Mahfud Md: Hasil Pemilu Tak Bisa Dibawa ke Peradilan Internasional

Liputan6.com, Jakarta – Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud Md menegaskan hasil pemilu tidak bisa diproses di peradilan internasional. Ia menyebut hanya ada dua jenis kasus yang bisa dibawa ke peradilan internasional yaitu sengketa antarnegara dan kejahatan kemanusiaan.

Sebagaimana ketentuan yang diatur dalam undang-undang mengenai pemilu, Mahkamah Konstitusi merupakan peradilan yang mendapat kewenangan menyelesaikan sengketa hasil pemilu. Sehingga tidak ada mekanisme hukum yang memungkinkan membawa sengketa itu ke peradilan internasional atau PBB.

“Di sini sudah disediakan semua di negara ini. Ada MK, ada Bawaslu, ada peradilan umum kalau itu kecurangan dalam bentuk pidana. Jadi tidak ada mekanisme hukumnya orang mengadu ke peradilan internasional, itu ndak ada,” ujar Mahfud Md di kantor KPU, Jakarta, Rabu (9/4/2019).

Menyadari intensitas masyarakat terhadap segala isu di masa pemilu 2019, Mahfud mengajak seluruh masyarakat mendukung sekaligus mengawasi kinerja dan transparansi KPU. Ia juga mengajak agar seluruh lembaga terkait pemilu seperti Bawaslu dan DKPP juga bersikap netral.

“Kami menyerukan semua institusi yang berfungsi seperti pengawas pemilu, kepolisian, DKPP, bersikap netral dan bertindak adil sebagai wujud tanggung jawab dan mengemban amanat konstitusi,” ujar Mahfud Md.

Sebelumnya, Direktur Komunikasi dan Media Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga, Hashim Djojohadikusumo mengatakan pihaknya ingin pemilu serentak 2019 berjalan adil tanpa ada kecurangan. Jika terbukti ada kecurangan, pihaknya akan menggugat hingga ke tingkat internasional seperti Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

“Mungkin gugatan ke Bareskrim, mungkin lapor Interpol, tergantung bagian hukum. Kami mau lapor ke International Court of Justice, kami lapor ke Geneva, human rights, kami lapor PBB, ke semua pihak,” kata Hashim saat ditemui di Hotel Ayana Midplaza, Jakarta, Senin (1/4/2019).

Hashim menegaskan pihaknya siap menempuh semua jalur dan melaporkan ke semua lembaga yang sah. “Kalau ada kecurangan yang tidak ditangani dengan baik kami laporkan ke semua pihak. PBB, UNSC, semua pihak yang sah,” kata Hashim.

Panas Debat Capres Soal Tentara Dibawa ke Kampanye Terbuka

Jakarta – Isu soal tentara dalam sesi debat tema pertahanan belum selesai dibahas. Panas di panggung debat semalam, kini dibawa ke kampanye terbuka oleh capres petahana Joko Widodo (Jokowi).

Isu soal tentara ini pertama kali dibahas pada debat antarcapres putaran keempat, Sabtu (30/3). Capres 02 Prabowo Subianto awalnya menepis paparan teknologi pertahanan yang disampaikan Jokowi di panggung debat. Menurut Prabowo, Jokowi hanya mendapatkan laporan ABS alias ‘asal bapak senang’.

Dari pernyataan itu, Jokowi menimpali dengan mengatakan capres 02 tak percaya dengan TNI. “Saya melihat Pak Prabowo tidak percaya pada TNI kita,” ujar Jokowi di atas panggung debat di Shangri-La Hotel, Jakarta.

Jokowi mengaku melihat langsung bagaimana pembangunan Armada 3 yang diperintahkannya berlangsung. Kekuatan pertahanan TNI, disebut Jokowi, mampu mendeteksi serangan dari berbagai bidang.

