Jangan Sampai Ketinggalan! Simak Quick Count Pemilu 2019 di detikcom

Jakarta – 8 Bulan sudah masa kampanye Pemilu 2019. Kini pencoblosan di depan mata. Penasaran dengan hasilnya? Cek hasil quick count Pileg dan Pilpres 2019 hanya di detikcom!

Bekerja sama dengan 5 lembaga survei quick count, detikcom akan menayangkan quick count Pemilu 2019. Kelima lembaga itu adalah Indo Barometer, Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI), Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA, Media Survei Nasional (Median) , dan Litbang Kompas. Kelimanya telah terdaftar sebagai lembaga resmi quick count Pemilu 2019 di KPU.

Selain itu, detikcom juga telah meneken nota kesepahaman dengan KPU untuk menayangkan real count Pemilu 2019. Semuanya akan ditayangkan di welcome page detikcom dan lebih detailnya di detik.com/pemilu.

Data apa saja yang ditampilkan?

Quick Count Pilpres

– Perolehan suara secara nasional dapat dilihat per lembaga surveinya dengan klik menu dropdown di atas kanan.
– Perolehan suara per provinsi dapat dilihat dengan meng-hover mouse di provinsi yang ingin di lihat (tampilan desktop saja).
– Perolehan suara secara nasional dapat dilihat dengan komparasi dari berbagai lembaga survei.

Quick Count Pileg DPR-RI

– Perolehan suara parpol per provinsi dapat dilihat dengan meng-hover mouse di provinsi yang ingin di lihat (tampilan desktop saja).
– Perolehan suara parpol secara nasional dapat dilihat dengan komparasi dari berbagai lembaga survei.

Sesuai dengan putusan Mahkamah Konstitusi (MK), maka hasil quick count akan ditayangkan Rabu (17/4) besok, mulai pukul 15.00 WIB. Jangan sampai ketinggalan, simak hasil quick count di detikcom!
(tor/imk)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Pengumuman SNMPTN 2019 Dimajukan Pukul 13.00 WIB, Cek Namamu di detikcom!

Jakarta – Pengumuman Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2019 yang sedianya dilakukan sore ini dimajukan. Tetap simak pengumumannya di detikcom!

“Dimajukan jadi pukul 13.00 WIB,” demikian keterangan tertulis dari panitia, Jumat (22/3/2019).

Pengumuman bisa disimak di situs resmi SNMPTN. Selain itu, panitia SNMPTN menyediakan laman mirror untuk menayangkan pengumuman.

Untuk memudahkan para pembaca, sebagaimana pada SNMPTN 2018, detikcom akan ikut menyajikan hasil pengumuman SNMPTN 2019. Hasil seleksi akan diunggah dalam waktu berdekatan dengan pengumuman di laman resmi SNMPTN.

Jadi, jangan kelewatan. Simak hasil SNMPTN 2019 di detikcom!
(fjp/fjp)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Hasil SNMPTN 2019 Diumumkan Sore Ini, Simak di detikcom!

Jakarta – Hari yang ditunggu-tunggu calon mahasiswa di Indonesia akan segera tiba. Hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2019 akan diumumkan hari ini.

“Pengumuman hasil seleksi jalur SNMPTN diajukan menjadi Jumat, 22 Maret 2019, pukul 16.00 WIB,” demikian Pengumuman dari LTMPT seperti dilihat detikcom, Senin (18/3/2019).

Jadwal pengumuman ini dipercepat lewat surat bernomor 06/Peng.LTMPT/2019 tentang Pengumuman Hasil SNMPTN 2019, Penutupan Pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Gelombang I dan Pembukaan Pendaftaran UTBK Gelombang II Tahun 2019. Tujuan pengumuman dipercepat adalah agar bisa memberi kesempatan bagi siswa yang tidak lolos SNMPTN untuk mendaftar UTBK Gelombang I.

Pengumuman bisa disimak di situs resmi SNMPTN. Selain itu, panitia SNMPTN menyediakan laman mirror untuk menayangkan pengumuman.

Untuk memudahkan para pembaca, sebagaimana pada SNMPTN 2018, detikcom akan ikut menyajikan hasil pengumuman SNMPTN 2019. Hasil seleksi akan diunggah dalam waktu berdekatan dengan pengumuman di laman resmi SNMPTN.

Jadi, jangan kelewatan. Simak hasil SNMPTN 2019 di detikcom!
(imk/idn)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Saksikan Live Streaming Debat Cawapres Ma’ruf Amin vs Sandi di detikcom!

Jakarta – Lanjutan debat Pilpres 2019 akan kembali digelar besok. Kali ini debat hanya akan diikuti Ma’ruf Amin dan Sandiaga Uno. Para pembaca bisa menyaksikan debat ketiga ini secara live streaming di detikcom.

Tema debat pilpres ketiga ini akan digelar di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/3). Kedua calon wakil presiden akan bicara soal pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, serta sosial dan budaya.

Timses masing-masing sudah bicara soal materi yang akan diangkat kedua capres. Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma’ruf Amin maupun Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mengatakan masing-masing jagoan mereka akan bicara mengenai tenaga kerja.


Jubir TKN, Ace Hasan Syadzily, mengatakan Ma’ruf akan bicara soal manfaat tiga ‘kartu sakti’ baru. ‘Kartu sakti’ pertama yang bakal dijelaskan adalah Kartu Pra-Kerja.

“Kami akan menyampaikan upaya serius pemerintahan Jokowi dalam menciptakan ketersediaan lapangan kerja dan upaya mendorong agar anak-anak muda terampil, memiliki skill, dan upskilling dengan berbagai program pelatihan keterampilan. Salah satunya adalah program Kartu Pra-Kerja,” kata Jubir TKN Ace Hasan Syadzily saat dihubungi, Sabtu (16/3/2019).

Ace mengatakan Ma’ruf akan menjelaskan para pemegang Kartu Pra-Kerja itu nantinya bakal diberikan pelatihan dan pendidikan keterampilan kerja sesuai dengan kebutuhan industri. Kartu Pra-Kerja ini juga disebut bakal meningkatkan kapasitas berwirausaha bagi para pemegangnya.

Selain itu Ma’ruf juga akan bicara soal sumber daya manusia (SDM) premium, yaitu SDM unggulan yang merupakan lulusan kampus berkualitas. Jokowi-Ma’ruf ingin meningkatkan dana untuk pendidikan dan penelitian. Pada bidang pendidikan inilah Ma’ruf bakal bicara soal manfaat Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah. Dia juga menyatakan Ma’ruf bakal menyampaikan manfaat program Kartu Sembako Murah hingga peningkatan pelayanan kesehatan.

Sementara itu, BPN mengatakan Sandiaga bakal memaparkan sejumlah program unggulan, salah satunya soal penyediaan lapangan kerja lewat wirausaha di era digital. BPN menilai yang jadi tantangan saat ini yakni soal ketenagakerjaan.

“Ya kan hasil survei menunjukkan begitu, salah satu masalahnya kan lapangan kerja, lapangan kerja itu bukan jadi pekerja tapi wirausaha. Dan kita tertinggal wirausaha kita dibandingkan dengan negara lain, ini lah yang antara lain akan disampaikan oleh Pak Sandi membangun entrepreneurship yang inovatif di era digital ini,” kata Juru Debat BPN Prabowo-Sandiaga, Sodik Mujahid, saat dihubungi, Jumat (15/3/2019).

Sodik mengatakan program yang dipaparkan Sandiaga itu ditujukan untuk mendorong Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) dalam mempercepat munculnya para wirausahawan muda. Terkait nama program, dia mengatakan Sandiaga bakal mengumumkannya saat debat.

Dia menyatakan Sandiaga juga akan membahas program Prabowo-Sandiaga di bidang pendidikan. Salah satunya ialah program menghubungkan dunia sekolah dengan dunia kerja dan memperkuat nilai Pancasila serta karakter bangsa.

Acara debat akan disiarkan secara langsung di Trans TV, Trans 7, CNN TV Indonesia, dan detikcom. Debat akan dimulai pada pukul 20.00 WIB.
(jbr/tor)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Jawab ‘Ancaman’ Novel Bamukmin, Komisioner KPU Ungkit Hoax 7 Kontainer

Jakarta – Ketua Media Center PA 212 Novel Bamukmin menyebut masyarakat mengalami krisis kepercayaan dan menyebut akan membubarkan KPU jika tidak netral dalam pemilu. KPU mengatakan tudingan krisis kepercayaan tersebut tidak bijak.

“Tudingan krisis kepercayaan tidak bijak, karena hingga tingkat kepercayaan publik kepada penyelenggaraan pemilu terjaga,” ujar komisioner KPU Viryan Aziz kepada detikcom, Jumat (1/3/2019).

Menurut Viryan, saat ini yang terjadi banyak pihak berupaya mendelegitimasi pemilu dengan berita hoax. Salah satunya dengan adanya hoax 7 kontainer surat suara tercoblos yang sempat terjadi.

“Yang ada justru hoax pemilu yang berupaya mendelegitimasi pemilu, terbukti dengan hoax pemilu 7 kontainer surat suara sudah tercoblos, masa hoax pemilu delegitimasi pemilu lantas membuat krisis kepercayaan. Maknanya upaya membuat kabar bohong mendelegitimasi KPU tidak berhasil dilakukan,” kata Viryan.

Dia juga mengatakan perhitungan hasil pemilu dilakukan secara manual, sehingga tidak dimungkinkan adanya kecurangan memalui manipulasi IT. Selain itu, menurutnya perhitungan ini juga dilakukan secara terbuka yang disaksikan pengawas pemilu.

“Pemilu sejak 1955 sampai sekarang dilakukan secara manual, tidak mungkin IT bisa memanipulasi hasil pemilu karena Indonesia tidak menyelenggarakan pemilu elektronik. Yang dilakukan hanya publikasi hasil pemilu di TPS, kecamatan, dan sebagainya,” kata Viryan.

“Hasil pemilu dihitung dalam rapat pleno terbuka, rekapitulasi penghitungan suara di kecamatan sampai dengan pusat. Rapat pleno dilakukan secara terbuka, diikuti saksi dari peserta pemilu, pengawas pemilu, pemantau dan masyarakat,” sambungnya.

Terkait adanya potensi kecurangan memalu kotak suara bila disimpan di kantor kecamatan. Viryan juga mengatakan tempat penyimpanan ini telah dilakukan sejak 1955 dan tidak menimbulkan masalah.

“Penyimpanan kotak suara di kantor kecamatan dilakukan sejak pemilu 1955 sampai sekarang, termasuk juga di pilkada. Penggunaan kantor kecamatan sudah berlangsung dan tidak ada masalah selama ini,” kata Viryan.

Sebelumnya, Novel Bamukmin meminta KPU netral sebagai penyelenggara Pemilu 2019. Dia menyebut KPU wajib dibubarkan jika tidak netral.

“Kita mendatangi KPU, tak lain tidak bukan tuntut keadilan. Betul? Siap tegakkan keadilan? Siap tegakkan persatuan? Takbir!” kata Novel di atas mobil komando di depan kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Jumat (1/3/2019).

Novel juga mengklaim masyarakat saat ini sudah mengalami krisis kepercayaan. Oknum aparat, baik sipil maupun Polri, disebut Novel dipertanyakan netralitasnya.

(dwia/tor)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Siswa SMA Al-Azhar Kelapa Gading yang Berkata Kasar ke Guru Ngaku Iseng

Jakarta – Siswa yang merekam video dan men-dubbing kata-kata kasar ke guru di SMA Al-Azhar Kelapa Gading menyesali perbuatannya. Dia mengaku hanya iseng.

Siswa tersebut merekam video saat gurunya mendampingi kelompok belajar pada 19 Februari 2019 lalu kemudian men-dubbing kata-kata kasar pada malam harinya. Dia kemudian mengunggah video itu di akun Instagram-nya.

Siswa itu mengaku tidak mengira bahwa videonya jadi viral. Hingga akhirnya, pihak sekolah mengetahui hal itu sepekan setelahnya dan mengklarifikasi kepada siswa serta orang tua.

“Niatnya untuk iseng. Pada saat menangis, dia cerita nggak ada masalah apapun (dengan guru), nggak ada kejadian apapun, dengan guru yang bersangkutan juga nggak ada masalah,” kata Kepala Sekolah SMA Al-Azhar Kelapa Gading, Sumanto di sekolah, Jalan Bulevard Timur, Pegangsaan Dua, Jakarta Utara, Jumat (1/3/2019).

Siswa SMA Al-Azhar Kelapa Gading yang Berkata Kasar ke Guru Ngaku IsengFoto: Kepsek SMA Al-Azhar Kelapa Gading (Lisye Sri Rahayu/detikcom)

Pengakuan itu disampaikan siswa tersebut sambil menangis ke guru BK. Hingga akhirnya, siswa tersebut melalui orangtuanya mengundurkan diri dari sekolah.

Pihak sekolah menyayangkan peristiwa ini dan menyesalkan ada pula kabar belum terkonfirmasi yang beredar soal hal ini. Sumanto menuturkan guru yang ada di video tidak sadar direkam dan tidak tahu bahwa siswa tersebut men-dubbing kata-kata kasar.

“Karena dia tidak tahu menahu ya sedih aja. Yang beliau sedih kan berita-berita di luar yang rasanya kurang bertanggungjawab ya. Menyampaikan informasi tanpa ada konfirmasi, bahkan saya melihat berita itu justru cenderung ingin memojokkan baik pihak sekolah dan pihak siswa kan kasihan,” ungkapnya.

Sumanto mengatakan pihak sekolah sudah berkoordinasi dengan Suku Dinas Pendidikan Jakarta Utara soal video viral ini. Komisi Bidang Pendidikan KPAI, Retno Listyarti, juga sudah datang ke sekolah dan memberi rekomendasi.

“Persoalannya sudah selesai dan sudah kondusif. Pembelajaran sudah berjalan normal,” ucapnya.
(imk/bar)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Ada Apel Siaga Umat PA 212, Polri-TNI Berjaga di Depan Gedung KPU

Jakarta – Pengurus Pusat PA 212 hari ini menginstruksikan massanya untuk mengikuti Apel Siaga Umat dengan long march dari Bundaran HI, Jakarta Pusat menuju kantor KPU. Kapolres Jakarta Pusat Kombes Harry Kurniawan meninjau persiapan pengamanan di lokasi.

detikcom memantau situasi di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Jumat (1/3/2019) pagi. Tampak ada banyak personel Polri, termasuk Brimob serta TNI bersiaga di depan KPU.

Di lokasi juga terlihat Kapolres Jakarta Pusat Kombes Harry Kurniawan. Dia mengaku datang untuk memantau pengamanan aksi massa yang akan digelar sekitar pukul 13.00 WIB usai salat Jumat.
“Ini sedang kita lakukan penjagaan,” kata Harry.

Harry rencananya akan memimpin apel pengamanan di depan Gedung KPU. Informasinya akan ada sekitar 2.000 massa yang akan datang melakukan aksi.

Harry tampak berbincang dengan jajarannya. Dia mengkoordinasikan agar pengamanan massa termasuk pengaturan lalu lintas saat massa Apel Siaga Umat datang berjalan lancar.

Sementara itu di sekitar kawasan Bundaran HI, pengamanan masih terpantau normal. Meski demikian terlihat ada mobil Baracudda disiagakan.
(hri/idh)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Eha Pedagang Starling Nyaleg Diketawain Teman-temannya

Cilegon – Pencalegan Eha Soleha (44) sempat dianggap sinting oleh para pedagang di pasar induk Kranggot, Cilegon. Ia dianggap nekat dan membuat orang tak percaya karena dianggap tak punya modal.

“Oh, caleg kentir (sinting). Banyak yang bilang gitu orang pasar, ledek-ledekan. Biasa caleg kentir. Saya nggak tersinggung biasa aja,” kata Eha saat berbincang dengan detikcom di Cilegon, Banten, Jumat (1/3/2019).

Pedagang kopi keliling alias Starbuck Keliling (Starling) mengakui bahwa memang sebelumnya ia tidak punya pengalaman di dunia politik. Namun, karena diajak seorang anggota partai PPP menjadi caleg untuk DPRD Cilegon, ia tertarik dan mau bergabung. Apalagi, waktu itu ia tidak diminta sepeser pun untuk mendaftar di dapil 1 kecamatan Cibeber-Cilegon nomor urut 6.

Begitu pedagang di pasar tahu bahwa ia jadi caleg, Eha bahkan diminta datang ke dukun atau orang pintar. Eha dianggap tak mungkin menang kecuali ada keajaiban.

“Pergi sana ke orang pinter biar disulap. Ya saya menghormati saja orang pasar,” kata Eha yang juga pernah mengenyam pendidikan D3 di Akademi Bahasa Asing di Jakarta.

Sahriah, sesama pedagang di pasar Kranggot awalnya berpikir pengakuan pencalegan Eha sebagai guyonan. Namun, begitu temannya itu menyebarkan striker sampai kartu nama ke pedagang-pedagang, mereka baru yakin dan malah memuji keberaniannya.

“Saya pikir bercanda. Kaget begitu bener. Hebat lah saya dukung aja,” kata Sahriah.

Sesama pedagang yang lain pun terkejut. Apalagi, di stiker Eha terlihat cantik karena make up.

“Kaget banget, apalagi pas lihat fotonya cantik. Dikasih stiker dikira muka camat, ternyata bener baru percaya. Semoga menang namanya juga pedagang sering becanda,” kata sesama pedagang bernama Musdalifah menimpali.

(bri/asp)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Kenalkan! Eha Penjual Kopi Starling di Cilegon Nekat Jadi Caleg

Cilegon – Caleg DPRD Kota Cilegon dapil 1 Cibeber-Cilegon dari PPP, Eha Soleha (44) sehari-hari menjadi pedagang starling alias Starbuck Keliling alias kopi keliling. Namun, hal itu tidak mengurungkannya maju ke panggung demokrasi.

Eha tinggal di kontrakan petak sekitar 500 meter dari Pasar Induk Kranggot. Ia tinggal bersama kedua orang tua dan anaknya yang masih berumur kira-kira 12 tahun.

Tak ada kursi di ruangan. Televisi tabung seadanya disimpan di lantai. Di beberapa tempat, terlihat pakaian dan mukena bergelantungan.

Setiap hari, ia berjualan di pasar mulai pukul 01.00 WIB dini hari sampai 08.00 WIB pagi. Dari kediamannya, ia bawa 3 termos dan keranjang berisi kopi saset.
Tengah malam jelang fajar adalah waktu paling efektif jualan kopi di pasar karena banyak pelanggan. Pekerjaan ini, sudah dilakukan hampir tiga tahun dengan penghasilan Rp 75 ribu perhari.

Pada pertengahan tahun lalu, Eha bercerita ada pelanggannya tiba-tiba menawarinya menjadi caleg di PPP. Pelanggan tukang sayur itu kebetulan pengurus PAC Kecamatan Cibeber yang sedang mencari sosok caleg perempuan. Meski sempat ragu, ia malah tertarik ikut.

“Saya ditawari teman, saya bilang nggak punya uang. Katanya udah nggak apa-apa, saya diminta beberapa kali, ditelponin, ya udah saya hormati (terima),” kata Eha saat ditemui detikcom di Cilegon, Banten, Jumat (1/3/2019).

Rencana pencalegan ini rupanya sempat ditentang oleh keluarga. Eha diminta mundur karena tak punya modal. Tapi terlanjur mendaftar dan lolos daftar calon tetap (DCT), ia memutuskan untuk terus maju.

“Yah mau gimana lagi, kalau orang tua mah ngedoain aja,” kata orang tua Eha menimpali.

Sejak resmi jadi caleg itulah Eha mengaku semangat melakukan kampanye di pasar. Waktu berjualan ia manfaatkan untuk memperkenalkan diri sebagai caleg dari PPP nomor urut 6. Respons pelanggan menurutnya rata-rata terkejut, bahkan ada yang tidak percaya.

“Walah caleg kopi. Eh ada uangnya nggak. Emangnya punya uang nyaleg,” kata Eha menirukan suara pelanggannya.

“Doain saya sih, kata saya. Terus saya jalan lagi” ujarnya.

Kampanye di pasar itu ia juga sering bagi-bagi stiker dan kartu nama. Ia mengaku dimodali partai untuk dua barang ini. Ia mengaku memang tidak punya modal selain dari jualan kopi keliling.

(bri/asp)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>