Harga Emas Stabil di Tengah Penguatan Bursa Saham

Liputan6.com, Jakarta – Harga emas hanya sedikit berubah pada perdagangan Selasa setelah kesepakatan Brexit yang diusulkan oleh Perdana Menteri Theresa May ditolak parlemen. Kenaikan bursa saham dan juga penguatan nilai tukar dolar AS membuat daya tarik logam layu.

Mengutip Reuters, Rabu (16/1/2019), harga emas di pasar spot tidak berubah atau tetap di USD 1.289,35 per ounce pada pukul 5.02 sore Waktu New York. Sementara harga emas berjangka AS ditutup turun 0,2 persen menjadi USD 1.288,40 per ounce.

Anggota parlemen Inggris tidak sepakat akan rencana penyelesaiaan keluarnya Inggris dari Uni Eropa (Brexit) yang diusulkan oleh Perdana Menteri Theresa May. Sebanyak 230 sura menyatakan ketidaksetujuan.

Hal tersebut memicu pergolakan politik yang dapat menyebabkan rencana keluarnya Inggris dari Uni Eropa menjadi tidak teratur atau bahkan pembalikan keputusan yang telah dilakukan pada 2016.

“Sebenarnya masalah Brexit ini meningkatkan ketidakpastian geopolitik, tetapi fakta bahwa dolar AS naik dan bursa saham menguat telah meredam setiap rencana pembelian emas,” kata Bob Haberkorn, analis senior di RJO Futures.

Pasar saham utama dunia naik pada perdagangan Selasa, didukung oleh rencana China untuk memperkenalkan kebijakan untuk menstabilkan ekonomi yang melambat.

2 dari 3 halaman

Perdagangan Sebelumnya

Harga emas menguat pada awal pekan ini didorong bursa saham global dan dolar Amerika Serikat (AS) yang tertekan. Akan tetapi, harga emas di posisi USD 1.300 per ounce belum dapat diraih.

“Jelas perhatian ekonomi global pada awal pekan ini tertuju pada China. Untuk pertama kali secara bulanan ekspor China turun dalam dua tahun ini. Ketidakpastian data ekonomi di Eropa dan kekhawatiran Brexit juga menambah sentimen di pasar,” ujar Analis Zaner Precious Metals dalam laporannya, seperti dikutip dari laman Marketwatch, Selasa (15/1/2019).

Harga emas untuk pengiriman Februari naik USD 1,8 atau 0,1 persen ke posisi USD 1.291,30 per ounce. Pada Jumat pekan lalu, harga emas menguat 0,3 persen secara mingguan. 


Pada perdagangan harian, harga emas sentuh level tertinggi USD 1.296,60. Namun, gagal raih posisi psikologis USD 1.300. Posisi level tersebut yang dapat mendorong momentum kenaikan harga emas.

Sementara itu, harga perak untuk pengiriman Maret bertambah tiga sen atau 0,2 persen ke posisi USD 15.686 per ounce. Selama sepekan, harga perak merosot 0,8 persen.

Indeks dolar AS turun tipis 0,1 persen ke posisi 95,55. Pada pekan lalu, indeks dolar AS merosot 0,6 persen. Pelemahan dolar AS dapat menarik minat untuk aset berdenominasi dolar AS seperti emas bagi pemegang mata uang lainnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Ngabalin: Narasi Pidato Prabowo Buat Kekhawatiran untuk Masyarakat  

Liputan6.com, Jakarta – Tenaga Ahli Utama Kedeputian IV Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Ali Mochtar Ngabalin mengomentari Pidato Kebangsaan capres nomor urut 02 Prabowo Subianto. Ngabalin menilai pidato Prabowo membuat kekhawatiran bagi masyarakat Indonesia.

“Kenapa? Karena dari semua diksi dan narasi yang dipakai oleh Pak Prabowo itu membuat kekhawatiran dan kegoncangan bagi masyarakat Indonesia,” ujar Ngabalin di Kantor Staf Kepresidenan Jakarta, Selasa (15/1/2019).

Ngabalin menegaskan, data-data yang disampaikan Prabowo dalam pidatonya adalah berita bohong. Menurut dia, masyarakat tidak resah mendengar pidato Prabowo lantaran data yang disampaikan tak sesuai dengan fakta. 

“Hal yang paling mendasar yang sangat penting itu adalah berita-berita bohong, data-data yang tidak benar, data-data yang sampah yang dipakai Pak Prabowo itu membuat satu narasi cerita panjang yang hari ini Anda kan bisa lihat, masyarakat tidak memberikan tanggapan apa-apa,” jelas dia. 

Ngabalin mengaku, dirinya bertemu dengan Menteri BUMN Rini Soemarno dan Menteri Pertanian Amran Sulaiman. Pertemuan itu membahas pernyataan Prabowo yang menyebut sejumlah BUMN bangkrut.

“Jangan kebelet menggunakan data-data yang tidak benar, data-data yang bohong, data-data yang hoaks. Sayang kalau nanti rakyat itu gelisah karena mendengarkan pidato, (pidato) terbuka lho dari seorang calon presiden yang namanya Prabowo Subianto,” ucap Ngabalin.

2 dari 3 halaman

Bantah Pakai Data

Mantan Politikus Partai Bulan Bintang (PBB) itu mengatakan, pemerintah tidak bisa melakukan perlawanan terhadap pidato Prabowo.

Kendati begitu, Ngabalin menuturkan pihaknya tengah menyusun data-data yang benar untuk mengklarifikasi pernyataan yang disampaikan Prabowo dalam pidatonya. 

“Saya pikir ini pernyataan resmi yang saya bisa mempertanggung jawabkan itu dan untuk atas nama pemerintah. Karena tidak mungkin kami melakukan perlawanan. Kami hanya bisa memberikan data-data yang validitasnya, akurasi bisa dipertanggung jawabkan,” tutur Ngabalin.

“Apa yang telah dilakukan oleh Bapak Presiden selama 4 tahun mulai dari infrastruktur, mulai dari impor beras, garam, dan lain-lain,” imbuh dia.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Ngabalin Minta Prabowo Ungkap Mantan Presiden yang Dipantau Intelijen

Liputan6.com, Jakarta – Ali Mochtar Ngabalin menanggapi pidato kebangsaan capres nomor urut 02, Prabowo Subianto yang menyebut bahwa intelijen negara memantau sejumlah tokoh, termasuk mantan presiden.

Tenaga Ahli Utama Kedeputian IV Kantor Staf Kepresidenan (KSP) itu meminta Prabowo mengungkap siapa saja mantan presiden dan pejabat negara yang merasa dimata-matai.

“Mungkin pak Prabowo dalam perjalanan yang panjang, ketiduran dalam mobil jadi kaget bangun langsung ngomong yang tidak benar. Siapa (mantan Presiden) yang diinteli, kasih dong datanya,” kata Ngabalin di Kantor Staf Kepresidenan Jakarta, Selasa (15/1/2019).

Ngabalin meminta Prabowo memberikan data adanya intelijen yang memantau pejabat negara. Ngabalin pun membantah tudingan ketua partai politik dipantau intel. Menurutnya, Jokowi menjadi sosok yang membina partai politik.

“Siapa sih yang merasa (diinteli)? Siapa mantan presiden yang merasa diinteli? Jangan buat berita bohong. Sayang dong kalau berita-berita bohong itu keluar dari mulut, cukup Andi Arief (Politisi Demoktrat) lah. Jangan calon presiden Prabowo bikin berita bohong lagi nanti,” ucapnya.

Ngabalin menegaskan bahwa saat ini pemerintahan Jokowi-JK tengah mempersiapkan pelaksaan Pemilu 2019 agar berjalan damai. Untuk itu, dia mengingatkan agar tidak ada pihak yang berusaha mendelegitimasi Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Karena itu saya berkali-kali mengatakan bahwa siapa saja yang upaya melakukam upaya delegitimasi terhapa KPU sebagai penyelenggara pemilu yang damai, serentak dan baik dan pemerintah menjatuhkan wibawa pemerintah maka kami akan melakukan perlawanan itu,” tegas Ngabalin.

2 dari 3 halaman

Dimata-matai?

Prabowo menyinggung kerja intelijen dalam pidatonya di JCC Senayan, Senin (14/1). Dia menuding intelijen bekerja untuk mengintai orang-orang di sekelilingnya, mulai dari Ketua MPR Zulkifli Hasan, Susilo Bambang Yudhoyono, dan Rachmawati Soekarnoputri.

“Intelijen itu nginteli musuh negara, jangan inteli mantan presiden Republik Indonesia, jangan intel mantan ketua MPR, jangan inteli anak proklamator, jangan inteli mantan panglima TNI, jangan inteli ulama besar kita,” tuturnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Macam-macam Profesi Akuntansi, Kamu yang Mahasiswa Wajib Tahu

Liputan6.com, Jakarta Di dunia ini, ada begitu banyak profesi yang bermunculan. Apalagi di zaman yang sudah semakin maju dan modern, profesi-profesi baru pun turut semakin beragam.

Ada banyak orang yang mengincar profesi sesuai dengan latar belakang pendidikannya. Kebanyakan orang akan berpikir, bahwa memiliki profesi yang sesuai dengan latar pendidikannya akan mempermudah kinerjanya karena telah mendapatkan ilmu saat bersekolah atau kuliah.

Salah satu jurusan di kampus yang memiliki pekerjaan yang menjanjikan adalah akuntansi. Profesi dari lulusan jurusan akuntansi sendiri dinilai banyak memiliki peluang untuk bekerja di sebuah perusahaan bonafit. Namun, siapa sangka kalau macam-macam profesi akuntansi sendiri begitu beragam.

2 dari 5 halaman

Keahlian Akuntan

Profesi akuntansi sendiri adalah pekerjaan yang menggunakan keahlian di bidang akuntansi. Termasuk bidang pekerjaan akuntansi publik, intern, keuangan/dagang, akuntansi pemerintah & akuntansi pendidikan.

