PPP Arsul Sani mengatakan pemberhentian Rommy didasari Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) PPP. Dia mengatakan, sesuai aturan partai, ketua umum yang ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK harus diberhentikan.

“Anggaran Rumah Tangga PPP itu secara jelas telah mengatur antara lain dalam hal ketua umum atau pengurus harian lainnya ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK dalam kasus tindak pidana korupsi atau misalnya kejahatan serius lainnya, termasuk narkoba, terorisme, oleh Kepolisian RI atau Kejagung RI, maka diberhentikan atau diberhentikan sementara. Itu ketentuan yang ada di dalam Anggaran Rumah Tangga PPP pasal 11,” kata Arsul.

KPK menetapkan Romahurmuziy sebagai tersangka suap seleksi pengisian jabatan pimpinan tinggi di Kementerian Agama (Kemenag). Diduga Romahurmuziy menerima duit total Rp 300 juta untuk membantu meloloskan seleksi.

KPK menerangkan, Romahurmuziy diduga menerima duit Rp 250 juta dari Haris untuk posisi Kakanwil Kemenag Jatim pada 6 Februari 2019. Sedangkan Muafaq diduga menyetor duit Rp 50 juta untuk posisi Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Gresik. KPK juga menegaskan ada pihak lain di Kemenag yang terlibat dugaan suap jual beli jabatan. Tapi hal ini masih ditelusuri.
(eva/idn)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Mobil Tanpa Sopir Harus Bisa Menepi Jika Diberhentikan Polisi

Liputan6.com, Jakarta – Kendaraan autonomus alias tanpa sopir diyakini bakal benar-benar terjadi di masa depan. Namun, masih ada beberapa hal yang harus dipenuhi sebelum mobil otonom ini benar-benar menggantikan peran pengemudi manusia seperti yang ada saat ini.

Melansir Carscooops, Jumat (1/3/2019), salah satu hal yang paling sulit bagi pembuat mobil dan perusahaan teknologi, adalah memastikan kendaraan tanpa sopir dapat berinteraksi dengan lingkungan seperti yang dilakukan pengemudi manusia.

Membuat mobil tanpa sopir yang mampu berhenti saat lampu lalu lintas merah, masih cukup sederhana, begitu juga dengan mendeteksi pejalan kaki. Tapi, jika mobil tanpa sopir saat ditilang polisi bisa menepi seperti sesuatu yang tidak mungkin.

Sementara itu, berbicara soal fitur tersebut, Waymo telah bekerja keras untuk memastikan prototipe otonomnya dapat mengenali petugas polisi dan menanggapi berbagai permintaan.

Misalnya, pada Januari lalu, sebuah kendaraan uji Waymo berhenti di lampu merah yang gelap di Tempe, Arizona tak lama setelah listrik padam.

Seorang petugas polisi sedang berdiri di persimpangan mengatur lalu lintas, dan mobil menunggu sebelum melanjutkan perjalanan setelah dilambaikan oleh petugas.

Selain itu, Waymo juga telah mengembangkan perangkat lunak yang menginstruksikan kendaraannya untuk berhenti ketika mendeteksi lampu polisi berkedip di belakangnya.

2 dari 2 halaman

Mobil Nirsopir Mulai Antar Barang Belanjaan

Mobil tanpa sopir alias nirsopir bukan hanya isapan jempol semata. Bahkan sebuah perusahaan jaringan supermarket Kroger, bersama startup Nuro, menghadirkan mobil tanpa sopir yang mampu mengantarkan barang belanjaan konsumen hingga ke depan pintu rumah.

Proyek yang masih dalam program percontohan ini mulai beroperasi 16 Agustus 2018 dengan melibatkan Fry’s Food Store milik Kroger di East McDowell Road, Scottsdale, Arizona, Amerika Serikat.

Dilansir thespoon.tech, Senin (20/8/2018), Konsumen bisa saja melakukan pemensanan dengan sentuhan jari. Sebab, pemesanan bisa melalui  frysfood.com atau aplikasi Fry.

Barang yang sudah terpesan dapat diatur jadwal pengirimannya, baik hari yang sama atau hari berikutnya, dengan biaya per pengiriman US$ 5,95 atau sekitar Rp 85 ribu tanpa batasan pesanan minimum.

Untuk sementara, armada nirsopir menggunakan Toyota Prius yang dibantu seseorang di belakang kemudi. Bagian kompartemen mobil dimodfikasi sedemikian rupa hingga mampu menampung enam kantong barang.

