Desa di Aceh Besar Krisis Air, Pemadam Dikerahkan Isi Bak Penampungan

Banda Aceh – Kecamatan Lhoknga, Aceh Besar, Aceh mengalami krisis air sejak kemarau panjang melanda. Untuk membantu warga, mobil tangki dan pemadam diterjunkan untuk memasok air ke bak penampungan.

“Krisis air ini dampak dari kemarau panjang yang melanda kawasan pemukiman Lhamlom sejak sebelum bulan Ramadhan. Warga mulai merasakan kekeringan,” kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) Teuku Ahmad Dadek kepada wartawan, Kamis (30/5/2019).

Warga mengalami kesulitan memperoleh air setelah sumur-sumur milik mereka debit airnya semakin berkurang. Masyarakat di sana beberapa waktu lalu sempat melaksanakan salat Istisqa untuk meminta hujan.

Menurut Dadek, petugas BPBD Aceh Besar siang tadi mengerahkan satu unit mobil tangki dan satu unit pemadam untuk memasok air ke tempat penampungan. Salah satu lokasinya yaitu di bak penampungan di meunasah desa setempat.

“Ini kita lakukan untuk mempermudah masyarakat mengakses kebutuhan air bersih,” jelas Dadek.

Dadek mengungkapkan, masyarakat di sana sangat bersyukur setelah mendapat pasokan air. Sore tadi, hujan juga mulai turun namun intensitasnya masih rendah.

“Memang selama bulan puasa ini masyarakat sangat sulit mendapat air bahkan untuk berwudhu aja warga setempat sangat susah,” bebernya.
(agse/nvl)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *