Banyak Bagian Mengejutkan di Webtoon Save Me, Begini Reaksi Fans BTS

Liputan6.com, Jakarta BTS kini tak hanya muncul lewat lagu-lagu mereka, tapi juga dalam webtoon Save Me. Dalam kerja sama dengan Naver tersebut, akan diungkap lebih dalam mengenai BTS Universe.

Dilansir dari Soompi, Jumat (18/1/2019), webtoon Save Me diadaptasi dari sejumlah videoklip yang terangkum di “The Most Beautiful Moment in Life”. Plot dalam komik ini dibuat oleh Big Hit Entertainmenta, sementara LICO membuatnya ke dalam bentuk webtoon.

Webtoon Save Me dibuka dengan penuturan Jin, yang teringat dengan teman-teman baiknya di masa sekolah, yakni para anggota BTS lain yang menggunakan nama asli mereka.

Namun di masa depan, mereka ternyata tak lagi berhubungan dekat.

(Peringatan: Page selanjutnya akan berisi spoiler)

2 dari 3 halaman

Pertemuan yang Mengejutkan

Satu ketika, Jin bertemu dengan Namjoon (RM), yang bekerja di sebuah pompa bensin. Dari pertemuan ini, Jin baru mengetahui nasib buruk yang menimpa kawan-kawannya.

Jungkook dan Yoongi telah meninggal. Dan beberapa waktu kemudian diketahui bahwa Taehyung ditangkap polisi karena dituduh terlibat pembunuhan ayahnya.

3 dari 3 halaman

Reaksi Penggemar

Plot cerita webtoon Save Me yang tak terduga ini, langsung membuat Army, atau para penggemar BTS, heboh. Mereka langsung menonton kembali videoklip BTS atau membuat teori tentang webtoon ini.

Tak sedikit pula yang mengeluarkan reaksi kocak atas webtoon ini. Pengguna Twitter @STFUSTANBTS misalnya, mengunggah BTS yang bertingkah kocak di atas panggung. “BTS di surga setelah Jin gagal menyelamatkan mereka,” tulisnya.

Ada pula @islesetglaciers yang mencoba menggambarkan peliknya teori yang ia buat, dengan video yang memperlihatkan jaring-jaring di kamarnya yang saling berkelindan.

Sementara @Hades134340 membayangkan reaksi BTS saat melihat para penggemarnya tengah heboh berteori. “BTS melihat teori-teori kita,” tulisnya sambil mengunggah video para personel BTS yang tengah ngakak.

Kesepakatan Dagang AS-China Dorong Penguatan Rupiah

Liputan6.com, Jakarta – Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak menguat terbatas pada perdagangan Jumat ini. Kesepakatan dagang AS dengan China mendorong penguatan aset berisiko.

Mengutip Bloomberg, Jumat (18/1/2019), rupiah dibuka di angka 14.165 per dolar AS, menguat jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di angka 14.192 per dolar AS.

Sejak pagi hingga siang hari ini, rupiah bergerak di kisaran 14.155 per dolar AS hingga 14.195 per dolar AS. Jika dihitung dari awal tahun, rupiah masih menguat 1,44 persen.

Berbeda, berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), rupiah dipatok di angka 14.182 per dolar AS, melemah jika dibandingkan dengan patokan sehari sebelumnya yang ada di angka 14.158 per dolar AS.

Kepala Riset Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengatakan, harapan membaiknya hubungan dagangan Amerika Serikat dengan China mendorong minat pelaku pasar pada aset beresiko.

“Situasi itu membuka peluang bagi mata uang berisiko seperti rupiah untuk terapresiasi,” katanya dikutip dari Antara.

Ia mengemukakan Wakil Perdana Menteri China Liu He akan mengunjungi AS pada 30-31 Januari mendatang untuk pembicaraan perdagangan berikutnya.

Ekonom Samuel Aset Manajemen, Lana Soelistianingsih mengatakan pasar menyambut positif pertemuan itu dengan harapan kesepakatan tarif antara AS-China.

“Data-data ekonomi China belakangan ini menunjukkan penurunan, bahkan PMI (purchasing managers index) sektor manufatur sudah di bawah level 50 yang artinya kontraksi,” katanya.

Dengan adanya kesepakatan, lanjut dia, maka diharapkan dapat menahan perlambatan ekonomi, mengingat perlambatan China akan berdampak pada global dan ekonomi Asia.

“Ekonomi China merupakan salah satu motor ekonomi Asia,” katanya.

2 dari 3 halaman

BI: Rupiah Berada dalam Tren Penguatan

Sebelumnya, rupiah mengawali tahun 2019 ini dengan kondisi yang cukup baik. Bank Indonesia (BI) menyebutkan Rupiah saat ini tengah dalam tren menguat. Penguatan dimulai sejak akhir tahun lalu dan terus berlanjut pada Januari 2019.

Gubernur BI, Perry Warjiyo mengatakan tren penguatan Rupiah tersebut dakan mendukung stabilitas harga di dalam negeri.


“Nilai tukar Rupiah dalam tren menguat sehingga mendukung stabilitas harga. Rupiah pada Desember 2018 secara rerata menguat sebesar 1,16 persen, meskipun secara point to pointsedikit melemah sebesar 0,54 persen,” kata Perry pada Kamis 17 Januari 2019.

Dia mengungkapkan penguatan Rupiah antara lain dipengaruhi aliran masuk modal asing akibat perekonomian domestik yang kondusif dan imbal hasil domestik yang tetap menarik, serta ketidakpastian pasar keuangan global yang sedikit mereda.

“Dengan perkembangan yang cenderung menguat menjelang akhir tahun 2018, Rupiah secara rerata keseluruhan tahun 2018 tercatat mengalami depresiasi sebesar 6,05 persen, atau secara point to point sebesar 5,65 persen dibandingkan dengan level tahun sebelumnya,” ujarnya.

Sementara itu, depresiasi atau pemelahan Rupiah secara point to point tersebut lebih rendah dibandingkan dengan depresiasi mata uang negara lain seperti Rupee India, Rand Afrika Selatan, Real Brasil, dan Lira Turki.

“Ke depan, Bank Indonesia terus mencermati risiko ketidakpastian pasar keuangan global dengan tetap melakukan langkah-langkah stabilisasi nilai tukar sesuai nilai fundamentalnya dengan tetap mendorong berjalannya mekanisme pasar, dan mendukung upaya-upaya pengembangan pasar keuangan,” jelas dia.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Dikritik Amien Rais karena Peran Kecil di Debat, Ma’ruf: Saya kan Wapres

Jakarta – Anggota Dewan Pembina Badan Pemenangan Nasional Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Amien Rais mengkritik peran cawapres KH Ma’ruf Amin yang tidak banyak berperan dalam debat perdana pilpres 2019. Menanggapi hal itu, Ma’ruf mengatakan sang capres, Joko Widodo lebih banyak mengetahui persoalan di masa pemerintahannya.

“Ya itu tadi, saya kan wapres, porsi utama itu presiden. Saya hanya menambah saja. Jangan seperti saur manuk (seperti burung yang saling bersautan), sini ngomong sana ngomong,” ujar Ma’ruf di kediamannya, Jalan Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (17/1/2019).

Saat debat perdana pilpres 2019 semalam, Ma’ruf mengatakan kritikan soal kinerja Jokowi dalam masa pemerintahannya lebih banyak berkembang. Untuk itu, Ma’ruf mengira dirinya tidak pantas untuk menjawab soal kritikan tersebut.
“Masalah yang banyak berkembang tadi malem itu masalah yang kebijakan yang sudah dilakukan Pak Jokowi, kan tidak pantas saya yang jawab, yang lebih tahu soal Pak Jokowi, nah gitu saya kira,” katanya.

Ma’ruf kemudian mengatakan porsi bicaranya dalam debat hanya terkait terorisme. Meski ada sedikit berbicara hal lain, ia mengatakan dirinya lebih fokus terhadap cara mengatasi terorisme.

“Jadi kalau masa lalu, yang kritik soal ini soal ini yang jawab harus Pak Jokowi, tapi dalam hal tertentu saja saya jawab. Dan memang porsi yang diberikan itu tentang terorisme, walaupun saya ngomong soal lain, ada soal difabel, disabilitas juga soal reformasi hukum dengan penataan regulasi. Tapi memang porsi saya bagaimana mengatasi terorisme ke depan, saya kira itu,” tutur Ma’ruf.

Sebelumnya Amien Rais mengkritik Ma’ruf ketika acara debat selesai. Menurut politikus PAN itu, ada yang menonjol dalam debat, yaitu peran Ma’ruf Amin yang tidak banyak bicara selama debat berlangsung.

“Saya lihat memang ada yang menonjol. Yang menonjol itu hampir tak ada peran Kiai Ma’ruf Amin, saya melihat seperti itu. Kedua, Pak Prabowo terlalu santun, sama sekali tak mau nyerang balik, itu mungkin juga ada hikmahnya,” ujar Amien setelah menonton debat di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan, Kamis (17/1/2019).
(eva/elz)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Surat Ahok Jelang Bebas: Panggil Saya BTP

Liputan6.com, Jakarta – Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok akan menghirup udara bebas pada Kamis, 24 Januari 2019. Usai menjalani hukumannya selama 2 tahun penjara dikurangi remisi 3 bulan 15 hari di Mako Brimob, Ahok akan bebas.

Kebebasan Ahok rupanya sudah dinanti banyak pihak. Para penggemar Ahok pun menyampaikan kerinduannya melalui akun sosial media mereka masing-masing. Ketika bebas nanti, pria asli Belitung ini sudah memiliki banyak undangan.

Selain undangan untuk menjadi pembicara di berbagai acara, Ahok juga sudah mendapatkan undangan dari luar negeri.

Tetapi rupanya, Ahok lebih memilih untuk menghabiskan waktu bersama keluarganya terlebih dahulu dengan liburan bersama.

Jelang kebebasannya, Ahok justru menuliskan surat yang diunggah oleh tim nya dalam akun Twitter @basuki_btp pada hari ini, Kamis (17/1/2019). Dalam surat tersebut, Ahok menuliskan ucapan terima kasih untuk orang-orang yang selalu mendukungnya.

Terima kasih atas doa serta dukungan yang selama ini untuk saya. Tidak pernah dalam pengalaman hidup saya bisa menerima banyak pemberian dari makanan, buah-buahan, pakaian, buku-buku, dan lain-lain dari saudara-saudara. Saya merasa begitu dikasihi. Dan kasih yang saudara-saudara berikan kepada saya lebih baik daripada emas dan perak maupun dibandingkan kekayaan yang besar,” tulis Ahok.

Selain itu, Ahok mengaku dirinya mendengar jika kebebasan dirinya nanti akan disambut oleh banyak pihak. Ia pun meminta agar hal tersebut tidak dilakukan karena bisa mengganggu ketertiban di jalan umum.

Ahok kemudian merasa bersyukur dirinya masuk ke penjara dan tidak terpilih kembali menjadi Gubernur DKI Jakarta. Karena menurutnya, dia justru banyak belajar menguasai dirinya, bukan hanya Balai Kota saja.

Setelah bebas nanti, ia juga meminta agar tidak lagi dipanggil Ahok, melainkan BTP yang merupakan singkatan namanya Basuki Tjahaja Purnama.

Terakhir, Ahok juga mengingatkan para pendukungnya agar bisa menggunakan hak pilihnya pada Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) pada 17 April 2019.

2 dari 3 halaman

Isi Surat Lengkap

Berikut, isi surat lengkap Ahok:

Terima kasih atas doa serta dukungan yang selama ini untuk saya. Tidak pernah dalam pengalaman hidup saya bisa menerima banyak pemberian dari makanan, buah-buahan, pakaian, buku-buku, dan lain-lain dari saudara-saudara. Saya merasa begitu dikasihi. Dan kasih yang saudara-saudara berikan kepada saya lebih baik daripada emas dan perak maupun dibandingkan kekayaan yang besar.

Saya mendengar ada yang mau menyambut hari kebebasan saya di Mako Brimob bahkan ada yang mau menginap di depan Mako Brimob. Saya bebas tanggal 24 Januari 2019 adalah hari Kamis hari orang orang bekerja, jalanan di depan Mako Brimob dan di depan Lapas Cipinang adalah satu-satunya jalan utama bagi saudara-saudara kita yang mau mencari nafkah. Saya sarankan demi untuk kebaikan dan ketertiban umum bersama, dan untuk menolong saya, sebaiknya saudara-saudara tidak melakukan penyambutan apalagi menginap.

Saya sangat bersyukur kepada Tuhan, Allah Pencipta langit dan bumi bahwa saya diijinkan untuk ditahan di Mako Brimob. Saya bersyukur diijinkan tidak terpilih di Pilkada DKI 2017, Jika saya terpilih lagi di Pilkada tersebut saya hanyalah seorang laki-laki yang menguasai balaikota saja, tetapi saya di sini belajar menguasai diri seumur hidup saya. Kuasai balaikota hanya untuk 5 tahun lagi. saya Jika ditanya Jika waktu bisa diputar kembali, mau pilih yang mana? saya akan katakan Saya memilih ditahan di Mako untuk belajar 2 tahun (liburan remisi 3,5 bulan), untuk bisa menguasai diri seumur hidupku. Jika terpilih lagi aku akan semakin arogan dan kasar dan semakin menyakiti hati banyak orang. pada kesempatan ini saya juga mau sampaikan kepada ahokers, para PNS DKI, para pembenci ku sekalipun, aku sampaikan mohon maaf atas segala tutur kata, sikap, perbuatan yang disengaja maupun tidak sengaja menyakiti hati dan perasaan saudara dan anggota keluarganya. saya mohon maaf dan saya keluar dari sini dengan harapan panggil saya BTP bukan Ahok.

Pemilu dan pilpres 2019 akan dilangsungkan tanggal 17 April 2019. saya menghimbau seluruh ahokers jangan ada yang Golput. kita perlu menegakkan empat pilar bernegara kita yakni Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI dengan cara memiliki partai politik yang mau menegakkan empat pilar di atas di seluruh Indonesia, kita harus mendukung agar di DPRD, DPRD, dan DPR RI maupun DPD RI memiliki jumlah kursi yang mencapai di atas 30 persen untuk partai yang teruji dan berkomitmen pada Pancasila.

Saya ingin mengutip pidato Presiden Soekarno yang saya kutip dari buku Revolusi BELUM SELESAI, kumpulan pidato Presiden Soekarno 30 September 1965-Pelengkap Nawaksara (10 Januari 1967), Penyunting: Budi Setiono dan Bonnie Triyana, terbitan serambi (www.serambi.co.id). Apa yang Presiden Soekarno sampai kan aku harap juga Diterima menjadi pikiran dan harapan aku kepada seluruh ahokers dimanapun domisili saudara: ” saudara-saudara. Pancasila adalah jiwa kita, bukan hanya jiwaku. tetapi ialah jiwa Angkatan Bersenjata Republik Indonesia dan selama angkatan bersenjata Republik Indonesia berjiwa Pancasila Insya Allah swt, engkau akan tetap kuat, tetap kuat dan Sentosa, tetap kuat dan Sentosa, tetap kuat dan Sentosa menjadi tanduk daripada banteng Indonesia, yang telah kita dirikan pada tanggal 17 Agustus 1945…… Engkau adalah penegak daripada Pancasila dan Setialah kepada Pancasila itu, pegang Teguh kepada Pancasila sila Pancasila itu, sebagaimana aku pun berpegang teguh kepada Pancasila, bela Pancasila itu. bahkan sebagaimana ku katakan lagi tadi. saudara-saudara, laksana panggilan yang aku dapat dari pada atasan untuk memegang teguh kepada Pancasila ini.”

Majulah demi kebenaran, peri kemanusiaan dan keadilan.Ingatlah sejarah dan tujuan para proklamator dirikan negeri ini.

MERDEKA!

Salam dari Mako Brimob Basuki Tjahaja Purnama

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Netizen Kecewa dengan Debat Capres yang Kaku dan Kurang Menarik

Jakarta

Reaksi yang bermunculan dari netizen di media sosial menyatakan kecewa dengan debat perdana presiden dan wakil presiden di Indonesia hari Kamis (17/1/2019) malam yang dianggap tidak menarik dan kaku.

Debat perdana capres

  • Tema debat perdana capres/cawapres Indonesia adalah hukum, HAM, terorisme dan korupsi
  • Pengamat mengatakan debat berlangsung kurang menarik karena para calon seperti sudah menghapalkan jawaban mereka
  • Akan ada empat debat lagi sampai pemilihan umum dan pemilihan presiden dilangsungkan 17 April 2019

Setelah debat selesai, media sosial dipenuhi dengan berbagai komentar, sehingga hashtag #DebatePilpres2019 menjadi nomor satu menjadi topik pembicaraan di Twitter untuk topik dunia.

Namun ketika debat dimulai antara Presiden Joko Widodo dan calon presiden Prabowo Subianto, beberapa pendapat muncul menyatakan bahwa kedua calon presiden hanya mengulangi apa yang sudah disampaikan sebelumnya dan berbicara seperti pidato dan bukan berdebat.

Sebuah pendapat bahkan mengatakan debat ini mirip seperti debat di SMA.

“Ini bukan, namun kompetisi menghapal. Mereka menjawab satu kali jawaban dari lawan dan setelah itu selesai. Murid SMA bahkan lebih baik dari ini dan mereka melakukannya dalam bahasa Inggris.” tulis seseorang di Twitter.

Ketika mendapat pertanyaan mengenai rencana mereka mencegah serangan teroris dan radikalisasi, Prabowo menjawab dengan mengatakan ‘adanya campur tangan dari luar negeri ‘ dan masih tidak adanya ketidakadilan di dalam negeri.

“Saya akan mendukung program deradikalisasi. Saya akan memberikan perhatian serius ke pesantren, ke guru-guru, dan warga kita semua guna meningkatkan taraf hidup mereka – sehingga mereka tidak merasa dikecewakan dan membenci negeri ini.” katanya.

Setelah adanya jawaban yang sama dari kubu lainnya, beberapa komentator mengatakan debat antara kedua calon presiden itu ‘tidak dinamis’, karena masing-masing pihak tidak mempersiapkan pertanyaan lanjutan guna menyerang lawan debat mereka.

“Ini mungkin disebabkan karena mereka tidak menguasai masalah terorisme di Indonesia.”

Indonesian President Joko Widodo delivers a speech dressed in white with running mate Ma'ruf Amin.
Presiden Jokowi dan cawapres Ma’ruf Amin ketika menyampaikan visi mereka dalam debat capres perdana hari Kamis malam. (AP: Tatan Syuflana)

Ini adalah untuk keduakalinyaJokowi-Prabowo menjadi calon presiden

Sama seperti yang biasa terjadi dalam kampanye politik di Indonesia, para capres dan cawapres datang mengenakan seragam yang sama, dengan Prabowo Subianto dan cawapres Sandiaga Uno tiba lebih awal di lokasi debat dengan setelan jas warna biru, dan dasi merah darah.

