TKN Jokowi Dorong Pembangunan Infrastruktur dan Pertanian di Kaltara

Nunukan – Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin mendorong maksimalisasi pembangunan infrastruktur dan peningkatan produksi pertanian dan perikanan di Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara).

Ketua Rumah Aspirasi Rakyat TKN Deddy Yevri Hanteru Sitorus mengatakan Provinsi Kalimantan Utara, yang berada di tapal batas dengan Malaysia, masih minim infrastruktur. Dia mengemukakan hal ini setelah berkeliling di wilayah Provinsi Kaltara hingga daerah pelosok perbatasan negara Indonesia dengan Malaysia.

Menurut Deddy, masyarakat pelosok dan pedalaman kebanyakan mengeluhkan kurangnya infrastruktur pedesaan atau jalan tani serta sulitnya meningkatkan produksi pertanian dan perikanan.

“Masyarakat kesulitan mengeluarkan hasil pertanian karena kurang jalan tani. Semua masyarakat di perbatasan mengeluhkan jalan tani yang masih kurang,” ujar Dedy, seperti dilansir Antara, Kamis (21/3/2019).

Karena itu, dia berjanji akan mendorong pemerintah pusat agar menambah anggaran Dana Desa dan Dana Alokasi Khusus. Menurut dia, pemda setempat tidak mungkin mampu menangani hal ini karena keterbatasan anggaran.

“Pemda-pemda di Kaltara ini tidak mungkin bisa menanganinya karena keterbatasan anggaran,” kata Deddy Sitorus.

Deddy juga mengajak pemda-pemda terus berkoordinasi dengan kementerian dan lembaga untuk mendapatkan anggaran dari APBN membangun wilayahnya. Dia berjanji akan menyampaikan kepada Presiden Jokowi terkait permasalahan infrastruktur dan produksi perikanan dan pertanian di Kaltara.

“Tanpa campur tangan pemerintah pusat di Kaltara ini, sangat sulit dibangun soal infrastruktur karena pemda memiliki keterbatasan anggaran,” ujarnya.
(idn/idn)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Saat Indra Sjafri dan Manajer Timnas Bantu Warga Vietnam di Jalanan

Hanoi – Ada momen menarik usai Timnas Indonesia U-23 lapangan Stadion My Dinh. Pelatih Indra Sjafri dan manajer Sumardji membantu warga Vietnam di jalanan.

Timnas Indonesia akan bertanding melawan Thailand di Stadion My Dinh, Hanoi, Vietnam, Jumat (22/3/2019) sore WIB, dalam laga Kualifikasi Piala Asia U-23. Sehari sebelumnya, skuat Gaurda Muda menjajal lapangan yang akan digunakan.

Timnas U-23 menjajal lapangan pada pukul 15.00 waktu setempat. Uji coba lapangan ini cuma berlangsung selama satu jam. Setelahnya, para pemain beserta staf pelatih kembali ke hotel, yang jaraknya cuma sekitar 800 meter.

Karena jarak yang tak terlalu jauh itu, Indra tak ikut rombongan pemain. Dia memilih berjalan kaki, ditemani manajer Timnas Sumardji dan fisioterapis Asep Aziz.

Di tengah perjalanan, ketiganya melihat seorang warga Vietnam tampak kesusahan. Seorang bapak-bapak sedang kesulitan karena barang bawaannya dari motor terjatuh. Barang itu berupa karung.

Indra, Sumardji, dan Asep seketika bereaksi untuk membantu orang tersebut. Dalam upaya itu, Sumardji menjelaskan bahwa sempat kesulitan berkomunikasi karena perbedaan bahasa.

“Tadi itu abis jalan pulang coba lapangan. Kami lihat ada orang bingung karena karungnya jatuh. Cuma sekadar mau nolong aja,” kata Sumardji kepada detikSport, yang sedang berada di Hanoi untuk meliput Kualifikasi Piala Asia U-23.

“Mimik dia bingung. Sama-sama gak bisa komunikasi toh. Kita gak bisa bahasa dia, nah sebaliknya dia juga gak bisa [bahasa] Inggris. Semoga pertanda baik ajalah ini semua,” sambungnya sambil tertawa.

Di Kualifikasi Piala Asia U-23, Indonesia tergabung di Grup K bersama tuan rumah kualifikasi Vietnam, Thailand, dan Brunei. (ran/yna)


Ancelotti: Zidane dan Real Madrid Pasangan Serasi

Liputan6.com, Madrid – Pelatih Napoli, Carlo Ancelotti, angkat bicara soal keputusan Real Madrid merekrut kembali Zinedine Zidane. Menurut Ancelotti, itu adalah keputusan tepat

Zidane sukses mengantarkan Real Madrid meraih tiga gelar Liga Champions secara beruntun, sebelum akhirnya mundur di akhir musim lalu.

Setelah Zidane pergi, Real Madrid dilatih Julen Lopetegui. Namun, performa Los Blancos jeblok di tangan eks Pelatih Timnas Spanyol tersebut.

Real Madrid kemudian mempromosikan Santiago Solari. Setali tiga uang, performa Los Blancos juga buruk bersama pelatih Argentina itu. Pada akhirnya, Madrid menunjuk kembali Zidane sebagai pelatih.

“Zidane kembali dengan sadar, dan saya tidak melihat bahaya yang dekat dengannya. Tidak ada yang bisa membuatnya bertanggung jawab atas hasil di sisa musim ini,” kata Ancelotti kepada France Football.

6 Fungsi Mikrotik Lengkap dengan Penjelasan dan Jenisnya

1. Rutin Mengganti Password WiFi

Ini adalah cara yang paling sederhana untuk mengamankan WiFi. Kamu bisa melakukannya melalui pengaturanrouter. Biasanya, ada panduan untuk mengubah kata sandi di tiap router.

Pilihlah kata sandi yang mudah diingat, tapi cukup sulit dibajak. Lebih baik lagi menggunakan gabungan huruf kecil, kapital, dan angka. Meskipun agak merepotkan, tapi lebih baik mencegah daripada memperbaiki, bukan?

2. Cek Pengguna WiFi

Setelah mengubah kata sandi WiFi, beberapa pengaturan lain perlu dilihat. Di laman pengaturan, biasanya terdapat daftar siapa saja yang sedang menggunakan WiFi kamu. Jika ada gawai asing, kamu perlu mewaspadainya.

3. Gunakan Aplikasi untuk Memantau

Ada tips tambahan, yaitu menggunakan aplikasi. Misalnya saja Fing yang tersedia untuk Android dan iOS. Untuk pengguna Windows bisa gunakan Acrylic WiFi, sedangkan untuk macOS, gunakan Who Is On My WiFi.

Jadwal Pencairan THR dan Gaji Ke-13 PNS dan Pensiunan

Kemenkeu telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 2,66 triliun untuk menyalurkan kenaikan gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS), Tentara Nasional Indonesia (TNI), dan Kepolisian Republik Indonesia (Polri), pada awal April mendatang.

“Kami harap pada awal April bisa kami bayarkan. Tidak hanya gaji April, tetapi juga rapelan kenaikan gaji Januari sampai Maret dengan total mencapai Rp 2,66 triliun,” ujar Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam Konferensi Pers APBN KiTa, Selasa (19/3/2019).

Terkait kenaikan gaji PNS di daerah, bendahara negara ini menyampaikan bahwa alokasi anggaran telah diperhitungkan melalui transfer Dana Alokasi Umum (DAU).

Tahun ini anggaran DAU ditetapkan sebesar Rp 417,9 triliun, atau naik dari tahun lalu yang hanya Rp 401,49 triliun.

Tak hanya itu, Sri Mulyani memastikan THR akan cair sebelum libur Lebaran yang jatuh pada 5 Juni 2019.

Saat ini pemerintah tengah membuat Peraturan Pemerintah (PP) terkait hal tersebut.

“Kalau Lebaran jatuh di 5 Juni 2019 dan ada libur bersama dari akhir Mei, maka kami akan membayarkan THR sebelum libur bersama itu,” ucap Sri Mulyani.

“Jadi untuk THR tetap kita lakukan, PP-nya akan dikeluarkan oleh Pak Presiden (Joko Widodo),” sambungnya.

Sedangkan untuk pencairan gaji ke-13 akan kembali dilakukan pada 1 Juli 2019 mendatang. Jadwal ini sama seperti tahun-tahun sebelumnya.

“Setiap tahun gaji ke-13 dibayarkan pada 1 Juli 2019. Ini tidak ada perubahan setiap tahun begitu, sejak 10 tahun lalu,” paparnya.

Fungsi Pasar Modal dan Peran dalam Perekonomian Nasional

1. Menambah Modal Usaha

Fungsi pasar modal adalah membantu perusahaan mendapatkan dana dengan cara menjual saham ke pasar modal. Saham-saham tersebut akan dibeli oleh masyarakat umum, perusahaan lain lembaga atau pemerintah. 

2. Pemerataan Pendapatan

Dalam jangka waktu tertentu, saham-saham yang sudah dibeli akan memberikan deviden atau bagian dari keuntungan perusahan terhadap para pembelinya. Untuk itu, Fungsi pasar modal bisa dianggap sebagai sarana pemerataan pendapatan.

3. Sarana Peningkatan Kapasitas Produksi

Dengan adanya tambahan modal yang didapatkan dari pasar modal, maka produktivitas perusahaan akan menjadi tinggi atau meningkat.

4. Sarana Menciptakan Tenaga Kerja

Fungsi pasar modal bisa menjadi pendorong muncul dan berkembangkan industri lain yang dampaknya bisa untuk menciptakan lapangan kerja baru.

5. Sarana Meningkatkan Pendapatan Negara

Masing-masing dividen yang diberikan kepada para pemegang saham akan dikenai pajak oleh pemerintah. Adanya tambahan pemasukan dengan pajak ini akan meningkatkan pendapatan untuk negara.

6. Indikator Perekonomian Negara

Kegiatan dan volume penjualan atau pembelian di pasar modal yang meningkat dapat memberikan indikasi bahwa kegiatan bisnis perusahaan dapat berjalan dengan baik. Begitu juga sebaliknya.

Real Madrid dan Zidane Memang Ditakdirkan Berjodoh

Liputan6.com, Madrid – Carlo Ancelotti menantikan masa-masa kebangkitan Real Madrid dengan kembalinya Zinedine Zidane di kursi kepelatihan. Menurut pelatih Napoli tersebut, keduanya memang diciptakan untuk saling bersatu dan tak bisa dipisahkan.

Zidane mendapati masa-masa terbaiknya dalam karir sebagai pelatih saat menukangi Real Madrid. Dalam kurun waktu dua setengah musim, pria asal Prancis tersebut berhasil mengantarkan Los Merengues meraih tiga gelar Liga Champions.

Sayangnya, torehan itu tak bisa dilanjutkan oleh dua suksesornya, Julen Lopetegui dan Santiago Solari. Jangankan meraih trofi Liga Champions, keduanya bahkan tak mampu membuat Los Merengues meraih hasil positif secara konsisten.

Pada bulan Maret, kesabaran Madrid terhadap Solari sudah habis. Tak lama setelah dipastikan tersingkir dari ajang Liga Champions, pelatih asal Argentina tersebut didepak guna memberi ruang kepulangan Zinedine Zidane.

Laga debut ulangan Zidane bersama Los Merengues pun terbilang cukup apik. Pertandingan tersebut merupakan rangkaian dari La Liga yang digelar hari Sabtu (16/3) dengan Celta Vigo sebagai lawannya. Madrid menang dengan skor 2 -0.

Meski baru satu pertandingan, namun kemenangan tersebut telah membangkitkan antusiasme di lingkungan Real Madrid. Ancelotti, yang juga pernah menukangi Los Merengues, melihat Zidane sebagai pasangan yang sempurna untuk klub raksasa Spanyol tersebut.

Fungsi Mikroskop, Bagian, dan Cara Merawatnya Agar Tetap Awet

1. Mikroskop harus disimpan di tempat sejuk, kering, bebas debu dan bebas dari uap asam dan basa.Tempat penyesuaian yang sesuai ialah kotak mikroskop yang dilengkapi dengan silica gel, yang bersifat higroskopis, sehingga lingkungan sekitar mikroskop tidak lembab. Selain itu dapat pula diletakkan dalam lemari yang diberi lampu untuk mencegah tumbuhnya jamur.

2. Bagian mikroskop non optik, terbuat dari logam atau plastik, dapat dibersihkan dengan menggunakan kain fanel. Untuk membersihkan debu yang terselip di bagian mikroskop tersebut dapat digunakan kuas kecil atau kuas lensa kamera.

3. Lensa-lensa mikroskop (okuler, objektif, dan kondensor) dibersihkan dengan menggunakan tisue lensa yang diberi alkohol 70%. Jangan sekali-kali membersihkan lensa menggunakan sapu tangan atau lap kain.

4. Sisa minyak imersi pada lens objektif dapat dibersihkan dengan xilol (xylene). Pada penggunaan xilol haruslah hati-hati, jangan sampai cairan xilol menempel pada bagian mikroskop non optik, karena akan merusak cat atau merusak bahan plastik, dan juga jangan menggunakan larutan ini kebagian lensa yang lain kecuali produsennya menyatakan bahwa tindakan tersebut aman.

5. Sebelum menyimpan mikroskop, bersihkan selalu mikroskop tersebut, terutama hapus semua minyak imersi di permukaan lensa, sehingga partikel yang halus tidak menempel dan menggumpal serta mengering. Minyak dan partikel halus pada lensa dapat mengaburkannya dan menyebabkan goresan. Hal ini menurunkan kemampuan lensa. Preparat yang tertinggal di atas meja mikroskop merupakan pertanda jelas suatukelalaian atau kecerobohan.

6. Sebelum menyimpan mikroskop, meja mikroskop diatur lagi dan lensa objektif dijauhkan dari meja preparat dengan memutar alat penggeraknya ke posisi semula, kondensor diturunkan kembali, lampu dikecilkan intensitasnya lalu dimatikan (kalau mikroskop listrik).

Kesaksian Aher dan Demiz di Sidang Kasus Suap Proyek Meikarta

Liputan6.com, Bandung – Sidang kasus suap proyek Meikarta dengan terdakwa Bupati Bekasi nonaktif Neneng Hasanah Yasin kembali digelar di Pengadilan Tipikor Bandung, Jawa Barat, Rabu siang.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Kamis (21/3/2019), sidang menghadirkan 12 saksi. Dua di antaranya mantan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) dan Deddy Mizwar (Demiz).

Dalam keterangannya, Aher mengaku sempat bertemu dengan Neneng di Moskow, Rusia, antara lain membahas proyek Meikarta. Aher mengaku telah memberikan surat rekomendasi izin Meikarta kepada Dinas DPMPTSP untuk ditandatangani. Namun, Aher menyanggah telah menerima uang dari Meikarta.

Sementara, Demiz menuturkan sempat meminta agar pembangunan proyek Meikarta dihentikan. Selain belum ada izin dari provinsi, luas lahan proyek Meikarta tidak sesuai dengan yang direkomendasikan ke Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang hanya seluas 84,6 hektare.

“Yang penting bagaimana kesimpulannya, kita sudah selesaikan tugas masing-masing, kira-kira perbincangannya seperti itu,” jelas mantan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan.

Suharso Monoarfa dan Air Mata Partai Kakbah di Balik Kasus Romahurmuziy

Liputan6.com, Jakarta Usai resmi dikukuhkan sebagai Pelaksana Tugas Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Suharso Monoarfa menyampaikan pidato pertamanya sebagai Plt Ketum PPP kepada para pimpinan DPC/DPW PPP. Dalam pidatonya, Suharso mengenang sosok Romahurmuziy alias Romi yang baginya sudah seperti adik sendiri.

“Saya tidak pernah bermimpi bisa bediri disini menerima mandat ini. Bagi saya Romi anak saya, adik saya,” kata Suharso dengan diiringi cucuran air mata dalam Mukernas PPP ke-3, di Hotel Seruni, Cisarua, Bogor, Rabu (20/3/2019).

Suharso menceritakan, mantan ketum PPP itu sudah seperti meteor yang memiliki kapasitas dan kapabilitas untuk menjadi calon pemimpin bangsa ke depannya. Dirinya melihat bahwa sejauh ini Romi sudah terbukti memiliki bibit, bebet, dan bobot sebagai calon pemimpin.

Dalam kesempatan itu, Suharso juga mempertanyakan apakah partainya harus berlinang air mata karena kerap terjerat kasus korupsi.

“Kita tahu sebutan partai dengan lambang Kakbah letaknya di Mekah. Mekah asal katanya ‘bakkah’ artinya air mata. Apakah kemudian partai kita harus berlinang air mata?” tanyanya kepada peserta Mukernas ke-3 PPP.