Dalam 1 Hari, 3 Pulau Cantik Terjamah di Derawan

Liputan6.com, Jakarta – Derawan, nama pulau sekaligus kepulauan di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, ini kaya akan wisata alam yang menakjubkan. Liputan6.com bersama rombongan Airnav Indonesia berkesempatan mengeksplorasi kecantikan kawasan ini seharian.

Perjalanan pada Jumat, 30 November 2018 lalu dimulai sekitar pukul 09.00 Wita, setengah jam lebih lambat dari rencana semula. Sebelum naik speedboat berkapasitas maksimal 15 orang itu, kami tak lupa mengoleskan tabir surya dan membawa sejumlah perlengkapan, terutama makanan ringan.

Titik awal rombongan kami adalah Pulau Derawan dengan destinasi pertama yang dituju adalah Pulau Maratua. Durasi perjalanannya sekitar satu jam bila cuaca cerah.

Maratua memiliki banyak destinasi wisata, tetapi pemandu kami mengarahkan hanya ke dua tempat, Gua Halo Tabung dan Maratua Paradise Resort, lantaran harus membagi waktu untuk bisa mengunjungi tiga pulau di Derawan sekaligus dalam satu hari. Dua lainnya adalah Sangalaki dan Kakaban.

Gua Halo Tabung merupakan gua horizontal dan berair sehingga kita bisa berenang di dalamnya. Airnya asin dengan dinding berupa batu-batu karang. Dengan kedalaman sekitar 17 meter, Anda yang berani bisa mencoba melompat dari tepi tebing.

Sementara, Maratua Paradise Resort adalah tempat pertama kami memuaskan dahaga snorkeling. Sebenarnya, tempat itu merupakan lokasi resort dengan banyak ikan berkumpul di lokasi itu. Pantai yang tenang membuat ikan betah, ditambah lagi dengan keberadaan rumah panggung seakan menaungi ikan dari panasnya matahari.

Lokasinya tak jauh dari bibir pantai, sekitar 400 meter saja. Meski begitu, kecantikan pantai terjaga baik sehingga kami bisa melihat berbagai ikan, termasuk ikan baronang, hanya dengan melihatnya dari permukaan. Iya, pantai di Maratua bak kristal biru yang berpadu dengan pasir putih.

Lelah bersnorkeling, naiklah ke area restoran. Anda bisa menyantap bekal makan siang di sini sambil memesan minuman di tempat. Sayang, tak banyak pilihan menu minuman, hanya minuman soda, kopi, atau teh. Ohya, tempat ini cantik menjadi latar foto Instagram Anda. Kursi yang berada di pojok dengan latar gazebo kayu di kejauhan menjadi salah satu spot favorit. Atau, Anda bisa berpose di jembatan kayu yang dihiasi tanaman hijau di sisi-sisinya.

Masih di Maratua Paradise Resort, terdapat spot untuk melihat penyu. Saya berkesempatan melihat sekumpulan penyu berenang di permukaan saat itu. Tetaplah tenang dan tidak berisik agar penyu betah didatangi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *