Makin Banyak Orang Dewasa Muda Jepang yang Malas Berhubungan Seks

Liputan6.com, Jepang Persentase orang dewasa muda Jepang yang tidak berhubungan seks meningkat. Pakar kesehatan masyarakat di Universitas Tokyo menyampaikan, analisis terinci dari data survei kesuburan nasional untuk memahami tren dalam pengalaman seksual selama tiga dekade terakhir.

“Analisis baru ini menyajikan perkiraan untuk seluruh populasi Jepang. Lebih jelas mendefinisikan usia dan status sosial ekonomi orang-orang yang tidak pernah berhubungan seks dan membandingkan tren seksual dari waktu ke waktu,” kata ahli epidemiologi dan kesehatan masyarakat, Peter Ueda, dikutip dari EurekAlert! Selasa (9/4/2019).

Hasil survei berjudul Trends in heterosexual inexperience among young adults in Japan: analysis of national surveys, yang diterbitkan BMC Public Health pada 2019 menggambarkan rentang usia dan pengalaman berhubungan seks.

Pengalaman tidak berhubungan seks pada wanita berusia 18 hingga 39 tahun meningkat dari 21,7 persen pada tahun 1992 menjadi 24,6 persen pada tahun 2015. Jumlah masing-masing, yakni pria 20 persen dan 25,8 persen.

Ketika jumlahnya dipecah sesuai rentang usia, tren peningkatan angka keperawanan dan keperjakaan yang diamati di antara orang dewasa muda berada di usia 30-an tahun.

Untuk orang berusia 30 sampai 34 tahun pada tahun 1987, 6,2 persen wanita dan 8,8 persen pria melaporkan, tidak ada pengalaman berhubungan seks. Pada tahun 2015, jumlahnya melonjak menjadi 11,9 persen wanita dan 12,7 persen pria.

Saksikan video menarik berikut ini:

Hubungan seks di usia remaja ternyata diperbolehkan di beberapa negara.

Gejala Cacingan Pada Anak dan Orang Dewasa yang Perlu Diwaspadai

Gejala cacingan ternyata berbeda-beda, tergantung pada jenis cacing apa yang berkembang di dalam tubuh. Berikut gejala cacingan menurut jenis cacing yang berkembang:

1. Gejala cacingan akibat cacing kremi

Cacing kremi merupakan cacing yang berukuran sangat kecil, pipih, berwarna putih yang akan menginfeksi bagian sistem pencernaan manusia. Cacing kremi termasuk dalam kelompok parasit pinworm.

Orang dewasa memang lebih jarang mengalami infeksi cacing kremi. Biasanya jika orang dewasa mengalami infeksi cacing kremi adalah orang yang merawat anak yang terkena infeksi cacing kremi. Jika perawat anak ini terkontaminasi cacing kremi, ia berisiko juga menularkan cacing ini pada pasangannya saat berhubungan seksual.

Gejala cacingan kremi yang perlu diwaspadai antara lain adalah:

· Gejala cacingan pertama adalah sering gatal di bagian anus, gatalnya terasa sangat kuat. Apalagi saat di malam hari. Pada malam hari, spesies betina cacing ini akan menetaskan telur-telurnya di bagian anus.

· Tidur gelisah sebab bagian rektum (anus) terasa tidak nyaman.

· Nyeri, ruam, atau iritasi di kulit sekitar anus.

· Adanya cacing kremi di feses.

· Ditemukan cacing di daerah anus.

2. Gejala cacingan akibat cacing gelang

Gejala cacingan akibat cacing gelang adalah infeksi yang disebabkan oleh Ascaris lumbricodes. Ascaris termasuk parasit dalam tubuh manusia dari jenis roundworms. Cacing ini seringnya berada pada lingkungan yang tidak bersih dan tinggal di wilayah yang beriklim hangat.

Gejala cacingan awal dari cacing ini biasanya tidak ada gejalanya. Gejala cacingan akan muncul seiring pertumbuhan cacing yang semakin berkembang. Terdapat dua gejala cacingan yang dapat terjadi, tergantung ke bagian tubuh mana cacing itu menginfeksi. Organ tubuh yang biasa diserang adalah paru-paru dan usus.

Gejala cacingan yang akan muncul saat terjadi infeksi cacing gelang di paru-paru yaitu:

· Batuk-batuk

· Napas terasa semakin pendek

· Ada darah di dalam mukus

· Dada terasa tidak nyaman

· Demam

Gejala cacingan yang akan muncul saat cacing ini menyerang bagian usus adalah:

· Mual

· Muntah

· Diare

· Perut terasa tidak nyaman

· Penurunan berat badan

· Selera makan menurun

· Penyumbatan usus sehingga perut bisa terasa nyeri dan terjadi muntah parah

Top 3 Berita Hari Ini: 6 Kesalahan Orangtua yang Berpengaruh pada Kehidupan Dewasa Anak

Liputan6.com, Jakarta – Top 3 Berita Hari Ini tentang hubungan orangtua dengan anak. Adalah tugas orangtua untuk membimbing anak-anaknya. Namun kesalahan mendidik anak dapat menyebabkan anak mulai menganalisis peristiwa yang terjadi di sekitar mereka dan bisa berdampak pada kehidupan masa depannya.

Salah satu contohnya, saat orangtua membuat keputusan untuk anak-anaknya, mereka tidak membiarkan anaknya mandiri. Padahal setiap anak berhak untuk membuat pilihan dengan dukungan dan sesuai dengan usia mereka.

Kalau itu terjadi, ketika dewasa mereka akan sulit bertahan dan selalu membutuhkan bantuan orang lain. Berita kedua yang banyak diminati masih seputar pernikahan Syahrini dengan Reino Barack.

Pakaian yang dikenakan keduanya saat lamaran dirancang oleh Danny Satriadi. Danny bukan orang baru bagi Syahrini. Dalam sejumlah unggahan, desainer itu menyebut perempuan yang kerap disapa Incess itu sebagai true friend.

Sejumlah potret d media sosial pun menggambarkan kedekatan mereka. Salah satunya saat Syahrini dan Danny terlihat bersama-sama duduk di jet pribadi. Berita ketiga yang menarik perhatian adalah tentang pria yang tak kunjung menikah. Para perempuan tentu ingin menjalin hubungan dengan pria yang serius yaitu dan bisa diajak berkomitmen.

Namun terkadang, mencari pria yang serius itu tak mudah, beberapa dari mereka ragu untuk berkomitmen dan terikat pernikahan. Secara umum, ada tiga alasan utama kenapa seorang pria tak kunjung menikah.

Ketiga berita tersebut terangkum lengkap dalam Top 3 Berita Hari Ini. Jadi, mari kita simak rangkuman selengkapnya di bawah ini.

6 Kesalahan Orangtua yang Berpengaruh pada Kehidupan Dewasa Anak

Orangtua bertanggung jawab untuk membesarkan dan mendidik anak-anaknya. Namun, terkadang mereka kurang memahami bagaimana cara mendidik anak.

Kesalahan mendidik anak dapat menyebabkan anak mulai menganalisis peristiwa yang terjadi di sekitar mereka dan menciptakan pandangan yang berdampak pada kehidupan masa depannya. Dilansir dari brightside.me, Rabu, 27 Februari 2019, berikut kesalahan orangtua yang dilakukan kepada anaknya.

Selanjutnya…

Makna Gambar Burung Bangau di Belakang Gaun Pertunangan Syahrini

Syahrini baru saja melangsungkan pernikahannya di Jepang, Rabu, 27 Februari 2019 lalu. Momen pernikahan Syahrini dan Reino Barrack pun dinanti masyarakat karena digelar tertutup.

Lewat unggahan foto di akun Instagramnya @princesyahrini pada Minggu, 3 Maret 2019, rasa penasaran kebenaran tentang berita pernikahan itu mulai terjawab. Ia mengunggah video pertunangan yang digelar di Tokyo, Jepang, yang menampilkan Reino Barrack berlutut meminta Syahrini menikah dengannya.

Selanjutnya…

3 Alasan Pria Tak Kunjung Ajak Menikah

Menjalin hubungan khusus dengan seseorang memang terasa indah dan membuat hidup lebih berwarna. Di sisi lain, sebagai orang dewasa dan usia tentu terus bertambah wajar kalau kita ingin menikah.

Anda tentu ingin bertemu dan menjalin hubungan dengan pria yang serius yaitu bisa diajak berkomitmen dan menjalin hubungan cinta yang tidak hanya sekedar pacaran.

Selanjutnya…

Saksikan video pilihan di bawah ini:

6 Kesalahan Orangtua yang Berpengaruh pada Kehidupan Dewasa Anak

Liputan6.com, Jakarta – Orangtua bertanggung jawab untuk membesarkan dan mendidik anak-anaknya.  Namun, terkadang mereka kurang memahami bagaimana cara mendidik anak.

Kesalahan mendidik anak dapat menyebabkan anak mulai menganalisis peristiwa yang terjadi di sekitar mereka dan menciptakan pandangan yang berdampak pada kehidupan masa depannya. Melansir dari brightside.me, Rabu, 27 September 2019, berikut kesalahan orangtua yang dilakukan kepada anaknya.

Anak tidak pernah diajarkan untuk mengambil keputusan sendiri

Ketika orangtua membuat keputusan untuk anak-anaknya, mereka tidak membiarkan anaknya mandiri. Setiap anak berhak untuk membuat pilihan dengan dukungan dan sesuai dengan usia mereka. Ketidakmampuan dalam mengambil keputusan membuat orang tidak mampu memecahkan masalah. Jika hal itu terjadi pada anak, ketika dewasa mereka akan sulit bertahan dan selalu membutuhkan bantuan orang lain. 

Berdebat di depan anak

Jika orangtua terus berdebat, anak-anak mungkin berpikir bahwa mereka yang harus disalahkan. Mereka tidak mengerti apa yang sedang terjadi dan berpikir mereka bersalah. Ketika dewasa nanti biasanya mereka mencoba menghindari konflik yang berbeda atau sebaliknya, melecehkan orang lain.

Di masa depan, anak perempuan yang sering melihat orangtuanya debat akan secara tidak sadar menunjukkan kepada pria bahwa mereka lebih kuat. Mereka akan berpikir bahwa laki-laki dapat mengulangi perilaku ayahnya. Selain itu, mereka sering memahami bahwa apa yang mereka lakukan adalah buruk dan dapat menyebabkan masalah.

Orangtua menuntut yang tidak mungkin

Seorang anak mempercayai orang dewasa dalam kehidupan mereka, terutama orang tuanya sendiri. Mereka akan berjuang untuk melakukan semua yang diperintahkan. Jika gagal, mereka mulai berpikir bahwa mereka adalah pecundang yang tidak pantas dicintai.

Di kehidupan dewaasa, mereka akan selalu terlalu fokus pada kesuksesan. Jika mereka gagal melakukan yang terbaik (menurut pendapat mereka), mereka akan merasa tidak bahagia, dan bahkan tertekan. Orang-orang ini juga biasanya berusaha mencegah anggota keluarga mereka dari bahagia.

2 dari 2 halaman

Terlalu Memanjakan Anak

Memenuhi keinginan anak adalah fenomena normal. Orangtua sering memperbolehkan anak untuk menonton TV atau bermain game, sehingga tidak mengganggu mereka. Tidak masalah jika situasi ini tidak sering terjadi. Tetapi, kebanyakan orangtua membiarkan kebiaasan buruk anaknya dan lebih memanjakan karena mereka terlalu sibuk.

Anak yang mendapat perlakuan ini biasanya tidak dapat menjalani kehidupan secara mandiri dan akan bergantung kepada orang lain. Mereka juga tidak mengerti apa yang mereka inginkan dan itu mempengaruhi kesehatan yang dapat menyebabkan berbagai masalah.

Sebagai seorang ayah, tidak cukup memperhatikan anak

Kebanyakan ayah lebih sibuk untuk bekerja dan lupa untuk memperhatikan anaknya. Sebenarnya ayah merupakan seseorang yang dapat menjadi bagian dari perkembangan pribadi anak. Apa yang terjadi jika anak tidak mendapatkan perhatian dari seorang ayah?

Anak laki-laki mungkin akan berperilaku sama seperti ayahnya dulu. Sedangkan, anak perempuan biasanya mengalami kesulitan dalam membangun hubungan romantis. Masalahnya, wanita memilih pria yang menyerupai ayah mereka. Mereka ingin memiliki keluarga yang bahagia, tetapi pengalaman masa kecil mereka membuat mereka merasa curiga terhadap pria.

Meremehkan perasaan anak Anda

Terkadang anak-anak marah tentang hal yang terlihat konyol bagi orang dewasa. Tetapi alih-alih mendapat dukungan, mereka malah mendapat penilaian (Seperti “Itu buruk,” “Itu bagus,” atau “Anak laki-laki tidak menangis”) atau perintah (Seperti “Berhenti menangis” atau “Jangan marah”). Begitulah perasaan dan emosi diremehkan.

Semakin seseorang memahami dan mengendalikan perasaannya, makan tersebut akan semakin tangguh. Dalam kehidupan orang dewasa, anak-anak seperti ini tidak dapat membagikan emosi mereka dan menekan amarah mereka sampai meledak. (Adinda Kurnia Islami)

Saksikan video pilihan di bawah:

Keluarga Uno di Gorontalo Dukung Jokowi, BPN Prabowo: Acting Saja

Jakarta – Capres petahaha Joko Widodo mendapat dukungan dari keluarga Uno, yang merupakan keluarga dari cawapres saingannya, Sandiaga Uno. Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga pun mengaku tak masalah.

“Uno itu kan nama family name. Besar sekali. Sangat besar sekali. Seperti Luhut Binsar Pandjaitan. Apa semua marga Pandjaitan mendukung Pak Luhut? Kan nggak harus. Jadi biasa, kita kan nggak bisa mengontrol pilihan politik keluarga,” ujar Juru Bicara BPN Prabowo-Sandiaga, Dian Fatwa kepada wartawan, Jumat (1/3/2019).

“Ini uno yang mana? bagian tengah, depan belakang?” imbuhnya.


Dian mengatakan perbedaan pilihan politik merupakan hal yang biasa. Hal itu menunjukkan warna demokrasi yang dewasa di Indonesia. Namun, menurutnya, hal itu tak menutupi banjirnya dukungan masyarakat kepada Sandiaga.

“Ini warna demokrasi. Kita nggak harus sama. Ini bagaimana berdemokrasi secara dewasa. Tapi pendukung Mas Sandi ini lebih besar dari yang nggak (dukung). Mas Sandi ini luar biasa, dari pengusaha yang tidak dikenal, jadi cawagub, hingga cawapres,” katanya.

“Kalau mas Sandi muncul, (pendukung) histeris. Saya nggak kecil hati. Ini dinamika dalam keluarga, bukti demokrasi dalam keluarga dan Indonesia,” imbuh Dian.

Selain itu, menurut Politikus PAN itu, dukungan keluarga Uno di Gorontalo itu tak mewakili keluarga Uno seluruhnya. Lagipula, dia meyakini, dukungan keluarga Uno ke Jokowi hanyalah sandiwara semata.

“Kalau misalnya ada yang mendeklarasikan ya bagus, tapi saya tahu keluarga Uno yang di partai Koalisi Indonesia Maju, punya hubungan keluarga dan ‘masa ponakan sendiri nggak dicoblos, masa sepupu sendiri nggak dicoblos’ gitu lho. Kalaupun ada yang mendukung, itu cuma make up aja,” katanya.

“Saya tahu mereka terikat dengan acting bahwa karena partainya berkoalisi dengan itu, jadi tentu saja harus tampak di publik mendukung pasangan Jokowi. Saya tahu itu. Tapi kami biasa saja, ini sebuah realita, kalau tidak, kita tahu lah, kalau nggak dosa-dosa politik akan dibuka, atau diproses secara hukum, karena hukum sekarang kan tumpul ke atas tajam ke bawah,” imbuh Dian.

Seperti diketahui, keluarga Uno di Gorontalo mendeklarasikan mendukung Jokowi untuk menjadi presiden sekali lagi. Jokowi pun hadir dalam deklarasi dukungan itu.

Perwakilan keluarga Uno, Rudi Hartono Uno mengungkap mengapa tak mendukung saudaranya di Pilpres. Sepanjang pembacaan deklarasi yang digelar di Hotel Maqna, Gorontalo, Kamis (28/2) malam itu, teriakan Jokowi menggema ke seluruh ruangan.

“Mencermati kinerja pemerintah Bapak Presiden Joko Widodo selama hampir satu periode ini, terutama perhatian dan kepedulian pemerintah pusat terhadap pembangunan di Provinsi Gorontalo, yang sungguh-sungguh telah kami rasakan selama ini, maka kami keluarga Uno telah bersepakat untuk mendukung sekali lagi Bapak Jokowi sebagai Presiden RI,” ungkap Rudi Uno.

“Memang kami menyadari ada salah satu bagian dari keluarga besar kami yang juga ikut dalam kontestasi pemilihan presiden/wakil presiden saat ini. Namun dengan besar hati, kami harus menyampaikan bahwa kepentingan bangsa dan negara sungguh jauh lebih penting dari sekadar kepentingan keluarga,” sambungnya.
(mae/elz)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Unik! Minuman Ini Tersaji di Dalam Gelas Labu 3 Liter

Jakarta – Gerai minuman ini punya gelas saji yang unik. Mereka menyajikan ragam minuman ringan beralkohol semi beku ke dalam gelas labu ukuran super jumbo!

Siapa yang tidak tergoda dengan minuman bersoda yang didinginkan hingga ‘slushy’. Dulu, minuman ini mudah didapat di salah satu jaringan convenience store asal Amerika Serikat.

Unik! Minuman Ini Tersaji di Dalam Gelas Labu 3 LiterFoto: Instagram

Tersedia dalam beragam rasa dan warna yang cerah, minuman tersebut sering dibeli berbagai golongan. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Sayangnya, semenjak convenience store tersebut tutup, tak banyak gerai lain yang sediakan menu serupa.

Tapi di salah satu gerai minuman di Las Vegas, minuman dingin itu tersaji di tempat berbentuk unik. Bentuknya menyerupai tabung panjang dengan bagian ujung bawah berbentuk bulat.

Baca juga: Keren! Foto-foto Makanan dan Minuman yang Dibuat Melayang di Udara

Unik! Minuman Ini Tersaji di Dalam Gelas Labu 3 LiterFoto: Instagram

Bisa dibilang mirip seperti labu destilasi hanya tabungnya lebih panjang dan tak memiliki cabang. Tentunya bentuk penyajian unik tersebut mencuri perhatian netizen.

Apalagi warna minuman semi bekunya beragam dan warna warni. Minuman unik itu bisa didapat di Fat Tuesday, Las Vegas. Dilihat dari akun instagram resminya, ada beberapa ukuran tabung gelas yang bisa dipilih pengunjung.

Rasa dari minuman yang ada juga cukup beragam dan tak hanya mencakup minuman berkarbonasi biasa. Sebab ada yang sengaja dicampur dengan minuman beralkohol. Pilihannya tersedia dari rasa stroberi, margarita, apple banana banshee, rum runner hingga mango tango.

Unik! Minuman Ini Tersaji di Dalam Gelas Labu 3 LiterFoto: Instagram

Gelas tabung paling panjang mampu memuat sebesar 100 oz atau sekitar 2957 ml minuman. Dilihat dari Yelp, seporsi 100 oz Mug milik Fat Tuesday dibanderol seharga $36 atau sekitar Rp 506 ribu. Jika ingin merefilnya, cukup berikan uang sebesar $25 atau sekitar Rp 351 ribu.

Rekaman aksi saat seorang pelayan menyiapkan menu unik itu berhasil jadi bahan omongan netizen. Para netizen justru makin ingin mencicip minuman tersebut. Bagaimana dengan Anda?

Baca juga: Nyess! Minuman Bersoda dengan Rasa Unik dari Belut Panggang Hingga Kari (dwa/odi)

Misbakhun: Pemerintahan Jokowi Pikirkan dari Gizi Anak hingga Petani dan Nelayan

Liputan6.com, Probolinggo – Politikus Partai Golkar Mukhamad Misbakhun terus meyakinkan masyarakat di wilayah ‘Tapal Kuda’ Propinsi Jawa Timur terkait kinerja Presiden Jokowi yang konkret dan tak sekadar bikin janji dalam menyejahterakan masyarakat.

Di Kabupaten Probolinggo. Jawa Timur, Kamis 28 Februari 2019, Misbakhun mengumpulkan siswa sekolah, kelompok tani, dan kelompok nelayan. Acara utamanya adalah serah terima bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) kepada kelompok tani dan nelayan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan, serta dari Kementerian Pertanian.

Acara pertama bertajuk “Ayo Makan Ikan Mencegah Stunting” di Pantai Bentar, Kecamatan Gending, yakni pelepasan bibit ikan kakap yang berjumlah 15.000 ekor. Kata Misbakhun, per 1.000 ekor ikan hidup, akan bisa menjadi 4 ton ikan kakap dewasa dalam 5 bulan ke depan.

“Makan ikan itu sehat. Kalau kurang gizi, bisa menyebabkan stunting. Ayo bapak ibu kita biasakan anak-anak kita mengonsumsi ikan. Bantuan bibit ikan ini juga wujud kepedulian Pak Jokowi supaya anak-anak kita bergizi sehat dengan memakan ikan,” kata Misbakhun, yang juga Juru Bicara TKN Jokowi-KH Ma’ruf Amin itu.

Lebih lanjut, dia menjelaskan Kementerian Kelautan dan Perikanan memberikan bantuan total senilai Rp 14,052 miliar. Meliputi benih ikan kakap merah, ikan kerapu cantang, sertifikat hak atas tanah permodalan 66.680 m2, fasilitas penyaluran kredit nelayan, dan lain-lain.

Di acara kedua, Misbakhun menyerahkan bantuan alat pertanian melalui Kementerian Pertanian. Yakni 10 traktor roda dua, 8 traktor bawang, 5 mesin pengupas bawang, dan ada 10 pompa air. Totalnya senilai Rp 702.694.000.

“Bapak ibu harus tahu, menjadi bagian dari tanggung jawab saya sebagai wakil bapak ibu sekalian di DPR RI, untuk membawa program-program pemerintah agar sampai ke masyarakat,” kata Misbakhun yang duduk di Komisi XI DPR RI itu.

2 dari 2 halaman

Dilakukan di 7 Kecamatan

Kegiatan itu melibatkan kelompok nelayan di 7 Kecamatan di Kabupaten Probolinggo yang terletak di sepanjang jalur pantura. Meliputi Tongas, Sumberasih, Dringu, Gending, Pajarakan, Kraksaan dan Paiton.

Misbakhun mengatakan pesan utama dari semua itu adalah bahwa pemerintahan Joko Widodo memang konkret dalam menjalankan keberpihakannya kepada rakyat kecil.

Pemerintahan Joko Widodo bukanlah pemerintahan yang hanya suka memberi janji-janji tanpa bukti. Sebagai bukti lebih besarnya, Putra daerah asal Pasuruan itu membeberkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang sudah diberikan kepada seluruh masyarakat Indonesia berjumlah Rp 187 triliun.

“Angka itu paling besar dalam sejarah KUR pertanian dan KUR nelayan diadakan. Semuanya dalam rangka mendorong pertumbuhan. Sebab keinginan Pak Jokowi jelas. Kalau ekonominya tidak tumbuh maka pemerataan akan lebih sulit lagi untuk dilakukan,” kata Misbakhun.

Di acara itu, hadir juga Anggota IV Badan Pemeriksa Keungan (BPK) RI Rizal Djalil, Dirjen Tanaman Pangan Kementrian Pertanian Soemarjo Gatot Irianto, dan Wakil Bupati Probolinggo Ahmad Timbul Prihanjoko.


Saksikan video pilihan berikut ini:

Gejala Sinusitis Pada Anak, Jangan Panik Ketahui Cara Mengatasinya di Sini

Liputan6.com, Jakarta Sinusitis merupakan salah satu gangguan kesehatan yang cukup menyiksa dan mengangggu pernapasan. Sinusitis dapat dialami oleh orang dewasa maupun anak-anak. Gejala yang ditimbulkan oleh sinusitis mirip dengan gejala flu biasa.

Jika tak segera ditangani, sinusitis dapat menyebabkan komplikasi berupa infeksi tulang. Meski jarang terjadi, sinusitis juga dapat menyebabkan infeksi dan menyebar ke daerah sekitar mata, tulang, darah atau otak.

Sinusitis juga kerap terjadi pada anak. Jika Anda mendapati anak mengalami pilek yang tak kunjung sembuh atau sering kambuh Anda perlu mencurigai penyakit sinusitis pada anak.

Nah agar Anda dapat mewaspadai sinusitis pada anak, berikut penjelasan mengenai penyakit sinusitis dari penyebab, cara menangani dan gejala sinusitis pada anak yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis(28/2/2019).

2 dari 5 halaman

Mengenal Sinus dan Sinusitis

Sinus sendiri adalah struktur berupa rongga yang terletak di wajah. Rongga kosong ini terletak di ulang pipi (maxillary), bagian bawah dahi (frontal), bagian belakang rongga hidung (sphenoid), serta di antara hidung dan matang (ethmoid). Rongga sinus tidak tampak dari luar, tetapi fungsinya penting untuk mengurangi beban berat pada tengkorak kepala.

Salah satu tugas sinus adalah untuk menghasilkan mukus (cairan lengket dan tebal) di hidung. Mukus turut bekerja untuk mencegah masuknya kuman, allergen penyebab alergi, dan benda-benda asing yang dapat menyebabkan infeksi dalam tubuh.

Rongga sinus memiliki saluran yang menyambung dengan hidung. Karena itu, infeksi atau peradangan yang terjadi pada hidung, misalnya infeksi saluran pernapasan akut (ISPA), dapat merambat ke sinus dan menyebabkan sinusitis. Sinusitis merupakan gangguan pada rongga sinus yang terjadi akibat sebuah peradangan.

Sebagian besar sinusitis sudah dapat didiagnosa hanya berdasarkan gejala yang dirasakan serta pemeriksaan fisik. Pada pemeriksaan fisik dokter akan melihat adanya kemerahan dan pembengkakan pada rongga hidung, ingus yang mirip nanah, serta pembengkakan disekitar mata dan dahi.

Selain itu diagnosa juga bisa dilakukan melalui pemeriksaan rhinoskopi. Ini adalah sebuah cara untuk melihat langsung ke dalam rongga hidung. Tujuannya adalah untuk melihat lokasi sumbatan.

Terkadang juga diperlukan penyedotan cairan sinus dengan menggunakan jarum suntik untuk pemeriksaan kuman. Pemeriksaan kuman berguna untuk menentukan jenis infeksi yang terjadi. Pemeriksaan menggunakan CT Scan dan MRI hanya diperlukan bila sinusitis gagal disembuhkan dengan pengobatan awal.

3 dari 5 halaman

Sinusitis Pada Anak

Sinusitis merupakan peradangan pada rongga sinus yang sering terjadi pada anak-anak. Anak-anak memang sering mengalami ISPA, sehingga risiko mereka untuk terkena sinusitis juga terbilang besar.

Setiap tahunnya, rata-rata anak mengalami 6-8 kali ISPA dibandingkan orang dewasa. Diperkirakan sebanyak 0,5%-10% ISPA mengakibatkan komplikasi sinusitis. Penelitian juga menemukan bahwa sebanyak 6%-13% anak sampai usia 3 tahun pernah menderita sinusitis.

Penyebab Sinusitis pada Anak

Pada kondisi normal, sel dinding sinus akan menghasilkan lendir (mukus) untuk membantu mengeluarkan alergen atau polutan dari rongga hidung.

Namun, bila terinfeksi lendir ini akan terperangkap, volumenya akan bertambah, dan berisi bakteri atau virus. Karena terinfeksi, sel-sel yang ada di dalamnya pun akan meradang.

Sinusitis dapat terjadi akibat infeksi maupun tanpa infeksi kuman (noninfeksi). Kuman yang paling sering menyebabkan sinusitis adalah virus, yang dapat diperparah dengan tambahan infeksi dari bakteri. Pada anak-anak dengan daya tahan tubuh yang rendah, sinusitis juga dapat dipicu oleh bakteri yang lebih kuat maupun jamur. Sedangkan penyebab noninfeksi pada sinusitis adalah kondisi alergi.

4 dari 5 halaman

Gejala Sinusitis Pada Anak

Gejala sinusitis pada anak maupun orang dewasa mirip dengan gejala flu, yaitu hidung mampet atau berair, keluar lendir berwarna kuning kehijauan dari hidung dan demam ringan. Namun, pada sinusitis terdapat nyeri di wajah terutama sekitar pipi, mata, dan dahi, penurunan indra penciuman, sakit gigi, dan bau mulut.

Anda dapat membedakan pilek biasa dari sinusitis dengan melihat perjalanan penyakit yang terjadi. Umumnya sinusitis ditandai dengan pilek yang tidak kunjung sembuh bahkan hingga 10 hari. Gejala pilek yang sempat membaik, namun memburuk kembali juga dapat menunjukkan adanya sinusitis. Batuk dan pilek yang sangat berat juga dapat dicurigai telah dikomplikasi dengan sinusitis.

