Ini Dia Desain Alun-Alun Bawah Tanah Surabaya

Liputan6.com, Surabaya – Pembangunan Alun-Alun Bawah Tanah Surabaya akan segera terealisasi. Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengatakan konsep pembangunan alun-alun bawah tanah sudah matang dan mulai dikerjakan pada Juni 2019. Alun-alun senilai Rp 80 miliar itu menghubungkan kompleks Balai Pemuda (alun-alun barat) dengan Jalan Yos Sudarso di sisi timur, tepatnya lahan di persimpangan Jalan Pemuda.

Lantai satu, akan dijadikan lokasi penjualan makanan tradisional dan produk-produk khas Surabaya. Sedangkan lantai dua akan menjadi tempat parkir kendaraan.

“Nanti itu yang Balai Pemuda basementnya nyambung itu tembus, kan terus nyeberang ke Jalan Pemuda, nah nanti itu kan kayak jadi kesatuan jadi kan luas, nanti namanya Alun-Alun Surabaya,” katanya.

Risma menjelaskan, Alun-Alun Bawah Tanah Surabaya bakal berada di dua sisi lahan, yaitu antara kompleks Balai Pemuda dan persimpangan di Jalan Pemuda.

Kedua lahan itu akan saling terhubung melalui basement bawah tanah, sehingga nantinya lahan tersebut akan semakin luas berkisar 2 hektare.

Selain itu, pejalan kaki tidak perlu menyeberang lagi di Jalan Yos Sudarso, tapi bisa menyeberang melalui jalan bawah tanah tersebut.

“Jadi nanti dihubungkan ke bawah, jadi ada eskalatornya, ada liftnya untuk disabilitas ke bawah, nah nanti terus kemudian ke atas,” ujar wali kota perempuan pertama di Surabaya ini.

Risma juga menyampaikan, desain alun-alun sebelah timur akan dibuat berbeda dengan alun-alun barat.

Alun-alun sebelah timur bakal dilengkapi plaza, panggung hiburan, dan tribun tempat duduk untuk pertunjukkan seni. Tak hanya itu, nantinya alun-alun sebelah timur juga bakal dilengkapi patung sawunggaling dan deorama sejarah Surabaya.

“Nanti orang bisa duduk-duduk di situ, anak-anak bisa latihan main musik, anak-anak juga bisa latihan tari di situ, tujuannya memang buat itu,” ungkap Risma.

Pembangunan alun-alun ini, kata Risma, merupakan komitmen pemkot dalam menyediakan ruang-ruang positif bagi anak-anak Surabaya. Ia menilai, selama ini anak-anak biasa berlatih kesenian di kompleks Balai Pemuda. Namun kawasan tersebut dinilai sudah tidak muat untuk menampung anak-anak yang ingin berlatih kesenian.

Saat ini pengerjaan pedestrian dan saluran basement di alun-alun sisi sebelah barat atau kompleks Balai Pemuda sedang dilakukan. Sementara untuk sebelah timur, dalam waktu dekat Pemkot Surabaya akan segera mengerjakan.

Simak juga video pilihan berikut ini:

Ini Dia Cara Sehat Mengatur Keuangan

Tercatat sejak beberapa tahun lalu, bahwa kaum milenial itu banyak yang menggunakan kartu kredit serta KTA.

Fungsi KTA serta kartu kredit hampir sama. Bedanya, KTA itu dalam bentuk tunai atau cash. Sedangkan limit di kartu kredit perlu penebusan bunga untuk mencairkan sebagiannya. Baik KTA maupun kartu kredit memiliki sistem tagihan sendiri-sendiri yang harus ditunaikan tepat waktu. Sebab, pinjaman yang mengalami tunggakan bisa membuat keuangan kamu jadi sakit.

Selain tanggungan membengkak, skor kredit kamu juga bisa memburuk. Alhasil, anggaran yang selama ini dikelola bisa berantakan dan kesempatan untuk pinjam lagi pun hilang.

7. Lakukan Investasi

Orang dulu, menabung itu di bank. Orang sekarang, menabung bisa diperusahaan lain dengan jalan investasi untuk mendapatkan passive income secara berkelanjutan.

Adapun jenis investasinya meliputi pembelian reksa dana, logam mulia, atau saham. Return hasil investasi bisa kamu gunakan di masa depan. Untuk berhasil mengatur keuangan secara berkesinambungan, tentu membutuhkan komitmen yang tinggi. Keuangan yang sehat tidak bisa diproses secara instan. Perlu adanya mindset positif yang terus ditanamkan setiap harinya.

Inilah yang rata-rata tidak dilalui oleh mereka yang kondisi keuangannya semakin memburuk dari hari ke hari.

Ini Dia Rincian Utang Pemerintah Rp 4.566 Triliun

Jakarta – Hingga akhir Februari 2019 utang pemerintah sudah mencapai Rp 4.566,26 triliun. Jumlah ini meningkat sebesar Rp 531,46 triliun dibandingkan Februari 2018 yang sebesar Rp 4.034,80 triliun.

Jumlah utang pemerintah pusat ini dipengaruhi dengan strategi frontloading pemerintah atau penerbitan utang di awal tahun yang sudah dilakukan pada tahun sebelumnya pada penerbitan Surat Berharga Negara (SBN) dan dilanjutkan kembali. Dengan demikian, penerbitan utang sampai dengan akhir tahun menjadi lebih sedikit.

Frontloading untuk mengantisipasi dinamika global. Jadi sampai akhir tahun bisa lebih leluasa untuk pembiayaan,” kata Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati di Gedung Kemenkeu, Jakarta, Selasa (19/3/2019).


Jika dirinci, utang pemerintah yang sebesar Rp 4.566,26 triliun itu terdiri dari pinjaman yang sebesar Rp 790,47 triliun dan surat berharga negara (SBN) Rp 3.775,79 triliun.

Pinjaman yang sebesar Rp 790,47 triliun itu terdiri dari pinjaman luar negeri sebesar Rp 783,33 triliun dengan rincian, pinjaman bilateral Rp 322,86 triliun, multilateral Rp 418,82 triliun, komersial Rp 41,66 triliun. Sedangkan pinjaman dalam negerinya sebesar Rp 7,13 triliun.

Untuk SBN yang sebesar Rp 3.775,79 triliun, terdiri dari denominasi rupiah Rp 2.723,13 triliun degan rincian SUN Rp 2.260,18 triliun, SBSN Rp 462,95 triliun.

Selanjutnya, denominasi valas sebesar Rp 1.052,66 triliun dengan rincian SUN Rp 817,82 triliun dan SBSN sebesar Rp 234,84 triliun.

(das/fdl)

Makna 3 Bahasa Tubuh Si Dia Saat Bercinta

Liputan6.com, Jakarta Bahasa tubuh merupakan bahasa non-verbal yang bisa menggambarkan perasaan seseorang yang sesungguhnya. Tidak hanya dalam kegiatan biasa, bahasa tubuh juga bisa dilihat saat bercinta

Untuk mengetahui perasaan hati yang sesungguhnya, bisa dilihat dari bahasa tubuh si Dia saat bercinta.

Berikut makna sesungguhnya dari bahasa tubuh pasangan saat bercinta, seperti dilansir dari Elite Daily, Selasa (19/3/2019).

1. Membelai rambut dan mengusap wajah

“Ketika seseorang menyentuh atau membelai rambut dan/atau wajah Anda saat berhubungan seks, itu menunjukkan kasih sayang,” ungkap pakar bahasa tubuh dari Amerika Serikat, Tonya Reiman.

“Ini menunjukkan bahwa dia ingin terhubung dengan Anda lebih dari sekadar hubungan fisik,” tambahnya.

Jika pasangan meluangkan waktu untuk membelai rambut atau mengusap pipi saat berhubungan seks, itu indikator yang jelas bahwa dia memiliki perasaan cinta yang nyata.

Bukan Bu Lis, Ini Dia Penderita Kanker di Sragen yang Dimaksud Sandi

Sragen – Nama ‘Bu Lis’ sempat disebut Sandiaga Uno dalam debat Cawapres tadi malam. Ternyata yang dimaksud ialah Niswatin Naimah (44), warga Sragen yang pernah bertemu Sandi di Pasar Bunder, Sragen, 30 Desember 2018.

Berdasarkan video yang tersebar, Bu Nis memang pernah menyampaikan aspirasinya kepada Sandi. Saat itu Niswatin memang tidak terlalu jelas menyebutkan namanya, sehingga Sandi mendengarnya sebagai Bu Lis.

“Yang dimaksud Pak Sandi itu saya,” kata Niswatin di kawasan Kecamatan Sragen, Kabupaten Sragen, Senin (18/3/2019).


Dalam pertemuannya dengan Sandi, ia mengaku sebagai penderita kanker payudara yang pengobatannya tidak tercover BPJS Kesehatan. Padahal sebelumnya, jenis pengobatan tersebut dicover BPJS.

Niswatin yang kemarin menonton debat cawapres, mengaku kaget karena Sandiaga bercerita tentang dirinya. Dia tidak menyangka Sandi masih mengingatnya.

“Iya kemarin nonton debatnya. Ya kaget saja, ternyata Pak Sandi masih ingat sama saya,” ujar guru honorer SMK Muhammadiyah 1 Sragen itu.

Kekeliruan penyebutan nama itu, menurutnya wajar. Sebab saat di Pasar Bunder, Sragen, kondisinya ramai dan dia pun menggebu-gebu menyampaikan aspirasinya.

“Saya saat itu memang datang karena tahu Pak Sandi ke situ. Tapi saya menyampaikan itu spontan saja, sampai menggebu-gebu, karena memang saya rasakan betul,” ujar warga Babadan RT 08 RW 02, Desa Bentak, Sidoharjo, Sragen itu.

Sebelumnya, Cawapres Sandiaga Uno kembali mengungkap kisah masyarakat di panggung debat. Kali ini yang diungkap adalah kisah Bu Lis dari Sragen.

“Kisah yang dihadapi Ibu Lis di mana program pengobatannya harus terhenti karena tidak dicover oleh BPJS itu tidak boleh lagi kita tolerir Indonesia. Apalagi akan menjadi negara-negara yang ekonominya nomor lima terbesar di dunia di 2045,” tutur Sandiaga dalam debat di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/3) malam.

Sandiaga menyatakan persoalan yang berkaitan dengan BPJS Kesehatan ini akan diselesaikan apabila dia dan Prabowo Subianto menang dalam Pilpres 2019.

“Dalam 200 hari, akar masalah dari BPJS Kesehatan ini akan dihentikan,” kata Sandiaga.
(bai/mbr)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Habib Bahar Ancam Jokowi, TKN: Dia Bukan Tokoh Agama yang Patut Dicontoh

Liputan6.com, Jakarta – Habib Bahar bin Smith melontarkan ancaman terhadap petahana Jokowi. Ancaman itu dilontarkan usai menjalani persidangan kasus dugaan penganiayaan anak di bawah umur di Pengadilan Bogor, Jawa Barat, Kamis, 14 Maret 2019.

Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf, Abdul Kadir Karding pun angkat bicara. Dia menilai apa yang diucapkan Bahar tidak mencerminkan seorang tokoh agama.

“Itu menunjukkan Habib Bahar bukan seorang tokoh agama yang cukup matang dan patut diikuti. Orang tidak dibenarkan memiliki dendam kepada orang lain,” kata Karding pada wartawan, Kamis (14/3/2019).

Karding menegaskan masalah yang menimpa Bahar bukan karena Jokowi. Melainkan karena ulah Bahar sendiri.

“Apalagi orang yang dituju itu enggak ada hubungannya dengan masalah dia. Dia dipenjara karena kelakuannya sendiri,” ungkapnya.

Meski begitu, Karding menegaskan penegakan hukum di Indonesia tidak boleh berhenti hanya karena ancaman. Dia pun menegaskan TKN ataupun Jokowi tak akan terpengaruh dengan ancaman tersebut.

“Jadi saya kira hukum tidak boleh kalah atau negara takut hanya karena ancaman seperti itu. Kita jalan terus, tidak perlu terpengaruh dengan adanya ancaman atau kekerasan,” ucapnya.

Ini Dia Musisi Indonesia yang Sukses di Luar Negeri, Siapa Saja?

Penyanyi wanita Indonesia kelahiran 29 April 1974 merupakan penyanyi sekaligus pencipta lagu. Karyanya tidak hanya dinikmati masyarakat Indonesia saja, lo. Bahkan, sampai go internasional.

Penyanyi berusia 44 tahun ini mengawali kariernya pada tahun 1994. Anggun meninggalkan Indonesia untuk mewujudkan mimpinya untuk go internasional. Dengan bantuan Erick Benzi, seorang produser asal Prancis, ia berhasil merekam album internasional pertamanya bertajuk Snow on the Sahara (1997). Album tersebut dirilis di 33 negara di seluruh dunia, termasuk Amerika Serikat yang merupakan kiblat musik dunia. Sejak saat itulah Anggun mulai meraih kesuksesannya. Ia bahkan sudah menghasilkan sebanyak tujuh album studio dan satu album soundtrack untuk film Denmark yang berjudul Open Hearts (2002).

Anggun juga telah berkolaborasi dengan banyak musisi dunia, seperti Julio Iglesias, Peter Gabriel, Pras Michel (The Fugees), II Divo, David Foster dan Melanie C (Spice Girls).

Selain sukses menjadi penyanyi, Anggun juga didaulat menjadi salah satu juri untuk Asia’s Got Talent, ajang pencarian bakat yang diikuti oleh peserta dari 27 negara di Benua Asia.

Kesuksesannya sebagai penyanyi membawanya meraih berbagai penghargaan bergengsi di beberapa negara Eropa, di antaranya anugerah prestisius “Chevalier des Arts et Letters” yang didapat dari pemerintah Prancis dan “World’s Best Selling Indonesian Artist” dari World Music Awards.

Anggun juga menjadi wanita Indonesia pertama yang diabadikan dalam patung lilin oleh Museum Madame Tussauds di Bangkok, Thailand.

Anggun saat ini menetap dan sudah menjadi warga negara Prancis. Meskipun begitu, Anggun tidak melupakan negara asalnya, yaitu Indonesia.

BPN soal Prabowo Tepak Polisi Pengawal di Cianjur: Dia Cinta Rakyatnya

Jakarta – Calon presiden Prabowo Subianto menepak tangan seseorang lalu mengacung-acungkan tangannya ke arah warga saat berkampanye di Cianjur. AKBP Rahmat Hakim, satgas Pamdal VVIP Mabes Polri yang ditugaskan selaku adc Prabowo, telah meminta maaf atas kejadian itu. Timses Prabowo menyebut tindakan sang capres merupakan teguran dan itu sudah tepat.

“Kalau menurut saya tindakan Pak Prabowo itu tepat ya, melihat suatu ketidakadilan di mana masyarakat didorong di depan mata kepalanya masa dia nggak menegur,” kata juru bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga Uno, Andre Rosiade, Rabu (13/3/2019).

Andre menyebut Prabowo sebagai sosok pemimpin sejati. Menurut Andre, Prabowo sebagai calon pemimpin punya sifat mencintai rakyat.
“Harus ditegur karena Pak Prabowo sosok pemimpin yang benar-benar mencintai rakyatnya. Melihat aparat keamanan mendorong masyarakat, dia melihat ini ketidakadilan sehingga beliau berkewajiban untuk langsung memberi teguran keras kepada aparat keamanan dengan menegur aparat keamanan,” sebut Andre.

Politikus Partai Gerindra itu memuji satgas Pamdal VVIP Mabes Polri yang langsung mengklarifikasi dan meminta maaf kepada Prabowo maupun warga Cianjur. Menurut Andre, tindakan itu sangat terpuji.

“Dengan permintaan maaf secara terbuka itu kami mengapresiasi langkah teman-teman Polri yang sangat gentleman. Dengan ucapan permintaan maaf ini juga menjawab, mengklarifikasi, ada video kan digoreng-goreng Pak Prabowo itu pemarah, otoriter lalu marah-marah sama rakyat. Kan yang digoreng-goreng itu,” sebut Andre.

“Dengan permintaan maaf kepolisian itu, ini menjawab semua tuduhan Pak Prabowo marah-marah sama rakyat di acara tadi itu tidak benar. Tentu kita apresiasi langkah teman-teman pihak kepolisian yang melakukan minta maaf ke Pak Prabowo. Kami hargai dan apresiasi langkah teman-teman Polri itu,” jelas Andre.

Sebelumnya diberitakan, AKBP Rahmat menjelaskan, saat itu antusiasme masyarakat Cianjur begitu tinggi menyambut Prabowo. Mereka menjalankan tugas untuk mengawal Prabowo. Mereka pun ditegur Prabowo agar bersikap lebih humanis kepada masyarakat.

“Saya AKBP Rahmat Hakim, satgas Pamdal VVIP Mabes Polri yang ditugaskan selaku adc paslon capres 02 Bapak Prabowo Subianto, kami memohon maaf pada masyarakat Cianjur, serta kepada Bapak H Prabowo Subianto atas kegiatan pengawalan yang kami laksanakan,” ujar Rahmat dalam video yang diunggah akun Koordinator Jubir BPN Prabowo-Sandi Dahnil Anzar Simanjuntak (@Dahnilanzar), Selasa (12/3).
(gbr/fdu)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Miliarder Ini Beli Jet Pribadi Biar Tenang, Siapakah Dia?

Mendekam di balik jeruji bisa tak menghambat Martin Shkreli (35) untuk mengontrol perusahaan miliknya. Bahkan, ia berpotensi bisa menjadi miliarder ketika bebas nanti.

Sebelumnya, Shkreli menjadi kontroversi di dunia medis dan bisnis karen melambungkan obat HIV, yaitu Daraprim, hingga 5.000 persen. Padahal, obat itu penting bagi kelangsungan hidup pasien HIV.

Laporan Wall Street Journal menyebut Shkreli memakai smartphone selundupan di dalam penjara. Ketika senggang, Skhreli dilaporkan sibuk meneliti penyakit, industri farmasi, dan segala hal terkait investasi.

Perusahaan yang dikontrol Shkreli adalah Phoenixus yang dulunya bernama Turin Pharmaceuticals. Turin terkena skandal karena ketahuan menaikkan harga obat. Namun, dulu Shkreli belum menyandang status miliarder.

Menurut Fortune, Shkreli memberikan kalkulasi bahwa Phoenixus akan memiliki nilai perusahaan sebesar USD 3,7 miliar ketika Skhreli keluar penjara pada 2023 mendatang. Otomatis, pemuda itu pun bisa menjadi miliarder.

Shkreli divonis penjara tahun lalu karena bersalah atas tuduhan menipu investor. Ia dijuluki “Pharma Bro” dan mendapat predikat orang paling dibenci di Amerika Serikat akibat perilakunya.

Ini Dia Aktivitas Seru Saat Lebaran Supaya Mudik Tenang dan Hati Senang

Liputan6.com, Jakarta Setelah satu tahun sibuk bekerja di kota besar dan terpisah dengan keluarga besar, lebaran menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu. Saat lebaran, anggota keluarga yang sama-sama sibuk dapat berkumpul kembali dan melepas rindu.

Momen tersebut pun perlu dihargai dengan baik. Guna membuat acara berkumpul Anda bersama keluarga kian berkesan, coba rencanakan aktivitas seru yang bisa dilakukan secara bersama-sama. Selain sebagai ajang silaturahmi, melakukan kegiatan seru juga dapat menjadi cara tepat menyegarkan kembali pikiran dan tubuh dari kepenatan atas pekerjaan sehari-hari. Berikut beberapa kegiatan seru yang bisa Anda lakukan.

1. Membuat vlog atau video

Momen berkumpul bersama keluarga dapat menjadi konten seru untuk dimasukkan dalam vlog atau video. Rekam kelucuan-kelucuan yang terjadi secara candid dan wawancara beberapa anggota keluarga tentang hal yang menarik. Biasanya, anggota keluarga yang sudah dewasa seperti nenek/kakek atau paman/bibi memiliki komentar yang lucu-lucu. Abadikan momen Lebaran ini, terutama pada saat bersilaturahmi dengan keluarga besar Anda.

2. Bertemu dengan teman lama

Pulang kampung juga bisa jadi kesempatan untuk bertemu dengan teman lama dari daerah asal. Ajak mereka untuk berkumpul bersama Anda dan keluarga. Perkenalkan mereka kepada pasangan dan anak Anda yang mungkin belum mengenalnya. Pertemuan kembali setelah sekian lama terpisah pasti akan terasa begitu terkesan. Banyak hal yang dapat diceritakan di daerah tempat kerja dan update terbaru kehidupan masing-masing.

Selain itu, Anda juga bisa berkenalan dengan tetangga yang belum pernah Anda kenal. Tanya kepada mereka hal-hal baru yang ada di tempat tinggal. Siapa tahu Anda akan menemukan hal menarik.

3. Mengabadikan momen di media sosial

Manfaatkan media sosial untuk menceritakan hal menarik yang ada di kampung halaman. Untuk mencari konten, Anda bisa mengajak keluarga jalan-jalan ke destinasi wisata dan tempat makan yang sedang hits. Lalu, unggah hal-hal menarik tersebut di akun media sosial. Tak hanya mempercantik feed, unggahan ini pun dapat menjadi ajang promosi kampung halaman supaya followers Anda tertarik berkunjung ke sana.

4. Main permainan tradisional

Buat Anda yang ingin bernostalgia ke masa kecil, main permainan tradisional mungkin bisa menjadi salah satu cara. Bermain permainan tradisional bersama para sepupu atau keponakan sekaligus anggota keluarga besar akan jadi jauh lebih seru. Perhatikan tingkah lucu yang akan dilakukan kakek dan nenek atau paman dan bibi saat bermain bola bekel, congklak, atau cublak-cublak suweng. 

Itu adalah beberapa kegiatan seru yang bisa Anda lakukan bersama seluruh anggota keluarga besar. Dijamin, pikiran dan badan Anda akan ter-refresh kembali. Anda pun akan kembali siap menjalani kesibukan sehari-hari.

Nah, saat pikiran Anda sudah segar kembali dan siap kembali ke kota tempat bekerja, jangan sampai kepulangan Anda terhambat karena tidak kebagian tiket kereta. Mengingat arus balik yang tak kalah padatnya dengan saat berangkat, lebih baik Anda sudah menyiapkan tiket kereta api untuk pulang dari awal agar tak kehabisan.

Tiket kereta arus balik sudah tersedia sejak H-90. Jadi, Anda sudah bisa memesannya sejak sekarang sekaligus setelah membeli tiket berangkat. Coba cari informasi tentang tiket kereta untuk pulang pergi di aplikasi Pegipegi. Lewat aplikasi pemesanan tiket online ini, Anda bisa mendapatkan informasi terkait tiket kereta dan diskon menarik untuk membantu Anda mengelola anggaran. Supaya lebih mudah menentukan jadwal pemesanan tiket mudik Anda, yuk simak infografik dibawah ini.

Anda bisa menggunakan kode kupon MAP30K untuk mendapatkan diskon hingga Rp 30 ribu untuk memesan tiket kereta mudik Anda. Kode kupon ini dapat digunakan untuk semua rute dan kereta PT. KAI. Jangan sampai kelewatan karena promonya hanya berlaku sampai 12 Maret 2019.

Pegipegi juga menyediakan diskon menarik lainnya yang bisa dilihat di laman ini. Pakai aplikasi Pegipegi, mudikmu dijamin tenang. Lengkap rutenya, banyak pula pilihan diskonnya. Mau mudik anti panik? Pegipegi, yuk!

(Adv)