Deretan Skandal yang Menjerat Miss Peru dari Masa ke Masa

Liputan6.com, Jakarta – Anyella Grados, Miss Peru 2019 menghebohkan publik setelah videonya tengah mabuk saat kompetisi berlangsung, tersebar luas. Kendati begitu, ia bukanlah Miss Peru pertama yang menimbulkan skandal di tengah publik. Rosa Elvira Cartagena, Laura Spoya, dan Melissa Paredes adalah beberapa nama ratu kecantikan yang diingat tak berujung di ‘negeri dongeng’.

Dilansir dari elcomercio.pe, Kamis (21/3/2019), kemenangan Rosa Elvira resmi dibatalkan beberapa bulan setelah dinobatkan sebagai Miss Peru 1999. Pencapaiannya kala itu sungguh menginspirasi mengingat Elvira merupakan perempuan keturunan Afrika pertama yang memenangkan kontes kecantikan.

Ia secara resmi kehilangan mahkota Miss Peru setelah kebohongannya terbongkar ke tengah publik. Kala itu, Elvira mengaku mahkota Miss Ambar dicuri. Keterangan palsu yang kemudian dipatahkan hanya dalam waktu singkat. 

Pada 2016, Estefani Mauricci kehilangan mahkota Miss Peru setelah mengaku menempuh pendidikan di Business Administration saat faktanya pergi ke National Superintendence of Higher Education University.

Priscila Howard terpilih mewakili Peru di Miss Universe 2017, tanpa secara resmi dimahkotai sebagai Miss Peru. Jessica Newton menentang keputusan itu dengan dalih, untuk kontes tingkat dunia, harusnya Peru mengirim perempuan lebih siap.

Laura Spoya kampiun sebagai Miss Peru 2015. Namun, setelah foto-fotonya bersama Renzo Costa, juri di tahun itu, mengundang tanda tanya akan kejujuran, publik menuntut transparansi kontes tersebut. Terlepas dari semua spekulasi, Spoya tetap menang.

Pada 2013, Melissa Paredes harus mengembalikan mahkota Miss Peru setelah enam hari dibawa pulang. Alasannya adalah karena foto sang model memakai lingerie beredar di tengah publik.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Begini sekilas penampakan bangunan Machu Picchu dan Putucusi di Peru yang terkenal itu.

Pogba Belajar dari Barcelona

Paris – Gelandang Manchester United Paul Pogba mengaku selalu menonton pertandingan Barcelona. Pogba mengungkapkan bahwa dirinya belajar dari Barca.

Pogba akan memimpin MU menghadapi Barca di perempatfinal Liga Champions. Setan Merah akan menjadi tuan rumah lebih dahulu di leg pertama, sebelum gantian bertandang ke Camp Nou di leg kedua dalam laga-laga yang digelar pada April 2019.

Tidak bisa dipungkiri bahwa Barca merupakan salah satu tim yang paling konsisten selama sekitar satu dekade terakhir. Di level domestik, Blaugrana memborong tujuh gelar LaLiga dan enam Copa del Rey sejak 2008/09, serta memenangi tiga gelar Liga Champions.


Laga perempatfinal akan menjadi pertemuan kedua Pogba dengan Barca usai Juventus kalah 1-3 di final Liga Champions 2014/15. Pogba tak ragu memuji Barca setinggi langit.
“Barcelona adalah tim yang selalu saya tonton. Sebagai gelandang Anda selalu bisa belajar dan saya juga senang menonton sepakbola. Sistem mereka, kultur yang dimiliki, itu benar-benar membantu saya,” ujar Pogba kepada Eurosport dikutip AS.

“Barcelona adalah tim hebat, salah satu yang terbaik di dunia. Mereka punya pemain-pemain hebat,” lanjut dia.

“Ini adalah pertandingan yang mana saya ingin bersenang-senang di dalamnya. Bermain melawan salah satu tim terbaik di dunia selalu menyenangkan. Ini adalah tim yang mengalahkan saya pada final Liga Champions. Tapi, akan selalu hebat bertarung melawan yang terbaik,” tutur gelandang Prancis itu. (rin/nds)


Dongeng Amad Rahmayang si Anak Durhaka dari Aceh

Suatu hari, ketika itu genap sepuluh tahun ia meninggalkan ibunya, terbetik kabar Amad Rahmayang telah sampai di dermaga. Air muka Mak Minah yang biasanya kuyu sepeninggal anaknya seketika kembali berseri.

“Amad pulang dengan kapal besar. Sudah gagah. Anak Mak Minah sudah jadi orang besar. Cepat, pergilah ke dermaga,” kata seseorang kepada Mak Minah.

Demi mendapat kabar tersebut, lekas-lekas Mak Minah berangkat. Rasa rindu sepuluh tahun tidak berjumpa dengan Amad Rahmayang kini terobati.

Berkat ajaran sang bunda, Amad Rahmayang tumbuh menjadi seorang pekerja keras dan telaten. Kelak, itu menjadi modal yang membuat ia bisa sukses di rantau orang.

Awalnya, ia menjadi kuli panggul lalu dipercaya menjadi pengawas. Sifat jujur Amad Rahmayang bikin seorang saudagar kaya raya menaruh simpati lantas mengawinkan putrinya yang cantik jelita dengan pemuda dari negeri seberang itu.

“Kanda, Dinda ingin sesekali bertandang ke kampung halaman Kanda. Ingin pula Dinda melihat seperti apa rupanya kampung halaman Kanda yang katanya permai itu, terutama bertemu dengan Ibunda, orang yang melahirkan Kanda,” pinta istri Amad Rahmayang suatu hari.

Amad Rahmayang tidak pernah menyangka istrinya akan melontarkan permintaan seperti itu. Ia mengaku kepada mertuanya kalau dirinya berasal dari trah bangsawan dan bergelar Tuanku Amad Rahmayang.

Apa pula yang akan dikatakan keluarga istrinya nanti jika mengetahui ia hanya seorang Amad Rahmayang yang berasal dari keluarga papa, beribu seorang tua renta yang kini tengah sakit-sakitan. Namun, demi menjaga muruah dan kepercayaan keluarga mertua, ia putuskan menuruti permintaan sang istri.

Hari itu, orang-orang mulai berkerumun di dermaga. Mereka penasaran dengan kedatangan Amad Rahmayang yang katanya sudah menjadi saudagar kaya raya di negeri orang.

Amad Rahmayang bersama rombongan turun dari kapal. Pernak-pernak perhiasan yang melekat di tubuh istrinya membuat orang-orang terkesima, pun tak kalah dengan Amad Rahmayang yang tampak gagah dengan pakaian bersulam emas.

Dari kejauhan, seorang wanita berteriak memanggil-manggil namanya. Perempuan berpakaian lusuh itu menyibak kerumunan lalu berdiri tepat di hadapannya.

“Siapa wanita ini, Kanda?” tanya istri Amad Rahmayang.

Sepuluh tahun harusnya terlalu lama untuk sebuah rindu yang terpendam, tetapi mulut sang anak kiranya terasa berat untuk menyambut orang yang telah mengandung dan menyapihnya itu. Niat hati hendak memeluk sang bunda sambil berurai air mata terhalang malu dan harga diri.

“Mengakui berarti bukit jadi paya,” bisik setan di telinga Amad Rahmayang.

Amad Rahmayang segera menepis tangan Mak Minah yang hendak merangkulnya. Matanya mendelik kepada para pengawal-pengawalnya.

“Siapa kau perempuan tua tak tahu malu. Jangan dekatkan tubuh kotormu itu ke tuan kami,” hardik seorang pengawal sembari menghalau perempuan renta berbaju compang-camping itu dari hadapan Amad Rahmayang. Perempuan ringkih itu terpental ke tanah.

“Amad? Ini aku makmu, Nyak…,” Amad Rahmayang malah berlalu begitu saja.

“Di sini tak ada ibuku. Dia tak ada di sini. Ayo kembali,” perintahnya.

“Tapi, Kanda,” tahan istrinya.

