Mobil DFSK Produksi Cikande Mulai Diekspor Tahun Ini

Liputan6.com, Jakarta – PT Sokonindo Automobile (DFSK) Indonesia mulai menargetkan penjualan yang cukup tinggi di Indonesia. Tidak main-main, pabrikan asal Cina ini berharap mampu menjual 12 ribu unit kendaraannya tahun ini, dengan mengandalkan berbagai model andalannya, seperti Glory 580 dan Glory 560.

Dijelaskan Managing Director of Sales Centre of PT Sokonindo Automobile, Franz Wang, target tersebut cukup realistis dengan ditunjang pertumbuhan pasar otomotif per tahunnya yang berada di kisaran lima persen.

“Sejumlah langkah sudah dipersiapkan untuk mencapai target tersebut, mulai dari menghadirkan kendaraan-kendaraan berkualitas yang andal, jaringan yang luas mencakup diberbagai daerah seluruh Indonesia, sampai ekspor ke Asia,” jelas Franz Wang melalui keterangan resmi yang diterima Liputan6.com, Senin (15/4/2019).

Selain penjualan di dalam negeri, tahun ini DFSK juga sudah mempersiapkan unttuk menjual kendaraan ke pasar Asia lainnya.

Mengingat pabrik yang berada di Kawasan Industri Modern Cikande, Serang, Banten memiliki kapasitas produksi maksimal 50 ribu unit per tahun.

Fasilitas ini sedari awal memang dirancang untuk memenuhi kebutuhan produksi di dalam negeri, dan menjadi basis produksi untuk pasar Asia.

Rentang Harga DFSK Glory 560, Ini Bocorannya

Liputan6.com, Jakarta DFSK Glory 560 sudah diperkenalkan kepada media di Jakarta pada 26 Maret lalu. SUV asal Cina ini masih menyimpan sejumlah pertanyaan.

Sempat muncul dugaan bahwa SUV penantang Honda HR-V, Toyota Rush dan Daihatsu Terios ini akan muncul perdana di hadapan publik pada GIIAS Surabaya yang berlangsung 29 Maret – 7 April 2019 di Grand City Convex.

Namun hingga Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto membuka secara resmi GIIAS Surabaya Jumat pagi (29/3), DFSK Glory 560 tidak menunjukkan batang hidungnya.

“Belum bisa ditampilkan mas sebelum peluncuran resminya bulan Mei di Jakarta,” kata salah satu tenaga pemasaran di booth DFSK di GIIAS Surabaya yang tidak mau disebutkan namanya.

DFSK Glorv 560 dipersenjatai mesin Turbocharger berkapasitas 1.500 cc yang sanggup meletupkan tenaga 150 PS pada putaran 5.600 rpm dan torsi di rentang putaran 1.800 – 4.000 rpm.

Sebagai penantang Honda HR-V Toyota Rush dan Daihatsu Terios, DFSK Glory 560 dibekali sejumlah fitur unggulan.

Misalnya Electric Parking Brake (EPB) untuk memudahkan pengoperasian rem parkir, Anti-Lock Braking System (ABS] yang ditunjang dergan Electronic Brake Distribution (EBD), Hill Hold Control (HHC), Emergency Brake Assist (EBA), Electronic Stability Control (ESP), dan Traction Control System (TCS).

Selain itu DFSK menyematkan Active Stylish Design melalui garis bodi samping yang membentuk lekukan, ditambah penggunaan sporty wings – shaped grille dengan krom.

Lalu lampu utama model hawk-eye dengan LED Daytime Running Light. Sebagai pelengkap adanya roof rail, shark fin antena modern, serta alloy wheel berukuran 17 inci.

Pada bagian dalam, DFSK Glory 560 memakai material soft touch, serta jok dilapisi kulit dengan jahitan benang merah.

Unsur hiburan diberikan lewat layar sentuh 8 inci yang dilengkapi radio, Bluetooth, GPS Navigation, Mirroring Smartphone (iOS dan Android), intellligent key yang berpadu start/stop button, serta kamera belakang.

DFSK Glory 560 Senggol Outlander Sport, Ini Tanggapan Mitsubishi

Liputan6.com, Jakarta – Salah satu pabrikan asal Cina, PT Sokonindo Automobile resmi memperkenalkan low sport utility vehicle (LSUV) terbarunya, DFSK Glory 560. Model ini, diprediksi bakal menjadi pesaing berat bagi Toyota Rush, Daihatsu Terios, dan juga Mitsubishi Outlander Sport.

Menanggapi kemunculan pesaing terbaru dari Negeri Tirai Bambu ini, Director Sales & Marketing Division PT MMKSI, Irwan Kuncoro mengatakan tidak masalah. Dengan adanya model baru, maka pilihan untuk konsumen juga akan lebih banyak, dan market terdorong menjadi lebih besar.

Market terdorong lebih besar, artinya kita juga bisa dapat kue yang lebih besar, seperti itu,” jelas Irwan saat ditemui di Tangerang, beberapa waktu lalu.

Lanjut Irwan, memang konsumen terkadang tidak hanya memilih produk saja, tapi juga harga. Dan betul, untuk segmen SUV Rp300 jutaan, pabrikan berlambang tiga berlian ini hanya memiliki Outlander Sport.

“Bukan berarti konsumen itu kan selain memilih di segmen yang harganya cocok, bisa juga memilih turun sedikit atau naik ke atas, dinamis saja kita lihat,” tegasnya.

Deretan LSUV yang Siap Mengadang DFSK Glory 560

Pesaing terakhir dari DFSK Glory 560 datang dari LSUV milik Honda yaitu BR-V. Mobil ini pertama diperkenalkan oleh Honda pada ajang GIIAS 2015 yang berlangsung di ICE BSD. Momen tersebut juga merupakan World Premiere dari BR-V.

Serupa dengan para pesaing lainnya, BR-V juga mampu menampung kapasitas hingga 7 penumpang. Dari segi dimensi, BR-V sedikit lebih panjang dan lebih lebar dari Rush dan Terios yaitu dengan panjang 4.453 mm, lebar 1.735 mm, dan tinggi 1.666 mm.

Honda BR-V menggunakan mesin yang sama dengan Honda Jazz yaitu dengan mesin bensin 4 silinder berkapasitas 1.5 liter. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 118 Tk dengan torsi 145 Nm. Selanjutnya, mesin tersebut akan dikawinkan dengan 2 pilihan sistem transmisi yaitu manual 6 percepatan dan otomatis CVT.

Honda menjual mobil ini dengan kisaran harga mulai dari Rp 238 juta hingga Rp 274 juta. Harga tersebut terbagi dalam 4 pilihan tipe.

Jika melihat para pesaingnya tersebut, DFSK Glory 560 memang memiliki mesin yang paling bertenaga, namun hal tersebut sangatlah wajar jika melihat mesin yang digunakan oleh Glory 560 yaitu mesin 1.5 turbo. Keunggulan Glory 560 tersebut nampaknya tidak hanya pada sektor mesin saja, dari segi dimensi Glory 560 juga yang terbesar di antara para pesaingnya di segmen LSUV.

Dari segi tenaga dan dimensi mungkin Glory 560 telah dianggap unggul dibanding para pesaingnya. Tentunya pertanyaan penting lainnya akan muncul yaitu apakah mobil ini juga akan lebih murah dibanding para pesaingnya?

Jika melihat harga di negara asalnya yaitu Tiongkok, mobil ini dibandrol dengan harga yang berkisar dari Rp 150 jutaan hingga Rp 210 jutaan. Lalu, apakah harga di Indonesia tidak akan jauh berbeda? Mari kita tunggu saja kepastian tersebut.

Sumber: Otosia.com

Siap Meluncur, Begini Wujud Interior SUV Terbaru DFSK

Selain itu, Franz juga membocorkan kalau Glory 560 adalah SUV 7-seater, seperti sang kakak, Glory 580.

Sebelumnya, pernah diulas soal mesin yang bakal digendong Glory 560. Jantung mekanis sama seperti 580, 4-silinder 1,5 liter turbocharger.

Padanan transmisi juga sama, memakai otomatis CVT tanpa jeda perpindahan.

Dari sisi dimensi, tak jauh berbeda dari 580. Perbedaaan disiyalir terdapat pada kemewahan fitur, karena 560 bakal dibanderol lebih murah ketimbang 580.

SUV Terbaru DFSK Meluncur Bulan April

Liputan6.com, Jakarta Kabar mengenai SUV terbaru dari DFSK terjawab sudah. Adik sang DFSK Glory 580, yaitu Glory 560 dipastikan meluncur bulan depan. Hal tersebut diungkap oleh Franz Wang, Managing Director of Sales Center PT Sokonindo Automobile.

“DFSK mengeluarkan produk baru Glory 560 April mendatang. Produk ini memiliki kelebihan dibanding produk kompetitor yang selevel lainnya. Dipercaya setelah peluncuran, menjadi sebuah tren hangat,” papar Franz dalam sambutannya kala membuka dealer DFSK Depok.

Franz menjelaskan lebih lanjut, Glory 560 produk yang benar-benar baru. Artinya, bukan versi oprekan atau downgrade dari 580. Diklaim juga, 560 tampil lebih bergaya dan modern daripada 580. “Inilah SUV yang lebih stylish dan modern. Dengan teknologi mesin turbo dan kelengkapan fitur yang sangat menarik di dalamnya,” beber Franz lagi.

Namun soal detail spesifikasi maupun informasi lain, masih ditahan. Dijanjikan, sebelum perkenalan resmi bakal ada informasi lebih jelas yang dibagikan. Menariknya lagi, Franz juga membocorkan kalau Glory 560 adalah SUV dengan 7-seater, seperti sang kakak.

Sebelumnya, pernah diulas soal mesin yang bakal digendong Glory 560. Jantung mekanis sama seperti 580, 4-silinder 1,5 liter turbocharger. Padanan transmisi juga sama, memakai otomatis CVT tanpa jeda perpindahan. Sedang dari dimensi, tak jauh berbeda dari 580. Paling yang membedakan dari kemewahan fitur, karena 560 bakal punya banderol lebih murah ketimbang 580.

Penantang Toyota Rush dari DFSK Pakai Mesin 1,5 Liter Turbo?

Liputan6.com, Jakarta – Berbagai bocoran di media sosial terkait model baru DFSK, yang bakal diposisikan sebagai ‘adik’ Glory 580 terus bermunculan di media sosial. Setelah tampilan wajah depan yang masih terbungkus kamuflase, kini foto mesin penantang Toyota Rush dan Daihatsu Xenia ini juga terpampang dengan jelas.

Berdasarkan unggahan dari akun instagram @deadanella, sport utility vehicle (SUV) baru DFSK ini bakal menggunakan mesin turbo. Namun, tidak jelas unit berapa liter yang bakal disematkan, karena dalam foto tersebut hanya bertuliskan Euro-SFG Turbo.

“Sama gak ya spek engine nya kayak yg di china ?? 🙄🤔–#suvjamannow #suvmasakini #dfskindonesia,” tulis pemilik akun sebagai caption fotonya, saat dilihat Liputan6.com, Jumat (15/2/2019).

Sementara itu, mencoba mengkonfirmasi kepada Arviane D.B, PR Digital Manager & Marketing DFSK Indonesia, mesinnya memang menggunakan unit berkapasitas 1,5 liter turbo.

Namun, dengan dimensi yang lebih kompak, mobil ini bakal memiliki power yang lebih besar dibanding ‘sang kakak’ Glory 580.

“Sama mesin 1,5 liter turbo, tapi kalau spesifikasi dalemannya belum bisa diinfo saat ini,” jelas wanita yang akrab disapa Ane ini ketika dikonfirmasi Liputan6.com, melalui pesan elektronik.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

Untuk diketahui, sebelumnya memang sempat dibahas terkait model yang bakal berdasarkan Dongfeng S560. Di negara asalnya, mobil ini telah diluncurkan pada November 2017.

Model ini dibekali dua pilihan mesin bensin, berkapasitas 1,5 liter turbo dan 1,8 liter naturally aspirated. Jantung mekanis turbo memberi tenaga 150 Tk, dengan torsi maksimum 220 Nm.

Sedangkan engine 1,8 liter menyuplai daya 139 Tk dan torsi 187 Nm. Kedua mesin, sama seperti yang dimiliki Glory 580.

3 dari 3 halaman

Saksikan Juga Video Pilihan di Bawah Ini:

Sudah Banyak Bocoran, SUV Baru DFSK Mengaspal Sebelum IIMS 2019?

Liputan6.com, Jakarta – DFSK Indonesia sepertinya tidak akan berdiam terlalu lama, setelah kehadiran SUV baru dari pesaing satu negaranya, Wuling Almaz. Pasalnya, pabrikan asal Cina ini, juga berencana untuk menghadirkan SUV baru, sebagai ‘adik’ dari Glory 580.

Sebelumnya, bocoran dari model yang diperkirakan bakal bernama DFSK Glory 560 sudah banyak beredar di dunia maya. Meskipun masih tertutup kamuflase, namun penampakan wajah depan model anyar ini sudah terlihat jelas, dengan adanya perbedaan desain grille dari Glory 580, letak logo, bumper, kap mesin, dan juga desain lampu.

Untuk desain grille, calon SUV baru DFSK ini memiliki garis besar dengan logo DFSK di bagian tengah, serta headlamp yang sudah LED dengan foglamp yang juga memiliki desain baru. Terakhir, terdapat tambahan bodi berkelir hitam, yang semakin mempertegas kesan tangguh dari SUV baru DFSK tersebut.

Lalu, kapan model baru yang siap menantang Wuling Almaz ini mengaspal di Tanah Air?

“Jadi, tahun ini DFSK berencana meluncurkan SUV baru. Semoga bisa direalisasikan di semester pertama ini untuk produk barunya,” jelas Arviane D.B, PR Digital Manager & Marketing DFSK saat berbincang dengan Liputan6.com, melalu pesan elektroniknya, Kamis (7/1/2019).

Namun, wanita yang akrab disapa Ane ini belum menjelaskan secara detail, terkait kapan waktu peluncuran SUV barunya tersebut. Tapi, kemungkinan besar, SUV baru ini bakal hadir di Tanah Air sebelum gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

Untuk diketahui, SUV baru DFSK ini kemungkinan besar bakal menggunakan platform yang sama dengan Dongfeng Fengguang S560. Mobil berkapasitas tujuh penumpang ini, diluncurkan pada November 2017.

Berbicara dimensi, mobil ini bakal lebih ramping dari Glory 580, dengan panjang 4.515 mm, lebar 1.815 mm, dan tinggi 1.735 mm. Fascia keduanya juga memiliki guratan yang mirip. Namun bentuk buritan dan lampu belakang sipit, seperti terinspirasi dari Range Rover Sport. Mungkin desain ini dilekatkan biar mobil punya cita rasa premium.

Fengguang S560 menawarkan dasbor yang elegan. Mirip seperti kakaknya, Glory 580. Tapi ia pakai head unit floating monitor, jok kulit, atap panoramic sunroof yang besar, dashcam, kamera 360 derajat, cruise control, dan juga VSC. Yang bikin makin keren, rem parkir pakai model elektronik. Jadi Anda tinggal menyentuh tombol saja.

Sedangkan jantung penggeraknya, mobil ini dipersenjatai dua pilihan mesin, yaittu mesin bensin, 1,5 liter turbo dan 1,8 liter naturally aspirated. Jantung mekanis turbo memberi tenaga 150 Tk dengan torsi maksimum 220 Nm. Sedangkan engine 1,8 liter menyuplai daya 139 Tk dan torsi 187 Nm. Kedua mesin, sama seperti yang dimiliki Glory 580.

Meskipun memiliki spesifikasi yang cukup keren, namun pertimbangan harga tetap penting untuk pasar Indonesia. Jika melihat harga Glory 580 paling murah Rp 245 jutaan, SUV baru ini harusnya bisa dibanderol tidak lebih dari Rp 235 jutaan.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Mengintip Spesifikasi SUV DFSK Terbaru yang Meluncur Tahun Ini

Liputan6.com, Jakarta – Foto-foto bocoran SUV yang diduga sebagai produk baru DFSK telah beredar di dunia maya. SUV asal Cina tersebut dibalut oleh kamuflase di seluruh tubuhnya. Tujuannya? Tentu untuk menguji produknya atau sekedar menggoda konsumen.

Arviane D.B, PR Digital Manager & Marketing DFSK bilang, perusahaan meluncurkan SUV anyar tahun ini. Namun untuk info detailnya belum mau dijabarkan. Kemungkinan besar, SUV tujuh penumpang bernama Glory 560 jika resmi meluncur di pasar nasional. Posisinya menjadi adik Glory 580.

Sebagai produsen baru di Indonesia, seyogyanya mereka gerak cepat untuk mendapatkan perhatian pasar. Sebab, Wuling Almaz 1,5 liter turbo malah lebih dulu melakukan penetrasi di segmen SUV. Gerakan mereka sangat agresif membangun citra brand. Terbukti, tahun lalu Wuling menembus 10 besar penjualan nasional. Toh dari fitur dan value yang diberikan, DFSK sebetulnya tak kalah. Cuma, siapa dulu yang berakselerasi kencang untuk mendapatkan ceruk pasar.

Spesifikasi Dongfeng S560

Di negara asalnya, ia dikenal dengan nama Dongfeng Fengguang S560. Unit diluncurkan pada November 2017. Jadi sebetulnya bukan barang anyar. Dibekali dua pilihan mesin bensin, 1,5 liter turbo dan 1,8 liter naturally aspirated. Jantung mekanis turbo memberi tenaga 150 Tk dengan torsi maksimum 220 Nm. Sedangkan engine 1,8 liter menyuplai daya 139 Tk dan torsi 187 Nm. Kedua mesin, sama seperti yang dimiliki Glory 580.

Lalu dimensinya lebih ramping dari Glory 580. Mari kita bandingkan. Glory berdimensi (P x L x T) 4.680 mm X 1.845 mm x 1.715 mm. Sedangkan Fengguang S560 hanya 4.515 mm x 1.815 mm x 1.735 mm. Fascia keduanya juga memiliki guratan yang mirip. Namun bentuk buritan dan lampu belakang sipit, seperti “terinspirasi” dari Range Rover Sport. Mungkin desain ini dilekatkan biar mobil punya cita rasa premium.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

Memasuki kabin, Fengguang S560 menawarkan dasbor yang elegan. Mirip seperti kakaknya, Glory 580. Tapi ia pakai head unit floating monitor, jok kulit, atap panoramic sunroof yang besar, dashcam, kamera 360 derajat, cruise control dan juga VSC. Yang bikin makin keren, rem parkir pakai model elektronik. Jadi Anda tinggal menyentuh tombol saja. Itu spesifikasi di Cina. Semoga kala masuk di sini, fitur komplet tak banyak dipangkas. Di Cina diniagakan mulai dari Rp 150 hingga Rp 200 jutaan. Patut ditunggu kedatangan SUV ini.

Sumber: Oto.com

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: