Saat Sandi Dialog Soal Lapangan Kerja-Sembako Murah ke Emak-emak di Medan

Jakarta – Cawapres Sandiaga Uno menyapa emak-emak di Medan, Sumatera Utara. Dalam kesempatan itu Sandi sempat berdialog mengenai lapangan kerja hingga kebutuhan bahan pokok.

“Saya mau nanya cari kerja di Medan susah atau susah kali? Harga-harga telor, ayam mahal atau murah?”, tanya Sandi kepada emak-emak yang hadir di Tiara Convention Center, Medan, Sumatera Utara, Minggu (7/4/2019).

Para emak-emak yang ada di gedung itu pun kompak menjawab pertanyaan Sandi. “Susah kali dan mahal,” teriak emak-emak.

Tak lupa, Sandi pun meminta para emak-emak untuk datang ke TPS pada 17 April mendatang.

“Jika ingin hidup lebih baik, harga-harga terjangkau stabil, penyediaan dan penciptaan lapangan kerja, ya tusuk Prabowo Sandi,” kata Sandi dalam acara Khatam Al Quran tersebut.

Sandi berjanji, dirinya bersama Prabowo tidak akan ingkar janji dengan program yang dikenalkan ke masyarakat selama masa kampanye Pilpres 2019. Dia pun berterimakasih kepada para pembaca Khatam Al Quran dan mendoakan Indonesia menjadi lebih baik.

Saat Sandi Dialog Soal Lapangan Kerja-Sembako Murah ke Emak-emak di MedanFoto: Sandiaga terima sumbangan dari warga di Medan (dok. Istimewa).

Dalam acara itu, Sandi juga mendapatkan uang dua kantong plastik dari warga yang hadir.

“Ini yang membuat saya menangis, membuat saya terjari. Sumbangan dari masyarakat terus berdatangan untuk perjuangan ini. Terima Kasih sebesar-besarnya,” kata Sandi saat menerima sumbangan tersebut.
(nvl/ibh)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Pemprov Jabar: Warga Korban Banjir Bukan Labrak Ridwan Kamil, Hanya Dialog

Bandung – Humas Pemprov Jabar menepis adanya warga korban banjir Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung yang melabrak Ridwan Kamil. Warga berinisial P itu hanya berdialog dengan gubernur Jabar.

Kasubbag Humas Pemprov Jabar Azis Zulfikar mengatakan kunjungan Emil sapaan Ridwan Kamil ke lokasi banjir Dayeuhkolot menyita perhatian warga. Salah satunya warga berinsial P tersebut.

“Bapak P ini memiliki toko lalu keluar untuk melihat rombongan pak gubernur yang datang, bapak P ini menyapa dan berdialog dengan pak gubernur,” kata Aziz kepada detikcom, Sabtu (6/4/2019) malam.

Menurutnya warga itu mengeluhkan banjir yang sudah berlangsung selama dua bulan menggenangi wilayahnya kepada orang satu di Jabar tersebut. Ia lalu meminta solusi kepada Emil.

“Selain itu (bapak P) meminta pendistribusian bantuan yang merata. Pak gubernur tidak merasa ada warga yang melabrak, hanya berdialog,” tutur dia.

Dalam kesempatan itu, Emil yang mengenakan kaos biru menjelaskan berbagai rencana program pembangunan mengatasi banjir. Ia meminta warga bersabar dengan proses pembangunan yang berlangsung.

“Untuk pendistribusian bantuan Kang Emil menjelaskan bantuan dari Provinsi sudah di drop,” ungkap Emil.

Diberitakan sebelumnya, seorang warga berinisial P melabrak Ridwan Kamil yang tengah meninjau lokasi banjir Dayeuhkolot. Ia mempertanyakan solusi banjir di wilayah tersebut.
(mud/ern)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Dialog dengan Santri API, Jokowi Diberi Tulisan ‘Ojo Nesu’

Magelang – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendapatkan tulisan ‘jangan lupa bahagia’ dan ‘ojo nesu (jangan marah, red)’ dari seorang santri di Ponpes Asrama Perguruan Islam (API) Magelang. Santri tersebut bernama Bisri Musthofa alias Bisma.

“Kenapa berani nulis jangan lupa bahagia? Untuk siapa?” ujar Jokowi di Ponpes API, Tegalrejo, Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (23/3/2019).

“Untuk kita semua pak. Khususnya untuk njenengan (Anda, red) karena berkat njenengan santri diakui,” kata Bisma.


Jokowi menegaskan dirinya selalu mensyukuri segala pemberian Allah SWT. Bisma pun menjelaskan maksud bahagia yang ia tulis.

“Bahagia itu taat ibadah kepada Gusti Allah. Takzim kaleh pemerintah. Nderek kalih syekh. Selalu tersenyum dalam keadaan apa pun,” ujar Bisma.

Jokowi kemudian meminta Bisma menjelaskan maksud tulisan ‘ojo nesu’ dan Bisma memberikan contoh sudah lama menunggu kehadiran Jokowi. Mantan Gubernur DKI ini menjelaskan bahwa dirinya menjalani aktivitas padat.

“Apa yang ingin saya sampaikan jadwalnya padat sekali. Sekali meleset sedikit semua acara terlambat. Yang keliru bukan saya. Yang ngatur,” kata Jokowi.

Jokowi kembali bertanya maksud ‘ojo nesu’. Kali ini, Bisma tampak deg-degan.

“Ojo nesu jangan marah. Karena segala sesuatu yang dibawa dengan emosi dan dipikir dengan marah akan hasilkan tidak baik,” tutur Jokowi.
(dkp/idh)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Cara Membuat Aplikasi Android, Sederhana dan Bisa Dibuat Sendiri

Liputan6.com, Jakarta Pada era global saat ini peralatan komunikasi seperti gadget dan smartphone makin canggih.  Banyak aplikasi yang ditawarkan dari  Android Market, akan tetapi jika kita mengunduh dan menginstall harus membayar, walaupun ada beberapa yang gratis. 

Terkadang  kamu tidak puas dengan software bawaan yang dibangun oleh vendor, sehingga kamu terdorong untuk menambahkan aplikasi-aplikasi yang dapat dijalankan pada sistem operasi Android dengan mencari cara membuat aplikasi android yang sederhana. Untuk menambahkan sebuah aplikasi ke ponselmu yang berbasis Android, tentunya tidaklah semudah kalau aplikasi itu dibangun dengan menggunakan sebuah PC.

Nah, kali ini Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber cara membuat aplikasi android sederhana Jumat (1/3/2019).

2 dari 4 halaman

Cara Membuat Aplikasi Android di Android Studio

Sebelum membahas cara membuat aplikasi android, kamu harus tahu apa saja yang harus diinstal jika ingin membuat aplikasi android di Android Studio. Beberapa yang harus kamu install adalah sebagai berikut:

1. Download JDK (Java Development Kit). Ini adalah salah satu software development environment yang berguna untuk mengembangkan aplikasi berbasis Java.

2. Install JDK dengan cara klik 2 kali intstallernya dan klik next

3. Download Andoid Studio

4. Install Android Studio

Buka Android Studio. Saat kamu membukanya akan muncul kotak dialog untuk konfigurasi awal Android Studio-mu. Klik do not import settings jika ini pertama kalinya kamu install android studio-Klik next

-Pilih tema Studio Android-mu

-Ceklis Android Virtual Device jika kamu ingin meng-install Emulator Android di PC mu. 

-Kamu akan diminta menentukan RAM yang akan dipakai oleh emulator

-Klik finish, maka Android Studio akan mendownload file-file yang dibutuhkan

5. Install Android SDK (Software Development Kit)

– Centang pada OS Android yang ingin kamu install SDK-nya di komputermu.

