Data dan Fakta Liga Spanyol: Real Betis vs Barcelona

Liputan6.com, Barcelona – Real Betis akan menjamu pemuncak klasemen Barcelona pada jornada 28 Liga Spanyol 2018/19. Berikut beberapa data dan fakta yang melatarbelakangi laga yang akan dimainkan di Estadio Benito Villamarin, Senin (18/3/2019) dini hari WIB.

1. Pada pertemuan pertama di La Liga musim ini (jornada 12), Barcelona dikalahkan Betis 3-4 di Camp Nou. Tiga gol Barcelona diciptakan oleh Lionel Messi (2) dan Arturo Vidal, sedangkan empat gol Betis dicetak oleh Junior Firpo, Joaquin, Giovani Lo Celso dan Sergio Canales.

2. Dalam laga tandangnya melawan Betis di La Liga musim lalu, Barcelona menang telak 5-0 melalui gol-gol Ivan Rakitic, Lionel Messi (2) dan Luis Suarez (2).

3. Barcelona tak terkalahkan dalam enam laga tandang terakhirnya melawan Betis di La Liga (M4 S2 K0).

4. Barcelona selalu mencetak minimal dua gol dalam 12 dari 13 laga terakhirnya melawan Betis di La Liga.

5. Lionel Messi sudah mencetak 20 gol dalam 20 penampilan melawan Betis di semua kompetisi.

6. Luis Suarez sudah mencetak sembilan gol dalam enam penampilan melawan Betis di La Liga.

Barcelona semakin memantapkan posisi mereka di puncak klasemen La Liga usai meraih kemenangan 2-0 atas Athletic Bilbao, Minggu (18/3). Laga baru berlangsung delapan menit, tendangan Paco Alcacer meneruskan assist Jordi Alba dari sisi kiri buka keungg…

Data dan Fakta Liga Italia: AC Milan vs Inter Milan

4. AC Milan tidak terkalahkan dalam 10 laga terakhirnya di semua kompetisi (M7 S3 K0).

5. AC Milan memenangi lima laga terakhirnya di Serie A, mencetak 12 gol dan kebobolan hanya kebobolan dua gol.

6. AC Milan selalu menang tanpa kebobolan dalam tiga laga kandang terakhirnya di Serie A: 3-0 vs Cagliari, 3-0 vs Empoli, 1-0 vs Sassuolo.

7. AC Milan selalu clean sheet dalam empat laga kandang terakhirnya di Serie A.

8. Krzysztof Piatek sudah mencetak delapan gol dalam sembilan penampilan untuk Milan di semua kompetisi, sejak direkrut dari Genoa pada Januari 2019.

9. Suso tak menyumbang gol maupun assist dalam tujuh penampilan terakhirnya untuk Milan di semua kompetisi.

10. Gol terbanyak untuk Milan di Serie A 2018/19 sejauh ini: Krzysztof Piatek (6).

11. Assist terbanyak untuk Milan di Serie A 2018/19 sejauh ini: Suso (8).

Terkuak, Kesamaan Data Satelit Ethiopian Airlines dan Lion Air yang Berakhir Nahas

Liputan6.com, Washington DC – Bukti konkret pertama dari kemungkinan hubungan antara dua kecelakaan Boeing 737 MAX 8 yang mematikan, yakni Ethiopian Airlines ET 302 dan Lion Air JT 610, terkuak. Sumbernya, dari luar angkasa.

Sebuah jaringan satelit baru yang mampu melacak pesawat dengan detail mumpuni di seluruh dunia menangkap jalur penerbangan Boeing 737 MAX ET 302 yang jatuh pada Minggu 10 Maret 2019.

Data itu sangat vital, sampai-sampai, otoritas penerbangan Amerika Serikat menjadikannya sebagai salah satu alasan untuk bergabung dengan seluruh dunia dalam mengandangkan dan menangguhkan izin terbang (grounding) MAX, menurut pejabat industri aviasi dan regulator.

Data tentang penerbangan enam menit yang karut-marut dari pesawat Ethiopian Airlines meyakinkan Administrasi Penerbangan Federal AS (FAA) bahwa itu mungkin cukup mirip dengan apa yang terjadi pada kecelakaan Lion Air JT 610 pada 29 Oktober 2018 yang menerbangkan 737 MAX 8.

