TKN Jokowi Dorong Pembangunan Infrastruktur dan Pertanian di Kaltara

Nunukan – Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin mendorong maksimalisasi pembangunan infrastruktur dan peningkatan produksi pertanian dan perikanan di Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara).

Ketua Rumah Aspirasi Rakyat TKN Deddy Yevri Hanteru Sitorus mengatakan Provinsi Kalimantan Utara, yang berada di tapal batas dengan Malaysia, masih minim infrastruktur. Dia mengemukakan hal ini setelah berkeliling di wilayah Provinsi Kaltara hingga daerah pelosok perbatasan negara Indonesia dengan Malaysia.

Menurut Deddy, masyarakat pelosok dan pedalaman kebanyakan mengeluhkan kurangnya infrastruktur pedesaan atau jalan tani serta sulitnya meningkatkan produksi pertanian dan perikanan.

“Masyarakat kesulitan mengeluarkan hasil pertanian karena kurang jalan tani. Semua masyarakat di perbatasan mengeluhkan jalan tani yang masih kurang,” ujar Dedy, seperti dilansir Antara, Kamis (21/3/2019).

Karena itu, dia berjanji akan mendorong pemerintah pusat agar menambah anggaran Dana Desa dan Dana Alokasi Khusus. Menurut dia, pemda setempat tidak mungkin mampu menangani hal ini karena keterbatasan anggaran.

“Pemda-pemda di Kaltara ini tidak mungkin bisa menanganinya karena keterbatasan anggaran,” kata Deddy Sitorus.

Deddy juga mengajak pemda-pemda terus berkoordinasi dengan kementerian dan lembaga untuk mendapatkan anggaran dari APBN membangun wilayahnya. Dia berjanji akan menyampaikan kepada Presiden Jokowi terkait permasalahan infrastruktur dan produksi perikanan dan pertanian di Kaltara.

“Tanpa campur tangan pemerintah pusat di Kaltara ini, sangat sulit dibangun soal infrastruktur karena pemda memiliki keterbatasan anggaran,” ujarnya.
(idn/idn)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Saat Indra Sjafri dan Manajer Timnas Bantu Warga Vietnam di Jalanan

Hanoi – Ada momen menarik usai Timnas Indonesia U-23 lapangan Stadion My Dinh. Pelatih Indra Sjafri dan manajer Sumardji membantu warga Vietnam di jalanan.

Timnas Indonesia akan bertanding melawan Thailand di Stadion My Dinh, Hanoi, Vietnam, Jumat (22/3/2019) sore WIB, dalam laga Kualifikasi Piala Asia U-23. Sehari sebelumnya, skuat Gaurda Muda menjajal lapangan yang akan digunakan.

Timnas U-23 menjajal lapangan pada pukul 15.00 waktu setempat. Uji coba lapangan ini cuma berlangsung selama satu jam. Setelahnya, para pemain beserta staf pelatih kembali ke hotel, yang jaraknya cuma sekitar 800 meter.

Karena jarak yang tak terlalu jauh itu, Indra tak ikut rombongan pemain. Dia memilih berjalan kaki, ditemani manajer Timnas Sumardji dan fisioterapis Asep Aziz.

Di tengah perjalanan, ketiganya melihat seorang warga Vietnam tampak kesusahan. Seorang bapak-bapak sedang kesulitan karena barang bawaannya dari motor terjatuh. Barang itu berupa karung.

Indra, Sumardji, dan Asep seketika bereaksi untuk membantu orang tersebut. Dalam upaya itu, Sumardji menjelaskan bahwa sempat kesulitan berkomunikasi karena perbedaan bahasa.

“Tadi itu abis jalan pulang coba lapangan. Kami lihat ada orang bingung karena karungnya jatuh. Cuma sekadar mau nolong aja,” kata Sumardji kepada detikSport, yang sedang berada di Hanoi untuk meliput Kualifikasi Piala Asia U-23.

“Mimik dia bingung. Sama-sama gak bisa komunikasi toh. Kita gak bisa bahasa dia, nah sebaliknya dia juga gak bisa [bahasa] Inggris. Semoga pertanda baik ajalah ini semua,” sambungnya sambil tertawa.

Di Kualifikasi Piala Asia U-23, Indonesia tergabung di Grup K bersama tuan rumah kualifikasi Vietnam, Thailand, dan Brunei. (ran/yna)


Aburizal Bakrie Tegaskan 2 Tugas Besar Golkar di Pemilu 2019

Liputan6.com, Jakarta Ketua Dewan Pembina Partai Golkar Aburizal Bakrie mengingatkan seluruh kader Partai Golkar di mana pun berada, bahwa ada dua tugas utama yang harus dilakukan pada pemilu 2019.

Pertama, mensukseskan Joko Widodo atau Jokowi untuk terpilih kembali kedua kalinya sebagai Presiden Republik Indonesia periode 2019-2024.

Dan kedua, yang tak kalah pentingnya adalah mendudukkan sebanyak mungkin anggota legislatif (DPR) pada pemilu legislatif yang pelaksanaannya bersamaan dengan Pilpres 2019.

Hal ini disampaikan Aburizal Bakrie kepada seluruh kader Partai Golkar se-Manggarai Raya, Kamis (21/3), di Manggarai, Nusa Tenggara Timur.

Golkar mempunyai dua tujuan pemenangan pada pemilu 17 April yang akan datang. Dan keduanya sama pentingnya dan saling terkait. Pertama memenangkan Pak Jokowi sebagai Presiden untuk kedua kalinya. Dan kedua merebut sebanyak mungkin kursi di DPR,” kata Aburizal Bakrie. 

Selain itu, dia juga meminta kepada semua pihak bahwa pemilu bukanlah peperangan, tapi sebuah kontestasi dan karenanya harus berlangsung meriah dan damai.

“Pemilu hanya kontestasi. Pemilu tidak menciptakan saling permusuhan. Tapi pemilu harus berlangsung damai,” pungkas Aburizal.

Jumlah Korban Tewas Kapal Feri Tenggelam di Irak Jadi 71 Orang

Mosul – Korban kecelakaan Kapal Feri di Sungai Tigris, Mosul, Irak bertambah. Sebanyak 71 orang tewas.

Seperti dilansir AFP, Kamis (21/3/2019), kapal Feri yang tenggelam diduga kelebihan muatan. Kapal tersebut diketahui sedang dalam perjalanan merayakan hari pertama musim semi.

“Kapal itu tenggelam karena terlalu banyak penumpang, lebih dari seratus penumpang,” kata seorang pejabat keamanan lain di Mosul kepada AFP.

Juru bicara Kementerian Dalam Negeri Irak, Mayor Jenderal Saad Maan mengatakan, 71 orang tewas termasuk 19 anak-anak. Sementara 55 orang berhasil diselamatkan.

Kapal itu penuh dengan pria, wanita dan anak-anak menyeberangi Tigris untuk pergi ke area piknik yang populer. Pihak berwenang telah memperingatkan orang-orang untuk berhati-hati setelah beberapa hari hujan lebat menyebabkan air dilepaskan melalui bendungan Mosul. Sehingga volume air sungai naik.
(idn/jbr)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Lisa Blackpink Terpilih Jadi Perempuan Tercantik di Asia

Liputan6.com, Jakarta – Popularitas dan kecantikan para personil BLACKPINK sudah tak diragukan lagi. Salah satunya adalah Lisa yang punya banyak penggemar. Anggota termuda dari girlband Korea ini baru saja terpilih sebagai perempuan tercantik d Asia untuk 2018.

Dilansir dari The Straits Times, Kamis, 21 Maret 2019, Lisa BlLACKPINK berada di urutan teratas dalam daftar perempuan tercantik yang disusun sebuah lembaga film kritikus asal film Inggris, TC Candler.

Lembaga ini sudah meluncurkan peringkat tahunan pemilik wajah paling tampan dan cantik se-Asia sejak 1990-an. Sedangkan aktor asal China, Wu Jing dinobatkan sebagai pria paling ganteng di Asia.

Wu yang sudah berusia 44 tahun, termasuk aktor papan atas di Asia. Ia membintangi film Wolf Warrior 2 (2017) dan The Wandering Earth (2019), dua film terlaris di China sampai saat ini.

Sementara itu, Lisa dikenal luas setelah berkiprah bersama grup BLACKPINK yang pamornya kini sudah mendunia. Pemilik nama lengkap Lalisa Manoban ini menjadi selebritas perempuan Korea Selatan yang paling banyak diikuti di Instagram, dengan lebih dari 15 juta penggemar.

Di kategori pria, Penyanyi BTS Jungkook dan aktor Jepang Yuki Furukawa, berada di tempat kedua dan ketiga dalam daftar pria tertampan di Asia.

Lalu diikuti bintang Bollywood, Aamir Khan dan skater tokoh Jepang Yuzuru Hanyu, yang masing-masing berada di tempat keempat dan kelima.

Dalam daftar perempuan tercantik, aktris Jepang Satomi Ishihara dan bintang remaja China Yang Chaoyue (20), menempati tempat kedua dan ketiga di bawah Lisa BLACKPINK. Urutan keempat dan kelima diisi penyanyi Taiwan Tzuyu dan penyanyi asal Jepang Sakura Miyawaki.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Prabowo-Sandiaga Kumpul dengan 1.000 Pengusaha di Djakarta Theater

Prabowo juga mengatakan, pengusaha memiliki posisi strategis dalam pembangunan nasional. Pengusaha adalah ujung tombak kebangkitan ekonomi suatu bangsa. Semakin banyak pengusaha, maka perekonomian akan bergerak. 

“Sejak lima bulan lalu, terus terang kita berjuang dengan paket hemat,” kata Prabowo disambut derai tawa para hadirin. 

“Tapi kita berjuang untuk kepentingan rakyat, untuk semua. Kita pro bisnis, pro rakyat. Kenapa? Ujung tombak kebangkitan ekonomi adalah para pengusaha. Saudara-saudara bayangkan, 1.000 orang pengusaha di sini, kalau punya 100 karyawan, sudah berapa keluarga yang hidup? Akan ada jutaan orang hidup dari perusahaan saudara,” imbuh Prabowo. 

Dia meyakini, para pengusaha di Tanah Air menjadi saksi betapa dalam lima tahun terakhir kondisi ekonomi Indonesia semakin terjepit. Pemerintah selaku navigator ekonomi nasional telah gagal mewujudkan kesejahteraan untuk rakyat. 

“Meski klaim pemerintah menunjukkan angka-angka dan data statistik perekonomian kita tumbuh, tapi data-data dari Bank Dunia dan data pembanding lainnya menunjukkan bahwa perekonomian kita dalam kondisi tidak baik,” kata Prabowo. 

Karenanya, lanjut Prabowo, setelah dilantik sebagai presiden, ia bertekad memberikan kemudahan bagi para pengusaha dalam negeri. Dengan adanya kemudahan tersebut diharapkan perekonomian Indonesia segera pulih dari keterpurukan. 

“Saudara-saudara, jadi kita butuh banyak orang kaya. Meski saya tidak memiliki gelar ekonomi, saya masih ingat ajaran ayah saya (Soemitro Djojohadikusumo). Salah satu ajaran beliau adalah, tujuan pembangunan ekonomi adalah menciptakan banyak orang kaya. Kalau orang kaya banyak, karyawan hidup semua, ekonomi berputar,” ucap Prabowo.

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

88 Kepala Daerah Hadiri Rakernas ASPEKSINDO di Balikpapan

Liputan6.com, Jakarta – Sebanyak 88 Kepala Daerah teritorial kepulauan dan pesisir yang tergabung dalam Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir Seluruh Indonesia (ASPEKSINDO) menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I ASPEKINDO. Rapat akan berlangsung selama 3 hari di Balikpapan, Kalimatan Tengah.

Ketua Umum ASPEKINDO, Abdul Gafur Mas’ud mengatakan, para Kepala Daerah tersebut akan terlibat langsung dalam penyusunan mapping dan strategi pembangunan wilayah kepulauan dan pesisir di Indonesia sesuai dengan teritorial masing-masing demi kepentingan pembangunan nasional ke depan.

“Kita ingin daerah kami dapat memberikan manfaat nyata bagi kemajuan pembangunan nasional ke depan, dalam Rakernas ini nanti kami akan menginventarisir potensi-potensi dari daerah masing-masing yang bisa digali dan dikembangkan,” kata Gafur, saat Balikpapan, Kamis (21/3/2019) malam.

Lebih lanjut, Gafur menjelaskan, wilayah kepulauan dan pesisir sangat potensial untuk dikembangkan, terutama dari sektor bahari dan maritim.

“Banyak potensi yang bisa kita kembangkan ke depan, agar wilayah kami juga terangkat dari sisi pembangunan potensi daerah yang tentu akan berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat,” katanya.

ASPEKSINDO sendiri merupakan organisasi kemitraan antar Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir. Melalui organisasi tersebut diharapkan terbangun kerja sama dan harmonisasi antarpemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir yang saling menguntungkan.

“Organisasi ini terbentuk dalam rangka mendukung suksesnya penyelenggaraan pemerintahan daerah yang kuat, ini akan menjadi pilar terwujudnya visi besar Indonesia sebagai poros maritim dunia. Dalam konteks ini, tentu untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat kepulauan dan pesisir yang berkeadilan,” tutup Gafur.

Ambolong, Wanita Sebatang Kara yang Hilang Misterius di Pesisir Pantai Majene

Liputan6.com, Majene – Ambolong, dilaporkan hilang sejak Rabu, 20 Maret 2019 petang. Wanita tua berusia 60 tahun ini sebelumnya pamit untuk buang air besar di pesisir Patai Sendana, di Lingkungan Apoleang Utara, Kelurahan Mosso Dhua, Kecamatan Sendana, Kabupaten Majene, Sulawesi Barat.

“Hingga saat ini Nenek Ambolong yang hilang belum ditemukan,” kata Kepala Lingkungan Apoleang Utara, Fajri, Kamis (21/3/2019).

Fajri menjelaskan, sekitar pukul 16.00 Wita, Ambolong pamit untuk buang air besar di pinggir pantai, namun hingga malam tiba Ambolong tak kunjung kembali. Tetangga yang khawatir kemudian berinisiatif untuk mencari Ambolong.

“Kami melakukan pencarian ke kawasan pesisir pantai yang ada disekitar kampung ini,” jelas Fajri.

Pencarian yang dilakukan warga hingga larut malam tidak berhasil, Ambolong seolah hilang ditelan bumi dengan cara misterius. Warga pun kemudian berinisiatif melaporkan hilangnya Ambolong kepada pihak kepolisian.

Pada pencarian hari kedua, Tim penyelamat dari Posko SAR kabupaten Majene bahkan turun tangan untuk mencari wanita tua yang hilang tanpa jejak itu. Tim SAR yang dibagi kedalam dua unit ini memperluas area pencarian hingga ke tengah laut.

“Dibagi ke dalam dua SRU (SAR Unit), setiap unit membawa sejumlah perlengkapan jungle rescue lengkap, tas medis, alat komunikasi dan alat penerangan,” jelas salah seorang tim pencari.

Informasi yang diterima Liputan6.com, Ambolong memang telah lama menderita stroke. Warga setempat pun menaruh perhatian lebih kepada Ambolong lantaran ia hidup sebatang kara di gubuk kecilnya yang berada di perkampungan pesisir Pantai Sendana.

Saksikan video pilihan berikut:

Seorang pria tunanetra asal Malang jalan kaki setiap hari selama 13 tahun demi mencari dua anaknya yang hilang.

3 Anggota Ali Kalora Tewas Ditembak Satgas Tinombala di Parimo

Jakarta – Satgas Tinombala menembak mati tiga anggota Mujahidin Indonesia Timur (MIT) pimpinan Ali Kalora. Tiga anggota yang tertembak adalah yang terpisah dari Ali Kalora.

Kontak tembak antara Satgas Tinombala dan anak buah Ali Kalora terjadi di wilayah Dusun Air Teh, Desa Marete, Kecamatan Sausu, Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) pada sore tadi, pukul 16.50 Wita.

Kelompok yang terpisah dengan Ali Kalora ini terdiri dari 6 orang dan dipimpin oleh DPO bernama Qatar. Belum ada informasi mengenai tiga DPO lainnya yang tak tertembak.

Kapolda Sulawesi Tengah Brigjen Lukman Wahyu Hariyanto membenarkan peristiwa ini. “Iya,” kata Lukman saat diminta konfirmasi wartawan, Kamis (21/3/2109).

Tiga anggota Ali Kalora yang tewas teridentifikasi bernama Andi Muhammad alias Abdullah asal Makassar Sulawesi Selatan, Jaka Ramadan alias Ikrima asal Banten dan Alhaji Kaliki alias Ibrohim asal Ambon.
(aud/fdn)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Bicara Karir di Pemerintahan, Jokowi: Jangan Kasih yang Coba-coba

JakartaCapres petahana Joko Widodo (Jokowi) berbicara pengalamannya di pemerintahan mulai dari menjadi wali kota Solo, gubernur DKI Jakarta, hingga presiden. Jokowi mengingatkan untuk tidak memberi amanat pemimpin di pemerintahan untuk orang yang masih coba-coba.

“Saya ingat waktu jadi wali kota dari pengusaha. Bapak ibu ingat, bahwa saya saat ini masih pengusaha. Hanya sudah tidak saya urus. Waktu saya masuk dari pengusaha ke wali kota,” kata Jokowi kepada pendukungnya di acara Deklarasi 10.000 Pengusaha untuk Jokowi-Ma’ruf, di Istora Senayan, Jakarta, Kamis (21/3/2019).

Jokowi mengungkapkan, dirinya perlu waktu 2 tahun untuk menyesuaikan diri di pemerintahan saat beralih dari pengusaha ke wali kota Solo. Jokowi memerlukan adaptasi karena menurutnya pengusaha dan pemerintahan sangat lah berbeda.

Jokowi Hadiri Deklarasi '10.000 Pengusaha'Jokowi Hadiri Deklarasi ‘10.000 Pengusaha’ Foto: Grandyos Zafna

“Itu baru pada posisi kota. Bayangkan yang namanya negara terdapat 514 kabupaten dan kota. Sekali lagi saya perlu belajar sesuaikan diri 2 tahun. Lah kalau negara kalau saya nggak punya pengalaman sebagai wali kota dan gubernur ya saya nggak tahu berapa tahun (menyesuaikan diri sebagai presiden),” imbuhnya.

“Wali kota saja 2 tahun apalagi presiden. Artinya jangan diberikan yang masih coba-coba. Setuju nggak? Itu yang saya maksud. Saya ngomong apa adanya,” lanjutnya.
(nvl/fdn)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>