Banser Hendak Laporkan Tirto.id, Polda Jatim Arahkan ke Dewan Pers

Surabaya – Satkorwil Banser Jawa Timur mendatangi Mapolda Jawa Timur sebagai respons atas meme yang diunggah akun Twitter Tirto.id yang dianggap melecehkan Nahdlatul Ulama (NU). Polda Jatim kemudian mengarahkan Banser Jatim untuk mengadukan masalah tersebut ke Dewan Pers.

Persoalan ini diawali saat akun Twitter milik Tirto.id mengunggah meme yang menggambarkan Cawapres Sandiaga Uno dan Cawapres Ma’ruf Amin. Tulisan yang ada di meme itu dinilai oleh Asisten Divisi Kerja Sama Satkorwil Banser Jatim Abdul Rosyid mengandung ujaran kebencian dan menyudutkan NU.

“Sebenarnya ini guyonan tapi guyonan ya ini melecehkan. Sandiaga Uno yang mengatakan kami akan hapuskan UN. Pak Tirto dengan gaya memenya menyampaikan ‘eh kirain hapus NU’. Kemudian, Ma’ruf Amin, zina bisa dilegalisir, Pak Tirto menjawab ‘ok guys jangan lupa ke depannya sedia kondom dan cap tiga jari yes’. Ini kan pelecehan terhadap nama besar KH Ma’ruf Amin dan juga institusi NU,” kata Rosyid usai di Mapolda Jatim Jalan Ahmad Yani Surabaya, Senin (18/3/2019).

Menurut Rasyid, boleh saja setiap orang berbeda pandangan dan berbeda pendapat. Namun dia menyarankan agar antara satu dan yang lain saling menghormati. Sehingga tidak ada fitnah hingga ujaran kebencian. Dia juga ingin agar momentum Pilpres gak menjadi ajang saling membenci dan menyebarkan hoaks hingga fitnah.

Sementara itu, Rosyid menambahkan pihak Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Jatim menyarankan Rosyid untuk mengadu ke Dewan Pers. Hal ini karena konten tersebut diunggah oleh akun dari media massa. Perlu untuk diketahui, merujuk pada Undang-undang Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers, setiap aduan terhadap media massa diselesaikan lewat Dewan Pers.

“Laporan diterima tapi ada catatan karena ini kan media online jadi ada persyaratan yang harus dipenuhi. Saya lapor saja kita ingatkan mungkin Tirto.id ini gurau meski sudah dihapus tapi rekam jejak digitalnya masih ada nyebar,” katanya.

Meski pihak Tirto.id telah mengapus meme dan meminta maaf, Rasyid menganggap hal ini masih belum cukup. Dia meminta semua pihak lebih berhati-hati dan bijak menggunakan bermedia sosial, apalagi tentang ujaran kebencian, SARA, hoaks dan fitnah.

“Permasalahannya gini, sekarang kalau orang sudah nonjok orang kan sudah dilaksanakan tindak pidana. Permintaan NU sudah dimaafkan, tapi kan ada syaratnya temui Ma’ruf Amin temui PBNU. Karena ini nggak hanya menyangkut Ma’ruf Amin tapi NU secara organisasi,” tuturnya.

Dimintai konfirmasi terpisah, Pimpinan Redaksi Tirto.id, Sapto Anggoro mengatakan pihaknya mengaku khilaf atas terunggahnya meme tersebut di Twitter.

“Saya selaku penanggung jawab Tirto memahami kekecewaan warga Nadliyin, tak terkecuali teman-teman Banser di Jatim dan Seluruh nusantara. Sejujurnya, tirto khilaf dengan meme yang ada di akun twitter, dan itu tidak ada di web tirto.id,” kata Sapto melalui pesan singkatnya kepada detikcom, Senin (18/3).
(nvl/fjp)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Pertama Kali, Arab Saudi Dikecam di Dewan HAM PBB Soal Khashoggi

JenewaArab Saudi akan dikecam untuk pertama kalinya di Dewan HAM PBB atas catatan hitam pelanggaran HAM, khususnya atas penahanan para aktivis hak-hak perempuan dan pembunuhan brutal wartawan kawakan Saudi, Jamal Khashoggi di Turki.

Dalam pernyataan bersama yang akan dibacakan pada Kamis (7/3) besok, negara-negara Eropa akan mendesak Saudi untuk membebaskan para aktivis yang ditahan dan bekerja sama dalam penyelidikan yang dipimpin PBB atas pembunuhan Jamal Khashoggi.

Menurut para diplomat dan aktivis seperti dilansir media Reuters, Rabu (6/3/2019), ini akan menjadi kecaman pertama bagi Saudi di Dewan HAM PBB.
Inisiatif untuk menyampaikan kecaman tersebut dipimpin oleh Islandia, yang mendapatkan dukungan dari negara-negara Eropa dan kemungkinan para delegasi dari wilayah lainnya. Saudi diketahui sebagai salah satu negara anggota Dewan HAM PBB yang beranggotakan 47 negara.

“Kami percaya bahwa anggota Dewan memiliki tanggung jawab khusus untuk memimpin dengan memberi contoh dan menempatkan dalam agenda Dewan isu-isu hak asasi manusia yang membutuhkan perhatian kolektif kami,” kata seorang diplomat Islandia kepada Reuters.

Kelompok HAM, Human Rights Watch (HRW) menyambut langkah Dewan HAM PBB tersebut. HRW menyatakan, negara-negara anggota Dewan HAM PBB harus mendesak Saudi bekerja sama dalam penyelidikan pembunuhan Khashoggi, berhenti menargetkan aktivis, jurnalis dan membebaskan orang-orang yang ditahan secara keliru.

“Tak ada negara yang di atas hukum,” tegas John Fisher, Direktur HRW untuk Jenewa, Swiss.

(ita/ita)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Puisi Neno Disebut Biadab, BPN Prabowo: Pak Buya Syafii Khilaf?

Jakarta – Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno membela Neno Warisman yang puisinya disebut mantan Ketum PP Muhammadiyah Buya Syafii Maarif biadab. BPN mempertanyakan di mana letak kesalahan puisi Neno.

“Mbak Neno sejak dulu memang dikenal antara lain karena puisi. Dia sering menulis dan membaca puisi. Jika sekarang dia menyontoh doa Rasulullah SAW dalam puisinya, salahnya di mana?” kata anggota Dewan Pakar BPN Prabowo-Sandiaga, Dradjad Wibowo kepada wartawan, Jumat (1/3/2019).

Menurut dia, orang yang berkarya lewat puisi harus dihormati. Jika tak setuju, kata Dradjad, lebih baik membuat puisi lain asalkan tidak merevisi doa.

“Orang berkarya seni melalui puisi ya kita hormati lah. Jika tidak sepakat dengan isinya, orang bisa bikin puisi lain yang dia cocok. Yang penting tidak merevisi doa hehe,” ucap politikus PAN itu.
Dradjad pun mempertanyakan apakah Buya Syafii sedang khilaf karena pernyataannya tersebut. Meskipun demikian, ia tetap mendoakan kebaikan bagi Buya Syafii.

“Apa Pak Syafii sedang khilaf ya? Saya mendoakan kebaikan bagi beliau,” ungkap Dradjad.

Sebelumnya, mantan Ketum PP Muhammadiyah, Buya Syafii Maarif, bicara soal doa yang dibacakan Neno Warisman di Munajat 212. Buya Syafii menyebut apa yang disampaikan Neno biadab dan Neno tak mengerti agama.

“Itu puisi, itu kan sudah saya (jelaskan). Saya kemarin di Jakarta bicara ini puisi biadab. Biadab itu bahasa Persia, Bi itu artinya tidak, adab itu tata krama,” jelasnya.

Buya Syafii mengatakan, doa yang dipanjatkan Neno Warisman dengan membawa nama tuhan ke ranah Pemilu tak tepat. Apa yang dilakukan Neno, bagi Buya Syafii adalah perbuatan biadab.

“Ini dia membuat (membawa nama) Tuhan dalam Pemilu, itukan biadab, dan dia nggak ngerti agama. Neno itu nggak paham agama,” tegasnya.

Saksikan juga video ‘TKN soal Puisi Neno Warisman: Tuhan Tak Perlu Diancam!’:

[Gambas:Video 20detik]

Ikuti Perkembangan Pemilu 2019 hanya di sini.
(azr/elz)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

PKS dan Gerindra Serahkan 2 Nama Cawagub DKI ke Anies Baswedan Hari Ini

Liputan6.com, Jakarta – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Gerindra menyampaikan dua nama calon wakil gubernur (cawagub) DKI Jakarta kepada Gubernur Anies Baswedan untuk dilanjutkan ke Pimpinan DPRD DKI Jakarta. Dua nama cawagub tersebut adalah Agung Yulianto dan Ahmad Syaikhu.

Ketua Umum DPW PKS DKI Jakarta, Sakhir Purnomo, yang mewakili Pimpinan PKS dan Gerindra DKI Jakarta, sudah menyampaikan surat ajuan tersebut melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi DKI Jakarta, Saefullah.

“Pemberkasan sudah selesai semua, Alhamdulillah, dan sudah diterima Sekda Pak Saefullah,” ujar Sakhir di Balai Kota, Jakarta, Jum’at (1/3/2019).

Sakhir mengatakan, dua nama tersebut juga sudah ditandatangani oleh kedua partai pengusung, baik di tingkat Pusat maupun Provinsi. Selain itu, saat menyampaikan surat tersebut, Sakhir menjelaskan bahwa Anies Baswedan berhalangan menerima dikarenakan sedang ada agenda penting lainnya.

“Kami memohon doa dan dukungan seluruh warga Jakarta, semoga Allah memudahkan proses-proses berikutnya hingga pelantikan dan pelaksanaan tugas Wakil Gubernur definitif kedepannya,” tandas Sakhir.

2 dari 3 halaman

Imbangi Kelemahan Anies Baswedan

Wakil Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gerindra DKI Jakarta Syarif menyebut tim panelis fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan calon Wakil Gubernur (cawagub) DKI, menginginkan sosok yang dapat mengimbangi Anies Baswedan.

“Peran wagub akan mengisi kelemahan gubernur selama ini,” kata Syarif saat dihubungi, Jakarta, Rabu (6/2/2019).

Para cawagub DKI sebelumnya harus menjalani uji kepatutan dan kelayakan. Saat fit and proper test tim panelis menghadirkan sejumlah tokoh, mulai dari pengamat hingga akademisi. Kata Syarif, hal itu guna meminta masukan mengenai isu yang ditanyakan kepada cawagub.

Syarif menyebut beberapa isu itu yakni mengenai perencanaan dan penyerapan APBD DKI, kebijakan percepatan pembangunan dan aspirasi kalangan pengusaha dan pelaku UMKM terutama PKL.

“Selanjutnya, polarelasi politik partai dan konflik tata ruang dan lingkungan hidup serta pengentasan kemiskinan,” ucap dia.

Oleh karena itu, dia menilai nantinya, wagub terpilih banyak memikul beban sebagai eksekutor.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Rajai Asia Tenggara, Ini 8 Negara Grab Beroperasi hingga Jadi Decacorn

Liputan6.com, Jakarta – Grab akhirnya dinobatkan menjadi startup yang meraih status decacorn pertama di Asia Tenggara.

Seperti diketahui, decacorn adalah sebutan startup yang memiliki valuasi lebih dari US$ 10 miliar.

Valuasinya bisa 10 kali lipat lebih besar dibandingkan unicorn, tetapi 10 kali lipat di bawah hectocorn.

Sepak terjang Grab menyabet status decacorn tentu tidaklah mudah. Sebelum mendominasi Asia Tenggara, perjalanan startup yang awalnya bernama GrabTaxi ini cukup panjang.

Hingga kini, Grab telah beroperasi di delapan (8) negara di Asia Tenggara, mulai dari Indonesia, Malaysia, Singapura, Myanmar, Thailand, Kamboja, dan juga Vietnam.

Dominasi Grab di Asia Tenggara, juga dibuktikan dari keputusan perusahaan mengakuisisi operasional Uber di Asia Tenggara.

Melalui penggabungan bisnis ini, Grab berambisi menjadi platform mobile online-to-offline (O2O) nomor satu di Asia Tenggara sekaligus menjadi pemain utama dalam bisnis layanan pesan-antar-makanan.

Grab juga akan mengambil alih operasional dan aset Uber di Kamboja, Indonesia, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam.

Sebagai bagian dari akuisisi, Uber akan memiliki 27,5 persen saham di Grab dan CEO Uber Dara Khosrowshahi akan bergabung dengan dewan direksi Grab.

2 dari 4 halaman

Valuasi Grab

Saat ini, valuasi Grab sudah mencapai US$ 11 miliar. Grab sendiri menawarkan solusi sehari-hari dengan layanan transportasi, pengiriman barang dan makanan, pembayaran mobile, serta hiburan digital.

Dengan filosofi terbuka, Grab menyatukan para mitra untuk membuat hidup lebih baik bagi semua pengguna di Asia Tenggara.

Sebelumnya, startup yang berbasis di Singapura itu baru saja masuk dalam daftar perusahaan paling inovatif. Dikutip dari Business Insider, Grab berada di urutan kedua perusahaan paling inovatif.

3 dari 4 halaman

Kalahkan Apple dan Alibaba

Perusahaan ini bahkan mengalahkan perusahaan teknologi lain, seperti Apple dan Alibaba. Sekadar informasi, daftar perusahaan inovatif ini dirilis oleh Fast Company, majalah bisnis asal Amerika Serikat.

Grab juga dinobatkan sebagai perusahaan nomor satu untuk kategori transportasi.

Berdasarkan penuturan Fast Company, Grab terpilih menjadi dua besar perusahaan paling inovatif karena dianggap sudah mengubah kehidupan ratusan juta orang.

Menurut majalah tersebut, Grab berhasil mengoperasikan sistem yang kompleks menjadi transaksi sederhana tidak hanya untuk pengguna, tetapi juga merchant yang bergabung.

Adapun peringkat pertama diberikan pada Meituan Dianping, aplikasi asal Tiongkok.

Aplikasi sewa dan pengiriman ini dilaporkan sudah melayani 27,7 miliar transaksi selama enam bulan tahun lalu.

Grab sendiri menyambut baik laporan tersebut. Co-founder Grab Tan Hooi Ling, menuturkan pihaknya merasa rendah hati karena sudah diakui inovasinya bersama dengan perusahaan global lain.

4 dari 4 halaman

Daftar Lengkap 10 Perusahaan Paling Inovatif

Untuk mengetahui daftar lengkap 10 besar perusahaan inovatif versi Fast Company, berikut ini Tekno Liputan6.com rangkum daftarnya.

1. Meituan Dianping

2. Grab

3. NBA

4. The Walt Disney Company

5. Stitch Fix

6. Sweetgreen

7. Apeel Sciences

8. Square

9. Oalty

10. Twitch

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Wu Yajun, Bekas Teknis Pabrik yang Jadi Wanita Terkaya di Dunia

Liputan6.com, New York – Saat ini Wu Yajun memiliki kekayaan sebesar USD 8,3 miliar dan menjadikannya salah satu wanita terkaya di dunia.

Namun ternyata Wu Yajun dulunya hanya bekerja menjadi seorang teknisi pabrik yang mendapatkan gaji hanya USD 16 atau Rp 225 ribu per bulannya (Kurs USD 1 = Rp 14.064).

Dilansir dari laman Business Insider, Wu menghabiskan waktu bertahun-tahun bekerja di sebuah pabrik dan sempat menjadi jurnalis sebelum mendirikan Longfor Properties, perusahaan pengembangan real estat yang menghasilkan USD 10,7 miliar pada 2017. 

Berdasarkan laporan Forbes, ia mengundurkan dari Longfor dan menyerahkan sebagian sahamnya kepada putrinya pada November lalu.

Mungkin banyak orang yang berpikir bagaimana bisa yang awalnya hanya mendapatkan gaji tidak lebih dari Rp 225 ribu per bulannya, dan saat ini menjadi wanita terkaya di China.

Berikut ini merupakan rekam jejak Wu Yajun hingga menjadi seorang salah satu wanita terkaya di dunia yang dilansir pada laman Business Insider:

2 dari 3 halaman

Bekas Pekerja Pabrik

Seperti yang telah disebutkan, Wu merupakan salah satu pendiri Longfor Properties, sebuah perusahaan pengembangan properti yang saat ini dikenal Longfor Group Holdings. Ia menjadi CEO selama enam tahun, dan menjadi ketua dewan di perusahaan tersebut sejak 2007 hingga 2018.

Perusahaan ini telah beroperasi di 47 kota di Hong Kong, dan menghasilkan pendapatan USD 10,7 miliar pada 2017.

Namun, pada November lalu Wu mengundurkan diri sebagai CEO dan menyerahkan 44 persen sahamnya kepada putrinya yang baru berusia 20 tahun, Cai Xinyi.

Menurut Bloomberg’s Billionaires Index, Wu adalah salah satu wanita mandiri paling kaya di dunia. Wanita yang lahir pada 1964 di Chongqing, China ini ternyata tidak lahir dengan kaya raya.

Setelah lulus dari Northwestern Polytechnical University di Xi’an, Wu yang saat itu berusia 16 tahun sudah ditugaskan untuk bekerja di pabrik milik negara, dan ia bekerja di pabrik ini selama empat tahun dengan gaji hanya USD 16 setara Rp 225 ribu per bulannya.

Lalu, pada 1988 ketika berusia 24 tahun, Wu berganti profesi menjadi seorang jurnalis real estat di China Shirong News Agency selama lima tahun. Dari sinilah hidup Wu sudah mulai berubah, pada 1993 setelah ia membeli apartemen pertamanya, ternyata ia mengalami hal-hal yang kurang berkenan dari apartemen tersebut. 

3 dari 3 halaman

Dirikan Perusahaan

Ini menjadi salah satu pendorong baginya untuk mendirikan Longfor Properties bersama suaminya, Cai Kui. Longfor merupakan perusahaan pengembang properti pertama di China.

Pada 1997, Longfor menjual proyek perumahan pertamanya di Chongqing dengan harga USD 157 per meter persegi dan ini menjadi harga termahal dua kali lipat dari yang ada.

Lalu, Wu menjabat sebagai CEO sejak 2005 hingga 2011. Pada 2012, ia menjadi wanita terkaya di China, dan di tahun yang sama perceraiannya terjadi. Ini membuatnya kehilangan hampir 40 persen sahamnya seharga USD 3 miliar.

Namun pada 2017, kekayaan Wu kembali tumbuh. Ia kembali berada di urutan ketujuh dalam daftar perempuan miliarder global dengan kekayaan mencapai USD 4,6 miliar dan saat ini ia berada di peringkat ke-enam miliarder wanita terkaya berdasarkan Bloomberg.

Meskipun menjadi wanita keenam terkaya, namun inii tidak membuatnya menjadi congkak. Wu terkenal dengan kebijaksanaanya dan rendah hatinya.

Lika-liku Surat yang Bikin Pemilihan Cawagub DKI Tersendat

Jakarta – Pemilihan Cawagub DKI Jakarta hingga kini masih tersendat. Perjalanannya yang penuh lika-liku pun menimbulkan keheranan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Padahal, dua nama cawagub sudah diputuskan.

Dua nama cawagub itu yakni Ahmad Syaikhu dan Agung Yulianto. Keduanya merupakan kader PKS yang sebelumnya telah lolos uji kepatutan yang digelar untuk memilih dua dari tiga nama yang diusulkan.

“Belum ada, saya juga heran. Belum ada, belum ada. Jadi setahu saya di level provinsi (DPD Gerindra dan DPW PKS) sudah ditanda tangan surat,” ujar Anies kepada wartawan di JPO Gelora Bung Karno (GBK), Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Kamis (28/2/2019).


Anies mengaku sudah menyiapkan surat pengantar untuk diteruskan ke DPRD DKI Jakarta. Surat tersebut hanya tinggal mengisi nama dua cawagub yang diusulkan oleh PKS dan Gerindra.

“Surat pengantar dari gubernur untuk dewan sudah siap tinggal isi nama lalu kirim,” katanya.

Lika-liku Surat yang Bikin Pemilihan Cawagub DKI TersendatFoto: Agung Yulianto dan Ahmad Syaikhu (dok. ist)

Tersendatnya penyerahan surat pengajuan nama Cawagub DKI itu bukan tanpa sebab. Sebelumnya, PKS mengungkapkan bahwa surat pengajuan masih harus menunggu tanda tangan dari Ketum Gerindra Prabowo Subianto dan sekjennya, Ahmad Muzani.

Sementara, Presiden PKS Sohibul Iman dan Sekjen PKS Mustafa Kamal sudah membubuhkan tanda tangan pengesahan. Surat pengajuan nama cawagub memang membutuhkan tanda tangan dari pimpinan parpol koalisi.

“Saat ini, kami masih menunggu tanda tangan dari Pak Prabowo dan Pak Muzani selaku Ketum dan Sekjen DPP Partai Gerindra. Semoga segera tuntas,” ujar Ketua DPW PKS DKI Syakir Purnomo kepada wartawan, Rabu (27/2).

Gerindra pun menyampaikan alasannya. Gerindra beralasan, agenda kampanye Prabowo di luar kota yang membuat surat tersebut belum ditandatangani. Namun, dia menekankan sesampainya di Jakarta, sang ketum dan Sekjen Gerindra akan langsung membubuhkan tanda tangannya di surat pengajuan.

“Pokoknya begitu sampai di Jakarta, pasti tanda tangan. Tadi sudah ditelepon juga,” ucap Ketua DPD Gerindra DKI Jakarta M Taufik saat dihubungi.

Hari ini, Prabowo sudah kembali dan beraktivitas di Jakarta. Apakah surat pengajuan tersebut ditandatanganinya?
(mae/tor)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Isi Lengkap Surat Mandat SBY: AHY Pimpin Pemenangan, Ibas Keseimbangan PD

Jakarta – Ketum Partai Demokrat (PD) Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memberi mandat kepada putra sulungnya yang juga komandan Kogasma PD, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) untuk memimpin pemenangan pemilu partai berlambang mercy itu. Kabar tersebut disampaikan SBY ke para kadernya lewat sebuah surat.

Surat SBY tersebut dibacakan oleh Sekjen PD Hinca Pandjaitan, di Kantor DPP PD, Jalan Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (28/2/2019). SBY tidak bisa fokus dalam pemenangan PD di Pemilu 2014 karena harus mendampingi istrinya, Ani Yudhoyono yang tengah menjalani perawatan melawan penyakit kanker darah di Singapura.

“Secara nasional komandan Kogasma saudara AHY bertanggung jawab dan bertugas melaksanakan kampanye pemenangan Pemilu 2019,” ujar SBY dalam suratnya.


Berikut isi surat SBY untuk para kader Demokrat yang berisi soal mandat kepada AHY dalam pemenangan Pemilu:

Surat ini adalah tentang surat keputusan dewan pimpinan pusat Partai Demokrat tentang peningkatan intensitas dan efektivitas kampanye pemenangan Pemilihan Umum tahun 2019 yang sekarang sedang berjalan.

1. Kampanye nasional dilaksanakan secara terpadu dan menyeluruh melibatkan seluruh komponen partai yang meliputi Komando Tugas Bersama (Kogasma) yang sudah kami bentuk sejak 2017 lalu, Komisi Pemenangan Pemilu, jajaran organisasi partai dari pusat hingga daerah dan para caleg. Jadi semuanya satu kesatuan, menyeluruh.

2. Secara nasional komandan Kogasma, saudara AHY bertanggung jawab dan bertugas melaksanakan kampanye pemenangan Pemilu 2019.

3. Dalam pelaksanaan tugasnya, Komandan Kogasma dibantu oleh koordinator kampanye wilayah timur, saudara Soekarwo, anggota majelis tinggi Partai Demokrat dan koordinator kampanye wilayah barat, saudara Nachrawi Ramli, anggota majelis tinggi Partai Demokrat.

4. Di samping membantu komandan Kogasma, para koordinator wilayah kampanye mengkoordinasikan kampanye yang dilakukan oleh jajaran dewan pimpinan daerah partai di wilayah tugasnya.

5. Wilayah timur kampanye Partai Demokrat meliputi provinsi Jawa Tengah, DIY, Jawa Timur, Bali, NTB, NTT, Kalimantan Utara, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Gorontalo, Sulawesi Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua. Sedangkan wilayah barat yang menjadi wilayahnya Pak Nachrawi Ramli meliputi provinsi Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten, Lampung, Kep. Bangka Belitung, Sumatera Selatan, Bengkulu, Jambi, Kepulauan Riau, Riau, Sumatera Barat, Sumatera Utara, dan Aceh.

6. Selama kampanye tugas-tugas harian DPP Partai Demokrat dilaksanakan oleh Sekjen Partai Demokrat.

7. Ketua fraksi Partai Demokrat DPR RI, Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas, mengatur keseimbangan pelaksanaan tugas kedewanan, dengan tugas kampanye para anggota DPR RI dari Partai Demokrat, karena 61 anggota DPR RI partai saat ini adalah incumbent yang hampir semuanya adalah Caleg.

8. Setelah kampanye pemilu dilaksanakan seluruh jajaran partai tetap melakukan pengawalan dan pengamanan suara yang diperoleh, baik suara partai maupun suara caleg agar Partai Demokrat tak dirugikan pihak manapun.

9. Susunan kepengurusan resmi DPP Demokrat tidak ada perubahan, dan semua tetap memiliki tugas dan tanggung jawab yang telah ditetapkan. Ini perlu saya ulangi, susunan tidak ada perubahan.

10. Surat ini mulai berlaku sejak tanggal ditetapkan, Rabu 27 Februari 2019.

Selain surat kepada kadernya, SBY juga mengirimkan surat khusus kepada Hinca. Dalam suratnya, SBY meminta Hinca menjelaskan kepada kader dan media massa soal posisinya saat ini. Berikut isinya:

Surat ini ditujukan kepada Saudara Hinca.

Pak Hinca menyertai penjelasan Pak Hinca kepada media massa tentang peningkatan intensitas dan kapasitas kampanye Partai Demokrat 2019 ini tolong sampaikan hal hal berikut kepada para kader Demokrat di seluruh tanah air.

Pertama dengan tidak dapatnya saya berjuang secara fisik bersama caleg dan kader Demokrat dalam kampanye lanjutan Pemilu 2019 ini saya harap semangat para caleg Demokrat tidak berkurang. Pada hakikatnya hati saya tetap bersama kader dan caleg Demokrat dalam perjuangan maha penting ini.

Saya pribadi juga Ibu Ani yang tengah menjalani pengobatan dan perawatan kesehatan tetap berdoa kepada Allah SWT semoga perjuangan mulia para kader dan caleg Partai Demokrat berhasil dengan baik. Saya tahu 2 bulan ini saat saat yang paling menentukan untuk partai dan caleg Demokrat. Seperti yang saya lakukan bersama Ibu Ani sebenarnya saya sangat ingin secara fisik berada di lapangan. Namun Allah tidak mengizinkan karena saya harus mendampingi pengobatan dan perawatan kesehatan Ibu Ani yang dilakukan intensif saat ini.

Pesan dan harapan saya terus berjuang secara gigih dan lakukan perjuangan itu dengan cara baik, cerdas dan tepat. Dengarkan harapan dan aspirasi rakyat kemudian perjuangkan dalam Pemilu 2019 ini. Jika kelak para caleg terpilih untuk DPR RI, DPRD dan DPD Kab/Kota, wujudkanlah dan buktikan semua yang dikampanyekan itu Insyallah saudara sekalian berhasil.

Meskipun secara fisik saya tidak bisa aktif dalam kampanye di lapangan, saya percaya Partai Demokrtat tetap memiliki, berpeluang besar untuk mencapai suara. Saya yakin instruksi yang saya keluarkan kepada jajaran partai untuk meningkatkan intensitas dan kapasitas akan dapat dijalankan dengan baik.

Komandan Kogasma AHY dan para koordinator wilayah kampanye saudara Soekarwo dan Nachrawi adalah pemimpin dan kader Demokrat yang tangguh, berkualitas, dan memiliki kemampuan tinggi untuk melaksanakan kampanye di tanah air. Di samping berjuang untuk calegnya di dapil masing-masing, yang lain memperjuangkan juga membantu penuh Kogasma secara nasional.

Saya juga yakin dengan strategi dan taktik pemenangan pemilu yang telah dibekalkan para caleg sukses akan dapat diraih. Di samping itu 14 prioritas sebagai program unggulan yang ditawarkan kepada rakyat akan diperjuangkan Partai Demokrat beserta pemerintah yang dipilihnya adalah jawaban yang diinginkan rakyat.

Saudara Hinca karenanya saya yakin Partai Demokrat bukan hanya siap memenangkan pemilu tapi atas izin Allah yang maha kuasa, Partai Demokrat akan sukses dengan gemilang, Demokrat tidak hanya pandai berjanji tapi pernah memberi bukti pada pemerintahan. Ke depan jajaran Partai Demokrat akan sukses karena semua kebijakan dan program merupakan aspirasi dari rakyat kita juga jawaban dan solusi dari permasalahan.

Ketiga atau terakhir, saya mengamati kontestasi pemilih 2019 ini utamanya pilpres lebih keras dibandingkan dengan pilpres era reformasi sebelumnya. Polarisasi nampak lebih tajam, disertai hubungan antar identitas semakin berjarak. Jika situasi ini berkembang lebih jauh dan melewati batasannya, saya kuatir kerukunan dan keutuhan kita sebagai bangsa akan retak. Ini yang harus kita cegah untuk tidak terjadi pada negeri ini. Untuk itu saya berpesan pada Partai Demokrat untuk turun agar pemilu berjalan damai, demokratis, jujur, dan adil.

Pemilu memang keras tapi tidak sepatutnya menimbulkan perpecahan dan disintegrasi. Diperlukan tanggung jawab dan jiwa kita semua, utamanya elit dan pemimpin bangsa. Semoga praktik berdemokrasi dengan baik dapat dijaga dan dilaksanakan kembali dalam Pemilu 2019 ini. Demikian.

Sampaikan salam hangat saya dan Ibu Ani kepada seluruh kader dan caleg Demokrat. Sampaikan pula salam sayang saya kepada saudara saya rakyat Indonesia Tercinta.

Singapura, 27 Februari 2019
SBY


Ikuti perkembangan Pemilu 2019 hanya di sini.

(elz/van)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Bila Jadi Presiden, Prabowo akan Potong Anggaran Pejabat ke Luar Negeri

JakartaPrabowo Subianto akan mengurangi atau memotong anggaran untuk biaya ke luar negeri para pejabat bila terpilih sebagai presiden. Prabowo menilai cara itu dapat meminimalisir pengeluaran keuangan negara.

“Kita harus kurangi pemborosan, saya sudah umumkan di mana-mana, Insyaallah kalau saya dapat mandat dari rakyat, maaf, saya akan kurangi anggaran-anggaran untuk jalan-jalan ke luar negeri, akan saya kurangi,” kata Prabowo dalam sambutan penutupnya saat menghadiri pertemuan dengan komunitas tenaga kesehatan di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Kamis (28/2/2019).

Prabowo menyebut aturan pembatasan ke luar negeri itu sudah diterapkan bagi anggota dewan dari Fraksi Gerindra. Meski begitu, dia mengakui aturan itu sulit dilakukan secara maksimal.


“Satu saat ini saya cerita saya bikin peraturan di Gerindra, anggota legislatif Gerindra tidak boleh ke luar negeri harus ke kabupaten harus ke kecamatan dan desa-desa. Itu saya bikin peraturan tapi yang namanya bangsa Indonesia kadang-kadang sulit juga,” ujar Prabowo.

Ketua Umum Gerindra itu lalu bercerita bahwa pernah ada dua anggota DPRD dari Gerindra yang mendatangi rumahnya. Dua orang itu, kata Prabowo, minta izin untuk melakukan studi banding ke Hongkong.

Saat itu Prabowo sempat heran kenapa dua anggota legislatif itu menjadikan Hongkong sebagai tujuan. Padahal di daerah mereka banyak nelayan dan petani.

“Datang ke rumah saya, ‘minta maaf pak saya dari kabupaten ini, kami dari DPRD berencana mau ngirim studi banding ke Hongkong’, Kabupaten itu ya mayoritas hidup dari pertanian dari nelayan kok ke Hongkong ya studi banding?” ucap Capres nomor urut 02 itu.

Namun akhirnya Prabowo memberikan dispensasi kepada dua anggota DPRD tersebut. Alasannya Prabowo merasa kasihan karena dua orang tersebut mengaku belum pernah ke luar negeri.

“Pemimpin indonesia kadang-kadang terlalu kasihan, sudah dikasih kebijakan tapi bagaimana, kasihan juga,” sebut Prabowo.

Simak Juga ‘Detik-detik Kericuhan yang Picu Tembakan di Kampanye Prabowo’:

[Gambas:Video 20detik]

Ikuti perkembangan Pemilu 2019 hanya di sini.
(abw/elz)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Anies Heran Nama Cawagub Jakarta Belum Diserahkan

Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku heran karena surat dua nama calon wakil gubernur (cawagub) belum diserahkan. Padahal, dua nama cawagub DKI sudah diputuskan yakni Ahmad Syaikhu dan Agung Yulianto.

“Belum ada, saya juga heran. Belum ada, belum ada. Jadi setahu saya di level provinsi (DPD Gerindra dan DPW PKS) sudah ditandatangan surat,” ujar Anies kepada wartawan di JPO Gelora Bung Karno (GBK), Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Kamis (28/2/2019).

Gerindra dan PKS sebagai parpol pengusung di Pilgub DKI 2017, sudah menyepakati Ahmad Syaikhu dan Agung Yulianto menjadi cawagub DKI. Namun, surat harus ditandatangani oleh pimpinan partai tingkat provinsi DKI Jakarta dan pimpinan pengurus pusat.

Dalam pertemuan, disebutkan juga tenggat penyerahan nama ke Anies pada Senin (25/2). Tetapi, akhirnya molor karena terkendala tanda tangan Ketum Gerindra Prabowo Subianto dan Sekjen Gerindra Ahmad Muzani, yang sering keluar kota.

Ketua DPD Partai Gerindra M Taufik belum memastikan kapan surat itu akan diserahkan. Dia hanya berjanji secepatnya setelah tanda tangan Prabowo didapat.

“Begitu selesai tanda tangan, diteruskan. Kalau kantornya Pak Anies lagi buka, ya, kita kasih,” ujar Taufik, Rabu (27/2).

Kembali ke Anies, dia mengaku menunggu surat dari Gerindra dan PKS. Dia akan langsung menyerahkan surat pengantar calon wakil gubernur kepada DPRD DKI Jakarta untuk dipilih.

“Namanya juga sudah sering disebut, menunggu dari surat katanya dari pusat. Setelah itu saya akan proses di dewan,” kata Anies.
(aik/fdn)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>