Ban Mobil Kepsek Digembos, Rampok Sikat Dana BOS

Bekasi – Kepala Sekolah SDN Harapan Baru 3 Bekasi Rita Yulia syok setelah mengetahui uang dana bantuan operasional (BOS) yang baru dicairkan, raib. Uang sebesar Rp 111 juta itu dirampok kawanan pelaku pencurian modus gembos ban.

Peristiwa nahas itu dialami oleh Rita pada Senin (18/3) siang lalu. Saat itu, dia bersama bendahara dan penjaga sekolah mencairkan dana BOS di Bank BJB Jalan Ir H Juanda, Bekasi.

Setelah itu, Rita ditinggal oleh bendahara yang pamit lebih dulu lantaran mau menghadiri pemakaman. Dari situ, Rita pergi ke PGRI untuk mengikuti rapat. Rita naik mobilnya Honda Jazz.

“Selesai rapat pukul 11.00 WIB, saya rencana mau balik ke sekolah. Kemudian ada teman saya dari SDN Telukpucung 3 mau ikut saya, karena dia mau ke BJB Wisma Asri searah sama saya,” jelas Rita saat ditemui detikcom di kantornya di Jalan Perjuangan 48 Bekasi Utara, Kota Bekasi, Kamis (21/3/2019).

Dalam perjalanan, Rita tidak menaruh kecurigaan sama sekali. Sampai ketika mobilnya berhenti di Tytyan Kencana karena macet, bannya tiba-tiba mengalami gembos.

Rita kemudian mencari tukang tambal ban terdekat. Apesnya, ketika turun dari mobil untuk mengecek kondisi ban, Rita lupa mengunci pintu dan disaat itulah, perampok bermotor mengambil uang Rp 111 juta yang disimpannya di dalam tasnya.

Rita tidak sempat melihat ciri-ciri pelaku. Dia juga baru menyadari pencurian itu setelah diberitahu oleh driver ojek online yang berteriak maling.

“Pas dia (driver ojek online) sampai di depan saya, di bilang ‘bu saya bilang dari tadi itu ada orang ngambil tas di dalam mobil’. Saya langsung lihat dalam mobil, udah nggak ada tas saya,” sambungnya.

Rita kemudian melaporkan hal ini ke polisi. Dia juga melaporkannya ke Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bekasi. Lalu apa kata Disdik?

“Yang jelas kan begini, menurut aturan itu korban harus ganti,” ujar Sekretaris Disdik Kota Bekasi Inayatullah, ketika dihubungi wartawan, Kamis (21/3/2019).

Rita sendiri menyatakan siap mengganti uang yang hilang itu. Rita akan mengganti uang tersebut, meskipun menggunakan dana pribadinya.

Kasus ini masih diselidiki Polsek Bekasi Utara. Polisi mengatakan, pelaku berjumlah dua orang dan menggunakan motor.

“Dua orang. Informasi yang didapat (pelaku) dua orang, tapi tidak ada yang melihat secara persis. Bahkan korbannya tidak melihat,” ujar Kapolsek Bekasi Utara Kompol Dedi Nurhadi, ketika dikonfirmasi, Kamis (21/3/2019).

Polisi kesulitan mengembangkan kasus karena minimnya saksi. Di sekitar lokasi juga tidak ada CCTV yang merekam ciri-ciri pelaku.

(mei/fdn)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Jika Buyback Saham Indosat, Berapa Dana yang Dibutuhkan Sandiaga?

Sebelumnya, Cawapres nomor urut 02 Sandiaga Salahuddin Uno akan merealisasikan wacana membeli kembali atau buyback saham Indosat jika terpilih bersama Prabowo Subianto dalam Pilpres 2019. Sandiaga bakal bicara dengan pihak Qatar Telecom, pemilik grup Ooredoo.

“Sebetulnya, ide Pak Jokowi untuk mem-buyback Indosat itu bagus. Dan di bawah Prabowo-Sandi akan kita usahakan. Kita bicara dengan Qatar,” kata Sandiaga di kawasan Jakarta Timur, Rabu 20 Maret 2019.

Sandiaga menjelaskan, tujuannya buyback saham Indosat untuk mengintegrasikan data masyarakat Indonesia lewat KTP elektronik (e-KTP). Menurut dia, supaya sistem integrasi e-KTP tercapai, membutuhkan data-data yang dikuasai Indosat.

“Nah, salah satu yang mau kita dorong adalah dengan KTP elektronik, tapi kita juga harus menguasai data bagaimana kita kolaborasi Indonesia bisa punya kedaulatan datanya,” ucap Sandiaga.

Sehingga, kata Sandi, sistem integrasi Single Indentification Number (SIN) yang gagasnya lewat penggunaan ‘big data’ bisa dikawal dan dikontrol oleh perusahaan perusahaan seperti Telkomsel maupun Indosat. Nantinya, pusat data tersebut berada di Indonesia jika buyback Indosat berhasil.

“Data itu bukan hanya pemerintah saja, dari para pemegang seperti Telkomsel gabung sama Indosat itu bisa 80 persen. data masyarakat dipegang oleh kita. Akan kita ajak bergabung, Telkomsel kan mayoritasnya Indonesia kalau Indosat kan mayoritasnya masih pihak Qatar,” tutur Sandiaga.

“Kita mau buy back, sesuai rencanya Pak Jokowi namun tak kunjung terlaksana. Kita akan dateng ke pihak qatar, kita akan kembangkan, tapi kita yang mesti mayoritas, seperti telkomsel kan bagus dikelolanya oleh kita,” tambah dia.

 Eks Wakil Gubernur DKI Jakarta itu memastikan data data masyarakat dapat dikelola dengan baik dan bisa memberikan pelayanan publik yang lebih bagus bila dikuasai pemerintahnya kelak.

Menurut dia, Jokowi saat ini belum serius untuk buyback kembali Indosat.

“Ini kolaborasi, data untuk kebaikan kita semua dan saya yakin kalau kita bisa kelola dengan baik, kita rangkul, janji Pak Jokowi sampaikan kita tuntaskan,” tandas Sandiaga Uno.

Setelah Dana Desa, Nanti Ada Dana Kecamatan

Jakarta – Pemerintah kini sudah memiliki program anggaran untuk dana desa. Namun kini Kementerian Keuangan akan mengkaji anggaran untuk tingkat kecamatan.

Dana kecamatan ini nantinya tak akan jauh beda dengan dana desa dan kelurahan yang saat ini sudah dimiliki.

Dari mana alokasi anggaran tersebut nantinya? Berikut berita selengkapnya:

(kil/ang)

5 Cara Jitu Memilih Reksa Dana Terbaik

Pada saat menganalisis sesuatu, memang butuh waktu yang tidak sebentar. Perlu kesabaran dan dedikasi yang tinggi untuk konsisten dalam kegiatan tersebut.

Banyak yang akhirnya menyerah dan mengandalkan “untung-untungan” saja. Kalau begitu sih jadi mirip dengan perjudian. Ada baiknya untuk belajar langsung pada ahlinya.

Namun, sebelum itu, kenali lebih dahulu produk incaranmu. Tujuannya agar kamu lebih paham ketika mengalokasikan uang untuk diinvestasikan ke mana sekaligus tahu peluangnya di masa depan.

Reksa dana itu ada kaitannya dengan tren bisnis. Ada baiknya untuk selalu update informasi agar tahu perkembangan di Indonesia maupun secara global.

3. Kenali Umur Produk Investasi Reksa Dana

Setiap produk reksa dana memiliki umur yang berbeda. Perbedaan pada umur tersebut berpengaruh terhadap return.

Sebuah produk reksa dana yang usianya lama, biasanya memiliki return tinggi. Jikalau tidak tinggi, minimal bisa menjamin dapat return karena sudah terbukti kinerjanya. Daripada berspekulasi untuk produk baru dan belum teruji, kan?

Hanya saja, reksa dana yang berumur lama itu biasanya juga bakal mematok dengan harga lebih tinggi. Wajar karena sudah dikenal punya reputasi baik. Kalau kamu punya uang lebih, sih, tidak masalah, ya.

Sebaiknya ukur kemampuan dengan peluang yang ada saja. Ada baiknya minta saran pada teman atau seseorang yang sudah lama berinvestasi reksa dana.

PNM Bakal Kelola Dana Program Kemitraan AP I

Sebelumnya, New Yogyakarta International Airport Bakal Bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA) ditargetkan beroperasi pada April 2019 ini.

Senior Manager Corporate Communication PT Angkasa Pura I (Persero) Awaluddin mengatakan bahwa hingga saat ini kemajuan pembangunan bandara tersebut secara mencapai 37 persen. Sedangkan khusus untuk penerbangan internasional, pembangunannya sudah hampir 70 persen. 

“Untuk international operation mencapai 69,7 persen.Itu yang akan dioperasionalkan pada April 2019,” katanya, Sabtu 16 Februari 2019.

“Insya Allah kami maksimalkan sisa 1,5 bulan ini,” lanjut dia.

Hingga saat ini Angkasa Pura I yakin target operasi New Yogyakarta International Airport pada April 2019 dapat segera opersional. “Tapi tanggal pastinya kita belum,” kata dia.

Saat ini pihak Angkasa Pura I sudah meneripa permintaan 5 penerbangan dari Bandara New Yogyakarta International Airport dari berbagai maskapai. 

“Singapura dan Malaysia ada maskapai Air Asia, Silk Air dan Malaysia Airlines. Malaysia tiga Singapura ada dua. Akan ditarif April nanti untuk operation,” katanya.

Sementara itu Non-Terminal Manager Proyek Bandara NYIA Hendro Susanto mengatakan, saat ini pihaknya tengah melakukan pengaspalan di runway. Dari 3.250 meter saat ini baru mencapai 1.900 meter.

“Masih persiapan pondasi atasnya dilapisi aspal. Minggu depan aspal akan terus menerus,” tutur dia.

Sementara itu, saat ini untuk bangunan tower masih proses pelaksanaan. Untuk International operation nanti pakai mobile tower. “Pemakaian lokasinya di sisi barat,” ujar dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Bandara Jenderal Besar Soedirman diharapkan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat sekitar Purbalingga akan layanan transportasi udara yang memadai.

DPRD DKI Usul MRT Gratis, Anies: Nggak Mungkin, Dana Terbatas

Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan usulan DPRD DKI Jakarta untuk menggratiskan MRT tidak mungkin direalisasikan. Anies menyebut dana APBD terbatas.

“Nggak mungkin, dananya terbatas. Tapi biar dibahas nanti,” kata Anies di Kantor Wali Kota Jakarta Utara, Jalan Yos Sudarso, Jakarta Utara, Selasa (19/3/2019).

Komisi B DPRD mengusulkan ke Pemprov DKI Jakarta tarif gratis bagi warga DKI Jakarta. Anies mengapresiasi usulan tersebut. Namun, dia memperkirakan hal itu tidak akan terealisasi.

“Kelihatannya nggak (bisa), tapi sebagai usulan iya-iya aja,” sebutnya.

Sebelumnya, Komisi B DPRD DKI Jakarta menggelar rapat penetapan tarif MRT. Dalam rapat salah satu usulannya yakni mengusulkan ongkos gratis bagi warga DKI Jakarta yang menggunakan MRT.

“Kami minta subsidinya hanya untuk masyarakat DKI,” kata Ketua Komisi B Abdurrahman Suhaimi di gedung DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat.

Suhaimi menuturkan penetapan tarif tetap harus dilakukan. Tapi tarif tersebut hanya berlaku bagi warga non-DKI Jakarta. “Tapi tarif tetap ada buat masyarakat non-DKI Jakarta,” sebut Suhaimi.
(fdu/idn)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Remaja ‘Eggboy’ Sumbangkan Dana Untuk Korban Penembakan Christchurch

Canberra

Remaja yang memecahkan telur di kepala senator Fraser Anning tidak akan mengajukan tuntutan terhadap senator sayap kanan itu karena telah memukulnya sebanyak dua kali di kepala, atau terhadap para saksi mata yang merobohkannya ke lantai dan mencekiknya, kata pengacaranya.

Peter Gordon, yang bertindak untuk pro bono bagi remaja berusia 17 tahun itu, mengatakan semua sumbangan yang dikumpulkan melalui halaman penggalangan dana yang disiapkan untuk menutup biaya hukum remaja itu akan diberikan kepada para korban serangan teror Christchurch.

Halaman tersebut mengumpulkan lebih dari $ 57.000 atau lebih dari Rp575 juta pada pukul 14:30 waktu setempat.

“[Dia] berkomitmen bahwa setiap sen dari uang yang dikumpulkan dari halaman GoFundMe akan digunakan untuk mendukung para korban tragedi di Christchurch,” kata Gordon.

Peter Gordon mengatakan remaja itu bekerja sama dengan polisi dan akan memberikan keterangan dengan petugas hari ini.

Polisi sedang menyelidiki insiden – yang terjadi pada hari Sabtu (16/3/2019) di sebuah pertemuan politik di Moorabbin, di tenggara Melbourne – “secara menyeluruh”, termasuk tindakan remaja itu, Senator Anning dan lainnya.

Tetapi Peter Gordon mengatakan kliennya tidak ingin mengambil tindakan apa pun terhadap senator atau pendukungnya.

“Dia menyadari sepenuhnya posisi dirinya dan dia tidak punya rencana untuk mengajukan tuntunan atau mengambil tindakan apa pun yang bersifat hukum,” katanya.

Peter Gordon
Pengacara Peter Gordon mengatakan remaja yang dijuluki ‘eggboy’ sangat terharu dengan dukungan di internet yang dia terima. (ABC News)

‘Polisi luar biasa’

Peter Gordon mengatakan remaja itu ingin berterima kasih kepada Polisi Victoria atas penanganan mereka atas masalah ini, termasuk tanggapan mereka terhadap insiden pada hari Sabtu (916/3/2019) dan dukungan yang telah mereka berikan kepadanya dan keluarganya sejak saat itu.

“Mengutip ucapannya, polisi telah bersikap luar biasa,” kata Gordon.

Gordon tidak mengungkapkan apakah kliennya telah menerima ancaman sejak insiden itu, tetapi berterima kasih kepada polisi dan sekolahnya atas upaya mereka untuk membuatnya tetap aman.

“Seperti yang dapat Anda bayangkan, beberapa hari terakhir sangat sulit bagi [dia] dan keluarganya,” katanya.

Dia mengatakan remaja itu telah “kewalahan” menerima pesan-pesan dukungan dari seluruh Australia dan di seluruh dunia, yang mayoritasnya menyatakan “dukungan dan cinta”.

Dia mengatakan sementara remaja dan keluarganya mungkin ingin menceritakan kisah mereka di masa depan, untuk saat ini mereka meminta media untuk menghormati privasi mereka.

Gordon mengatakan sejumlah akun media sosial yang telah muncul dalam beberapa hari terakhir atas nama kliennya tidak dioperasikan oleh kliennya, yang katanya belum akan mengunggah apapun di media sosial dalam waktu dekat.

Simak beritanya dalam bahasa Inggris disini.


(ita/ita)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Ma’ruf Amin Sebut Dana Abadi dalam Debat, Apa Maksudnya?

Liputan6.com, Jakarta – Calon wakil presiden nomor urut 01 Ma’ruf Amin menjelaskan dana abadi yang disinggung saat debat cawapres, Minggu 17 Maret 2019. Dana tersebut adalah alokasi khusus oleh pemerintah untuk investasi di bidang kebudayaan, mencakup riset dan juga pendidikan.

“Dana abadi itu dana tetap yang bergulir yang nanti hasilnya dari investasinya itu yang digunakan untuk membiayai kegiatan kebudayaan,” jelas Ma’ruf Amin di sela safari politik di Jombang, Jawa Timur, Senin (18/3/2019).

Dia mencontohkan, pemerintah bisa mengalokasikan dana Rp 50 triliun untuk riset. Dana itu bakal terus ditambah agar mendapatkan manfaat.

“Nah dana abadi modalnya terus ditambah, hasilnya digunakan, sehingga ada sifatnya non APBN,” lanjut Ma’ruf.

Tujuan pendanaan khusus itu, agar terus terjadi perbaikan berkelanjutan. Misalnya dana abadi pendidikan untuk melakukan reformasi pendidikan.

“Untuk memelihara ini perlu ada upaya di samping konservasi kebudayaan tapi kita menyiapkan dananya selain anggaran ada dana abadi kebudayaan juga,” kata Ketum MUI itu.

Dalam debat cawapres, Ma’ruf Amin menjelaskan rencananya untuk pengembangan riset dalam negeri. Dia memiliki gagasan untuk mengkoordinasikan dana riset satu dalam satu jalur lantaran saat ini terpecah-pecah ke berbagai lembaga dan kementerian.

Total Aset Reksa Dana Syariah Capai Rp 37,3 Triliun

Bursa Efek Indonesia (BEI) menegaskan bahwa pasar modal syariah Indonesia merupakan yang terbesar di dunia. Menurut data World Bank, total penduduk Indonesia berjumlah 264 juta orang. Angka ini lebih besar dari jumlah penduduk di 8 negara yang memiliki aset kuangan syariah terbesar di dunia.

Dari 264 juta orang, 87 persen penduduknya merupakan muslim dan 64 persennya merupakan kelompok produktif. Hal ini lah yang membuat potensi pasar modal syariah di Indonesia begitu besar.

Ini dapat dibuktikan dari aset keuangan syariah Indonesia di pasar global berada di peringkat ke 7 mencapai USD 81 miliar pada 2017, mengalahkan Turki yang mencapai USD 49,5 miliar. 

“Indonesia peringkat ke 7 aset keuangan syariah di dunia 2017. Karna masih kecil maka ruang tumbuhnya begitu besar,” jelas Iwan Abdalloh, Kepala Divisi Pasar Modal Syariah Bursa Efek Indonesia, Senin (18/3/2019).

Adapun negara lain yang memiliki aset keuangan syariah tertinggi didunia pada 2017, Iran menduduki peringkat pertama dengan jumlah aset mencapai USD 545 miliar. Sedangkan posisi kedua ditempati oleh Saudi Arabia mencapai USD 472 miliar.

Sementara Malaysia menduduki peringkat ke tiga dengan jumlah aset USD 405 miliar. Posisi ke empat oleh Uni Emirat Arab mencapai USD 203 miliar. Dan posisi selanjutnya yaitu, Kuwait dengan USD 120 miliar, dan Bahrain mencapai USD 99 miliar.

Irwan menambahakan tingginya potensi pasar modal syariah di Indonesia juga didukung oleh milesstones lainnya. “Milestones ini udah ada dari lama kok, sudah ada sejak 1997,” ujarnya.

Adapun milestones yang menunjang pasar modal syariah yaitu, Reksa Dana Syariah yang ada sejak 1997, Indeks Saham Syariah sejak 2000, Sukuk pada 2002, Regulasi Pasar Modal Syariah sejak 2006, dan terakhir yaitu ETF Syariah yang ada sejak 2013.

Berburu SUV dengan Dana Puluhan Juta Rupiah, Ini Pilihannya

4. Daihatsu Taruna

Dari jajaran merk Jepang lainnya, terdapat sebuah Daihatsu Taruna yang diproduksi dari tahun 1999 hingga tahun 2006. Taruna memiliki beberapa seri yaitu C series yang memiliki kapasitas 5 penumpang, F series dengan kapasitas 7 penumpang, dan Oxxy yang merupakan versi penyegaran terakhir dari Taruna.

Pada awal kemunculannya di 1999, Taruna hadir dengan pilihan mesin 1.600 cc karburator yang memiliki tenaga 94 Tk dan torsi 127 Nm, selanjutnya di tahun 2001 Taruna akhirnya menghadirkan versi 1.600 cc injeksi yang menghasilkan tenaga lebih besar hingga 103 Tk dan torsi 134 Nm.

Akan tetapi di tahun selanjutnya yaitu 2002, Taruna justru menurunkan spek mesin tersebut dengan menghadirkan mesin 1.500 cc full injeksi. Mesin baru tersebut hanya menghasilkan tenaga sebesar 98 Tk dengan torsi 127 Nm.

Dicek di situs jual beli Otosia, saat ini Daihatsu Taruna memiliki harga pasaran berkisar Rp 50 juta hingga Rp 100 juta, bergantung pada pemilihan tipe dan tahun.

5. Ford Escape

Terdapat satu pilihan SUV gagah asal negeri paman sam, Amerika Serikat yaitu Ford Escape. Mobil ini pertama masuk ke Indonesia pada 2002 dengan dua pilihan mesin yaitu mesin berkapasitas 2.0 liter 4 silinder yang menghasilkan tenaga 130 Tk dan torsi 183 Nm serta mesin berkapasitas 3.0 liter V6 dengan tenaga 206 Tk dan torsi 276 mm.

Untuk mesin 2.0 liter selanjutnya dikawinkan dengan sistem transmisi manual, sedangkan varian 3.0 liter dikombinasikan dengan sistem transmisi otomatis. Pada 2004, Ford memasukan mesin baru berkapasitas 2.3 liter 4 silinder yang dihadirkan untuk menggantikan mesin 2.0 liter. Mesin 2.3 liter ini memiliki tenaga 157 Tk dan torsi 200 Nm.

Pada tahun 2008, Ford melakukan perubahan besar pada diri Escape yang ditujukkan untuk memberikan tampilan yang lebih segar. Untuk model facelift ini, ubahan hanya berfokus pada eksterior dan interior saja. Tidak ada ubahan lagi pada sektor mesin.

Mobil ini juga dikenal memiliki suspensi yang nyaman serta kabin yang lapang, sayangnya mobil ini juga dikenal sebagai ‘sahabat SPBU’ karena memiliki konsumsi bahan bakar yang boros. Serta kekurangan lainnya yaitu sudah tidak adanya lagi APM Ford di Indonesia pasca hengkangnya Ford dari Indonesia.

Saat ini Ford Escape memiliki harga pasaran berkisar Rp 45 juta hingga Rp 100 juta.

Sumber: Otosia.com