Seseorang yang bekerja di bidang akuntansi dan memiliki keahlian di bidang akuntansi maka disebut sebagai akuntan. Dari seorang akuntan terdapat keahlian yang dimiliki antara lain:

1. Teori akuntansi

2. Akuntansi biaya

3. Pengauditan

4. Sistem akuntansi

5. Perpajakan

6. Sistem informasi manajemen

7. Akuntansi keuangan

8. Ekonomi perusahaan

3 dari 5 halaman

Macam-macam Profesi Akuntansi

Berikut macam-macam profesi akuntansi yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (15/1/2019).

1. Akuntan Publik (Public Accountant)

Macam-macam profesi akuntansi yang pertama adalah akuntan publik. Profesi yang berhubungan dengan akuntansi publik dikenal dengan istilah akuntan publik. Bidang pekerjaan yang utama bagi akuntan publik adalah pemeriksaan laporan keuangan yang telah dibuat (auditing).

Pemeriksaan laporan keuangan ini dilakukan secara independen untuk menilai kewajaran laporan keuangan sesuai standar akuntansi keuangan yang disusun oleh pihak manajemen perusahaan bagi para investor, kreditur, dan pihak eksternal lainnya.

Hasil pemeriksaan akuntan publik ini dituliskan dalam sebuah laporan yang disebut laporan hasil pemeriksaan akuntan. Ada lagi hal yang dikerjakan oleh akuntan publik, yaitu akuntansi perpajakan yang banyak dibutuhkan masyarakat untuk memenuhi peraturan perpajakan yang berlaku dan menekan tarif pajak seminimum mungkin.

Akuntan publik juga menangani akuntansi manajemen dengan memberikan pertimbangan dan saran kepada manajemen untuk memperbaiki hasil operasi perusahaan yang memakai jasanya.

Jasa-jasa seorang akuntan publik yang bisa diberikan pada masyarakat di antaranya ialah sebagai berikut:

• Jasa perpajakan.

• Jasa penyusuanan sistem akuntansi.

• Jasa pemeriksaan kewajaran laporan keuangan.

• Jasa konsultasi manajemen perusahaan.

• Dan jasa penyusunan laporan keuangan dalam rangka pengajuan kredit.

4 dari 5 halaman

Macam-macam Profesi Akuntansi

2. Akuntan Intern (Internal Accounting)

Macam-macam profesi akuntansi yang kedua adalah akuntan internal. Akuntan internal perusahaan dikenal juga dengan istilah akuntansi umum yang memiliki tanggung jawab dalam pencatatan transaksi keuangan, penyusunan laporan manajemen, dan penyusunan laporan keuangan umum yang terdiri dari neraca, rugi-laba, perubahan modal, aliran kas.

Akuntansi umum berhubungan dengan konsep dasar akuntansi yang menghasilkan data yang dasar (basic data) bagi ruang lingkup akuntansi. Akuntansi biaya menganalisis biaya perusahaan untuk membantu manajemen dalam pengawasan biaya terutama penekanan biaya pemasaran.

Penganggaran dilakukan oleh perusahaan untuk menetapkan sasaran penjualan dan laba serta merencanakan pencapaian sasaran itu secara rinci. Kegiatan ini selalu memerhatikan data masa lalu dalam laporan keuangan, karena anggaran dipakai untuk mengawasi kegiatan operasional perusahaan melalui perbandingan fakta dengan anggaran.

Perancangan fungsi sistem informasi akuntansi mengidentifikasikan kebutuhan informasi bagi pihak internal maupun eksternal. Pemeriksaan internal juga dilakukan oleh akuntan internal perusahaan yang bertugas mengevaluasi sistem akuntansi dan manajemen.

Tugas pokok akuntan internal antara lain membantu pihak manajemen sesuai manfaat akuntansi manajemen untuk memperbaiki tingkat efesiensi operasi. Selain itu menjamin seluruh stakeholders telah melaksanakan prosedur dan rencana yang telah ditetapkan oleh pihak manajemen yang sesuai tujuan laporan keuangan.

5 dari 5 halaman

Macam-macam Profesi Akuntansi

3. Akuntan Pemerintah

Akuntan pemerintah merupakan akuntan yang bekerja pada lembaga-lembaga pemerintah, misalnya di kantor Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Badan Pengawas Keuangan (BPK), perpajakan dan di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Tugas utamanya adalah menyusun laporan keuangan pemerintah atau bisa juga mengaudit setiap institusi-institusi pemerintah di berbagai tingkat pemerintahan.

4. Akuntan Pendidik

Akuntan pendidik adalah akuntan yang bertugas dalam mendidik di bidang akuntansi, melakukan penelitian dan pengembangan di bidang akuntansi, dan menyusun kurikulum di berbagai tingkat satuan pendidikan. Secara sederhana dapat diartikan sebagai dosen atau guru yang mengajar mata pelajaran atau mata kuliah akuntansi.

Tenaga pengajar akuntansi bekerja di institusi pendidikan dengan jam kerja yang fleksibel sehingga biasanya akuntan pendidik ini tidak semata-mata mengajar. Tetapi merangkap pekerjaan lain seperti membuka praktik untuk melayani kebutuhan masyarakat atau pihak-pihak lain yang membutuhkan keahliannya.

Demikian penjelasan dari macam-macam profesi akuntansi dan penjelasan singkatnya. Bagi kalian yang masih ragu untuk mengambil program studi akuntansi, semoga artikel ini bisa menjadi bahan pertimbangan kalian dalam masuk ke perguruan tinggi.



Reporter: Loudia Mahartika

9 Macam-macam Jaringan Komputer dan Fungsinya, Sesuai Aspek Penggunaan

Liputan6.com, Jakarta Komputer saat ini sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia. Dengan semakin pesatnya pertumbuhan teknologi, peran internet menjadi lebih besar dalam kehidupan masa kini.

Dengan adanya internet, penyebaran informasi menjadi lebih cepat diterima oleh berbagai kalangan masyarakat. Bahkan nih, dengan internet bisa menyebarkan informasi bagi mereka yang tinggal jauh di berbeda benua dengan kita.

Internet merupakan salah satu jaringan komputer yang sampai saat ini masih digunakan oleh banyak orang untuk menunjang aktivitas mereka. Baik itu untuk berkomunikasi, bisnis dan lain sebagainya. Tidak hanya internet, ternyata ada banyak macam-macam jaringan komputer. Berikut macam-macam jaringan komputer yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (15/1/2019).

2 dari 5 halaman

Pengertian Jaringan Komputer

Jaringan komputer adalah suatu sistem yang terdiri dari dua komputer atau lebih, yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya melalui media transmisi atau media komunikasi sehingga bisa saling berbagi aplikasi, data ataupun berbagi hardware komputer.

Istilah jaringan komputer juga bisa diartikan sebagai suatu kumpulan beberapa terminal komunikasi yang terdiri atas dua komputer atau lebih yang saling terhubung. Tujuan dibangunnya jaringan komputer adalah supaya data atau informasi yang dibawa oleh transmitter (pengirim) bisa sampai kepada receiver (penerima) dengan tepat, cepat dan akurat.

Dengan adanya jaringan komputer, penggunanya dapat berkomunikasi satu sama lain dengan mudah. Selain itu, peran dari jaringan komputer ini sangat dibutuhkan untuk mengintegrasi data antar komputer-komputer client sehingga dapat memperoleh suatu data yang relevan.

3 dari 5 halaman

Macam-macam Jaringan Komputer

Macam-macam jaringan komputer sendiri terbagi atas 4 kelompok. Berikut 4 kelompok jaringan komputer:

1. Berdasarkan Jangkauan Geografis

– LAN (Local Area Network)

Local Area Network disingkat LAN, merupakan jaringan komputer yang hanya mencakup area atau wilayah yang kecil saja. Biasanya digunakan pada jaringan di warnet, kantor, atau sekolah.

– MAN (Metropolitan Area Network)

Metropolitan Area Network atau MAN adalah jaringan komputer dalam satu kota atau antar kota tertentu dengan kecepatan transfer data yang tinggi. Jaringan komputer ini menghubungkan berbagai lokasi seperti perkantoran, kampus, pemerintahan, dan lain-lain.

– WAN (Wide Area Network)

Wide Area Network atau disingkat WAN adalah suatu jenis jaringan komputer yang sangat luas, mencakup negara dan benua. Media transmisi yang biasa digunakan dalam jaringan WAN adalah kabel bawah laut dan satelit.

2. Berdasarkan Media Transmisi Data

– Jaringan Komputer Berkabel (Wired Network)

Wired Network adalah jenis jaringan komputer yang menggunakan kabel sebagai media transmisi datanya. Kabel tersebut digunakan untuk menghubungkan komputer dengan komputer lainnya agar komputer-komputer tersebut dapat saling bertukar data maupun terhubung dengan internet.

– Jaringan Komputer Nirkabel (Wireless Network)

Berbeda dengan wired network, wireless network tidak menggunakan kabel sebagai media transmisinya. Pertukaran informasi/data antar komputer menggunakan gelombang elektromagnetik.

4 dari 5 halaman

Macam-macam Jaringan Komputer

3. Berdasarkan Distribusi Sumber Data/Informasi

– Jaringan Terpusat

Jaringan komputer terpusat adalah jenis jaringan komputer yang terdiri dari satu komputer induk dan satu atau lebih komputer terminal. Komputer induk berfungsi sebagai sumber data yang dibutuhkan oleh komputer terminal.

Komputer induk inilah yang menyimpan semua data-data maupun program aplikasi untuk kemudian didistribusikan ke komputer terminal. Sedangkan komputer terminal itu sendiri biasanya hanya berfungsi untuk menjadi perantara pengguna untuk mengakses komputer induk.

– Jaringan Terdistribusi

Jaringan komputer terdistribusi merupakan jenis jaringan komputer yang terdiri dari beberapa komputer induk. Berbeda dengan jaringan terpusat, pada jaringan terdistibusi, semua host yang terhubung pada jaringan ini bisa berperan sebagai komputer induk sebagaimana peran komputer induk dalam jaringan terpusat. Artinya, distribusi data yang terjadi pada jaringan komputer jenis ini tidak hanya dari satu komputer induk (server).

4. Berdasarkan Peranan dan Hubungan Tiap Komputer dalam Memproses Data

– Jaringan Client-Server

Jaringan ini terdiri dari satu atau lebih komputer yang bertindak sebagai server dan beberapa komputer yang berperan sebagai client. Umumnya yang bertindak sebagai server hanya satu komputer dan komputer yang lainnya berperan sebagai client. Komputer server berperan sebagai penyedia sumber daya atau data, sedangkan komputer client menggunakan sumber daya atau data yang disediakan oleh komputer server tersebut.

– Jaringan Peer to Peer

Pada jaringan ini jenis ini, masing-masing komputer, baik komputer client maupun komputer server mempunyai peran dan kedudukan yang sama. Dengan kata lain, komputer server dapat menjadi komputer client, dan sebaliknya, komputer client pun dapat menjadi komputer server.

5 dari 5 halaman

Manfaat Penggunaan Jaringan Komputer

Manfaat macam-macam jaringan komputer juga akan membantu kamu untuk mempertimbangkan dengan baik pemasangan jaringan tersebut dalam sistem yang diaplikasikan. Tentu berbagai kemudahan akan kamu dapatkan dengan pengaplikasian yang tepat. Berikut manfaat penggunaan jaringan komputer:

• Pengiriman data menjadi lebih cepat dan efisien.

• Mempermudah akses file yang dimiliki sendiri dan orang lain serta mempermudah proses penyebarluasannya melalui jaringan yang dipasangkan.

• Dapat memudahkan akses informasi secara lebih cepat dan akurat.

• Jika digunakan di kantor bisa menghemat pengeluaran kantor untuk akses informasi serta printer contohnya, karena hanya dengan satu alat bisa digunakan untuk kebutuhan semua komputer yang ada.

• Dapat melakukan pengiriman foto, video atau file lainnya secara real time.

• Dapat mengakses berbagai jenis file bahkan dari negara yang berbeda.



Reporter: Afifah Cinthia Pasha

OPINI: 4 Tantangan Mengelola Masalah Ekonomi Indonesia

Liputan6.com, Jakarta – Saya menyimak pidato Kenegaraan Pak Prabowo semalam melalui laman Youtube. Saya menganalisis sesuai dengan kapasitas sebagai ekonom dan pengelola dana.

Pak Prabowo memulai pidato yang berapi-api dengan penderitaan anak bangsa yang terlilit utang sehingga sampai bunuh diri. Lalu penderitaan para petani yang diserbu oleh barang impor.

Memang harus diakui berbagai hal tersebut masih menjadi tantangan. Beliau kemudian mengajak untuk memacu swasembada pangan dan energi lewat program yang disitirnya sebagai Dorongan Besar.

Baiknya kita menunggu penjelasan tim ekonomi Pak Prabowo apakah yang dimaksud selaras dengan pemikiran Paul Rosenstein-Rodan tahun 1943.

So what my take, my dear friends?

Saya cermati pemerintah, sekarang dan siapa pun nanti yang memimpin, menghadapi tiga tantangan (sebetulnya empat).

Pertama, memacu kapasitas produktif terutama lewat penyediaan infrastruktur agar untuk memacu pertumbuhan, tentunya tanpa diikuti oleh memburuknya defisit neraca berjalan.

Ini istilahnya pro-growth. Tantangan kedua adalah menekan ketimpangan kemakmuran yang justru memburuk sejak era reformasi.

Berdasarkan data BPS, gini ratio yang kerap digunakan untuk mengukur ketimpangan berada pada angka 0,389 untuk 2018. Walau menurun dibandingkan lima tahun terakhir. Namun, masih terbilang tinggi. Pemerintah hakikatnya dituntut lebih banyak kebijakan pro-poor.

Tantangan ketiga adalah fiscal sustainability terkait beban pembayaran utang. Sering saya sampaikan persoalan utang di Indonesia bukan terkait besar atau rasio utang terhadap GDP (produk domestik bruto/PDB).

Dibandingkan banyak negara, Indonesia terbilang hati-hati, seperti terlihat pada peraga. Tantangan lebih terkait pada biaya berutang dan produktivitas utang.

Saya nilai, dan ini terbuka untuk diuji, pemerintahan saat ini menyadari tantangan di atas. Pro-growth diatasi dengan mempercepat penyediaan infrastruktur.

2 dari 2 halaman

Tantangan Selanjutnya

Walau memang menimbulkan dua masalah. Pertama, kurang menyerap tenaga kerja mengingat lebih banyak dikerjakan dengan mesin.

Kedua, memperburuk neraca berjalan mengingat banyak barang modal yang harus diimpor. Untuk pro-poor, saya cermati juga terjadi peningkatan drastis terutama sejak kuartal terakhir tahun 2017.

Sebab sebelumnya peningkatan administered priced yang bersamaan dengan menurunnya harga komoditas primer andalan ekspor Indonesia memukul daya beli masyarakat.

Sangat bisa jadi banyak kelompok masyarakat yang saat itu kecewa dengan pemerintah yang menanggung beban lebih berat apalagi ketika pemerintah juga memacu penerimaan pajak.

Terkait fiscal sustanabiity, terus terang saya memahami peralihan focus kebijakan tahun lalu from growth to stability.

Dengan rasio utang terhadap GDP (11 persen) yang terbilang rendah disbanding negara sekawasan, dan rasio dana pihak ketiga perbankan terhadap GDP hanya 40 persen, Indonesia dipastikan tetap membutuhkan utang luar negeri.

Terkait pengelolaan utang, sebetulnya pemerintah sekarang punya pencapaian bagus bila mencermati perkembangan keseimbangan primer.

Angka ini menghitung selisih antara pendapatan negara terhadap pengeluaran yang setelah dikurangi bunga utang.

Kecenderungan penurunan keseimbangan primer ini, bahkan sempat menyentuh angka positif, menunjukkan kemampuan pemerintah untuk tidak berutang demi menutupi utang.

Bayangkan angka keseimbangan primer ini bisa semakin turun bila bunga berutang bisa lebih rendah. Coba cermati peraga:

Saya selalu menilai kehebatan Presiden itu banyak ditentukan oleh kemampuan mengambil keputusan yang berat yang dapat disetujui masyarakat. Kebijakan yang kurang populis. Pahit di depan, namun manis kemudian. Sengara membawa nikmat.

Bukan nikmat membawa sengsara seperti kasus Penyakit Belanda.

Jadi coba cermati peraga yang menunjukkan perkembangan neraca berjalan, neraca perdagangan, defisit neraca minyak dan harga minyak.

Sejak tahun 2004, kita bukan lagi negara OPEC. Coba cermati sejak kapan defisit neraca minyak (histogram) terus memburuk.

Kapan kira-kira saat terbaik kita menurunkannya agar tidak lebih buruk. Pandangan saya adalah ketika neraca perdagangan barang surplus yakni pada periode 2009-2011.

Sebagai kesimpulan pada hakikatnya tidak ada yang baru dalam pidato Pak Prabowo. Dapat dipastikan Dorongan Besar juga akan dibiayai dengan utang.

Salam,

Budi Hikmat

Direktur Strategi dan Kepala Makro Ekonomi PT Bahana TCW Investment Management

Pidato Prabowo Dinilai Tak Punya Efek Besar pada Swing Voter

Jakarta – Pidato politik capres nomor urut 02 Prabowo Subianto yang disampaikan tadi malam dinilai masih belum punya efek besar untuk menggaet pemilih pemula ataupun mereka yang belum menentukan pilihan (swing voter). Centre for Strategic and International Studies (CSIS) menilai pidato Prabowo hanya mengulang isu yang pernah diangkat saat Pilpres 2014 lalu.

“Kalau dari sisi efek, bagi pemilih yang swing atau pemilih yang belum menentukan pilihan, efek pidato itu tidak terlalu besar. Karena pertama, isu-isunya lebih banyak isu-isu yang digunakan pada pemilu sebelumnya. Soal hutang, soal sumber daya, dan isu-isu lainnya,” kata peneliti Departemen Politik dan Perubahan Sosial CSIS Arya Fernandes di Pakarti Centre, Jalan Tanah Abang III, Jakarta Pusat, Selasa (15/1/2019).

“Bagi tipikal pemilih baru atau pemilih yang masih mungkin berubah, orang yang belum menentukan pilihan, mereka sudah dengar itu juga sebelumnya dan mereka mungkin kurang tertarik,” imbuhnya.
Menurut Arya, pidato emosional Prabowo semalam membahas beragam isu secara umum. Padahal, menurutnya, jika Prabowo lebih fokus pada isu strategis, misalnya isu ekonomi, pidatonya akan lebih menarik.

“Padahal menurut saya sebagai penantang itu lebih baik menggunakan isu-isu strategis, fokus pada beberapa isu penting. Mereka sejak awal menggunakan isu ekonomi dan dalam pidato semalam isu ekonomi tidak begitu diperdalam. Kalau oposisi bisa fokus pada isu-isu ekonomi, mungkin pidato itu lebih punya daya dongkrak yang kuat,” papar Arya.

Arya menilai publik saat ini membutuhkan program dan visi misi yang jelas dan bukan hanya retorika. Pidato Prabowo dipandang masih terlalu banyak jargon dan belum mengedepankan solusi.

“Jadi publik nggak butuh retorika, makanya visi misi diturunkan pada program yang jelas, misalnya fokus ingin tingkatkan kesejahteraan masyarakat, nah itu bagaimana meningkatkannya, itu yang harus diturunkan dalam operasionalisasi programnya,” jelasnya.

Pidato Prabowo Dinilai Tak Punya Efek Besar pada Swing VoterArya Fernandes (Foto: Nur Azizah Rizki Astuti/detikcom)

“Nah, pidato semalam itu banyak jargon dan itu pelajaran oposisi ke depan, agar pidato membumi dan harus ada solusi. Jadi kalau kerangkanya kritikan, data, setelah data, apa tawaranya? Kalau semalam baru kritik dan data, tawarannya masih… Proporsi antar 3 itu masih di (pembahasan) kritik. Proporsinya belum seimbang,” sambung Arya.

Terkait dengan debat capres-cawapres yang akan digelar pada Kamis (17/1) mendatang, Arya memprediksi isu korupsi akan menjadi isu yang paling menarik bagi masyarakat. Hal itu diperkuat dengan banyaknya kepala daerah yang terkena Operasi Tangkap Tangan (OTT) KPK.

“Jadi publik punya intensi yang sangat besar untuk mengetahui apa proritas pemerintah terhadap agenda pemberantasan korupsi, terutama dari sisi korupsi politik. Apa yang ingin pemerintah lakukan untuk menangani tindak pidana korupsi itu. Saya kira isu korupsi, tanpa menegasikan isu lainnya, jauh punya magnitude yang besar,” papar Arya.

Arya mengimbau kedua pasangan capres-cawapres menghindari narasi-narasi yang kontroversial dan lebih fokus pada pemaparan solusi dalam debat nanti. Publik dinilainya sudah jenuh dengan isu-isu negarif yang selama ini mewarnai kampanye pilpres.

“Kira berharap dengan debat, model-model kampanye itu bisa berkurang, karena dalam debat orang lihat secara utuh, melihat visi misi kandidat, melihat kandidat secara komprehensif. Dan kita berharap sesuatu yang baru di debat dan mudah-mudahan isu negatif bisa hilang. Dan kita tunggu komitmen 2 pasangan ini untuk sajikan yang baru,” ujarnya.

Prabowo sebelumnya menyampaikan pidato kebangsaan di Plenary Hall JCC Senayan, Jakarta Pusat, Senin (14/1). Dalam pidato tersebut, Prabowo memaparkan visi-misi koalisinya dan mengkritik beberapa kebijakan pemerintah dari ekonomi hingga sikap aparat negara.
(azr/rna)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Cek Fakta Pidato Prabowo: Gaji Sebagian Jukir DKI di Atas Sebagian Dokter

Jakarta – Calon Presiden Nomor urur 02 Prabowo Subianto menyinggung gaji sebagian dokter yang lebih kecil dari juru parkir (jukir). Untuk Provinsi DKI Jakarta sebagian jukir menerima upah minimum provinsi (UMP).

Ikatan Dokter Indonesia (IDI) juga mengakui sebagian dokter umum masih bergaji di bawah Rp 3 juta. Gaji tersebut lebih kecil dari sebagian jukir di Jakarta yang bergaji UMP. UMP DKI di 2019 sebesar Rp 3.940.973.

Dari data UPT Perparkiran DKI Jakarta, terdapat 1.564 jukir yang terdata. 268 Orang jukir di tempat parkir elektronik mendapat gaji UMP. Sedangkan yang lainnya menerima melalui sistem bagi hasil, tergantung wilayahnya.
“Petugas parkir di lokasi Tempat Parkir Elektronik (sudah bergaji UMP) 268 orang,” kata Humas UPT Perparkiran DKI Jakarta Ivan Falentino saat dikonfirmasi, Selasa (15/1/2019).

Ivan mengatakan penggolongan parkir diatur melalui peraturan gubernur Nomor 188 tahun 2016 Tentang Tempat Parkir yang Dikelola Pemerintah Daerah. “(Bagi hasil) tergantung lokasinya. Di Pergub 188/2016 terdapat penggolongan kawasan jalan,” sebut Ivan.

Prabowo Subianto sebelumnya menyampaikan janji untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan sosial. Prabowo berbicara tentang gaji beberapa dokter yang menurutnya lebih kecil dibanding orang yang menjaga parkir mobil.

Prabowo awalnya mengatakan ingin memberantas kemiskinan. Tak hanya yang tampak, dia berjanji menumpas kemiskinan hingga ke akar.

“Fokus kedua meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan sosial. Kami akan perangi kemiskinan sampai ke akar-akarnya,” kata Prabowo dalam pidato kebangsaan ‘Indonesia Menang’ di JCC, Senayan, Jakarta, Senin (14/1).

Prabowo lalu menyinggung cara untuk mengurangi jarak antara orang kaya dan orang miskin di Indonesia. Dia juga menyinggung tata kelola BPJS. Di momen inilah Prabowo menyebut banyak dokter yang kini bergaji lebih kecil ketimbang tukang jaga parkir mobil.

“Kami akan perbaiki tata kelola BPJS dan jaringan sosial lainnya untuk mencegah defisit dan meningkatkan layanan kesehatan yang berkualitas. Dokter-dokter kita harus dapat, harus dapat penghasilan yang layak.

“Sekarang banyak dokter-dokter kita gajinya lebih kecil dari tukang jaga parkir mobil,” sebut Prabowo.

Saksikan juga video ‘Prabowo-Sandi Garap Isu Ekonomi di Setiap Debat’:

[Gambas:Video 20detik]

(fdu/tor) <!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Neraca Dagang RI Tekor US$ 8,57 Miliar di 2018

Jakarta – Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat realisasi ekspor Indonesia sepanjang 2018 mencapai US$ 180,06 miliar. Sementara impor di bulan yang sama tercatat US$ 188,63 miliar.

Dengan demikian, neraca perdagangan RI sepanjang 2018 defisit US$ 8,57 miliar. Nilai ekspor dan impor itu sama-sama naik.

Angka ekspor naik tipis 6,65% secara tahunan, sementara angka impor naik 20,15% dibandingkan periode yang sama tahun 2017.

“Untuk tahun 2018, neraca dagang kita defisit US$ 8,57 miliar,” kata Kepala BPS Kecuk Suhariyanto dalam jumpa pers di kantor pusat BPS, Jakarta Pusat, Selasa (15/1/2019).

Berikut data neraca perdagangan RI selama 2018

  • Januari: defisit US$ 756 juta
  • Februari: defisit US$ 52,9 juta
  • Maret: surplus US$ 1,12 miliar
  • April: defisit US$ 1,63 miliar
  • Mei: defisit US$ 1,52 miliar
  • Juni: surplus US$ 1,74 miliar
  • Juli: defisit US$ 2,03 miliar
  • Agustus: defisit US$ 1,02 miliar
  • September: surplus US$ 227 juta
  • Oktober: defisit US$ 1,82 miliar
  • November: defisit US$ 2,05 miliar
  • Desember: defisit US$ 1,1 miliar
  • Sepanjang 2018: defisit US$ 8,57 miliar

(ang/dna)

Gunung Merapi Kembali Muntahkan Lava Pijar

Liputan6.com, Yogyakarta – Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta kembali mencatat dua kali guguran lava pijar meluncur dari Gunung Merapi pada Selasa pagi ke hulu Kali Gendol.

BPPTKG menyebutkan, berdasarkan hasil pengamatan pada Selasa (15/1/2019) mulai pukul 00.00-06.00 WIB, teramati guguran lava pijar ke arah tenggara Gunung Merapi sebanyak dua kali dengan jarak luncur 300 hingga 500 meter ke hulu Kali Gendol.

Cuaca di Gunung Merapi pada Selasa pagi dilaporkan terpantau cerah dan berawan. Angin di gunung itu bertiup lemah ke arah Timur laut dengan suhu udara berkisar 17.8 hingga 21.7 derajat Celsius. Kelembaban udara 52 sampai 84 persen, dan tekanan udara 836.2 hingga 943.3 mmHg.

BPPTKG selama mengamati gunung api itu juga mencatat 7 kali gempa guguran dengan amplitudo 2 sampai 30 milimeter yang berlangsung selama 11.48 sampai 63.6 detik, gempa hembusan 2 kali dengan amplitudo 3.5 hingga 12.5 milimeter yang berlangsung selama 17.3 sampai 18.36 detik, dan gempa low frekuensi 1 kali dengan amplitudo 5 milimeter, berlangsung 15.28 detik.

Sebelumnya, pada Senin malam kemarin, BPPTKG juga mencatat dua kali luncuran guguran lava pijar dari Gunung Merapi dengan jarak luncur masing-masing 50 meter ke arah ke Timur laut. Guguran pertama pada pukul 23.41 WIB dengan durasi 35 detik, dan guguran kedua pada pukul 23.56 WIB dengan durasi 29 detik.

Berdasarkan analisis morfologi kubah lava Gunung Merapi yang terakhir dirilis BPPTKG, volume kubah lava mencapai 439.000 meter kubik dengan laju pertumbuhan mencapai 3.400 meter kubik per hari atau lebih kecil dari pekan sebelumnya.

2 dari 3 halaman

Masih Berstatus Waspada

Saat ini kubah lava masih stabil dengan laju pertumbuhan yang masih rendah, rata-rata kurang dari 20.000 meter kubik per hari. Mengacu pada data aktivitas vulkanik Merapi, hingga saat ini BPPTKG masih mempertahankan status Gunung Merapi pada level II atau Waspada.

Untuk sementara pihaknya jugab tidak merekomendasikan kegiatan pendakian, kecuali untuk kepentingan penyelidikan dan penelitian berkaitan dengan upaya mitigasi bencana.

BPPTKG mengimbau warga tidak melakukan aktivitas dalam radius tiga kilometer dari puncak Gunung Merapi.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: