Dibanding Adiknya, Anak Pertama Lebih Banyak Dapat Pendidikan Seks dari Orangtua

“Selain melihat perbedaan dalam pendidikan seks menurut urutan kelahiran, kami juga menemukan perbedaan yang jelas antara jenis kelamin di semua kategori urutan kelahiran, pria secara secara konsisten melaporkan keterlibatan orangtua yang lebih rendah dalam pendidikan seks dibandingkan wanita,” kata pimpinan penelitian Dr. Lotte Elton.

Sementara itu, para ilmuwan menemukan bahwa anak tengah dan terakhir lebih mungkin untuk mendapatkan pendidikan seks dari saudara mereka.

“Dalam temuan kami, kesulitan yang dihadapi pria saat berbicara tentang seks pada orangtua akan diperburuk jika mereka anak tengah atau terakhir.”

Peneliti senior dari LSHTM Wendy Macdowall mengatakan, temuan tersebut menunjukkan bahwa urutan kelahiran serta gender bisa memengaruhi keterlibatan orangtua soal pendidikan seks pada anak-anaknya.

Di sisi lain, para peneliti juga mengungkapkan ada keterbatasan dalam studi itu. Yang terpenting bahwa anak-anak tengah memiliki karakteristik sosio-demografi yang berbeda, termasuk kelas sosial dan etnis dibandingkan anak kelahiran pertama dan terakhir. Temuan ini dipublikasikan di jurnal Sex Education.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *