Diah TKW yang Tak Digaji 12 Tahun Kembali ke Tanah Air

Jakarta – Diah Anggraini (36), TKW yang tak menerima gaji selama 12 tahun di Jordania, telah kembali ke Tanah Air. Diah pulang didampingi staf KBRI Amman, Jordania.

Diah tiba di rumah keluarganya di Malang, Jawa Timur, pada Senin (18/2). Ia yang tiba bersama empat orang rekan lainnya diterima Satgas Perlindungan Kemnaker dan Kepala Dinas Tenaga Kerja Malang.

Duta Besar Indonesia untuk Jordania, Andy Rachmianto, mengatakan Diah tak diberikan akses komunikasi oleh majikannya selama bekerja di Jordania. Karena itu, komunikasi Diah dan keluarganya terputus selama hampir 12 tahun.
“Diah hilang kontak dengan keluarganya karena tidak diberi akses oleh majikannya untuk berkomunikasi dengan keluarganya di Indonesia. Sejak berada di penampungan, hampir setiap waktu Diah diberikan akses berkomunikasi dengan keluarganya di Malang,” kata Andy dalam keterangan tertulis, Selasa (19/2/2019).
Andy berharap Diah bisa memulai usaha ketika kembali ke Indonesia. Ia mengimbau agar Diah tidak lagi bekerja sebagai TKW.

“Memulai usaha sesuai dengan keterampilan yang pernah diajarkan saat menunggu penyelesaian kasusnya di Griya Singgah KBRI Amman. Dan pada yang lainnya diimbau agar tidak kembali lagi bekerja seperti yang pernah dijalani sebelumnya,” ujarnya.

Sementara itu, terkait pembayaran gaji Diah, Atase Ketenagakerjaan KBRI Amman, Suseno Hadi, menyatakan pihaknya telah melakukan pemanggilan terhadap majikan Diah. Setelah melalui mediasi, majikan Diah kooperatif dan menyelesaikan pembayaran gaji sebesar 9.000 Dolar AS atau sekitar Rp 126 juta.

Setibanya di Bandara Soekarno Hatta, Diah menyampaikan terima kasih kepada Dubes RI di Jordania dan seluruh jajaran KBRI Amman yang telah membantu dan memulangkan dirinya kepada keluarga. Diah rencananya akan pulang ke Malang hari ini didampingi Kepala Dinas Tenaga Kerja Malang.

“Saya gembira sekali, terima kasih Pak Dubes dan staf KBRI lainnya yang telah membantu saya. Saya ingin segera pulang dan bertemu dengan kedua orang tua di kampung halaman,” kata Diah.
(tsa/nvl)



<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *