Baku Tembak dengan Satgas Tinombala, 3 Teroris Poso Dikabarkan Tewas

Liputan6.com, Jakarta – Satgas Tinombala terlibat baku tembak dengan kelompok teroris Poso pimpinan Ali Kalora. Tiga orang terduga teroris Poso dikabarkan tewas dalam peristiwa tersebut.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, peristiwa itu terjadi di wilayah Kecamatan Saudi, Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah pada Kamis 21 Maret 2019 sekitar pukul 16.50 Wita.

Kontak tembak itu melibatkan Satgas Tinombala dengan enam orang buronan yang merupakan kelompok teroris Mujahidin Indonesia Timur (MIT).

Tiga DPO yang dikabarkan tewas dalam peristiwa tersebut masing-masing berinisial AM alias Abdullah (Makassar), JR alias Ikrima (Banten), dan AK alias Ibrohim (Ambon). Belum diketahui bagaimana nasib tiga buronan lainnya.

Kapolda Sulawesi Tengah Brigjen Lukman Wahyu Hariyanto membenarkan adanya peristiwa tersebut. Namun dia tidak menjelaskan lebih rinci terkait baku tembak dengan DPO teroris Poso itu.

“Iya Mas,” ucapnya singkat saat dikonfirmasi wartawan, Kamis (21/3/2019) malam.

Prabowo-Sandiaga Kumpul dengan 1.000 Pengusaha di Djakarta Theater

Prabowo juga mengatakan, pengusaha memiliki posisi strategis dalam pembangunan nasional. Pengusaha adalah ujung tombak kebangkitan ekonomi suatu bangsa. Semakin banyak pengusaha, maka perekonomian akan bergerak. 

“Sejak lima bulan lalu, terus terang kita berjuang dengan paket hemat,” kata Prabowo disambut derai tawa para hadirin. 

“Tapi kita berjuang untuk kepentingan rakyat, untuk semua. Kita pro bisnis, pro rakyat. Kenapa? Ujung tombak kebangkitan ekonomi adalah para pengusaha. Saudara-saudara bayangkan, 1.000 orang pengusaha di sini, kalau punya 100 karyawan, sudah berapa keluarga yang hidup? Akan ada jutaan orang hidup dari perusahaan saudara,” imbuh Prabowo. 

Dia meyakini, para pengusaha di Tanah Air menjadi saksi betapa dalam lima tahun terakhir kondisi ekonomi Indonesia semakin terjepit. Pemerintah selaku navigator ekonomi nasional telah gagal mewujudkan kesejahteraan untuk rakyat. 

“Meski klaim pemerintah menunjukkan angka-angka dan data statistik perekonomian kita tumbuh, tapi data-data dari Bank Dunia dan data pembanding lainnya menunjukkan bahwa perekonomian kita dalam kondisi tidak baik,” kata Prabowo. 

Karenanya, lanjut Prabowo, setelah dilantik sebagai presiden, ia bertekad memberikan kemudahan bagi para pengusaha dalam negeri. Dengan adanya kemudahan tersebut diharapkan perekonomian Indonesia segera pulih dari keterpurukan. 

“Saudara-saudara, jadi kita butuh banyak orang kaya. Meski saya tidak memiliki gelar ekonomi, saya masih ingat ajaran ayah saya (Soemitro Djojohadikusumo). Salah satu ajaran beliau adalah, tujuan pembangunan ekonomi adalah menciptakan banyak orang kaya. Kalau orang kaya banyak, karyawan hidup semua, ekonomi berputar,” ucap Prabowo.

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Sekjen PSSI Penasaran dengan Timnas Indonesia Versi McMenemy

Jakarta – Debut Simon McMenemy bersama Timnas Indonesia pada laga resmi akan terjadi pada uji coba melawan Myanmar. Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Ratu Tisha Destria, mengaku sudah tidak sabar menantikan pertandingan tersebut.

Timnas Indonesia akan menantang Myanmar pada uji coba bertajuk FIFA Matchday di Mandalar Thiri Stadium, Mandalay, Senin (25/3/2019).

Untuk menghadapi Myanmar, McMenemy membawa 22 pemain. Dengan delapan di antaranya merupakan anggota Timnas Indonesia di Piala AFF 2018. Hal ini berarti, materi pemain Skuat Garuda saat ini didominasi oleh pendatang baru rasa lama.

Sebelum bertolak ke Myanmar, Timnas Indonesia telah digembleng dalam pemusatan latihan (TC) di Australia dan Bali sejak 9-20 Maret 2019. Di Negeri Kanguru, Skuat Garuda mampu mengalahkan Perth Glory pada sebuah partai uji coba dengan skor 3-1.

“Saya bangga melihat perkembangan tim ini sejak uji coba di Australia, karena yang mereka kalahkan itu tim utamanya. Jadi, kami semua penasaran melihat bentuk permainan Timnas Indonesia. Kami tunggu saja nanti 25 Maret melawan Myanmar,” ujar Tisha.

11 hari ditempa dalam TC, Tisha mengungkapkan kondisi skuat Timnas Indonesia dalam keadaan baik. Tidak ada pemain yang cedera maupun kelelahan berlebih lantaran jadwal yang padat bersama klub dan Skuat Garuda.

“Sejauh ini, kondisi pemain tidak ada yang negatif. Mungkin kalau hanya sekadar kelelahan sedikit, pasti ada. Tapi, tidak sampai ada yang serius,” kata Tisha.

Berita video penjelasan Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria, soal langkah dalam pembinaan pemain yang nantinya berujung target Timnas Indonesia untuk lolos ke Piala Dunia 2030.

Mengabadikan Hamparan Salju Gunung Uludag dengan Kamera Galaxy S10 Plus

Liputan6.com, Turki – Samsung Galaxy S10 Plus resmi diperkenalkan pada 20 Maret di San Fransisco. Seri tersebut menjadi salah satu smartphone unggulan dan paling mahal di pasaran saat ini.

Tekno Liputan6.com berkesempatan menjajal kamera yang terbenam di Samsung Galaxy S10 Plus untuk mengabadikan keindahan Gunung Uludag di Bursa, Turki.

Ponsel pintar kelas premium ini memiliki kamera berteknologi baru yang sangat cerdas. Ini membuat pengambilan gambar dan video menjadi lebih mudah. Hasilnya pun setara dengan fotografer profesional.

Galaxy S10 Plus memiliki dua kamera depan dengan resolusi 10MP dan 8MP serta tiga kamera belakang yang masing-masing beresolusi 16MP, 12MP, dan 12MP.

Tekno Liputan6.com mencoba fitur kamera ultra wide lens dengan luas pemandangan yang hampir sama dengan mata manusia. Fitur ini sangat cocok untuk mengabadikan panorama Uludag, gunung yang dipenuhi dengan salju.

Hamparan salju yang putih, pohon pinus yang menjulang dan birunya langit terekam dalam satu frame.

Saat membuka fitur kamera Galaxy S10 Plus, kamu akan menemukan fitur tele dengan lambang satu pohon, wide lens dengan lambang dua pohon, dan ultra wide lens dengan lambang tiga pohon. Bedanya, semakin banyak lambang pohon maka panorama yang terekam semakin luas.

Sementara jika ingin mengabadikan pemandangan dengan video, kamu dapat mencoba fitur HDR10+ untuk mendapatkan gambar dengan warna yang lebih terang.

Meski fitur super steady yang menjadi unggulan harus dimatikan, kamu jangan khawatir video tersebut tak akan goyang. Sebab, HDR10+ video ini sudah memiliki sistem yang menstabilkan video saat pengambilan gambar. Fitur ini juga menjadi unggulan pada Samsung Galaxy S10 Plus.

Untuk menemukan fitur ini, kamu dapat mencarinya di setting video, pilih advanced recording video, lalu aktifkan HDR10+ video. Namun, kamu wajib mematikan fitur super steady terlebih dahulu.

Dengan kamera berteknologi cerdas ini, kamu pun dapat menyimpan kenangan yang otentik tentang Uludag ketika kita sudah berada di Tanah Air.

KNKT: Isi Rekaman CVR Lion Air PK-LQP Tidak Sama dengan yang Beredar

Jakarta – Isi rekaman cockpit voice recorder (CVR) Lion Air PK-LQP diungkap oleh sumber-sumber kepada media internasional. Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) menyebut informasi sumber itu tidak sama dengan isi CVR yang kini ada di tangan KNKT.

“Di media telah beredar berita yang menyebut sebagai isi dari CVR penerbangan JT 610 dan penerbangan JT043. KNKT menyampaikan bahwa hasil download CVR merekam sejak persiapan penerbangan JT610 sampai dengan akhir penerbangan. Penerbangan JT043 sudah terhapus (overwritten) sehingga sudah tidak ada di CVR. KNKT juga menyampaikan bahwa isi rekaman CVR tidak sama dengan apa yang beredar di media, sehingga menurut KNKT isi berita itu adalah opini seseorang atau beberapa orang yang kemudian dibuat seolah-olah seperti isi CVR,” kata Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono dalam jumpa pers di Kantor KNKT, Jl Medan Merdeka Timur, Jakarta Pusat, Kamis (21/3/2019).

CVR berisi percakapan di dalam kokpit pesawat. CVR Lion Air PK-LQP sendiri ditemukan pada Januari 2019 yang kemudian diserakan ke KNKT.

KNKT: Isi Rekaman CVR Lion Air PK-LQP Tidak Sama dengan yang Beredar Foto: Jumpa pers KNKT soal CVR Lion Air PK-LQP (Lisye/detikcom)

Soerjanto mengatakan KNKT telah berdiskusi dengan Boeing dan FAA mengenai sistem Maneuvering Characteristics Augmentation System (MCAS). Tetapi, hasil investigasi kecelakaan Lion Air PK-LQP belum akan diumumkan dalam waktu dekat.

“Terkait seluruh hasil investigasi ini akan disampaikan oleh KNKT pada final report yang dijadwalkan akan dipublikasikan pada bulan Agustus atau September 2019,” ungkapnya.

Berawal dari Laporan Eksklusif Reuters

Informasi soal isi rekaman CVR sebelumnya diungkap Reuters dalam laporan eksklusifnya pada Rabu (20/3). Informasi itu berdasarkan keterangan tiga orang sumber yang mengetahui isi CVR. Reuters sendiri tidak memiliki rekaman maupun transkrip dari isi CVR.

Sumber Reuters menceritakan kepanikan di kokpit ketika pesawat mulai mengalami masalah. Pilot meminta kopilot mengecek buku pegangan referensi cepat yang berisi ceklis untuk peristiwa abnormal.

Dalam 9 menit berikutnya, sistem pesawat memberi tahu pilot bahwa pesawat dalam kondisi stall dan mendorong hidung pesawat ke bawah sebagai responsnya. Pilot berusaha untuk menaikkan hidung pesawat tetapi komputer masih salah mendeteksi stall. Akibatnya, hidung pesawat terdorong ke bawah oleh sistem trim pesawat. Normalnya, trim berguna untuk menyesuaikan permukaan pesawat sehingga tetap terbang lurus.

Di penghujung penerbangan sebelum jatuh, pilot meminta kopilot untuk menerbangkan pesawat sementara dia mengecek buku panduan untuk mencari solusi. Sekitar satu menit sebelum pesawat hilang dari radar, pilot meminta ATC untuk mem-clear-kan lalu lintas sekitarnya di bawah 3.000 kaki dan meminta ketinggian 5.000 kaki yang kemudian disetujui. Sumber-sumber Reuters mengatakan ketika pilot masih berusaha menemukan prosedur yang tepat dalam buku pegangan, kopilot tidak dapat mengendalikan pesawat Lion Air PK-LQP itu.

Tonton juga video KNKT Klarifikasi Pernyataan Lion Air PK-LQP Tak Laik Terbang:

[Gambas:Video 20detik]

(imk/fjp)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

6 Fungsi Mikrotik Lengkap dengan Penjelasan dan Jenisnya

1. Rutin Mengganti Password WiFi

Ini adalah cara yang paling sederhana untuk mengamankan WiFi. Kamu bisa melakukannya melalui pengaturanrouter. Biasanya, ada panduan untuk mengubah kata sandi di tiap router.

Pilihlah kata sandi yang mudah diingat, tapi cukup sulit dibajak. Lebih baik lagi menggunakan gabungan huruf kecil, kapital, dan angka. Meskipun agak merepotkan, tapi lebih baik mencegah daripada memperbaiki, bukan?

2. Cek Pengguna WiFi

Setelah mengubah kata sandi WiFi, beberapa pengaturan lain perlu dilihat. Di laman pengaturan, biasanya terdapat daftar siapa saja yang sedang menggunakan WiFi kamu. Jika ada gawai asing, kamu perlu mewaspadainya.

3. Gunakan Aplikasi untuk Memantau

Ada tips tambahan, yaitu menggunakan aplikasi. Misalnya saja Fing yang tersedia untuk Android dan iOS. Untuk pengguna Windows bisa gunakan Acrylic WiFi, sedangkan untuk macOS, gunakan Who Is On My WiFi.

Warga Malaysia ini Penasaran dengan ‘Cantiknya’ Toilet Bandara Juanda

Sidoarjo – Toilet 3D di Bandara Juanda Surabaya tidak hanya viral di media sosial, tapi juga menarik perhatian warga Malaysia. Keindahan toilet tersebut membuat warga Negeri Jiran, Azzura begitu penasaran.

“Katanya di Surabaya, ya sudah saya katakan pada mereka minggu depan saya mau ke Surabaya. Nanti saya akan cari. So, hari ini saya mau balik ke Kuala Lumpur. Alhamdulillah impian saya untuk melihat toilet ini terwujud,” kata Azzura kepada detikcom di Bandara International Juanda, Sidoarjo, Kamis (21/3/2019).

Azzura bercerita, ia langsung takjub saat melihat toilet dengan gambar tiga dimensi itu dalam video singkat yang tersebar di grup WhatsApp miliknya. Jadi ketika ada kesempatan terbang ke Surabaya, toilet tersebut menjadi salah satu tempat yang wajib ia kunjungi.


“So hari ini alhamdulillah saya sampai. Dan betul di Juanda International Airport. Saya tahu dapat dari grup WhatsApp,” imbuh perempuan berusia 50 tahun itu.

Dua toilet yang dimaksud yakni toilet dengan dekorasi gambar tiga dimensi (3D). Toilet pria dan wanita di jalur kedatangan Terminal 2 (T2) Bandar Udara Internasional Juanda itu menyuguhkan pemandangan alam yang ada di Jawa Timur.

Penumpang Malaysia, Azzura/Penumpang Malaysia, Azzura/ Foto: Suki

Di toilet pria, penumpang akan disuguhkan panorama indah Gunung Bromo. Sementara di toilet wanita ada gambar Air Terjun Toran Madura.
Sepasang toilet tersebut merupakan dua dari 86 toilet yang ada di Bandara Juanda. Meski toilet lainnya masih mengusung konsep biasa, soal kebersihan menjadi hal yang utama. Seperti apa yang disampaikan General Manager Bandara Juanda, Heru Prasetyo.

“Saat ini jumlah fasilitas toilet di Bandar Udara Internasional Juanda sebanyak 86 toilet yang terbagi di beberapa area yaitu 24 toilet di Terminal 1A, 28 toilet di Terminal 1B dan 34 toilet di Terminal 2. Untuk terus menjaga kebersihan toilet, Bandar Udara Internasional Juanda juga menurunkan sejumlah personel penjaga kebersihan yang terbagi dalam 3 shift per hari,” pungkas Heru.
(sun/bdh)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Sandiaga Sepakat dengan KPU Tak Undang Menteri Saat Debat Pilpres

Liputan6.com, Jakarta – Cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno sepakat dengan sikap Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang tak mengundang menteri saat debat pilpres selanjutnya. Dia menilai, pilihan itu untuk menghindari potensi benturan kepentingan.

“Saya sepakat ya, mungkin potensi benturan kepentingan kita datang disana sebagai menteri atau sebagai pembantu presiden atau timses presiden yang juga calon presiden,” kata Sandiaga di Jakarta, Rabu 20 Maret 2019.

Eks Wakil Gubernur DKI Jakarta itu menghargai keputusan KPU. Menurut dia, menteri lebih baik mengadakan nonton bareng (nobar) di lain tempat.

“Jadi kelutusan itu kita hargai, walaupun debat itu jadi masukan menteri juga ya. Mungkin mereka bisa menonton di rumah saja atau mengadakan nobar,” tandas Sandiaga Uno.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) bulat tidak menyodorkan undangan kepada menteri, sebagai tamu pada debat pemilihan presiden keempat. Hal ini menurut Komisoner KPU RI Pramono Ubaid, telah disepakati sejak rapat persiapan debat ketiga.

HEADLINE: Dukung Capres-Cawapres Berbeda, Ada Apa dengan Golkar dan Erwin Aksa?

Juru bicara BPN Prabowo-Sandiaga, Andre Rosiade mengapresiasi langkah Erwin Aksa.

“Beda tuh sama sahabat Sandi yang lain, yang terindikasi lebih mementingkan kerajaan bisnisnya daripada persahabatan,” kata Andre kepada Liputan6.com, Rabu (20/3/2019).

Dia menegaskan, tidak ada komunikasi antara Erwin Aksa dengan tim BPN sebelum pernyataan dukungan. Sebab, dukungan tersebut murni posisi Erwin Aksa sebagai sahabat Sandiaga.

Andre mengatakan, kedatangan Erwin Aksa ke debat cawapres dan duduk di barisan pendukung Sandiaga pada Minggu 17 Maret 2019 juga bukan karena ajakan, melainkan inisiatifnya sendiri.

“Bang Erwin duduk di depan itu karena duduk sebagai sahabat Sandi, posisinya pendukung Sandi ada di sebelah kanan BPN, Bang Erwin ditaruh di depan karena dia sahabat Sandi,” kata dia.

Andre optimistis, dukungan Erwin Aksa tersebut mempengaruhi perubahan suara untuk Prabowo-Sandi. Selain karena posisinya sebagai pengusaha, dia juga tokoh muda di Sulawesi Selatan yang mempunyai pengaruh.

“Ada dong, dan kami optimis Sulsel, Prabowo Sandiaga unggul di situ,” kata dia.

Anggota Badan Pemenangan Nasional (BPN) Ferdinand Hutahaean mengatakan, selain karena persahabatan, Erwin Aksa dinilainya memperhitungkan matang-matang dukungan politiknya kepada Prabowo-Sandiaga.

“Bahwa beliau melihat bukan hanya soal harus memilih siapa tapi beliau melihat bahwa Prabowo yang akan memenangkan pertarungan ini,” kata Ferdinand kepada Liputan6.com, Rabu (20/3/2019).

Politikus Partai Demokrat ini juga mengatakan, dukungan Erwin Aksa memiliki pengaruh untuk kenaikan elektabilitas Prabowo-Sandi. Khususnya untuk wilayah Indonesia Timur, yaitu Sulawesi Selatan.

Sementara itu, Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma’ruf Amin, Abdul Kadir Karding mengatakan, dukungan Erwin Aksa kepada Prabowo-Sandi merupakan hak politik seseorang. Selain itu, dukungan tersebut wajar karena Erwin Aksa dan Sandiaga berteman.

“Wajar saja Pak Erwin mendukung Pak Sandiaga, kan itu temannya sejak muda di HIPMI. Dan saya kira tidak ada dampak yang besar lah,” kata Karding kepada Liputan6.com.

Dia pun menegaskan, dukungan kader Golkar ke kubu Prabowo tersebut tidak ada ada pengaruhnya untuk suara Jokowi-Maruf di Pilpres 2019.

“Tidak lah. Kalau teman teman HIPMI, Kadin, sebagian besar ikut ke Pak Jokowi. Ada Bahlil (Ketua HIPMI Bahlil Lahadalia) ada Pak Rosan (Ketua Kadin Rosan Roeslani), ada Pak Hariyadi Sukamdani dari Apindo, ada Pak Erick Tohir dan di lapangan seluruh kelompok baik Kadin, HIPMI, alumni-alumninya itu semua dukung Jokowi,” kata Karding.

Dia mengatakan, untuk meraih suara di wilayah Indonesia Timur yang diklaim akan direbut kubu Prabowo karena ada dukungan Erwin Aksa, masih ada dukungan dari Jusuf Kalla, Nurdin Abdullah, dan Aksa Mahmud yang merupakan ayah Erwin Aksa. ” Jadi tidak ada pengaruhnya,” ucap Karding.

Juru Bicara TKN Joko Widodo-Maruf Amin, Ahmad Basarah juga menyatakan, tidak ada pengaruhnya dukungan ke tim kampanye Jokowi-Ma’ruf karena TKN dibentuk dan bekerja dengan sistem, bukan bertumpu pada orang perorangan. TKN Jokowi juga dipimpin oleh Ketua Tim Erick Thohir dan Jusuf Kalla sebagai Ketua Dewan Pengarah.

Basarah mengatakan, saat ini ada fenomena berpindahnya dukungan kader-kader partai politik nonkoalisi yang mendukung Jokowi-Maruf Amin. Misalnya dukungan dari Demokrat di Jawa Timur, mantan Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar, Gubernur Papua Lukas Enembe, DPD PAN Tanah Bumbu, dan DPW PAN Kalimantan Selatan.

Selain itu, ada pula fenomena berpindahnya dukungan dari Tuan Guru Badjang, Ali Mochtar Ngabalin, Kapitra Ampera, hingga Hary Tanoesoedibjo.

“Sehingga fenomena berpindahnya seorang Erwin Aksa tidaklah terlalu merisaukan kami. Karena faktanya memang lebih banyak tokoh-tokoh dari kubu parpol pendukung 02 yang sudah berpindah mendukung 01 daripada tokoh-tokoh parpol pendukung 01 yang pindah mendukung paslon 02,” kata Basarah kepada Liputan6.com.

Dia mengatakan, tidak bisa dipungkiri bahwa Erwin Aksa adalah seorang pengusaha. Di mana salah satu kecenderungannya adalah berupaya dekat dengan penguasa untuk mengamankan aset dan bisnisnya.

“Bagi saya sikap politik Erwin Aksa tersebut bukan sesuatu yang luar biasa dan tidak perlu ditanggapi secara berlebihan,” Basarah menandaskan.

7 Jenis-Jenis Surat Resmi Lengkap dengan Contohnya, Biar Tak Keliru

Setelah mengetahui fungsi dan juga ciri-ciri surat resmi, saatnya anda mengetahui pengelompokan jenis-jenis surat resmi yang umum ditemui. Berikut adalah jenis-jenis surat resmi, seperti yang dilansir Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (20/3/2019).

1. Surat Permohonan

Surat permohonan adalah satu dari jenis-jenis surat resmi. Surat ini digunakan ketika suatu pihak menyampaikan suatu permohonan kepada pihak lain. Ditulis antar perorangan, perorangan terhadap lembaga, ataupun antar lembaga. Contoh surat permohonan adalah surat permohonan bantuan dana, surat permohonan perceraian, dan lain-lain.

2. Surat Keputusan

Jenis-jenis surat resmi selanjutnya adalah surat keputusan. Surat keputusan ditujukan untuk menyampaikan sebuah keputusan dari atasan yang berkaitan dengan hal-hal yang selama ini belum jelas. Surat keputusan pada umumnya berhubungan dengan suatu instansi atau lembaga. Misalnya surat keputusan pengangkatan pegawai, Surat keputusan panitia dari kepala sekolah, Surat keputusan pengangkatan pengurus atau tenaga kerja.

3. Surat Kuasa

Surat Kuasa adalah jenis-jenis surat resmi ketiga yang isinya menjelaskan tentang pemberian wewenang atau kuasa dari satu pihak tertentu kepada pihak lain yang diberikan kepercayaan karena si pemberi kuasa tidak dapat melaksanakan sendiri suatu kegiatan atau tugas sehingga dilimpahkan ke penerima kuasa yang ditunjuk.

Terdapat dua jenis surat kuasa yang juga memiliki dasar hukum berbeda yaitu surat kuasa umum dan surat kuasa khusus. Surat kuasa umum diatur dalam pasal 1796 KUH Perdata. Sementara itu, surat kuasa khusus diatur dalam pasal 1795 KUH Perdata.

4. Surat Perintah

Jenis-jenis surat resmi sangat banyak ditemukan di kehidupan sehari-hari. Contohnya adalah surat perintah yang berisi instruksi kepada bawahan atau pegawai. Surat perintah yang umum ditulis adalah surat perjalanan dinas, surat perintah untuk lembur, dan banyak lainnya.

5. Surat Pengantar

Surat pengantar adalah contoh surat resmi yang banyak digunakan oleh khalayak umum untuk kepentingan pribadi. Sebelum adanya peraturan baru, surat pengantar dulunya digunakan sebagai syarat untuk membuat e-KTP. Selain itu, surat pengantar juga dapat berupa surat pengantar keterangan tidak mampu, surat pengantar proposal bantuan dana, dan lain sebagainya.

6. Surat Edaran

Surat Edaran pada umumnya dibuat untuk ditujukan kepada kalangan tertentu di mana isinya berupa pemberitahuan kegiatan atau hal tertentu. Surat edaran dapat dengan mudah ditemukan di sekolah, misalnya surat edaran pengumuman libur ujian yang dialamatkan kepada para orangtua murid.

7. Surat Undangan

Surat undangan biasanya digunakan untuk memanggil atau mengundang seseorang untuk menghadiri acara tertenu. Contoh surat undangan misalnya surat undangan pernikahan, surat panggilan kerja, surat panggilan kepolisian, dan banyak lainnya.