Presiden Jokowi dan cawapres Mar’uf Amin mengenakan baju putih dan tiba terlambat karena macet.

Ini adalah untuk kedua kalinya Presiden Joko Widodo menghadapi Prabowo Subianto dalam pemilihan presiden.

Di tahun 2014, Jokowo mengalahkan Prabowo dengan mendapat 53 persen suara.

Namun selama pemerintahannya empat tahun terakhir, para pendukung Prabowo seringkali mempertanyakan latar belakang “keislaman” Presiden Jokowi.

Dan tahun ini Jokowi memilih Ma’ruf Amin, ulama berusia 75 tahun yang sebelumnya menjadi Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) sebagai pendampingnya.

Sementara itu, Prabowo memilih Sandiaga Uno mantan wakil gubernur DKI Jakarta, seorang pengusaha muda yang sering digambarkan sebagai memiliki daya tarik kuat untuk menggaet generasi milenial di Indonesia.

Indonesian presidential candidate Prabowo Subianto delivers his speech from behind a podium.
Capres Prabowo Subianto didampingi oleh cawapres Sandiaga Uno. (AP: Tatan Syuflana)

Unsur agama menjadi salah satu perhatian utama netizen di media sosial dengan banyak postingan membicarakan doa yang dilakukan kedua pasangan calon sebelum debat dilangsungkan.

Pendukung Jokowi mengirim cuitan bahwa presiden dan Mar’uf Amin sholat di mesjid sebelum debat dimulai.

Yang lain mengatakan bahwa Prabowo dan Sandiaga juga sholat bersama.

Tema debat perdana ini adalah masalah hukum, HAM, terorisme, dan korupsi, namun para pengamat mengatakan karena tema dan pertanyaan sudah dibocorkan sebelumnya, sehingga debat berlangsung kurang menarik.

“Inilah akibatnya bila pertanyaan sudah diberikan kepada para calon.” kata Feri Amsari, Direktur Pusat Studi Konstitusi Universitas Andalas Padang.

“Debat menjadi kurang menarik karena para calon seperti menghapal jawaban mereka.” katanya kepada televisi lokal ketika debat berlangsung.

Apa yang dilakukan para calon harus dihargai

Dalam pidato pembukaannya, Presiden Jokowi yang menggunakan teks yang sudah dipersiapkan menyampaikan visinya mengenai Indonesia.

Sementara itu, Prabowo tampak lebih percaya diri dalam pidato yang tanpa teks, selain berbicara sendiri, Prabowo juga memberikan kesempatan kepada Sandiaga Uno juga berbicara.

Namun pidato Prabowo dikritik karena hanya mengulangi apa yang sudah disampaikan sebelumnya dalam kampanye.

Meski debat mendapat banyak kritikan, Jokowi mendapat pujian karena lebih berani dalam jawaban-jawaban debat.

Beberapa kali Presiden Jokowi memberi jawaban atas tuduhan lawan dengan mengatakan ‘jangan hanya menuduh, beri bukti dan laporkan ke pihak berwenang.”

Namun banyak netizen merasa kecewa karena kedua calon tidak membahas penuh masalah-masalah utama seperti keterlibatan militer dalam memerangi terorisme, UU ITE yang kontroversial, dan status dan masa depan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Sebelumnya juga diduga bahwa kedua pasangan calon sudah setuju untuk tidak membicarakan masalah HAM yang kontroversial.

Namun Usman Hamid dari Amnesty International Indonesia mengatakan apa yang sudah dilakukan para calon harus dihargai.

Indonesian President Joko Widodo and Prabowo Subianto laugh as they sit next to each other in a crowd.
Muncul spekulasi bahwa kedua calon presiden tidak mau membicarakan masalah HAM dalam debat semalam. (AP: Tatan Syuflana)

“Pak Jokowi sudah memberikan komitmen untuk menempatkan masalah HAM lebih penting lagi dan Pak Prabowo juga sudah menyebut pentingnya hal tersebut.” kata Usman Hamid kepada Kompas TV.

Usman Hamid mengatakan kedua calon sudah berjanji untuk menghormati HAM ketika memerangi terorisme dan melakukan deradikalisasi meskipun mereka tidak memberi jawaban rinci mengenai hal tersebut ataupun apakah akan menjadi prioritas ketika mereka nanti berkuasa.

Dalam sesi terakhir, moderator memberikan kesempatan kepada para calon masing-masing dua menit untuk memberikan pendapat akhir mengenai lawan mereka, namun tawaran itu ditolak semua pihak.

Debat yang akan dilangsungkan empat kali lagi dilakukan setiap tanggal 17 sampai pemilu dilangsungkan 17 April 2019.

Debat kedua yang akan dilakukan bulan depan akan membicarakan masalah energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam, lingkungan hidup.

Lihat beritanya dalam bahasa Inggris di sini

(ita/ita) <!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

WNI Sandera Abu Sayyaf Dibebaskan dalam Proses Semi Intelijen

Jakarta

Pembebasan Samsul Saguni, seorang nelayan asal Majene, Sulawesi Barat, yang diduga disekap kelompok pimpinan Abu Sayyaf di Filipina, terjadi melalui proses ‘semi intelijen,’ yang melibatkan ‘aset-aset Indonesia’ di Filipina Selatan.

Hal itu dikatakan Lalu Muhammad Iqbal, Direktur Perlindungan WNI, Kementerian Luar Negeri, dalam wawancara dengan Callistasia Wijaya, dari BBC News Indonesia. Rabu (16/1)

Ia menegaskan pembebasan dilakukan tanpa tebusan, meski kelompok ini berkali-kali merongrong pemerintah dan keluarga sandera, menuntut sejumlah uang.

“Mereka pernah minta tebusan mulai dari 10 juta Peso karena nggak dipenuhi, dia turun sampai ke 6 juta Peso. Terus prosesnya seperti itu. Dan nggak diberikan,” tandasnya.

“Samsul Saguni saat ini masih berada di Pangkalan Militer Westmincom di Jolo, Filipina Selatan, guna pemeriksaan kesehatan dan menunggu diterbangkan ke Zamboanga City,” kata Lalu.

Samsul Saguni, yang diculik pada tanggal 11 September tahun lalu, dibebaskan pada Selasa (15/1) dan diterima aparat Filipina pada sore hari sekitar pukul 16.30.

“Setelah diserahterimakan secara resmi kepada KBRI Manila, Samsul Saguni akan diproses pemulangannya ke Indonesia,” katanya pula.

Namun, beberapa waktu lalu, beredar video yang memperlihatkan Samsul meminta agar nyawanya diselamatkan.

Samsul Saguni diculik bersama seorang warga Indonesia lainnya, Usman Yunus, pada 11 September 2018, saat menangkap ikan di perairan pulau Gaya, Semporna, Sabah.

Namun, “Usman Yunus telah lebih dahulu bebas pada tanggal 7 Desember 2018,” kata Lalu Muhammad Iqbal. Usman lolos setelah berhasil melarikan diri dari para penyekapnya.

Disebutkannya, masih ada dua orang WNI yang saat ini masih dalam sekapan kelompok bersenjata di Filipina Selatan.

Sejak 2016, ada 36 WNI yang disandera di Filipina Selatan dan 34 diantaranya sudah bebas, sebagian kecil karena berhasil melarikan diri, ada yang dibebaskan dalam operasi aparat Filipina.

Ada pula yang dilepas oleh para penculiknya, yang oleh berbagai kalangan diduga karena ada pihak yang membayar uang tebusan yang dituntut para penculik.

Keluarga ingin cepat bertemu

Lalu mengatakan ia belum tahu kondisi terkini Samsul, termasuk apakah dia mengalami kekerasan selama di penyekapan. Ia mengatakan pertanyaan-pertanyaan semacam itu akan ditanyakan ke Samsul di hari-hari mendatang saat sudah kembali ke Indonesia dan kondisi psikologisnya sudah memungkinkan.

Sementara itu, istri Samsul, Fitriani, bersyukur suaminya sudah ditemukan dan dia berharap keluarga dapat cepat bertemu dengan Samsul.

“Semoga segera bisa dibawa pulang kesini untuk ketemu, untuk ketemu keluarga, untuk ketemu anaknya, ketemu kami disini. Jadi semoga bisa cepat dibawa pulang,” kata Fitriani.

Fitriani mengatakan ia tak mau lagi Samsul melaut, karenanya, “harapan sama pemerintah, supaya bisa kasian dapat bantuan. Apakah itu bantuan modal atau bantuan pekerjaan, apapun itu yang penting suami saya sudah tidak ke sana lagi.”

“Dari dulu, semenjak bujang, dia memang kerjanya sudah merantau. Tapi kalau sudah begini kan, pasti tidak ingin, sudah tidak bisa ke (perairan tempat ia mencari ikan di) sana,” ujarnya kepada wartawan Tribun Timur, Edyatma Jawi.

Aset Indonesia di Filipina Selatan

Kalau tidak karena membayar uang tebusan sebagaimana dicurigai berbagai kalangan, bagaimana Samsul dilepaskan kelompok bersenjata yang menculiknya?

Direktur Perlindungan WNI Kemenlu, Lalu Mohamad Iqbal menolak untuk menjelaskan secara rinci. Ia hanya menjelaskan, pemerintah Indonesia tidak berdiskusi secara langsung dengan kelompok penyandera. Prosesnya disebutnya merupakan “proses semi-intelijen.”

“Yang jelas, kita memanfaatkan semua aset-aset kita di yang ada di Filipina Selatan. Buat Indonesia, Filipina Selatan itu kan bukan daerah baru. Bahkan proses perdamaian MNLF dengan pemerintah Filipina di tahun 1995 itu kan difasilitasi oleh Indonesia,” kata Lalu pula.

“Jadi, banyak orang-orang kita yang pernah hadir di sana sekian lama dan membangun network di situ. Mereka juga diterima oleh masyarakat setempat. Jadi hubungan baik kita dengan berbagai pihak, dengan tokoh-tokoh masyarakat di sana jadi aset kita,” katanya.

Pemerintah Indonesia, kata Lalu, memprioritaskan cara family engagement, melibatkan keluarga dalam proses pembebasan sandera, karena penyandera pasti akan meneror keluarga korban.

Lalu menyebut salah satu metode yang dilakukan untuk mendesak keluarga adalah dengan memperingatkan bahwa akan ada video yang menampilkan korban minta kepada keluarga agar nyawanya diselamatkan.

militer Tentara Filipina melakukan patroli air di Mindanao, Filipina, beberapa waktu lalu. (AFP)

“Kita memperkuat keluarga, memberitahukan keluarga apa yang akan terjadi dalam beberapa hari ke depan. Jadi keluarga sudah siap ketika menghadapi situasi itu dan dia tau apa yang harus dia sampaikan,” kata Lalu.

Lalu menambahkan proses pembebasan itu melibatkan kerja sama dengan militer Filipina.

Disarankan tidak melaut di Malaysia

Lalu mengatakan pemerintah Indonesia masih berupaya untuk membebaskan dua sandera WNI di Filipina Selatan. Sama seperti kasus Samsul, kedua orang ini juga nelayan.

Mereka, lanjutnya, ditangkap sekitar awal Desember tahun lalu di Sandakan, Sabah.

Pemerintah Indonesia, kata Lalu, menghimbau nelayan-nelayan Indonesia yang bekerja sebagai nelayan di Sabah, yang jumlahnya sekitar 6.000 orang, untuk tidak melaut sampai ada jaminan keamanan dari pemerintah Malaysia.

Ia mengatakan bahwa pemerintah Malaysia tidak pernah terlibat dalam upaya pembebasan sandera WNI meskipun kejadian penyanderaan terjadi di wilayah negara tersebut.

Karena itu, menurutnya, kerja sama dalam rangka pembebasan sandera lebih banyak dilakukan dengan pihak Filipina.

“Ini nggak ada pilihan lain. Cuma dua pilihannya, either nelayan kita minta berhenti bekerja di Malaysia atau pihak Malaysia bisa menyelesaikan isu kemampuan pengamanan mereka, untuk mengamankan wilayah itu.

“Ya ini kan terjadi karena aparat keamanan Malaysia di wilayah Sabah belum bisa menjamin keamanan para nelayan yang bekerja di sana,” kata Lalu.

Lalu berharap pemerintah Malaysia memperkuat kapasitas pengamanan mengingat para sandera diculik di wilayah Malaysia.

“Salah satu solusi agar tidak terjadi penculikan lagi adalah kita mengharapkan pihak Malaysia akan memperkuat kapasitas pengamanan di perairan Sabah sehingga nelayan WNI yang melaut mendapatkan jaminan keamanan,” ujarnya.

“Tanpa jaminan keamanan, kami masih akan menghimbau nelayan WNI di Sabah untuk tidak melaut,” tambahnya.

Pemerintah, lanjutnya, sedang memikirkan solusi untuk mengajak nelayan Indonesia pulang ke tanah air.

Lalu mengatakan tidak ada jalan terbaik selain memanggil para nelayan itu, yang mayoritas merupakan penduduk Sulawesi, untuk pulang ke Indonesia.

Kemenlu RI mencatat sudah ada 11 nelayan WNI yang diculik di perairan Malaysia.

Pada Januari 2018 lalu, dua WNI dibebaskan dari penyanderaan kelompok Abu Sayyaf di Sulu, Filipina Selatan. Mereka diculik dari dua kapal ikan milik warga negara Malaysia yang berbeda pada 5 November 2016 di perairan Kertam, Sabah, Malaysia.

Adapun Samsul Saguni diculik pada 11 September 2018 manakala pemerintah Indonesia, Filipina, dan Malaysia telah memberlakukan kesepakatan trilateral pada 2017.

Laporan ini dimutakhirkan pada Jumat (18/1) pukul 06.00 demi akurasi.


(ita/ita) <!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

3 Momen Lucu Saat Debat Capres Cawapres 2019

Liputan6.com, Jakarta – Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar debat capres di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis malam, 17 Januari 2019. Kedua pasangan calon memaparkan visi dan misinya dalam membangun Indonesia ke depan.

Dalam debat capres, pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin mengenalkan visi misinya dengan sebutan Indonesia maju. Sementara Prabowo-Sandiaga mengajukan visi misi, Indonesia menang.

Tak hanya memaparkan visi dan misi, kedua pasangan juga saling melontarkan pertanyaan dan jawaban terkait tema debat, hukum, HAM, korupsi, dan terorisme.Baik Jokowi-Ma’ruf Amin maupun Prabowo-Sandiaga Uno menjelaskan tentang isu tersebut.

Namun di balik ketegangan kedua pasangan calon, terselip adegan lucu dalam debat capres. Momen-momen itu dilakukan kedua pihak.

Apa saja? Berikut 3 momen lucu yang dirangkum, Jumat (18/1/2019):



2 dari 4 halaman

1. Prabowo Joget dan Dipijat Sandiaga

Kejadian tersebut terjadi di tengah debat memanas antara Capres Nomor Urut 01 Joko Widodo ( Jokowi) dengan Sandiaga, terkait mantan narapidana korupsi jadi calon legislatif.

Jokowi melontarkan pertanyaan ada mantan narapidana yang jadi Caleg Gerindra. “Bagaimana pandangan bapak, soal banyak mantan napi koruptor yang kembali nyaleg dari partai yang bapak pimpin, karena data ICW menyebut demikian,” kata Jokowi.

“Mana datanya belom saya terima kok, kalau memang ada laporkan saja,” jawab Prabowo menanggapi pertanyaan tersebut.

Jokowi yang memiliki kesempatan untuk kembali menanggapi, kembali menegaskan pertanyaan tersebut.

“Lho bukan Pak, maksud saya para mantan napi koruptor yang nyaleg la…,” kata Jokowi terputus

“Bentar pak,” potong Prabowo.

“Eh belum boleh nanggepin ya?” kata Prabowo lagi disambut seru massa penonton.

Prabowo kemudian melakukan joget. Keduanya tangannya menari sambil melihat Jokowi.

Melihat Prabowo joget, Sandiaga sontak memijat pundak mantan Danjen Kopassus itu sambil tersenyum. Sontak kejadian tersebut membuat suasana debat yang awalnya tegang menjadi cair. Tamu undangan larut dalam tawa melihat kejadian tersebut.

3 dari 4 halaman

2. Saat Ma’ruf Amin Bilang Cukup

Penampilan Cawapres nomor urut 01 Ma’ruf Amin di debat capres perdana mengundang gelak tawa para pendukungnya. Salah satu yang memicu, terkait ucapan Ma’ruf Amin yang diberikan kesempatan oleh Jokowi untuk menjawab tentang isu penegakan hukum.

Dari sesi pertama, Jokowi yang mendominasi jawaban. Sementara lawannya, Prabowo dan Sandiaga saling bergantian menjawab.

Kemudian di sesi kedua, Jokowi memberikan kesempatan untuk Ma’ruf menjawab. Sayang, kesempatan yang diberikan itu tak digunakan oleh Ma’ruf.

“Saya cukup,” ujar Ma’ruf.

Hal itu sontak mengundang gelak tawa para penonton yang memadati Rumah Aspirasi Jokowi-Ma’ruf saat nonton bareng bersama sekretaris jenderal partai pendukung Jokowi-Ma’ruf.

Lalu, saat Ma’ruf mendapat giliran untuk menjawab, waktu yang diberikan habis. Sang moderator debat, Ira Kusno pun mengingatkan waktunya telah habis.

4 dari 4 halaman

3. Sandiaga Ingatkan Prabowo Sudah Keluar Gerindra

Capres Prabowo Subianto sempat lupa bahwa sang wakilnya Sandiaga Uno tidak lagi di Partai Gerindra. Hal itu terlihat dalam debat perdana Pilpres 2019 di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Kamis (17/1).

Saat sesi keempat, capres 01, Joko Widodo menanyakan Prabowo, mengapa Partai Gerindra yang dipimpinnya sedikit pengurus partai perempuan. Padahal hal itu disampaikan sebagai komitmen dalam visi dan misi.

Prabowo pun menjabarkan jawaban. Saat waktu tersisa 30 detik, Prabowo melempar kepada cawapresnya Sandiaga Uno. Lantas, Sandiaga pun tersenyum dan menjawab.

“Saya sudah enggak di Gerindra Pak. Saya enggak bisa jawab,” kata Sandiaga sambil tersenyum.

“Oh iya,” balas Prabowo sambil sedikit tertawa.

“Bapak mau ngangkat saya lagi,” sambung Sandiaga disambut tawa sang mantan Danjen Kopassus.

“Cukup, cukup,” kata Prabowo.


Reporter : Fikri Faqih

Sumber: Merdeka.com.


Saksikan video pilihan berikut ini:

Mesin Gol Serie A Terima Pinangan AC Milan

Liputan6.com, Milan – Bomber Genoa, Krzysztof Piatek, sudah menerima tawaran kontrak yang diajukan oleh AC Milan. Mesin gol Serie A itu pun siap merapat ke San Siro.

Piatek tampil sangat menawan bersama dengan Genoa musim ini. Padahal ia baru merapat ke Italia pada musim panas 2018 kemarin.

Sejauh ini ia telah mencetak 13 gol di pentas Serie A dari 19 pertandingan. Jumlah itu hanya kalah dari Cristiano Ronaldo, yang mengemas 14 gol bagi Juventus.

Maka otomatis pemain berusia 23 tahun itu langsung diincar oleh banyak klub di seantero Eropa. Mulai dari Juve, AC Milan, Barcelona, Real Madrid, hingga Chelsea.

Namun baru-baru ini, Piatek dikabarkan makin mendekat ke AC Milan. Bahkan Sporting director Rossoneri yakni Leonardo dikabarkan tengah mengurus transfer pemain asal Polandia tersebut hingga tak ikut terbang ke Jeddah, Arab Saudi.

Pihak Genoa sendiri sudah mengonfirmasikan bahwa ada sejumlah klub yang tertarik pada Piatek. Salah satunya adalah Milan.

Genoa mengatakan mereka berniat untuk mempertahankan Piatek sampai musim ini berakhir. Akan tetapi, mereka juga siap melepasnya apabila menerima tawaran yang substansial.

2 dari 2 halaman

Lima Tahun

Piatek sendiri sebelumnya mengatakan bahwa ia siap saja meninggalkan Genoa. Sebab ia ingin bermain di Eropa suatu saat nanti.

Sekarang menurut laporan yang dilansir oleh Gazzetta dello Sport, Piatek dikabarkan siap untuk gabung dengan Milan. Ia siap untuk meneken kontrak dengan Rossoneri.

Kabarnya, ia akan dikontrak selama lima tahun. Ia akan mendapat gaji sebesar 35 ribu Euro per pekannya.

Namun musim depan, gajinya auto naik menjadi 40 ribu Euro. Itu belum termasuk sejumlah bonus yang akan diterimanya nanti.

Media asal Italia itu menambahkan sekarang Milan hanya tinggal mengurus transfernya dengan pihak Genoa. Kabarnya Rossoneri menyiapkan proposal pembelian sebesar 40 juta Euro.

Milan juga disebut akan meminjamnya lebih dahulu dengan opsi pembelian permanen. Namun, La Gazzetta juga menyebut Grifone ‘mencari jaminan’ bahwa mereka akan dibayar, sehingga Diavolo dapat meminjamnya 10 juta euro dan mencicil 30 juta euro yang tersisa sesuai dengan target yang dipenuhi.

Namun operasi transfer ini juga disebut hanya akan terjadi apabila Chelsea jadi memboyong Gonzalo Higuain dan Alvaro Morata gabung Atletico Madrid, yang sebagai gantinya akan melepas Nikola Kalinic ke AS Monaco.

Sumber: bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Isu Hukum: Penjelasan Jokowi Kurang, Prabowo Tak Paham Yudikatif

Jakarta – Debat capres dibuka dengan pertanyaan soal obesitas hukum. Baik kedua belah pihak menjawab solusi yang ditawarkan. Apa kata pakar hukum?

“Paslon 01 seharusnya tidak memulainya dengan menyatakan bahwa ke depan mereka akan membentuk badan baru yaitu Pusat Legislasi Nasional, melainkan dapat memulainya dari fakta bahwa selama 4 tahun terakhir sudah banyak yang diperbuat oleh Joko Widodo seperti pemangkasan regulasi di tiap kementerian dan pembatalan ribuan Peraturan Daerah,” kata ahli hukum, Dr Bayu Dwi Anggono, kepada detikcom, Jumat (18/1/2019).

Bagaimana dengan Paslon 02? Prabowo dinilai terlihat tidak memahami kewenangan Presiden dalam konteks ketatanegaraan. Di mana presiden memiliki batasan seperti tidak boleh intervensi pada proses penegakan hukum oleh aparat penegak hukum.
“Presiden bukanlah pemimpin lembaga yudikatif yang oleh konstitusi dijamin sebagai kekuasaan yang merdeka,” ujar akademisi Universitas Jember itu.
Bayu juga menyayangkan Paslon 02 memberikan contoh kasus kepala desa di Mojokerto pendukung Paslon 02. Di mana kades itu telah divonis bersalah oleh pengadilan.

“Contoh kasus kades sebagai bentuk praktik penegakan hukum yang berat sebelah oleh Presiden adalah suatu kesalahan fatal mengingat pengadilan tidaklah berkedudukan di bawah Presiden,” cetus Bayu.

(asp/aan)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Harga Hp Evercross 4G Terbaru di Bawah Rp 1 Juta

Liputan6.com, Jakarta Produsen ponsel di Indonesia merk Cross, telah mengganti perubahan nama brand mereka. Sejak tanggal 20 September 2013, brand ponsel Cross resmi berubah nama menjadi Evercross. Brand yang masuk dalam perusahaan PT Aries Indo Global melakukan perubahan nama brand ponselnya karena ingin go internasional khususnya di kawasan Asia Tenggara. 

Untuk mendukung rencana itu, perusahaan ini pun membangun pabrik ponselnya di Semarang dengan luas lahan 8 hektar.

Perusahaan ini sendiri telah berdiri sejak tahun 2008 di Jakarta. Perusahaan elektronik asal Indonesia ini menghasilkan berbagai macam perlengkapan elektronik. Produknya yang terkenal dari Evercross adalah telpon genggamnya.

Evercross memiliki logo brand resmi yaitu berlatar belakang oranye dengan tulisan Evercross. Pindahnya perusahaan ini ke Semarang bertujuan untuk memfokuskan perakitan perangkat smartphone-nya dengan pengawasan yang lebih ketat.

Memiliki visi memperkaya hidup melalui teknologi informasi dan komunikasi yang bermanfaat, juga diimbangi dengan salah satu misinya yaitu menghasilkan produk berkualitas, dengan layanan yang baik dan harga yang terjangkau untuk semua orang. 

Nah, misinya yang ingin menghasilkan produk berkualitas dengan layanan yang baik serta harga yang terjangkau untuk semua orang, ini dibuktikan oleh smartphone Ervercross ini.

Salah satu smartphone Evercross yang banyak diburu dan dibeli oleh masyarakat adalah hp Evercross 4G LTE. Karena memang hp Evercross 4G LTE terbaru ini dibanderol dengan harga yang murah, di bawah 1 juta rupiah.

Tidak hanya murah, spesifikasi hp Evercross 4G ini juga sudah dibekali RAM 2GB dan prosesor serta pengolah grafis juga sebanding dengan hp Samsung ataupun Oppo.

Kenapa jaringan 4G? Karena konektivitas 4G LTE ini memang sudah menjadi hal wajib yang dimiliki untuk smartphone. Dengan konektivitas 4G, pengguna smartphone akan lebih nyaman saat berselancar di dunia maya dengan cepat dan tanpa terhalangi masalah konektivitasnya.

Perlu diketahui bahwa tekonologi 4G merupakan jaringan yang paling mumpuni saat ini dan lebih bagus daripada 3G. Kecepatan download dan upload pada jaringan 4G LTE lebih besar ketimbang pada jaringan 3G.

Kali ini Liputan6.com, Jumat (18/1/2019  memberikan referensi smartphone terbaru dari Evercross yang memiliki konektivitas jaringan 4G. Berikut ulasan harga hp Evercross 4G yang telah dirangkum dari berbagai sumber:

2 dari 6 halaman

Evercross Winner Y Smart Plus dan Evercross Winner Y Smart Pro

1. Evercross Winner Y Smart Plus

Harga hp Evercross 4G ini di bawah Rp 1 juta rupiah. Hanya dibanderol Rp 800.000, Anda sudah dapat memiliki hp 4G terbaik. 

Hadir dengan layar 5.5 inch IPS HD, baterai 3000 mAh, prosesor Quad Core 1.3 Ghz dan RAM berkapasitas 1GB. Winner Y Smart Plus juga didukung oleh kamera depan dan belakang beresolusi 8 MP.

2. Evercross Winner Y Smart Pro

Harga hp Evercross 4G ini adalah Rp 915.000. Smartphone Android ini dilengkapai oleh prosesor Quad Core 1.3 Ghz, layar 5 inch IPS HD dan RAM 1 GB. Memori internalnya sendiri berkapasitas 8 GB dan baterai berkapasitas 2500 mAh.

3 dari 6 halaman

Evercross M50 dan Evercross S45

3. Evercross M50

Harga hp Evercross 4G satu ini dibanderol Rp 770.000. Smartphone ini merupakan hp Android fingerprint termurah yang dimiliki Evercross.

Smartphone ini sudah disematkan dengan fitur sensor sidik jari dibagian belakang. Layarnya memiliki ukuran 5 inci beresolusi 480 x 854 piksel. Sedangkan untuk kamera belakang 8 MP dan kamera depan 5 MP. Sistem Android yang digunakannya termasuk bagus yaitu Android Nougat versi 7.0. 

4. Evercross S45

Harga hp Evercross 4G ini dibanderol Rp 579.000. Smartphone hp 4G ini merupakan yang termurah yang ada di pasaran saat ini. 

Memiliki layar berukuran 4,5 inci IPS LCD beresolusi 480 x 854 piksel. RAM berkapasitas 1 GB dan memori internalnya 8 GB yang bisa dperluas lagi lewat slot microsd 32GB. Kekurangan Hp Evercoss ini berada di kapasitas baterainya yang tergolong kecil 1700 mAh saja. Dan dibekali kamera belakang 5 MP.

4 dari 6 halaman

Evercross U60 dan Evercross M50A

5. Evercross U60

Harga hp Evercross 4G ini dibanderol Rp 895.000. Hadir dengan layar 5.7 inci dan memiliki rasio layar 18:9. Selain itu kamera yang diusungnya sudah dual kamera beresolusi 8 + 2 MP. Sedangkan untuk kamera depannya mengusung resolusi 8 MP. Meskipun harga hp Evercoss ini dibawah 1 juta rupiah, tapi Evercoss U60 tetap bisa mendapatkan baterai berkapasitas 3200 mAh. 

6. Evercross M50A

Harga hp Evercross 4G satu ini dibanderol Rp 935.000 hadir dengan RAM 2GB dan memori internal 16GB. 

Tidak hanya itu saja smartphone ini juga dilengkapi dengan dual kamera belakang beresolusi 8 MP. Untuk fitur keamanannya sendiri sudah tersedia fitur fingeprint.

5 dari 6 halaman

Evercross M50 Max dan Evercross M53

7. Evercross M50 Max

Harga hp Evercross 4G ini dibanderol Rp 795.000 yang hadir dengan layar 5 inch IPS LCD veresolusi 480 x 854 piksel.

Kelebihan smartphone ini terletak di bagian sistem operasi androidnya yang sudah menggunakan OS Android Nougat dan dual kamera belakang 8 MP serta 2 MP. Fiturnya terdapat fingerprint serta face unlock.

8. Evercross M53

Harga hp Evercross 4G ini dibanderol Rp 885.000. Ditawarkan dengan harga yang terjangkau, namun spesifikasi yang dibawanya tidak bisa dianggap remeh. 

Evercoss M53 membawa prosesor Quad Core 1.3 Ghz , dual kamera belakang dan dual kamera depan. Namun sayangnya smartphone ini tidak membawa RAM dan memori internal besar. Begitu juga dengan baterainya yang hanya 2250 mAh. Untuk menutupi kekurangan tersebut, Evercoss M53 menghadirkan fitur sensor sidik jari yang disematkan dibagian punggungnya.

6 dari 6 halaman

Evercross Winner Z Extra Z6 dan Evercross Winner Y Style R5D

9. Evercross Winner Z Extra Z6

Harga hp Evercross 4G ini dibanderol seharga Rp 700.000 dengan layar 6 inch. Selain layarnya besar, prosesor yang dibawanya juga terbilang tangguh yakni Quad Core 1.3 Ghz. Dapur pacu Hp Evercoss ini mengandalakn RAM 1GB dan memori intenal 8 GB serta slot microsd 32 GB. Kamera belakang beresolusi 8 MP dan kamera depan 5 MP. Baterainya berkapasitas 2600 mAh. 

10. Evercross Winner Y Style R5D

Harga hp Evercross 4G ini dibanderol Rp 690.000 yang tidak berselisih jauh dengan Evercoss Z Extra Z6. Ia mengusung spesifikasi IPS LCD 5 inci beresolusi 480 x 854 piksel. Dapur pacunya mengandalkan prosesor Quad Core, RAM 1GB dan memori internal 8GB. Lalu untuk kamera belakangnya beresolusi 8 MP dan kamera depan 5 MP. 

Itu tadi daftar harga hp Evercross 4G terbaru dengan harga di bawah 1 juta rupiah. Dari daftar harga Hp Evercoss 4G terbaru di atas, yang paling terbaik spesifikasinya dan harga yang relatif terjangkau adalah Evercoss U60.


Reporter: Nisa Mutia sari