“Tidak. Ibuku tidak ada di sini. Dan itu, perempuan tua bau tak punya malu itu mana mungkin ibuku. Najis tanganku dipegangnya. Tak mungkin aku lahir darinya. Tak mungkin darahku berasal dari darahnya,” perkataan Amad Rahmayang bak petir pada siang bolong.

Hati Mak Minah hancur mumur, persis ketika ia melepas anaknya itu sepuluh tahun yang lalu. Bahkan, kali ini sakitnya tak tepermanai hingga rasa kasih sayangnya berubah amarah dan kutukan.

“Aku tidak mungkin salah, Nyak. Biar mata ini telah rabun. Biar kau berpakaian bak raja begitu. Hatiku ini hati seorang ibu, Nyak. Dan hati ini membenarkan kaulah Amad-ku. Amad yang terlahir dari rahimku, yang kususui dan kumandikan dengan tanganku. Kau sudah pasti Amad yang sepuluh tahun lalu kulepas dengan air mata dan doa di dermaga ini,” Mak Minah bergumam lirih sambil menitikkan air mata, sementara rombongan Amad Rahmayang memunggung, meninggalkannya.

Cerita KNKT Soal Pilot Ketiga yang Selamatkan Lion Air PK-LQP dari Bahaya

Liputan6.com, Jakarta – Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) mengakui adanya pilot ketiga dalam penerbangan pesawat Lion Air PK-LQP dengan nomor penerbangan JT 043, rute Denpasar-Jakarta.

Penerbangan dengan rute Denpasar-Jakarta tersebut merupakan penerbangan terakhir Boeing 737 Max 8 dengan nomor PK-LQP sebelum mengalami kecelakaan sehari setelahnya saat menempuh rute Jakarta-Tanjung Pinang.

“Pada penerbangan JT 043 dari Denpasar ke Jakarta yang mengalami gangguan setelah digantinya Angle of Attack sensor, KNKT menyampaikan bahwa benar ada pilot lain yang berada di cockpit pada penerbangan itu. Pilot ini adalah pilot yang telah selesai menjalankan tugas terbang dan akan kembali ke Jakarta,” kata Ketua KNKT, Soerjanto Tjahjono, di Kantornya, Jakarta, Kamis (21/3/2019).

Menurut dia, pilot yang memiliki kualifikasi menerbangkan Boeing 737-8 (MAX) ini sudah diwawancara oleh KNKT. Namun, dia mengaku tidak bisa membeberkan isi wawancara.

“Sesuai UU Nomor 1 tahun 2009 pasal 359, pernyataan dari seseorang yang diperoleh selama proses investigasi tidak boleh dipublikasikan. Untuk itu KNKT tidak akan menyampaikan hasil wawancara,” jelas dia.

Kepala Subkomite Kecelakaan Penerbangan KNKT, Nurcahyo Utomo, mengatakan bahwa keberadaan pilot ketiga tersebut sesungguhnya bukan merupakan tindakan yang melanggar aturan.

Dia menjelaskan dalam civil aviation safety regulation, disebutkan beberapa syarat yang membolehkan seseorang berada di kokpit, salah satunya orang yang memiliki lisensi sebagai penerbangan.

“Tidak melanggar. Aturan pemerintah civil aviation safety regulation dalam part 121, kalau enggak salah 547 mengatakan orang yang boleh ada di kokpit adalah satu awak pesawat atau orang berlisensi boleh dia sedang bertugas atau tidak bertugas, tapi orang yang berlisensi,” ujar dia.

“Kemudian pegawai pemerintah, Kementerian Perhubungan terutama, itu boleh. Ketiga (kalau) diizinkan oleh kaptennya, itu boleh. Jadi itu tidak melanggar,” tandasnya.

Reporter: Wilfridus Setu Embu

Sumber: Merdeka.com

Pemprov DKI Jelaskan Klaim Sandiaga Soal Investasi Rp 359 M dari OK OCE

Liputan6.com, Jakarta – Kepala Seksi Komunikasi Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM PTSP) Rinaldi menjelaskan klaim Calon wakil presiden nomor urut 02, Sandiaga Uno soal sumbangan investasi program OK OCE untuk DKI capai Rp 359 miliar.

“Rp 359 miliar itu data dari izin usaha mikro dan kecil atau IUMK,” kata Rinaldi saat dihubungi, Kamis (21/3/2019).

Menurut rekap data hingga 31 Desember 2018, IUMK di seluruh Jakarta total berjumlah 16.734 unit, dengan 7.295 unit di antaranya tergabung dalam program OK OCE. Sementara jumlah dana investasi total Rp 359.070.580.253,-

Artinya, klaim Sandiaga yang menyebut Rp 359 miliar bukan seluruhnya bersumber dari program OK OCE. Sebagian di antaranya bersumber dari IUMK.

Sebelumnya, Mantan Wagub DKI itu menyebut program besutannya telah menyumbang investasi DKI hingga Rp 359 miliar. Hal itu dibeberkan saat Sandiaga menyambangi salah satu unit usaha OK OCE di Bukit Duri Jakarta Timur.

“Sekarang tumbuh total investasi dari program OK OCE berapa tebak? Rp 359 miliar OK OCE sudah menyumbang pada ekonomi DKI. Alhamdulillah,” kata Sandiaga, siang tadi.

Jokowi-Prabowo Sama-sama Dapat Dukungan dari Pengusaha Hari Ini

JakartaJoko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno hari ini sama-sama akan mendapatkan deklarasi dukungan dari pengusaha. Namun, dukungan itu dilaksanakan di lokasi yang berbeda.

Berdasarkan agenda yang diterima, deklarasi dukungan ‘10.000 Pengusaha untuk Jokowi-Amin’ diadakan di Istora Senayan hari ini pukul 17.00 WIB. Acara tersebut rencana juga akan dihadiri langsung oleh Jokowi.

Sementara itu, Aliansi Pengusaha Nasional untuk Indonesia Menang akan menyampaikan dukungan kepada pasangan nomor urut 02 di Djakarta Theater XXI, Jakarta Pusat, malam ini pukul 19.00 WIB. Acara tersebut rencananya akan dihadiri Prabowo dan Sandi.

Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf yang juga Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Rosan Roeslani, tak ambil pusing dengan deklarasi dukungan para pengusaha yang suaranya terbelah ke kedua kubu. Menurutnya, hal itu sah-sah saja dan merupakan bagian dari kampanye.

“Kebetulan memang tanggalnya sama. Dari Prabowo-Sandi bikin di Djakarta Theater, kami bikin di Istora. Menurut saya ini proses kampanye, sah-sah aja kok. Dan kita lihat lah, tidak hanya dari segi massa tapi dari segi kualitasnya, dan pendukungnya. Yang kami lihat ini tidak berhenti di deklarasi saja, tapi kegiatan-kegiatan selanjutnya yang lebih kami perlu,” ujar Rosan di Hotel Century Park, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (21/3/2019).

Rosan mengaku tetap optimis walaupun ada dukungan pengusaha yang terbelah. Ia pun menekankan pesan dari Jokowi bahwa kampanye harus dilakukan secara santun dan tidak membodohi masyarakat.

“Tapi kami optimislah, kami jalan terus. Yang selalu ditekankan Bapak Presiden, menangkan kampanye ini secara benar, baik, jangan membodohi masyarakat, dan lakukan ini secara santun. Dan kalau kita lihat kan tim kami nggak ada narasi yang mencoba untuk membodohi masyarakat, mengadu-adu masyarakat,” pungkasnya.
(azr/imk)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Begini Cara Hindarkan Uang Elektronik dari Riba

Jakarta – Penggunaan uang elektronik kini sudah gencar di masyarakat. Selain memudahkan, penggunaan uang elektronik ini dinilai lebih efisien.

Pengamat ekonomi syariah, Adiwarman Karim menjelaskan promo dan diskon yang diberikan sebaiknya dilakukan oleh perusahaan yang berbeda. Jadi bukan penyelenggara e-money.

Menurut dia saat ini regulasi atau aturan Bank Indonesia (BI) tidak mengenal promo dan diskon ini. Namun saat ini penyelenggara uang elektronik yang kerap memberikan diskon seperti GoPay dan OVO sudah mendapatkan izin dari BI.

“Promo dan diskon dapat saja dilakukan oleh sister company, misalnya perusahaan seperti GoJek atau Grab. Jadi bukan perusahaan yang bukan penyelenggaranya,” ujar Adiwarman saat dihubungi detikFinance, Kamis (21/3/2019).
Adiwarman juga menjelaskan fatwa DSN tentang e-money akan memastikan perlindungan kepada konsumen. Misalnya financial protection, jadi dalam hal e-money berbasi kartu, jika kartunya hilang maka uang konsumen tidak boleh hilang.

Selanjutnya sharia protection. E-money tidak boleh digunakan untuk transaksi yang haram. Lalu rekening yang digunakan adalah rekening bank syariah.

Kemudian protection of excessive charges. Bila top up dilakukan on us, maka tidak ada charge yang dikenakan.

“Untuk meyakinkan masyarakat, selain self proclaim, dianjurkan agar penyelenggara e-money meminta kepastian aspek syariahnya dari DSN MUI. Sehingga ada dewan pengawas syariah yang mengawasi,” jelas dia. (kil/dna)

Cara Membuat Obat Luka Bakar Matahari dan Jerawat dari Lidah Buaya

Liputan6.com, Jakarta – Bagi Anda yang mengalami luka bakar akibat paparan sinar matahari tak perlu pusing. Untuk mengobatinya terbilang mudah dan sederhana, salah satunya dengan lidah buaya.

Selain dapat mengatasi luka bakar akibat paparan sinar matahari, tanaman yang meruncing dan bergerigi ini juga berfungsi secara alami untuk menyembuhkan jerawat.

Dilansir dari purewow.com, Selasa, 19 Maret 2019, lidah buaya membantu mengurangi rasa sakit dan kemerahan akibat paparan sinar matahari. Tidak heran jika lidah buaya juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah jerawat.

Selain menghidrasi, tanaman yang memiliki nama Aloe Vera ini juga berfungsi sebagai antibakteri alami. Lidah buaya dapat mencegah bakteri yang menginfeksi luka jerawat dan mempercepat proses penyembuhan.

Tanaman yang sudah dikenal sejak zaman Mesir Kuno ini juga dapat membantu menghilangkan bekas luka jerawat dan meratakan kulit dari waktu ke waktu. Untuk memanfaatkannya, singkirkan kulit lidah buaya dan gunakan saja gelnya. Tertarik untuk mencoba?

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Berikut beberapa manfaat lidah buaya yang dapat menyehatkan kulit

Ditanya soal Saran Mundur dari Fadli Zon, Menag Lukman Tersenyum

Bogor – Wakil Ketua DPR menyarankan Menteri Agama (Menag) Lukman Saifuddin mundur setelah ditemukannya uang ratusan juta rupiah di laci kerjanya menyeruak. Lukman enggan menanggapi saran tersebut.

Lukman memilih diam saat ditanya soal desakan mundur tersebut. Dia hanya tersenyum sambil meletakkan tangan di dadanya saat menanggapi pertanyaan wartawan.

Tanggapan itu diberikan setelah Lukman menghadiri Mukernas PPP di Hotel Seruni, Cisarua, Bogor, Rabu (20/3/2019). Lukman sebelumnya menanggapi pertanyaan terkait uang yang disita KPK dari lacinya.


Dia menegaskan belum bisa memberikan penjelasan terkait duit yang ditemukan di laci kerjanya. Sebab, hingga saat ini dia belum memberikan keterangan ke KPK.

“Saya kan saya selalu menyatakan saya secara etis tidak layak, tidak patut, tidak pantas kalau menyampaikan hal-hal yang bisa terkait dengan materi perkara yang dimungkinkan terkait materi perkara sebelum saya menyampaikan secara resmi ke KPK. Saya harus menghormati institusi negara yang bernama KPK karena mereka yang mestinya harus menerima keterangan resmi dari saya terkait dengan kasus ini. Begitu,” tutur Lukman.

“Jadi mohon maaf kepada para media, saya belum bisa saat ini untuk menyampaikan segala sesuatu yang terkait dengan hal ini. Tapi pada saatnya nanti, setelah saya menyampaikan secara resmi kepada KPK, saya akan sampaikan kepada media,” sambungnya.

Lukman mengaku sampai saat ini belum ada panggilan dari KPK.

“Belum ada,” pungkas Lukman.

Sebelumnya, Fadli Zon menyarankan Lukman berhenti dari jabatannya. Alasannya, kata dia, kasus ini bakal membebani pemerintah.

“Saya kira ini sangat memprihatinkan ya. Kalau di luar negeri, menterinya sudah mundur ya, lebih bagus begitu,” kata Fadli di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (19/3).
(gbr/mae)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Gejala Flu dan Jenisnya dari yang Ringan hingga Berat, Jangan Disepelekan

Jika penyakit flu ringan gejala-gejalanya bisa diatasi hanya dengan beristirahat, berbeda dengan penyakit flu yang berat. Gejala flu berat mungkin akan dirasakan berbeda pada tiap penderita.

Namun ada beberapa gejala flu berat yang patut diwaspadai dan harus mendapatkan tindakan pengobatan lebih lanjut atau pengobatan dari dokter.

Gejala-gejala flu berat patut diwaspadai apabila gejala tersebut tidak wajar dan berlangsung sangat lama. Beberapa flu berat bisa membahayakan jika tidak ditangani dengan cepat dan tepat. Bahkan penyakit flu yang berat dapat membahayakan dan mematikan. 

Beberapa jenis penyakit flu yang diakibatkan oleh virus mematikan seperti virus H5N1 atau flu burung dapat menjangkit hingga beberapa orang di suatu daerah yang sudah terkontaminasi dengan virus tersebut.

Berikut ini beberapa penyakit flu berat yang yang berbahaya dan patut untuk di waspadai.

– Flu babi

Flu babi adalah salah satu penyakit flu berat yang diakibatkan oleh virus H1N1 tipe A. Pada awalnya flu ini hanya menyerang babi, namun sekitar tahun 2009-2010 flu ini mulai menyerang manusia ke manusia.

Gejala-gejala flu babi pada awalnya akan muncul mirip dengan flu biasa. Gejala selanjutnya dapat lebih parah seperti penumonia atau paru-paru basah, perubahan kondisi mental, hingga berujung kematian.

Flu babi sendiri dapat menular seperti halnya flu-flu biasa. Menular melalui batuk, bersin, udara, berbicara dengan orang yang mengidap flu babi, menyentuh benda yang terinfeksi virus flu babi yang kemudian tanpa sengaja tangan menyentuh mulut atau hidung.

Namun virus flu babi tidak akan menginfeksi atau menular melalui makanan atau produk yang berbahan babi dengan syarat sudah dimasak. Untuk pengobatannya sendiri, flu babi harus di tangani dengan tepat dan cepat, agar tidak menyebar, dan penderita dapat cepat tertolong.

– Flu tulang

Flu berat selanjutnya adalah flu tulang atau lebih sering disebut dengan chikungunya. Flu tulang akan menyerang bagian-bagian tulang hingga persendian.

Gejala flu tulang sendiri sama dengan flu biasanya, namun sakit seperti nyeri juga akan dirasakan di bagian tulang dan persendian. penderita juga akan mengalami kemerahan atau ruam di kulit tubuhnya, demam, hingga mata kemerahan. 

Flu tulang sendiri disebabkan oleh gigitan nyamuk betina aedes aegypti atau aedes albopictus yang terinfeksi virus chikungunya. Nyamuk ini juga dapat menyebabkan demam berdarah (DBD), sehingga orang yang terinfeksi flu tulang juga bisa terinfeksi DBD.

Jika kamu mengalami gejala diatas, lebih baik segera konsultasikan kepada dokter atau segera periksakan diri ke rumah sakit.