Setelah meninjau data yang dimaksud, pejabat FAA Daniel Elwell pada Rabu 14 Maret 2019 mengatakan, “(data itu) membuat jelas bagi semua pihak, sebenarnya bahwa jalur penerbangan Ethiopian Airlines sangat dekat dan berperilaku sangat mirip dengan penerbangan Lion Air,” demikian seperti dikutip dari NDTV, Jumat (15/3/2019).

Menteri Transportasi Kanada Marc Garneau juga mengutip data pelacakan satelit pada hari Rabu sebagai alasan negaranya bergabung dengan lebih dari 50 negara lain dalam menetapkan grounding pada model 737 MAX.

Data Satelit Seperti Apa?

Data satelit itu disediakan oleh Aireon LLC, yang dibentuk pada 2012 oleh Iridium Communications Inc. dan Nav Canada, perusahaan nirlaba yang memandu lalu lintas udara di Kanada dengan memiliki pengalaman bertahun-tahun pengembangan dan peluncuran 66 satelit ke orbit. Aireon juga akan memperkenalkan layanan pelacakan penerbangan komersial baru dalam beberapa minggu mendatang.

Soal pelacakan dari luar angkasa, perusahaan itu melakukannya dengan menggunakan teknologi GPS yang umumnya dikenal sebagai Automatic Dependent Surveillance-Broadcast atau ADS-B. Jaringan itu dioperasikan oleh Harris Corp, yang juga bermitra dengan Aireon.

Transmisi data hanya mencapai angkasa luar sepersekian detik setelah pesawat tertangkap radar antena darat dan itulah yang diandalkan Aireon untuk melacak penerbangan Ethiopian Airlines. Sebuah stasiun darat yang dioperasikan oleh perusahaan pelacak FlightRadar24 hanya menangkap data dari dua menit pertama penerbangan sebelum pesawat berada di luar jangkauan.

Aireon LLC berbagi informasi dengan Dewan Keselamatan Transportasi Nasional AS dan Administrasi Penerbangan Federal, serta “beberapa otoritas penerbangan Eropa dan berbagai otoritas penerbangan Afrika,” kata Jessie Hillenbrand, seorang juru bicara Aireon.

Pejabat FAA Daniel Elwell mengatakan, trek awal pesawat yang tersedia segera setelah kecelakaan oleh perusahaan terpisah dengan stasiun darat di Ethiopia tidak konsisten dengan bagaimana pesawat terbang dan tidak dapat dipercaya. Namun, ketika para pakar agensi meninjau trek yang disempurnakan yang disediakan oleh Aireon, hal itu menimbulkan kekhawatiran.

Ma’ruf Disebut Tak Tahu Data, TKN: BPN Panik Kalah di Jabar

Jakarta – Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi sebut cawapres KH Ma’ruf Amin tidak mengerti data karena mengklaim menang di Jawa Bawat. Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf balik tuding BPN sedang panik karena Jokowi memang sudah unggul di Jawa Barat.

“BPN panik dan kepanasan dikatakan bahwa kami menang di Jawa Barat. BPN justru tidak memiliki data yang akurat yang menunjukkan bahwa kami sekarang menang di Jawa Barat. Apa yang disampaikan Abah Kiai Ma’ruf Amin memang benar adanya,” ucap jubir TKN Jokowi-Ma’ruf Amin, Ace Hasan Syadzily, kepada detikcom, Sabtu (9/3/2019).

Ace kemudian menyebut beberapa survei eksternal yang memenangkan Jokowi-Ma’ruf di Jawa Barat. Selain itu, TKN punya survei internal dengan hasil yang sama.


“Pada bulan Feberuari 2019 yang lalu, hasil survei Indopolling Network menunjukkan elektabilitas Jokowi-Ma’ruf Amin mengungguli pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di Jawa Barat. Elektabilitas Jokowi-Ma’ruf sebesar 41,7 persen, sementara Prabowo-Sandi sebesar 37,9 persen. Sisanya, 20,4 persen belum menentukan pilihan. Bahkan data survei internal kami sekarang keunggulan kami selisihnya lebih tinggi lagi,” kata Ace.

Ace sebut BPN salah langkah dengan mengejar suara di Jawa Tengah, tapi abai di Jawa Barat. Akhirnya, mereka kehilangan dua daerah tersebut.

“BPN salah strategi. Alih-alih menguasai Jawa Tengah, justru Jawa Barat kami sekarang kuasai. Jawa Barat kini telah kami rebut. Kami optimis dapat memenangkan dengan signifikan di Jawa Barat,” sebut Ace.

Sebelumnya, BPN membantah pernyataan cawapres Ma’ruf Amin yang menyebut pasangan Prabowo-Sandiaga kalah di Jawa Barat sehingga kompak turun di Jabar hari ini. BPN menegaskan Prabowo selalu menang di Jawa Barat, termasuk di lembaga survei yang diduga menjadi konsultan tim pemenangan Jokowi-Ma’ruf.

“Terkait pernyataan Pak Ma’ruf, mungkin belum baca hasil-hasil survei sejak 2014 Pak Prabowo itu surveinya menang di Jawa Barat, bahkan sampai hari ini kita nggak pernah kalah di Jawa Barat, sekalipun yang melakukan survei adalah lembaga-lembaga survei yang kuat diduga selama ini menjadi bagian tim pemenangan Jokowi-Ma’ruf,” kata juru debat BPN Prabowo-Sandiaga, Ahmad Riza Patria, saat dihubungi, Sabtu (9/3/2019).

Riza mengatakan keunggulan pasangan Prabowo-Sandiaga di Jawa Barat diakui juga oleh Jokowi. Riza menduga Ma’ruf Amin salah membaca laporan hasil survei.

“Tetap hasilnya di Jawa Barat itu menang Pak Prabowo-Sandi, beberapa hari lalu kan diakui sama Pak Jokowi. Bahwa menurut Pak Jokowi, dia kalah 7 persen, artinya Pak Jokowi mengaku kalah,” ujar dia.

“Pernyataan Pak Ma’ruf salah, kalau kita kalah di Jawa Barat. Pak Ma’ruf dia nggak tahu datanya, dia kira menang, ada laporan yang salah ke Ma’ruf, yang ‘ABS’ ke Pak Ma’ruf,” sambung dia.
(aik/idn)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

TKN: Kiai Ma’ruf Siap Tampil ‘Menyerang’ dengan Data di Debat Ketiga

Jakarta – Calon Wakil Presiden nomor urut 01 Ma’ruf Amin mengatakan telah menyiapkan senjata rahasia untuk debat nanti. Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf menyebut, cawapresnya itu siap tampil ‘menyerang’ lewat data.

“Jangan dikira KH Ma’ruf Amin yang santun tidak bisa balik menyerang, namun harus dipahami menyerang yang dimaksud KH Ma’ruf bukan dengan hoax, tapi dengan fakta dan data,” kata Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma’ruf Amin, Irma Suryani Chaniago, saat dihubungi, Sabtu (9/3/2019).

Irma mengingatkan agar kubu 02 tidak meremehkan capres dan cawapres. Apalagi menurutnya, pada debat kedua Pilpres 2019, Ketua DPP Nasdem itu mengklaim Jokowi lebih unggul dari Prabowo Subianto.

“Makanya jangan suka underestimste dengan orang lain, selama ini mereka se-enak udelnya saja menyerang nggak pake data, akibatnya yang terjadi di debat ke 2 adalah ‘setuju’ dengan Jokowi. Jadi saya sarankan Sandi jangan tepuk dada dulu, pengalaman itu tidak bisa dibeli,” tuturnya.

Ma’ruf sebelumnya mengatakan persiapan debat cawapres berjalan seperti biasa. Ma’ruf juga menyebut telah menyiapkan senjata untuk debat nanti.

“Ya debat biasa sajalah. Seperti kayak saya anggap bahtsul masail (membahas masalah) saja. Seperti kita membahas masalah hukum, lingkungan, cuma ini cakupannya lebih luas saja,” kata Ma’ruf di sela kampanye di Medan, Sumatera Utara.

Mantan Rais Aam PBNU itu mengatakan tidak ingin membeberkan strategi yang akan digunakan dalam debat melawan Sandiaga Uno. Ma’ruf menilai debat seperti pertandingan sepakbola.

“Saya tidak mau kasih tahu dululah, he-he-he…. Gimana saya menguasai, gimana saya kurang menguasai. Nanti tahu, wah ini di sini kelemahannya. Jadi saya diserang dari yang lemah-lemah itu. Kayak main bola kan begitu. Posisi mana yang lemah lawan, serang saja dari situ. Makanya saya tidak kasih tahulah,” lanjutnya.

Namun, saat kembali ditanya apakah itu berarti akan menerapkan strategi menyerang, Ma’ruf menilai debat bukanlah ajang saling serang, melainkan menyampaikan argumentasi dan program-program.

“Oh tidaklah (menyerang). Kita kan namanya berdebat bukan menyerang, tapi menyampaikan argumentasi, solusi. Intinya kan begini, bahwa program yang sudah dikerjakan bagus. Yang akan datang akan lebih bagus. Alasannya apa, solusinya apa, itu saja. Tidak usah banyak-banyak jurusnya. Jurus bertahan dan jurus langkah ke depan,” tutupnya.
(idn/idn)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Prabowo Disebut Kalah di Jabar, BPN: Ma’ruf Amin Nggak Tahu Data

Jakarta – Badan Pemenangan Nasional (BPN) membantah pernyataan cawapres Ma’ruf Amin yang menyebut pasangan Prabowo-Sandiaga kalah di Jawa Barat sehingga kompak turun di Jabar hari ini. BPN menegaskan Prabowo selalu menang di Jawa Barat termasuk di lembaga survei yang diduga menjadi konsultan tim pemenangan Jokowi-Ma’ruf.

“Terkait pernyataan Pak Ma’ruf, mungkin belum baca hasil-hasil survei sejak 2014 Pak Prabowo itu surveinya menang di Jawa Barat, bahkan sampai hari ini kita nggak pernah kalah di Jawa Barat, sekalipun yang melakukan survei adalah lembaga-lembaga survei yang kuat diduga selama ini menjadi bagian tim pemenangan Jokowi-Ma’ruf,” kata juru debat BPN Prabowo-Sandiaga, Ahmad Riza Patria, saat dihubungi, Sabtu (9/3/2019).

Riza mengatakan keunggulan pasangan Prabowo-Sandiaga di Jawa Barat diakui juga oleh Jokowi. Riza menduga Ma’ruf Amin salah membaca laporan hasil survei.

“Tetap hasilnya di Jawa Barat itu menang Pak Prabowo-Sandi, beberapa hari lalu kan diakui sama Pak Jokowi. Bahwa menurut Pak Jokowi dia kalah 7 persen, artinya pak Jokowi mengaku kalah,” ujar dia.

“Pernyataan Pak Ma’ruf salah, kalau kita kalah di Jawa Barat. Pak Ma’ruf dia nggak tahu datanya, dia kira menang, ada laporan yang salah ke Ma’ruf, yang ABS ke Pak Ma’ruf,” sambung dia.

Dia juga menegaskan pihaknya akan terus melakukan konsolidasi untuk memperkuat basis suara. Dia menyebut antusiasme relawan di berbagai daerah terhadap Prabowo sangat tinggi.

“Kita terus melakukan kampanye konsolidasi dan pendekatan kepada masyarakat, perkuatan struktur partai dan relawan antusias setiap hari datang, relawan di daerah bahkan ikut mempersiapkan logistik, spanduk dan lain-lain, ikut menyumbang, luar biasa antusias. Dan kehadiran pak Prabowo-Sandi di daerah-daerah selalu membludak, selalu antusias,” ujarnya.

Terkait agenda Prabowo-Sandiaga di Jabar, Riza mengatakan itu merupakan agenda yang sudah terjadwal. Dia membantah kalau kunjungan tersebut dikaitkan dengan elektabilitas yang turun.

“Pak Prabowo dan Pak Sandi banyak hadir ke daerah untuk memenuhi undangan, memang bagian dari rute kampanye yang sudah kami susun. Ketiga, silaturahmi dan lain-lain, acara internal partai yang lain,” tuturnya.

Sebelumnya, Ma’ruf Amin turut mengomentari kampanye pasangan calon Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di Jawa Barat. Ia menilai Prabowo-Sandi merasa khawatir sebab suara mereka kalah di Jawa Barat.

“Mereka yang khawatir, makanya dikira sudah aman, balik lagi. Karena dulu mereka merasa menang, sekarang sudah kalah di Jawa Barat,” kata Kiai Ma’ruf di Medan, Sumatera Utara, Sabtu siang.

Saksikan juga video ‘Relawan GI-JOW Siap Geriliya Menangkan Jokowi di Jabar’:

[Gambas:Video 20detik]

(knv/idh)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Data Tenaga Kerja AS Lesu, Harga Emas Makin Berkilau

Berita positif lainnya untuk emas yaitu upah meningkat lebih tinggi. Upah naik 11 sen atau 0,4 persen pada Februari. Ekonom mengharapkan kenaikan 0,3 persen. Sepanjang tahun berjalan 2019, upah meningkat sebesar 3,4 persen.

Meski inflasi upah meningkat, para ekonom tidak mengharapkan data terbaru memiliki banyak dampak pada the Federal  Reserve atau bank sentral AS karena bank sentral mengatakan nyaman dengan inflasi lebih dari dua persen.

Ekonom Senior CIBC Capital Markets, Andrew Grantham menuturkan, laporan pekerjaan yang mengecewakan pada Februari menciptakan sejumlah risiko untuk penurunan pengeluaran konsumen. Namun, ia menambahkan, hal itu mungkin tidak memiliki banyak dampak pada harapan suku bunga the Federal Reserve (The Fed).

“Mengingat volatilitas data baru-baru ini, the Fed kemungkinan akan diskon penyesuaian suku bunga satu kali, dan hanya mulai khawatir jika melihat beberapa hasil lebih lemah pada bulan-bulan mendatang,” ujar dia.

“Dolar AS mungkin akan diperdagangkan lebih rendah dan imbal hasil jangka pendek bisa turun karena kejutan data tenaga kerja,” ia menambahkan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

3 alasan pentingnya investasi sejak dini

Data Tenaga Kerja AS Bikin Wall Street Merosot

Namun, penurunan saham berakhir tidak terlalu tajam untuk sesi ini seiring investor mencatat laporan dipengaruhi efek musiman dan penutupan pemerintah federal.

“Ketika pelaku pasar menjauh dari berita utama, mereka berkata, hey ini hanya satu laporan. Ekonomi kemungkinan tidak lemah seperti satu laporan ini,” tutur Keith Lerner, Chief Market Strategist SunTrust Advisory Services.

Indeks saham transportasi Dow Jones turun 0,5 persen untuk sesi ke-11 berturut-turut, dan alami penurunan terpanjang sejak 1972.

Wall street yang melemah baru-baru ini menghentikan reli yang dimulai pada 2019 didorong optimisme atas kesepakatan perdagangan AS-China. Selain itu, keyakinan the Federal Reserve akan kurang agresif menaikkan suku bunga.

“Pada bagian pertama tahun ini, apa yang sebagian besar telah kami lakukan adalah mencabut kembali  penurunan pada kuartal IV karena ketakutan geopolitik dan sentimen the Federal Reserve yang mereda,” ujar Schutte.

Adapun sektor saham energi alami penurunan terbesar di antara 11 sektor utama. Sektor saham energi merosot dua persen karena harga minyak dunia melemah. Saham Exxon Mobil turun 1,4 persen dan jadi hambatan terbesar di S&P 500.

Sektor saham utilitas memimpin kenaikan di antara sektor saham lainnya. Sedangkan sektor saham konsumsi dan real estate berakhir positif.

Volume perdagangan saham di wall street tercatat 7,1 miliar saham. Angka ini di bawah rata-rata perdagangan saham 7,3 miliar saham selama 20 sesi terakhir.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Pentingnya investasi sejak dini

KPU Buka Layanan Pelaporan Data e-KTP WNA Masuk DPT via WA

Jakarta – KPU membuka layanan pelaporan bagi masyarakat yang menemukan data e-KTP WNA masuk DPT. Pelaporan ini dapat dilakukan melalui WhatsApp center.

“KPU membuka layanan pelaporan data WNA masuk DPT, melalui WhatsApp center,” ujar komisioner KPU Viryan Aziz dalam keterangan tertulisnya, Jumat (8/3/2019).

Viryan mengatakan masyarakat bisa melakukan pelaporan dengan mengirimkan foto e-KTP WNA. Dia menyebut nantinya KPU akan menjaga kerahasiaan data yang disampaikan.

“Pelapor dapat menyampaikan data WNA beserta foto KTP elektroniknya. KPU akan menjaga kerahasiaan data WNA,” ujar Viryan.
Menurut Viryan, upaya ini dilakukan untuk membuat masyarakat ikut berpartisipasi apabila masih ditemukan data e-KTP WNA yang masuk DPT.

“Mengajak masyarakat berpartisipasi aktif memberi laporan, apabila menemukan ada WNA yang masih masuk DPT atau WNA pemilik KTP elektronik dapat menyampaikan apabila dirinya terdata di DPT,” kata Viryan.

Selain itu, dia juga mengatakan pihaknya meminta KPU daerah terus melakukan penyisiran. Nantinya, Viryan mengatakan KPU akan langsung melakukan pencoretan terhadap data tersebut.

“KPU menginstruksikan seluruh jajaran KPU di daerah untuk terus melakukan penyisiran dan memberi laporan harian. Upaya ini sebagai bentuk pro-aktif, selain menerima dari Dukcapil dan laporan KPU daerah. Apabila masih ditemukan, langsung dilakukan pencoretan. KPU berharap dapat membersihkan DPT dari WNA secepatnya,” sambungnya.

Layanan pelaporan melalui WhatsApp ini akan dibuka selama satu Minggu, sejak 7 Maret 2019. Masyarakat dapat melakukan pelaporan melalui WhatsApp center dengan nomor 082123535232. Selain itu, masyarakat juga dapat melakukan pengecekan DPT melalui www.lindungihakpilihmu.kpu.go.id.

KPU kembali mencoret 73 data e-KTP WNA dari DPT. KPU mengatakan saat ini total WNA dicoret sebanyak 174 data.

“Ada 73 WNA yang dicoret oleh KPU daerah di luar 101 data dari Dukcapil yang diserahkan ke KPU, sehingga total WNA yang dicoret KPU sebanyak 174,” ujar Komisioner KPU Viryan Aziz kepada detikcom, Kamis (7/3/2019).

Viryan mengatakan 73 WNA ini berada di 11 provinsi yang berasal dari 25 Negara. Bertambahnya jumlah WNA yang dicoret, atas laporan dari KPU Provinsi.

Sebelumnya, KPU mengatakan telah mencoret 101 data WNA yang tersebar di 17 provinsi. Dengan jumlah terbanyak berada di Bali 34 WNA, dan Jawa Timur 16 WNA.

WNA ini tercatat berasal dari 29 Negara di mana yang paling banyak berasal dari Jepang, 18 WNA dan Belanda 9 WNA.
(dwia/gbr)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Ini Data Banjir dan Dampaknya yang Melanda 15 Kabupaten di Jatim

Surabaya – Hujan deras yang melanda Jawa Timur menyebabkan sungai-sungai dan drainase yang ada tidak mampu mengalirkan aliran air. Sehingga banjir merendam 15 kabupaten di Jatim.
Data sementara yang dihimpun dari Pusdalops BPBD Provinsi Jawa Timur, banjir menyebab lebih dari 12.495 KK terdampak. Sebagian masyarakat mengungsi ke tempat yang lebih aman.
15 Kabupaten yang mengalami banjir adalah Kabupaten Madiun, Nganjuk, Ngawi, Magetan, Sidoarjo, Kediri, Bojonegoro, Tuban, Probolinggo, Gresik, Pacitan, Tranggalek, Ponorogo, Lamongan dan Blitar. Daerah yang paling parah terlanda banjir adalah Kabupaten Madiun.

Dampak banjir masing-masing kabupaten sebagai berikut:

1. Kabupaten Madiun
Banjir akibat meluapnya sungai Jeroan yang merupakan anak sungai Madiun. Sebanyak 39 desa, 8 kecamatan di Kabupaten Madiun terendam banjir sehingga menyebabkan 4.317 KK atau 17.268 jiwa terdampak banjir. Rumah rusak berat 2 unit, sawah tergenang 253 Ha, tanggul rusak 3 titik, jembatan rusak 2 unit, gorong-gorong rusak 1 unit, dan ribuan ternak terdampak. Bupati Madiun telah menetapkan masa tanggap darurat banjir selama 14 hari yaitu tanggal 6 -19 Maret 2019.

2. Kabupaten Nganjuk
Banjir disebabkan luapan air Sungai Kuncir di Desa Sonopatik Berbek sehingga banjir merendam jalan raya dan pemukiman warga di 8 dusun, 3 kelurahan, 12 desa, 6 kecamatan dengan ketinggian 10 – 100 cm. Sebanyak 456 KK terdampak banjir. Pendataan dan penanganan darurat masih msih dilakukan.

3. Kabupaten Ngawi
Banjir akibat meluapnya Sungai Bengawan Madiun. Banjir merendam rumah warga sebanyak 4.490 KK di 18 desa, 6 kecamatan di Kabupaten Ngawi dengan ketinggian 50 – 100 cm.

4. Kabupaten Magetan
Banjir akibat meluapnya air sungai ke jalan desa dari RT 13 sampai dengan RT 17 Desa Ngelang Kecamatan Kartoharjo, Kabupaten Magetan. Ketinggian air mencapai 125 cm serta menggenangi rumah warga sejumlah 284 rumah.

5. Kabupaten Sidoarjo
Banjir disebabka luapan Sungai Avoer Krembung II sehingga berdampak pada rumah tergenang sebanyak 498 KK di 3 desa dengan ketinggian 20 – 40 cm.

6. Kabupaten Kediri
Banjir akibat air luapan di Desa Gempolan Kec. Gurah, Kab. Kediri, menyebabkan SDN Gembolan 1 terendam air setinggi 30-50 cm.

7. Kabupaten Bojonegoro
Banjir akibat meluapnya air Sungai Pacal yang berdampak pada 23 desa, 8 kecamatan di Kabupaten Bojonegoro dengan ketinggian air 30 – 40 cm. Sebanyak 1.382 rumah dan 121 hektar sawah terendam banjir.

8. Kabupaten Tuban
Banjir merendam wilayah di Kecamatan Parengan akibat meluapnya Sungai (Kali Kening) sehingga 10 desa di Kecamatan Parengan terendam dan berdampak pada persawahan tergenang 140 Ha, rumah tergenang 620 KK, jalan poros tergenang dengan ketinggian 20 – 90 cm, kantor pemerintahan tergenang 3 unit, sekolah tergenang 4 unit dan tempat ibadah tergenang 7 unit.

9. Kabupaten Probolinggo
Puting beliung dan banjir terjadi di Desa Tambak Rejo Kecamatan Tongas. Akibat kejadian tersebut berdampak pada 1 orang meninggal dunia dan 1 orang luka ringan akibat puting beliung. Dampak banjir masih dalam pendataan.

10. Kabupaten Gresik
Banjir akibat luapan Kali Miru berdampak pada 3 kecamatan, Kedamaean, Driyorejo, Dukun dengan ketinggian 20 – 100 cm dan rumah tergenang 90 rumah.

11. Kabupaten Pacitan
Hujan dengan intensitas tinggi menyebabkan meluapnya air Sungai Grindulu di Kecamatan Arjosari yang berdampak pada banjir merendam 10 desa di 2 kecamatan dengan ketinggian air 30 – 80 cm.

12. Kabupaten Trenggalek
Banjir akibat luapan Sungai Ngasinan di Kecamatan Trenggaleksehingga banjir terjadi di 14 desa, 5 kecamatan dengan ketinggian air 15 – 200 cm.

13. Kabupaten Ponorogo
Banjir terjadi di wilayah Kecamatan Balong. Ruas jalan dan permukiman di terendam banjir.

14. Kabupaten Lamongan
Banjir akibat luapan Bengawan Solo sehingga merendam 9 desa di 3 kecamatan yaitu di Kecamatan Laren, Maduran dan Babat. Tanggul Sungai Bengawan Solo jebol sepanjang 70 meter. Banjir juga menyebabkan terputusnya akses masuk menuju Dusun Sawo Desa Jangkungsumo sehingga masyarakat harus melewati jalur memutar untuk kedaerah lain. Lebih dari 60 rumah terendam banjir.

15. Kabupeten Blitar
Hujan deras yang turun pada 6/3/2019 pukul 11.00 WIB dan pukul 16.00 WIB menyebabkan terjadi banjir, longsor dan pohon tumbang di wilayah. Wilayah yang terdampak Banjir di Dsn. Gondanglegi, Desa Sutojayan dengan warga terdampak sebanyak 240 KK.


Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam siaran persnya menyatakan, BPBD bersama TNI, Polri, Basarnas, SKPD, PMI, Tagana, relawan dan masyarakat masih melakukan penanganan darurat. Evakuasi, pemberian bantuan permakanan, pendirian tenda dan lainnya masih dilakukan. Pendataan dampak banjir masih dilakukan BPBD.

Sutopo juga mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan menghadapi banjir, longsor dan puting beliung. “Potensi curah hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi masih berpelunag terjadi di beberapa wilayah di Jawa, Bali, NTB, NTT Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Papua dan Papua Barat,” kata Sutopo.
(sun/bdh)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>