“Saya yang sipil, saya sangat percaya pada TNI yang kita miliki karena misalnya saya di Natuna, saya lihat sendiri dibangun, saya cek di Sorong, ada barangnya,” kata Jokowi.

Balasan Jokowi itu rupanya memantik emosi Prabowo. Capres 02 itu menegaskan dirinya merupakan sosok TNI. Dia juga mempertaruhkan nyawa saat berdinas di militer.

“Kalau ada armada asing masuk ke laut kita, apa yang kita bisa buat, jadi bukan saya tidak percaya. Saya TNI, Pak, saya pertaruhkan nyawa di TNI, saya lebih TNI dari banyak TNI,” kata Prabowo.

<!–

Ikuti berbagai berita menarik hari ini di program “Reportase Sore” TRANS TV Senin sampai Jumat pukul 16.45 WIB

–>

Protes Tarif MRT, M Taufik Minta Kesepakatan Anies-Ketua DPRD Dibawa ke Rapim

Jakarta – Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta M Taufik memprotes penetapan tarif MRT sebesar Rp 10.000/10 kilometer. Taufik merasa anggota DPRD DKI Jakarta lainnya tidak dilibatkan dalam pembahasan tersebut.

“Itu kan kesepakatan Pak Anies sama Pak Ketua (DPRD DKI) Prestio Edi (Pras). Hasil rapim kan Rp 8.500. Karena saya kira harusnya kesepakatan itu dibawa ke rapim,” kata Taufik di Gedung DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Rabu (27/3/2019).

Taufik mendesak tarif MRT dibahas lagi dengan DPRD DKI Jakarta. Dia menilai penetapan tarif antara Anies dan Pras pribadi menyalahi prosedur.

“Kan mekanisme harus dilalui secara betul. Paling penting adalah penetapan tarif harus dilalui secara betul,” jelasnya.

Protes Tarif MRT, M Taufik Minta Kesepakatan Anies-Ketua DPRD Dibawa ke RapimFoto: Anies dan Ketua DPRD DKI sepakati tarif MRT Jakarta (Arief/detikcom)

Taufik tidak mempermasalahkan anggaran yang akan membengkak bila subsidi makin besar untuk MRT. Menurutnya, banyak anggaran yang tidak terserap maksimal sebaiknya dialihkan ke subsidi transportasi.

“Kalau saya mau gratis. Pak Anies sekarang ngitung dari mana, ayo kita itung bareng. Kan sekarang DKI duitnya besar ini,” jelasnya.

Taufik menampik desakan terkait tarif MRT berhubungan dengan Pileg. Dia menegaskan APBD harus dinikmati oleh warga DKI Jakarta kebanyakan.

“Subsidi besar baik nggak buat masyarakat. APBD buat siapa? Ya udah itu aja,” sebutnya.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Ketua DPRD DKI, Prasetio Edi, menyepakati tarif MRT yang dia ajukan. Tarifnya bukan Rp 8.500 melainkan sesuai dengan jarak perjalanan.

“Alhamdulillah kita diskusikan bersama di ruang Pak Ketua DPRD dan seperti saya sampaikan MRT ini moda transportasi yang baru di Indonesia. Penghitungan mendasarkan pada stasiun. Alhamdulillah ini tabelnya,” kata Anies di DPRD DKI Jakarta, Selasa (26/3).

“Alhamdulillah sudah disepakati angka yang tercantum di tabel ini. Inilah yang akan diumumkan kepada masyarakat di Jakarta,” sambungnya.

Sambil tersenyum, Anies menunjukkan tabel harga tarif MRT yang telah ditandatanganinya dan Pras dengan tulisan ‘disetujui’. Pras yang ada di samping Anies juga tersenyum.

Dalam tabel yang ditunjukkan Anies, terlihat tarif paling murah sebesar Rp 4.000 dan paling mahal Rp 14.000. Tarifnya tergantung stasiun keberangkatan dan kedatangan.
(fdu/idn)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Jenazah Wanita Calon Pendeta Korban Perkosaan Dibawa ke Nias

Palembang – Jenazah wanita korban perkosaan di perkebunan kepala sawit di daerah Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan, dibawa ke Nias, Sumatera Utara.

Jenazah diberangkatkan dari Gereja Kristen Injili Indonesia (GKII) Palembang, Rabu (27/3/2019). Sebelum diberangkatkan, dilakukan ibadah doa untuk korban.

“Langsung dibawa sama keluarga ke Nias untuk disemayamkan sebelum dimakamkan,” ujar kerabat korban, Diana.

Sebelumnya korban yang diketahui calon pendeta ini lebih dulu dibawa ke RS Bhayangkara untuk visum. Korban mengalami perkosaan pada Senin (25/3). Korban ditemukan di area PT PSM Divisi III Blok F19, Sungai Baung, Bukit Batu, OKI.

Korban bersama temannya dihadang pelaku yang diketahui berjumlah 2 orang. Selanjutnya kedua korban dibekap dan lehernya diikat dengan karet. Wanita tersebut dan temannya yang tidak tahan akhirnya pingsan.

Teman korban diketahui selamat dari kejadian tersebut tapi belum bisa memberikan keterangan kepada polisi.

“Menurut keterangan dari saksi selamat pelakunya dua orang. Jadi dugaan kami ini pelakunya orang dekat,” terang Kabid Humas Polda Sumsel, Kombes Supriadi, Selasa (26/3).

Supriadi mengatakan dugaan pelaku orang dekat ini menguat karena pelaku menggunakan kain sarung untuk menutupi wajah. Selanjutnya para pelaku menghadang korbannya ketika melintasi kebun sawit yang lokasinya tak jauh dari pemukiman warga.

“Mereka sedang naik motor berdua saat dihadang. Motor sudah ditemukan tidak jauh dari lokasi penemuan mayat. Kalau kami yakin pelakunya ini orang dekat lah, makanya dia pakai penutup wajah,” kata Supriadi.
(fdn/rvk)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Pakai Rompi Tahanan, Jokdri Dibawa Penyidik ke Rutan Polda Metro

Jakarta – Eks Plt Ketum PSSI Joko Driyono (Jokdri) selesai menjalani pemeriksaan sebagai tersangka kasus perusakan barang bukti match fixing atau pengaturan skor pertandingan sepakbola. Jokdri terlihat mengenakan rompi tahanan berwarna oranye.

Pantauan detikcom di Gedung Direktorat Reserse Kriminal Umum, Polda Metro Jaya, Jakarta, Selasa, (26/3/2019) pukul 00.15 WIB, Jokdri keluar dari ruangan penyidik. Jokdri bersama penyidik Satgas Anti Mafia Bola berjalan menuju Rumah Tahanan (Rutan) Polda Metro Jaya.

Jokdri enggan berkomentar saat dimintai tanggapan soal penahanan. Tangannya masuk ke saku celana dan pandangan matanya terlihat mengarah ke bawah.

Sebelumnya, Jokdri menjalani pemeriksaan sejak Senin (25/3) pukul 10.00 WIB. Jokdri akan mendekam di Rutan Polda Metro Jaya selama 20 hari.

“Saat ini proses penyidikan berjalan. Semoga kita bisa tuntaskan, termasuk berkas perkara JD, yang dilakukan penahanan hari ini,” kata Kasatgas Antimafia Bola Polri Brigjen Hendro Pandowo di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (25/3).

Jokdri dijerat dengan Pasal 363 KUHP dan/atau Pasal 265 KUHP dan/atau Pasal 233 KUHP. Pasal-pasal tersebut pada intinya mengenai tindakan pencurian dengan pemberatan atau perusakan barang bukti yang telah terpasang police line.
(zak/zak)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

KPK Selesai Geledah Kantor Menag, 2 Koper Hitam Dibawa

Jakarta – Penyidik KPK selesai menggeledah kantor Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. Dua koper hitam besar berisi barang dan dokumen hasil sitaan dibawa dari lokasi.

detikcom memantau suasana di Gedung Kementerian Agama (Kemenag), Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Senin (18/3/2019). Sekitar pukul 19.25 WIB terlihat ada sekitar 7 orang penyidik KPK keluar dari lift.