6. Selesai.

3 dari 4 halaman

Langkah membuat aplikasi android

Nah, itu tadi hal-hal yang akan kamu butuhkan untuk membuat aplikasi android di Android Studio. Untuk cara membuat aplikasi android, berikut penjelasannya.

1. Create new project

-Buka android studio dan pilih start a new android studio project

– Isikan nama aplikasinya dan pilih lokasi penyimpanan project android studionya.

– Pilih minimum OS Android yang dibutuhkan untuk menjalankan aplikasimu

-Pilih empty activity

– Beri nama activity yang akan dibuat lalu klik Finish

2. Tampilan Environment Android Studio

-Kamu cukup focus pada main activity dan activity_main.xml

3. Melihat Tampilan Android

-Buka file activity_main.xml

4. Jalankan aplikasi android

-Klik tombol play berwarna hijau

-Pilih dimana kamu akan menjalankan aplikasi androidnya

-Untuk yang punya smartphone android, pergi ke developer options di menu settings android-nya → Lalu aktifkan opsi USB Debugging → Tancapkan smartphone ke komputermu via kabel USB → Jika muncul peringatan di android mengenai perizinan USB Debugging, klik saja ALLOW → Install driver smartphone android di komputermu → (Kembali ke Android Studio) → Maka device android-mu akan muncul di dialog tadi di bagian Connected Devices. Klik device android-mu lalu klik OK, tunggu hingga proses compiling selesai dan aplikasi android-mu akan berjalan di smartphone-mu.

5. Selesai.

Android Studio sangat user-friendly. Dengan kesungguhan dan mau belajar kamu pasti bisa menguasainya dengan baik meskipun tidak mahir coding. 

4 dari 4 halaman

Cara Membuat Aplikasi Android Dengan AppsGeyser

Layanan AppsGeyser bisa kamu manfaatkan untuk membuat sebuah web app. Web app yaitu sebuah aplikasi yang memudahkan kamu untuk mengakses halaman web dari ikon aplikasi.

Caranya sebagai berikut;

1. Buka halaman websiter AppsGeyser kemudian klik tombol create now for free

2. Pilih  berbagai macam template aplikasi yang kamu inginkan, misal membuat webb app

3. Lalu masukkan halaman website yang kamu miliki lalu tekan Go untuk mengubah konten yang ada

4. Scroll ke bawah untuk memilih warna tema aplikasi dan klik Next untuk lanjutkan proses

5. Ketikkan nama aplikasi lalu tekan next

6. Masukkan deskripsi aplikasi yang sedang kamu buat, lalu next

7. Pilih ikon aplikasi yang tersedia atau kamu bisa buat sendiri dengan photoshop, lalu next

8. Lalu klik create untuk kamu membuat aplikasi sendiri. Kamu tinggal log in dengan cara sign in

9. Kamu juga bisa mempublish aplikasi yang kamu buat ke Google Play Store atau kamu bisa unduh secara langsung

10. Selesai.

Nah itu tadi penjelasan tentang cara – cara membuat aplikasi android sederhana yang bisa kamu ikuti dengan mudah yang bisa langsung kamu praktekkan. Kamu juga bisa temukan aplikasi yang dibuat oleh orang-orang lain di Google Play Store.

Dengan melihat aplikasi-aplikasi lain, kamu jadi bisa semakin belajar membuat aplikasimu sendiri.

Semoga dengan artikel diatas dapat menmbah pengetahuanmu tentang cara membuat aplikasi android-mu sendiri.

Cara Ngeprint Bolak Balik Word, Excel dan PDF Secara Otomatis

Liputan6.com, Jakarta Pasti kamu pernah mencetak tugas sekolah, makalah, atau skripsi yang sudah pasti kebanyakan hanya mencetak satu sisi di setiap kertasnya. Sedangkan sisi lainnya tetap kosong. Tentu saja itu hanya akan membuat boros kertas. Apalagi jika kamu ngeprint di tempat fotocopy pasti semakin banyak halaman akan semakin mahal.

Cara ngeprint bolak balik sangat membantu menghemat kertas dan biaya ketika harus mencetak ratusan lembar untuk keperluan tertentu. Dengan cara ngeprint bolak balik kamu bisa menghemat setengah cetakan, semisal harusnya 100 lembar menjadi hanya 50 lembar.

Untuk bisa melakukan print bolak balik tentunya lebih mudah menggunakan printer yang sudah support duplex sehingga bisa berjalan otomatis. Berikut cara ngeprint bolak-balik yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (1/3/2019).

2 dari 5 halaman

1. Print Bolak Balik Secara Otomatis

Jika printer yang digunakan sudah mendukung percetakan duplex, maka kamu dapat langsung mencetak dokumen secara bolak balik. Beberapa jenis printer biasanya menyediakan pengaturan otomatis yang akan mencetak dokumen duplex tanpa mengaturnya secara manual.

Untuk mengaktifkan fitur tersebut, silahkan beri tanda centang pada menu “Double-sided Printing” yang terdapat di bagian bawah pengaturan printer kamu.

Dengan begitu, kamu tidak perlu lagi melakukan pengaturan setiap kali akan mencetak dokumen yang panjang. Akan tetapi jika pengaturan otomatis tidak tersedia, maka kamu harus mengaturnya secara manual.

3 dari 5 halaman

2. Print Bolak Balik Secara Manual

Kamu harus mengubah pengaturan default menjadi duplex printing setiap kali hendak mencetak dokumen jika menggunakan cara manual. Ketika mencetak duplex secara manual, Microsoft Word akan mencetak setiap halaman di sisi pertama lembar kertas, kemudian kamu harus membalik kertas agar halaman selanjutnya bisa dicetak di sisi lain kertas. Berikut langkah-langkahnya:

– Cara ngeprint bolak balik masuk ke menu Print pada Microsoft Word.

– Pada menu Print On Both Side, pilih Yes Flip Over. Scroll ke bawah dan pilih “Manual Duplex”, kemudian simpan pengaturan.

– Kembali ke dokumen di Word. Print dokumen dan Word akan meminta kamu untuk memasukkan halaman untuk dicetak di sisi kertas selanjutnya.

Selain cara di atas, kamu juga dapat mencetak dokumen bolak-balik dengan cara manual yang lain. Cara ngeprint bolak balik di bawah ini sangat cocok untuk kamu yang menulis dokumen dengan tambahan halaman di bawah atau di atasnya seperti skripsi, jurnal, makalah, dan lainnya. Berikut langkah-langkahnya:

– Buka dokumen di Word, Klik “Print”.

– Pilih opsi “Print Odd Numbered Pages”, Klik “OK” untuk mencetak halaman ini.

– Masukkan kertas ke dalam printer. Perlu kamu ketahui, bahwa memcetak duplex secara manual ini mengharuskan kamu untuk membalik kertas untuk halaman selanjutnya. Coba terlebih dahulu di beberapa sampel kertas untuk memastikan umpan printer sebelum kamu mencetak halaman ganjil.

– Kembali ke dokumen di Word. Pilih “Print Even Numbered Pages” dan klik “OK” untuk mencetak halaman selanjutnya di sisi lain kertas

Cara ngeprint bolak balik ini mudah, meskipun bagi pemula cara ini cukup rumit. Namun, sebagian pengusaha percetakan atau warung internet menggunakan metode ini untuk mencetak dokumen pelanggan dengan cepat.

4 dari 5 halaman

3. Cara Ngeprint Bolak Balik Excel

– Klik Tab File pada Excel lalu pilih Print atau bisa juga CTRL+P

– Masuk menu Printer List silahkan pilih printer yang akan digunakan

– Di Setting nya pilih Print on Both Sides

– Kemudian pilih Flip sheets on long edge or Print on Both Sides

– Dan yang terakahir pilih Flip sheets on long edge

– Keluar menu setting printer lalu cetak dokumen dengan menekan tombol Print.

Pada Printer Yang Tidak Support Duplex Printing

– Klik Tab File pada Excel lalu pilih Print atau bisa juga CTRL+P

– Cara ngeprint bolak balik masuk menu Printer List silahkan pilih printer yang akan digunakan

– Cetak halaman pertama dengan mengisikan angka 1 pada Pages box lalu klik tombol Print

– Jika sudah selesai mencetak silahkan balik halaman tadi lalu masukkan ke printer

– Pada pages Pages box isikan angka 2 lalu klik tombol Print

– Untuk halaman ketiga dan seterusnya ulangi langkah diatas sampai semua halaman tercetak

5 dari 5 halaman

4. Cara Ngeprint Bolak Balik PDF

– Klik Tab File pada Adobe Reader lalu pilih Print atau bisa juga CTRL+P

– Pada Printer Dialog silahkan pilih Print On Both Sides Of Paper

– Print On Both Sides Of Paper

– Cara ngeprint bolak balik selanjutnya klik Print untuk melakukan pencetakan

Memang untuk semua software memiliki cara print yang hampir sama jadi bisa diterapkan dengan mudah. Lebih mudah apabila memiliki printer duplex karena bisa dengan mudah melakukan printing bolak balik. Kebanyakan printer masa kini juga sudah menyertakan duplex printing yang memudahkan setiap pekerjaan.

Prabowo: Kalau Saya Presiden, Defisit Anggaran BPJS Masalah Kecil

Liputan6.com, Jakarta – Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto menghadiri acara dialog silaturahmi Paslon Presiden dan Wakil Presiden Bersama Komunitas Kesehatan di Hotel Bidakara, Kamis (28/2/2019).

Dalam sambutannya, Prabowo mengatakan jika ia memimpin Indonesia jumlah defisit BPJS saat ini hanyalah masalah kecil dan bisa segera diatasi.

“Jadi kalau saudara-saudara mengatakan kurang defisit BPJS berapa defisitnya kalau tidak salah Rp 20 triliun kalau saya mengatakan Rp 20 triliun kalau saya memimpin pemerintahan saya anggap itu masalah kecil, Rp 20 triliun,” kata Prabowo. 

Menurutnya, mengatasi defisit BPJS sangatlah mudah. Karena Indonesia adalah negara yang sangat kaya.

“Inti masalah indonesia adalah bahwa kekayaan Indonesia tidak tinggal di Indonesia, ini masalahnya,” ungkap dia.

Mantan Danjen Kopassus ini juga sempat mengatakan banyak sekali orang yang tidak suka dengan dirinya. Sebab, Prabowo kerap kali mengungkap banyaknya data-data kebocoran Indonesia.

“Banyak yang enggak suka dengan Pak Prabowo, saya perhitungkan kebocoran bangsa Indonesia tiap tahun adalah Rp 1.000 triliun lebih,” ucap dia. 

 

2 dari 2 halaman

Sampaikan Aspirasi

Kendati tidak disukai, namun Prabowo mengaku harus menyampaikan hal tersebut, agar seluruh masyarakat Indonesia mengetahuinya.

“Dan banyak orang yang tidak suka kenapa Prabowo berbicara ini loh saya juga enggak suka, tapi saya harus bicara,” ucapnya.

Diketahui dalam acara ini para ikatan dokter menyampaikan aspirasinya terkait kebutuhan dunia kedokteran.

Diantaranya yang dipaparkan adalah masalah pemerataan pendidikan dan kesejahteraan para dokter.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

Prabowo: Kalau Tak di Politik, Saya Berniat Bikin Rumah Sakit

Jakarta – Calon presiden (capres) nomor urut 02 Prabowo Subianto mengaku berniat aktif pada bidang kesehatan bila kelak tidak lagi terjun di dunia politik. Dia mengaku bidang kesehatan merupakan salah satu cita-citanya.

“Merupakan cita-cita saya, tugas panggilan saya dalam sisa hidup saya seandainya saya tidak di bidang politik, saya berniat mendirikan akademi perawat dan rumah sakit,” kata Prabowo dalam dialog dengan tenaga kesehatan di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Kamis (28/2/2019).

Dia mengungkapkan alasan di balik bidang kesehatan yang ingin dibangunnya itu. Prabowo menyebut ibunya merupakan seorang perawat.

“Saya mengatakan saya punya masalah emosional kalau bicara soal kesehatan karena ibu saya seorang perawat,” ucapnya.

Prabowo juga menyampaikan pandangan tentang pentingnya menyoroti masalah kesehatan. Dia menyebut di negara maju persoalan kesehatan menjadi prioritas seperti pendidikan.

“Masalah kesehatan adalah masalah yang sangat-sangat penting dalam peradaban manusia. Karena masalah kesehatan menyangkut masalah survival, survival manusia, survival species kita, dan insting utama makhluk manusia hidup adalah the insting to survive,” ucap Prabowo.

“Negara yang berhasil diukur dari pelayanan kesehatan negara tersebut kepada rakyatnya. Kalau kita lihat negara-negara yang paling kaya dan paling berhasil di dunia, itu mungkin porsi terbesar, bagian terbesar daripada investasi pemerintahnya selain bidang pendidikan juga di bidang kesehatan,” imbuhnya.

Ikuti perkembangan terbaru Pemilu 2019 hanya di detikPemilu. Klik di sini

(abw/dhn)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Tonton JK Hingga Sri Mulyani Bahas Ekonomi 2019 di Sini

Jakarta – CNBC Indonesia, salah satu media yang bernaung di bawah CT Corp hari ini menggelar Economic Outlook 2019. Acara tahunan ini diisi oleh pembicara mulai dari bos-bos industri perbankan dan energi, para menteri, pejabat hingga RI 2.

Acara tahunan ini digelar di Java Ballroom, The Westin Hotel, Jakarta pada pukul 08.30 WIB. Inti dari acara ini adalah membahas arah perekonomian domestik dan global di 2019 untuk menjadi kompas bagi dunia usaha menentukan strateginya.

Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) akan memberikan pidato kunci yang akan memaparkan kondisi perekonomian saat ini. Setelah itu Chairman CT Corp Chairul Tanjung (CT) akan berdialog dengan JK dengan format talk show.

Selanjutnya, Economic Outlook 2019 juga akan diisi dengan acara Dialog Bersama Regulator. Para pembicara di antaranya Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Wimboh Santoso dan Anggota Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Destry Damayanti.

Dialog sesi kedua akan diisi oleh pembicara yang merupakan CEO dari perusahaan-perusahaan perbankan dan energi. Acara ini disiarkan secara langsung di CNBC Indonesia Televisi (Transvision Channel 805) dan live streaming di www.cnbcindonesia.com juga lewat video di bawah ini.

(das/ang)

Usai Pertemuan, Trump: Dialog dengan Kim Jong-Un Sangat Baik

Hanoi – Presiden Amerika Serikat Donald Trump makan malam bersama pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-Un di Hanoi, Vietnam. Dalam pertemuan itu, Trump menyebut dialog dengan Kim Jong-Un sangat bagus.

“Pertemuan hebat dan makan malam malam di Vietnam dengan Kim Jong Un dari Korea Utara. Dialog yang sangat bagus. Dilanjutkan besok!,” cuit Trump yang dikutip detikcom, Kamis (28/2/2019).

Agenda pertemuan pada besok tidak diungkapkan secara jelas kepada media. Gedung Putih hanya menyebutkan bahwa Trump dan Kim akan ‘bolak-balik’ menggelar sejumlah pertemuan sepanjang Kamis (28/2) besok. Namun, soal waktu maupun lokasi pertemuan belum diumumkan.