[Cek Fakta] Viral Dosen Dipecat Karena Pakai Cadar, Faktanya?

Liputan6.com, Jakarta – Seorang dosen di IAIN Bukuttinggi Hayati Syafri diberhentikan dari kampusnya dan sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN).

Beredar kabar, pemberhentian Hayati dikarenakan dosen Bahasa Inggris itu mengenakan cadar.

Kabar ini viral setelah diberitakan berbagai media daring. Satu di antaranya tarbawia.net dengan judul berita ‘Teguh Pertahankan Cadar, Dosen Ini Dipecat Kemenag’.

Berikut narasinya:

Dosen Bahasa Ingrris di Instititut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukittinggi, Nur Hayati Syafri resmi dipecat oleh kemenag. Hayati menyatakan, pemecatan terhadap dirinya, salah satuanya karena teguh pertahankan cadar.

“Benar (sudah diberhentikan dari Kemenag), kalau tidak salah per tanggal 18 Februari,” kata Hayati seperti dilansir Republika.

Sebelum dipecat, Hayati mengaku didatangi oleh petugas Inspektorat Jenderal Kemenag. Dalam surat pemecatan disebutkan bahwa Hayati kurang disiplin.

Setelah dikonfirmasi, Hayati membantah. Ia bahkan tetap mengajar di tengah kesibukannya melanjutkan pendidikan doktoral.

Hayati menilai, pemecatan dirinya lebih disebabkan karena enggan melepas cadar saat mengajar.

Ada alibi yang menyatakan, karena tidak melepas cadar saat mengajar, maka ekspresi Hayati saat mengajar Bahasa Inggris tidak terlihat.

2 dari 3 halaman

Fakta

Setelah ditelusuri, kabar tentang pemberhentian Hayati karena mengenakan cadar ternyata tidak tepat. Hayati diberhentikan sebagai tenaga pengajar dan PNS karena indisipliner.

Hal ini sebagaimana yang diberitakan Liputan6.com dengan judul berita ‘Penjelasan Kemenag Soal Pemecatan Dosen Bercadar di IAIN Bukittinggi‘.

Kementerian Agama membenarkan adanya dosen bercadar bernama Hayati Syafri yang diberhentikan sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN). Namun demikian, Kemenag membantah diberhentikannya karena penampilannya yang bercadar.

“Hayati Syafri diberhentikan sebagai ASN karena melanggar disiplin pegawai,” kata Kasubbag Tata Usaha dan Humas Itjen Kementerian Agama Nurul Badruttamam kepada wartawan di Jakarta, Sabtu (23/2/2019).

Dia mengatakan pemberhentian Hayati sebagai ASN dosen Bahasa Inggris di IAIN Bukuttinggi itu sesuai data rekam jejak kehadiran secara elektronik melalui data sidik jari di kepegawaian kampus terkait.

“Berdasarkan hasil audit Itjen, ditemukan bukti valid bahwa selama tahun 2017 Hayati Syafri terbukti secara elektronik tidak masuk kerja selama 67 hari kerja,” kata dia.

Atas dasar itu, Nurul membantah jika pemberhentian Hayati dari ASN karena persoalan cadar. Akan tetapi, pemberhentian itu terjadi karena pertimbangan alasan kedisiplinan.

Dia mengaku, mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 Pasal 3 ayat 11 dan 17. Dalam regulasi itu PNS yang tidak masuk kerja secara akumulatif minimal 46 hari kerja, tanpa keterangan yang sah dalam satu tahun, harus diberikan hukuman disiplin berat berupa diberhentikan secara hormat/tidak hormat.

Hayati, lanjut dia, juga terbukti sering meninggalkan ruang kerja dan tidak melaksanakan tugas lainnya pada 2018, seperti sebagai penasihat akademik dan memberikan bimbingan skripsi kepada mahasiswa.

“Itu merupakan pelanggaran yang harus dikenai hukuman disiplin berat, yaitu diberhentikan dengan hormat sebagai PNS. Jika ada keberatan, Hayati Syafri masih mempunyai hak untuk banding ke Badan Pertimbangan Kepegawaian (BAPEK) ataupun ke PTUN,” kata Nurul.

3 dari 3 halaman

Kesimpulan

Kabar tentang dosen yang diberhentikan dari ASN karena bercadar ternyata salah. Dosen Bahasa Inggris bernama Hayati Syafri diberhentikan karena indisipliner.

Narasi yang terdapat dalam berita di tarbawia.net dibantah pihak Kemenag.

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama 49 media massa lainnya di seluruh dunia.

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi hoax yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoax yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Sandi-Dahnil Dilaporkan, BPN Prediksi Polisi AKan Hentikan Kasus

Jakarta
“Kalau mengacu pada keterangan Pak Dahnil, feeling saya laporan tersebut akan diberhentikan pada saat gelar perkara pertama karena tidak memenuhi unsur,” kata anggota Direktorat Hukum dan Advokasi BPN, Habiburokhman, kepada detikcom, Selasa (26/2/2019).
Diketahui pada Senin (25/2), Sandi dan Dahnil dilaporkan ke Polda Aceh terkait pernyataannya soal pemanfaatan lahan Prabowo Subianto oleh eks kombatan GAM. 11 eks kombatan GAM menganggap pernyataan itu fitnah dan hoax karena merasa tak pernah memanfaatkan lahan HGU Prabowo di Aceh.

Soal beda pendapat antara Sandiaga, Dahnil dan eks kombatan, Habiburokhman mengatakan kemungkinan kedua pihak sama-sama benar. Habiburokhman menuturkan mungkin eks kombatan GAM yang dimaksud Sandiaga dan Dahnil memang bukan orang-orang yang mambuat laporan.

“Ini kan soal tanah yang luas dan orang yang banyak. Mungkin saja Pak Dahnil benar, tetapi yang melapor juga merasa benar. Mantan kombatan yang memberikan keterangan bisa beda. Lokasi persisnya juga bisa beda,” ujar Habiburokhman.
Terlepas dari analisisnya, Habiburokhman menyampaikan pihaknya siap menghadapi laporan tersebut.

“Kami siap saja hadapi laporan tersebut. Kalau saya baca di media, yang disebut Dahnil dia mendapat telepon dari pihak yang mengaku mantan kombatan, bahwa mereka memanfaatkan tanah tersebut,” tutur Habiburokhman.

Sebelumnya, Sandiaga sempat mengatakan lahan HGU Prabowo Subianto di Aceh dimanfaatkan oleh eks kombatan GAM. Hal itu disampaikan kepada wartawan usai acara dialog kewirausahaan OKE OCE di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Senin (18/2).

Pernyataan Sandiaga kemudian dipertegas Dahnil pada sore harinya di Media Center BPN. Bahkan Dahnil mengaku telah berkomunikasi dengan eks kombatan GAM, yang kecewa dengan pernyataan Jokowi soal lahan yang dikuasai Prabowo, saat debat capres kedua. Namun di sisi lain ada juga eks kombatan GAM membantah pernyataan Sandiaga dan Dahnil.
(aud/idn)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Kapan Melatih Lagi, Mourinho?

LondonJose Mourinho sampai kini masih menganggur setelah diberhentikan dari jabatan manajer Manchester United. Namun, Mourinho tak berencana lama-lama menepi.

Manajer asal Portugal itu dipecat setelah 2,5 tahun membesut Paul Pogba cs. Setelah mengantar MU memenangi Piala Liga dan Liga Europa di musim pertama dan finis runner-up di musim lalu, Mourinho mesti angkat kaki pada Desember 2018.

Di musim ketiga Mourinho, Setan Merah cuma 10 kali menang dan sudah delapan kali kalah dari 24 pertandingan di seluruh kompetisi. Kekalahan 1-3 MU dari Liverpool menjadi laga terakhir the Special One.

Meski gagal total di 2018/19, Mourinho tidak sepi peminat. Mantan-mantan klubnya seperti Inter Milan dan Real Madrid dikabarkan tertarik memakai jasa Mourinho lagi.

Mourinho mengungkapkan bahwa dirinya masih akan istirahat sampai musim panas, sebelum kembali ke bench. Sekalipun belum bisa dipastikan ke mana Mourinho akan melanjutkan kariernya.

“Di dalam fase singkat hidup saya ini, yang saya harap cuma sampai Juni saja. Saya lebih memperhatikan apa yang orang lain akan lakukan daripada apa yang saya lakukan,” pria berusia 56 tahun itu mengatakan dilansir ESPNFC.

Sepanjang kariernya, Mourinho telah melatih di Portugal, Spanyol, Italia, dan Inggris dengan memenangi total 25 trofi juara.
(rin/rin)

Penjelasan Kemenag Soal Pemecatan Dosen Bercadar di IAIN Bukittinggi

Liputan6.com, Jakarta – Kementerian Agama membenarkan adanya dosen bercadar bernama Hayati Syafri yang  diberhentikan sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN). Namun demikian, Kemenag membantah diberhentikannya karena penampilannya yang bercadar.

“Hayati Syafri diberhentikan sebagai ASN karena melanggar disiplin pegawai,” kata Kasubbag Tata Usaha dan Humas Itjen Kementerian Agama Nurul Badruttamam kepada wartawan di Jakarta, Sabtu (23/2/2019). 

Dia mengatakan pemberhentian Hayati sebagai ASN dosen Bahasa Inggris di IAIN Bukuttinggi itu sesuai data rekam jejak kehadiran secara elektronik melalui data sidik jari di kepegawaian kampus terkait.

“Berdasarkan hasil audit Itjen, ditemukan bukti valid bahwa selama tahun 2017 Hayati Syafri terbukti secara elektronik tidak masuk kerja selama 67 hari kerja,” kata dia.

Atas dasar itu, Nurul membantah jika pemberhentian Hayati dari ASN karena persoalan cadar. Akan tetapi, pemberhentian itu terjadi karena pertimbangan alasan kedisiplinan.

2 dari 2 halaman

Mengacu Regulasi PNS

Dia mengaku, mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 Pasal 3 ayat 11 dan 17. Dalam regulasi itu PNS yang tidak masuk kerja secara akumulatif minimal 46 hari kerja, tanpa keterangan yang sah dalam satu tahun, harus diberikan hukuman disiplin berat berupa diberhentikan secara hormat/tidak hormat.

Hayati, lanjut dia, juga terbukti sering meninggalkan ruang kerja dan tidak melaksanakan tugas lainnya pada 2018, seperti sebagai penasihat akademik dan memberikan bimbingan skripsi kepada mahasiswa. 

“Itu merupakan pelanggaran yang harus dikenai hukuman disiplin berat, yaitu diberhentikan dengan hormat sebagai PNS. Jika ada keberatan, Hayati Syafri masih mempunyai hak untuk banding ke Badan Pertimbangan Kepegawaian (BAPEK) ataupun ke PTUN,” kata Nurul.  

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:  

 

Kadis KLHK Aceh Bicara Lahan Prabowo, TKN: Eks Panglima Linge Bilang Sebaliknya

Jakarta – Kadis Lingkungan Hidup dan Kehutanan Aceh, Syahrial, menyebut PT Tusam Hutani Lestari diambil alih Prabowo Subianto saat Indonesia dalam kondisi krisis moneter dan dia menyatakan Prabowo sebagai pahlawan. Apa kata Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma’ruf Amin?

“Soal pengakuan Kepala Dinas LHK Aceh ya boleh-boleh saja seperti itu walaupun ada juga yang mengatakan waktu dari kombatan eks Panglima Linge Aceh yang justru mengatakan sebaliknya,” kata juru bicara TKN Ace Hasan Syadzily kepada wartawan, Kamis (21/2/2019).

Ace menegaskan pihaknya tidak mempersoalkan penguasaan lahan Prabowo jika sudah sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku. Ace lalu mengungkit soal waktu penguasaan lahan di Aceh oleh Prabowo.
“Namun kita harus jujur bahwa penguasaan lahan di Aceh tersebut oleh Pak Prabowo terjadi di saat negara kita sudah mulai pulih dari krisis moneter. Setahu saya krisis moneter itu terjadi pada saat 1998, di saat Pak Prabowo masih aktif sebagai militer dan setelah itu diberhentikan,” ucap Ace.

“Saat pemulihan krisis moneter Pak Prabowo waktu itu ke Yordania hingga akhirnya kembali ke Tanah Air untuk aktif kembali sebagai politisi dan ikut konvensi Partai Golkar,” imbuhnya.

Politikus Partai Golkar itu menegaskan penguasaan lahan oleh Prabowo bukan suatu persoalan. Namun, Ace menyoroti apa yang disebutnya sebagai inkonsistensi pernyataan dari Prabowo.

“Bagi saya sekali lagi bukan itu letak persoalannya. Namun menyangkut dua hal. Pertama soal inkonsistensi. Teriak-teriak penguasaan lahan yang tidak merata dan dikuasai oleh orang kaya selalu dilontarkan kubu Prabowo, dalam debat tersebut ternyata terungkap bahwa ada HGU yang luas itu dikuasai Prabowo,” sebut Ace.

Wakil Ketua Komisi VIII DPR itu menegaskan fakta Prabowo menguasai lahan di Aceh menunjukkan suatu sikap paradoks. “Ini semakin menunjukkan sikap paradoks seorang Prabowo. Di satu sisi sering berkata atas nama rakyat yang kesulitan mendapatkan lahan akibat makin terbatasnya lahan sebagaimana kritiknya dalam debat tersebut. Tetapi pada kenyataannya terjadi penguasaan lahan yang sangat luas yang dikuasai oleh dirinya,” sebut Ace.

Sebelumnya diberitakan, Syahrial mengungkapkan soal pengambilalihan PT Tusam Hutani Lestari oleh Prabowo. Syahrial menyebut perusahaan itu diambil alih Prabowo saat krisis moneter.

Selain itu, terkait perizinan, lahan yang dimiliki Prabowo disebut tidak bermasalah.

“Pada saat itu, mereka punya tunggakan kepada negara atas pinjaman dana reboisasi. Jadi, saat krisis moneter, aset-aset utang itu diperhitungkan semua. Jadi perusahaan kala itu mungkin diambil alih oleh Prabowo,” kata Syahrial.
(gbr/fdu)



<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Migo Dilarang Polisi Mengaspal di Jakarta, Ini Ketentuannya

Jakarta – Polda Metro Jaya menegaskan sepeda listrik Migo dilarang beroperasi di jalanan Ibu Kota. Migo tidak boleh mengaspal sebelum mengantongi izin operasi.

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Muhammad Nasir menjelaskan ketentuan operasional sepeda listrik diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) No 55 Tahun 2012 tentang Kendaraan.

“Jadi, kendaraan sepeda listrik itu ada batasan kecepatannya. Ketentuannya diatur dalam Pasal 12 ayat (3) PP No 55 Tahun 2012,” kata Nasir saat dihubungi detikcom, Jumat (15/2/2019) malam.

Pasal 12 ayat (3) PP No 55 Tahun 2012 berbunyi:

“Ketentuan sebagaimana dimaksud pada ayat (2) huruf b sampai dengan huruf e tidak berlaku untuk Kendaraan Bermotor yang dirancang dengan kecepatan tidak melebihi 25 (dua puluh lima) kilometer per jam pada jalan datar.”

Sedangkan Pasal 12 ayat (2) berbunyi:

“Motor penggerak sebagaimana dimaksud pada ayat (1) harus memenuhi persyaratan:
a. mempunyai daya untuk dapat mendaki pada jalan tanjakan dengan sudut kemiringan minimum 8 (delapan derajat) dengan kecepatan minimum 20 (dua puluh) kilometer per jam pada segala kondisi jalan;
b. motor penggerak dapat dihidupkan dari tempat duduk pengemudi;
c. motor penggerak Kendaraan Bermotor tanpa Kereta Gandengan atau Kereta Tempelan, selain Sepeda Motor harus memiliki perbandingan antara daya dan berat total Kendaraan berikut muatannya paling sedikit sebesar 4,50 (empat koma lima puluh) kilo Watt setiap 1.000 (seribu) kilogram dari JBB atau JBKB;
d. motor penggerak pada Kendaraan Bermotor yang digunakan untuk menarik Kereta Gandengan, Kereta Tempelan, bus tempel dan bus gandeng, selain Sepeda Motor harus memiliki perbandingan antara daya dan berat total Kendaraan berikut muatannya paling sedikit sebesar 5,50 (lima koma lima puluh) kilo Watt setiap 1.000 (seribu) kilogram dari JBB atau JBKB; dan
e. perbandingan antara daya motor penggerak dan berat Kendaraan khusus atau Sepeda Motor ditetapkan sesuai dengan kebutuhan lalu lintas dan angkutan serta kelas jalan.”

Sementara sepeda listrik Migo memiliki kecepatan di atas 25 Km/Jam.

“Migo kecepatannya mencapai 45 Km/Jam, maka dia harus mendapatkan izin operasional terlebih dahulu dari Kemenhub kalau DKI Jakarta dari Dishub. Nah, dia belum punya izin itu,” paparnya.

Setelah mendapat izin operasi, Migo harus mendapatkan izin laik jalan. Setelah mendapatkan izin laik jalan, agar kendaraan tersebut bisa beroperasi di jalan raya, maka Migo harus meregistrasikannya di Samsat.

“Setelah dapat izin itu baru diregistrasikan di kepolisian, setelah diregistrasi baru diberikan identitas kendaraan dalam bentuk STNK,” katanya.

Selama aturan itu belum dipenuhi, maka Migo dilarang beroperasi di jalan umum atau jalan raya.

“Kalau di gang, area perkebunan atau area perumahan yang tidaka da rambu-rambu lalu lintas, masih boleh,” tuturnya.

Karena belum mengantongi izin tersebut, maka polisi akan menindak Migo ketika kedapatan beroperasi di jalan umum.

“Tindakannya diberhentikan dan kendaraannya dikandangkan,” ujar Nasir.

Saksikan juga video ‘Layanan Penyewaan Sepeda Listrik Kini Menyapa Jakarta’:

[Gambas:Video 20detik]

(mea/fdn) <!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Top 3: Waspada, Ini Daftar 231 Pinjaman Online Ilegal dari OJK

Liputan6.com, Jakarta – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengeluarkan daftar 231 Penyelenggara Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi (Fintech Peer-To-Peer Lending) yang tidak memiliki izin.

Aktivitas 231 Fintech Peer-To-Peer Lending ilegal ini telah resmi diberhentikan oleh tim Satuan Tugas Penanganan Dugaan Tindakan Melawan Hukum di Bidang Penghimpunan Dana Masyarakat dan Pengelolaan Investasi atau Satgas Waspada Investasi.

Baca Juga


Ketua Satgas Waspada Investasi, Tongam L. Tobing, sebelumnya meminta masyarakat untuk tidak melakukan pinjaman terhadap Fintech Peer-To-Peer Lending yang tidak terdaftar atau izin OJK. Ini agar terhindar dari ulah Fintech Peer-To-Peer Lending ilegal tersebut.

Informasi mengenai daftar pinjaman online tak berizin dari OJK menjadi artikel yang paling dicari pembaca. Lengkapnya, berikut 3 artikel terpopuler di kanal bisnis Liputan6.com:

1. Hati-Hati, Ini Daftar 231 Pinjaman Online Ilegal dari OJK

Saat ini banyak entitas Fintech Peer-To-Peer Lending yang melakukan kegiatan melalui aplikasi yang terdapat di Appstore atau Playstore. Bahkan, juga di media sosial yang tidak terdaftar dan tidak berizin dari OJK, sesuai Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 77/POJK.01/2016, sehingga berpotensi merugikan masyarakat.

Dari seluruh fintech tersebut, ada 231 pinjaman online ilegal telah dirilis OJK. Mau tahu mana saja penyelenggara pinjaman online ilegal tersebut? Selengkapnya baca di sini!

2 dari 3 halaman

2. Mau Kerja di PLN? Cek Lowongan Kerja Terbarunya di Sini

Bagi Anda lulusan D3, D4/S1 yang tertarik berkarier di salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN), terutama PT PLN (Persero), segera persiapkan diri terbaik Anda karena PLN kembali membuka lowongan kerja terbaru.

Kali ini, PLN membuka lowongan kerja dengan menyediakan 19 posisi sekaligus untuk empat wilayah, yaitu Yogyakarta, Surabaya, Bandung, dan Medan. Pendaftaran lowongan kerja dibuka mulai 11-15 Februari 2019.

Mau tahu lokasi tes, profesi yang dibuka, persyaratan umum bagi para pelamar, persyaratan berkas lamaran, dan tata cara pendaftaran lowongan kerja tersebut? Selengkapnya baca di sini!


3 dari 3 halaman

3. Deretan YouTuber Indonesia Berpenghasilan Fantastis, Siapa Saja?

Siapa yang tidak mengenal YouTube? Hampir semua generasi milenial sekarang ini pasti tahu YouTube, bahkan bagi sebagian orang, YouTube sudah menjadi pekerjaan utama. Tahukah Anda berapa penghasilan yang didapatkan YouTuber Indonesia?



Penghasilan Para YouTuber Indonesia yang Fantastis

Mungkin sebagian dari Anda belum tahu apa sih YouTuber itu dan apa yang mereka lakukan. Nah, YouTuber sendiri merupakan istilah bagi seseorang yang membuat konten kreatif di channel YouTube secara konsisten.

Sebelumnya, YouTube dianggap hanya dijadikan sebagai hobi atau sambilan, tetapi karena maraknya milenial yang lebih tertarik untuk menonton YouTube dibandingkan menonton televisi, semakin banyak YouTuber yang bermunculan dengan konten yang mereka sajikan secara berbeda-beda.

Pernah terpikir berapa penghasilan YouTuber Indonesia? Bagaimana YouTuber mendapatkan penghasilan hanya dengan mengunggah video? Selengkapnya baca di sini!