Berikut gejala sinusitis pada anak yang perlu diwaspadai dan segera ditangani :

· Hidung tersumbat

· Pilek yang berlangsung lama atau kambuh berulang

· Dapat terjadi demam

· Bau mulut

· Ingus kental, dan terkadang ingus seperti mengalir di belakang hidung dan tenggorokan (disebut post-nasal drip). Post-nasal drip akan menyebabkan seseorang kerap berdeham untuk membersihkan lendir yang terasa mengalir di belakang tenggorokan

· Sakit kepala, misalnya saat menunduk (menandakan radang di sinus frontalis)

· Nyeri pada area wajah, misalnya pipi ketika sinus maksilaris mengalami radang

· Bengkak di area mata

Selain gejala sinusitis pada anak di atas, anak yang mengalami sinusitis biasanya menjadi lebih rewel, susah makan, dan suara yang terdengar bindeng.

5 dari 5 halaman

Penanganan Sinusitis

Gejala sinusitis pada anak memang mirip dengan flu biasa. Dengan mengenalinya Anda dapat memberikan penanganan tepat untuk mengurangi gejala sinusitis pada anak.

Setelah mengetahui gejala sinusitis pada anak maka Anda perlu mengetahui cara menangani sinusitis agar tidak terus menganggu aktivitas anak. Sinusitis dapat sembuh dengan sendirinya meskipun membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan flu biasa, yaitu sekitar 7–10 hari atau bahkan hingga 2 minggu.

Sinusitis yang ringan bisa dikatakan tidak berbahaya. Namun, tetap saja dapat mengurangi kualitas tidur, nafsu makan, serta aktivitas belajar dan bermain anak. Meski sangat jarang terjadi, sinusitis memang bisa menjadi sumber infeksi ke otak dan menyebabkan meningitis.

Periksakanlah anak ke dokter jika mencurigai adanya gejala sinusitis pada anak. Antibiotik adalah obat yang paling sering diresepkan untuk menangani sinusitis. Anda juga dapat memberikan asupan cairan yang cukup untuk anak. Selain itu, bila ingus anak sangat kental dan sulit dikeluarkan, gunakan cairan saline untuk mengencerkan ingus.

Cara Membuat Bunga dari Kertas Origami Ini Mudah, Bisa Langsung Dicoba

Liputan6.com, Jakarta Seni melipat kertas atau origami adalah seni tradisional yang sudah ada sejak dulu di Jepang. Origami kemudian berkembang menjadi tren hingga saat ini. Origami sendiri berasal dari bahasa Jepang yang terdiri dari dua kata, yaitu ori dan kami. 

Jika diartikan satu per satu, ori memiliki artian lipat. Sedangkan kami memiliki arti kertas. Jadi origami berarti lipat kertas. Awal mula kemunculan origami sendiri pun banyak atau bervariasi dalam ragam cerita.

Namun bukti paling kuatnya, origami diklaim berasal dari Negara Jepang. Di Jepang sendiri, hampir seluruh penduduk mengetahui cara dan bisa membuat origami. Kegiatan ini sudah menjadi budaya dan kegiatan rutin bagi penduduk Jepang, bahkan di Jepang kegiatan ini dijadikan ajang perlombaan serta karya seni lainnya.

Kesenian ini menggunakan bahan kertas yang berbentuk persegi. Lalu kertas tersebut dilipat dan dibentuk hingga menyerupai hewan atau benda tertentu seperti katak, kapal, balon, burung, dan bentuk lainnya.

2 dari 5 halaman

Tradisi Jepang turun temurun

Origami merupakan seni melipat kertas yang sering dilakukan di Jepang, maka origami dikenal oleh banyak orang sebagai bagian dari budaya Jepang yang berkembang secara turun temurun. Sampai akhirnya origami dikenal oleh banyak orang dari berbagai Negara.

Dan seni melipat kertas ini pun dikenalkan dan diajarkan di sekolah-sekolah karena dapat meningkatkan kreativitas. Tapi nggak hanya anak-anak sekolah saja yang bisa membuat kerajinan dari kertas ini. Tak jarang orang-orang dewasa pun suka dengan seni melipat kertas ini.

Bagaimana tidak, soalnya dengan kertas origami ini bisa banyak dijadikan aneka ragam bentuk. Hasil karya dari kertas origami itu bisa dijadikan pernak-pernik atau dekorasi ruang di rumah.

Nah, kali ini Liputan6.com, Kamis (28/2/2019) telah merangkum dari berbagai sumber beberapa cara membuat bunga dari kertas origami. Kamu bisa mencobanya sendiri di rumah, karena alat dan bahan yang digunakan juga sangat mudah.

3 dari 5 halaman

1.  Origami Bunga Sederhana

Ini cara membuat bunga dari kertas origami yang sederhana. Kamu hanya perlu menyiapkan kertas origami, seloptip, dan gunting.

Begini caranya:

– Ambil kertas origami ukuran 6”x6”, corak menghadap atas.

– Lipat secara diagonal dalam kedua arah. Pastikan untuk meluruskan sudut dan lipatan dengan tajam. Lipatan yang seharusnya adalah membentuk ‘X’.

– Balik kertas. Lipat dari kiri ke kanan, dan buka kembali.

– Kemudian lipat dari atas turun ke bawah. Kertas kamu seharusnya berbentuk persegi panjang.

– Dengan sayap terbuka di dasar, dorong dengan lembut ujung kiri atas dan kanan atas dari kertas.

– Lipatan di tengah kertas akan terangkat. Keempat sudut akan bertemu di dasar.

– Kamu akan memiliki kertas dengan bentuk wajik persegi.

– Ratakan bentuk wajik. Pastikan ada satu sayap atas di sisi kiri dan satu sayap atas di sisi kanan.

– Putar wajik 180 derajat, hingga sayap yang terbuka ada di atas.

– Lipat bagian bawah kiri dan bawah kanan dari wajik menuju lipatan tengah. Hal ini akan membentuk lipatan seperti laying-layang.

– Balikkan wajik ke sisi belakang, dan ulangi lipatan yang kamu buat pada sisi depan.

– Buka daun bunga dengan pegang ujung atas dari laying-layang.

– Tarik dan lipat ke bawah kira-kita ¾ dari jarak ke bawah laying-layang. Lakukan dengan ibu jari dan jari telunjuk, tekan bagian tengah dari bunga untuk membentuk lipatan kuat.

– Atur daun bunga di sisi sampai pada posisi yang kamu inginkan. Pengaturan dapat dibuat pada semua daun dengan menjepit dasar bunga dekat tangkai.

– Gunakan gunting untuk membulatkan atau membuat bergerigi pinggir bunga. Pinggiran bulat akan membuat bunga menjadi bunga pansy.

4 dari 5 halaman

2. Origami Bunga Bakung  

Selanjutnya cara membuat bunga dari kertas origami, yaitu bunga bakung. Begini cara mudahnya:

Membuat Kelopak Bunga Bakung

–  Siapkan kertas origami sesuai dengan yang kamu inginkan.

–  Letakkan kertas origami dengan sisi corak atau warna menghadap ke bawah.  

–  Lipat kertas menjadi dua bagian secara diagonal untuk membentuk segitas besar.

–  Lipat sudut kiri bawah ke sudut kanan bawah, membentuk segitiga yang lebih kecil.

–  Buka kembali segitiga yang lebih kecil.

–  Lipat daun bunga dengan mengambil sudut kiri dari segitiga dan lipat ke atas dari lipatan di tengah.

– Sudut ini akan memanjang melebihi sisi pinggir dari segitiga yang asli dan kurang lebih memiliki tinggi yang sama dengan ujung atasnya.

– Ulangi lipatan ini pada sisi kanan. Coba dengan membuat lipatan ini simetris dengan lipatan yang ada di kiri.

–  Singkirkan bunga terlebih dahulu.

Membuat Tangkai Bunga Bakung

–  Letakkan kertas yang kamu ingin gunakan untuk tangkai dengan sisi corak atau warna menghadap ke bawah.

–  Lipatlah kertas menjadi dua bagian secara diagonal.

–  Buka lipatan dan posisikan kertas agar terlihat seperti wajik persegi.

–  Tarik ujung kanan menuju nlipatan di tengah.

–  Cocokkan sisi kanan dari kertas pada lipatan di kanan, pastikan ujung bawah juga lurus.

–   Ulangi dengan sudut kiri.

–   Kalau sudah selesai, kertas kamu akan terlihat seperti laying-layang.

–   Lipat sisi kanan dan kiri menuju lipatan di tengah. Pastikan ujung bawah tepat dan tajam. Lapisan ini harus berada di tengah dan harus rapat.

–  Lipat ujung kanan atas ke bawah menuju lipatan di tengah. Ulangi dengan ujung kiri atas. Lapisan di antara dua sayap ini juga haru srapat.

–  Lipat bagian atas dari laying-layang ke bawah sehingga lipatan berada di atas dua pertiga dari bagian bawah laying-layang.

–   Lipat sisi kiri ke atas sisi kanan mencocokkan semua sisinya. Segitiga yang lebih pendek dan berisi akan sebagai daunnya.

– Putar tangkai sehingga ujung-ujungnya menhadap ke atas. Ambil

Menggabungkan Bunga dan Tangkai Bakung

– Potong sedikit kertas bagian bawah bunga hingga membentuk lubang kecil.

– Masukkan ujung tangkai ke dalam lubang.

– Beri selotip bunga pada tangkai untuk mencegah bungah jatuh.

5 dari 5 halaman

3. Origami Bunga Unik Lainnya

Cara membuat bunga dari kertas lainnya adalah bunga unik. Caranya juga cukup mudah:

Alat dan Bahan:

–  Gunting

–   Lem

–  Kartas origami

Langkah Membuat

–   Bagi kertas origami menjadi dua bagian hingga membentuk segita.

–  Setelah itu satukan kedua ujung hingga membentuk kerucut dengan satu ujung lancip.

–  Setelah itu lem kedua sisi tersebut agar tidak lepas.

–   Buatlah bentuk tersbeut menjadi beberapa buah.

–   Setelah itu, susun bagian demi bagian agar membentuk bunga yang kamu inginkan.

–  Selesai.

Cara Membuat Tas dari Tali Kur, Mudah bagi Pemula

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang senang mengkoleksi tas? Mungkin jika kamu penggemar tas, ada beberapa tas yang kamu miliki dibuat dengan tali kur. Tas dengan bahan dasar tali kur ini memang sedang booming di Indonesia. Siapa pun bisa menggunakan tas dengan tali kur, dari mulai anak-anak, remaja, dewasa atau bahkan kalangan ibu-ibu.

Tas dari tali kur ini merupakan tas yang dirajut ataupun dirangkai sedemikian rupa hingga membentuk sebuah tas. Ada yang berpikir cara membuat tas dari tali kur ini susah. Namun jika kamu mengetahui tahapannya, maka cara membuat tas dari tali kur ini cukup mudah loh. Tas dari tali kur ini memang cenderung simpel, akan tetapi jika sudah ahli, kamu bisa membuat berbagai jenis model tas dengan tali kur.

Memiliki tas yang terbuat dari tali kur ini memiliki keuntungan sendiri. Tas dengan tali kur cocok dikenakan dalam berbagai acara, mulai dari acara formal ataupun santai. Selain itu, karena bahan tas dibuat dari tali kur yang dirangkai, maka tas ini tentu saja lebih awet digunakan.

Dilansir Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (26/2/2019) tali kur sendiri telah ada sejak abad ke-13. Tali kur merupakan benang yang disebut dengan macrame pada saat itu.

2 dari 5 halaman

Mudah dipraktikkan

Cara membuat tas dari tali kur ini pun bisa kamu praktikan sendiri dirumah. Karena cara membuat tas dari tali kur ini mirip dengan merajut. Hanya saja ukuran benang yang berbeda. Tali kur sendiri merupakan sebuah tali sejenis dengan bahan wol tebal.

Selain itu, jenis tali kur pun berbeda-beda. Yang membedakan jenis tali ini ialah tingkat elastisitas tali. Karena semakin elastis atau lentur talinya, maka semakin mudah pula untuk merangkainya.

Tas dari tali kur sendiri merupakan tas yang dibuat menggunakan berbagai jenis simpul. Yang menarik jika kamu tahu cara membuat tas dari tali kur ialah, kamu bebas membentuk model tas sesuai dengan keinginan. Selain menjadikannya tas, tali kur juga bisa digunakan untuk membuat dompet ataupun ikat pinggang. Tentu saja kamu bisa membuatnya jika sudah terampil.

Jika kamu ingin mengetahui lebih lanjut bagaimana cara membuat tas dari tali kur, kamu bisa menyimak langkah-langkahnya dibawah ini.

3 dari 5 halaman

Siapkan Alat

Cara membuat tas dari tali kur yang pertama tentu saja kamu harus menyiapkan berbagai perlengkapannya. Jangan sampai ada yang tertinggal ya, karena jika ditengah proses cara membuat tas dari tali kur ini kamu hentikan, bisa jadi kamu lupa atau bahkan bingung. Jadi alat dan juga bahan yang harus disiapkan ialah:

1. Tali kur.

Berapa banyak ataupun panjang tali kur yang dibutuhkan sesuai dengna kebutuhan dan juga seberapa besar tas yang akan kamu buat. Karena semakin besar tasnya maka, tali kur yang kamu butuhkan pun semakin banyak. Akan tetapi jika terlalu banyak menggunakan tali kur, maka tas yang kamu buat pun akan terasa berat.

2.Gunting.

Kamu perlu penyiapkan gunting untuk memotong tali kur menjadi beberapa bagian.

3. Korek api.

Kenapa kamu memerlukan korek api? Karena korek api ini akan digunakan untuk menggabungkan ujung tali serta menutup ujung tali jika tas yang dibuat telah selesai.

4. Jarum dan benang.

Selain menggunakan korek api untuk menggabungkan tali kur, kamu juga bisa menggunakan jarum dan benang untuk menggabungkannya. Tentu saja tidak semua potongan dari tali kur ini digabungkan menggunakan jarum dan benang.

5. Resleting, manik-manik, dan kancing.

Ketiganya bisa kamu gunakan sebagai hiasan pada tas. Namun jika kamu tak menginginkan adanya hiasan, maka kamu tak perlu untuk menyiapkannya. Resleting jug bisa kamu gunakan, jika tas yang kamu buat ingin menggunakan resleting.

4 dari 5 halaman

Langkah-langkah cara membuat tas dari tali kur

Setelah kamu menyipkan segala peralatan dan juga bahan, kamu bisa mulai untuk merajut tali kur.

1. Pada langkah pertama cara membuat tas dari tali kur ini, kamu bisa mengambil dua heli tali dengan panjang tali sama. Kemudian lipat tali menjadi 2 bagian dan sejajarkan. Maka kamu akan memperoleh 4 ujung tali. Beri nomor pada tali agar memudahkan kamu, yaitu nomor 1, nomor 2, nomor 3 dan nomor 4 dari kiri ke kanan.

2. Ambil tali nomor 4 kemudian silangkan kebelakang tali lainnya menuju arah 1. Cara membuat tas dari tali kur selanjutnya ialah letakan tali nomor 1 pada bagian belakang tali 4. Sehingga urutannya menjadi nomor 4, 1, 2 dan 3.

3. Langkah dari cara membuat tas dari tali kur selanjutnya adalah ambil ujung tali nomor 1 kemudian kunci dengan cara memasukan pada lubang dari tali nomor 3 dan 4. Selanjutnya tarik tali nomor 1 dari arah kiri dengan tali nomor 4. Hal ini dilakukan untuk mengunci dan juga melipat untuk memasukannya ke lubang belakang.

4. Kemudian tarik kuat masing-masing tali untuk mengutakan dan juga mengunci. Ini merupakan langkah dasar cara membuat tas dari tali kur. Kamu perlu membuat dasar tas ini dengan jumlah yang genap. Hal ini agar lebar tas seimbang anatar kiri dan juga kanan. Jadi, semakin besar tas yang ingin kamu buat, maka semakin banyak pula pola dasar yang harus kamu buat.

5. Untuk menyambungkan 2 pola dasar tas ini, cara yang digunakan pun sama, hanya saja dua kepala yang dirangkau ini dijadikan satu dengan menjejerkan tali-tang ada. Kemudian dua utas tali pada bagian kanan dan dua utas tali pada bagian kiri atau ambil tengah tali untuk menyatukannya. Cara yang digunakan pun sama, karena untuk menyambungkannya kamu juga perlu menggunakan 4 tali.

6. Lakukan menbuat pola dasar ini untuk membentuknya menjadi tas. Jka telah mebentuk kotak ataupun persegi panjang, kamu hanya perlu menggabungaknnya untuk membentuknya menjadi tas menggunakan benang dan jarum ataupun korek api.

Namun apabila benang yang kamu gunakan sebelumnya telah habis namun rangkaian tas belum selesai, kamu bisa menambahkan ujung benang dengan benang lainnya menggunakan korek api. Yang perlu kamu lakukan adalah membakar sedikit ujung benangnya kemudian gabungkan. Disarankan untk tidak terlalu lama dari waktu membakar dan menggabungkannya.

5 dari 5 halaman

Jenis tas tali kur

Bagi kamu yang awam dengan tas tali kur, kamu perlu tahu jika jenis yang kamu bisa buat untuk tali kur ada beragam. Namun jenis yang cukup mudah digunakan ialah motif garis dua warna dan juga miring. Meski begitu masih banyak pula motif dari tas dengan tali kur yang bisa kamu jumpai. Jenis motif tas dari tali kur antara lain:

1. Tas tali kur motif garis 2 warna

2. Tas tali kur motif miring

3. Tas tali kur motif sisik

4. Tas tali kur motif bunga

5. Tas tali kur motof ketupat

6. Tas tali kur motif panah, dan

7. Tas tali kur motif kerang

Banyaknya model dan juga jenis tas tali kur ini pun menandakan bahwa tas ini cukup ramai peminatnya. Kamu bahkan bisa menemui tas dengan bahan tali kur ini di mall ataupun pemeran UMKM.