Dilansir situs CNN, Trump dan Kim Jong-Un makan malam bersama setelah sesi one-on-one atau pertemuan empat mata selama 20 menit di Hotel Metropole, Hanoi, Vietnam. Kedua pemimpin negara tersebut tampak rileks dan bersahabat.

“Ini makan malam yang menyenangkan,” canda Trump.

Trump dan Kim Jong-Un duduk dalam meja bundar dengan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo dan penjabat kepala staf Mick Mulvaney. Trump meminta fotografer untuk membuat dirinya dan Kim terlihat bagus di foto.

“Kita akan mempunyai hari yang sibuk besok,” Trump.

“Hubungan kita adalah hubungan yang sangat spesial,” sambung dia.

Trump juga memuji Korea Utara sebagai negara yang memiliki potensi yang luar biasa termasuk dunia ekonomi. Kim Jong-Un dinilai Trump sosok pemimpin yang hebat.

“Saya pikir negara Anda (Korut) memiliki potensi ekonomi yang luar biasa,” kata Trump.

“Saya pikir Anda (Korut) akan memiliki masa depan yang luar biasa untuk negara Anda, Anda seorang pemimpin yang hebat,” kata Trump kepada Kim. “Kami akan membantu mewujudkannya.” imbuh dia.

(fai/knv)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Donald Trump Tinggalkan Sesi Makan Malam KTT Vietnam Lebih Dulu

Liputan6.com, Hanoi – Presiden Amerika Serikat Donald Trump baru saja meninggalkan Metropole Hotel, Hanoi, Vietnam usai melakukan pertemuan dengan Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un.

Menurut laporan dari CNN, Rabu (27/2/2019), Donald Trump meninggalkan Metropole Hotel setelah melangsungkan makan malam bersama rombongan dari kedua negara.

CNN juga menyebut, Trump meninggalkan lokasi pertemuan 1 jam 42 menit setelah makan malam bersama.

Suasana makan malam dilaporkan berjalan baik, percakapan keduanya dinilai hangat. Donald Trump mengatakan bahwa sebelum makan malam dimulai, ia telah memegang tangan Kim Jong-un dengan penuh rasa bahagia.

“Jika Anda bisa mendengarkan dialog kami, itu semua adalah hal baik…”, ujar Trump.

Agenda selanjutnya akan kembali dilaksanakan keesokan harinya, Kamis 28 Februari 2019, yaitu pertemuan bilateral untuk membahas sejumlah agenda yang hingga kini belum dapat dipastikan.

Sementara itu, laman The Guardian menyebut bahwa agenda yang akan dibahas keesokan hari adalah upaya denuklirisasi, sebelum akhirnya Donald Trump meninggalkan Hanoi menuju Washington. 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 dari 2 halaman

Trump Sebut Ada Kemajuan

Menurut laporan CNN yang dikutip Rabu (27/2/2019), keduanya mengobrol sekitar 20 menit sebelum duduk bersama di meja makan bundar untuk makan malam. Kim Jong-un dan Donald Trump disebutkan “berbagi banyak cerita menarik”.

“Kami membuat banyak kemajuan,” kata Trump tentang pertemuan puncak pertama mereka. “Saya pikir kemajuan terbesar adalah hubungan kami, benar-benar bagus.”

Ditanya apakah KTT ini akan menghasilkan deklarasi politik untuk mengakhiri Perang Korea, Trump mengatakan: “Kita akan lihat.”

Kim mengatakan dia “yakin akan mencapai hasil yang luar biasa yang akan disambut oleh semua orang.”

Presiden AS Donald Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un melangsungkan KTT di Ibu Kota Vietnam, Hanoi pada 27 dan 28 Februari, di mana ini akan menjadi pertemuan puncak kedua mereka setelah KTT Singapura, Juni lalu.

Masalah-masalah utama yang akrab dibahas dalam KTT kedua itu adalah kelanjutan denuklirisasi Semenanjung Korea, serta nasib sanksi terhadap Pyongyang, yang telah merugikan perekonomian Korea Utara.