Para penyidik KPK ini melangkah cepat keluar dari gedung dengan membawa 2 unit koper warna hitam. Koper-koper ini dimasukkan ke dalam mobil.

KPK selesai menggeledah kantor MenagKPK selesai menggeledah kantor Menag Foto: Adhi Indra Prasetya/detikcom

Tidak ada pernyataan dari para penyidik KPK. Usai berkemas, mereka langsung masuk ke dalam 3 unit mobil yang telah terparkir dan meninggalkan lokasi.

Penggeledahan ini sendiri terkait kasus dugaan suap pengisian jabatan di Kemenag dengan tersangka anggota DPR yang juga eks Ketum PPP Romahurmuziy (Rommy), Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Gresik Muhammad Muafaq Wirahadi, serta Kepala Kantor Wilayah Kemenag Jawa Timur Haris Hasanuddin.

Kabiro Humas KPK Febri Diansyah sebelumnya menyatakan yang digeledah adalah ruang Menag Lukman Hakim Saifuddin, ruang Sekjen Kemenag Nur Kholis Setiawan dan ruang Kepala Biro Kepegawaian Kemenag.

Dari ruang Menag, duit senilai ratusan juta rupiah disita. Selain itu, KPK juga menyita dokumen terkait hukuman disiplin terhadap pejabat Kemenag yang jadi salah seorang tersangka di kasus ini.

“Disita dari ruang Menteri Agama sejumlah uang dalam bentuk rupiah dan dolar dengan nilai ratusan juta rupiah,” kata Febri di gedung KPK, jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Senin (18/3/2019).

KPK selesai menggeledah kantor MenagKPK selesai menggeledah kantor Menag Foto: Adhi Indra Prasetya/detikcom

KPK mengamankan Rommy dalam operasi tangkap tangan (OTT) di Surabaya, Jumat (15/3). Rommy kemudian ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan suap pengisian jabatan di Kemenag pusat dan daerah.
Selain Rommy, KPK memang menetapkan 2 orang pejabat Kemenag sebagai tersangka. Keduanya adalah Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Gresik Muhammad Muafaq Wirahadi dan Kepala Kantor Wilayah Kemenag Jawa Timur Haris Hasanuddin. Adapun salah satu tersangka yang pernah dijatuhi hukuman disiplin adalah Haris Hasanuddin.

Diduga, Rommy menerima total Rp 300 juta untuk mengurus proses seleksi jabatan bagi Muafaq dan Haris Hasanuddin. KPK menyebut Muafaq diduga memberikan duit Rp 50 juta pada Jumat (15/3) kepada Rommy, sedangkan Haris diduga memberikan duit Rp 250 juta ke Rommy pada 6 Februari 2019.
(hri/fdn)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Jenazah Ibunda Ustaz Abdul Somad Dibawa ke Medan untuk Dimakamkan

Jakarta – Ibunda Ustaz Abdul Somad, Hj Rohana meninggal dunia pagi ini. Teman-teman artis pun banyak yang turut berduka mendengar kabar duka tersebut.

Arie Untung menuliskan dalam laman Instagramnya, Rohana meninggal dunia di Rumah Sakit Sansani, Pekanbaru. Kini, jenazah pun sudah diurus untuk segera dimakamkan.

“Innalillahi Wainnalillahi Raji’un .. telah berpulang ke rahmatullah ibu hj. rohana .. ibunda ustadz Abdul Somad pagi tadi di RS.Sansani pku,” tulis Arie Untung dilihat detikHOT, Senin (18/3/2019).

“Jenazah langsung dibawa ke Medan utk dikebumikan di kampung halamannya Semoga Husnul Khatimah .. Aamiin Yarabb,” sambungnya.

[Gambas:Instagram]

Sebelumnya Teuku Wisnu juga sudah mengungkapkan bela sungkawanya. Lebih dari lima ribu netizen berkomentar dan turut berduka dengan kepergian ibunda sang ustaz.
(pus/kmb)

Photo Gallery

1 1 2 3 4 5 6

Ini Mobil Tangki Pertamina yang Dibajak dan Dibawa ke Depan Istana

Senin 18 Maret 2019, 12:04 WIB

Foto News

Agung Pambudhy – detikNews

Jakarta detikNews – Mobil tangki Pertamina yang dibajak sekelompok orang dan dibawa ke depan Istana, kini dalam penguasaan polisi. Mobil tangki tersebut kini diparkir di area Monas

Pantauan di lokasi, kedua mobil tangki Pertamina berisi biosolar itu diparkir di silang Monas, Senin (18/3/2019).

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com

4 Korban Helikopter Jatuh Dibawa ke RS SMC Tasikmalaya

Tasikmalaya – Helikopter milik PT Air Transport Service jatuh di Jayaratu, Sariwangi, Tasikmalaya, Jawa Barat, Sabtu (16/3/2019). Helikopter berisi empat orang.

“Di dalam helikopter ada empat orang. 2 crew dan 2 pax,” kata Jubir Basarnas Jabar Joshua Banjarnahor via pesan singkat.

Heli jatuh ini terbang dengan rute Kawalu-Wanaraja. Basarnas Jabar mengirim 1 tim rescue dari Pos SAR Tasikmalaya.
Pantauan di lokasi, saat ini Tim SAR tengah mengevakuasi helikopter. Warga berkerumun di lokasi kejadian.

“Seluruh korban dibawa ke RS SMC Singaparna Tasikmalaya,” kata Joshua.

(bbn/bbn)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Ketum PPP Rommy dan 4 Orang yang Ditangkap KPK Dibawa ke Jakarta

Surabaya – Ketum PPP Romahurmuziy sempat menjalani pemeriksaan oleh petugas KPK di Polda Jatim. Namun diam-diam Rommy dibawa petugas KPK ke Bandara Juanda. Kabarnya, Rommy diterbangkan ke Jakarta sore ini dengan pesawat Batik Air.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera saat dikonfirmasi membenarkan bahwa Rommy memang sudah keluar dari ruang Subdit III Tipidkor.

“Sudah keluar itu, dari tadi habis salat Jumat jam-jam satu setengah dua. (pertanyaan Rommy dibawa ke Juanda ) Semua itu di KPK ya,” kata Barung saat dihubungi, Jumat (15/3/2019).
Informasi yang dihimpun, Rommy keluar sekitar pukul 14.18 WIB menggunakan Hiace warna silver.

Puluhan wartawan yang menunggu Ketum PPP Romahurmuziy keluar dari ruang Subdit III Tipidkor Polda Jatim, terkecoh. Pasalnya penyidik KPK mengeluarkan Rommy dari pintu belakang.

KPK menyebut OTT yang menjerat Romahurmuziy berkaitan dengan pengisian jabatan di Kementerian Agama (Kemenag). Pengisian jabatan itu untuk wilayah pusat dan daerah.

“Pengisian jabatan di Kemenag pusat dan daerah,” ucap Kabiro Humas KPK Febri Diansyah di gedung ACLC, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Jumat (15/3/2019).

KPK menyebut total ada 5 orang yang terjaring dalam OTT di Jawa Timur (Jatim). Salah seorang di antaranya merupakan Ketua Umum PPP Romahurmuziy alias Rommy.

“Tim KPK mengamankan 5 orang,” ujar ebri Diansyah.
(fat/bdh)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>