Asam Urat Paksa Dhani Diinfus, Kenali Deretan Pemicunya

JakartaAhmad Dhani sempat diketahui mengeluh asam uratnya kambuh beberapa hari yang lalu. Belakangan, penyanyi yang mendekam di Rutan Medaeng ini dikabarkan drop hingga diinfus karena penyakit tersebut.

“Kemarin malam, Jumat malam kita dapat telepon kondisinya lebih parah dari yang sidang. Sampai diinfus, dia minta diinfus dan minta pembantaran kan kemarin malam,” kata kuasa hukum Dhani, Sahid kepada detikcom di Surabaya, Minggu (24/3/2019).

Penyakit gout, atau yang umumnya disebut asam urat, merupakan keluhan nyeri di persendian yang dipicu oleh penumpukan kristal asam urat atau uric acid, yakni senyawa hasil metabolisme purin di dalam tubuh. Akibatnya kadar asam urat di darah meningkat.


Ada beberapa hal yang bisa memicu serangan gout pada orang yang memiliki riwayat penyakit tersebut, namun tak semua hal tersebut akan langsung memicunya. Beberapa bisa mengalaminya setelah sejumlah paparan tertentu, beberapa lainnya bisa tak terpicu sama sekali.

“Tiap orang memiliki nuance atau efek kecil mereka masing-masing. Bagi beberapa orang, makanan tertentu bisa memicunya, seperti boga bahari atau pesta bir. Yang lain bisa mengalami serangan gout pertama kali saat mereka pergi ke rumah sakit atau karena stres atau masalah hidrasi,” kata Robert T Keenan, MD, MPH, dosen kedokteran di Duke University School of Medicine.

Dirangkum dari situs WebMD, berikut adalah beberapa pemicu penyakit gout atau asam urat:

1. Makanan
Makanan yang tinggi akan purin dapat meningkatkan kadar asam urat di dalam darah. Misalnya seperti jeroan, boga bahari, bahkan sayuran seperti bayam. Purin banyak ditemukan pada makanan yang mengandung protein.

Bir.Bir. Foto: Istimewa

2. Alkohol
Bir dan semacamnya dapat meningkatkan kadar asam urat di dalam darah dan memicu gout. Alkohol juga berbahaya karena bisa membuatmu dehidrasi, yang menjadi salah satu pemicunya. Meski begitu, wine tidak termasuk salah satunya, asal tetap diminum dalam jumlah yang tidak berlebihan.
3. Obat-obatan
Beberapa obat-obatan seperti obat untuk tekanan darah tinggi atau gagal jantung juga bisa memicunya. Selain itu, obat diuretik, beta-blocker dan cyclosporine bahkan aspirin berdosis rendah juga bisa menyebabkan serangan gout. Pastikan dokter mengetahui jika kamu memiliki riwayat asam urat sebelum meresepkan obat-obatan tersebut.

4. Dehidrasi
Saat tubuh kita dehidrasi, jumlah asam urat dalam tubuh meningkat dan kemampuan gijal untuk membuang sisaannya menurun. Sehingga ketika tubuh kita tak mendapat cukup cairan, bisa jadi berisiko terkena serangan gout.

Thai tea.Thai tea. Foto: iStock

5. Minuman manis
Minuman manis umumnya mengandung gula tambahan seperti fruktosa, misalnya thai tea. Kandungan fruktosa bisa memicu serangan gout.

6. Stres medis
Kondisi dan prosedur medis seperti cek rutin ke rumah sakit, pneumonia, operasi dapat meningkatkan kadar asam urat naik dan menyebabkan gout. Jika kamu berencana akan periksa ke rumah sakit atau mendadak sakit, pastikan memberitahu doktermu soal riwayat asam urat.

(frp/ask)

Deretan Skandal yang Menjerat Miss Peru dari Masa ke Masa

Liputan6.com, Jakarta – Anyella Grados, Miss Peru 2019 menghebohkan publik setelah videonya tengah mabuk saat kompetisi berlangsung, tersebar luas. Kendati begitu, ia bukanlah Miss Peru pertama yang menimbulkan skandal di tengah publik. Rosa Elvira Cartagena, Laura Spoya, dan Melissa Paredes adalah beberapa nama ratu kecantikan yang diingat tak berujung di ‘negeri dongeng’.

Dilansir dari elcomercio.pe, Kamis (21/3/2019), kemenangan Rosa Elvira resmi dibatalkan beberapa bulan setelah dinobatkan sebagai Miss Peru 1999. Pencapaiannya kala itu sungguh menginspirasi mengingat Elvira merupakan perempuan keturunan Afrika pertama yang memenangkan kontes kecantikan.

Ia secara resmi kehilangan mahkota Miss Peru setelah kebohongannya terbongkar ke tengah publik. Kala itu, Elvira mengaku mahkota Miss Ambar dicuri. Keterangan palsu yang kemudian dipatahkan hanya dalam waktu singkat. 

Pada 2016, Estefani Mauricci kehilangan mahkota Miss Peru setelah mengaku menempuh pendidikan di Business Administration saat faktanya pergi ke National Superintendence of Higher Education University.

Priscila Howard terpilih mewakili Peru di Miss Universe 2017, tanpa secara resmi dimahkotai sebagai Miss Peru. Jessica Newton menentang keputusan itu dengan dalih, untuk kontes tingkat dunia, harusnya Peru mengirim perempuan lebih siap.

Laura Spoya kampiun sebagai Miss Peru 2015. Namun, setelah foto-fotonya bersama Renzo Costa, juri di tahun itu, mengundang tanda tanya akan kejujuran, publik menuntut transparansi kontes tersebut. Terlepas dari semua spekulasi, Spoya tetap menang.

Pada 2013, Melissa Paredes harus mengembalikan mahkota Miss Peru setelah enam hari dibawa pulang. Alasannya adalah karena foto sang model memakai lingerie beredar di tengah publik.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Begini sekilas penampakan bangunan Machu Picchu dan Putucusi di Peru yang terkenal itu.

Deretan Angkutan Klasik Hiasi JIExpo Kemayoran

Liputan6.com, Jakarta – Resmi diselenggarakan 20-22 Maret 2019, Pameran Indonesia Classic N Unique Bus 2019 menghadirkan beragam jenis bus, salah satunya kendaraan klasik.

Dalam pameran yang berlangsung di Hall B JIExpo Kemayoran, Jakarta terdapat 19 kendaraan klasik yang dipamerkan. Salah satunya truk Chevrolet tahun 1927 yang diproduksi di Pusat Perakitan General Motors, Tanjung Priok.

“Kami berharap bus Transjakarta Vintages series bisa kami tampilkan seperti tahun-tahun sebelumnya sebagai bridging sejarah bus masa lalu dengan bus modern saat ini. Sayangnya bus itu gagal hadir,” kata Koordinator Indonesia Classic N Unique Bus 2019, A. M. Fikri di Kemayoran, Jakarta, Kamis (21/3/2019).

Terdapat pula bus premium Mercedes-Benz OH-1113 dan Neoplan yang menjadi bus rakitan massal pertama bersuspensi udara di Indonesia.

92 Orang Tewas, Ini Deretan Fakta Dampak Banjir Sentani Papua

Sebelumnya, jumlah pengungsi terdampak banjir bandang yang menerjang Sentani, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua mencapai 6.831 orang. Namun, hingga Selasa sore, jumlah tersebut bertambah sekitar 3.000 jiwa menjadi 9.580 orang.

“Data terkini jumlah pengungsi mencapai 9.580 orang yang ditempatkan di beberapa titik atau lokasi,” kata Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol AM Kamal.

Kamal merincikan jumlah pengungsi sebanyak itu di antaranya berada di Posko Induk Gunung Merah sebanyak 1.453 orang, kompleks Gajah Mada sebanyak 1.450 orang, di Panti Jompo sebanyak 23 orang dan di kompleks HIS sebanyak 600 orang.

Lalu, di Doyo Baru bertempat di Gereja Advent sebanyak 153 orang, kompleks Bintang Timur sebanyak 600 orang, kompleks Permata Hijau sebanyak 120 orang dan SIL 1000 orang.

Kemudian di Doyo Lama sebanyak 203, lalu di Gereja Doyo Lama sebanyak 1.000 orang, di GOR Toare sebanyak 170 orang, di Asrama Himles sebanyak 50 orang, Rindam 220 orang, di Kampung Netar 43 orang dan di Kompi D sebanyak 108 orang.

Deretan Zodiak Ini Diklaim Akan Menjadi Ayah Terbaik, Kamu Termasuk?

Liputan6.com, Jakarta – Membina sebuah rumah tangga tentu tidak mudah dilakukan. Diawali dengan menyatukan dua manusia dengan sikap, sifat, dan pemikiran yang berbeda. Meskipun berbeda, mereka tetap dapat saling mendukung dalam setiap aspek kehidupan, termasuk dalam mengurus anak.

Sabar, dapat diandalkan, disayangi oleh anak-anaknya, dan membawa ketentraman dalam rumah menjadi kriteria yang wajib dimiliki para pria. Tak hanya sebagai sosok suami, seorang wanita juga mengidamkan pria yang bisa menjadi ayah yang baik bagi keluarga kecilnya kelak.

Ternyata ada sejumlah zodiak yang diklaim akan menjadi ayah terbaik. Penasaran zodiak apa saja? Berikut ulasannya seperti melansir dari Boldsky, Rabu (13/3/2019).

1. Taurus

Jika kamu membutuhkan sosok yang sabar, Taurus sangat cocok untuk menjadi pasanganmu. Pemilik zodiak ini dikenal sabar, tak heran jika dia nantinya bisa menjadi ayah terbaik bagi anak-anakmu. 

Membesarkan buah hati memang bukan perkara mudah. Tentu memerlukan kesabaran, karena kelincahan anak-anak akan menguras tenaga dan emosi. Nah, dengan kesabaran yang dimiliki Taurus, tentu bisa menghadapi berbagai kondisi dalam rumah tangga.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini :

Benarkah pernikahan yang di atas 7 tahun terancam membosankan dan mulai banyak kasus perselingkuhan?

Deretan Momen Istimewa Zidane di Real Madrid

3.Disambut Fans

Setelah resmi jadi pelatih, Zidane melakukan tugasnya di hari berikutnya. Dia pun mendapatkan sambutan dari 5 ribu fans yang memadati tempat latihan Madrid, Valdebebas.

Dia juga mengucapkan selamat untuk semua pemain di ruang ganti Valdebebas. Pemain-pemain itu pula yang membantunya raih 3 gelar juara Liga Champions secara beruntun.

4. Pembuktian Cinta

Satu hal yang mengejutkan terjadi lima hari usai Real Madrid rayakan gelar juara Liga Champions tiga kakli secara beruntun. Hari itu, 31 Mei 2018, Zidane tampil di depan media bersama Presiden Florentino Perez.

Dia mengumumkan kepergiannya dari Real Madrid. Namun ternyata perpisahan itu tak lama karena dia jumpa kembali dengan Perez 9 bulan berikutnya atau 11 Maret lalu.

“Sekarang saya siap melatih Real Madrid lagi dan saya diberi kesempatan untuk bersama klub ini, klub yang sangat saya cintai,” ujarnya.

Zinedine Zidane akhirnya kembali ke pelukan Real Madrid. Sempat memutuskan mundur di awal musim, Zidane kembali ke Bernabeu setelah sembilan bulan absen melatih.

Top 3: Deretan Chat Lucu Buktikan Cari Pasangan Itu Enggak Gampang

Liputan6.com, Jakarta – Terkadang terlalu lama menjomblo bisa membosankan dan bikin jenuh. Itu sebabnya sebagian besar orang berusaha mencari kekasih dengan berbagai cara. Satu di antaranya berkenalan dengan gebetan idaman.

Berbagai usaha pun dilakukan seseorang demi bisa mendapatkan hati gebetannya. Namun, ada saja tingkah unik, konyol bahkan nekat saat berusaha mengenal atau menembak gebetan.

Artikel tentang deretan chat lucu yang membuktikan cari pasangan itu enggak gampang terpopuler di kanal Citizen6 Liputan6.com. Disusul dengan artikel kedua terpopuler, yakni cara menyadarkan pasangan yang kurang peka.

Adapun artikel ketiga terpopuler adalah langkah jitu mengatasi bila terlalu posesif terhadap pasangan.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Cari Pasangan Itu Enggak Gampang, 5 Chat Lucu Ini Buktinya

Chat Lucu Usaha Jomblo

Kadang dalam melakukan PDKT atau pendekatan, ada kalanya mengalami kegagalan. Namun begitu, biarkanlah para jomblo tersebut terus berusaha. Nah, penasaran bagaimana usaha kocak para jomblo untuk mendapatkan pasangan? Berikut deretan chatnya seperti melansir dari berbagai sumber.

Selengkapnya…

Saksikan video pilihan berikut ini:

Ternyata para jomblo punya cara unik agar tak dibilang sendiri melulu. Nih buktinya!

Deretan Wanita di Daftar Orang Terkaya Dunia 2019

Jakarta – Majalah Forbes kembali merilis daftar orang terkaya di dunia 2019. Di dalamnya terdapat daftar orang kaya dari gender wanita.

Di urutan pertama ditempati oleh Francoise Bettencourt Meyers. Menurut data Forbes total kekayaan wanita ini mencapai US$ 49,3 miliar atau setara Rp 690,2 miliar kurs Rp 14.000. Dengan kekayaan itu saat ini menduduki posisi ke 15 sebagai orang terkaya di dunia.

Francoise Bettencourt Meyers sendiri merupakan cucu dari pendiri L’Oreal’s . Dia dan keluarganya saat ini menggenggam saham L’Oreal’s sebanyak 33%.


Dia telah menjabat di dewan L’Oreal sejak 1997 dan merupakan chairwoman di perusahaan induk keluarga. Bettencourt Meyers juga bertindak sebagai presiden di yayasan sosial keluarganya.

Berikut daftar wanita terkaya di dunia tahun ini:

1. Francoise Bettencourt Meyers
Kekayaan US$ 49,3 miliar atau setara Rp 690,2 triliun.

2. Alice Walton
Kekayaan US$ 44,4 miliar atau setara Rp 621,6 triliun.

3. Jacqueline Mars
Kekayaan US$ 23,9 miliar atau setara Rp 334,6 triliun.

4. Yang Huiyan
Kekayaan US$ 22,1 miliar atau setara Rp 309,4 triliun.

5. Susanne Klatten
Kekayaan US$ 21 miliar atau setara Rp 294 triliun.

6. Laurene Powell Jobs
Kekayaan US$ 18,6 miliar atau setara Rp 260,4 triliun.

7. Abigail Johnson
Kekayaan US$ 15,6 miliar atau setara Rp 218,4 triliun.

8. Iris Fontbona
Kekayaan US$ 15,4 miliar atau setara Rp 215,6 triliun. (das/zlf)

Deretan Politikus yang Terjerat Narkoba: Andi Arief Hingga Indra J Piliang

JakartaWasekjen Partai Demokrat Andi Arief ditangkap polisi karena mengonsumsi narkoba jenis sabu. Andi Arief tentu bukan politikus pertama yang harus berurusan dengan polisi gara-gara narkoba.

Berdasarkan catatan detikcom, Senin (4/3/2019), sedikitnya ada 8 politikus yang terciduk polisi terkait narkoba dalam kurun waktu Maret 2016-Maret 2019.

Berikut daftar 8 politikus tersebut selengkapnya:

1. Maret 2016 – Eks Bupati Ogan Ilir sekaligus politikus Golkar Ahmad Wazir Noviadi Mawardi

Nofi dan dua orang lainnya, Murdani (karyawan swasta), Faizal Roche seorang PNS ditetapkan sebagai tersangka pemakaian dan kepemilikan narkoba. Mereka dijerat dengan pasal Pasal 112 Ayat Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman pidana penjara minimal empat tahun dan maksimal 12 tahun.

Ada dua orang lainnya yang ikut ditangkap oleh penyidik BNN. Namun dua orang itu tidak ditetapkan sebagai tersangka.

Nofi dilantik sebagai bupati pada 27 Februari 2016. Belum genap sebulan memerintah kota yang terletak 35 km dari Palembang itu, dia ditangkap BNN. BNN telah mengintainya sebelum dia menang pilkada.

2. Juni 2017 – Anggota DPRD Tabanan I Nyoman Wirama Putra

Direktur Reserse Narkoba Polda Metro Jaya Kombes Nico Afinta menyebut I Nyoman Wirama Putra diduga berpesta sabu di sebuah hotel di kawasan Pecenongan, Jakarta Pusat. Setelah menjalani pemeriksaan, Nyoman ditetapkan polisi sebagai tersangka.

“Barang buktinya kan hanya bong sama sisa plastik sabu bekas pakai. Tetapi hasil cek urinenya dia positif narkoba,” ungkap Kombes Nico.

Hal yang sama berlaku pada LOS (19), teman wanita Nyoman yang positif narkoba namun tak ada barang bukti.

Nyoman ditangkap bersama LOS di sebuah hotel di kawasan Pecenongan, Jakarta Pusat, pada Selasa, 13 Juni 2017. Keduanya ditangkap setelah polisi menangkap pengedar 2 ribu butir ekstasi, NYA (28) dan LP (32), di basement hotel yang sama.

3. September 2017 – Politikus Golkar Indra J Piliang

Polisi menetapkan Indra J Piliang dan dua rekannya sebagai tersangka dalam kasus narkotika. Indra ditangkap di sebuah tempat karaoke. Politikus Golkar itu dijerat dengan Pasal 127 Undang-Undang No 35 Tahun 2009 tentang Narkoba.

Namun, lantaran tidak ada barang bukti narkotika yang ditemukan, polisi melakukan assessment terhadap Indra dan dua rekannya. Hasil assessment menyimpulkan Indra dan dua rekannya wajib direhabilitasi.

4. Maret 2018 – Ketua DPD PAN Jambi berinisial HZ

Polresta Jambi menangkap 4 pria usai pesta sabu. Salah satu yang ditangkap adalah Ketua DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Batanghari Jambi berinisial HZ.

Kasat Narkoba Polresta Jambi Kompol Priyo menyatakan selain HZ, polisi menangkap 3 pria lain berinisial FN, HM, dan JG. Polisi juga mengamankan barang bukti berupa alat hisap sabu dan satu paket sabu. Penangkapan ini dilakukan pada Kamis (29/3) sekitar pukul 05.00 WIB.

HZ sendiri sudah 3 kali ditangkap oleh petugas akibat terlibat penyalahgunaan sabu. Pada 2016, ia sempat ditangkap BNN Kota Jambi, namun direhabilitasi.

5. Juni 2018 – Eks Wakil Ketua DPRD Bali dan politikus Gerindra Jro Gede Komang Swastika

Mantan Wakil Ketua DPRD Bali, Jro Gede Komang Swastika alias Jro Jangol dijatuhi hukuman 12 tahun penjara karena jadi bandar narkoba. PN Denpasar menyatakan Jro Jangol terbukti mengedarkan narkotika bersama istrinya, Ni Luh Ratna Dewi. Jro Jangol pun dinyatakan melanggar Pasal 114 ayat (1) UU Narkoba.

Belum rampung hukuman dijalani, Jro Gede Komang Swastika meninggal dunia di bui karena sakit. Diagnosis dokter menyatakan Jro Jangol meninggal karena penurunan kesadaran hingga gagal napas.

6. Agustus 2018 – Kader NasDem Ibrahim Hasan

Ibrahim Hasan alias Ibrahim Hongkong ditangkap bersama enam rekannya di perairan Selat Malaka, Sumut, Minggu (19/8). Ada sebelas orang yang ditangkap dalam kasus ini dan barang bukti 105 kilogram sabu serta 30 ribu pil ekstasi yang disita dalam pengungkapan kasus ini.

Ibrahim dipecat sebagai kader NasDem melalui SK No 100-SK/DPP-Nasdem/VIII/2018, yang ditandatangani oleh Ketum DPP NasDem Surya Paloh dan Sekjen DPP Nasdem Johnny G Plate per 21 Agustus 2018.

7. Agustus 2018 – Politikus Golkar sekaligus Anggota DPRD Kabupaten Gorontalo Amin Mootalu

Anggota DPRD Kabupaten Gorontalo Amin Mootalu ditangkap saat berpesta sabu. Politikus Partai Golkar itu saat ini masih diperiksa oleh Polda Gorontalo.

Amin ditangkap Tim Opsnal Ditresnarkoba Polda Gorontalo pada Kamis (2/8) dini hari. AM ditangkap bersama temannya, GB (33). Keduanya sedang berpesta narkoba di salah satu hotel di Kota Gorontalo sekitar pukul 02.30 Wita.

Dari tangan keduanya, diamankan 1 saset yang berisi butiran kristal bening, 1 pipet kaca yang berisi butiran kristal bening, 2 sedotan yang sudah terpotong, 1 penutup botol, 2 buah ponsel, dan 1 gunting.

8. Maret 2019 – Wasekjen Demokrat Andi Arief

Wasekjen Partai Demokrat Andi Arief ditangkap polisi terkait narkoba. Setelah dites urine, mantan staf ahli presiden di era Presiden SBY itu dinyatakan positif menggunakan narkoba jenis sabu.

Andi ditangkap di salah satu kamar hotel Peninsula, Jakarta Barat, Minggu (3/3). Penangkapan ini berawal dari informasi masyarakat.
(rna/tor)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>